Home Wisata Asia 15 Angkringan Jogja Yang Paling Enak Dan Terkenal

15 Angkringan Jogja Yang Paling Enak Dan Terkenal

45
0
SHARE

Angkringan Jogja – Ini dia angkringan Jogja yang paling enak dan terkenal. Kuliner Jogja murah, enak, dan terkenal ya angkringan. Siapa seh yang tidak kenal angkringan Jogja? Orang yang pernah tinggal di Jogja pasti mengenal angkringan.

Gerobak sederhana yang beratap terpal plastik dengan menu nasi kucing, sate telur puyuh, sate usus, gorengan, dan wedangan. Nasi kucing adalah menu khas angkringan, sekepal nasi dengan secuil oseng tempe atau teri lalu dibungkus daun pisang dan kertas. Dinamakan nasi kucing karena mungkin porsinya memang kecil.

Selain tempatnya asyik untuk berdiskusi dengan teman hingga larut malam, angkringan juga tempat makan enak di Jogja yang murah, andalan ketika dompet tinggal menyisakan uang ribuan. Tak heran, meskipun kafe-kafe modern menjamur di kota Jogja, angkringan tetap bertahan di kancah bisnis kuliner di Jogja dan bahkan menjadi semacam simbol kenyamanan dan kesederhanaan Jogja.

Nah, bagi Anda yang sedang berkunjung atau liburan di Jogja, jangan sampai melewatkan kuliner khas angkringan di Jogja. Yuk simak 15 angkringan jogja yang enak dan terkenal berikut.

Daftar Angkringan Di Jogja Yang Paling Enak Dan Terkenal

1. Angkringan Lek Man

Angkringan-Lek-Man
Angkringan Lek Man (Foto : qraved.com)

Angkringan Jogja yang satu ini sangat terkenal di Kota Jogja. Namanya Angkringan Lek Man dengan Kopi Joss sebagai minuman andalannya. Kopi Joss adalah segelas kopi disajikan panas dengan diberi arang yang masih menyala.

Sedangkan menu makanannya hampir sama dengan angkringan lain, yaitu nasi kucing, aneka gorengan, sate telur puyuh, sate usus, sate kulit, dll. Meskipun menu dan tempatnya sederhana, namun Angkringan Lek Man justru menjadi tempat nongkrong di Jogja favorit mahasiswa, mungkin karena harganya murah meriah kali ya? Hehe.

Lek Man adalah putra dari Mbah Pairo yang konon adalah pedagang angkringan pertama di Jogja yang telah berjualan sejak tahun 1950-an. Tak heran jika Angkringan Lek Man yang legendaris ini tak pernah sepi pengunjung, baik yang ingin makan atau nongkrong hingga larut malam.

Kopi-Joss
Kopi Joss (Foto : travelmatekamu.com)

Angkringan Lek Man juga banyak dikunjungi orang-orang dari luar kota Jogja karena letaknya berdekatan dengan Stasiun Tugu, tepatnya sebelah utara Stasiun Tugu di Jl. Wongsodirjan, Yogyakarta.

Dari pintu timur Stasiun Tugu berjalanlah ke arah utara beberapa meter sampai ada jalan kecil sebelah barat. Nah, di sekitar situlah Anda dapat menemukan Angkringan Lek Man.

2. Angkringan KR atau Angkringan Pak Jabrik

Angkringan KR atau Angkringan Pak Jabrik
Angkringan KR atau Angkringan Pak Jabrik (Foto : kuliner.panduanwisata.com)

Tak begitu jauh dari Angkringan Lek Man, Anda juga dapat mengunjungi angkringan Jogja yang tak kalah enak dan terkenal, yaitu Angkringan Pak Jabrik atau biasa disebut juga Angkringan KR karena letaknya di teras SKH Kedaulatan Rakyat.

Terletak di Jalan P. Mangkubumi, angkringan Jogja yang satu ini tak pernah sepi pengunjung apalagi ketika weekend tiba. Menu yang ditawarkan di angkringan ini lebih beragam daripada angkringan-angkringan lain. Nasi kucingnya saja ada beberapa macam, seperti sambal teri, oseng tempe, oseng ati, oseng jamur, mercon jamur, sambal tomat, dll.

