Home Wisata Asia 30 Tempat Wisata Kuliner Di Bandung Yang Enak Dan Murah

30 Tempat Wisata Kuliner Di Bandung Yang Enak Dan Murah

1562
0
SHARE

Ini dia daftar tempat wisata kuliner di Bandung yang enak dan murah. Kuliner enak dan murah meriah memang identik dengan Kota yang satu ini. Mulai dari kuliner khas sampai makanan western yang maknyus bisa Anda jumpai di Bandung. Kuliner jajanan yang unik dan legendaris menggoyang lidah pun ada disini.

Jadi, Bagi wisatawan yang akan liburan menikmati tempat wisata terindah di Bandung, tidak usah kuatir kelaparan. Anda akan mudah menemukan aneka restoran dan tempat makan enak di Bandung dengan harga yang relatif murah. Dan satu lagi, Anda akan dapat menjumpai wisata kuliner Bandung saat siang atau pun malam hari. Tak heran jika kota ini terkenal sebagai surganya kuliner Indonesia.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari info wisata kuliner di Bandung, Mas Latip Travel telah menyiapkan beberapa rekomendasi kuliner enak di Bandung yang murah meriah. Tempat wisata kuliner ini meliputi kawasan Kota Bandung dan sekitarnya seperti Lembang dan sebagainya.

Tempat Wisata Kuliner Di Bandung Yang Enak Dan Murah Meriah

 1. Batagor Bandung

Batagor Bandung
Ilustrasi Batagor Bandung, salah satu kuliner khas Bandung yang enak dan murah meriah (Foto : allstarfieldhockey.com)

Kita awali menjelajah kuliner enak dan murah di Bandung dengan Batagor. Makanan khas yang satu ini sebenarnya merupakan singkatan dari ‘baso tahu goreng’ dan disingkat Batagor. Batagor Bandung ini dioalah dengan digoreng dan faktor enak biasanya dari olahan daging ikan, tahu dan sambalnya.

Maklum, di Bandung banyak produsen tahu yang enak, makanya banyak batagor yang enak pula tahunya. Sambal Batagor biasanya berupa saus kacang dan kecap manis. Batagor termasuk kuliner khas Bandung yang enak dan murah meriah. Harga Batagor Bandung berkisar sekitar Rp.5.000 – Rp.8.500.

Beberapa Batagor yang terkenal di Bandung antara lain : Batagor Abun (Jalan Lengkong Besar), Batagor Riri (Jalan Burangrang), Batagor Kingsley (Jalan Veteran) dan Batagor Sukajadi (Jalan Pasirkaliki), dan Batagor H. Isan (Jalan Bojongloa).

2. Nasi Kalong

Nasi Kalong
Nasi Kalong (Foto : kompasiana.com)

Ingin mencoba wisata kuliner di Bandung malam hari? Datang saja ke Nasi Kalong. Sesuai dengan namanya, Nasi Kalong yang berlokasi di Jalan RE Martadinata ini buka mulai dari jam 7 malam sampai dengan dini hari, sangat cocok untuk mengisi perut yang keroncongan pada malam hari.

Tidak perlu takut datang ke tempat makan enak ini pada malam hari, karena tempat wisata kuliner di Bandung yang enak dan murah ini sangatlah ramai dengan pengunjung yang kelaparan, jangan heran bila melihat antrian yang mengular.

Menu andalan yang paling disukai di sini adalah nasi berwarna hitam dilengkapi dengan lebih dari 20 jenis lauk yang dapat dipilih sendiri seperti tahu goreng, ayam goreng madu, tumis buncis bakar, dan lain-lain. Harganya cukup murah terjangkau sekitar Rp.15.000,- s/d Rp. 35.000,- tergantung lauk yang dipesan.

Nasi hitam yang disediakan sebenarnya adalah nasi merah yang dimasak dengan kluwek, ditambah dengan cabai, bawang merah, kepala parut goreng, daun salam, dan bumbu lainnya. BIla tidak ingin makan nasi ini, tidak perlu kuatir karena tersedia juga nasi putih.

3. Paskal Food Market

Paskal Food Market
Paskal Food Market (Foto : 2bagsandapack.com)

Berlokasi di area Pasir Kaliki, dekat stasiun Bandung, Paskal Food Market mempunyai lebih dari 100 penjual makanan, mulai dari makanan khas Bandung, sampai dengan makanan internasional seperti makanan Jepang dan Korea. Dengan konsep ruangan terbuka, Anda akan dimanjakan oleh udara sejuk kota Bandung ditemani dengan makanan hangat yang nikmat.

