Home Wisata Asia 10 Tempat Wisata Anak Di Jogja Yang Bagus Dan Menarik

10 Tempat Wisata Anak Di Jogja Yang Bagus Dan Menarik

1366
0
SHARE

Tempat Wisata Anak Di Jogja – Anda sedang mencari tempat wisata anak di Jogja? Ini dia daftar tempat wisata anak di Jogja yang bagus dan menarik. Yogyakarta atau biasa disebut Jogja memang sebuah kota yang asik dan nyaman buat wisata anak.

Aneka wisata edukasi yang pas buat anak-anak mudah sekali dijumpai di kota Jogja. Tak heran jika Jogja mendapat predikat sebagai kota pelajar.

Nah, karena saking banyaknya aneka wisata anak di Jogja mungkin Anda akan sedikit kebingungan dalam memilihnya. Namun Anda tidak usah kuatir, Maslatip Travel telah menyiapkan daftar tempat wisata anak di Yogyakarta yang cocok dikunjungi anak-anak dan keluarga.

Selain mengandung unsur hiburan, wisata anak Jogja juga mengandung unsur edukasi sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain. Yuk, simak 10 tempat wisata anak di Jogja yang bagus dan menarik berikut.

Daftar Tempat Wisata Anak Di Jogja Yang Bagus Dan Menarik

1. Taman Pintar

Taman-Pintar-Yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta (Foto : wisatajogja.co.id)

Tempat wisata anak di Jogja yang satu ini merupakan sebuah taman edukasi sehingga cocok untuk putra-putri Anda. Konsepnya sangat bagus serta memiliki beberapa wahana yang menarik. Selain itu, Taman Pintar juga termasuk tempat wisata di Jogja yang dekat dengan Malioboro, jadi Anda bisa sekaligus belanja dan jalan-jalan di kawasan Malioboro.

Wahana-wahana tersebut memiliki nama yang unik sehingga bisa meningkatkan rasa ingin tahu si anak. Sebut saja seperti parabola berbisik, pipa bercerita, dinding berdendang, air menari, desaku permai, tapak pintar, cakram spektrum warna dan lain sebagainya.

Di Taman Pintar ini juga memiliki wahana-wahana menarik lainya seperti kolam air, jembatan goyang, istana pasir dan rumah pohon. Para pengunjung bisa belajar sekaligus merasakan fenomena sains yang ada.

Faslitias yang dimiliki Taman Pintar di Jogja ini juga sangat lengkap seperti gedung oval untuk memutar film 3D, playground untuk paud, ruang tunggu, tuang profesi, ruang komputer kids, ruang pertunjukan dan karaoke, perpustakaan dan lainnya. Lokasinya berada di jalan Panembahan Senopoti no 1-3 atau dari perempatan alun-alun utara tinggal ke timur 150 meter.

2. Museum Mainan Anak Kolong Tangga

Museum Mainan Anak Kolong Tangga
Museum Mainan Anak Kolong Tangga (Foto : liburanjogja.co.id)

Anak-anak tentu senang sekali dengan mainan bukan? Nah, dalam rangka mengenalkan anak-anak kepada mainan tradisional di Indonesia, Cobalah berkunjung ke salah satu tempat wisata anak di Jogja yang bernama Museum Mainan Anak Kolong Tangga.

Karena letaknya yang persis berada di kolong tangga, maka dinamakan Museum Anak Kolong Tangga. Lokasi dan alamat lengkapnya di jalan Sriwerdani no 1 Purwokinanti Pakualaman, Yogyakarta.

Museum yang berada di area Taman Budaya Yogyakarta ini menyimpan berbagai koleksi mainan anak yang ada di seluruh Indonesia. Berbagai mainan yang sebagian besar adalah mainan tradisional merupakan mainan buatan tangan yang menyimpan banyak cerita dan kebudayaan lokal di dalamnya, seperti cerita legenda, dongeng ataupun mitos.

3. Keraton Yogyakarta

Keraton-Yogyakarta
Keraton Yogyakarta (Foto : en.wikipedia.org)

Sebenarnya ini bukan hanya tempat wisata anak di Jogja melainkan umum. Akan tetapi karena bisa digunakan untuk sarana edukasi jadi juga cocok untuk anak-anak. Kraton Yogyakarta sampai saat ini sebenarnya masih digunakan, akan tetapi Anda bisa berkunjung kesana untuk melihat aktivitas di dalam keraton.

Tak ayal ketika Anda berkunjung kesini akan bertemu dengan turis-turis asing. Lokasi Keraton Yogyakarta tak jauh dari taman pintar yakni tepat berada di sebelah selatan alun-alun utara Yogyakarta.

