Home » Wisata Asia » 15 Gudeg Jogja Paling Enak Dan Terkenal

15 Gudeg Jogja Paling Enak Dan Terkenal

Gudeg Jogja – Anda sedang mencari kuliner gudeg Jogja paling enak dan terkenal? Ini dia daftar 15 gudeg enak di Jogja yang paling terkenal di mata para pecinta kuliner gudeg. Makanan khas Jogja yang satu ini memang paling populer sejak puluhan tahun yang lalu, tak heran jika kota Yogyakarta atau biasa disebut Jogja ini mendapat julukan Kota Gudeg.

Tak hanya sebagai sentra gudeg, hampir setiap sudut kota menyajikan masakan berbahan baku nangka muda ini. Gudeg kering pun menjadi salah satu oleh-oleh yang paling banyak dicari para wisatawan yang berlibur ke Jogja.

Gudeg biasanya disajikan bersama sambal goreng krecek (kulit sapi) pedas, telur pindang, tahu dan tempe bacem, serta ayam opor atau ayam bacem. Sebagai sentuhan akhir, gudeg disiram areh gurih yang memberikan cita rasa khas yang tidak ada duanya.

Oleh karena saking banyaknya tempat makan enak di Jogja yang menjual gudeg, Anda harus pandai memilih gudeg Jogja mana yang paling enak di lidah Anda.

Namun, Anda tidak usah bingung untuk memilihnya karena Wisata Dunia telah menyiapkan daftar gudeg terkenal di Jogja yang rasanya tentu saja paling enak dan maknyus di mulut. Yuk, simak dan catet 15 gudeg Jogja paling enak dan terkenal berikut.

Daftar Gudeg Jogja Yang Paling Enak Dan Terkenal

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg-Yu-Djum

Gudeg Yu Djum (Foto : Clara Rondonuwu, wego.co.id)

Ngomongin gudeg Jogja paling enak dan terkenal di Yogyakarta tentu saja tidak akan bisa lepas dari Gudeg Yu Djum yang legendaris. Sayur nangka pada Gudeg Yu Djum menawarkan perpaduan manis dan gurih, enak banget di lidah.

Dan, yang tak kalah enak adalah sambal goreng kreceknya yang bikin panas mulut. Krecek diiris tipis lalu dimasak menjadi sambal kering berwarna kekuningan. Ditambah telur pindang dan areh, bener-benar maknyus rasanya.

Gudeg legendaris Yu Djum disajikan di atas piring rotan beralas daun pisang. Menu standarnya terdiri dari gudeg, sambal goreng krecek, telur pindang, ayam suwir, tahu, tempe, dan opor ayam – dada, paha, atau sayap.

Seporsi gudeg, krecek, dan telur pindang dipatok Rp 10.000 hingga Rp 20.000, tergantung paket yang dipilih. Kalau ingin tambahan dada ayam, harganya jadi sekitar Rp 30.000 per porsi.

Yang paling mahal adalah paket kendil berisi gudeg kering biasanya, sambal goreng krecek, dengan lauk pendamping 10 telur pindang dan seekor ayam. Gudeg dalam kendil ini awet buat oleh-oleh, tahan hingga tiga hari.

Lokasi dan alamat Gudeg Yu Djum antara lain terletak di Jalan Kaliurang Km 4,5 Karangasem CT III/22 Yogyakarta, Jl. Wijilan 31 Yogyakarta, Jl. Laksda Adisucipto Km. 8,7 (samping Hotel Sheraton) Yogyakarta dan Jl. Wates Depan POM bensin Ambar Ketawang, Gamping Sleman.

2. Gudeg Wijilan

Kawasan Gudeg Wijilan

Kawasan Gudeg Wijilan (Foto : republikindonesia.net)

Kawasan Wijilan merupakan salah satu sentra gudeg Jogja paling enak dan terkenal di kalangan penikmat kuliner Jogja. Wijilan berada tidak jauh dari kompleks Kraton Yogyakarta dan dapat dicapai dengan 10 menit berjalan kaki atau dengan naik becak.