Cukup dengan bermodalkan 10.000 Rupiah, Anda sudah bisa menikmati makanan enak yang ditawarkan di Paskal Food Market. Karena harga makanannya yang tidak mahal, Paskal Food Market sering kali dikunjungi oleh pelajar dan anak muda. Selain itu, tempat wisata kuliner di Bandung yang enak dan murah ini juga dilengkapi dengan kolam keberuntungan dan suasana romantis dengan lampu dan obor yang dibuat sedemikian rupa.

4. Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy
Yoghurt Cisangkuy (Foto : anekatempatwisata.com)

Beralamat di Jalan Cisangkuy nomor 85, Yoghurt Cisangkuy telah menjadi tempat nongkrong yang nyaman dengan menu yang sehat. Yoghurt sendiri merupakan sebuah produk hasil olahan dari susu fermentasi yang mempunyai banyak manfaat kesehatan.

Tidak seperti yoghurt pada umumnya, Yoghurt Cisangkuy menawarkan yoghurt yang tidak asam, melainkan mempunyai berbagai pilihan raasa yang enak. Bukan hanya itu saja, yoghurt ini juga disajikan dengan buah, sesuai dengan rasa yoghurt yang dipesan, jadi bila Anda memesan yoghurt rasa strawberry maka di dalam yoghurt tersebut akan ada buah strawberry juga.

Selain rasa strawberry, Yoghurt Cisangkuy juga menawarkan rasa lain seperti rasa moka, lecci, coklat, dan anggur dengan harga yang terjangkau alias murah meriah, hanya 9.500 Rupiah saja. Selain yoghurt, Anda juga dapat memesan beberapa jenis snack hangat seperti sosis goreng, kentang goreng, somay, batagor, sate, dan lain-lain.

5. Kupat Tahu Gempol

Kupat Tahu
Ilustrasi Kupat Tahu (Foto : siliwangitrans.com)

Sebenarnya kupat tahu ada banyak tersebar di seluruh penjuru Bandung. Kuliner enak di Bandung ini tipenya ada yang pakai saus kacang ada yang lebih berkuah. Yang cukup terkenal di Bandung salah satunya Kupat Tahu Gempol yang berlokasi di Pasar Gempol, Jalan Gempol Wetan.

Saus kacangnya sangat halus teksturnya dan rasa kacangnya sangat kental. Kerupuk pink yang garingnya juga pas banget untuk menyeimbangkan tekstur keseluruhan makanan tersebut. 1 porsinya dibandrol Rp 15.000,-, buka dari pagi hingga kurang lebih jam 11 siang saja.

Baca Juga : 21 Tempat Wisata Anak Di Bandung Yang Murah Dan Menarik

6. Mie Kocok Pak Haji Endan

Mie Kocok Pak Haji Endan
Mie Kocok Pak Haji Endan (Foto : banyumurti.net)

Mie kocok Pak Haji Endan terletak di depan rel kereta api menuju stasiun hall Bandung. Atau, tepatnya lagi di sebelah Ruko Kartika Sari cabang Jukut. Sedangkan cabang mie kocok Pak Haji Endan berada di Foodmarket d’ Kios yang tersebar di jalan Setia Budi 42, Dago 48, dan Braga 99.

Keistimewaan Mie Kocok Pak Haji Endan terbuat dari mie pipih yang kenyal dan lembut. Kelezatan kuahnya begitu melekat di lidah. Untuk satu porsi mie kocok Pak Haji Endan, Anda hanya perlu mengeluarkan Rp. 15.000,- saja. Tak heran jika Mie Kocok ini masuk dalam daftar tempat wisata kuliner di Bandung yang enak dan murah.

7. Lotek Macan

Lotek Macan
Lotek Macan (Foto : bandung.panduanwisata.id)

Lotek macan terletak di jalan Macan no 1, daerah Lodaya, Bandung. Meski tempatnya dinamakan lotek macan, namun yang dijual bukan hanya lotek. Ada pula es kolak yang rasanya lezat bukan main. Pembeli dapat memilih sendiri isi kolak sesuai selera. Soal harga jangan takut, maksimal hanya Rp 25.000,- saja. Cukup murah, bukan?

