Home Wisata Asia 15 Pantai Indah Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

15 Pantai Indah Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

41
0
SHARE

Pantai Di Jogja – Liburan di Jogja tentu belum lengkap tanpa menyusuri aneka wisata pantai indah di Jogja yang eksotik. Pantai di Jogja memang terkenal memiliki ombak yang besar sebagai ciri khasnya, namun dibalik itu ada keindahan alam yang sungguh menakjubkan. Hamparan pasir putih serta indahnya biota laut dapat Anda nikmati di sepanjang pantai Jogja.

Nah, bagi Anda yang hanya punya sedikit waktu saat liburan ke kota Gudeg, saya telah memilihkan beberapa, tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi khususnya pantai. Dari mulai pantai yang terkenal sampai pantai baru di Jogja ada semua disini. Penasaran kan? Yuk simak 15 wisata pantai Jogja yang wajib dikunjungi karena keindahan dan kepopulerannya.

Daftar Pantai Indah Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

1. Pantai Parangtritis

Pantai-Parangtritis-Jogja
Pantai Parangtritis (Foto : m.kidnesia.com)

Pantai yang satu ini adalah pantai indah di Jogja yang paling populer dikalangan wisatawan. Siapa seh yang tidak kenal Pantai Parangtritis? Hampir semua orang yang pernah berkunjung ke Jogja mesti mengenalnya.

Letaknya yang tak terlampau jauh dari pusat kota menjadi salah satu penyebabnya selain tentu saja karena sederet pesona yang dimilikinya. Pantai Parangtritis termasuk salah satu tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi di Jogja saat liburan.

Di pantai ini, Anda bisa melakukan banyak hal seperti menaklukkan gundukan pasir dengan ATV, bermain layang-layang, ataupun menyusuri pantai dengan bendi dalam senja yang romantis. Tak banyak pula yang tahu bahwa terdapat sebuah candi dan air terjun di pantai ini.

2. Pantai Depok

Pantai-Depok
Pantai Depok (Foto : jogjapos.com)

Nah, kalau wisata pantai Jogja yang satu ini khusus para penggemar kuliner hasil laut alias seafood. Pantai Depok terletak di sebelah barat Pantai Parangtritis/Parangkusumo kurang lebih 1,5 KM.

Di pantai ini merupakan surganya seafood karena menerapkan wisata alam pantai sekaligus kuliner. Terlebih lagi ikan ikan yang disajikan masih fresh hasil tangkapan nelayan Pantai Depok. Bagi Anda yang sedang mencari kuliner enak di Jogja yang murah, bisa mengunjungi pantai ini.

Saat ini Pantai Depok banyak fasilitasnya antara lain warung warung makan yang menghadap ke pantai dan fasilitas umum lainnya. Pengunjung bisa menikmati indahnya pantai selatan dengan deburan ombak yang besar sambil menikmati kuliner hidangan ikan laut yang disajikan. Sehabis makan Anda juga bisa bersenang-senang naik ATV.

3. Pantai Indrayanti

Tempat Wisata Pantai Di Jogja Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti Gunung Kidul (Foto : tempatwisatadaerah.blogspot.com)

Pantai Indrayanti atau disebut juga Pantai Pulang Sawal, tidak diragukan lagi menjadi salah satu wisata pantai indah di Jogja. Dengan hamparan pasir putih yang membentang dari timur ke barat, Pantai Indrayanti menyimpan pesona wisata luar biasa yang sayang untuk dilewatkan. Selain bersih, fasilitasnya cukup lengkap dengan watersport, penginapan, dan gazebo dimana pegunjung bisa menikmati gala dinner.

Wisata pantai Jogja yang satu ini terletak satu kawasan dengan Pantai Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Jangan sembarangan buang sampah disini yaa, karena pengelola setempat sangat serius menjaga kebersihan pantai dengan memberlakukan denda bagi yang ketahuan buang sampah sembarangan.

4. Pantai Pok Tunggal

Pantai-Pok-Tunggal
Pantai Pok Tunggal (Foto : danjaswatiputrih.blogspot.com)

Untuk sampai di Pantai Pok Tunggal, Anda harus melewati jalan yang berliku dan cukup sempit, namun semua akan terbayar lunas ketika Anda sampai disini. Hamparan perbukitan karang yang mengelilingi Pantai seakan melindungi Pantai Pok Tunggal dari dunia luar.

Terletak di Kecamatan Tepus, Gunungkidul, tempat wisata pantai indah di Jogja ini sangat sayang untuk Anda lewatkan begitu saja. Tempatnya masih alami dan tidak banyak turis yang berkunjung ke tempat ini. Pantai Pok Tunggal masih satu kompleks dengan Pantai Indrayanti dan Pantai Siung, dan bersebelahan dengan Pantai Seruni, dan Pantai Watu Lawang.

Pantai ini dinamai Pok Tunggal karena terdapat satu pohon ikonik yang berdiri tegak di tengah hamparan pasirnya, seakan sebatang kara melawan angin dan ombak samudra. Anda bisa menyewa payung pantai seharga Rp 20.000 atau tenda Dome Rp 60.000 apabila berniat camping disini.

