Home Wisata Asia 47 Tempat Wisata Kuliner Enak Hits Dan Khas Di Semarang Yang Terkenal...

47 Tempat Wisata Kuliner Enak Hits Dan Khas Di Semarang Yang Terkenal Legendaris Hingga Kekinian Wajib Dikunjungi

608
0

Kuliner Semarang – Bingung mencari tempat makan di Semarang? Ini daftar rekomendasi tempat wisata kuliner enak hits dan khas di Semarang yang terkenal legendaris hingga kekinian wajib dikunjungi. Dari mulai makanan tradisional, jajanan hits, street food murah meriah, resto / cafe unik, hingga restoran romantis dengan view pemandangan bagus, ada semua di sini.

Sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang memiliki akomodasi dan fasilitas lengkap untuk liburan dari mulai hotel / penginapan, rumah makan, pusat perbelanjaan / mall, hingga alat transportasi. Asyiknya lagi, ada banyak pilihan tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi, seperti Kota Lama, Lawang Sewu, Umbul Sidomukti, Saloka Theme Park, Klenteng Sam Poo Kong, dan Puri Maerokoco.

Dikenal dengan nama Kota Lumpia, Semarang punya sajian kuliner bercitasa rasa enak yang menggoyang lidah. Bahkan beberapa makanan khas di sini mungkin tak akan Anda temukan di daerah lain, kalau pun ada tentu rasanya akan jauh berbeda.

Kuliner-Semarang
Gambar Ilustrasi kuliner enak khas Semarang yang terkenal legendaris : lumpia

Kira-kira ada apa saja ya destinasi wisata kuliner Semarang yang wajib dicoba? Yuk, simak ulasan dari Maslatip Travel berikut ini. Oya, perlu Anda ketahui bahwa list kuliner yang saya buat ini ditujukan untuk umum / semua orang. Jadi, bagi traveler muslim harap berhati-hati, pilihlah menu makanan halal saja. Kalau perlu, tanyakan sertifikat halalnya kepada penjualnya.

Daftar Tempat Wisata Kuliner Enak Hits Dan Khas Di Semarang Yang Terkenal Legendaris Hingga Kekinian Wajib Dikunjungi

1. Nasi Ayam Bu Nyoto

Kita awali review kuliner kali ini dengan mengulas warung makan legendaris bernama Nasi Ayam Bu Nyoto. Berdiri sejak tahun 1970-an, kedai nasi ayam ini masih eksis hingga sekarang. Rasanya yang enak, gurih, manis, dan sedap membuat banyak orang menyukainya. Apalagi disantap saat masih hangat, hemm… nikmat sekali!

Seporsi nasi ayam racikan warung tenda Bu Nyoto berisi nasi, ayam opor, telur rebus bacem, tahu, sayur labu siam, krecek, dan siraman kuah opor kuning. Penyajiannya yang memakai pincuk daun pisang semakin menambah kelezatannnya Pas banget buat menu sarapan pagi atau pun makan malam.

Untuk lauk pendamping, di sini tersedia sate usus, sate ampela-hati, telor, mendoan, tempe dan tahu bacem. Harga satu porsi Nasi Ayam Bu Nyoto cukup murah terjangkau, dibanderol sekitar 15 ribu rupiah, sedangkan lauk pendamping 5 – 7 ribu rupiah. Harga bisa berubah sewaktu-waku ya!

Jika ingin mencicipinya, langsung saja Anda menuju ke lokasi warung Nasi Ayam Bu Nyoto di Jalan Mayjen MT Haryono, Peterongan, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 06.00 – 10.00 WIB dan pukul 18.00 – 21.30 WIB.

2. Nasi Ayam Bu Wido

Satu lagi kuliner nasi ayam enak di Semarang yang wajib dicoba, yaitu Nasi Ayam Bu Wido. Lokasinya cukup dekat dengan kawasan Simpang Lima, tepatnya di Jl. Melati Selatan, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 16.30 – 23.00 WIB.

Seporsi Nasi Ayam Bu Wido berisi nasi, telur rebus, tahu opor, sayur labu, krecek, suwiran daging ayam, dan siraman kuah opor kuning. Ciri khas nasi ayamnya terletak pada santan sebagai bumbunya, yaitu berasal dari kelapa yang benar-benar sudah tua sehingga rasanya begitu sedap.

Sebagai lauk pendamping, tersedia pilihan berupa sate usus, sate telur, krupuk karak, gorengan, opor daging ayam dari paha, dada, kepala, hingga sayap. Harga seporsi nasi ayamnya sekitar 10 – 27 ribu rupiah. Jika Anda ingin makan malam di sini, sebaiknya datang lebih awal agar tidak kehabisan.

3. Tahu Gimbal Lumayan Pak Man

Apa seh tahu gimbal itu? Tahu gimbal adalah makanan khas Semarang yang terdiri dari campuran tahu goreng, irisan kol mentah / kubis, lontong / ketupat, taoge, telur, dan gimbal (udang tepung goreng) dan disiram dengan sambal kacang (saus kacang).

Ada banyak penjual tahu gimbal enak di Semarang yang bisa Anda kunjungi, satu diantaranya yaitu Tahu Gimbal Lumayan Pak Man. Meskipun warungnya sederhana, namun cita rasa tahu gimbal di sini terbilang enak dan gurih. Tekstur sambal kacangnya memang agak kasar, tapi mantul banget saat disantap. Jika Anda penyuka pedas, bisa pesan pedas saat akan diracik.

Porsi tahu gimbal warung Pak Man terbilang banyak. Udangnya besar-besar berpadu nikmat dengan tahu, telor, dan kol goreng. Apalagi jika tambah lontong, bisa membuat perut terasa kenyang. Harga satu porsinya sekitar 27 ribu rupiah. Jika Anda tertarik, langsung saja menuju ke lokasinya di Jl. Plampitan No.54, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB.

4. Tahu Gimbal Pak Edi / Pak Edy

Tak kalah lezat dengan Tahu Gimbal Lumayan Pak Man, tahu gimbal racikan warung Pak Edi / Pak Edy juga cukup hits dan populer dikalangan warga Semarang. Lokasinya ada di Jl. Menteri Supeno, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 23.00 WIB.

Seperti tahu gimbal pada umumnya, Tahu Gimbal Pak Edi berisi irisan lontong, tahu goreng, gimbal udang, kol, seledri, telur goreng mata sapi, sambal kacang, dan kerupuk udang. Harga seporsi tahu gimbal dibanderol sekitar 25 ribu rupiah. Menu makanan lain yang bisa Anda nikmati di warung kaki lima ini berupa es campur dan es duren seharga 20 – 25 ribu rupiah.

5. Lumpia Gang Lombok

Siapa seh yang tak kenal dengan Lumpia Gang Lombok? Kuliner khas Semarang paling terkenal ini hampir selalu menjadi incaran wisatawan saat liburan. Saking banyaknya pesanan, kadang harus rela antri hampir 2 jam untuk membelinya.