Diawali oleh Bu Slamet yang mulai berjualan sejak tahun 1946, kini sekitar 17 warung berderet memenuhi sisi Jl. Wijilan. Anda bisa memilih gudeg sesuai dengan selera. Gudeg Yu Djum (Jl. Wijilan 31) misalnya, menyajikan gudeg kering dengan rasa manis khas masakan Jogja. Kreceknya diiris kecil kemudian dimasak menjadi sambal goreng kering berwarna kekuningan.

Jika menginginkan gudeg yang tidak terlalu manis, Anda bisa bertandang ke Gudeg Bu Slamet (+62 274 380429; Jl. Wijilan 17). Rata-rata warung gudeg di Wijilan buka dari jam 5.30 pagi hingga jam 8 malam, kecuali Gudeg Bu Tarto (Jl. Wijilan 15) yang buka 24 jam.

3. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon (Foto : yogyakarta.panduanwisata.id)

Warung gudeg ini mendapat sebutan Gudeg Pawon dikarenakan melayani pembelinya langsung di dalam dapur alias pawon. Daging ayam kampung yang empuk serta rasa gudeg yang tak terlalu manis membuatnya diterima masyarakat di luar Jogja.

Gudeg Pawon ini terletak di Jl. Prof. DR Soepomo, Janturan, Umbulharjo, Yogyakarta. dan dibuka mulai pukul 22.30 WIB. Ingin menikmati gudeg Jogja pada tengah malam? Ya Gudeg Pawon tempatnya.

Bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner Jogja yang satu ini diharapkan datang lebih awal. Karena biasanya wisatawan dari luar kota sudah berdatangan dengan menunggu di depan pintu sebuah rumah yang langsung menuju ke dapur.

Perlu diketahui juga jika tempat makan di gudeg pawon tidak menyerupai warung atau rumah makan pada umumnya melainkan semacam rumah di tengah perkampungan.

4. Gudeg Permata (Bu Pujo)

Gudeg-Permata

Gudeg Permata (Foto : makanjogja.com)

Gudeg Permata terletak di Jl. Gadjah Mada, Yogayakarta, tepatnya di sebelah barat bioskop Permata. Lesehan yang sudah berdiri sejak tahun 1951 ini sudah tidak diragukan lagi kenikmatanya.

Resep turun temurun dan menjadi langganan anak-anak muda tempo dulu setelah menonton film bioskop ini. Meskipun bioskopnya sudah sepi namun warung gudeg ini tidak kehilangan penggemarnya.

Beroperasi mulai pukul 21.00 WIB hingga dini hari warung ini kerap dipadati pembeli yang ingin menikamti gudeg basah khas racikan keluarga bu Pujo yang rasanya dominan gurih, tidak terlalu manis dengan sambal krecek yang pedas ditemani air jeruk atau teh manis hangat.

Harga dipatok mulai Rp 8.000,00 untuk tiap porsinya tergantung lauk yang dipilih disediakan tempe, tahu, ayam kampung atau telur bebek.

5. Gudeg Cukupan Batas Kota Jl Solo

Gudeg Cukupan Batas Kota

Gudeg Cukupan Batas Kota (Foto : foodspotting.com)

Gudeg Jogja yang satu ini terletak di Jl. Solo, depan Hotel Saphir (tepatnya Barat gapura batas kota Yogyakarta). Disebut juga Gudeg Batas Kota karena berada tepat di perbatasan antara kota Jogja dengan kabupaten Sleman. Gudeg ini cukup unik karena baru mulai menggelar dagangannya pukul 10 malam hingga dini hari atau sampai habis.

Berada di pinggir jalan raya Laksda Adi Sucipto atau biasa dikenal dengan jalan Solo dan berada di seberang Saphir Square membuat gudeg batas kota terlihat mencolok karena selalu ramai dan juga mudah ditemukan.

