Home Wisata Alam 7 Foto Keren Bukti Hutan Pinus Mangunan Wajib Segera Kamu Jelajahi

7 Foto Keren Bukti Hutan Pinus Mangunan Wajib Segera Kamu Jelajahi

40
0
SHARE

Hutan Pinus Mangunan – Buat kamu yang suka banget hunting foto dan selfie, ada neh tempat baru di Jogja yang bagus banget buat berfoto, yaitu Hutan Pinus Desa Dlingo, Mangunan, Bantul. Dikenal juga dengan sebutan Hutan Pinus Imogiri karena lokasinya berada di sekitar jalan Imogiri.

Destinasi wisata hutan pinus memang akhir-akhir ini sedang ngetrend dikalangan wisatawan. Selain udaranya yang masih sejuk dan segar, kecantikan deretan pohon pinus menjulang tinggi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang untuk mengunjunginya.

Nah, pada kesempatan kali ini, traveling.maslatip.com akan berbagi info lengkap seputar Hutan Pinus mangunan mulai dari alamat/lokasi, harga tiket masuk, rute jalan, tips berkunjung, hingga foto-foto bagus yang hits di media sosial seperti instagram dan facebook.

Foto Keren Dan Review Lengkap Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan saat ini masuk dalam daftar tempat wisata hits di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Foto-foto instagenic hutan ini yang tersebar di internet semakin membuat orang penasaran akan keindahannya.

Dari sekian banyak gambar dan foto Hutan Pinus Mangunan tersebut, saya telah memilihkan foto terbaik yang bisa dijadikan untuk inspirasi selfie disini. Kira-kira dimana saja ya spot foto keren Hutan Pinus Mangunan? Yuk, simak langsung saja ulasannya.

1. Foto Saat Hutan Pinus Di Selimuti Kabut

Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan (sumber : IG @tooheer)

Bila kamu ingin melihat suasana yang benar-benar alami layaknya di hutan liar, datanglah ke Hutan Pinus Mangunan ketika pagi hari. Kamu akan menemukan pohon pinus yang diselimuti kabut. Saat itulah foto bagus dan keren akan kamu dapatkan.

foto Hutan Pinus Mangunan diselimuti kabut
Ilustrasi foto Hutan Pinus Mangunan diselimuti kabut (sumber : IG @bangjad_)
foto Hutan Pinus Mangunan Jogja saat berkabut
Ilustrasi foto Hutan Pinus Mangunan Jogja saat berkabut (sumber : IG @wonderfuljogja)

2. Foto Di Atas Hammock Yang Dipasang Pada Pohon Pinus

Foto di atas hammock
Foto di atas hammock (sumber : yukpiknik.com)

Nah, kalau foto yang satu ini tentu saja kamu pasti tahu bukan? Ya, foto dengan hammock yang dipasang di pohon pinus saat ini lagi ngetrend dikalangan traveler muda. Rugi deh, kalau kamu ke hutan pinus tanpa memasang hammock lalu selfie di atasnya. Namun, kamu harus hati-hati ya, pastikan hammocknya kuat menahan beban badanmu.

3. Foto Diantara Bangku-Bangku Dan Panggung Pertunjukkan Dari Kayu

foto bangku-bangku kayu dan panggung pertunjukan Hutan Pinus Mangunan
Ilustrasi foto bangku-bangku kayu dan panggung pertunjukan Hutan Pinus Mangunan (sumber : IG @myd_adventure)

Seiring dengan semakin terkenalnya kawasan Hutan Pinus Mangunan sebagai salah satu tempat wisata baru di Bantul maka fasilitasnya pun ditambah. Kamu sekarang bisa menemukan panggung terbuka untuk ruang teater, sastra, hingga ruang pertunjukan musik di hutan ini.