Kedai lumpia tertua ini memang sederhana, tapi cita rasa lumpianya sungguh juara. Meskipun sudah berusia satu abad lebih, namun proses pembuatannya masih dilakukan secara tradisional tanpa bahan pengawet sehingga masih terjaga keaslian rasanya. Seporsi lumpianya berisi rebung dan udang atau ayam. Untuk penyajiannya, terdiri dari lumpia basah dan lumpia goreng.

Lokasi Lumpia atau Loenpia Gang Lombok terletak di Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Harga per buahnya memang mahal, sekitar 17 ribu rupiah tapi sebanding dengan rasa enak yang didapatkan.

6. Lumpia Mbak Lien (Loenpia Mbak Lien)

Selain Gang Lombok, Anda juga bisa menemukan lumpia otentik khas Semarang di warung Mbak Lien. Cita rasa lumpianya gurih, manis, dan enak, tanpa bau pesing dari rebung. Tempatnya juga rapi dan bersih sehingga nyaman buat pengunjung.

Setidaknya ada 3 varian rasa Lumpia Mbak Lien, yaitu ayam kampung, udang, special (ayam – udang), dan mozarella goreng. Selain membeli lumpia untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Semarang, Anda juga bisa menikmati langsung lumpia basah atau goreng dengan cocolan saus, daun bawang, cabai dan acar timun.

Tersedia juga minuman pendamping seperti teh, kopi, espresso, coklat, dan minuman dingin lainnya. Harga lumpianya sekitar 16 ribu rupiah per buah. Alamat Lumpia Mbak Lien (Loenpia Mbak Lien) terletak di Gang Grajen, Jl. Pemuda No.1, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.30 – 21.30 WIB.

7. Lumpia Cik Me Me (Lunpia Cik Me Me)

Satu lagi kuliner lumpia hits di Semarang yang wajib dicoba, yaitu Lumpia Cik Me Me (Lunpia Cik Me Me). Varian rasanya cukup banyak, antara lain lumpia Plan, Original, Fish Kakap, Crab, Kajamu (Kambing Jantan Muda), dan Raja Nusantara (Rasa Jamur Nusantara). Range harga sekitar 11 – 23 ribu rupiah per buah.

Soal rasa, tentu saja sama enaknya seperti Lumpia Gang Lombok atau Mbak Lien. Tekstur rebungnya terasa lembut tanpa aroma pesing. Kabarnya, Lumpia Cik Me Me sudah punya sertifikat halal dari MUI lho, jadi buat traveler muslim bisa tenang menyantapnya. Untuk memastikan, Anda bisa mengecek langsung sertifikat halalnya saat datang ke kedainya.

Lokasi Lumpia Cik Me Me terletak di Jl. Gajahmada No.107, Miroto, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 05.00 – 22.00 WIB. Selain lumpia, kedai Cik Me Me juga menyediakan jajanan atau camilan lain seperti Keripik Lunpia yang asyik buat oleh-oleh liburan.

8. Warung Mangut Welut Hj. Nasimah

Mendengar kata mangut, ingatan saya langsung terbang ke ikon kuliner Jogja yang legendaris bernama Mangut Lele Mbah Marto. Kelezatan olahan lelenya dengan cita rasa gurih, pedas, dan aroma sangitnya sungguh menggugah selera. Apalagi disantap bersama nasi putih hangat, hmmm… nikmat sekali rasanya.

Di Kota Semarang, ternyata ada juga sajian olahan mangut yang tak kalah enak, yaitu Mangut Welut Hj. Nasimah. Sesuai namanya, primadona warung makan ini adalah mangut welut (bahasa Indonesia : mangut belut). Perpaduan kuah bumbu mangut dan daging belut menciptakan hidangan lezat yang menggoyang lidah.

Kabarnya, sensasi pedasnya nampol banget sehingga banyak orang ketagihan ingin mencobanya lagi. Selain mangut belut, di sini juga tersedia ikan pari, kepala ikan manyung, cumi, gorengan, dan garang asam. Range harga per porsi makanannya sekitar 15 – 80 ribu rupiah.

Bagi Anda yang penasaran, bisa langsung datang ke lokasi / alamat Warung Mangut Welut Hj. Nasimah di Jl. Menoreh Raya No.10B, Sampangan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB (Hari Minggu Tutup).

9. Soto Bangkong

Belum lengkap rasanya menikmati kuliner pagi di Semarang tanpa mencicipi Soto Bangkong. Namanya cukup unik, tak heran jika membuat orang penasaran. Kata bangkong berasal dari bawasa Jawa yang artinya Katak / Kodok. Tapi, bukan berarti makanan yang dijual di sini berupa soto daging katak ya, melainkan hanya nama warung makannya saja.

Nama Bangkong sendiri kabarnya berasal dari nama lokasi warung sato tersebut, yaitu terletak di perempatan Bangkong. Sementara menu makanan yang ditawarkan berupa soto ayam khas Semarang. Seporsi sotonya berisi bihun, tauge, irisan tomat, bawang merah, bawang putih, suwiran daging ayam kampung, dan kuah bening kecoklatan.

Cita rasa Soto Bangkong sungguh gurih, segar, dan enak, apalagi ditambah air perasan jeruk nipis, sambal, serta kecap manis. Hmmm… benar-benar menu sarapan pagi yang mantap betul alias mantul! Sebagai lauk tambahan, tersedia sate kerang, sate usus, pekedel, tahu, maupun tempe goreng.

Selain soto, Warung Soto Bangkong juga menawarkan menu lain yaitu ayam goreng, bebek goreng, semur ayam, dan garang asem. Range harga makanannya sekitar 15 – 25 ribu rupiah. Lokasi / Alamatnya terletak di Jl. Brigjen Katamso No.1, Karangtempel, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB.

10. Nasi Goreng Babat Pak Taman

Kota Semarang punya cukup banyak makanan enak yang nendang di lidah. Satu diantaranya adalah Nasi Goreng Babat Pak Taman. Sesuai namanya, sajian nasi gorengnya berisi potongan babat dengan tekstur empuk. Apa seh babat itu? Babat merupakan jeroan sapi, tepatnya bagian lambung sapi.

Ciri khas Nasi Goreng Babat Pak Taman berupa cita rasa pedas, manis, gurih, dan mamakai telur bebek sebagai campurannya. Tersedia juga menu babat gongso (semacam tumis babat). Harga seporsi nasgor babat di warung Pak Taman dibanderol sekitar 31 ribu rupiah.

Lokasi / Alamat Nasi Goreng Babat Pak Taman terletak di Jl. Stadion Selatan, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 06.30 – 16.00 WIB.

11. Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok

Selain nasgor babat Pak Taman, ada satu lagi warung nasi goreng babat enak di Semarang yang terkenal legendaris yaitu Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok. Kabarnya, Pak Karmin memulai usahanya sejak tahun 1971. Cukup lama, bukan? Kata mberok sendiri disisipkan karena lokasi warungnya berada di dekat Jembatan Mberok.

Racikan nasgor babat dan babat gongso Pak Karmin memiliki cita rasa manis, pedas, dan gurih dengan tekstur babat empuk. Jika Anda tak suka jeroan, tersedia juga menu telur atau daging ayam gongso. Soal harga memang lumayan mahal, nasgor atau babat gongso dibanderol sekitar 25 ribu rupiah per porsi.

Lokasi / Alamat warung Pak Karmin terletak di Jl. Pemuda, Dadapsari, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.30 WIB.

12. Nasi Gandul Pak Memet

Nasi Gandul merupakan makanan khas Pati Jawa Tengah yang cukup populer sebagai tempat wisata kuliner di Semarang. Apa seh nasi gandul itu? Nasi gandul berupa nasi berkuah gurih (mirip kuah gulai) dengan lauk jeroan, daging, atau lidah sapi. Cita rasanya cenderung gurih perpaduan antara rawon, soto, dan gulai.

Konon kabarnya, nama nasi gandul disematkan oleh orang kepada makanan ini karena dulunya nasi ini dijual memakai dunak (bakul ukuran besar dari anyaman bambu). Dunak yang berisi nasi tersebut lalu dipikul oleh penjual untuk berkeliling menawarkannya kepada pembeli. Oleh karena saat dipikul dunaknya menggantung atau dalam bahasa Jawa istilahnya “gondal-gandul”, maka dikenalah dengan sebutan nasi gandul.

Salah satu nasi gandul paling enak di Semarang adalah warung Nasi Gandul Pak Memet. Seporsi nasi gandulnya disajikan dalam piring beralaskan daun pisang sehingga semakin menambah aroma sedap. Untuk lauk pendamping tersedia daging sapi, aneka jeroan sapi seperti kikil, paru, limpa, lidah, usus, ati, babat, dan otak sapi. Jika Anda alergi jeroan, ada juga lauk lain berupa telur bacem, tempe goreng, perkedel, atau pun gorengan.

Lokasi / Alamat Nasi Gandul Pak Memet terletak di Jl. Dokter Cipto No.12, Bugangan, Kec. Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 16.30 – 21.30 WIB. Meskipun berupa tenda sederhana, namun warung ini hampir selalu ramai pembeli dan bisa menjadi alternatif pilihan destinasi kuliner malam Semarang bagi Anda yang sedang liburan. Harga per porsinya sekitar 10 ribu rupiah, sedangkan lauk dibanderol 2 – 10 ribu rupiah.

13. Leker Paimo

Leker termasuk jajanan tradisional yang cukup digemari banyak orang, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Rasanya manis dan gurih dengan tekstur mirip crepe tipis kering sehingga enak buat camilan. Tak sulit menemukan kue ini, karena banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima, Mall, atau restoran.

Nah, apabila Anda sedang berkunjung ke Semarang, sempatkanlah mencoba Leker Paimo yang terkenal legendaris. Di sini, ada sekitar 25 varian toping / isian kue leker dari mulai keju sosis mozzarella, pisang cokelat, pisang cokelat keju, keju jagung manis, telur sosis keju, tuna, kornet, dan lainnya.

Cita rasanya yang enak, membuat Leker Paimo menjadi incaran banyak orang. Tak heran, jika lagi ramai harus antri lama untuk mencicipinya. Harga kue lekernya sekitar 2 – 30 ribu rupiah per buah, tergantung toping. Lokasi / Alamat Leker Paimo terletak di Jl. Karang Anyar No.37, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB (Minggu Tutup).

14. Restoran Kampung Laut

Bingun mencari tempat makan keluarga di Semarang yang enak dan nyaman? Datang saja ke Restoran Kampung Laut. Sesuai namanya, restoran ini memiliki desain layaknya sebuah kampung nelayan di tepi laut dengan beberapa bagian mengapung di atas air kolam / danau buatan.

Menu makanan di sini berupa seafood / olahan hasil laut dan ikan air tawar, seperti bandeng, kerapu, gurame, salmon panggang, udang goreng mayonaise, ikan patin bakar, sayuran, dan minuman segar. Restoran apung ini terbilang luas sehingga cocok untuk acara gathering kantor, perusahaan, keluarga, atau sebagai tempat buka puasa bersama (bukber) sekaligus ngabuburit menikmati keindahan sunset kala sore hari.

Fasilitas yang tersedia di sini sangatlah lengkap, dari mulai area parkir luas, mushola / tempat ibadah, playground anak (tempat bermain), spot foto selfie jembatan kayu, tempat pemancingan, hingga toilet. Rasa makanannya juga enak dengan harga lumayan murah sedang terjangkau.

Mengingat banyaknya pengunjung, sebelum ke sini alangkah baiknya jika Anda reservasi terlebih dahulu agar mendapatkan tempat duduk. Lokasi Restoran Kampung Laut terletak di Puri Maerokoco Tawang Mas, Jl. Puri Anjasmoro Raya, Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.30 – 22.00 WIB.

15. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Kuliner Semarang legendaris selanjutnya adalah Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar. Lokasinya berada di belakang Gereja Blenduk, Kota Lama, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB (Senin, Rabu, Kamis, Jumat), 09.00 – 17.00 WIB (Selasa), 09.00 – 22.00 WIB (Sabtu dan Minggu).

Berbeda dengan gulai kambing pada umumnya yang memakai santan, gulai kambing warung Pak Sabar tidak menggunakan campuran santan. Sebagai pengganti santan, gulainya memakai serundeng yang ditumbuk dengan bawang merah, bawang putih, serta bumbu lainnya.

Satu porsi gulai di sini berisi irisan daging, babat, jeroan, dan tulang muda. Cita rasanya enak dan sedikit manis dengan tektur daging lembut alias tidak alot. Bau prengus kambingnya pun tak terlalu terasa sehingga begitu nikmat saat menyantapnya. Pas banget buat menu makan siang bersama sepiring nasi putih hangat. Harga seporsi gulai sekitar 28 ribu rupiah.

16. Ayam Goreng Pakne Heksa

Sesuai dengan namanya, warung makan Pakne Heksa menyajikan menu olahan ayam goreng, sambal, lalapan, dan nasi. Untuk pilihan sambalnya, terdiri atas manis, sedang, dan super pedas, sedangkan ayam tersedia ayam goreng manis, ayam bakar, dan ayam kremes (asin).

Seperti warung penyetan pada umumnya, Anda juga bisa menemukan makanan lain selain ayam, yaitu bebek goreng, lele, udang, dan pete. Harganya berkisar antara 18 – 30 ribu rupiah.

