Home Wisata Asia 47 Cafe Hits Dan Unik Instagramable Di Semarang Yang Asik Buat Tempat...

47 Cafe Hits Dan Unik Instagramable Di Semarang Yang Asik Buat Tempat Nongkrong

1323
0

Cafe Di Semarang – Bingung mencari tempat nongkrong enak di Semarang? Ini daftar rekomendasi cafe hits dan unik instagramable di Semarang yang asik buat hangout bareng teman. Lengkap dengan foto / gambar terbaru, dari mulai kafe baru dengan harga murah, mewah, live music, free wifi, buka 24 jam, hingga suasana romantis serta view pemandangan alam indah.

Sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang sering kali menjadi tujuan liburan para wisatawan dari berbagai daerah. Ada banyak sekali tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi bersama teman, anak-anak, keluarga, atau pun rekan kerja. Dari mulai pantai, alam pegunungan, galeri seni, wahana bermain, bangunan sejarah, hingga spot selfie keren.

Cafe-Di-Semarang
Ilustrasi Cafe Di Semarang Untuk Tempat Nongkrong (Foto : instagram @folkafe)

Tak hanya itu, akomodasi di sini juga terbilang lengkap, tersedia fasilitas seperti hotel, rumah makan, cafe, pusat oleh-oleh, bandara, stasiun, terminal, jalan, hingga transportasi umum. Kota yang dikenal dengan nama Kota Atlas atau Kota Lumpia ini juga memiliki sejumlah destinasi romantis buat bulan madu, misalnya Umbul Sidomukti.

Nah, bagi Anda para traveler muda yang suka banget kongkow bareng teman, berikut list cafe instagenic yang cozy buat tempat kumpul-kumpul atau pun ngopi. Tapi, cafe dalam artikel ini dibuat untuk umum ya, jadi bagi Anda yang muslim wajib memilih cafe dengan menu halal.

Daftar Cafe Hits Dan Unik Instagramable Di Semarang Yang Asik Buat Tempat Nongkrong

1. Eatboss Semarang

Kita mulai review cafe di Semarang yang instagramable kali ini dengan mengulas Eatboss. Kesan minimalis dengan suasana cozy akan Anda temukan saat memasuki Eatboss. Interior bagian dalamnya sungguh cantik, penataan meja kayu, kursi metal, sofa, cat dinding, hingga lampu gantung tampak begitu indah.

Bukan hanya nyaman untuk nongkrong, Cafe Eatboss Semarang juga recommended buat berbagai event acara seperti meeting, perayaan ulang tahun (birthday party), reuni, prewedding, dan beauty class. Di sini tersedia ruangan private (private room) berkapasitas 150 orang. Bahkan, kabarnya dekorasi ruangannya pun bisa pesan sesuai selera. Asyik banget, bukan?

Ada 2 area yang bisa Anda pilih, yaitu indoor dan outdoor. Bukan hanya tempatnya saja yang keren, sajian makanan / minuman Eatboss Cafe juga terbilang enak dengan variasi menu cukup banyak. Tersedia hidangan kekinian, lokal Indonesia, hingga western misalnya Chicken Salted Egg, aneka steak, ayam geprek, iga bakar dengan bermacam sambal (sambal matah, bawang, uleg, penyet, ijo), olahan kopi, dan sebagainya.

Lokasi / Alamat Cafe Eatboss terletak di Jl. Mentri Supeno No 15, Mugassari, Kec. Semarang Selatan., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 23.00 WIB sehingga cocok buat nongkrong saat siang atau pun malam hari.

2. LOT 28 Coffee

Saat ini, wifi gratis nampaknya sudah menjadi fasilitas wajib yang disediakan oleh berbagai cafe kekinian yang hits di kota-kota besar. Tak kecuali LOT 28 Coffee Semarang, di sini juga tersedia wifi dengan stop kontak beserta kursi yang bakal membuat Anda nyaman mengerjakan tugas kuliah, pekerjaan, atau pun diskusi bareng teman-teman.

Interiornya cukup instagenic dengan pencahayaan baik sehingga memudahkan Anda dalam mendapatkan foto keren untuk mengisi feed instagram atau pun update status. Asiknya lagi, makanan / minuman di sini termasuk enak dengan harga murah terjangkau. Tersedia aneka kopi, camilan, dan makanan berat dengan harga mulai dari sekitar 15 ribu rupiah.

LOT 28 Coffee berlokasi di Jl. Singosari Raya No.28, Wonodri, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 00.00 WIB.

3. The Tavern

Cafe hits di Semarang berikutnya yang kabarnya selalu ramai pengunjung adalah The Tavern. Interiornya sungguh berkelas dengan nuansa klasik unik. Kaca-kaca besar dan kursi / sofa nyaman, akan membuat Anda betah berlama-lama di sini. Klo dilihat dari postingan instagramnya juga ada semacam live music gitu gaes, jadi makin asik.

Apalagi areanya lumayan luas, cocok buat nongkrong bareng teman-teman sambil berselfie ria buat ngisi feed instagram. Lokasi / Alamat The Tavern terletak Jl. Rinjani No.1, Bendungan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 16.00 – 00.00 WIB.

4. Mr K Cafe

Meskipun memiliki dekorasi interior nan instagramable layaknya cafe-cafe mahal, namun harga makanan / minuman yang ditawarkan Mr K Cafe lumayan murah terjangkau bagi mahasiswa / pelajar. Harga menu di sini sekitar 15 – 30 ribu rupiah dengan cita rasa enak. Mr K Cafe memiliki 3 cabang yaitu :

Mr.K Cafe Gombel, alamatnya di Jl. Setia Budi No.28, Ngesrep, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Mr.K Cafe Stadion, alamatnya di Jl. Ki Mangunsarkoro No.15, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Mr.K Kedungmundu, alamatnya di Jl. Kedung Mundu Raya No.7, Kedungmundu, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Ketiga cabang tersebut sama-sama mempunyai interior keren yang bagus untuk foto. Kadang juga ada event live musiknya. Tak ayal, cafe ini pun menjadi incaran anak muda buat acara tertentu seperti ultah / anniversary, / buka puasa bersama / bukber, nobar pertandingan sepak bola, atau pun sekedar nongkrong. Jam buka mulai pukul 12.00 – 00.00 WIB.

