Home » Wisata Asia » 15 Tempat Nongkrong Di Jogja Yang Asik Dan Enak

15 Tempat Nongkrong Di Jogja Yang Asik Dan Enak

Tempat nongkrong di Jogja – Anda sedang mencari tempat nongkrong di Jogja? Ini dia daftar tempat nongkrong di Jogja yang asik dan enak saat malam hari atau pun siang hari. Sebagai salah satu kota destinasi backpacker, Yogyakarta dibanjiri tempat nongkrong yang asyik dan enak untuk menghabiskan waktu dengan teman.

Di beberapa tempat nongkrong ini Anda juga bisa makan dengan harga yang murah! Ingin berinternetan ria pun bisa, karena banyak tempat nongkrong di Jogja yang ada wifi gratisnya. Rasanya pas banget, setelah seharian keliling menikmati aneka tempat wisata yang bagus lalu malam harinya bersantai sambil ngopi-ngopi bersama sahabat.

Keanekaragaman kuliner di Indonesia tak boleh dilewatkan begitu saja bila Anda sedang traveling ke suatu tempat. Kalau tujuan Anda kali ini adalah Jawa bagian tengah khususnya DIY, maka Kota Yogya sama sekali tak boleh terlewat.

Kota ini punya beberapa tempat makan yang cocok untuk Anda nongkrong bersama teman. Beberapa juga ada yang buka nonstop 24 jam! Yuk, simak 15 tempat nongkrong di Jogja yang asik dan enak berikut.

Daftar Tempat Nongkrong Di Jogja Yang Asik, Enak, Dan Cozy

1. Tickles

Tickles

Tickles (Foto : haphap.com)

Tickles merupakan salah satu tempat nongkrong di Jogja bernuansa inggris yang menyajikan pasta enak. Lokasi dan alamat Tickles berada di Jalan Kenari no.4, Demangan Baru, Yogyakarta.

Di bagian depan di desain seperti ruang tamu, dengan meja dan kursi yang mungkin akan digunakan untuk menunggu antrian ketika tempat makan yang berkonsep Resto & Cafe ini sedang dipadati pengunjung.

Bagi Anda yang doyan sama segala sesuatu berbau British, wajib banget untuk datang ke tempat nongkrong enak di Jogja ini. Selain desain interiornya yang memang menarik, di sini Anda juga bebas untuk berfoto di spot manapun. Tidak tanggung-tanggung, pihak Tickles pun menyediakan beberapa properti yang bisa dipakai untuk foto-foto.

Wah, yang suka pada narsis pasti senang deh datang ke tempat ini. Tickles juga termasuk salah satu tempat nongkrong di Jogja malam hari kerena buka dari jam 11.00 – 22.00 WIB.

Selain interiornya yang sangat menarik, ternyata pilihan makanannya pun banyak yang menarik lho. Menu dibagi menjadi 7 kategori, yaitu appetizer, sandwich, salad, pasta, pizza, baked rice, dan main course-nya yang didominasi oleh menu steak. Sepertinya cukup recommended untuk dijadikan tempat makan enak di Jogja buat Anda yang suka makanan western.

Range harga yang ditawarkan memang relatif tinggi, sekitar IDR 15.000 sampai 80.000 (harga belum termasuk pajak 15%). Oleh karena itu, enaknya sih datang ke tempat nongkrong asik di Jogja ini pas awal bulan atau pertengahan bulan, kalau akhir bulan, wahhh dompet pasti sudah menipis.

2. Capitea

Capitea

Capitea (Foto : haphap.com)

Siapa bilang Yogyakarta tidak bisa menawarkan tempat nongkrong asik dengan sajian menu menarik yang sedang nge-trend beberapa waktu belakangan ini? Tidak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung, tren Asian dessert pun mewabah sampai kota pelajar ini.

Capitea yang berlokasi di Jalan Demangan Baru No. 18 Yogyakarta termasuk salah satu tempat nongkrong asik di Jogja. Bangunannya tidak begitu besar, terdiri dari dua lantai. Sistem pemesanannya pun self-service. Menu yang ditawarkan cukup banyak, mulai dari ice dessert sampai makanan berat maupun kudapan.

Dari segi harga, salah satu tempat nongkrong di Jogja ini bisa dikatakan cukup mahal. Namun, jika dilihat dari lokasinya, di kawasan ini memang banyak tempat makan yang menawarkan menu dengan harga serupa. Dengan harga yang cukup tinggi itu, ice dessert dari Capitea ternyata cukup memuaskan.