Setidaknya ada 2 cabang warung makan Ayam Goreng Pakne Heksa yang bisa Anda kunjungi, yaitu Cabang 1 di Jl. Sidorejo, Sarirejo, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah (Jam buka : pukul 17.00 – 22.30 WIB) dan Cabang 2 di Taman Kuliner Ventura, Jl. Ki Mangunsarkoro No.15, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jam buka : pukul 09.00 – 17.00 WIB).

17. Bakmi Jawa Pak Ateng

Menikmati kuliner malam Semarang rasanya belum lengkap tanpa mencicipi seporsi Bakmi Jawa Pak Ateng. Racikan bakmi jowonya sungguh menggugah selera, cocok sekali disantap untuk mengisi perut kala udara dingin malam melanda.

Warung Pak Ateng terbilang kecil, jadi Anda harus rela antri pada saat membelinya. Tersedia berbagai menu dari mulai bakmi godhog (bakmi rebus), bakmi goreng, nasi goreng, nasi ruwet, bihun goreng, hingga bihun godhog (bihun rebus). Harga sekitar 16 ribu rupiah per porsi.

Cita rasa makanannya terbilang enak, apalagi masih memakai anglo dan arang dalam proses memasaknya.
Lokasi / Alamat warung Bakmi Jawa Pak Ateng terletak di Jl. Ki Mangunsarkoro, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 18.00 – 23.00 WIB (Minggu Tutup).

18. Bakmi Jowo Pak Gareng

Satu lagi kuliner bakmi jawa enak di Semarang yang tak boleh dilewatkan, yaitu Bakmi Jowo Pak Gareng. Seporsi bakmi jawany berisi mie, sawi, kol, telur, dan suwiran daging ayam. Anda bisa memilih mau bakmi rebus (bakmi godhok) atau pun bakmi goreng sesuai selera.

Harga per porsinya dibanderol sekitar 18 ribu rupiah. Lokasi / alamat Bakmi Jowo Pak Gareng terletak di Jl. Wotgandul Dalam No.171, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB.

Selain Pak Ateng dan Pak Gareng, Anda bisa mencicipi bakmi jawa enak lainnya seperti Bakmi Jowo Pak Trisno, Bakmi Djowo Pak Doel Noemani, Bakmi Jowo Pak Rebi, dan Bakmi Jowo Pak Har. Selera orang beda-beda, jadi Anda bisa memilih sesuai rasa kesukaan Anda.

19. Waroeng Kaligarong

Sebagai salah satu tujuan favorit wisata Jawa Tengah, rasanya tak terlalu susah mencari tempat makan recommended di Semarang untuk menghilangkan lapar. Pasalnya, berbagai resto tradisional, western, hingga kekinian bisa Anda temukan dengan mudah di sini. Satu diantaranya tentu saja Waroeng Kaligarong.

Meskipun sebagai pendatang baru, Waroeng Kaligarong terbilang sukses dalam menarik minat warga Semarang atau pun wisatawan. Terbukti, ratingnya sekitar 4,3 / 5 dari 3 ribuan lebih reviewer. Rumah makan ini mengusung tema menu tradisional nusantara namun dikemas dalam ruangan bergaya industrial modern.

Beberapa makanan enak yang bisa Anda coba di Waroeng Kaligarong antara lain ayam goreng, bebek goreng, cumi hitam, gurame, tahu, telur, tempe, sop, soto, bubur ayam, aneka oseng sayur, sayur asem, sate ati, sate ampela, dan aneka sambal (sambal mangga muda, sambal matah, sambal terasi, sambal bawang, sambal pete).

Sedangkan untuk menu minuman tersedia jamu kunyit asem, beras kencur, jahe, jus buah, aneka es seperti es campur, es teler, es kalapa muda, dan sebagainya. Range harga sekitar 5 – 45 ribu rupiah, tergantung jenis atau jumlah menu yang dipesan.

Lokasinya cukup dekat dengan pusat kuliner Simpang Lima, tepatnya di Jl. Mayor Jend. D.I. Panjaitan No.64, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

20. Soto Ayam Khas Kudus Mbak Lin

Buat Anda yang sedang mencari tempat sarapan pagi di Semarang, warung Soto Ayam Khas Kudus Mbak Lin bisa menjadi pilihan tepat. Seporsi sotonya berisi nasi , tauge / kecambah, suwiran daging ayam, kuah soto, seledri, dan bawang goreng. Cita rasanya agak manis, gurih, serta enak mantap.

Sebagai lauk pendamping, tersedia perkedel, sate kerang, sate telur puyuh, sate jeroan, tempe goreng, hingga paru goreng. Harga satu porsi sekitar 12 ribu rupiah, lumayan murah, bukan? Ruangannya juga termasuk luas sehingga cukup jika Anda membawa rombongan keluarga.

Alamat / lokasi warung Soto Ayam Khas Kudus Mbak Lin terletak di Ventura Taman Kuliner, Jl. Ki Mangunsarkoro No.15, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB.

21. Bandeng Juwana Elrina

Bandeng Juwana Elrina merupakan toko oleh oleh khas Semarang yang menyediakan berbagai makanan, camilan, atau pun jajanan untuk dibawa pulang para wisatawan. Misalnya : bandeng presto, wingko babat, tahu bakso, kue moci, lumpia, dan lainnya.

Selain sebagai pusat oleh-oleh, Bandeng Juwana Elrina juga punya kantin di lantai 2 yang asik buat kulineran siang hari dengan menu serba bandeng seperti bandeng goreng, garang asem bandeng, semur, sop bandeng, pindang, tumis jamur, dan tempe kecap.

Lokasi / Alamat Bandeng Juwana Elrina terletak di Jl. Pandanaran No.57, Randusari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 23.00 WIB.

22. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie Kopyok termasuk kuliner khas Semarang yang jarang ditemui di daerah lain. Misalkan ada, cita rasanya tentu akan berbeda. Makanan ini berisi campuran bahan-bahan mie kuning, irisan lontong / ketupat, kecambah, tahu pong, seledri, bawang goreng, kuah bumbu bawang putih, kecap, dan kerupuk gendar (kerupuk dari adonan nasi). Pas banget buat menu makan siang.

Rasa mie kopyok biasanya cenderung manis, gurih, serta pedas. Satu diantara penjual mie kopyok terenak di Semarang yang wajib dikunjungi yaitu Mie Kopyok Pak Dhuwur. Lokasinya terletak di Jl. Tanjung No.18A, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Harga Mie Kopyok Pak Dhuwur dibanderol sekitar 14 ribu rupiah.

23. Gudeg Koyor Mbak Tum

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda dengan cita rasa manis. Seiring dengan berkembangnya jaman, kini sudah banyak penjual gudeg di kota-kota lain seperti Solo, Bandung, Jakarta, dan termasuk Semarang. Salah satu gudeg paling enak di Semarang yaitu Gudeg Koyor Mbak Tum.