5. Caffe Leon

Terletak di Jalan Sisingamangaraja No.19C, Wonotingal, Candisari, Kota Semarang, Jawa, Tengah, Caffe Leon menawarkan desain interior yang tak kalah instagramable dibandingkan cafe-cafe lain. Tersedia menu makanan western khas Italia nan mewah dan lezat dari mulai pasta, pizza, gelato, hingga zuppa.

Untuk menikmati menu hidangan di Caffe Leon, sepertinya Anda harus menyiapkan budget lumayan banyak, karena harganya terbilang mahal. Jam buka mulai pukul 11.00 – 15.00 WIB dan 17.30 – 23.00 WIB.

6. Nestcology Land of Gastronomy

Nestcology Land of Gastronomy atau nest.co.lo.gy termasuk salah satu cafe di Semarang yang menyuguhkan makanan dengan penyajian unik. Cafe ini memakai konsep open kitchen sehingga pengunjung bisa melihat secara langsung para chef / barista dalam meracik menu hidangan.

Anda bisa menikmati berbagai jenis makanan dan minuman dari mulai snack, appetizer, dessert, mocktail, hingga menu berat bercita rasa Eropa maupun Asia. Misalnya, Shredded Chicken Slider berwadah kayu, Sukiyaki Wagyu Pizza, Croquembouche, Crazy Rice atau Hazelnut Butter and Grilled Chicken.

Tak hanya makanannya yang enak, desain interior cafe bergaya industrial ini juga instagramable banget buat berfoto. Furniture dari kayu, jendela kaca besar, dan hiasan dinding berupa mural, hingga sangkar burung memberi kesan artistik. Lokasinya yang berada di ketinggian semakin menambah daya tarik, yaitu berupa view pemandangan / landscape Kota Semarang.

Nestcology Land of Gastronomy terletak di Jl. Tambora No.5A, Tegalsari, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 12.00 – 22.00 WIB. Harga menu makanan di sini sekitar 50 ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Jadi, bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini, siapkan kantong tebal ya gaes, hehe.

7. Eling Bening

Siapa seh yang tak kenal dengan Eling Bening? Tempat wisata yang bagus dan indah ini sempat ngehits banget lho di kalangan wisatawan beberapa tahun belakangan. Dari kawasan Eling Bening, Anda bisa menikmati penorama alam indah berupa hamparan sawah, pepohonan hijau, perbukitan / pegunungan, dan danau Rawa Pening.

Asyiknya lagi, Eling Bening ternyata punya fasilitas cafe / resto yang enak buat nongkrong sambil menikmati alam. Anda bisa menikmati berbagai hidangan nusantara di sini dari mulai ikan bakar, aneka sup, rawon, soto, sate, ayam taliwang, mie lontong, dan sebagainya.

Lokasi / Alamat Eling Bening terletak di Jl. Kartini Tambakboyo, Ambarawa, Bawen, Mustika, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka pukul 09.00 – 21.00 WIB. Agar lebih nyaman, sebaiknya Anda datang ke sini saat hari biasa, hindari hari libur atau weekend karena ramai pengunjung.

8. Old Town White Coffee

Resto dengan konsep kopitiam bernama Old Town White Coffee ini menawarkan menu kopi, teh, roti panggang, dan makanan berat seperti laksa, nasi lemak, serta kwetiau goreng. Tempatnya cukup cozy buat nongkrong bareng teman atau pun rekan kerja.

Kursi-kursi model jadul dengan jendela kaca besar serta hiasan foto di dinding membuat kesan instagenic bisa Anda dapatkan di sini. Cafe ini recommended juga buat perayaan ultah bareng sahabat, keluarga, atau pun pasangan halal Anda. Old Town White Coffee berlokasi di Jl. Mayjend Sutoyo No.11A, Pekunden, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 00.00 WIB.

9. Seven Bistro & Cafe

Dari luar, Seven Bistro & Cafe agaknya tampak kecil. Tapi, begitu memasukinya akan terlihat banyak ruang-ruang cukup luas nan instagramable buat latar berfoto. Selain ruangan indoor ber-AC, tersedia juga ruang pertemuan maupun area outdoor.

Untuk menu makanan, Anda bisa memesan hidangan western dengan sentuhan Asia. Lokasi / Alamat Seven Bistro & Cafe terletak di Jl. Diponegoro No.38B, Tegalsari, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 23.00 WIB.

10. OTW Food Street

Sesuai namanya, cafe unik di Semarang ini menawarkan desain interior yang kece banget buat berfoto seperti lukisan street art dan gerbong kereta. Saat datang ke sini, Anda wajib menyiapkan kamera / ponsel berkamera dengan full baterai serta OOTD modis karena hampir dipastikan, Anda akan tergoda untuk selfie.

Menu makanan OTW Food Street berupa sajian nusantara seperti nasi goreng, nasi hitam atau cumi, martabak, kue cubit, bakso, dan es cendol. Soal harga, Anda tak usah kuatir lantaran murah nyaman di kantong. Oya, kabarnya OTW Food Street sebelumnya juga sukses sebagai salah satu cafe hits di Malang Jawa Timur.

Lokasi / Alamat OTW Food Street berada di Jl. Taman Beringin No.10, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 12.00 – 21.00 WIB.

