Home » Wisata Alam » 25 Tempat Wisata Alam Di Bandung Yang Menarik Dan Keren

25 Tempat Wisata Alam Di Bandung Yang Menarik Dan Keren

Ini dia tempat wisata alam di Bandung dan sekitarnya yang menarik dan eksotis. Kota berhawa sejuk ini selalu menawarkan aneka objek wisata terbaru yang asik dan seru untuk dikunjungi. Tak hanya tempat rekreasi untuk orang dewasa, wisata anak dan keluarga pun ada disini.

Salah satu kawasan wisata alam di Bandung yang menjadi favorit wisatawan adalah Lembang. Namun sebenarnya, bukan hanya lembang saja yang memiliki objek wisata alam yang indah. Jika Anda mau “berselancar” melalui mesin pencari, maka Anda akan mendapatkan tempat wisata di Bandung yang menarik lainnya.

Nah, bagi sobat traveler yang berencana akan liburan ke kota Kembang ini, Mas Latip Travel telah menyiapkan daftar tempat wisata alam di Bandung dan sekitarnya. Dari mulai tempat yang sudah terkenal, belum terjamah alias jarang dikunjungi (masih perawan), sampai yang asik dan seru bagi anak muda. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Tempat Wisata Alam Di Bandung Selatan Dan Sekitarnya

1. Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Ciwidey Bandung (Foto : kawahputihciwidey.com)

Danau Kawah Putih yang terletak di Ciwidey, merupakan tempat wisata di Bandung Selatan yang paling terkenal. Berjarak sekitar 50 KM dari pusat kota Bandung, Kawah Putih dapat dicapai dengan mudah karena sudah ada jalan yang memadai untuk pengendara kendaraan pribadi, serta tersedia juga kendaraan umum bagi mereka yang tidak membawa kendaraan pribadi.

Kawah Putih menawarkan sebuah pengalaman menikmati tempat wisata alam di Bandung yang tiada duanya. Dengan udara yang dingin dilengkapi dengan pemandangan kawah bertanah putih, Kawah Putih Ciwidey tidak akan mengecewakan pengunjungnya.

Selain itu, warna air yang ada di Kawah Putih juga dapat berubah-ubah seiring dengan perubahan cuaca, suhu dan kadar belerang. Suasana unik juga dapat tercipta dari ketebalan kabut yang berubah-ubah setiap beberapa menit.

2. Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang (Foto : pariwisata4indonesia.wordpress.com)

Situ Patenggang adalah salah satu tempat wisata alam di Bandung yang terkenal, terutama bagi para pecinta danau. Asal nama danau Situ Patenggang adalah dari bahasa Sunda yang berarti ‘saling mencari’.

Kata ‘saling mencari’ ini bukanlah kata sembarangan karena ada sebuah cerita yang mengatakan bahwa dulunya ada sepasang kekasih yang terpisah. Mereka saling mencari sampai akhirnya bertemu di tempat ini.

Menariknya, di Situ Patenggang terdapat sebuah pulau dengan bentuk hati. Pulau ini dinamakan sebagai Pulau Asmara, atau sering disebut juga dengan nama Pulau Sasaka. Selain itu, di danau ini juga terdapat sebuah batu yang disebut sebagai batu cinta.

Danau Situ Patenggang berlokasi di sebelah selatan Bandung, tidak jauh dari tempat wisata alam lainnya di Bandung, yaitu Kawah Putih Ciwidey. Karena lokasinya yang berdekatan, biasanya pengunjung akan mengunjungi kedua tempat wisata alam ini sekaligus dalam 1 hari.

3. Ranca Upas

Penangkaran Rusa di Bumi Perkemahan Ranca Upas

Penangkaran Rusa di Bumi Perkemahan Ranca Upas (Foto : terasnusantara.co.id)

Berada pada daerah berketinggian 1.700 meter dpl, Ranca Upas memiliki udara yang sangat sejuk dan menjadi dingin di saat malam. Inilah salah satu tempat wisata alam Bandung yang sangat cocok untuk berkemah serta melakukan banyak kegiatan outdoor yang menyenangkan.