Sebut saja O Matcha sebagai contohnya. Dessert yang terdiri dari egg pudding, sweet boba, QQ ball, dan es krim vanilla yang disiram dengan sirup matcha ini asanya manis dan cukup creamy. Perpaduan es krim, pudding, boba, dan QQ ball-nya terasa begitu sempurna ketika dinikmati ketika cuaca sedang panas-panasnya.

Pas banget kayaknya buat tempat nongkrong enak di Jogja ketika siang hari. Namun, jika Anda ingin nongkrong disini malam hari pun bisa karena buka setiap Minggu – Jumat pukul 10.00 – 22.30 dan Sabtu pukul 10.00 – 23.00 WIB.

3. Cinema Bakery

Cinema Bakery

Cinema Bakery (Foto : haphap.com)

Buat Anda yang suka nuansa cinema atau film, cobain deh ke tempat nongkrong asik di Jogja satu ini, Cinema Bakery. Berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo (Depan Cinema XXI) No. 111 A, Yogyakarta, salah satu toko kue di Jogja ini hadir dengan konsep interior yang menarik. Jam buka mulai pukul 11.00 – 23.00 WIB, jadi bisa dijadikan alternatif tempat nongkrong di Jogja malam hari atau pun siang hari.

Tempatnya cukup luas, desain interiornya bertema cinema. Poster-poster film dipajang berjejer di hampir setiap sudut tembok yang di cat putih tersebut. Dan masih banyak lagi property-property film yang dijadikan elemen estetis dalam ruangan yang sangat adem itu.

Di toko pastry dan bakery ini, tersedia berbagai macam menu seperti Quiche, Potato Gratin, Cheese Cake, Chocolate Cake, Ice Cream, Roti, dan masih banyak lagi. Overall, Cinema Bakery memang bisa Anda jadikan sebagai salah satu alternatif tempat nongkrong di Jogja yang asik dan enak.

Untuk standar harga makanan di Jogja, tempat ini menawarkan harga yang diatas rata-rata. Meskipun begitu, tempat ini tetap layak kok buat Anda datangi.

4. Kedai Kopi Mataram

Kedai Kopi Mataram

Kedai Kopi Mataram (Foto : haphap.com)

Ini dia tempat nongkrong di Jogja yang ada wifi untuk internetan ria, Kedai Kopi Mataram. Salah satu cafe dengan Wi-fi kencang di Jogja ini berlokasi di Jalan Mataram 55 B, Yogyakarta. Kesan pertama yang muncul ketika Anda mengunjungi kedai kopi ini adalah kedai kopi ini memang cocok bagi para gadget mania.

Selain tersedia Wi-fi yang cukup kencang, di setiap bangkunya juga tersedia colokan. Jadi, bagi Anda yang kelupaan membawa power bank-nya, tidak perlu khawatir, juga bagi Anda yang berniat untuk mengerjakan tugas atau sekedar browsing dengan menggunakan laptop, pas banget nih datang ke sini.

Desain interiornya bertema kayu, mulai dari meja, bangku, bar, sampai dindingnya semua menggunakan bahan kayu. Sebenarnya untuk nongkrong berlama-lama, tidak terlalu nyaman sih. Sayangnya seperti itu. Namun, berhubung ada sarana seperti Wi-fi, ya tentu akan betah-betah aja berlama-lama di sini, iya gak?

Menu yang ditawarkan rata-rata adalah minuman, mulai dari teh, kopi, soft drink, fresh juice, sampai milkshake. Untuk menu makanannya sendiri terbagi menjadi dua yaitu menu kudapan dan makanan berat.

Kisaran harga yang ditawarkan, untuk minuman sekitar IDR 5.000 – 20.000 sedangkan untuk makanan sekitar IDR 10.000 – 25.000. Buka mulai pukul 10.00 – 00.00 WIB. Kalau bulan puasa biasanya buka mulai jam 17.00 – 00.00 WIB.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

5. Legend Coffee

Legend Coffee

Legend Coffee (Foto : minumkopi.com)

Inilah tempat nongkrong di Jogja paling ngehits saat ini. Terletak di lokasi strategis yakni dekat dengan Malioboro dan Stadion Kridosono, Legend Coffe yang buka 24 jam selalu ramai pengunjung.