Baca Juga : Kuliner Semarang Yang Terkenal Legendaris

11. Spiegel Bar & Bistro

Apabila Anda sedang mencari cafe di Semarang yang bagus untuk spot foto vintage, maka Spiegel Bar & Bistro bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, bangunannya memakai gedung tua nan antik peninggalan jaman penjajahan Belanda. Dilihat dari eksterior bertuliskan EST 1895, maka dapat diperkirakan usia gedung tersebut sudah lebih dari 100 tahun.

Seakan menyesuaikan dengan bangunan gedungnya, interior di dalam Spiegel Bar & Bistro pun dibuat begitu klasik sehingga pengunjung akan merasakan berada di sebuah kastil Eropa jaman dulu. Setiap sudut kafe ini tampak begitu instagramable, cocok buat latar foto pengisi feed instagram.

Spiegel Bar & Bistro juga punya sebuah rooftop asik buat nongkrong dengan view Kota Lama Semarang. Saat malam tiba, suasana akan terasa semakin romantis dan syahdu. Dari rooftop, Anda bisa menikmati kerlap-kerlip lampu berbagai bangunan tua.

Menu makanan di sini berupa hidangan western, dengan harga sekitar 30 – 150 ribu rupiah. Lokasi / Alamat Spiegel Bar & Bistro terletak di Kota Lama, Jl. Letjen Suprapto No.59, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 00.00 WIB.

12. St Lawrence Dining

Bingung mencari tempat dinner romantis di Semarang? Datang saja ke St Lawrence Dining yang memiliki desain interior mewah dan elegan berwarna putih. Makanannya pun sungguh enak, berbagai menu western akan memanjakan Anda saat bersantap di sini.

Kabarnya, hidangan yang disajikan dimasak langsung oleh chef dari luar negeri. Bukan hanya makanannya yang lezat, Anda juga akan dimanjakan spot instagramable untuk berfoto. Soal harga tentu saja mahal, kelas bintang 5.

St Lawrence Dining terletak Fifth Avenue Building lantai 5, Jl. Gajah Mada No. 99E, Miroto, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB. Jika akan makan di sini, sebaiknya reservasi terlebih dahulu untuk memastikan Anda mendapatkan tempat.

13. Scoops And My Story

Anda penggemar es krim? Jika iya, kayaknya wajib deh berkunjung ke Scoops And My Story. Di sini, Anda bisa menikmati sajian es krim 16 varian rasa. Selain es krim, tersedia juga menu makanan western seperti pizza, burger, steak, pasta, kopi, dan lainnya.

Scoops And My Story terdiri dari 2 lantai, dimana masing-masing punya nuansa berbeda. Lantai 1 memiliki arena bermain anak sehingga cocok untuk keluarga. Sedangkan lantai 2, berisi mini bar dan spot fotogenik yang pas buat nongkrong anak-anak muda atau pun orang dewasa.

Lokasi / Alamat Scoops And My Story terletak di Jl. Rinjani No.132, Bendungan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB (Senin tutup).

14. Steam & Brew

Walaupun minimalis, namun Steam & Brew tetap memberikan suasana nyaman dan asik buat nongkrong. Dengan warna dekorasi dominan putih, setiap sudutnya tampak instagramable untuk latar foto. Penempatan tanaman hias hijau di beberapa sudut ruangan membuatnya makin cantik.

Sebagai salah satu tempat ngopi di Semarang yang enak, Steam & Brew menyajikan beragam olahan kopi dari mulai espresso, latte, cappuccino, piccolo, hingga macchiato. Tersedia juga minuman selain kopi dan camilan seperti donat / brownies. Range harga sekitar 7 – 35 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB.

Steam & Brew juga menjual aneka merchandise antara lain : t-shirt, sedotan besi, digital coffe scale, dan mug. Bagi Anda traveler dari luar kota, bisa membelinya sebagai alternatif oleh-oleh khas Semarang selain makanan. Lokasi / Alamat Steam & Brew terletak di Jl. Depok No.36 A, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

15. Fish & Co

Ingin nongkrong sambil makan seafood enak? Cobain saja mampir ke Fish & Co di Jalan Dokter Wahidin No.41, Candi, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Di sini, Anda bisa menikmati seafood dalam jumlah banyak yang asik disantap beramai-ramai bareng keluarga maupun teman / sahabat.

Desain interior resto ini terbilang unik dan mewah. Lumayan bagus buat foto-foto. Apalagi letaknya berada di kawasan tengah-tengah antara Semarang atas dan bawah, sehingga saat malam tiba sepertinya bisa melihat kerlap-kerlip city light Kota Semarang.

Alamat Fish & Co tepatnya berlokasi di Jalan Dokter Wahidin No.41, Candi, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB.

16. Cafe Tekodeko Koffiehuis

Satu lagi tempat ngopi enak dan asik di Semarang yang tak boleh dilewatkan, yaitu Cafe Tekodeko Koffiehuis.
Bernuansa vintage klasik, penataan interior desainnya begitu elegan sehingga terasa homey banget, layaknya di rumah sendiri. Tersedia juga beberapa spot instagramable yang keren untuk berfoto.

Menu kopi unggulan di sini berupa kopi akulturasi, yaitu kopi yang berasal dari masyarakat Semarang. Ada 5 jenis kopi akulturasi dengan nama unik, dari mulai Kopi Gendhis, Kopi Cheng Li, Kopi Londo, Kopi Kota Lama, hingga Kopi Arab.

Selain kopi akulturasi, Anda juga bisa menikmati minuman olahan kopi lain seperti yang tersedia pada cafe-cafe umumnya. Untuk menu makanan, Tekodeko Koffiehuis menawarkan menu western. Cafe ini menyediakan area indoor dan outdoor di lantai 2.