Panggung dan bangku-bangku penonton didesain unik berupa setengah lingkaran. Semua pandangan fokus mengarahkan bangku-bangku pada panggung. Bangku dan panggung tersebut semuanya terbuat dari kayu pohon yang masih terlihat bentuk aslinya.

Oleh karena itu, bila kamu mengambil gambar dengan lensa kamera, benar-benar akan terkesan unik dan instagenic. Cobain deh main kesini, panggungnya romantis juga lho buat tempat foto prewedding di Jogja. Jangan sampai ketinggalan ya!

4. Foto Di Taman Bunga Hutan Pinus

Foto dengan background bunga-bunga dan pohon pinus
Foto dengan background bunga-bunga dan pohon pinus (sumber : IG @bangjad_)

Gak nyangka, ternyata di Hutan Pinus Imogiri ini ada juga taman bunganya lho. Berfoto dengan background bunga diantara pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi tentu akan membuat foto kamu semakin menarik. Yuk, cobain selfie disini!

Foto taman bunga di Hutan Pinus Mangunan
Foto taman bunga di Hutan Pinus Mangunan (sumber : IG @devierianti81)

5. Foto Pohon Pinus Dilihat Dari Bawah

foto pohon pinus di Hutan Mangunan
Ilustrasi foto pohon pinus di Hutan Mangunan (sumber : jogjalan.com)

Ketika kamu berkunjung kesini, sesekali harus mencoba melihat ke atas. Kenapa? Karena kamu akan melihat indahnya ujung pohon pinus yang membentuk suatu pola unik. Ambillah kamera kamu, lalu bidikan ke atas. Foto inilah yang hits pada awal-awal hutan ini belum begitu terkenal.

6. Foto Di Atas Rumah Pohon / Gardu Pandang

foto rumah pohon atau gardu pandang Hutan Pinus Mangunan
Ilustrasi rumah pohon atau gardu pandang Hutan Pinus Mangunan (Foto : via arwini.com)

Hutan pinus nampaknya tak bisa dilepaskan dari gardu pandang atau rumah pohon. Hampir setiap tempat wisata yang menyajikan keindahan pohon pinus selalu menyajikan rumah di atas pohon, misalnya The Lodge Maribaya Bandung dan Desa Wisata Kalibiru.

Nah, disini juga ada rumah pohon yang bisa kamu jadikan objek foto bagus. Wisatawan biasanya naik ke atasnya lalu berfoto dengan berbagai gaya. Tapi mesti ekstra hati-hati, keselamatan tetap menjadi nomor satu!

7. Foto Hutan Pinus Saat Matahari Terbit

foto Hutan Pinus Mangunan saat matahari terbit
Ilustrasi foto Hutan Pinus Mangunan saat matahari terbit (Foto : yogyes.com)

Panorama cahaya matahari yang menelisik diantara pepohonan pinus sungguh sangat cantik dan eksotis. Untuk melihatnya, kamu harus datang ke sini pagi-pagi benar saat cuaca cerah. Siapkan kamera terbaikmu, agar moment indah ini bisa kamu abadikan.

Baca Juga :

Lokasi Dan Alamat Hutan Pinus Mangunan

Buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi Hutan Pinus Mangunan, lokasinya terletak di Desa Dlingo, Mangunan, Bantul. Hutan ini terkenal juga dengan sebutan Hutan Pinus Nganjir, jadi gak usah bingung ya kalau namanya ada banyak. Agar lebih jelas, kamu bisa melihat melalui peta google map berikut.

Rute Jalan Menuju Ke Hutan Pinus Mangunan

Rute jalan menuju lokasi Hutan Pinus Mangunan sebenarnya tidaklah begitu sulit, mudah terjangkau. Hanya saja, kamu harus menggunakan kendaraan pribadi sepeti mobil atau motor karena setahu saya, tidak ada angkutan umum yang lewat ke sini.