Cafe ini memiliki arsitektur rumah Belanda yang unik dan elegan. Menunya pun cukup beragam mulai dari menu Indonesia seperti nasi goreng dan bubur ayam hingga menu barat seperti spaghetti macaroni dan beef steak. Begitu juga minumannya. Soal harga terbilang murah.

Fasilitas di Legend Coffe pun melimpah seperti wifi, soccer table, bilyang mini, kamabol, dart games, PS3, hingga Nitendo. Semuanya itu bisa digunakan oleh pengunjung.

Cafe yang juga memberikan ruang khusus bagi komunita yang ingin memajang karyanya ini juga kerap dijadikan lokasi press conference hingga konser beberapa band. Lokasi dan alamat lengkap tempat nongkrong asik di Jogja ini berada di Jl. Abu Bakar Ali No. 24, Kotabaru.

6. Warkop Semesta

Warkop Semesta

Warkop Semesta (Foto : gudeg.net)

Namanya memang warung kopi, namun bukan berarti menu yang dihidangkan di tempat ini melulu kopi. Warkop Semesta yang terletak di dekat gereja Kotabaru ini menyajikan minuman lain seperti teh, coklat, softdrink, hingga jus.

Makanannya pun beragam mulai dari snack ringan seperti pisang bakar dan jamur crispy hingga makanan berat seperti nasi penyet dan spaghetti.

Warkop Semesta buka setiap hari, 24 jam tanpa henti. Karena itu tempat nongkrong di Jogja yang satu ini cocok dijadikan tempat ketemuan dengan siapa pun dan kapan pun.

Seperti layaknya warkop masa kini, Semesta juga dilengkapi dengan fasilitas wifi sehingga bisa menjadi salah satu alternatif tempat diskusi dan belajar kelompok. Lokasi dan alamat Warkop Semesta berada di Jl. Abu Bakar Ali No. 2, Kotabaru.

7. House of Raminten

Tempat wisata kuliner di jogja House of Raminten

Tempat nongkrong di jogja House of Raminten (Foto : siwimars.com)

Bagi wisatwan yang berkunjung ke Jogja, House of Raminten merupakan salah satu tempat nongkrong enak sekaligus destinasi wisata kuliner Jogja yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Mengusung konsep “unique, antique, elegant” House of Raminten berusaha menghadirkan pesona masa lalu dalam konsep kekinian. Sejak awal memasuki cafe ini pengunjung akan disambut pelayan yang mengenakan kemben dan pakaian jawa serta alunan gamelan.

Yang paling menarik dari House of Raminten adalah menu dan cara penyajiannya. Beberapa menu unik akan dijumpai di tempat ini semisal Wedang Gajah Ndekem, Es Melonkolis, Ayam Koteka, Bubur Kelasworo, Cunduk Raminten, dan masih banyak lagi. Tertarik mencoba? Datang saja ke tempat nongkrong di Jogja yang murah ini di Jl. FM Noto No. 7, Kotabaru.

8. Angkringan Tugu Kopi Joss Lek Man

Angkringan-Lek-Man

Angkringan Lek Man (Foto : qraved.com)

Ini dia tempat nongkrong di Jogja yang murah meriah, Angkringan Tugu atau Angkringan Lek Man dengan menu andalannya kopi joss. Angkringan Jogja yang paling terkenal ini terletak di sebelah utara Stasiun Tugu Jogja.

Dari pintu timur stasiun berjalanlah ke arah utara beberapa meter lalu belok kiri ke jalan Jl. Wongsodirjan, Yogyakarta. Disinilah berjejer aneka angkringan dengan menu andalannya kopi joss, kopi yang disajikan panas dengan diberi arang yang membara.

Tempat nongkrong di Jogja yang asik, enak, dan murah ini sering dijadikan tempat kumpul berbagai komunitas dari seperti mahasiswa, blogger, seniman, wartawan atau pun yang lainnya untuk sekedar ngobrol dan diskusi sambil “nyruput” kopi dan menikmati aneka menu khas angkringan.

Tak ada larangan formal, tetapi yang jelas perlu menjaga budaya angkringan, yaitu tepo sliro (toleransi), kemauan untuk berbagi dan biso rumongso (menjaga perasaan orang lain). Bisa diartikan tak perlu berebut tempat dan menghargai orang lain yang duduk berdekatan.