Jika Anda tertarik, langsung saja datang ke lokasinya di Kota Lama, Jl. Letjen Suprapto No.44, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB.

17. Loffle Pop Up Dessert

Kedai dessert kekinian yang satu ini cukup terkenal dan hits di kawasan Semarang. Di sini, Anda akan disuguhi aneka dessert dari berbagai negara Asia dengan sentuhan lokal. Misalnya, Japanese Cheesetart yang memakai kombinasi tiga jenis keju yaitu mascarpone, chedar, dan cream cheese.

Pada bagian luar Japanese Cheesetart dimodifikasi memakai adonan croissant sehingga terasa “crunchy” di luar dan lumer di dalam saat di santap. Menu dessert favorit lainnya antara lain honeytoast, superfood bowl, oriental dessert, dan anmitsu.

Bangunan Loffle Pop Up Dessert memang minimalis, namun desain interiornya kece banget buat foto-foto. Nuansa warna cerah dan cantik akan bisa Anda dapatkan saat berselfie di sini. Ingin nyobain? Langsung saja datang ke alamatnya di Jl. Pleburan Barat No.10, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB.

18. Anak Panah Kopi

Lumayan susah mencari cafe / kedai kopi yang buka selama 24 jam di Semarang. Kebanyakan dari cafe-cafe tersebut jam operasionalnya dari sore hingga malam. Namun, Anda tak usah kuatir, pasalnya salah satu cabang Anak Panah Kopi buka selama 24 jam.

Meskipun terbilang cafe baru, Anak Panah Kopi cukup dapat menarik minat pembeli. Harga makanan dan minumannya yang lumayan murah meriah menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi desain interiornya terbilang kece buat foto-foto. Hampir dipastikan, kafe seperti inilah incaran para mahasiswa atau pun pelajar.

Anak Panah Kopi menawarkan olahan kopi dan menu makanan western Eropa. Ada 2 cabang Anak Panah Kopi, yaitu :

  • Anak Panah Kopi, alamatnya : Jl. MT. Haryono No.681, Wonodri, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 00.00 WIB.
  • Anak Panah Kopi Tembalang, alamatnya : Jl. Banjarsari Selatan No.48, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka selama 24 jam.

19. Eastman Coffee House

Berlokasi di Jl. Ahmad Yani No.140, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah, Eastman Coffee House menyuguhkan desain interior khas Amerika Serikat era 1920-an. Dari luar, bangunannya tampak unik dengan susunan bata terbuka serta jendela kaca berukuran besar.

Selain bagus buat foto-foto, Eastman Coffee House juga memanjakan pengunjung dengan pilihan sekitar 28 jenis makanan dan 44 jenis minuman. Anda bisa menikmati hidangan khas New York seperti acai berry bowl, aneka macam steak, burger, sandwich, salad, expresso, dan lainnya. Cafe yang terbilang baru ini buka mulai jam 07.00 – 00.00 WIB.

20. Kedai Amarta

Dengan nuansa rustic minimalis, Kedai Amarta cocok sekali dikunjungi bagi para mahasiswa yang suka foto-foto. Interior desainnya tampak instagramable banget, hiasan lukisan mural di dindingnya bagus buat latar berfoto. Bukan hanya itu, di sini juga ada menu Happy Hours dimana harganya murah terjangkau.

Lokasi / Alamat Kedai Amarta terletak di Jl. Pleburan Barat No.32, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

21. Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Tak kalah dengan aneka tempat nongkrong di Bandung yang punya view pemandangan alam indah, Pondok Kopi Umbul Sidomukti juga memberikan sensasi layaknya negeri di atas awan. Terletak di ketinggian sekitar 1.200 mdpl, Pondok Kopi menyuguhkan landscape keindahan alam sejauh mata memandang.

Selain itu, menu makanan / minuman di sini juga tak kalah enak dengan cafe-cafe mahal di tengah kota. Anda dapat menikmati kopi, minuman hangat tradisional (bajigur, sekoteng, bandrek, wedang jahe), cokelat panas, teh poci, roti bakar, pisang bakar, french fries, dan bakmi goreng.

Untuk pilihan tempat duduk, tersedia ruangan indoor, teras, dan area outdoor. Saat malam tiba, kerlap-kerlip lampu kota tampak cantik dari kejauhan. Mengingat suhu udara di sini dingin, maka sebaiknya Anda memakai jaket tebal. Pastikan pula kendaraan Anda dalam kondisi prima, karena jalannya naik turun.

Pondok Kopi berada di dalam kawasan Wisata Alam Umbul Sidomukti, alamatnya di Desa Sidomukti, Jl. Goa Jepang, Jimbaran, Bandungan, Manggung, Jimbaran, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 00.00 WIB.

22. Koenokoeni Cafe Gallery

Koenokoeni Cafe Gallery merupakan salah satu cafe unik di Semarang yang menyajikan nuansa etnik Jawa baik dari segi dekorasi / desain interior bangunan dan menu makanannya. Bangunan cafe ini berbentuk Rumah Joglo dengan dipenuhi ukiran khas layaknya rumah tempo dulu.

Saat memasuki Koenokoeni Cafe Gallery, Anda akan menemukan berbagai koleksi barang-barang antik, unik, kuno / lawas seperti kamera, radio, telepon, mesin ketik, batik, sepeda, dan motor-motor jadul. Kesan tradisional tampak begitu kental, apalagi kursi dan meja di sini terbuat dari kayu. Pas banget deh buat spot foto klasik pengisi feed instagram Anda.