8. Martabak Bandung

Martabak Andir Bandung
Martabak Andir Bandung (Foto : thedelicaciesjournal.com)

Di luar Bandung sering dikenal dengan nama Martabak Bandung atau Martabak Terang Bulan (Martabak Manis). Pada awalnya, kuliner khas Bandung yang enak dan murah meriah ini hanya berisi gula dan kacang. Namun, saat ini variasi martabak Bandung sudah sangat beragam mulai dari adonannya yang pakai pandan, kopi, green tea hingga isiannya yang pakai toblerone, nutella, kitkat, dll.

Beberapa tempat makan martabak yang terkenal di Bandung antara lain Martabak San Fransisco (Jalan Burangrang), Martabak Canada (Kebon Kawung), Martabak Nikmat (Andir), Martabak Good (Cibadak) dan Martabak Mr. Black dengan adonan coklat/kopinya di Abdurrahman Saleh.

9. Prasmanan Ceu’ Mar

Prasmanan Ceu’ Mar
Prasmanan Ceu’ Mar (Foto : wisataomar.blogspot.co.id)

Satu lagi wisata kuliner di Bandung malam hari selain Nasi Kalong yang wajib Anda cobain, yaitu Prasmanan Ceu’ Mar. Tempat makan enak ini terletak di Jalan Banceuy, tidak jauh dari alun-alun, atau tepatnya di pinggir jalan sebelum belokan Braga, Bandung.

Warung prasmanan ini buka dari pukul sembilan malam hingga empat subuh. Makanankhas sunda yang disajikan beraneka ragam, khas rumahan. Harga yang dibandrol berbeda-beda, disesuaikan dengan menu dan seberapa banyak porsi makan Anda.

10. Warung Bu Eha

Warung Bu Eha
Warung Bu Eha (Foto : tribunnews.com)

Tempat wisata kuliner di Bandung yang enak dan murah yang satu ini tidak berada di pinggir jalan besar namun justru terletak dalam pasar, persisnya di Pasar Cihapit. Namun jangan salah sangka, meskipun tidak berada di area strategis namun warung makan ini selalu ramai dan penuh dengan pengunjung.

Salah satu alasannya, tempat makan enak di Bandung ini memiliki keunikan tersendiri karena sudah dibuka sejak masa kemerdekaan Indonesia pada tahun 1947. Dan yang membuat orang atau wisatawan terkesan adalah, Warung Bu Eha sering mendapat kunjungan dari para tentara Indonesia yang sedang berjuang mempertahankan kemerdekaan tanah air. Bahkan lebih dari itu Presiden Soekarno dan istrinya Ibu Inggit menjadi pelanggan tetapnya.

Baca Juga : 25 Tempat Wisata Alam Di Bandung Yang Menarik Dan Keren

11. Steak Ranjang

Steak Ranjang
Steak Ranjang (Foto : infotravelbandung.com)

Steak Ranjang merupakan rumah makan yang sesuai dengan namanya. Menyajikan masakan utama berupa makanan steak. Tapi steak yang ditawarkan di resto ini dibandrol dengan harga yang begitu murah hanya berkisar antara 15 hingga 25 ribu rupiah saja. Wisatawan yang suka dengan pengiritan tentu sangat cocok berkunjung ke resto yang berlokasi di Jalan Dipatiukur 68 ini.

Selain harganya yang sangat terjangkau, menu-menu yang disajikan selalu dikasih nama yang unik dan lucu. Misalnya Chciken Steak Telanjang Puas, Sirloin Selimut Nakal, Nasi Chicken Menggelinjang dan lainnya. Meski memunculkan kesan yang ‘nakal’ namun dijamin resto ini tidak menawarkan hal-hal lain yang bersifat negatif. Jam bukanya dari jam 12 siang hingga 9 malam.

12. Surabi Bandung

Surabi Bandung
Ilustrasi Surabi Bandung (Foto : travel.kompas.com)

Kuliner khas Bandung yang enak dan murah meriah selanjutnya adalah Surabi Bandung. Mencari surabi paling enak di Bandung tentu tidaklah sulit karena kota inilah biangnya surabi. Surabi merupakan menu jajanan tradisional khas Bandung yang terbuat dari adonan tepung beras dicampur santan kelapa.

Sebagai jajanan tradisional, awalnya surabi hanya memiliki dua varian rasa, yaitu rasa oncom dan kinca. Namun, kini surabi sudah dimodifikasi menjadi puluhan varian rasa yang tidak kalah enak. Harganya pun relatif murah berkisar antara Rp.9.000 – Rp.20.000,- tergantung varian rasa yang dipesan.

Bukan Bandung namanya jika tidak mampu mengembangkan satu jenis makanan menjadi lebih unik dan nikmat, termasuk surabi. Oleh sebab itu, banyak warung surabi yang pada akhirnya memodifikasi rasa surabi hingga memiliki puluhan varian toping. Mulai toping tradisional, hingga internasional.