Selain gorengan, aneka lauk lain juga tersedia seperti sate telur puyuh, sate usus, sate keong, dll. Angkringan KR mempunyai tempat yang luas sehingga pengunjung bisa memilih mau makan sambil duduk di kursi gerobak angkringan, kursi taman, atau lesehan di teras kantor Kedaulatan Rakyat.

Tempat ini juga sering menjadi tempat berkumpul atau nongkrong bagi komunitas-komunitas seni, mahasiswa, dan beberapa klub motor.

3. Angkringan Wijilan

Angkringan Wijilan
Angkringan Wijilan (Foto : cari-toko.com)

Kawasan Wijilan terkenal sebagai sentra gudeg, sehingga angkringan ini lebih terkenal dengan nama Angkringan Wijilan. Padahal, nama aslinya adalah Angkringan Kang Harjo. Sekarang angkringan Jogja ini ramainya luar binasa sampai-sampai dibuat dua lantai.

Tempatnya terbilang luas, beberapa deret bangku dan meja memenuhi area angkringan tersebut. Begitu Anda sampai disini, maka Anda akan menjumpai dua meja besar yang berisi aneka gorengan (tahu, tempe, bakwan), aneka sate (keong, telur puyuh, usus, gajih), dan aneka gorengan ala supermarket (tempura, nugget).

Untuk makan besarnya, Angkringan Wijilan menyediakan aneka lauk seperti ayam goreng, telur (dadar ataupun ceplok), oseng-oseng usus, terong balado, pecel, dan banyak lagi. Semuanya prasmanan dan hanya diberi harga antara Rp. 2000 – Rp. 5000 saja.

4. Angkringan JAC atau Angkringan Pendopo nDalem

Angkringan JAC atau Angkringan Pendopo nDalem
Angkringan JAC atau Angkringan Pendopo nDalem (Foto : Kristianto Purnomo, travel.kompas.com)

Nah, bagi Anda yang sedang mencari angkringan Jogja yang enak dan nyaman tempatnya, cobalah berkunjung ke Angkringan JAC (Pendopo nDalem). Menempati pendopo rumah bangsawan Jawa, angkringan Jogja ini dilengkapi dengan wifi dan cocok untuk keluarga.

Lebih dari itu, angkringan ini juga menyediakan berbagai kuliner tradisonal Jawa yang mulai jarang ditemukan, sebut saja Clorot, Kipo, Semar Mendem, Lupis, dan Jadah Manten. Angkringan Pendopo nDalem buka setiap hari, pkl 18:00 – 23:30 WIB. Angkringan Pendopo nDalem terletak di Jalan Sompilan No 12, Ngasem Yogyakarta.

5. Angkringan Pak Jack

Angkringan Pak Jack
Angkringan Pak Jack (Foto : yogyes.com)

Angkringan Pak Jack terletak di Jl. Jend. Sudirman atau di sebelah barat Jembatan Gondolayu. Angkringan Jogja ini jadi jujugan para kawula muda Jogja hingga orang tua. Selain menyediakan aneka nasi kuning, gorengan, dan aneka sate, Angkringan Pak Jack juga menyediakan Kopi Joss, kopi yang ditambah arang membara.

Tempatnya yang luas membuat angkringan ini tak pernah sepi pengunjung apalagi ketika malam hari. Ditambah lagi letaknya yang dekat dengan Jembatan Gondolayu yang sering jadi tempat nongkrong anak muda Jogja.

Baca Juga : 15 Gudeg Jogja Paling Enak Dan Terkenal

6. Angkringan Bonbin

Angkringan Bonbin
Angkringan Bonbin (Foto : yogyes.com)

Angkringan ini terkenal karena nasi kucingnya selalu hangat. Begitu diantar, nasi kucing itu langsung diserbu pelanggan, yang belum kebagian terpaksa menunggu kloter berikutnya. Angkringan ini terletak di dekat kebun binatang Gembira Loka.