Bukan hanya bangunannya yang bergaya Jawa, makanan / minuman di sini pun bercita rasa Jawa, meskipun ada juga menu western. Beberapa contoh makanan yang tersedia antara lain nasi campur, nasi lodeh ikan bawal, nasi langgi, nasi sambal tumpang, gudeg, wedang uwuh, aneka olahan kopi, nasi goreng, tahu petis, sop buntut, iga bakar, cheese cake, sandwich, dan lainnya.

Tertarik untuk berkunjung ke sini? Langsung datang saja ke lokasi Koenokoeni Cafe Gallery di Jl.Tabanan No.4, Tegalsari, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.00 – 00.00 WIB.

23. Joglo Agung Resto & Gallery

Satu lagi cafe di Semarang yang mengusung tema tradisional, yaitu Joglo Agung Resto & Gallery. Cafe ini memadukan resto, panorama keindahan alam, dan benda-benda antik sehingga sangat cocok dijadikan tempat nongkrong sekaligus hunting foto. Setiap sudutnya tampak begitu instagramable.

Bagi Anda yang ingin bersantai menikmati makanan sambil menghirup udara segar di bawah pohon dan view perbukitan, maka area outdoor menjadi pilihan tepat. Tapi, jika Anda suka dengan benda-benda antik, pilihlah ruangan indoor dimana di dalamnya terdapat koleksi barang antik yang harganya dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Menu makanan andalan di sini sepertinya berupa olahan iga dengan cita rasa enak. Harga makanan / minuman berkisar sekitar 15 – 50 ribu rupiah. Lokasi / Alamat Joglo Agung Resto & Galleri terletak di Jalan Lemah Abang Km. 3,6, Jimbaran, Bandungan, Munding, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

24. Ohana Cafe

Dengan mengusung konsep industrial minimalis, Ohana Cafe menyuguhkan spot foto kece bagi para pengunjungnya. Desain interiornya yang bernuansa putih monokrom (Bahasa Inggris : monochrome) kayaknya bakal membuat siapapun betah nongkrong sambil berselfie ria.

Untuk menu, Ohana Cafe menawarkan makanan / minuman western baik hidangan berat atau pun dessert dengan harga sekitar 20 – 90 ribu rupiah. Lumayan mahal ya? Tapi sebanding kok dengan rasa dan suasana tempatnya. Cozy banget!

Ohana Cafe terletak di Jl. Sisingamangaraja No.36, Kaliwiru, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB.

25. Moment Coffee & Space

Konsep Coworking Space nampaknya mulai diterapkan oleh beberapa cafe di Jogja dan Semarang, satu diantaranya adalah Moment Coffee & Space. Desainnya yang unik dan suasana nyaman, membuat cafe ini bukan hanya asyik untuk nongkrong atau pun berfoto, tapi juga buat bekerja semacam sharing bisnis.

Menu makanan di sini berupa hidangan western / barat dan Asia seperti Swedish Pancake, Spaghetti Marinara with Meatball, Moment Fried Rice, Thai Chicken Basil, Japanese Chicken Curry, dan sebagainya. Sedangkan minuman tersedia aneka olahan kopi, misalnya Rajabasa Signature, Pinky Latte, Monkey’s Ice Coffee, Grandma Coffee Shake, serta Kill Your Thrist & Dark Mocha Shake⁣⁣⁣.

Moment Coffee & Space terletak di Jl. Rajabasa No.82-83, Karangrejo, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 00.00 WIB.

26. Folkafe

Tak begitu sulit rasanya mencari cafe instagramable di Semarang buat foto-foto kekinian pengisi media sosial atau pun buat keperluan usaha / bisnis. Pasalnya, Kota Lumpia ini kaya akan tempat nongkrong kece, salah satunya yaitu Folkafe.

Meskipun minimalis, desain interior cafe ini sangat cantik. Setiap sudutnya tampak begitu fotogenik dengan nuansa putih. Bahkan kabarnya, ada spot unik dimana pada jam tertentu cahaya matahari yang masuk akan dipantulkan tembok sehingga menghasilkan bayangan super keren.

Makanan dan minuman yang tersedia di Folkafe berupa menu western, dari mulai pagetthi Aglio Olio, Spagetthi Carbonara, Rice Bowl Chicken Teriyaki, Rice Bowl Chicken Katsu Black Pepper, Ultimate Burger, Loveable Waffle, Sweet Pancake, Salad, minuman segar, dan aneka olahan kopi.

Lokasi / Alamat Folkafe berada di Jl. Dr. Setiabudi no 79, RT 002/RW 009 Kecamatan Banyumanik, Kelurahan, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 00.00 WIB.

27. Hero Coffee

Selain menawarkan gedung-gedung lama bersejarah, Kawasan Wisata Kota Lama Semarang juga punya sejumlah cafe yang asik dan enak untuk nongkrong bareng teman / sahabat. Misalnya saja Hero Coffee di Jl. Kepodang No.33, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 23.30 WIB.

Dengan nuansa vintage gedung tua dan suasana nyaman, Anda dapat menikmati secangkir kopi di cafe ini sambil hunting foto. Area outdoornya terlihat cantik dengan furniture kayu dan hiasan tanaman hijau di sekililingnya. Untuk makanan, Hero Coffee menyediakan menu western maupun Asia dari mulai pizza, beef stroganoff, belgian waffle, rice bowl chicken teriyaki, hingga salad.

28. Kofitere

Saat ini, mungkin Kofitere menjadi salah satu cafe di Semarang yang punya sajian unik berupa 3d art coffee. Jadi, dalam secangkir kopi pesanan Anda, akan ada semacam hiasan berbentuk hewan lucu seperti musang, kucing, beruang, dan tokoh kartun hello kitty. Saking cantiknya, mungkin Anda akan enggan untuk segera meminumnya.