Nah, buat kamu yang datang dari luar kota bisa menyewa kendaraan melalui rental mobil dan motor. Dari arah kota Jogja, kamu langsung saja ke jalan imogiri timur menuju makam raja-raja. Nah, sebelum sampai ke makam tersebut, kamu akan menemukan pertigaan.

Bila kamu belok ke arah kiri dari pertigaan tersebut maka akan menuju ke makam raja-raja. Bila ke kanan akan menuju ke Mangunan. Kamu ambil belokan ke kanan yang menuju ke Mangunan. Lurus terus ikuti jalan sampai pertigaan Mangunan lalu belok ke kiri menuju Hutan Pinus Mangunan. Untuk lebih jelas, berikut gambaran singkat rute jalan menuju Hutan Pinus Mangunan :

Kota Yogyakarta – Jl. Imogiri Timur – Imogiri – pertigaan Imogiri belok kiri ke arah Makam Raja-raja Imogiri – pertigaan belok kanan ke arah Mangunan – pertigaan Mangunan belok kiri ke arah hutan pinus – Hutan Pinus Mangunan.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Untuk memasuki tempat wisata alam di Jogja yang bagus ini, setiap pengunjung belum dikenai tiket masuk alias masih gratis. Namun, untuk kedepannya mungkin akan dikenakan tarif retribusi. Sementara ini, kamu cukup membayar parkir motor saja sebesar 3 ribu rupiah, mobil 10 ribu rupiah, dan bus 20 ribu rupiah.

Buat kamu yang akan membuat acara atau pun prewedding disini, wajib meminta izin keramaian kepada aparat desa setempat. Tarif izin prewedding di Hutan Pinus Mangunan menurut info yang saya terima sekitar 50 ribu rupiah. Cukup murah bukan?

Tips Berkunjung Ke Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan memang asyik buat dijadikan tempat liburan bareng teman-teman, namun sebelum kamu kesini, alangkah baiknya baca dulu tips yang akan saya berikan ini.

  • Karena Hutan Pinus Mangunan saat ini sedang ngehits banget, maka sebaiknya kamu datang berkunjung saat weekdays untuk menghindari keramaian saat weekend atau hari libur. Saat weekdays, pengunjung relatif sepi sehingga kamu bebas mengeksplore area hutan pinus dengan bebas untuk mendapatkan spot foto yang bagus.
  • Waktu terbaik atau golden time berkunjung kesini yaitu saat cuaca cerah pagi hari pukul 06.00 – 10.00 WIB dan sore hari pukul 15.00 – 18.00 WIB. Disaat itulah cuaca tidak begitu panas dan bisa mendapatkan berbagai moment yang bagus seperti cahaya matahari pagi dan kabut.
  • Gunakan kendaraan pribadi yang dalam kondisi baik, mengingat lokasinya cukup jauh dari pusat bengkel kendaraan dan tidak ada kendaraan umum. Persiapkan pula fisik Anda agar kuat berjalan menjelajahi area hutan pinus. Kalau menggunakan mobil, sebaiknya pilih yang cukup tinggi karena jalan cukup terjal.
  • Taati aturan dan sopan santun di Hutan Pinus Mangunan seperti tidak membuang puntung rongkok atau sampah sembarangan. Bawalah plastik kresek sendiri sebagai tempat sampah lalu dibawa pulang. Kamu juga jangan sampai merusak tanaman yang ada disini apalagi mencorat coret pohon pinus.
  • Bawalah kamera dengan kualitas yang bagus agar gambar yang dihasilkan tampak keren. Kamu gak mau kan, sudah capek-capek bergaya tapi hasilnya tak sesuai harapan. Bawalah bekal makanan, minuman, dan tikar untuk duduk-duduk di area hutan.

Demikianlah sekilas info tentang foto keren Hutan Pinus Mangunan yang sedang hits akhir-akhir ini di media sosial seperti instagram dan facebook. Di sekitar tempat ini juga masih ada destinasi menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi seperti Kebun Buah Mangunan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here