Di sana terdapat pula konservasi penangkaran Rusa Jawa. Anda dapat berinteraksi langsung dengan kawanan rusa yang hidup bebas di alam terbuka dan memberi makan rusa-rusa itu.

4. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali (Foto : travel.detik.com)

Wisata alam di Bandung yang satu ini menyajikan panorama alam khas perkebunan teh yang berbukit dan berkelok-kelok dengan hamparan teh yang tertata rapi. Pesonanya semakin kental dengan perbukitan hijau yang mengelilingi perkebunan teh ini.

Tujuan wisata Bandung ini mampu memberikan Anda pengalaman wisata yang unik dan berkesan dengan lanskap hijau dedaunan teh laksana permadani alam yang menawan. Hawa segar pegunungan dan latar berfoto yang menawan adalah daya tarik objek wisata di Rancabali.

5. Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey (Foto : tempatwisatadibandung.info)

Liburan ke Ciwidey tak lengkap rasanya jika belum mampir ke tempat wisata alam di Bandung yang satu ini. Kebun Strawberry Ciwidey adalah tempat di mana Anda dapat melihat dan berjalan-jalan di kebun strawberry. Selain itu Anda juga dapat memetik buah strawberry sendiri.

Strawberry yang telah Anda petik itu kemudian akan ditimbang dan Anda harus membayar sesuai dengan berat strawberry yang telah Anda petik. Saran saya datanglah pada musim kemarau karena kualitas strawberry lebih bagus dari pada saat musim hujan.

Baca Juga : 21 Tempat Wisata Anak Di Bandung Yang Murah Dan Menarik

6. Perkebunan Teh Gambung

Perkebunan Teh Gambung

Perkebunan Teh Gambung (Foto : yogiesbr.wordpress.com)

Perkebunan Teh Gambung masih dalam lingkungan tempat wisata alam di Bandung Selatan. Di sini selain sebagai sebuah agroindustri yang dikelola untuk memenuhi industri, Perkebunan Teh Gambung juga dikelola untuk dijadikan tujuan agrowisata yang alami. Salah satunya adalah dengan adanya wisata Ngebekong.

Kata Ngabekong adalah istilah dari bahasa Sunda yang artinya menyimpan tanaman-tanaman muda sebelum ditanamkan ke ladang. Yang menyusun atraksi wisata semacam ini adalah Rumah Pintar Satoe dan Pusat Penelitian Teh serta Kina Gambung (Teh Research Institute for Tea and Cinchona) yang akan mengajak anak-anak untuk menelusuri bagaimana prosesi bercocok tanam teh secara khusus dan lebih mendetail.

Dengan program ini anak-anak akan dikenalkan bagaimana sayuran yang biasa mereka konsumsi dapat tumbuh dan berkembang. Yaitu dari proses benih, penanaman di ladang dan kebun sayuran, dipetik atau pemanenan sampai pada simulasi jual-beli antara seorang petani ke pembeli. Pas banget sebagai salah satu tempat wisata anak di Bandung.

7. Situ Cileunca

Situ Cileunca

Situ Cileunca (Foto : thetravelapartment.com)

Situ Cileunca merupakan danau yang ada di daerah Pangalengan. Danau ini merupakan danau buatan yang dikelilingi bukit-bukit dan berlatar belakang pegunungan. Selain sebagai tempat wisata alam di Bandung Selatan yang menarik dan menantang, Situ Cileunca juga digunakan sebagai sumber air bagi pembangkit listrik.

Air dari danau dialirkan melalui sungai Palayangan lalu digunakan sebagai arena berarung jeram/rafting. Di sungai Palayangan Anda bisa bermain arung jeram atau rafting yang pastinya bisa membuat adrenalin Anda meningkat.

Tempat Wisata Alam Di Bandung Utara Dan Sekitarnya

8. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu (Foto : novajourney.wordpress.com)

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat wisata alam di Bandung yang paling ramai pengunjung. Alasan dibalik ramainya tempat wisata alam ini adalah karena keindahan yang ditawarkannya, serta kemudahan untuk mencapai lokasi. Berlokasi hanya sekitar 20 KM di sebelah utara Bandung, Tangkuban Perahu adalah salah satu penyebab kemacetan di Lembang.