Desain interior coffee shop ini juga tampak instagenic dengan kombinasi furniture kayu cokelat dan warna dinding putih. Begitu memasukinya, kesan bersih (baca : clean) akan Anda rasakan. Tempatnya yang nyaman, membuat Kofitere cocok untuk nongkrong atau pun meeting bersama rekan kerja.

29. Pelangi Cafe

Nama Pelangi Cafe mungkin sudah tak asing lagi bagi warga Semarang. Hampir setiap malam, cafe yang memiliki menu unggulan berupa Cheese Chiffon Cake dan Ice Cream ini ramai pengunjung. Desain interiornya terlihat menarik untuk berfoto dengan memadukan gaya Eropa – Indonesia.

Untuk ruangannya, tersedia ruang indoor maupun outdoor. Area outdoor lantai dasar menyerupai gazebo dengan hiasan lampu sehingga terkesan romantis saat malam tiba. Ruang tengah indoor memiliki area lumayan luas dan cocok buat kumpul keluarga. Sedangkan outdoor lantai 2 bisa memungkinkan kita menghirup udara bebas sambil berselfie ria.

Selain kopi, minuman segar, dan camilan, Anda juga bisa menikmati menu berat ala western hingga makanan khas nusantara seperti chicken steak, pizza, spaghetti, curry omelette with rice, nasi empal, nasi oseng lidah sapi, selat Solo, nasi Pelangi, dan sebagainya.

Pelangi Cafe terletak di Jl. Singosari Raya No.45, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 23.00 WIB.

30. Stove Syndicate Coffee & Waffle

Bagi Anda yang sedang mencari cafe di daerah Tembalang Semarang bagian atas, maka Stove Syndicate Coffee & Waffle bisa menjadi pilihan. Dengan memadukan warna hitam, cokelat, dan putih, interior cafe ini cukup bagus buat foto. Suasananya juga nyaman sehingga asik buat tempat nongkrong bareng teman / sahabat.

Stove Syndicate Coffee & Waffle menyediakan sekitar 30-an menu makanan dan minuman, dari mulai wafel, nasi goreng, pizza, sandwich, tom yam, pasta, pancake, kopi, milkshake, hingga smoothies. Harga yang dibanderol lumayan murah untuk ukuran cafe pada umumnya, berkisar antara 7 – 27 ribu rupiah.

Lokasi / Alamat Stove Syndicate Coffee & Waffle terletak di Jl. Ngesrep Tim. V, Sumurboto, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 00.00 WIB.

31. The Cactus Eatery & Cafe

Sesuai dengan namanya, The Cactus Eatery & Cafe didesain layaknya sebuah taman kaktus meskipun tak sepenuhnya berisi tanaman kaktus. Saat masuk ke dalam cafe, Anda mungkin akan menemukan tanaman hijau, kaktus, dan mural bertema kaktus.

The Cactus Eatery & Cafe punya sebuah area / ruangan khusus buat nonton bareng (baca : nobar) acara tertentu. Di sana tersedia meja kursi kayu, layar, LCD proyektor, dan wifi internet. Untuk makanan dan minuman, Anda bisa menikmati menu western seperti chicken salted egg, chicken steak, mac n cheese, aneka olahan kopi, dan sebagainya.

Lokasi / Alamat The Cactus Eatery & Cafe terletak di Jl. Selomas Raya B23/X, Panggung Lor, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 15.00 – 22.00 WIB.

32. Tulus Kopi

Buat Anda pecinta kopi sejati, nampaknya wajib deh mampir ke Tulus Kopi saat berada di Semarang. Pasalnya, suasana cefe ini terbilang tenang dan nyaman banget karena berada di perkampungan, jauh dari pusat perkotaan.

Kabarnya, berdirinya Tulus Kopi bermula dari kecintaan pemilik terhadap kopi. Lalu, beliau menyulap garasinya sebagai tempat ngopi agar orang lain bisa mengenal lebih dekat dengan dunia kopi. Meskipun sederhana dan minimalis, desain interiornya tampak fotogenik sehingga cocok buat spot foto.

Tulus Kopi terletak di Jl.Kradenan Baru 1 No.01 Rt.02 Rw.03 Kel, Bendan Duwur, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 17.00 – 22.00 WIB (Minggu Tutup).

33. Basilia Cafe & Dine

Basilia Cafe & Dine mempunyai 2 cabang yaitu cabang pertama, ada di Jl. Menteri Supeno 13A, Semarang dan cabang kedua di Jl. Teuku Umar 18, Semarang. Keduanya mempunyai suasana cozy sehingga asik buat nongkrong atau pun makan.

Cafe ini menawarkan menu western bercita rasa enak, dari mulai salad sayur organik, waffle, pizza, pasta, chicken grill, dan sebagainya. Dekorasi interiornya lumayan kece, jadi Anda bisa sekalian foto-foto buat pengisi feed instagram. Jam buka Basilia Cafe & Dine sekitar pukul 07.00 – 00.00 WIB.

34. Reunion Coffee

Reunion Coffee termasuk salah satu cafe instagramable di Semarang yang bagus buat foto maupun nongkrong. Tempatnya memang tak terlalu luas, tapi mural dindingnya cukup kece buat latar berfoto. Untuk menemani bersantai, Anda dapat memesan aneka camilan dan kopi, seperti batagor, spaghetti carbonara katsu, dan sebagainya.

Lokasi / Alamat Reunion Coffee terletak di Jl. Teuku Umar No.54, Tinjomoyo, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.00 – 23.00 WIB.

35. Kofinary Espresso Bar

Cafe bernama Kofinary Espresso Bar ini terbilang minimalis, tapi punya desain unik untuk latar foto. Suasananya juga terbilang tenang sehingga asik untuk nongkrong sambil menikmati secangkir kopi. Bagi yang suka baca, tersedia buku bacaan. Menu special di sini tentu saja 3D latte art yang lucu menggemaskan sehingga bakal membuat Anda enggan untuk meminumnya.