Seporsi gudeg koyor biasanya berisi nasi, gudeg, krecek, koyor, dan siraman kuah areh. Untuk lauk tambahan, Anda bisa memilih telur, tempe, tahu, atau pun ayam. Rasa gudeg koyor racikan warung Mbak Tum sungguh sedap, tak kalah enak dengan gudeg Jogja. Tekstur koyornya lembut dan kenyal. Apalagi ditambah sambal, rasanya akan bertambah nikmat.

Selain gudeg, Anda bisa juga mencoba menu makanan lezat lainnya di sini, seperti lontong opor, ayam goreng, sambal petai, dan babat goreng. Harganya relatif murah terjangkau untuk ukuran gudeg, sekitar 25 – 40 ribu rupiah. Asyiknya lagi, warung tenda kaki lima yang menjadi ikon kuliner malam Semarang ini menyajikan live musik keroncong.

Lokasi / Alamat Gudeg Koyor Mbak Tum terletak di daerah Peterongan, Wonodri, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 17.00 – 05.00 WIB.

24. Sate Dan Gule Kambing 29

Inilah kuliner wajib di Semarang bagi pecinta olahan daging kambing, namanya Sate Dan Gule Kambing 29. Rumah makan ini menawarkan menu serba daging kambing, mulai dari sate daging, sate campur, sate buntel, sumsum, gulai kambing, dan balungan.

Keistimewaan Sate Kambing 29 terletak pada penggunaan dagingnya, yaitu memakai daging berkualitas. Daging yang dipakai untuk sate berupa daging bagian paha dan punggung kambing sehingga tekstur daging satenya terasa empuk. Tak heran, jika warung ini masuk dalam deretan sate paling enak di Semarang untuk kulineran.

Harganya terbilang mahal, sekitar 37 – 45 ribu rupiah. Lokasi / alamat Sate Dan Gule Kambing 29 terletak di Kota Lama (depan Gereja Blenduk), Jl. Letjen Suprapto No.29, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB (Minggu Tutup).

25. Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Tak perlu bingung mencari tempat makan siang di Semarang yang enak, langsung saja datang ke warung Gulai Kepala Ikan Pak Untung. Di sini, Anda akan menemukan kelezatan gulai kepala ikan yang bikin nagih. Gulai ikannya tidak amis, apalagi disajikan dengan daun kemangi, lombok utuh, daun jeruk, dan potongan loncang, sungguh menggugah selera makan.

Selain gulai ikan, ada juga sop ikan, ikan dori, ikan nila, ikan kembung goreng, dagu ikan, sirip ikan salmon, serta filet kakap. Harga dibanderol sekitar 10 – 30 ribu rupiah. Rumah makan Gulai Kepala Ikan Pak Untung buka mulai pukul 10.00 – 21.00 dan memiliki beberapa cabang, antara lain :

  • Cabang 1 : Jl. Singosari Raya No.79, Pleburan, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.
  • Cabang 2 : Jl. Imam Bonjol No.48-52, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.
  • Cabang 3 : Jl. Brigjen Sudiarto No.270, Kalicari, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

26. Pisang Plenet

Jajanan khas Semarang bernama Pisang Plenet ini terbilang sulit ditemukan di daerah lain. Di Kota Semarang sendiri pun kini sudah mulai jarang dijumpai, meskipun masih ada. Sesuai namanya, Pisang Plenet dibuat dengan cara dibakar lalu pisang ditekan-tekan menjadi pipih (bahasa jawa : plenet). Setelah itu, pisang diolesi margarin dan diberi toping seperti cokelat, selai nanas, atau pun gula bubuk.

Harganya cukup murah meriah sekitar 5 – 10 ribu rupiah. Jika dilihat dari proses pembuatannya, cita rasanya sepertinya mirip pisang bakar Bandung. Pas banget buat camilan malam hari. Beberapa penjual Pisang Plenet yang mungkin masih bisa Anda jumpai antara lain :

  • Pisang Plenet Mbah Toerdi : Jalan Pemuda, Semarang, Jawa Tengah.
  • Pisang Plenet Pak Subandi : Jl. Pemuda, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang
  • Pisang Plenet Pak Tuko : Pasar Semawis dan Pusat Jajanan Toko Sri Ratu.
  • Pisang Plenet “Pak Yuli” : Jl. Gajahmada No.13, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang

27. Cimory On The Valley

Ketika mendengar nama Cimory, ingatan saya langsung tertuju pada kawasan Puncak Bogor. Pasalnya, selama ini Cimory identik dengan destinasi wisata Bogor favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Tak hanya menikmati sajian olahan susu dan makanan enak, di sana juga terdapat mini zoo hingga panorama alam indah.

Nah, buat Anda warga Semarang dan sekitarnya, kini tak perlu jauh-jauh pergi ke kawasan puncak untuk menikmati fasilitas Cimory. Hal ini karena Cimory sudah membuka cabang baru di Semarang, bernama Cimory On The Valley. Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan, satu diantaranya tentu saja kulineran menikmati aneka olahan susu.

Selain olahan susu seperti yoghurt, resto Cimory On The Valley juga menyediakan menu masakan Indonesia dan western, misalnya soto, ayam goreng, steak, serta fish and chips. Soal rasa, tentu saja enak, apalagi suasananya nyaman dengan taman hijau. Fasilitasnya pun lengkap, dari mulai mini zoo, playground anak, spot foto, parkir, dan toilet. Cocok banget buat liburan bareng keluarga atau pun anak-anak.

Lokasi / alamat Cimory On The Valley dekat dengan daerah ungaran, tepatnya di Jl. Soekarno Hatta No.KM. 30, Begojuh, Jatijajar, Kec. Bergas, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB. Hampir setiap weekend / hari libur selalu ramai pengunjung, jadi siap-siap antri ya gaes!

28. Joglo Agung Resto & Gallery

Bingung mencari tempat makan dengan view pemandangan alam nan indah? Datang saja ke Joglo Agung Resto & Gallery di Jalan Lemah Abang Km. 3,6, Jimbaran, Bandungan, Munding, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Resto ini mempunyai spot makan outdoor yang kece karena berlatar keindahan alam Bukit Telomoyo. Sedangkan area indoornya bernuansa tradisional Jawa. Di sini juga terdapat koleksi barang-barang antik yang bisa Anda beli dengan harga puluhan ribu sampai jutaan rupiah.

Udara sejuk dan suasana yang nyaman jauh dari keramaian kota, membuat Joglo Agung Resto & Gallery cocok untuk tempat nongkrong atau pun bersantai. Menu andalan di sini berupa olahan iga, seperti iga bakar dan iga penyet. Tersedia juga menu lain dari mulai ayam, ikan, sayuran, mie, camilan, sampai minuman. Range harga sekitar 15 – 50 ribu rupiah.