Gunung Tangkuban Perahu juga mempunyai sebuah legenda menarik yang menceritakan tentang seorang pemuda bernama Sangkuriang yang berusaha menikah dengan ibu kandungnya sendiri. Mengetahui bahwa Sangkuriang adalah anaknya sendiri, sang ibu yang bernama Dayang Sumbi segera membuat syarat yang berat untuk menikah. Syarat yang dimaksud adalah bahwa Sangkuriang harus membuat sebuah danau dan perahu dalam 1 malam.

Singkat cerita, Sangkuriang gagal menyelesaikan danau dan perahu yang diinginkan sehingga ia menjadi murka dan menendang perahu yang telah dibuatnya. Perahu tersebut kemudian jatuh terbalik dan menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Bila dilihat dari jauh, Anda akan menyadari bahwa bentuk Gunung Tangkuban Perahu benar-benar serupa dengan bentuk perahu yang terbalik. Jangan lupa membawa masker ketika Anda berkunjung ke tempat wisata alam di Bandung yang satu ini, karena bau belerangnya cukup menyengat.

9. Bandung Treeptop Cikole

Bandung Treetop Cikole Lembang

Bandung Treetop Cikole Lembang (Foto : bandungtreetop.com)

Salah satu alternatif tempat wisata alam di Lembang adalah Bandung Treetop, yaitu sebuah area outing yang menawarkan kegiatan fun games dan adventure di antara hutan pinus Cikole, tempat ini akan sangat menarik bagi Anda yang menyenangi aktifitas yang memacu adrenaline juga sangat cocok untuk kegiatan outing perusahaan serta event lainnya.

Kegiatan luar ruang yang tersedia di Bandung Treetop sangat menantang adrenaline dan cukup unik, dimana peserta adventure akan menikmati berbagai tantangan dengan tujuan melewati rintangan dari satu pohon ke pohon lainnya.

10. De Ranch Bandung

De’Ranch Bandung

De’Ranch Bandung (Foto : annisarangkuti.wordpress.com)

Tempat wisata De’Ranch Bandung menyuguhkan Anda sebuah nuansa baru dalam wisata alam dengan menampilkan peternakan di mana kuda masih merupakan hewan pekerja yang utama sebagaimana yang ada di zaman cowboy.

De’Ranch adalah sebuah tempat wisata di Lembang yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga atau pun teman. Anda dapat menikmati suasana peternakan sambil menunggang kuda dengan kostum khas cowboy, mengelilingi lahan hijau, serta beragam kegiatan edukatif dan menyehatkan.

Tempat wisata alam di Bandung yang satu ini sangat tepat jika Anda ingin pergi berlibur bersama keluarga, terlebih putra-putri Anda. Tersedia berbagai aneka permainan dan kegiatan bagi anak-anak yang tentu saja akan sangat menyenangkan, misalnya berkuda, naik delman, flying fox, ATV, memancing, bersepeda, balon air, panahan, fun boat, atau kereta powpow.

Baca Juga : 30 Tempat Wisata Kuliner Di Bandung Yang Enak Dan Murah

11. Taman Wisata Maribaya

Air Terjun Maribaya Bandung

Air Terjun Maribaya Bandung (Foto : initempatwisata.com)

Maribaya yang berlokasi di Lembang, kurang lebih sekitar 22 KM dari pusat kota Bandung, adalah sebuah tempat wisata alam di Bandung yang terkenal dengan sumber mata air panas belerang.

Seperti di Tirta Sanita Ciseeng, sumber mata air panas belerang di tempat wisata ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan juga dapat membuat kulit menjadi mulus.

Selain terkenal dengan mata air panasnya, Maribaya juga disukai karena menawarkan wisata alam lain berupa air terjun dan taman. Salah satu kegiatan wisata favorit di Maribaya selain berendam air panas alami adalah trekking.

12. Kawasan Punclut

Kawasan Punclut Bandung

Kawasan Punclut Bandung (Foto : beritapenajam.com)

Inilah tempat wisata alam di Bandung yang mampu menyuguhkan Anda sebuah lanskap Kota Bandung dari ketinggian. Kawasan Punclut, singkatan dari Puncak Ciumbuleuit, berada pada ketinggian sekitar 1.000 m dpl dengan hawa yang cenderung dingin dan menyegarkan.