Nah, bagi sobat traveler yang ingin mencicipi makanan khas Bandung yang satu ini, Anda bisa berkunjung ke warung surabi yang rekomended dan terkenal di Bandung. Diantaranya adalah Surabi Waroeng Setiabudi, Surabi Imut, dan Surabi Enhai. Lokasi ketiga surabi tersebut ada di Jalan Dr. Setiabudi Bandung.

Anda juga bisa mencoba Surabi Jalan Cikutra, Radja Surabi (Jl. Pluto Raya No. 1 Margahayu Raya) dan Surabi Cihapit (Jl. Cihapit). Jadi, jika Anda liburan di Bandung, tidak usah bingung mencari surabi karena makanan khas ini mudah ditemukan.

13. Mie Reman

Mie Reman
Mie Reman (Foto : bandung.panduanwisata.id)

Bagi penggemar Mie, tidak ada salahnya datang ke resto Mie Reman yang terletak di beberapa lokasi sekaligus seperti Jl. Teuku Umar 6/60, Jl. Braga 36 dan Jl. Haji Wasid ini. Sesuai dengan namanya, menu utama yang disajikan di tempat makan enak ini adalah Mie Reman. Harga setiap menu yang ditawarkan sesuai sekali dengan kantong wisatawan backpacker, hanya berkisar 13 ribu rupiah saja. Murah meriah bukan?

Menu-menu tersebut dibedakan sesuai dengan tingkat kepedasannya mulai dari level pertama hingga level lima. Yang paling pedas adalah level atau tingkat lima. Jadi wisatawan maupun pengunjung yang datang bisa menyesuaikan diri sejauh mana dia suka makanan pedas mulai dari yang pedasnya biasa saja hingga yang pedasnya sampai membuat lidah terasa panas.

14. Zombie Cafe

Zombie Cafe
Zombie Cafe (Foto : youtube.com)

Tempat wisata kuliner di Bandung yang enak dan murah ini pas banget bagi traveler atau anak muda yang suka bersantai dan nongkrong bersama teman-temannya. Anda dapat berkunjung ke Zombie Cafe yang terletak di Jalan Braga No.3.

Sesuai dengan konsep yang diusung, cafe ini menyajikan menu masakan modern yang dikasih nama-nama bertemakan Zombie. Bukan itu saja, desain dan penataan ruangnya juga diselaraskan.

Meski merupakan resto modern namun tempat makan enak di Bandung ini tetap menawarkan harga yang sangat murah untuk setiap menu makanan dan minumannya. Masing-masing dari menu tersebut dipatok dengan harga sekitar 25 hingga 90 ribu rupiah, masih terjangkau oleh wisatawan kelas ekonomi.

15. Bakso Rudal Anggrek

Bakso Rudal Anggrek
Bakso Rudal Anggrek (Foto : kotakami.com)

Kuliner enak dan murah berikutnya adalah bakso. Ya, Bandung juga punya bakso yang enak dan maknyus menggoyang lidah. Tak kalah dengan bakso khas Malang. Warung Bakso enak yang pertama adalah Baso Rudal Anggrek yang berada di jalan Anggrek, Bandung.

Tak terlalu sulit untuk menemukan tempat yang berada di samping jalan ini. Tempat ini termasuk tempat yang banyak dikunjungi karena rasa basonya yang enak. Namun, untuk mie bisa dikatakan kurang . Baso Rudal Anggrek atau Baso Anggrek ini adalah baso asli Solo yang terdiri dari beragam varian isi. Baso besar berisi vincangan daging, urat dan telur, sedangkan baso yang kecil tanpa isi.

Tentang harga, tergantung dari pilihan menu yang berkaitan dengan porsi dan penyajian. Semisal, baso komplit, baso besar dua, baso jumbo dan seterusnya. Kisaran harga dimulai dari Rp. 7.500 hingga Rp. 12.000. murah bukan?

Baca Juga : 12 Tempat Wisata Di Lembang Yang Murah Dan Menarik

16. Cuanki Serayu

Cuanki Serayu
Cuanki Serayu (Foto : zetakuliner.blogspot.com)

Cuanki sebenarnya berbeda dengan bakso namun di tempat makan enak di Bandung ini, Anda bisa juga menikmati menu baso dan mie (bakmi) atau campuran antara cuanki dan bakmi. Sesuai dengan namanya, tempat ini memang berada di jalan Serayu yang masih di seaputaran jalan Riau.