Sebuah warung lesehan sederhana dengan tikar-tikar ala kadarnya digelar di trotoar pertokoan. Walau sederhana, tapi kelezatan gudeg-nya tak diragukan lagi, enak, maknyus, dan nendang di lidah.

Baca Juga : 15 Tempat Nongkrong Di Jogja Yang Asik Dan Enak

6. Gudeg Kendil Bu Tjitro

Gudeg Kendil Bu Tjitro

Gudeg Kendil Bu Tjitro (Foto : butjitro1925.com)

Restoran Bu Tjitro 1925 memiliki lokasi yang cukup strategis, tepatnya di Jl. Janti 330 yang berada di seberang gedung Jogja Expo Center (JEC). Dari Bandara Internasional Adisucipto ataupun dari Kraton Yogyakarta, restoran ini bisa dicapai dengan 10 – 15 menit berkendara. Gudeg Kendil Bu Tjitro termasuk salah satu gudeg enak di Jogja yang wajib dikunjungi.

Restoran ini menempati sebuah bangunan 2 lantai yang cozy dan classy. Bila ingin suasana yang lebih santai, Anda bisa memilih untuk duduk di area lesehan. VIP Room berkapasitas 17 orang atau Meeting Room yang bisa mengakomodasi hingga 50 orang di lantai 2 bisa Anda booking untuk acara gathering atau meeting.

Ingin menyelenggarakan perhelatan dalam skala yang lebih besar? Jangan khawatir, secara keseluruhan Restoran Bu Tjitro 1925 memiliki kapasitas antara 200 – 300 orang.

Dengan pelengkap sambal goreng krecek, kacang tholo, tempe kedelai, telor itik dan ayam kampung; Anda akan benar-benar menikmati menu masakan yang dinamai gudeg ini. Satu hal yang menjadikan Gudeg Bu Tjitro berbeda yakni saos sambal yang digunakan adalah saos kering atau arek bening yang tidak digoreng.

Gudeg Kendil Bu Tjitro mampu bertahan hingga 48 jam. Tak ketinggalan, gudeg kaleng bu tjitro kini juga sudah tersedia. Hebatnya, gudeg kaleng ini mampu bertahan hingga 1 tahun tanpa bahan pengawet!

7. Gudeg B. Djuminten

Gudeg B. Djuminten

Gudeg B. Djuminten (Foto : kotajogja.com)

Dari sekian banyak gudeg yang terkenal di kota Jogja, Warung Gudeg Ibu Djuminten yang telah berdiri sejak tahun 1926 merupakan salah satu pilihan yang wajib Anda coba bila Anda ingin menikmati gudeg citarasa asli jogja.

Sejak pertama berdiri, warung gudeg yang pusatnya di Jl. Kranggan 69 Jogja ini tidak mengalami perubahan yang signifikan dalam penyajian maupun dari segi interior dan arsitektur bangunan, ini dimaksudkan untuk menjaga keorisinalitas suasana yang tercipta dari awal berdirinya usaha keluarga tersebut.

Warung Gudeg B. Djuminten saat ini telah diteruskan kepada generasi kedua yang sekaligus anak dari B.Djuminten. Sepanjang perjalanannya, kini warung Gudeg Ibu Djuminten ini pun sudah memiliki cabang di Jl. Asem Gede, Yogyakarta. Bahkan, kini gudeg B. Djuminten telah hadir di kawasan Bintaro, Tangerang.

Gudeg Ibu Djuminten sering menjadi tempat makan di Jogja yang dikunjungi oleh tokoh maupun pejabat negara, bahkan konon kabarnya Presiden Indonesia pun sering mampir menikmati gudeg ini.