5. Pantai Glagah

Pantai-Glagah
Pantai Glagah (Foto : beritadaerah.co.id)

Pantai Glagah menawarkan wisata pantai Jogja yang lengkap, mulai pemandangan laguna yang indah, fasilitas biking dan motocross hingga agrowisata pantai. Tak hanya itu, masih ada agrowisata buah naga di pinggirnya, Anda juga bisa menyewa kano dan perahu untuk berputar-putar mengelilingi laguna.

Untuk para penggila olahraga pancing dan motocross kawasan ini juga sangat mendukung. Jangan lewatkan pula keindahan ombak yang dihancurkan pemecah ombak dengan latar matahari terbenam.

Baca Juga : 15 Candi Di Jogja Yang Paling Cantik Dan Keren

6. Pantai Jogan

Pantai-Jogan
Pantai Jogan (Foto : turquezzavariedade.blogspot.com)

Ini dia wisata pantai indah di Jogja yang keren, Pantai Jogan namanya. Bisa dibilang, Pantai Jogan merupakan satu-satunya pantai di Jogja yang ada air terjunnya. Air terjun yang jatuh ke bibir laut bukanlah hal yang biasa ada. Air Terjun Pantai Jogan termasuk salah satu air terjun terindah di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi.

Tersembunyi di balik perbukitan karst, Gunungkidul di selatan Yogyakarta ternyata menyimpan air terjun yang jatuh langsung ke bibir laut. Sebuah pesona wisata alam di Jogja yang unik dan indah tentunya. Datanglah saat musim hujan tiba, niscaya Anda akan bisa menikmati pesona keindahan air terjun ini.

7. Pantai Kuwaru

Pantai-Kuwaru
Pantai Kuwaru (Foto : jogjanan.com)

Pantai Kuwaru berada di daerah Srandakan, Bantul, kurang lebih 29 KM keselatan Jogja. Keunikan wisata pantai Jogja ini adalah memiliki pohon cemara yang menghijau di sepanjang pantai. Di bawah rindangnya pepohonan cemara Anda bisa bersantai sambil memandang lautan, kalau panas bisa berteduh di bawahnya. Jarang ketemu pantai yang banyak pepohonan cemara seperti dipantai ini.

Pantai Kuwaru cukup ramai pengunjungnya, karena memang cocok untuk bersantai keluarga dengan pepohonan cemara, di Pantai ini tersedia juga fasilitas permainan seperti kolam renang mini dan mengendarai ATV.

Disepanjang pantai berdiri banyak warung makan yang akan memanjakan lidah dengan menu masakan laut dan juga makanan lain. Bersantai dan menikmati kuliner di bawah rindang pepohonan cemara sambil memandang laut pastilah sangat menyenangkan.

8. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara
Pantai Goa Cemara (Foto : radiopersatuan.tk)

Sesuai dengan namanya, di pantai Goa Cemara ini terdapat hutan cemara yang lebat. Saking lebatnya hingga membentuk seperti terowongan, karena itulah pantai tersebut dinamakan Pantai Goa Cemara. Hal itu yang menjadikan Pantai Goa Cemara memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya.

Wisata pantai Jogja ini letaknya di Dusun Patehan, Gandingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Di pantai ini biasanya pada waktu-waktu tertentu disana dilakukan pelepasan tukik (penyu) ke samudra.

Suasana pantai Goa Cemara pada waktu weekend cukup ramai oleh pengunjung lokal. Untuk mengunjungi pantai Goa Cemara, pengunjung hanya perlu membayar tiket parkir. Untuk bus dikenakan biaya 10000, mobil 5000 dan motor 2000.

Dengan biaya masuk yang murah, lokasi wisata ini tetap bisa dikelola dengan baik, terbukti dengan fasilitas disana yang terbilang cukup lengkap mulai dari warung penjual makanan yang berderet rapi, kamar mandi, mushola, hingga camping area.

Pantainya cukup bersih namun ombaknya besar karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Sehingga para pengunjung harus berhati-hati ketika bermain ombak dibibir pantai.

9. Pantai Nglambor

Tempat-Wisata-Di-Jogja-Terbaru-Pantai-Nglambor
Pantai Nglambor (Foto : hipwee.com)

Pantai Nglambor atau Lambor adalah salah satu wisata pantai Jogja di Gunung Kidul yang paling cocok untuk melakukan snorkeling. Pantai ini memiliki ombak yang cenderung lebih tenang dibandingkan pantai-pantai lainnya. Pemandangan bawah laut di pantai ini juga cukup indah.

Air laut di pantai ini cukup jernih untuk memungkinkan kita melihat pemandangan bawah laut dengan lebih leluasa. Ikan-ikan kecil, karang-karang yang indah serta beberapa biota laut merupakan pemandangan yang bisa ditemukan ketika melakukan snorkeling di Pantai Nglambor. Lokasi Pantai Nglambor berada di antara Pantai Siung dan Pantai Jogan.