Tepatnya di jalan Riau bagian bawah. Tempat wisata kuliner di Bandung yang enak dan murah ini sangat mudah untuk ditemukan dan termasuk salah satu tempat makan baso yang ramai dikunjungi.

17. Bakso Mandeep

Bakso Mandeep
Bakso Mandeep (Foto : wisatabdg.com)

Jika ada tempat makan bakso yang memiliki suasana berkelas atau setara dengan cafe, Baso Mandeplah tempatnya. Berlokasi di Jalan Citarum, baso Mandep bisa dikatakan sangat dekat dengan pusat perbelanjaan FO, Jalan Riau.

Selain di tempat ini ada juga tempat yang lebih dekat, yaitu di jalan Cimanuk no. 10. Tempat yang kedua ini bisa dibilang berken sederhana dan cukup kecil. Begitu pun dengan aksesibilitasnya yang relatif sulit untuk ditemukan.

18. Mangkok Manis Dessert

Mangkok Manis Dessert
Mangkok Manis Dessert (Foto : annisakusumawati.blogspot.co.id)

Bagi Anda penggemar dessert yang manis dan segar, jangan sampai melewatkan Mangkok Manis Dessert yang berlokasi di Jalan Cihampelas. Disini, Anda akan disuguhi dengan beragam jenis dessert yang lezat yang berhasil memadukan cita rasa tradisional dan internasional melalui suguhan cantik.

Dengan hanya 15 hingga 25 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati satu mangkok hidangan manis menggugah selera. Tak salah jika tempat ini masuk ke dalam daftar tempat wisata kuliner di Bandung yang enak dan murah.

19. Nasi Kuning Pasirkoja

Nasi Kuning Pasirkoja
Nasi Kuning Pasirkoja (Foto : pergidulu.com)

Kalau biasanya nasi kuning banyak dicari untuk menu sarapan, Nasi kuning Pasirkoja ini malah baru jualan di malam hari sampai sekitar jam 1-2 pagi. Menariknya, ada 2 tempat nasi kuning enak yang sama-sama jualan di Jalan Pasirkoja. NKP Kiri baru buka sekitar jam 9 malam, lokasinya dekat sekali dengan persimpangan Jalan Terusan Pasirkoja dan Jalan Kopo, di sebelah kiri (searah).

Sayuran yang bisa dipilih: rendang, tahu, telur balado & telur rendang serta sambal oncom. NKP Kanan buka sedikit lebih awal yakni sekitar 8.30 malam, lokasi di sebelah kanan Jalan Pasirkoja sebelum persimpangan dengan Astana Anyar.

Di sini bisa pilih mau pakai nasi uduk atau nasi kuning, Sayurannya pun lebih banyak pilihannya: rendang, telur, tahu, sayur waluh (labu siam), kentang kotak, soun goreng, tempe, dan sambal. Bonusnya di sini ada kentang kering.

20. Perkedel Bondon

Perkedel Bondon
Perkedel Bondon (Foto : pergidulu.com)

Konon diberi nama “Perkedel Bondon” karena jualannya malam-malam saat para bondon bekerja. Lokasi tempat wisata kuliner Bandung ini di Stasiun Hall, masuk dari Jalan Otista, di salah satu warung nasi yang kalau malam di atas jam 10.30 sudah ramai antriannya.

Biasanya mereka mulai menggoreng jam 11 malam. Pokoknya begitu datang harus langsung ambil nomor antrian. Yang bikin perkedel ini enak adalah kombinasi tekstur garing di luar dan lembut di dalam. Terakhir beli harganya Rp 8.000,- untuk 5 butir. Jangan kaget kalau orang-orang beli berpuluh-puluh butir karena memang sekali kunyah ga akan bisa berhenti.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Bandung Selatan Yang Menarik Dan Terkenal

21. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom
Nasi Tutug Oncom (Foto : pergidulu.com)

Asalnya dari Tasikmalaya, Nasi Tutug Oncom ini banyak ditemukan di rumah makan khas Sunda. Perpaduan nasi yang dicampur oncom saja sudah nikmat, apalagi ditambah ayam goreng, tahu tempe, lalapan dan sambel.

Salah satu tempat makan enak yang recommended untuk makan Nasi Tutug Oncom di Bandung adalah di Sangrai, depan FO Heritage, masuk dari Jalan Banda. Di sana ayam gorengnya bisa diganti burung puyuh yang memang specialty menu di Sangrai.