Sehingga sering dijumpai mobil – mobil plat merah berjejer parkir di depan warung gudeg Ibu Djuminten. Anda penasaran? langsung saja kunjungi gerainya dan nikmati gudeg asli Jogja langganan Presiden ini.

8. Gudeg Bu Sri Kuncen

Gudeg Bu Sri Kuncen

Gudeg Bu Sri Kuncen (Foto : enjoyjogja.com)

Gudeg Bu Sri merupakan salah satu Gudeg Jogja yang paling diminati di Yogyakarta karena terkenal dengan cita rasa yang sangat enak, nikmat dan gurih berbeda dengan Gudeg lainnya yang ada di Jogja karena Gudeg Bu Sri terkenal dengan Gudeg basahnya. Gudeg Bu Sri Berdiri sejak tahun 1988, didirikan oleh Ibu Sri sendiri di daerah Wirobrajan Yogyakarta.

Di daerah sinilah awal mulainya Gudeg Bu Sri didirikan dan sampai sekarang masih tetap eksis dan berkembang pesat dengan membuka cabang ditempat lain untuk memberikan yg terbaik untuk penikmat dan pencinta Gudeg di Yogyakarta bahkan wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Gudeg Bu Sri berlokasi di Jalan Hos Cokroaminoto Yogyakarta dengan lokasi yang sangat mudah dan strategis untuk mengunjunginya. Warung gudeg Jogja ini juga menerima pesanan partai besar dan kecil. Buka dari pagi jam 10.00 s/d 24.00 malam.

9. Gudeg Mbarek Bu HJ. Amad

Gudeg Mbarek Bu HJ. Amad

Gudeg Mbarek Bu HJ. Amad (Foto : yogyakarta.panduanwisata.id)

Alamat Gudeg Bu HJ. Amad terletak di Jl. Kaliurang km 4,5 tepatnya sebelah utara fakultas Kehutanan UGM, dengan plang besar berwarna coklat, pasti Anda akan mudah menemukannya saat menyusuri sisi utara selokan mataram Fakultas Kehutanan UGM.

Tempatnya cukup luas dan nyaman untuk menikmati hidangan khas gudeg kering tidak berkuah ciri khas gudeg Bu Ahmad. Di saat saat jam makan siang dan pulang kerja lokasinya sangat padat dikunjungi pembeli, sebaiknya cari waktu pagi hari antara pukul 08.00 – 10.00 atau sore antara pukul 13.00 – 15.00.

10. Gudeg Geneng Mbah Marto, Mangut Lele

Gudeg Geneng Mbah Marto, Mangut Lele

Gudeg Geneng Mbah Marto, Mangut Lele (Foto : maxtrotour.com)

Warung Sego ngGeneng terletak di Dusun Nengahan, Panggung Harjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Warung sego nggeneng adalah warung makan yang menyajikan gudeg klasik dengan areh yang tidak kental dan sayuran hijaunya menggunakan daun pepaya yang tidak pahit.

Sambalnya berupa sambal kacang tholo yang dimasak pedas dengan menggunakan rambak (krecek ndeso). Sedangkan lauknya berupa tahu, tempe, telur, rempelo ati, yang dimasak dengan bumbu besengek dan mangut lele. Benar-benar maknyus di lidah. Tak heran jika Gudeg Geneng Mbah Marto ini masuk dalam daftar gudeg Jogja paling enak dan terkenal.

Baca Juga : 15 Angkringan Jogja Paling Enak Dan Terkenal

11. Gudeg Mercon Bu Ngatinah

Gudeg Mercon Bu Ngatinah

Gudeg Mercon Bu Ngatinah (Foto : visitingjogja.com)

Yang istimewa dari Gudeg Mercon Bu Tinah adalah citarasa pedasnya yang begitu nendang.Gudeg manis tentu hal biasa, tapi gudeg yang manis, gurih dan pedas bisa jadi kejutan tersendiri bagi para pecinta kuliner tradisional. Dengan perpaduan sambel krecek dan olahan sambel dari lombok hijau yang dijadikan salah satu menu penambah pedas kuliner tersebut.