Disini para wisatawan bisa belajar secara langsung tentang budaya jawa. Keraton Yogyakarta sendiri dibuka untuk obyek wisata dengan dua loket masuk yakni tepas keprajuritan dan tepas pariwisata.

Jika Anda masuk di tepas keprajuritan yang berada di dekat alun-alun utara akan melihat beberapa koleksi kereta keraton. Sedangkan untuk tepas pariwisata para wisatawan akan memasuki kompleks sri manganti dan kedhaton.

4. Taman Pelangi

Taman-Pelangi-Monjali
Taman Pelangi Monjali (Foto : Khawa Uswatun Khasanah, kompasiana.com)

Lampion tidak hanya ada saat perayaan imlek saja. Di Monumen Jogja Kembali (Monjali) Anda bisa menikmati gemerlap berbagai jenis lampion. Ada ratusan lampion dengan bentuk yang beraneka ragam. Pas banget mengunjungi tempat wisata hits di Jogja yang satu ini saat malam hari bersama anak-anak dan keluarga.

Di pintu masuk sebelah timur, pengunjung akan disambut dengan lampion besar seperti gerbang berwarna pelangi. Ada juga lampion berbentuk Tugu Jogja, kereta kuda, tokoh kartun, aneka benda antik, binatang bawah laut, aneka bunga, binatang darat, tokoh pewayangan dan replika keajaiban dunia.

Disana, disajikan juga 10 wahana permainan, seperti Bom Bom Car, Euro Bungee, Trampolin, ATV, Battery Car, Junior Jet, Becak Mini, Fun Bike, Helicak, Bumper Boat, Perahu Dayung, Bola Air, Studio 4 Dimensi, Biliar, Rumah Balon, Safari Train dan Bazar Game.

Bagi pengunjung yang datang hanya untuk melihat lihat, Taman lampionj juga menyediakan permainan gratis. Permainan gratis itu antaralain Catur, Monopoli Dunia, Dakon, Halma, Uno, Scrable dan Karambol. Taman Pelangi nampaknya bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata malam di Jogja yang cocok buat keluarga dan anak-anak.

5. Kids Fun

Kids Fun
Kids Fun (Foto : wisatajogja.co.id)

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa wisata ini memang dikhususkan untuk anak-anak. Berbagai jenis permainan yang ada di kids fun ini diantaranya jet rider, harley davidson, dune bug, gran canyon, ferrari cars, star trex, jum & fun, santa fe express, vespa ciao, adventure mini golf, go kart, dan Gnome land.

Di kids fun ini juga ada Amsterdam cafe yang menyuguhkan beberapa masakan belanda seperti poffertjess dan waffle. Tak hanya itu ada juga saloon cafe dengan menu masakan eropa dan adventure cafe dengan menu masakan indonesia. Alamat tempat wisata anak di Jogja ini berada di jalan Wonosari km 10 Yogyakarta.

Baca Juga : 15 Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Enak Dan Murah

6. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun-Binatang-Gembira-Loka
Kebun Binatang Gembira Loka (Foto : wego.co.id)

Pilihan lain tempat wisata anak di Jogja adalah mengunjungi kebun binatang Gembira Loka. Kebun binatang ini memiliki koleksi hewan yang lengkap serta dirawat dengan baik. Pepohonanya yang ada cukup rindang sehingga para wisatawan bisa nyaman.

Disini anak anda bisa melihat secara langsung beberapa hewan seperti kijang, singa, macan, jerapah, zebra, buaya, kuda nil dan lainya. Ada juga kolam besar yang biasa digunaakn untuk naik perahu atau sepeda air.

Tak hanya menyaksikan saja, jika mau ajak anak Anda untuk naik gajah atau unta yang sudah disediakan tentu saja dengan membayar biaya tambahan. Jika sudah lelah berkeliling di kebun binatang Gembira Loka, para wisatawan bisa beristirahat di sebuah taman yang sejuk dengan beberapa fasilitas seperti jungkat jungkit, ayunan, serta roda putar.

Lokasi kebun binatang Gembira Loka ini berada di jalan Kebun Raya no 2, Yogyakarta. Jika Anda dari taman pintar tinggal berjalan ke arah timur sekitar 3 km. Kebun Binatang ini termasuk salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jogja.

7. De Mata Trick Eye 3D Museum

De Mata Trick Eye 3D Museum
De Mata Trick Eye 3D Museum (Foto : 1hal.com)

Ingin mengunjungi tempat wisata anak di Jogja yang asyik dan seru? Coba deh datang ke De Mata Trick Eye 3D Museum yang terletak di Basement Gedung Umar Kayam, di XT Square Jl. Veteran, Umbulharjo, Yogyakarta.

Sesuai dengan namanya, museum di Jogja yang terkenal ini adalah museum tiga dimensi. Jadi, di dalam museum ini, anak-anak bisa melihat-lihat ratusan gambar dan lukisan tipuan mata, yang sebagian besar tampak seakan-akan hendak keluar dari bingkai mereka.