22. Nasi Cikur

Nasi Cikur
Nasi Cikur (Foto : pergidulu.com)

Dari namanya saja sudah jelas, kuliner enak yang satu ini adalah makanan khas Sunda. Cikur berasal dari bahasa Sunda yang berarti kencur. Sebenarnya sederhana saja nasi cikur ini adalah nasi yang dicampur dengan bumbu-bumbu dapur dengan komponen utamanya cikur.

Nasi cikur bisa dipadukan dengan tumis sayur, ayam goreng/bakar, gepuk, lalapan dan sambal. Salah satu tempat wisata kuliner di Bandung yang enak dan murah dengan menu spesialnya nasi cikur adalah Warung Inul di daerah Dago Resort. Sudah 2 kali pindah tempat, lokasi terakhirnya saat ini dekat Marbella Suite Hotel di area Dago Resort. Buka setiap hari jam 7.00 – 21.00.

23. Tahu Khas Bandung

Tahu Susu Lembang Bandung
Tahu Susu Lembang Bandung (Foto : katalogwisata.com)

Ternyata Bandung juga punya tahu khas yang tak kalah enak dengan tahu sumedang lho. Beberapa ciri khas dari tahu khas Bandung ini memang berbeda dengan tahu Sumedang. Nah, bagi traveler yang ingin menikmati makanan khas Bandung yang satu ini, setidaknya ada 4 tempat yang direkomendasikan.

Tempat pertama adalah Tahu SB yang terletak di Jalan Astana Anyar No. 82. Salah satu tahu ciri khas dari toko ini adalah Tahu Mongol. Tahu ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Selain itu ada tahu sapi lada hitam, tahu yang diisi dengan daging dapi dan sayuran.

Ada juga tahu ayam jamur, tahu berbalut tepung dan diisi dengan jamur serta ayam. Selain itu ada tahu isi sayur yang berisi sayuran seperti wortel, buncis, dan kol. Tahu biasa di tempat ini juga lezat, dengan tekstur yang lembut dan padat sehingga mengenyangkan.

Tempat kuliner tahu Bandung yang kedua adalah Tahu Talaga Sun Yen. Tahu ini merupakan salah satu yang bertahan lama dna populer. Tahu ini memakai kedelai impor dan lokal kualitas terbaik. Pabrik tahu ini berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 227. Kita bisa melihat proses pembuatan tahu di tempat ini. Tahu yang diproduksi bebas pengawet dan selalu segar.

Tahu yang terkenal di Bandung berikutnya adalah Tahu Tauhid. Tahu ini dekat dengan wisata De’ranch Lembang, Jalan Sesko-AU No. 20. Selain itu ada tempat lain yang menjadi lokasi utama Tahu Tauhid, yaitu Jalan Cijeruk No. 113.

Yang terakhir adalah Tahu Susu Lembang. Tahu Susu Lembang beralamat di Jalan Raya Lembang No. 117. Tahu ini diberi campuran susu, yang merupakan produksi utama di Lembang. Tahu ini memiliki terkstur yang lembut dan berprotein tinggi, karena berbahan dasar kedelai, susu, dan mentega. Tahu Susu Lembang selalu ramai setiap harinya, terutama saat akhir pekan.

24. Nasi Bancakan

Nasi Bancakan
Nasi Bancakan (Foto : disgiovery.com)

Bagi Anda yang merindukan makan dengan suasana prasmanan ala pedesaan/kampung bisa datang ke warung Nasi Bancakan. Nasi Bancakan yang berlokasi di Jalan Trunojoyo Bandung. Ketika memasuki resto ini maka Anda akan langsung merasakan nuansa dan suasana perkampungan yang biasanya banyak didambakan mayoritas warga kota.

Bancakan yang berarti makan bersama mengajak Anda berpetualang menu yang membawa misi kearifan lokal dan berkarakter klasik. Tak kurang dari 50 varian menu khas Sunda perdesaan siap menuntaskan rasa penasaran Anda akan khasanah masakan di tatar Parahyangan.

Di area Warung Nasi Bancakan, nostalgia rumah Sunda tempo dulu menjadi identitas utama yang disodorkan. Tak harus menunggu lama, pengunjung dipersilakan untuk langsung mengantre, tepat di meja prasmanan di belakang resto. Hemmm , betapa menggiurkan saat mata disuguhi barisan menu yang tersaji di sana.

Soal harganya sendiri, Anda tak perlu khawatir karena sangat terjangkau mulai dari Rp 5.000 sampai belasan ribu saja. Tak heran jika Nasi Bancakan masuk dalam daftar tempat wisata kuliner di Bandung yang enak dan murah meriah.

