Home Wisata Asia 37 Tempat Wisata Hits Dan Terindah Di Bali Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

37 Tempat Wisata Hits Dan Terindah Di Bali Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

1262
0
SHARE

Tempat Wisata Di Bali – Sobat traveler, inilah rekomendasi tempat wisata hits dan terindah di Bali Terbaru yang wajib dikunjungi saat liburan. Lengkap dengan gambar / foto baru, dari mulai pantai pasir putih, air terjun cantik, rafting, spot foto, hotel / resort, hingga cafe asik untuk bersantai.

Siapa seh yang tak kenal Bali, hampir seluruh wisatawan mengenalnya. Pulau yang terkenal dengan julukan seribu pura ini selalu menjadi incaran turis mancanegara untuk menghabiskan waktu rekreasi di negara tropis. Nah, kira-kira apa saja ya destinasi wisata yang lagi ngehits di Bali akhir-akhir ini? Yuk, simak ulasan dari Mas Latip Travel berikut.

Daftar Tempat Wisata Hits Dan Terindah Di Bali Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

1. Munduk Moding Plantation Nature Resort & Spa

A post shared by Chris Rogers (@chrisrogersza) on

Kita awali review tempat rekreasi di Pulau Bali yang lagi hits dengan mengulas Munduk Moding Plantation Nature Resort & Spa. Berlokasi di Jalan Raya Asah Gobleg, Banjar, Kabupaten Buleleng, penginapan ini menyuguhkan sebuah pemandangan alam nan eksotis.

Sebuah kolam renang outdoor tanpa batas (baca : infinity pool) akan memanjakan Anda untuk berenang sambil menikmati keindahan kebun kopi, sawah, dan pegunungan. Menjelang sore, sunset cantik pun siap menyapa Anda di kolam ini.

Selain memiliki fasilitas lengkap ala hotel berbintang, keberadaannya juga tak jauh dari Danau Buyan, Danau Tamblingan, dan Air Terjun Munduk. Jadi, Anda bisa sekalian mengunjungi destinasi wisata alam Bali tersebut. Untuk harga sewa kamar per malamnya lumayan mahal, sekitar 2 jutaan lebih. Sebandinglah dengan kenyamanan yang akan didapatkan.

2. Bukit Guungan Candidasa

A post shared by setiawan (@setiawan_1420) on

Bukit Guungan Candidasa merupakan salah satu tempat wisata Bali bertema alam yang belum banyak diketahui orang. Dari atas bukit ini, Anda akan bisa menyaksikan keelokan perbukitan hijau dan hamparan laut biru nan eksotik.

Lokasi bukit yang lagi hits banget di instagram ini terletak di Jl. Raya Candidasa, Manggis, Kabupaten Karangasem, tak begitu jauh dari Pantai Candidasa. Waktu terbaik untuk datang ke sini saat pagi atau sore hari agar terhindar dari sengatan panas matahari. Harga tiket masuknya murah meriah banget, hanya 5 ribu rupiah.

3. Kebun Bunga Munduk

Pariwisata Desa Munduk nampaknya sedang naik daun di kalangan wisatawan. Terbukti dengan banyaknya foto-foto kece desa ini yang bertebaran di internet, khususnya media sosial instagram. Alam yang asri dan udara sejuk menjadi daya tarik utama Munduk. Tak kalah deh dengan kawasan Ubud yang begitu tersohor.

Nah, saat Anda mengunjungi Desa Munduk, jangan sampai melewatkan kebun Bunga Pecah Seribu yang ada di pinggir jalan menuju ke desa. Berfoto disini sangatlah instagramable lho! Tapi, hati-hati ya, jangan sampai merusak bunganya. Pasalnya, butuh perawatan rutin untuk menjada bunga ini agar bisa tumbuh subur.

Oya, secara administratif, Desa Munduk terletak di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Berada di ketinggian sekitar 900 mdpl, membuat udara di sini terasa sangat segar. Tanahnya pun subur, banyak pepohonan hijau tumbuh dengan baik. Tak heran, jika banyak yang menyebutnya sebagai Desa Di Atas Awan Bali.

4. Folk Pool & Gardens

Ada yang baru neh di kawasan wisata Ubud Bali, namanya Folk Pool & Gardens. Cafe favorit wisatawan luar negeri ini menyuguhkan sebuah kolam renang dan taman untuk bersantai. Kolam renangnya memanjang, di pinggirnya terdapat banyak gazebo dari kayu, lengkap dengan tirai dan tempat duduk empuk.