7. Angkringan Nganggo Suwe atau Angkringan Lek Adi

Angkringan Nganggo Suwe atau Angkringan Lek Adi
Angkringan Nganggo Suwe atau Angkringan Lek Adi (Foto : haphap.com)

Angkringan Jogja yang satu ini lebih menyerupai warung makan biasa dan tak ada gerobak seperti angkringan pada umumnya. Menunya saja yang khas angkringan seperti nasi kucing, aneka gorengan, aneka sate, wedang jahe, dll.

Angkringan Nganggo Suwe (pakai lama) atau yang juga dikenal dengan nama Angkringan Lek Adi ini berada di daerah Kotagede. Tempat ini seringkali dijadikan tempat nongkrong bagi kalangan mahasiswa atau tempat “berburu” lauk pauk bagi warga sekitar saat malam hari.

Jika berkunjung ke angkringan ini, beberapa menu yang bisa dicoba seperti Nasi Bakar, Tongseng Keong, Wedang Asem Panas, atau Wedang Asem Jahe.

8. Angkringan Klebengan

Angkringan Klebengan
Angkringan Klebengan (Foto : yogyes.com)

Selain dekat dengan Kampus UGM dan UNY, Angkringan Klebengan ramai juga karena tempatnya yang luas. Hamparan tikar tersedia bagi pengunjung yang ingin bersantai sambil ngobrol, diskusi, atau sekedar gojek kere dengan teman. Angkringan Jogja ini terkenal selalu menambahkan kecap manis di gorengan dan lauk yang dihangatkan / dibakar ulang.

9. Angkringan Pak Satari

Angkringan Pak Satari
Angkringan Pak Satari (Foto : Hendra Wardhana, kompasiana.com)

Letaknya memang agak jauh dari pusat kota, tepatnya di Jl. Magelang km 15. Tapi angkringan Jogja ini selalu ramai. Saking ramainya Angkringan Pak Satari ini lebih mirip warung makan dengan menu angkringan yang bervariasi dan super murah.

Makanan-makanan yang disajikan tidak berbeda dengan angkringan pada umumnya, hanya saja menunya jauh lebih lengkap. Misalnya, untuk sate Anda dapat mencicipi sate ayam, sate usus, sate ati, sate keong, sate telur.

Untuk cemilannya, Anda dapat menikmati cemilan khas angkringan seperti tempe goreng, tahu goreng, tahu bacem, tempe bacem, pisang goreng, dan terkadang ada tape goreng.

Di tempat ini, Anda juga dapat menemukan klepon, arem-arem, kue lumpur, kue bolu, pastel, kue sus, dan berbagai cemilan lainnya. Belum lagi minumannya, di sini Anda dapat menemukan minuman yang lebih bervariasi, terutama untuk minuman instant. Bahkan, Anda dapat memesan soda gembira di angkringan Jogja ini.

10. Angkringan Sendang

Angkringan-Sendang
Angkringan Sendang (Foto : cupcakerinamutz.blogspot.com)

Angkringan Sendang ini merupakan salah satu angkringan di Jogja yang lagi hits. Angkringan ini ada di dua tempat, di depan resto Sendang Ayu (Jl. Solo) dan di dekat STTNas (Jl. Babarsari). Angkringan ini punya berbagai menu, dari gorengan sampai baceman. Ciri khasnya, bungkus nasinya ada tulisan “Sendang”.

Selain menyajikan menu-menu klasik angkringan seperti sate usus dan gorengan, angkringan ini juga menyajikan menu yang tampaknya telah disesuaikan dengan selera anak muda masa kini, diantaranya nasi bakar, nasi sambal bandeng, sate bakso, sate tempura, dan lain-lain. Oiya, angkringan ini juga menyediakan area lesehan dimana para pengunjung dapat menikmati menu pesanannya.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Malam Di Jogja Yang Menarik Dan Romantis

11. Angkringan Jeng Nana

Angkringan Jeng Nana
Angkringan Jeng Nana (Foto : makanjogja.com)

Namanya boleh angkringan namun jika dilihat dari tempatnya, rumah makan ini terlihat sangat nyaman. Yup, Angkringan Jeng Nana ini mungkin tampak beda dari angkringan Jogja pada umumnya namun menu-menu yang ditawarkan tak berbeda dari menu-menu yang biasa ditemui di sebuah angkringan di Jogja.