Panorama eksotis Kota Bandung, terutama di malam hari sungguh menawan terlihat. Terlebih lagi sembari menikmati kuliner lokal yang lezat di sana. Ada banyak warung lesehan yang menyajikan Anda makanan dan minuman yang nikmat tatkala mengunjungi Punclut.

13. Kebun Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung Bandung (Foto : blog.tamanbougenville.com)

Taman Bunga Cihideung Bandung (Foto : blog.tamanbougenville.com)

Kebun Bunga Cihideung adalah kawasan wisata bunga di Bandung dengan ragam jenis bunga yang ditumbuhkembangkan di sana, mulai dari bunga krisan, mawar, gladiol, aster, hingga pohon buah jeruk kimkit.

Para penyuka tanaman bunga selalu suka untuk mengunjungi destinasi wisata alam Bandung yang satu ini. Anda dapat membeli bunga potong atau bunga pot dengan harga yang kompetitif. Semuanya dibalut dalam keramahan petani bunga yang sungguh berkesan di hati.

14. Situ Lembang

Situ Lembang

Situ Lembang (Foto : tempatwisatadibandung.info)

Situ Lembang Bandung merupakan sebuah danau nan indah serta menawan yang berada di kawasan Bandung Barat, tepatnya Lembang. Selain itu, Situ Lembang sendiri ternyata lokasi awalnya adalah sebuah kaldera atau cekungan yang dihasilkan dari letusan Gunung Sunda sekitar Dua atau Tiga juta tahun yang lalu.

Situ Lembang menawarkan keindahan wisata air danau yang jernih dan pemandangan alam yang eksotis dan indah. Di sekitar kawasan ini ditumbuhi pohon-pohon pinus yang besar dan berusia tua, sehingga akan menambah keeksotisan serta kesejukan kawasan wisata lembang ini.

Namun demikian, tempat wisata alam di Bandung yang murah ini tergolong “tertutup untuk umum” (terbatas). Hal ini karena Situ Lembang adalah jantungnya para prajurit Kopassus. Inilah kawah candradimukanya para prajurit pilihan itu. Di tempat inilah mereka digembleng dengan sedemikian berat hingga akhirnya diakui sebagai pasukan elite terbaik ketiga di dunia.

Situ Lembang berada di Desa Kertawangi/Parongpong,kecamatan Cisarua,Lembang Kabupaten Bandung Barat. Situ Lembang sebenarnya bukan “ditutup”, tetapi dijaga. Perlu ada izin khusus dari Pusdikpassus untuk dapat mengunjunginya agar kelestariannya tetap terjaga.

Faktor utama pembatasan pengunjung ini berhubungan erat dengan faktor keamanan dan faktor ekologisnya, yaitu berkenaan dengan kebutuhan air minum masyarakat Bandung dan Cimahi yang mayoritas masih berasal dari Situ Lembang yang kemudian dialirkan melalui Sungai Cimahi.

15. Curug Cimahi

Curug Cimahi

Curug Cimahi (Foto : nativeindonesia.com)

Curug Cimahi adalah sebuah air terjun yang berasal dari aliran sungai Cimahi yang berhulu di situ Lembang. Curug Cimahi memiliki ketinggian sekitar 87 m, terdapat di dataran tinggi Bandung Utara, tepatnya di Desa Kertawangi, daerah Cisarua Lembang. Tempat wisata alam di Bandung yang murah ini dikelola oleh Perhutani.

Curug Cimahi dikenal pula dengan sebutan Air Terjun Pelangi. Hal ini karena curug ini bisa memberikan efek pelangi saat malam hari. Nah, efek pelangi ini sebenarnya adalah inovasi buatan dari pengelola curug ini untuk menambah daya tarik Curug Cimahi.

Jadi, ada sebuah set lampu yang sudah di desain sedemikian rupa yang ditempatkan do belakang air terjun curug cimahi. Efek cahaya lampu tersebut dapat memancarkan beragam warna seperti warna-warni pelangi sehingga dapat menyajikan pemandangan yang luar biasa indah di malam hari.