9. Alun-alun Kidul atau Alkid

Alun-alun Kidul atau Alkid

Alun-alun Kidul atau Alkid (Foto : hotelasih.com)

Alun-alun selatan atau yang lebih dikenal dengan alun-alun kidul atau alkid merupakan tempat nongkrong di Jogja malam hari yang asik dan enak. Aneka lampu warna-warni dari kendaraan hias menambah semarak tempat ini. Mobil-mobil hias ini bisa Anda gunakan untuk berkeliling alkid dengan tarif 30-40 ribu sesudah ditawar.

Alkid memang sejak dulu sudah terkenal sebagai salah satu tempat wisata malam di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Di sini, biasanya banyak anak muda atau wisatawan yang nongkrong sambil menikmati makan malam atau jagung bakar ditemani semangkuk wedang ronde khas Jogja.

Jangan lewatkan juga untuk menjajal peruntungan Anda melewati celah dua pohon beringin alkid. Konon, siapa yang bisa melewati celah di antara pohon beringin dengan mata tertutup, harapannya akan terkabul.

Jadi, kalau Anda punya harapan yang terpendam, kenapa tidak dicoba saja? Namun Ingat, tidak boleh percaya begitu saja, itu hanya lah mitos. Jangan sampai Anda berbuat syirik.

10. Nol Kilometer

Tempat-Wisata-Di-Jogja-Dekat-Malioboro-Kawasan-Nol-Kilometer-Kawasan-Nol-Kilometer

Tempat Nongkrong Di Jogja Dekat Malioboro Kawasan Nol Kilometer (Foto : putrinyanormal.com)

Tempat nongkrong di Jogja yang murah selanjutnya adalah Kawasan Nol Kilometer atau KM Nol. Kawasan ini memiliki sejumlah bangunan peninggalan Belanda yang disebut loji.

Coba deh kemari ketika malam hari, Anda seolah diajak berkelana ke masa lalu lewat bangunan-bangunan tua yang terawat sampai sekarang. Pendar kekuningan dari lampu merkuri makin menambah kesan romantis di tempat ini.

Kawasan KM Nol ini menjadi tempat favorit anak muda di Jogja untuk nongkrong maupun mengekspresikan diri. Anda bisa melihat berbagai komunitas dan seniman menarik perhatian pengunjung lewat atraksi mereka. Ada yang meniru patung perunggu, berdandan ala hantu, sampai menari.

Baca Juga : 15 Gudeg Jogja Yang Paling Enak Dan Terkenal

11. Bukit Bintang

Bukit-Bintang-Jogja

Bukit Bintang (Foto : sauus.com)

Kalau yang ini adalah tempat nongkrong di Jogja yang romantis, Bukit Bintang namanya. Bukit Bintang yang berada di Jalan Raya Yogyakarta-Wonosari menjadi salah satu tempat singgah yang menawan untuk melewatkan malam. Di tempat ini, berjajar sejumlah warung makan di tepi jurang yang menawarkan aneka makanan dengan harga ringan.

Dari ketinggian 150 meter, Anda bisa menikmati jagung bakar plus minuman hangat ditemani kerlip lampu kota Jogja yang menawan di kejauhan. Pasti tambah romantis, apalagi kalau ditemani orang yang Anda cintai atau teman-teman dekat.

12. Tugu Jogja

Tugu-Jogja-Malam-Hari

Tugu Jogja Saat Malam Hari (Foto : photographygeer.blogspot.com)

Siapa seh yang tak kenal dengan landmark yang menjadi ikon wisata Yogyakarta ini? Tugu Jogja yang bercat putih dengan sepuhan emas tampak menjulang di persimpangan Jl. AM. Sangaji, Jalan Diponegoro, Jalan Sudirman, dan Jalan Margo Utomo (P. Mangkubumi). Tugu Jogja ini berada di garis antara Gunung Merapi dan Keraton, menjadikannya jantung kota yang istimewa.

Jika Anda menganggap Tugu Jogja itu biasa saja, tunggulah sampai malam tiba. Dihiasi cahaya lampu kota, Tugu Jogja jadi tampak begitu mempesona. Saking mempesonanya, banyak orang yang rela menanti sampai jalanan agak sepi demi berfoto dengan Tugu Jogja di malam hari. Tempat ini menjadi salah satu tempat nongkrong di Jogja malam hari untuk berselfie bersama teman-teman.