Anda yang penasaran ingin menikmati gudeg ini, silahkan susuri seputaran pasar Kranggan tepatnya di sisi sebelah Barat Klenteng Poncowinatan Yogyakarta. Di sebuah trotoar akan terlihat kerumunan ramai penggemar gudeg mercon yang mengantri.

Gudeg Jogja yang enak ini buka mulai pukul 23.00 malam hingga pukul 04.00 pagi. Harganya juga bervariasi. Mulai 12 ribu untuk gudeg suwir, 14 ribu untuk gudeg suwir telur dan 20 ribu untuk gudeg paha. Anda juga bisa menambahkan aneka gorengan yang tersedia.

12. Gudeg Ceker Sedep Raos

Gudeg Ceker Sedep Raos

Gudeg Ceker Sedep Raos (Foto : jogjanyam.com)

Gudeg Ceker Sedep Raos sendiri berdiri sejak tahun 2005 dan menempati sebuah warung tenda pinggir jalan yang berada di daerah seturan. Lokasi tepatnya berada di depan sebuah toko swalayan Mulia Mart dan berdekatan pula dengan SD Budi Mulia. Jadi tidak salah jika orang lebih mengenalnya dengan sebutan gudeg ceker seturan atau gudeg ceker dekat Budi Mulia.

Kini Gudeg Ceker Sedep Raos telah berpindah lokasi dan menempati bangunan yang lebih permanen. Lokasi yang baru terletak di Jalan Affandi (Gejayan) no 30 Yogjakarta. Lokasi ini berdekatan dengan berbagai macam warung kuliner. Jadi lebih ramai dan mudah untuk kalian temukan.

Karena telah berpindah tempat ke lokasi yang baru, mereka memutuskan untuk lebih memperkenalkan nama asli gudeg cekernya dengan nama Gudeg Ceker Sedep Raos.

Gudeg Jogja paling enak yang satu ini menawarkan 2 menu yaitu menu pagi dan menu sore. Menu pagi mereka adalah gudeg ceker, nasi liwet solo, nasi langgi, tahu guling solo dan pecel pincuk ponorogo. Sedangkan menu sore mereka adalah gudeg ceker, nasi liwet solo, nasi langgi, bakmi jawa, nasi goreng dan tentunya menu andalan baru mereka yaitu nasi ayam kremes.

Kalau Anda berkunjung ke resto ini pada malam hari di akhir pekan, maka akan disuguhi live performance dari sebuah band yang siap menemani santap malam bersama keluarga, sahabat, pasangan, teman atau kolega bisnis. Lokasi yang baru gudeg ceker semakin nyaman untuk bersantap.

13. Gudeg Bu Sastro

Gudeg-Bu-Sastro

Gudeg Bu Sastro (Foto : twitter.com)

Bagi Anda yang sedang berada di Malioboro, jangan sampai melewatkan wisata kuliner gudeg dan belanja disini. Kunjungilah salah satu gudeg terkenal di Jogja yaitu Gudeg Bu Sastro. Gudeg Bu Sastro berada dikawasan Maliboro, tepatnya di seberang Pasar Beringharjo.

Menikmati malam dan bercanda tawa bersama teman saat weekend bisa Anda lakukan di lesehan gudeg Bu Sastro. Walaupun sederhana namun dijamin lidah Anda akan bergoyang karena kelezatannya. Di lesehan Bu Sastro kita bisa menikmati dua macam gudeg yakni gudeg ceker dan gudeg ayam goreng.

Gudeg ceker ini dicampur dengan sambel krecek dan ceker ayam. Bisa juga Anda menambahkan lauk dan sayur lainnya yang tersedia seperti seperti ampela ati, ayam goreng, sayur opor, tahu dan tempe.