Akses kecepatan wifi internet juga cukup kencang, pas banget buat nugas atau pun main sosmed. Lokasi Kofinary Espresso Bar terletak di Jalan Dokter Cipto No.183A, Karangturi, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 23.00 WIB.

36. Kedai Kopi Oma

Sesuai namanya, Kedai Kopi Oma menyuguhkan suasana yang nyaman buat nongkrong layaknya sedang berada di rumah Oma. Apalagi, salah satu perabotan di sini memakai cangkir blirik sehingga akan mengingatkan Anda dengan kakek / nenek jaman dulu.

Menu makanan / minuman di sini terdiri dari hidangan western dan Indonesia dengan range harga sekitar 15 – 75 ribu rupiah. Lokasi Kedai Kopi Oma terletak di Jl. Rinjani No.21, Bendungan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.00 – 23.45 WIB.

37. Jendela Coffee Brewers & Kitchen

Satu lagi cafe asik di kawasan Tembalang yang enak buat nongkrong, namanya Jendela Coffee Brewers & Kitchen. Mengingat lokasinya lumayan dekat dengan Kampus Universitas Diponegoro (baca : undip), maka pangsa pasarnya sepertinya para mahasiswa.

Untuk menu kopi, ada 2 buah penyajikan yaitu coffee blend dan manual brew. Sedangkan makanan, tersedia Jendela Baked Rice, Gyutan Don, Salted Egg Chicken, Korean Barbeque Chicken Burger, dan sebagainya.

Selain makanannya enak, beberapa sudut cafe ini juga tampak instagramable buat berfoto, misalnya spot lukisan hewan rusa / kijang pada dinding dan dinding berupa batu bata terbuka. Jendela Coffee Brewers & Kitchen terletak di Jl. Banjarsari Selatan No.51, Pedalangan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 03.00 WIB.

38. Adulam Coffee.etc

Coffee Shop bernama Adulam Coffee.etc mungkin tak sepopuler cafe-cafe lain di Semarang. Namun, suasananya ternyata cozy banget buat nongkrong sekaligus foto-foto. Selain olahan kopi, menu makanan di sini juga terbilang banyak pilihan dari mulai French toast, Chicken wings rice bowl, Chicken sambal matah rice bowl, Chicken salted egg rice bowl, hingga Snack Platter.

Lokasi / Alamat Adulam Coffee.etc terletak di Jl. MH Thamrin, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.00 – 23.00 WIB.

39. Wayang Kofie

Buat Anda yang sedang mencari cafe murah di Semarang, maka Wayang Kofie bisa menjadi pilihan. Harga minuman dan makanan di sini terbilang nyaman bagi kantong mahasiswa / pelajar. Apalagi, ada fasilitas wifi internet yang lumayan kenceng. Tak ayal, cafe ini pun menjadi tempat incaran buat ngerjain tugas kuliah / kampus atau pun untuk sekedar nongkrong.

Sesuai namanya, Wayang Kofie memiliki hiasan berupa wayang sungguhan dan wayang berbentuk lukisan grafiti di tembok / dinding. Untuk menu makanan selain olahan kopi, tersedia nasi ikan dori pedes, nasi ayam rujak, roti bakar, pisang goreng, spicy chicken wings, pisang karamel, dan lainnya.

Wayang Kofie berlokasi di Jalan Sambiroto Tembalang, Kedungmundu, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 12.00 – 23.00 WIB.

40. Joko Kopi

Ingin ngopi sambil menikmati suasana alam pedesaan? Datang saja ke Joko Kopi di Jalan Gedongsongo No.9, Kelurahan Candirejo, Kecamatan Ungaran Barat, Ngablak, Candirejo, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 12.00 – 00.00 WIB (Minggu tutup).

Meskipun kecil dan sederhana, namun cafe ini terbilang nyaman buat bersantai. Apalagi lokasinya berada di pinggir sawah sehingga bisa sekaligus memanjakan mata dari keramaian kota. Menu minuman di sini, tersedia Single Origin Coffee dari mulai Flores Robusta, Java Mocha, Aceh Gayo, Malabar Natural, hingga Ethiopia Virghacheffe.

Selain kopi, ada minuman olahan teh, coklat, blended, ice cream, red velvet latte, dan green tea matcha latte. Sedangkan makanan, Anda bisa mencoba berbagai sajian enak seperti nasi pecel, rice bowl, nasi goreng, dimsum, indomie rebus / goreng, roti bakar, pisang bakar, mendoan goreng, tahu goreng, nugget, sosis bakar, cireng, banana split, dan lainnya. Range harga sekitar 8 – 50 ribu rupiah.

41. Caffeine Coffee Shop

Caffeine Coffee Shop menyediakan 2 buah ruangan, yaitu smoking area dan non smoking sehingga Anda bisa memilih sesuai selera. Kondisi ruangan tampak bersih sehingga lumayan cozy buat kongkow / hangout bareng teman. Apalagi harga makanan / minuman gak mahal-mahal banget, mulai sekitar 15 ribu rupiah.

Caffeine Coffee Shop menyuguhkan menu western layaknya cafe-cafe pada umumnya, seperti coffee latte, chicken salted egg, hotdog, french fries, waffle (baca : wafel), dan lainnya. Cafe ini berlokasi di Ruko No. 1-2, Jl. Letnan Jenderal S. Parman No.26A, Bendungan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka selama 24 jam.

42. Converso Coffee & Eatery

Berkonsep restoran dan cafe, Converso Coffee & Eatery menyediakan aneka makanan / minuman enak dengan banyak pilihan dari mulai kopi, smoothies, jus, pasta, pizza, steak, ayam bakar maranggi, chicken cordon bleu, hingga ayam goreng rempah.