Lokasinya agak tersembunyi di barat Jl. C. Simanjuntak, Jogja (tepatnya belakang Pondok Cabe). Selain lezat, menu-menu yang dijajakan memang begitu murah selayaknya menu-menu angkringan. Tempatnya yang nyaman pun menjadi poin plus dari Angkringan Jeng Nana ini.

12. Angkringan Galau

Angkringan Galau
Angkringan Galau (Foto : makanjogja.com)

Meski namanya galau, Angkringan yang terletak di seberang Perumahan Mataram Bumi Sejahtera, Condong Catur (300 meter utara UII Ekonomi) ini selalu terlihat ramai. Bisa dibilang tidak bernuansa galau lah.

Jika dilihat dari besar bungkusannya, nasi kucing yang dijual di angkringan ini terbilang lebih besar sehingga wajar jika harganya pun lebih mahal dari angkringan pada umumnya, yaitu Rp. 3.000 per bungkus.

13. Angkringan BK Ngasem

Angkringan BK Ngasem
Angkringan BK Ngasem (Foto : makanjogja.com)

Angkringan BK terletak di kawasan Ngasem, Jogja. Angkringan Jogja ini terbilang besar. Banyak meja dan tempat duduk namun semua makanannya tetap disajikan di atas gerobak seperti biasanya.

Selain luas, angkringan ini pun memfasilitasi free internet access, jadi cukup banyak pengunjung yang mengerjakan tugas ataupun sekedar browsing dengan laptopnya. Di Angkringan BK, nasinya dijamin selalu hangat karena tidak dibungkus dengan kertas melainkan langsung dari magic jar.

14. Angkringan Kali Code

Angkringan Kali Code (Foto : cheap-travel99.blogspot.com)
Angkringan Kali Code (Foto : cheap-travel99.blogspot.com)

Angkringan Kali Code berada di daearah Kotabaru, tepatnya berada di pinggir kali Code. Angkringan Kali Code juga dikenal sebagai Kopi Code.Walaupun hanya berupa warung angkringan, ternyata warung – warung ini memiliki izin dari Kecamatan Kotabaru. Bahkan warung – warung angkringan ini memiliki paguyuban yang diberi nama ”persatuan Kali Code”.

15. House of Raminten

Tempat wisata kuliner di jogja House of Raminten
Angkringan Jogja semi kafe House of Raminten (Foto : siwimars.com)

Ini angkringan Jogja yang bernuansa semi kafe, House of Raminten. Angkringan yang bertema modern ini menyediakan beragam menu mulai dari menu angkringan hingga menu-menu yang terdengar unik dan nyentrik. Suasana tradisional Jawa sangat kentara di cafe ini. House of Raminten terletak di Jl. FM Noto 7, Kotabaru, Yogyakarta.

Menu di House of Raminten memang mengangkat menu-menu makanan yang dijajakan di angkringan, namun dengan sedikit sentuhan yang membuatnya nampak lebih elegan. Jika di angkringan, menu nasi kucing biasa dibungkus dengan daun pisang yang dilambari dengan kertas koran pada bagian luar.

Namun di House of Raminten ini nasi kucing disajikan di atas piring berbentuk persegi, serta lauk pauk yang ditata rapi sehingga menimbulkan kesan elegan pada menu makanan. Recommended deh buat tempat makan enak dan murah di Jogja.

Banyak menu minuman yang cukup unik disajikan oleh House of Raminten ini. Ada yang berupa jamu godhogan, aneka macam susu, serta minuman dari bahan rempah yang berkhasiat menghangatkan badan.

Selain menyajikan hidangan yang nikmat, House of Raminten juga memiliki nuansa tempat yang cukup nyaman untuk berkumpul sambil bersantap. Tak heran, jika banyak anak muda yang nongkrong di angkringan Jogja ini.

Itu dia daftar angkringan Jogja yang enak dan terkenal. Liburan ke Jogja tanpa mampir ke angkringan? Hmmm… rasanya tentu ada yang kurang. Perlu Anda ketahui, bahwa angkringan merupakan salah satu ciri khas kota Jogja yang selalu bikin kangen ingin kembali.

Oya, bagi Anda yang punya info lain tentang angkringan Jogja yang enak dan terkenal lainnya bisa menambahkan melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here