25. Sate Maulana Yusuf

Sate Maulana Yusuf
Sate Maulana Yusuf (Foto : tikatheexplorer.wordpress.com)

Nah, bagi Anda penggemar sate, tak usah kuatir karena Bandung juga punya Sate yang enak dan relatif murah yaitu Sate Maulana Yusuf. Sate Maulana Yusuf Bandung terletak di Jalan Maulana Yusuf No. 21 Bandung. Biasanya dibuka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam. Namun tak jarang sebelum pukul 10 malam kedai ini sudah tutup karena satenya sudah habis.

Dalam 1 porsi terdapat 10 tusuk Sate. Sate yang dipilih bisa Sate Ayam ataupun Sate Kambing. Untuk 1 porsi Sate ayam, potongan–potongan daging dalam setiap tusuknya relatif besar, berbeda dengan potongan – potongan daging di Kedai sate lainnya. Satu porsi sate ayam dihargai 25 ribu rupiah. Bila ingin menambahkan lontong tinggal menambah 4 ribu rupiah saja.

Sambal kacang yang disajikan untuk menemani Sate Maulana Yusuf Bandung rasanya memang berbeda dibanding bumbu sate yang lainnya. Teksturnya tidak terlalu lembut dan kekentalannya pas. Bagi penyuka pedas pasti akan menyukai cabe rawit rebus yang juga diulekkan dalam porsi bumbu kacangnya. Rasanya? Manis, pedas, gurih, dan tentunya terasa pas dengan empuknya sate ayam yang tersedia.

Baca Juga : 15 Tempat Wisata Di Bandung Yang Murah Dan Menarik

26. Cafe Madtari Bandung

Cafe Madtari Bandung
Aneka Olahan Keju seperti pisang bakar keju di Cafe Madtari Bandung (Foto : tripadvisor.com)

Bagi wisatawan yang berada di wilayah Dago, terutama Dago atas, jangan lupa berkunjung ke Cafe Madtari yang terkenal sebagai salah satu tempat wisata kuliner malam hari di Bandung sekaligus tempat nongkrong favorit anak muda Bandung. Lokasi dan alamat resmi Cafe Madtari terletak di Jl. Rangga Gading no 12, Bandung. Anda juga bisa menemukannya di Jalan Teuku Umar no. 1, Jalan Surapati No. 72, dan Jalan Dr. Otten No. 11.

Cafe ini termasuk tempat yang paling banyak dikunjungi. Terutama bagi mereka yang senang meluangkan waktu untuk nongkrong dan berbincang. Banyak alasan yang membuat cafe ini ramai, selain berada di wilayah yang cenderung jauh dari keramaian, hiruk pikuk juga kemacetan kota, tampat wisata kuliner di Bandung yang enak dan murah meriah ini buka selama 24 jam.

Menu yang ditawarkan di Cafe Madtari sebenarnya sangat banyak yang meliputi makanan dan minuman. Namun menu tersebut didominasi oleh olahan pisang dan susu, termasuk di dalamnya keju. Karenanya wajar, jika Madtari kemudian terkenal dengan pisang bakar atau pisang kejunya.

Pisang keju yang ditawarkan Madtari sendiri, sebenarnya lebih tepat jika dikatakan keju pisang. Hal ini sangat beralasan mengingat keju parut yang disajikan, terasa lebih tebal atau lebih banyak dari pisangnya sendiri. Taburan keju yang sangat banyak dan terkesan boros ini pun, berlaku juga untuk menu rotinya.

27. Nasi Goreng Bandung

Nasi Goreng Mafia
Ilustrasi Nasi Goreng Mafia Cabang Jakbar (Foto : tribunnews.com)

Anda penyuka nasi goreng (nasgor)? Kalau iya, jangan sampe melewatkan aneka nasi goreng Bandung yang enak dan maknyus menggoyang lidah. Setidaknya ada 5 tempat wisata kuliner di Bandung yang enak dan murah meriah dengan menu nasi goreng rocomended.

Yang pertama adalah Nasi Goreng Mafia yang terletak di Jl. Dipatiukur No.51, Bandung. Nasi Goreng yang satu ini merupakan salah satu nasgor yang paling dicari karena dimasak dengan rempah pertama di Indonesia sehingga rasanya sangat unik dan nikmat. Yang paling special dari Nasi Goreng Mafia adalah nasi goreng kikilnya.