Bila tak ingin berenang, Anda bisa duduk santai di gazebo sambil menikmati aneka makanan dan minuman lezat. Siapkan saja budget yang banyak ya, karena untuk memasuki tempat nongkrong di Bali ini, Anda harus membayar sekitar 50 ribu rupiah. Untuk harga hidangan mulai dari 50 ribu rupiah. Alamatnya berada di Jl Monkey Forest, Ubud.

5. Zen Hideaway Swing, Ubud

A post shared by Conor McCann (@conormccann) on

Tak kalah keren dengan Sky Swing The Lodge Maribaya Bandung, Zen Hideway Swing bisa menjadi lokasi spot foto instagenic Anda di Pulau Bali. Ayunan ini berada di tepi sungai ayung, kedua talinya diikat pada 2 buah pohon kelapa.

Bisa dibilang, ayunannya cukup ekstrim karena di bawahnya berupa jurang dan aliran sungai Ayung. Jadi, Anda wajib berhati-hati saat berayun. Panorama pepohonan hijau khas Ubud yang berada di sekitarnya semakin menambah keelokan ayunan ini.

Apalagi saat matahari bersinar, gambar jepretan kamera yang dihasilkan akan semakin bagus. Zen Hideaway sendiri sebenarnya sebuah penginapan di daerah Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar. Sedangkan ayunan hanyalah sebagai fasilitas penunjang.

Zen Hideaway termasuk villa unik, karena konon kabarnya bangunannya terbuat dari kayu jati yang berusia 150 tahun. Untuk dapat merasakan sensasi bermalam di sini, Anda harus rela mengeluarkan uang sekitar 3 jutaan lebih per malamnya. Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya!

6. Bukit Campuhan

Siapa seh yang tak kenal dengan Bukit Campuhan? Hampir semua pasangan pengantin baru tentu mengenalnya. Ya, bukit ini merupakan salah satu tempat wisata romantis di Bali yang menjadi tujuan favorit wisatawan saat berbulan madu.

Bukit Campuhan memiliki sebuah trek memanjang rapi di bagian punggungnya. Anda bisa berjalan kaki menyusuri jalan ini sambil menikmati pemandangan alam berupa perbukitan hijau nan indah. Biasanya saat pagi atau pun sore, banyak warga hingga wisatawan yang jogging atau bersepeda di sini.

Karena panoramanya sangat fotogenik, maka bukit ini sering digunakan untuk tempat foto prewedding di Bali oleh para pasangan yang akan menikah. Lokasi bukit terletak di Jalan Bangkiang Sidem, Ubud, Kabupaten Gianyar. Untuk mendakinya, Anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

7. Hanging Garden

Ini dia hotel terbaik di Bali yang menjadi incaran wisatawan mancanegara, namanya Hanging Gardens Of Bali. Keistimewaan Hanging Garden berupa private infinity pool 2 tingkat berbentuk seperti terasering dengan view pemandangan alam berupa hutan hijau khas Ubud.

Kabarnya, kolam renang tersebut menjadi salah satu dari 10 kolam renang terbaik di dunia. Sambil berenang, Anda bisa menikmati suara alam dari mulai gemericiknya aliran sungai, kicauan burung dan bunyi serangga yang menenangkan jiwa.

Alamat lengkapnya berada di Banjar Susut, Desa Buahan, Payangan, Kabupaten Gianyar. Siapkan saja budget yang banyak ya bila ingin menikmati villa / kamar Hanging Garden. Harganya tentu saja akan terasa super mahal buat para backpacker. Tapi, harga tersebut akan sangat sebanding dengan pengalaman yang akan di dapatkan oleh para tamu.

8. Sawah Terasering Tegallalang dan Jatiluwih (Rice Terraces)

Selain Pura dan pantai pasir putih, Pulau Bali juga punya tempat bagus lain yang sangat terkenal hingga ke seluruh dunia. Namanya adalah Sawah Terasering. Keelokannya membuat kagum banyak turis luar negeri. Pantas rasanya bila destinasi yang akrab disebut “Rice Terraces” ini dijadikan ikon wisata Indonesia setelah Candi Borobudur dan Taman Nasional Komodo.