29. Warung Pecel Bu Sumo

Berdiri sejak tahun 1965-an, Warung Pecel Bu Sumo masih eksis hingga sekarang. Seporsi pecelnya berisi sayuran hijau bayam, kecambah, dan kacang panjang lalu disiram dengan sambal kacang nan gurih. Sementara itu, untuk lauk pendamping tersedia aneka gorengan, tempe goreng, tahu goreng, rempeyek, telur, jeroan, mie goreng, dan lainnya.

Harga seporsi pecel ditambah telur, tahu bacem, gorengan, dan es teh dibanderol sekitar 15 ribu rupiah. Cukup murmer, bukan? Warung Pecel Bu Sumo memiliki beberapa cabang, antara lain :

  • Cabang 1 : Jl. Setia Budi No.35, Tinjomoyo, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 06.30 – 15.30 WIB.
  • Cabang 2 : Jl. Kyai Saleh No.10, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 06.00 – 16.00 WIB.
  • Cabang 3 : Jl. A. Yani, Sidomulyo, Kec. Ungaran Tim., Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 06.15 – 16.00 WIB.

30. Soto Ayam Pak Man

Kelezatan Soto Ayam Khas Semarang Pak Man, nampaknya tak perlu diragukan lagi. Kuah sotonya terasa gurih dan enak, apalagi jika ditambah kecap, sambal, dan air perasan jeruk nipis, tentu akan semakin nikmat. Pas banget buat mengawali kuliner pagi Anda.

Seporsi sotonya berisi nasi, bihun, suwiran daging ayam, tauge / kecambah, potongan daun bawang, irisan tomat, dan kuah segar. Harga seporsi soto di sini sekitar 16 ribu rupiah per porsinya. Cukup mahal memang, tapi akan sebanding dengan rasa yang didapatkan.

Sebagai lauk tambahan, warung soto terenak di Semarang ini menyediakan tahu bakso, tempe goreng, tahu goreng, perkedel, sate ayam, sate telur puyuh, sate ati ampela, sate usus, serta sate kerang. Saat ini, warung Soto Ayam Pak Man sudah punya beberapa cabang, yaitu :

  • Cabang 1 : Jl. Pamularsih Raya No.32, Salamanmloyo, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 19.00 WIB.
  • Cabang 2 : Jl. Veteran No.26, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.
  • Cabang 3 : Jl. Perintis Kemerdekaan No.295, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 20.00 WIB.
  • Cabang 4 : Jl. Purwosari Raya, Rejosari, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 19.00 WIB.

31. Pesta Keboen Restoran

Pesta Keboen Restoran merupakan tempat makan unik dengan suasana tempo doeloe. Meskipun menempati bangunan lama berusia sekitar 1 abad, namun desain bangunan dan interiornya terkesan instagramable buat foto-foto sehingga membuat semakin nyaman saat bersantap.

Untuk menu makanan di sini, tersedia makanan dan minuman tradisional Indonesia seperti nasi pecel, tahu telor, ikan gurame, lumpia, wedang jahe, aneka jus buah, aneka es, serta kopi. Sedangkan untuk makanan khas Eropa, antara lain berupa chicken cordon bleu, beef cordon bleu, dan sebagainya. Range harga sekitar 20 – 100 ribu rupiah.

Lokasi / alamat Pesta Keboen Restoran terletak di Jl. Veteran No.29, Lempongsari, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

32. Nasi Kucing Pak Gik

Mendengar nama angkringan, biasanya ingatan seseorang akan langsung tertuju pada Kota Yogyakarta. Pasalnya, angkringan atau warung nasi kucing termasuk salah satu ikon kuliner malam murmer di sana. Seperti halnya gudeg, angkringan dapat Anda temukan dengan mudah hampir di setiap sudut Jogja.

Nah, buat Anda yang kebetulan sedang berada di Semarang tapi ingin menikmati sajian menu khas angkringan, tak perlu jauh-jauh datang ke Jogja. Mampir saja ke warung Nasi Kucing Pak Gik. Di sana terdapat berbagai menu ala angkringan Jogja dari mulai nasi kucing, mendoan, pangsit goreng, tahu petis, sate-satean, hingga wedangan.

Soal harga, tentu saja murah meriah banget sekitar 1 – 10 ribu rupiah. Lokasi / alamat Nasi Kucing Pak Gik terletak di Jl. Inspeksi, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 23.00 – 04.00 WIB.

33. Warung Kepala Manyung Bu Fat

Anda penyuka kuliner pedas? Jika iya, wajib rasanya mampir ke Warung Kepala Manyung Bu Fat. Di sini, Anda akan disajikan mangut pedas ikan Manyung dengan potongan cabe rawit melimpah di atasnya. Jangan lupa siapkan tisu karena mungkin keringat Anda akan bercucuran saat menyantap sajian ikan manyung khas Bu Fat.

Rasa ikan Manyungnya sendiri memiliki tekstur daging padat dan gurih. Semakin nikmat saat Anda memakai tangan untuk mencari helaian daging diantara sela-sela kepala ikan. Untuk harga memang lumayan mahal, sekitar 75 – 150 ribu rupiah. Selain ikan Manyung, tersedia juga lauk lainnya seperti sayuran, goreng-gorengan, botok, lalapan, tumis cumi, telur ikan, dan sebagainya.

Apabila Anda penasaran ingin mencicipi olahan ikan Manyung Bu Fat, bisa datang langsung ke lokasinya di Jl. Ariloka, Krobokan, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah (Jam buka : 08.00 – 20.00 WIB), dan Jl. Sukun Raya No.36, Srondol Wetan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jam buka : 07.00 – 19.30 WIB).

34. Seafood Pak Sangklak

Bagi para penggemar seafood, warung Seafood Pak Sangklak bisa menjadi pilihan tepat saat kulineran di Semarang. Di sini, Anda akan disuguhi berbagai hasil laut dari mulai cumi, kerang, udang, ikan kerapu, kakap, hingga kepiting. Pilihan olahan memasaknya pun beragam, Anda bisa memilih asam manis, saos tiram, cabai hijau, mentega, atau goreng bawang.

Cita rasa masakannya sungguh lezat, tak heran jika cukup banyak yang merekomendasikan warung Pak Sangklak. Harga makanan di warung seafood terenak di Semarang ini berkisar antara 25 – 150 ribu rupiah. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, langsung saja mampir ke warungnya di Jl. Telagamas Raya No.b1, Panggung Lor, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

35. Ayam Goreng & Sop Buntut / Daging Pak Supar

Ngomongin kuliner ayam goreng paling enak di Semarang, tentu belum lengkap tanpa memasukkan Ayam Goreng & Sop Buntut / Daging Pak Supar. Daging ayam kampungnya begitu empuk, apalagi santap bersama nasi putih dan sambal korek atau sambal terasi, hmm… nikmat banget!