Nasi goreng enak di Bandung yang lainnya adalah Nasi Goreng Hitam di Rumah Makan Legoh yang sekaligus menjadi menu andalan rumah makan ini. Ada juga Nasi Goreng Pak Ikin yang memakai gerobak di depan Hotel Savoy Homan.

Nasi Goreng Awih yang berada di Jalan Sadewa, Pajajaran juga tak kalah enaknya. Dan yang terakhir adalah Nasi Goreng Suryobundo yang terletak di Simpang Dago. Sesuai namanya, Anda mesti sudah bisa menebak kan? Ya, Nasi Goreng Suryobundo menyajikan menu khas nasi goreng padang.

28. Soto Bandung

Soto Bandung
Ilustrasi Soto Bandung (Foto : citarasaindonesia.co.id)

Bandung ternyata juga punya kuliner soto yang enak dan murah. Ada beberapa warung soto paling enak di Bandung yang bisa Anda kunjungi. Diantaranya adalah Soto Bandung M.Tarya yang terletak di Jl. Mohamad Ramdhan No. 85.

Soto M Tarya merupakan soto legendaris Bandung yang paling enak yang sudah berdiri sejak 1955. Tidak heran jika banyak artis ibukota yang rela mampir untuk menikmati semangkuk soto di tempat ini. Menu paling spesial di tempat ini adalah soto campur ditambah perkedel kentang yang masih panas.

Ingin Anda ingin menikmati soto ayam, soto sulung, maupun soto babat yang lezat maka datanglah ke Soto Jopati di Jl. Japati, tepatnya di sekitar kantor Telkom dan Laboratorium Komputer Unpad. Dibanding soto lainnya, soto di tempat ini memiliki cita rasa yang khas dari bumbu tertentu.

Kuah sotonya sangat enak dan wangi sehingga semakin menggugah selera. Harga yang ditawarkan pun murah banget sehingga tidak heran masuk dalam daftar salah satu soto enak di Bandung yang murah meriah.

Bagi Anda penggemar soto Betawi, sempatkanlah mampir ke Soto Betawi Cibadak di Jl. Cibadak Bandung. Perpaduan antara kuah soto dengan aneka irisan daging, babat, maupun kikil, memang sangat menggugah selera. Apalagi, harga yang ditawarkan sangat murah meriah. Jadi, jangan lewatkan untuk memanjakan lidah Anda dengan soto betawi ini saat berkunjung ke Bandung.

29. Restoran Kehidupan Tidak Pernah Berakhir

Restoran Kehidupan Tak Pernah Berakhir
Restoran Kehidupan Tak Pernah Berakhir (Foto : thetravelearn.com)

Anda pasti merasa aneh dengan nama restoran atau tempat makan enak di Bandung yang satu ini. Namun, jangan salah menyangka, tempat ini adalah sebuah nama restoran yang sudah terkenal di Bandung. Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 2012 yang lalu.

Restoran ini hanya menyediakan makanan kuliner yang terdiri dari sayuran atau di sebut dengan restoran “Vegetarian”. Anda tidak perlu khawatir dengan harga makanan yang ada di restorant ini karena bukan hanya makanannya saja yang enak dan lezat, melainkan harganya pun murah meriah.

Alamat dan lokasi Restoran Kehidupan Tidak Pernah Berakhir terletak di JL.Padjajaran, Bandung. Bagi Anda penggemar vegetarian, jangan sampai melewatkan tempat wisata kuliner di Bandung yang enak dan murah ini.

30. Warung Kopi Bapak Purnama

Warung Kopi Bapak Purnama
Warung Kopi Bapak Purnama (Foto : aryawasho.wordpress.com)

Untuk anda para pecinta kopi, Jangan ngaku pecinta kopi kalau belum merasakan nikmatnya kopi hitam ala Bapak Purnama. Warung kopi ini merupakan kedai kopi yang paling tertua yaitu sejak 1930 dan sudah populer akan kenikmatannya.

Kedai kopi ini terletak di JL. Alkateri, Bandung. Untuk daftar harga kopi di kedai ini cukup murah meriah, hanya dengan sekitar Rp. 7.000,- Anda sudah bisa menikmati secangkir kopi nikmat khas Bapak Purnama.

Bagaimana sobat traveler? Bandung memang benar-benar surganya wisata kuliner enak yang maknyus menggoyang lidah bukan? Harganya pun relatif murah meriah, asik di budget deh. Oya, bagi Anda yang punya rekomendasi tempat wisata kuliner di Bandung yang enak dan murah lainnya, bisa share melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here