Ada dua lokasi yang bisa Anda kunjungi untuk melihat keindahan sawah terasering, yaitu Tegallalang dan Jatiluwih. Kedua area ini sama-sama menyuguhkan pemandangan sawah bertingkat seperti tangga yang penuh dengan padi dan pepohonan hijau. Sungguh sangat cantik!

Jika Anda hanya ingin sekedar foto, maka bisa datang ke Tegalalang. Tapi, jika Anda ingin berfoto sekaligus belajar tentang subak (sistem irigasi tradisional Bali) dan kearifan lokal (local wisdom), maka Jatiluwih lah yang harus Anda kunjungi. Kabarnya, subak Jatiluwih telah menjadi warisan budaya tak benda UNESCO.

9. Ubud Monkey Forest

Ubud Monkey Forest termasuk tempat wisata menarik di Bali yang sangat populer dikalangan wisatawan. Dari namanya tentu kita sudah bisa menebak, kalau di sini akan ada hewan monyet / kera sebagai daya tariknya. Ya, Monkey Forest memang merupakan sebuah hutan cagar alam yang menjadi habitat alami monyet.

Begitu memasukinya, Anda akan disambut oleh puluhan monyet ekor panjang yang secara keseluruhan berjumlah sekitar 240 ekor. Monyet yang ada di hutan ini tergolong liar (baca : tidak jinak), oleh karena itu Anda harus berhati-hati. Sebaiknya Anda tidak memakai perhiasan atau aksesoris yang mengundang kejailan hewan disini.

Untuk memasuki objek wisata yang juga dikenal dengan nama Mandala Wisata Wenara Wana ini, Anda harus menyiapkan uang tiket masuk sebesar 50 ribuan untuk orang dewasa. Sedangkan retribusi pengunjung anak-anak dibenderol dengan harga 40 ribu rupiah.

10. Kupu Kupu Barong Villas & Tree Spa

Kupu Kupu Barong Villas & Tree Spa menawarkan sebuah tempat bulan madu terindah di Bali yang sangat nyaman bagi pasangan pengantin baru. Pasalnya, suasana penginapannya begitu tenang dan sunyi, lengkap dengan view pemandangan alam persawahan khas Ubud serta aliran Sungai Ayung.

Fasilitas paling asik bagi para honeymooners di villa ini tentu saja La View Restaurant. Disinilah tempat dinner romantis di Bali yang paling bagus selain Pantai Jimbaran dan Swept Away Restaurant. Anda bisa merasakan makan malam dalam sebuah bangunan unik mirip sangkar burung. Suasana akan semakin syahdu dengan lampu / lilin yang menyala dikegelapan dan panorama hutan tropis.

11. Sea Breeze Warung Nusa Ceningan

Bingung mencari tempat wisata yang menyenangkan di Bali? Datang saja ke Nusa Ceningan, disini ada sebuah restoran bernama Sea Breeze dengan view pemandangan laut. Anda dapat menghabiskan liburan akhir pekan dengan duduk bersantai di beanbags atau hammock sambil ngemil makanan. Asyik bukan?

Duduk di ayunan juga bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke Sea Breeze Restaurant. Berayun dipinggir pantai dengan ditemani angin sepoi-sepoi dan debur ombak tentu akan membuat Anda semakin betah berlama-lama di tempat ini. Jam buka mulai Pukul 07.30 – 23.00 WITA.

12. Pantai Crystal Bay, Nusa Penida

Ada banyak sekali pantai bagus di Bali yang dapat Anda kunjungi saat liburan. Salah satu diantaranya adalah Crystal Bay Nusa Penida. Pantai ini berbentuk bulan sabit dengan diapit oleh 2 tebing karang. Hamparan pasir putihnya sungguh sangat bersih dan cantik, air lautnya berkilauan layaknya sebuah kristal.

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Crystal Bay sekitar bulan Agustus – September karena Anda akan dapat menjumpai ikan Mola-Mola yang sedang berjemur di perairan. Keberadaan ikan ini membuat pantai ini menjadi salah satu spot diving terbaik di Bali favorit wisatawan. Lokasi pantai ini terletak di Banjar Penida, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida.