Koleksi museum ini terbagi menjadi beberapa kategori, seperti binatang, super hero, sirkus, tokoh, olahraga, dan masih banyak lagi. Jadi, siapapun dapat berfoto dengan latar belakang gambar atau lukisan tipuan mata yang sesuai dengan minat mereka. Harga tiket masuk ke museum yang unik ini tidak mahal.

Saat ini, untuk masuk ke museum ini, kita hanya perlu membayar sebesar Rp. 25.000,- per orang. Tapi memang, kabarnya, harga tiket masuk ini masih harga sementara. Nantinya, mungkin akan ada perubahan harga.

Museum yang unik ini adalah tempat wisata anak di Jogja yang masih relatif baru, karena baru diresmikan pada akhir tahun 2013 lalu. Museum 3-dimensi ini adalah museum 3-dimensi yang pertama di DIY dan Jawa Tengah. Dan hebatnya, kabarnya museum ini adalah museum 3-dimensi terbesar di dunia, karena memiliki paling banyak koleksi.

Museum-museum serupa di negara-negara lain seperti Singapura, China, Jepang, Hongkong, dan Korea, rata-rata hanya memamerkan sekitar 70 buah gambar dan lukisan tipuan mata. Sedangkan De Mata Trick Eye Museum saat ini memamerkan 120 buah gambar dan lukisan 3-dimensi, dengan berbagai ukuran yang berbeda. Bahkan, ada yang ukurannya sangat besar, dengan panjang mencapai 5 meter.

8. Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala
Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Foto : jalanjogja.com)

Ingin mengajak anak Anda mengenal dunia penerbangan? Datang saja ke tempat wisata anak di Jogja yang satu ini, Museum Dirgantara. Museum ini bermarkas di kompleks pangkalan udara Adi Sutjipto, Yogyakarta. Tempat wisata anak di Jogja ini menyimpan sejumlah foto tokoh-tokoh sejarah serta diorama peristiwa sejarah.

Sejumlah pesawat tempur pada Perang Dunia ke II tersimpan di sini, seperti Pesawat PBY-5A (Catalina), Replika pesawat WEL-I RI-X, Pesawat A6M5 Zero Zen buatan Jepang, Pesawat pembom B 25 Mitchell, B 26 Invader, dan Helikopter 360 buatan AS.

9. Sekaten Di Alun-alun Utara

Tempat Wisata Malam Di Jogja Sekaten
Tempat Wisata Malam Di Jogja Sekaten (Foto : yogyakarta.panduanwisata.id)

Setiap menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, alun-alun utara menjadi salah satu pusat keriaan Jogja. Di sinilah salah satu tempat wisata anak di Jogja digelar setiap tahunnya, yaitu Sekaten. Anda bisa menemukan aneka wahana permainan yang seru dan murah meriah, seperti kora-kora, bianglala, ombak banyu, sampai rumah hantu.

Tersedia pula aneka jajanan serta toko-toko yang menjual pakaian bekas. Suasana makin riuh dengan diputarnya lagu-lagu dangdut di sejumlah wahana. Pas banget buat tempat wisata malam di Jogja bersama anak, keluarga, teman, atau pun pasangan Anda.

10. Balong Water Park (Balong Waterboom Jogja)

Balong Water Park
Balong Water Park (Foto : balongpark.com)

Nah, bagi Anda yang ingin mengajak anak bermain basah-basahan, cobain deh berkunjung ke Balong Water Park. Tempat wisata anak di Jogja yang satu ini menyuguhkan wahana permainan anak yang bertema air.

Disini tersedia wahana air khusus anak-anak. Di tengah kolam sedalam betis orang dewasa ini, terdapat papan luncur dan ember besar yang akan menumpahkan air di waktu-waktu tertentu.

Balong Waterpark nampaknya menjadi tempat wisata waterboom di Jogja yang wajib Anda kunjungi bersama anak-anak dan keluarga. Harga Tiket masuk Balong Waterpark yaitu Senin – Sabtu: Rp 15.000 Minggu dan hari libur: Rp 20.000. Harga bisa berubah sewaktu-waktu. Jam buka: Senin – Sabtu: 10.00 – 18.00 WIB sedangkan Minggu dan hari libur: 08.00 – 18.00 WIB.

Bagaimana traveler? Asyik dan seru bukan aneka wisata anak di Jogja? Yuk, buruan catet dan kunjungi tempat wisata di Jogja yang bagus dan menarik untuk anak Anda. Oya, bagi Anda yang punya info tentang tempat wisata anak di Jogja yang bagus dan menarik lainnya bisa berbagi lewat kolom komentar, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here