Untuk menikmati pemandangan air terjun pelangi, Anda harus berkunjung ke tempat wisata curug cimahi pada sore/malam hari karena khusus air terjun pelangi akan dapat disaksikan mulai jam 5 sore hingga jam 9 malam. Harga tiket masuk ke Curug Cimahi relatif murah hanya Rp. 12.000,- untuk kunjungan siang, sedangkan untuk kunjungan malam setelah jam 17.00 sebesar Rp. 15.000,-.

Baca Juga : 35 Tempat Makan Di Bandung Yang Enak Dan Murah Meriah

16. Dusun Bambu

Dusun Bambu Bandung

Dusun Bambu Bandung (Foto : indonesia.tripcanvas.co)

Dusun Bambu adalah tempat wisata baru yang berada di Lembang Bandung bagian Utara. Berada tepat di kawasan kaki pegunungan Burangrang, maka sudah pasti objek wisata ini memiliki keindahan alam yang asri, alami, dan berhawa sangat sejuk.

Meskipun baru, namun tempat ini telah dilengkapi dengan banyak fasilitas dan bisa dibilang sebagai tempat wisata alam di Lembang Bandung yang murah dan lengkap. Selain sebagai tempat wisata alam, Dusun Bambu juga sangat cocok untuk tempat wisata keluarga, kuliner dan belanja di Bandung.

Kawasan wisata ini memiliki sejumlah fasilitas wisata alam yang sangat baik dan menarik, di antaranya adalah villa, restoran, serta Pasar Khatulistiwa. Tiket masuknya pun cukup murah, hanya sebesar Rp. 15.000,- per orang.

Aneka aktivitas menyenangkan dapat Anda lakukan di sini, misalnya bersepeda santai sembari menikmati sejuknya udara dari lereng pegunungan Lembang. Tak hanya bersepeda, Anda juga dapat berkemah bersama teman dan keluarga, serta melakukan berbagai kegiatan outdoor menarik lainnya.

Tempat Wisata Alam Di Kota Bandung Dan Sekitarnya

17. Tebing Keraton

Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton Bandung (Foto : blog.reservasi.com)

Melihat bukit mungkin sudah jadi pemandangan biasa bagi Anda yang sering berkunjung ke Bandung. Akan tetapi gimana jadinya kalau Anda diajak melihat pemandangan nan mengagumkan dari puncak tebing? Tentu asyik dan seru bukan?

Ya di Bandung, tepatnya di daerah Dago ada sebuah tebing yang dikenal dengan nama Tebing Keraton atau Tebing Instagram. Menurut penemu aslinya yang bernama Pak Asep, tebing ini dalam Bahasa Sunda bernama Tebing Karaton yang memiliki arti kemegahan alam. Kemegahan alam ala Tebing Karaton baru akan Anda rasakan setelah sampai di puncak.

Dari atas sana hamparan pohon nan hijau siap memanjakan mata kamu. Bersiap-siaplah berdecak kagum kala kamu berhasil menjejakkan kaki di puncak bukit. Tiket masuk yang dikenakan oleh pengelola untuk pengunjung yakni sebesar Rp.11.000.

Oh ya bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata di Bandung yang indah ini jangan lupa menyiapkan jaket dan sepatu ya karena udara dingin dan kontur jalan yang licin siap menyambut Anda di sana.

18. Dago Pakar

Dago Pakar

Dago Pakar (Foto : Andreas Nawawi, kfk.kompas.com)

Wisata Alam Dago Pakar adalah satu objek wisata yang sudah sangat terkenal di Bandung, letaknya ada di sebelah utara kota Bandung di Jalan Ir. H. Djuanda. Dago Pakar menyajikan pemandangan alam yang indah karena tempat ini merupakan salah satu hutan yang masih bertahan di kota Bandung.

Dago Pakar diberi sebutan Taman Hutan Raya (Tahura). Dago Pakar menjadi Taman Hutan Raya yang pertama di Indonesia yang dulu telah diresmikan oleh Presiden Soeharto.

Menikmati kawasan wisata alam Dago Pakar Bandung, sangatlah terasa lebih nikmat apabila berjalan kaki. Dengan rute atau lintasan jalan di taman hutan sepanjang 5 sampai 7 Km ini akan sangat cocok bagi Anda penyuka jogging.