Tempatnya asik banget buat nongkrong, tersedia area indoor dan outdoor berupa taman rindang. Oleh karena itu, cafe ini juga rekomended untuk event / acara pesta ulang tahun, pernikahan, kumpul komunitas, hingga pertunjukkan musik.

Converso Coffee & Eatery terletak di Jl. Durian Raya No.52c, Srondol Wetan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.00 – 23.00 WIB.

43. First Love Cake

Meskipun toko kue, namun First Love Cake punya ruangan kecil yang fotogenik buat pengisi feed instagram. Anda bisa menikmati kelezatan kue sambil nongkrong asik di sini. Lokasi First Love Cake terletak di Jl. Moh. Suyudi No.60, Miroto, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB.

44. Rosti Cafe

Memadukan resto dan cafe sepertinya sedang menjadi trend dikalangan pengusaha kuliner. Ada beberapa tempat kekinian di Semarang yang mengusung konsep tersebut, satu diantranya adalah Rosti Cafe. Layaknya resto, menu makanan di sini cukup banyak pilihan.

Untuk makanan berat, tersedia Thai salad, duck spring rolls, tahu petis, nasi goreng, nasi ayam panggang, crispy duck on rice, balado beef brisket on rice, nasi gila, bebek panggang, ayam goreng merica, kakap asam manis, dan calamari with tartar sauce.

Sedangkan minuman, Anda bisa menikmati espresso, cappuccino, latte, caramel macchiato, affogato, avocado, white chocolate, red velvet latte, ice lychee tea, wedang ronde, wedang kacang, dan sebagainya. Desain interior cafe ini cukup instagenic, jadi Anda bisa sekalian ambil gambar buat mengabadikan moment special di sini.

Rosti Cafe terletak di depan bandeng presto, Jl. Pandanaran No.40, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 23.00 WIB.

45. Kurogi Coffee and Japanese Eatery

Bagi Anda pecinta makanan Jepang, sepertinya wajib deh berkunjung ke Kurogi Coffee and Japanese Eatery. Pasalnya, cafe ini menyediakan “Japanese Fusion Food”, dimana makanan khas Jepang dimodifikasi / dipadukan dengan makanan lain. Misalnya Sushi Burger, Taco Sushi, dan Karaage Sambal Matah.

Interior Kurogi Coffee and Japanese Eatery tampak jepang banget, bersih alias clean dengan perpaduan warna cokelat dan putih. Tak heran, jika Anda mungkin bakal betah berlama-lama di sini. Nyaman serta bagus buat foto-foto.

Tertarik berkunjung ke sini? Langsung saja menuju ke lokasinya di Jl. Ahmad Yani No.167 A, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 23.00 WIB.

46. Nikos

Bosan nongkrong di cafe yang konsepnya itu-itu saja? Cobain deh, datang ke Nikos di Jl. Singotoro No.14, Jomblang, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Desain interiornya memadukan konsep mediterania dan Pulau Bali. Bangunannya berwarna putih dengan jendela biru layaknya bangunan di Santorini Yunani.

Begitu memasuki area indoor, kesan bersih akan Anda rasakan dengan perpaduan warna putih biru. Meja dan kursi yang terbuat dari kayu serta lukisan Dewi Athena pada dinding semakin menambah kecantikan ruangan.

Berbeda dengan area indoor, ruangan outdoor Nikos menawarkan konsep tropis layaknya cafe di Bali yang berada pada pinggiran pantai. Warna cokelat kayu dan bambu mendominasi area outdoor dengan hiasan lampu dari anyaman bambu. Sebagai ganti keindahan pantai, Anda bisa menikmati landscape Kota Semarang dari ketinggian.

Saat malam tiba, nyala lampu-lampu hias dari anyaman bambu membuat suasana akan terasa semakin syahdu dan romantis. Kerlap-kerlip lampu kota (city light) yang tampak dari kejauhan akan melengkapi keindahan malam di Nikos.

Untuk menu makanan / minuman, Anda bisa menikmati pasta, chicken lemon cheese, steak, kopi, dan sebagainya dengan kisaran harga mulai dari 20 ribu rupiah ke atas. Mengingat setiap sudutnya tampak instagramable, pastikan Anda membawa kamera atau pun smartphone buat foto. Jam buka mulai pukul 09.00 – 23.00 WIB.

47. Eden International Daily Food

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Eden resto (@edenresto) pada

Satu lagi cafe / resto yang asik buat nongkrong sambil menikmati view pemandangan bagus Kota Semarang dari ketinggian, yaitu Eden International Daily Food. Desain interiornya juga cukup kece sehingga bagus buat foto pengisi feed instagram.

Menu makanan yang disajikan berupa western, Asia, dan Indonesia dari mulai beef burger, cheese mayo french fries, tuna mayo salad, pizza, spaghetti, beef bruschetta, spicy salt tofu, nasi chicken with satay sauce, gado-gado, salmon spicy don, iga geprek telur asin, salted egg chicken, milkshake, hingga ice cream.

Harga yang ditawarkan di sini memang lumayan mahal, namun sebanding dengan cita rasa enak dan kenyamanan tempatnya. Lokasi Eden International Daily Food terletak di Jalan Dokter Wahidin No.41, Candi, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB.

Demikianlah aneka cafe hits dan unik yang asik untuk dijadikan tempat nongkrong di Semarang bagi anak muda atau pun orang dewasa. Spot-spot foto di dalamnya instagramable banget, bukan? Oleh karena itu, sempatkanlah mampir ke salah satu cafe tersebut sesuai dengan budget Anda. Sekian dari saya, terima kasih sudah berkunjung ke blog ini dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here