13. Angel’s Billabong

Masih di kawasan Nusa Penida, ada satu tempat liburan di Bali yang lagi ngehits banget, namanya Angel’s Billabong. Destinasi ini berupa kolam alami layaknya infinity pool yang berada di tepi pantai karang. Airnya begitu jernih, bahkan dasar kolam pun dapat dilihat.

Bila ombak sedang tenang, Anda bisa berenang menceburkan diri ke dalam kolam. Dasar kolamnya cukup dalam dan terdiri dari pasir hingga karang yang lumayan kasar, jadi Anda wajib berhati-hati. Apalagi jika ombak besar datang, segeralah mengentaskan diri agar tidak terbawa arus kencang.

Lumut-lumut yang tumbuh pada batuan karangnya semakin menambah epic Angel’s Billabong. Gradasi airnya tampak cantik, pas banget buat latar berfoto nan instagramable. Menikmati kolam alami ini tak harus berenang di dalamnya, Anda cukup melihatnya dari pinggirannya saja sudah membuat betah.

14. Pantai Kelingking, Nusa Penida

A post shared by Jordan Hammond (@jordhammond) on

Pantai Kelingking adalah salah satu tempat wisata terindah di Nusa Penida Bali yang masih jarang dikunjungi. Keberadaannya cukup tersembunyi di bawah tebing berbentuk Tyrannosaurus Rex. Keindahannya sungguh akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Pantai Kelingking memiliki lebar sekitar 80 meter, pasir pantainya halus berwarna putih berpadu dengan birunya ombak. Saat surut, ikan pari manta pun dapat dilihat dari tepi pantai. Jalur menuju bibir pantai terbilang sulit, diperlukan waktu selama satu jam trekking menuruni tebing sepanjang 150 meter.

Mungkin karena medannya cukup terjal dan menantang, maka kebanyakan wisatawan hanya menikmati pantai ini dari atas tebing. Oya, pantai ini juga dikenal dengan nama Kelingking Secret Point. Lokasinya berada di Banjar Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

15. Pasih Uug (Broken Beach)

Terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Pasih Uug menyuguhkan fenomena alam yang unik. Mengapa? Pantai ini berbentuk seperti kolam raksasa melingkar dimana ditepinya dikelilingi tebing karang tinggi.

Nah, disalah satu tebing yang berbatasan langsung dengan lautan memiliki lubang sehingga membentuk sebuah jembatan. Mungkin karena karang berlubang inilah maka Pasih Uug sering juga dinamakan Broken Beach (Pantai Patah / Rusak). Kabarnya, warga setempat menyebutnya Pantai Karang Bolong atau Pantai Batu Bolong.

Jarang sekali wisatawan yang turun ke bibir pantai ini, karena sulit, tebingnya saja setinggi 50-200 meter. Biasanya para pengunjung sekedar menikmati deburan ombak yang datang melalui celah karang berlubang dari atas tepi tebing. Pantas rasanya bila Pasih Uug dimasukkan dalam datar desinasi wisata indah di Bali yang belum terjamah.

16. Pantai Atuh

Satu lagi objek wisata terindah di Bali yang jarang diketahui orang, namanya Pantai Atuh. Pasir pantainya berwarna putih bercampur dengan batuan karang kecil-kecil. Lokasinya cukup terpencil diantara tebing karang tinggi. Akses jalan menuju bibir pantai pun harus dilakukan dengan jalan kaki.

Sesampainya di Pantai Atuh, Anda akan disambut dengan suasana sepi layaknya berada di private beach (baca : pantai pribadi) sebuah pulau. Pasir putih, birunya air laut, dan tebing karang hijau yang berada di kana kirinya berpadu membentuk lukisan alam nan cantik. Alamat Pantai Atuh berada di Pejukutan, Nusapenida, Kabupaten Klungkung.

17. Pantai Suwehan

A post shared by Heri Andiyani (@heriand) on

Dari sekian banyak tempat wisata pantai tersembunyi di Bali, mungkin Pantai Suwehan lah yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Tak mengherankan jika suasana di sini begitu tenang dan sepi, pas banget buat menyendiri menghilangkan penat dari keramaian kota.

Pantai Sewehan memiliki garis pantai hanya sepanjang 400 meter-an, namun keindahannya sungguh bikin orang betah berlama-lama mengunjunginya. Pasir pantainya yang halus, bersih, dan berwarna putih menambah keeolokan pantai ini. Apalagi berpadu dengan ombak lautan biru yang tak begitu besar.