Anda dapat melakukan rileksasi pikiran dari kepenatan rutinitas kerja tiap hari dengan berjalan menyusuri kedalaman hutan sambil menghirup udara yang sangat segar dan menyehatkan disini.

Sepanjang rute jalan di Dago Pakar Bandung, Anda akan menjumpai berbagai peninggalan jejak sejarah. Goa Belanda dan Goa Jepang menjadi saksi hidup bahwa bangsa jepang dan belanda pernah menjadikan kawasan hutan ini sebagai kawasan pertahanan dan perlindungan dari musuh-musuh mereka.

19. Goa Pawon

Goa Pawon

Goa Pawon (Foto : hipwee.com)

Nama Goa Pawon mungkin bukanlah nama tempat wisata alam di Bandung yang populer. Namun meskipun begitu bukan berarti objek wisata ini tidak menarik sama sekali.

Goa Pawon yang terletak di Desa Masigit tersebut belum lama ini diberitakan cukup menggemparkan karena ditemukannya tulang manusia sebanyak 20.250 buah yang diduga milik manusia purba Suku Sunda. Nah bagi Anda yang tertarik untuk menengok goa berjarah ini siapkan uang sebesar Rp.5.500 sebagai biaya tiket masuk.

20. Arung Jeram Sungai Citarum

Arung Jeram Sungai Citarum

Arung Jeram Sungai Citarum (Foto : rudypraja.com)

Sudah sering ke Bandung tapi cuma jalan-jalan di kotanya sambil belanja? Jika ya, ini saatnya Anda sedikit keluar dari comfort zone untuk menikmati keseruan memacu detak jantung di derasnya aliran Sungai Citarum yang terletak di Kota Bandung tersebut.

Terletak di Desa Cisameng, wisata alam Bandung ini tergolong mudah dijangkau karena dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dalam waktu 2 jam saja. Sesampainya di sana Anda bisa memilih berbagai operator arung jeram dengan harga bervariasi. Paket arung jeram ini biasanya berdurasi 2-3 jam.

Bersiap-siaplah memacu adrenalinmu di atas arus sungai Citarum yang terkenal deras. Namun bagi Anda yang masih pemula, tidak perlu merasa khawatir karena dalam setiap perahu akan ada guide yang menemani tim Anda untuk mengarungi “liarnya” Sungai Citarum.

Baca Juga : 15 Tempat Wisata Di Bandung Yang Murah Dan Menarik

21. Situ Cisanti

Situ Cisanti

Situ Cisanti (Foto : dunia-si-ana.blogspot.com)

Siapa yang tak tahu Sungai Citarum? Sungai yang merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Jawa Barat ini ternyata memiliki hulu yang sangat cantik dan eksotis! Ya, namanya Situ Cisanti yang terletak di Pangalengan, 2 jam perjalanan dari Kota Bandung.

Selain keindahannya, situ ini memiliki fungsi yang sangat besar bagi masyarakat Jawa Barat dan memiliki sejarah dengan Kerajaan Pasundan. Situ Cisanti termasuk salah satu tempat wisata alam di Bandung yang wajib dikunjungi.

22. Curug Malela

Curug Malela Bandung

Curug Malela (Foto : irhamfaridh.com)

Pernah mendengar air terjun Niagara? Ternyata Bandung pun punya miniaturnya loh! Ya, namanya Curug Malela yang terletak di dekat daerah Waduk Saguling. Curug Malela ini memiliki lebar yang luas, karena itulah air terjun ini diberi nama niagara mini di Jawa Barat.

Untuk mencapai Curug Malela ini dibutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra karena medannya yang penuh tantangan. Air terjun ini termasuk tempat wisata alam di Bandung yang belum terjamah, karena wisatawan masih jarang yang berkunjung ke objek wisata alam ini.

23. Bukit Moko

Bukit Moko Bandung

City Light Kota Bandung dari Bukit Moko (Foto : jayanjayan.com)

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui keberadaan wisata alam Bandung yang satu ini. Walau jarang diketahui warga Jakarta, Bukit Moko sebenarnya adalah tempat terbaik untuk bersantai sambil menikmati pemandangan pegunungan di Bandung.