Sedangkan gudeg ayam goreng lebih banyak berisi ayam goreng. Sama halnya dengan gudeg ceker, gudeg jenis ini juga ditambah dengan sambel krecek dan berbagai macam lauk.

14. Gudeg Manggar

Gudeg-Manggar

Gudeg Manggar (Foto : enjoyjogja.com)

Ini diaa gudeg Jogja yang wajib Anda cobain saat menjelajahi kuliner gudeg Jogja, yaitu gudeg manggar. Makanan khas Jogja yang satu ini tergolong langka, karena bahannya yang berupa manggar (bunga kelapa yang masih muda) agak sulit di dapat. Mengonsumsi gudeg manggar diyakini beberapa orang bisa memunculkan kecantikan luar dan dalam atau klimis dalam istilah Jawanya.

Meskipun gudeg manggar adalah pusaka kuliner Jogja yang langka, namun bukan berarti kita tak bisa menikmatinya. Ada beberapa tempat makan enak di Jogja yang menjual gudeg manggar. Datanglah ke Bantul, kampung halaman dari kuliner istimewa ini. Sambangilah rumah Makan Manggar Manding, di sini kita dapat menikmati sajian gudeg manggar yang lezat.

Bunga pohon kelapa yang masih muda dimasak bersama santan dan bermacam bumbu hingga berjam-jam lamanya. Manggar yang mudah hancur pun butuh ketelatenan agar membuatnya tetap terasa teksturnya.

Hanya dengan kesabaran tinggilah seporsi gudeg manggar yang disajikan bersama sayur krecek dan tahu bacem bisa kita nikmati. Berbeda dengan gudeg nangka pada umumnya yang terasa legit, gudeg manggar manding menawarkan rasa gudeg gurih yang ramah bagi lidah.

Selain di Manding, Anda juga bisa menemukan gudeg Jogja paling enak ini di Gudeg Manggar Bu Jumilan di Jl. Srandakan KM. 8, Bantul, Jogja. Bagi Anda yang berada di Kota Yogyakarta, bisa mencoba Gudeg Manggar Bu Hendro terletak di Jl. Hayam Wuruk (seberang Pasar Lempuyangan) yang buka jam 18.00-21.00 WIB.

15. Gudeg Sagan

Gudeg-Sagan

Gudeg Sagan (Foto : jenzcorner.net)

Ngomongin tentang gudeg Jogja paling enak dan terkenal biasanya orang akan selalu mengarahkan pada area Wijilan ataupun Barek. Tapi siapa sangka jika di ruas Jl. Prof. Herman Yohannes (Sagan) terdapat sebuah rumah makan selalu ramai karena dikenal sebagai penjaja gudeg Jogja yang lezat.

Dari penampilannya, menu ini memang sudah tampak meyakinkan dan rasanya tentu berbanding lurus dengan penampilannya yang memikat. Benar-benar lezat. Perpaduan rasa manis, gurih, dan pedasnya dijamin memanjakan lidah. Bikin ketagihan, dan yang pasti tak kalah dengan nama-nama besar penjaja gudeg dari Wijilan ataupun Barek.

Untuk harganya, gudeg Sagan ini dibanderol berkisar antara Rp. 11.500 – Rp. 24.000. Semuanya tergantung pada pilihan lauknya. Dengan harga segini dan kelezatan yang tak diragukan lagi, semua orang pasti tergoda untuk mencobanya.

Selain tempatnya yang asyik buat nongkrong sambil bersantap gudeg, Anda juga akan ditemani dengan permormance live musik yang menjadikan suasana semakin asyik dan seru.

Bagaimana gudeg Jogja-nya? Enak dan maknyus bukan? Ke Jogja tanpa mencicipi aneka gudeg Jogja tentu ada sesuatu yang kurang. Istilahnya kurang afdol gitu kali ya… Oya, bagi Anda yang punya info kuliner gudeg Jogja paling enak dan terkenal lainnya bisa berbagi melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>