Ciri khas atau ikon Pantai Suwehan berupa sebuah batu karang berbentuk seperti segitiga menyerupai logo brand volcom. Batuan karang tersebut hanya ada satu dan terletak di perairan, tak jauh dari bibir pantai. Karena batu inilah banyak orang menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Volcom.

Bila Anda berkunjung ke Pantai Suwehan, wajib deh berfoto dengan latar batu volcom. Instagenic banget! Jika tertarik, datang saja ke alamat pantainya di Dusun Watas, Desa Tanglad, Nusapenida, Kabupaten Klungkung. Untuk harga tiket masuk sepertinya masih gratis, tapi tak menutup kemungkinan suatu saat akan dikenakan retribusi.

18. Banah Cliff Point Nusa Penida

A post shared by Ludmila (@milaglamur) on

Referensi tempat wisata kekinian berikutnya di Pulau Bali adalah Banah Cliff Point Nusa Penida. Buat para penggemar instagram mungkin sudah sering melihat foto-foto destinasi yang satu ini. Banah Cliff menyuguhkan sebuah batu kapur berlubang berbentuk setengah lingkaran dengan pepohonan hijau di atasnya.

Selain bentuknya unik, keberadaannya yang terletak di tengah-tengah lautan lepas menjadikan Banah Cliff semakin tampak eksotis. Tak heran, jika banyak wisatawan yang rela datang ke sini untuk berfoto dengan latar batuan kapur tersebut.

Untuk berfoto, Anda wajib berhati-hati karena untuk mendapatkan spot terbaik dengan latar Banah Cliff, Anda harus naik ke atas tebing pinggir laut. Ketinggian tebing tersebut sekitar 200 meteran dan tak ada pembatasnya. Panorama sunrise dan sunset Banah Cliff juga cantik banget lho!

19. Manta Point Nusa Penida

A post shared by Ryan Williams (@ryzphoto) on

Ingin seru-seruan di Pulau Bali? Cobain deh, diving bareng ikan Pari Manta, rasakan sensasi menegangkan berenang bersama ikan tersebut. Oya, kegiatan ini hanya untuk Anda yang sudah mahir menyelam di laut ya, buat Anda yang masih belajar diving mending snorkeling saja.

Untuk bertemu dengan ikan Pari Manta, Anda harus berkunjung ke spot diving Manta Point. Lokasinya terletak di sebelah barat daya Pulau Nusa Penida. Jaraknya lumayan jauh, dari Pelabuhan Sanur bisa ditempuh sekitar 60 menit perjalanan menggunakan kapal.

Pari Manta disini memiliki rentang sayap lumayan panjang, lebih dari 3 meter dan punya motif unik terdiri dari warna hitam, abu- abu, putih di bagian bawah sehingga mudah dalam mengidentifikasinya. Selain Manta, Anda juga berkesempatan untuk melihat tuna, mackerel, dan pelagics. Keren bukan?

20. Temple Point

A post shared by derrick. (@derricklcski) on

Tak dapat dipungkiri, Nusa Penida merupakan salah satu tempat diving terbaik di Indonesia. Ada banyak spot bagus dan unik untuk menyelam menyaksikan terumbu karang hingga aneka jenis ikan laut. Nah, dari sejumlah lokasi diving tersebut, ternyata ada satu yang menyajikan panorama berupa Patung Budha. Namanya Temple Point.

Di sini, Anda akan menyaksikan pemandangan bawah laut yang tak biasa. Bukan cantiknya anemon atau pun ikan badut, melainkan sebuah Candi Budha lengkap dengan stupa dan patung. Epik banget kan? Sangat cocok untuk tempat hunting foto anti mainstream.

21. Rumah Pohon Batu Molenteng Nusa Penida

A post shared by Hειεɴ (@ellchintya) on

Saat ini, destinasi yang berupa rumah pohon dengan pemandangan alam indah nampaknya sedang booming dikalangan traveler muda. Berawal dari viralnya ikon wisata Jogja yang bernama rumah pohon Kalibiru, daerah lain pun tak mau kalah ikut menyajikan objek serupa. Tak kecuali Pulau Dewata Bali, ada Rumah Pohon Batu Molenteng.