Tempat wisata alam yang disebut-sebut sebagai tempat tertinggi di Bandung ini selalu ramai dikunjungi warga Bandung dan sekitarnya setiap akhir pekan.

Di tempat ini, terdapat sebuah warung yang cukup terkenal dengan sebutan Warung Daweung. Warung ini bukan sembarang warung karena menawarkan pemandangan kota Bandung dari atas, dilengkapi dengan udara sejuk dan minuman hangat sehingga dengan cepat menjadi lokasi favorit warga Bandung untuk bersantai.

Untuk dapat mencapai Bukit Moko yang berlokasi di Desa Cimenyan, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang melintas di daerah ini. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati berkendara di jalur ini terutama pada saat hujan, karena jalan yang akan Anda lalui terjal dan berkelok-kelok.

24. Bukit Bintang

Bukit-Bintang-Bandung

Ilustrasi City Light Kota Bandung dari Bukit Bintang (Foto : siliwangitrans.com)

Tempat wisata alam di Bandung yang satu ini sebenarnya sebuah lokasi yang biasa saja, terutama pada siang hari karena merupakan hamparan tanah kosong di atas sebuah perbukitan Dago. Akan tetapi keadaan siang hari Bukit Bintang ini akan berubah 360 derajat, seperti dibalik pada sore hari ketika sang mentari mulai tenggelam.

Kawasan Bukit Bintang pun berubah seperti disulap oleh kuasa-Nya menjadi sebuah lokasi yang sangat luar biasa, dimana Anda akan melihat “Surga Bumi Parahyangan” Bandung.

Amazing Place! Beatifull! Wonderfull! Sepertinya kata-kata tidak akan pernah cukup mampu menggambarkan keindahan gemerlap kota Bandung di malam hari apabila Anda melihatnya dari Bukit Bintang Bandung ini.

Layaknya seperti sebuah negeri di atas awan, Kota Bandung bak seperti bintang-bintang di langit yang berkilauan serta berkelap kelip karena diterpa udara malam yang sangat dingin Bandung di malam hari.

Eksotis dan Romantis, sepertinya 2 kata itu sudah cukup mewakili sekaligus menjadi magnet dan daya tarik yang sangat luar biasa bagi setiap pengunjung atau wisatawan untuk berkunjung datang ke tempat ini. Bukit Bintang Bandung beralamat di Jl Bukit Dago Timur Bandung Jawa Barat Indonesia.

25. Batu Kuda Gunung Manglayang

Hutan Pinus Batu Kuda

Hutan Pinus Batu Kuda Gunung Manglayang (Foto : ilhamridhwan.blogspot.com)

Wisata Alam Batu Kuda Gunung Manglayang ini dibuka untuk umum sejak tahun 1987. Terletak di Desa Cibiru Weta, Ujung Berung, Bandung Timur yaitu sekitar 20 km dari pusat kota Bandung. Dengan luas sekitar 20 hektar dengan suasana alam yang cantik, dikelilingi oleh cemara, pohon pinus, dan kaliandra yang tampak sempurna di dataran tinggi yang sejuk ini.

Fasilitas yang disediakan di Wisata Batu Kuda Gunung Manglayang ini cukup lengkap. Fasilitas tersebut antara lain: Intstalasi air, kamar mandi, tempat untuk duduk, papan petunjuk jalan, shelter, dan pemandu. Anda akan dipandu untuk melakukan kegiatan-kegiatan disini.

Jika Anda datang ke Wisata di Batu Kuda Gunung Manglayang ini dengan menggunakan mobil, Anda harus memarkirkannya di tempat parkir, dan masuk ke kawasan wisata menggunakan ojeg. Banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan di Wisata Batu Kuda Gunung Manglayang seperti outbound, piknik, lintas alam dan camping.

Nah, itu dia sobat traveler aneka wisata alam Bandung yang asik dan seru untuk dikunjungi. Bagi Anda yang punya info tempat wisata alam di Bandung dan sekitarnya yang menarik dan keren lainnya bisa berbagi melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>