13. Kalimilk

Kalimilk-Yogyakarta

Kalimilk Yogyakarta (Foto : sauskecap.com)

Ingin nongkrong siang hari sambil minum susu? Datang saja ke Kalimilk. Kalimilk terdapat di 4 lokasi, The Kalimilk, Jl. Kaliurang KM 4.9, Yogyakarta, buka dari jam 9 pagi sampe abis. TKP 1, Jl.Ngelempong Sari Raya, No.251, Yogyakarta, buka dari jam 11 pagi sampe abis. TKP 2, Seturan, Yogyakarta, buka dari jam 11 pagi sampe abis. TKP 3, Jalan Dr. Radjiman No. 353, Solo, buka dari jam 11 pagi sampe abis.

Kalimilk adalah singkatan dari Kaliurang Milk, yaitu cafe dengan menu utama susu sapi. Susu murni dengan varian rasa yang berbagai macam, mulai dari yang biasa biasa saja seperti strawberry, anggur hingga yang aneh2 seperti cookies (oreo), green tea, caramel, dan sebagainya.

Selain menu susu, disajikan juga menu makanan2 ringan seperti sandwich, sosis, french fries, dll. Kalimilk merupakan pelopor susu segar di Jogja yang mengangkat tradisi minum susu yang sehat dan tidak “eneg”.

Untuk masalah harga, bagi Anda yang mau nyusu di Kalimilk cukup terjangkau, untuk susu murni berukuran medium, dipatok harga Rp 8.000,- segala rasa. sedangkan untuk ukuran gajah atau ukuran besar harganya Rp 15.000,-. sedangkan untuk snack nya berkisar antara Rp 5.000,- sampai Rp 15.000,- (harga sewaktu-waktu dapat berubah).

14. Ruang Cafe

Ruang Cafe

Ruang Cafe (Foto : instagram.com)

Ruang Cafe merupakan salah satu cafe di Jogja yang asik dan enak buat tempat nongkrong. Ruang cafe mengambil konsep minimalis dan bertemakan keluarga disetiap ruangannya.

Cafe ini memiliki beberapa fasilitas diantaranya Billiard, Wifi, dan Live Music. Lokasi dan alamat tempat nongkrong di Jogja yang satu ini berada di Jalan Ring Road Utara, Ngaglik, Sleman, Jogja tepatnya bersebelahan dengan TK, SMP, dan SMA Al-Azhar. Buka jam 17.00 – 00.00 WIB.

Atmosfer kafe ini sangat kental dengan suasana kekeluargaan, seperti terasa di rumah sendiri. Tak hanya itu, banyak hal yang bisa Anda lakukan disini, biliyard, pingpong, main kartu, catur, dakon dan masih banyak lagi yang bisa Anda lakukan disini dan itu semua GRATIS. Jadi kalau disini rasanya males pulang, berjam-jam gak bakalan boring deh.

Cafe ini menawarkan beberapa varian makanan dan minuman diantaranya, Juice, Coffee, Milkshake, Tea, dll untuk minuman, sedangkan makanan ada soup, nasi goreng pattaya, bakmi goreng, dan lain-lain. Untuk harga dibandrol mulai dari Rp 1.000 – Rp 25.000 untuk makanan dan Rp 1.000- Rp 17.000 untuk minuman.

15. Cafe Momento

Cafe Momento

Cafe Momento (Foto : minumkopi.com)

Kafe Momento adalah tempat nongkrong di Jogja dengan atmosfer yang menyenangkan. Terletak di Jl Pandean Sari Blok IV No 10, Sleman, Yogyakarta, kafe ini sering jadi tempat diadakannya pertunjukan musik. Koneksi internet juga tersedia, sehingga Anda bisa menikmati hidangan sambil berselancar di dunia maya.

Untuk menu beragam dengan rasa yang nikmat, Kafe Momento punya range harga cukup murah. Ssst, kafe ini terkenal dengan hidangan penutupnya yaitu Choco Melt. Katanya, untuk cake cokelat yang lumer di dalamnya ditambah eskrim vanila yang lembut, harga Choco Melt ini sangat terjangkau di kantong backpacker.

Asik dan enak bukan aneka tempat nongkrong di Jogja? Dari yang gratis alias murah meriah sampai yang harganya mahal ada semua disini. Tak heran jika banyak orang yang susah move on dari Jogja setelah meninggalkan kota gudeg ini.

Kenyamanan dan kesederhanaan Jogja menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang selalu bikin kangen. Oya, bagi Anda yang punya info tentang tempat nongkrong di Jogja yang asik dan enak lainnya bisa berbagi melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*