10. Pantai Siung

Pantai-Siung
Pantai Siung (Foto : yukpiknik.com)

Ini dia wisata pantai Jogja yang wajib dikunjungi para pemanjat tebing. Berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Jogja, pantai Siung bisa ditempuh dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Pantai ini memiliki batu-batu karang berukuran besar. Penamaan pantai ini juga ada sangkut pautnya dengan batu karang.

Di pantai ini terdapat sebuah batu karang besar yang bentuknya mirip dengan gigi kera atau juga disebut Siung Wanara. Kata Siung tersebut akhirnya diambil untuk menamakan pantai cantik ini. Dalam bahasa Jawa siung artinya adalah gigi taring. Pantai Siung berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus.

Untuk Anda yang hobby panjat tebing, pantai Siung adalah tempat yang asik untuk menyalurkan hobby tersebut. Tebing-tebing di pantai Siung banyak yang dimanfaatkan untuk melakukan panjat tebing.

Ada lebih dari 250 jalur panjat tebing yang terdapat di pantai Siung. Di pantai siung juga terdapat sebuah camping ground yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda jika Anda ingin menghabiskan malam di pantai Siung.

Baca Juga : 15 Museum Di Jogja Yang Paling Bagus Dan Terkenal

11. Pantai Timang

Pantai Timang
Pantai Timang (Foto : duniatraveling.co.id)

Wisata pantai Jogja yang satu ini mungkin agak sedikit berbeda dengan Pantai lainnya. Pantai Timang menawarkan pengalaman seru, naik gondola tradisional menyeberangi tebing karang, dimana ganasnya laut Samudra Hindia menjilat jilat dibawahnya.

Sebenarnya, gondola ini digunakan oleh nelayan setempat untuk mencari lobster yang banyak bersarang di pulau karang. Sayang harga naik gondola ini terbilang cukup mahal, Rp 100.000 untuk pergi pulang.

12. Pantai Baron

Pantai-Baron
Pantai Baron (Foto : proleevo.wordpress.com)

Pantai Baron ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Pantai ini juga cukup terkenal di Jogja. Banyak keunikan yang dimiliki oleh wisata pantai Jogja yang satu ini. Salah satunya adalah keberadaan sungai air tawar bawah tanah. Air sungai tersebut mengalir ke laut.

Pantai ini juga memiliki beberapa fasilitas seperti tempat pelelangan ikan, wahana bermain anak-anak, hingga perahu mesin. Di pantai ini juga terdapat bukit-bukit yang membuat pemandangan menjadi lebih indah dan eksotik. Apalagi di tambah dengan hamparan pasir putih nan indah mempesona.

13. Pantai Krakal

Pantai-Krakal
Pantai Krakal (Foto : ragamtempatwisata.com)

Pantai ini berada di kecamatan Tanjungsari. Sama seperti wisata pantai Jogja lainnya di Gunung Kidul, pantai Krakal memiliki view yang indah dengan pasir putih dan ombak yang ramah. Sebagian besar bibir pantai ini terdapat batu-batu karang, tempatnya ikan-ikan laut berada.

Ombak di pantai Krakal ini juga cukup friendly untuk mereka yang suka berselancar. Pantai ini juga sudah cukup ramai. Hotel dan restoran sudah banyak terdapat di sekitar pantai.

14. Pantai Kukup

Pantai-Kukup
Pantai Kukup (Foto : yswitopr, kompasiana.com)

Wisata pantai Jogja yang satu ini masih berada di kecamatan Tanjungsari. Bersama dengan pantai Baron dan pantai Krakal. Orang-orang biasanya menyebut trio pantai tersebut dengan sebutan Baron, Kukup, Krakal. Ketiga pantai tersebut sering dijadikan tujuan dalam satu perjalanan liburan.

Pantai Kukup memilki pasir putih yang lembut. Keunikan pantai ini adalah keberadaan sebuah batu karang besar yang menjolok ke lautan. Melihat batu karang tersebut akan mengingatkan kita pada pantai Tanah Lot yang berada di Bali. Tak heran banyak yang menyebut Pantai Kukup sebagai tanah lotnya Jogja.

15. Pantai Ngrenehan

Pantai-Ngrenehan
Pantai Ngrenehan (Foto : hirukpikuk.co.id)

Di pantai ini Anda bisa menikmati indahnya pemandangan bukit-bukit kapur yang indah. Pasir di pantai ini sangat putih dan bersih. Di pantai Ngrenehan Anda bisa melihat banyak sekali perahu nelayan yang digunakan untuk mencari ikan.

Setiap bulan purnama pada hari raya Nyepi umat Hindu, di pantai ini diadakan sebuah upacara Melasti. Di pantai Ngrenehan ini Anda bisa melihat lebih dekat aktivitas para nelayan seperti memperbaiki perahu, merajut jaring atau mengangkat hasil tangkapan. Seru!

Wisata pantai di Jogja memang terkenal indah dan keren, tak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Bagi Anda yang punya info tentang pantai di Jogja yang keren dan menarik lainnya bisa berbagi info wisata melalui kolom komentar. Sekian info pantai indah di Jogja yang wajib dikunjungi, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here