Selain ayam goreng, sop buntut Pak Supar juga patut dicoba. Daging buntutnya begitu empuk, pas banget berpadu dengan kuah kaldu gurih segar. Harga seporsi ayam goreng dibanderol sekitar 20 ribu rupiah dan sop buntut 45 ribu rupiah. Cukup mahal memang, tapi sebanding dengan kelezatan makanan yang akan didapatkan.

Lokasi / alamat warung Ayam Goreng & Sop Buntut / Daging Pak Supar terletak di Jl. Moh. Suyudi No.48, Miroto, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.30 – 22.30 WIB.

36. The Hills Dining Restaurant

Buat para pengantin baru yang kebetulan sedang bulan madu, tak usah bingung mencari tempat makan romantis di Semarang. Datang saja ke The Hills Dining Restaurant. Di sini, Anda akan menemukan view pemandangan bagus Kota Semarang. Udaranya pun sejuk dengan suasana tenang jauh dari keramaian kota. Cocok banget buat candle light dinner bareng pasangan halal Anda.

Untuk menu makanan, The Hills menyediakan hidangan Lokal, Asia, dan western. Misalnya : Ayam Rica-Rica, Thai Mango Salad, Long Horn, Grilled Beef Ribs, Angel Hair, Sushi, Pancake, Steak, dan Ice Chocolate Caramel. Soal harga makanan, tentu saja termasuk mahal sekitar 20 – 180-an ribu rupiah. Siapkan saja budget yang banyak ya!

Restoran premium ini juga cocok untuk acara meeting, gathering, atau pun wedding party. Lokasi / alamat The Hills Dining Restaurant terletak di Royal Park – Bukit Sari, Jl. Bukit Baladewa No.22-24, Ngesrep, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 17.00 – 00.00 WIB.

37. Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Selain kaya akan kuliner khas yang legendaris, Semarang juga punya sejumlah cafe yang asyik buat ngopi dan nongkrong bareng teman atau pun keluarga. Salah satu cafe di Semarang yang wajib dikunjungi adalah Pondok Kopi Umbul Sidomukti. Letaknya berada di atas ketinggian 1.200 mdpl, sehingga Anda akan bisa menikmati panorama alam indah sekaligus menghirup udara segar.

Sesuai namanya, Pondok Kopi menyuguhkan sejumlah olahan kopi baik panas / dingin seperti kopi hitam, cappucino, vanilla latte, mochaccino, kopi jahe, dan kopi susu. Minuman lain pun tersedia, dari mulai jus buah-buahan, wedang jahe, bandrek, bajigur, hingga sekoteng.

Untuk menu makanan, tersedia hidangan berat maupun camilan, misalnya nasi goreng, bakmi, sop iga, roti bakar, singkong keju, pisang bakar, dan mendoan. Harganya lumayan murah, sekitar 9 – 38 ribu rupiah. Lokasinya terletak di Desa Sidomukti, Jl. Goa Jepang, Jimbaran, Bandungan, Manggung, Jimbaran, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 00.00 WIB.

38. Gubug Makan Mang Engking

Gubug Makan Mang Engking menawarkan tempat makan unik berupa saung beratapkan ilalang, lengkap dengan kolam ikan. Menu makanan di sini berupa hidangan nusantara dan seafood, misalnya ayam, bebek, iga sapi, udang, cumi, gurame, sambal, lalapan, kelapa muda, jus, dan milkshake.

Soal harga makanan / minuman, berkisar antara 5 – 90 ribuan. Rumah makan Mang Engking cukup luas sehingga cocok untuk kulineran bareng keluarga atau pun rombongan. Lokasinya terletak di Jl. Diponegoro No. 249, Genuk, Ungaran Barat, Genuk Barat, Genuk, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

39. Nasi Pindang Kudus & Soto Sapi Gajahmada

Mendengar nama nasi pindang, pikiran saya langsung tertuju pada makanan berupa nasi dan ikan pindang. Tapi, ternyata keliru, nasi pindang Kudus ini berupa nasi gulai daging sapi dengan campuran rempah khas bersantan. Meskipun termasuk makanan khas Kudus, namun nasi pindang cukup populer dikalangan pecinta kuliner Semarang.

Seporsi nasi pindang di warung Nasi Pindang Kudus & Soto Sapi Gajahmada berisi nasi dan irisan daging tipis, lalu disiram kuah pindang beserta daun melinjo.Tekstur dagingnya empuk karena memakai daging sapi bagian leher dan rusuk. Kuahnya gurih, sekilas mirip rawon.

Kuliner ini cocok disantap buat sarapan, makan siang, atau pun makan malam. Harga seporsinya sekitar 18 ribu rupiah. Jika Anda tertarik, langsung saja menuju ke lokasi di Gg. Buntu Jl. Gajahmada No.98B, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 06.00 – 22.00 WIB.

40. Tahu Pong

Bukan hanya Sumedang yang terkenal akan tahunya, Kota Semarang juga punya kuliner khas bernama Tahu Pong. Nama Tahu Pong sendiri berasal dari kata Tahu Kopong, yaitu tahu yang tak punya isi. Tekstur Tahu Pong memang tak padat pada bagian tengahnya alias kosong.

Tahu Pong biasanya dimakan dengan cara dicocol pada kuah berisi kecap, bawang, dan petis. Selain Tahu Pong, penjual pada umumnya menyediakan juga menu tahu lain seperti tahu emplek, tahu emplek telur, tahu gimbal, tahu gimbal telur dan tahu kopyok telur (tahu campur telor mirip martabak).

Tempat makan tahu pong paling enak di Semarang yaitu Tahu Pong Semarang, Jl. Gajahmada No.63B, Kembangsari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang (Jam buka : 11.30 – 20.00 WIB / Minggu tutup) dan Tahu Pong Karangsaru, Jl. Pringgading No.11D, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jam buka : 11.00 – 21.30 WIB / Selasa tutup).

41. Ayam Dan Bebek Goreng “Sari Rasa” (Pak Thori)

Daging ayam dan bebek goreng Pak Thori memiliki tekstur empuk dengan cita rasa gurih. Untuk daging bebeknya sendiri, bebas dari bau amis sehingga lebih nikmat saat disantap. Untuk sambal, ada 2 jenis yaitu sambal merah (pedas sedang) dan sambal hijau (paling pedas).

Harga ayam goreng sekitar 24 ribu rupiah, sedangkan bebek goreng dibenderol seharga 35 ribu rupiah. Lokasi / alamat rumah makan Ayam Dan Bebek Goreng “Sari Rasa” (Pak Thori) terletak di Jl. Raya Manyaran-Gunungpati, Sadeng, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.00 – 23.00 WIB.

42. Nasi Pindang Pak Ndut

Tak kalah lezat dengan Nasi Pindang Kudus Gajahmada, Nasi Pindang Pak Ndut juga patut dicoba saat berburu kuliner Semarang. Cita rasa kuahnya begitu segar, ada manis, asam, dan gurih. Bagi penyuka pedas, bisa menambahkan sambal.

Seporsi Nasi Pindang Pak Ndut berisi nasi, potongan daging, daun melinjo, dan siraman kuah kaldu gurih. Untuk lauk tambahan, tersedia olahan sapi, seperti babat, hati, iso, paru, kikil, lidah, pangkal lidah, dan otak. Harga nasi pindang sekitar 12 ribu rupiah.

Lokasi / alamat warung Nasi Pindang Pak Ndut terletak di Jl. Stadion Selatan No.1, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 22.00 WIB (kecuali minggu tutup pukul 19.00 WIB).

43. Soto Bokoran 1949

Ada cukup banyak warung soto ayam di Semarang yang enak untuk sarapan. Satu diantaranya adalah Soto Bokoran 1949. Walaupun warungnya kecil, namun kelezatan sotonya berhasil menarik minat banyak orang. Terbukti, hampir setiap hari pembelinya selalu ramai.

Seporsi soto di sini berisi soun, daging ayam, seledri, bawang putih goreng, dan kuah gurih. Sebagai lauk pendamping, tersedia tempe goreng, perkedel, sate-satean, dan telur pindang. Harganya sekitar 12 ribu rupiah per porsi.

Lokasi / alamat warung Soto Bokoran 1949 berada di Jl. Plampitan No.55, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 06.00 – 14.00 WIB.

44. Martabak Siliwangi

Martabak atau terang bulan nampaknya begitu populer sebagai ikon wisata kuliner Bandung Jawa Barat atau pun Bangka. Hampir di setiap kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Jogja, dan Semarang, Anda bisa menemukan penjual makanan ini dengan istilah martabak Bandung, kue Bandung, dan martabak Bangka.

Nah, salah satu kuliner martabak enak di Semarang yang wajib dikunjungi adalah Martabak Siliwangi. Berdiri sejak tahun 1994, kedai martabak ini menyajikan olahan martabak manis dan martabak telor bercita rasa lezat. Untuk martabak manis, tersedia adonan red velvet, cokelat (van houten), pandan, dan blue ocean.

Pilihan toping martabak manisnya pun beragam, Anda bisa memilih toping biasa atau pun premium, mulai dari cokelat meises biasa, meises ceres, kacang, keju craft, toblerone, ovomaltine, nutella, kitkat, durian, pisang, kismis, cream cheese, chunky bar, hingga aneka rasa. Sedangkan martabak telur, tersedia isian daging ayam, sapi, dan corned.

Harganya dibanderol sekitar 30 – 75 ribu rupiah. Lokasi / alamat Martabak Siliwangi terletak di Jl. Jenderal Sudirman No.200, Salamanmloyo, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 14.00 – 22.00 WIB.

45. Mie Ayam Pak Joko

Siapa seh yang tak suka mie ayam? Kuliner khas sederhana ini cukup digemari oleh masyarakat kelas menengah ke bawah. Cita rasanya yang lezat dan harga murmer, menjadi salah satu alasan banyak orang menyukainya. Tak heran, jika penjual mie ayam mudah ditemukan di setiap sudut kota Semarang, mulai dari gerobak keliling, tenda kaki lima, hingga berbentuk resto / restoran.

Satu diantara beberapa kedai mie ayam enak di Semarang yang wajib dikunjungi yaitu Mie Ayam Pak Joko Tlogosari. Ciri khas warung Pak Joko berupa penggunaan pangsit goreng berbentuk mangkok sebagai alas mie ayamnya. Unik, bukan? Untuk jenis mie ayam, tersedia pilihan mie ayam goreng (miago), mie ayam goreng bakso, mie ayam goreng jamur, dan mie ayam kuah.

Harga mie ayam dibanderol sekitar 10 – 17 ribu rupiah per porsi (tergantung toping). Untuk menikmati Mie ayam Pak Joko, Anda bisa langsung datang ke outletnya di Jl. Satrio Wibowo I No.35, Tlogosari Kulon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB.

46. Bakso Doa Ibu

Selain mie ayam, kuliner bakso juga banyak disukai sebagian masyarakat. Teksturnya yang kenyal dan empuk, ditambah kuah kaldu segar nan gurih, membuat bakso menjadi hidangan favorit. Nah, buat Anda yang kebetulan lagi liburan di Semarang, jangan sampai melewatkan Bakso Doa Ibu.

Warung bakso terenak di Semarang ini terbilang legendaris, kabarnya sudah berdiri sejak tahun 1987. Seporsi baksonya berisi bihun, mie kuning, sawi, dan potongan daun seledri. Jika Anda penyuka jeroan sapi, bisa minta toping tersebut seperti iso babat.

Cita rasa daging pada baksonya begitu terasa, apalagi ditambah kuah kaldu yang kuat, semakin membuat sedap. Harga seporsi Bakso Doa Ibu terbilang mahal, sekitar 17 ribu rupiah. Namun, harga tersebut tentu sebanding dengan rasa yang didapatkan.

Lokasi / alamat warung Bakso Doa Ibu terletak di Jl. Sompok Baru No.57, Peterongan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.30 – 22.00 WIB.

47. Es Puter Cong Lik

Meskipun saat ini banyak berdiri kedai es krim dan gelato kekinian, namun Es Puter Cong Lik masih bertahan di dunia kuliner Semarang. Teksturnya memang agak kasar, tapi perpaduan rasa manis dan asinnya bikin nagih. Varian rasanya pun cukup banyak, ada cokelat, alpukat, durian, atau pun kelapa. Saat bulan puasa tiba, biasanya ditambah rasa nangka, sirsak, kacang hijau, blewah, hingga leci.

Seporsi Es Puter Cong Lik berisi es puter, irisan roti, biji mutiara dan kelapa. Harganya dibanderol 20 ribu rupiah, jika tambah durian sekitar 30 ribu rupiah. Lokasi / alamat kedai Es Puter Cong Lik Jl. Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 18.00 – 23.30 WIB.

Bagaimana sobat traveler? Enak dan menggugah selera bukan aneka kuliner khas Semarang? Jangan lupa memasukkan beberapa spot kuliner di atas dalam list liburan Anda. Rugi deh, jauh-jauh berkunjung ke Kota Semarang tanpa mencicipi makanan enaknya.

Oya, jika Anda bingung mencari tempat makan yang buka selama 24 jam non stop di Semarang, RM Sinar Pagi bisa menjadi pilihan tepat. Menu makanannya khas Padang, tersedia rendang, ayam gulai, ayam bakar, gulai otak, sayur nangka, daun singkong, sambal hijau, dan lainnya. Lokasinya ada di Jl.Supriyadi No.12 dan Jl. Gajah Raya No. 22, Kota Semarang. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here