Dari atas rumah pohon ini, Anda akan bisa melihat hamparan laut biru dan Pantai Atuh yang berada di bawah tebing. Bangunannya sederhana, tapi sangat fotogenik buat selfie atau narsis. Oya, menurut info yang saya terima, Anda juga bisa lho menginap disini, biaya sewanya sekitar 300 ribu per malam.

Bagaimana sobat traveler? Berani menginap di ketinggian? Kalau saya seh cukup selfie saja sudah cukup menyenangkan. Alamat Rumah Pohon Batu Molenteng terletak di daerah Banjar Pelilit, Desa Tanglad, Nusa Penida. Rumah ini sering juga di sebut sebagai Pulau Seribu.

22. Bukit Teletubbies Nusa Penida

Menjelajahi Nusa Penida seakan tak ada habisnya. Bukan hanya pantai dan lautnya yang menarik untuk dikunjungi, perbukitannya juga tampak indah. Salah satunya adalah Bukit Teletubbies Banjar Anta, Desa Tanglad, Kecamatan Nusa Penida.

Bukit ini terdiri atas gundukan-gundukan tanah dimana diatasnya tumbuh rerumputan hijau dengan subur. Bentuknya mirip bukit yang ada di film serial anak-anak berjudul Teletubbies. Oleh karena itu lah, perbukitan ini dinamakan Bukit Teletubbies. Cantiknya kebangetan gaes!

23. Pantai Mushroom, Nusa Lembongan

Selain Nusa Penida, ada satu lagi pulai kecil di Bali yang juga menjadi incaran wisatawan saat liburan, yaitu Nusa Lembongan. Meskipun tak seluas Nusa Penida, Lembongan tetap memiliki sejumlah destinasi indah untuk Anda explore (baca : jelajahi). Diantaranya adalah Pantai Mushroom.

Meskipun namanya Mushroom, tapi disini tak ada jamur lho, adanya pasir putih, ombak, dan birunya laut. Lokasinya cukup tersembunyi dibalik perumahan warga. Di sepanjang pinggir pantai, banyak ditemukan penginapan hingga cafe.

Selain menikmati keindahan dan menyusuri pasir pantainya, alternatif lain yang bisa dilakukan di sini adalah bermain kano, banana boat, hingga berenang. Menyaksikan kapal-kapal yang sesekali lewat lalu lalang pun bisa menjadi pilihan sambil duduk-duduk santai. Kebetulan banyak pohon rindang di sekitar pantai, jadi lumayan sejuk udaranya.

24. Pantai Mimpi (Dream Beach)

A post shared by S T I N A (@travelwithstina) on

Satu lagi pantai terindah di Nusa Lembongan Bali yang tak boleh Anda lewatkan, namanya Pantai Mimpi (Dream Beach). Anda dapat menikmati kecantikan pantai ini melalui bibir pantainya atau pun dari ketinggian tebing.

Pasir pantainya halus dan bersih, tapi ombaknya lumayan besar. Tidak disarankan untuk berenang, ombaknya lebih tepat untuk berselancar (surfing). Dari atas tebing, keindahannya tampak semakin mempesona. Jajaran cottage hingga panorama pasir pantai hingga gulungan ombak bisa Anda saksikan.

25. Pulau Menjangan

A post shared by cuplis (@hermanto32217) on

Kira-kira dimana ya tempat wisata terbagus di Bali? Jawabannya tentu saja beragam sesuai selera, tapi jika Anda pernah ke Pulau Menjangan, mungkin akan memasukkan pulau ini ke dalam list liburan terbaik Anda. Mengapa? Pasalnya keindahan Pulau Menjangan sungguh tiada duanya, Amazing!

Pulau yang masuk dalam wilayah Taman Nasional Bali Barat ini memiliki pantai pasir putih dan alam bawah laut nan indah. Keasriannya benar-benar masih terjaga, seperti di belahan bumi yang belum terjamah. Aktivitas favorit disini berupa snorkeling dan diving mengingat keanekaragaman biota laut disini sangat bagus.

Selain itu, Anda juga bisa melihat hewan menjangan (sejenis rusa) secara langsung, bird watching, kayaking, dan treking. Pulau ini tak berpenghuni, jadi Anda tak akan menemukan penginapan, restoran, toko, dan lainnya. Kebutuhan akomodasi biasanya tersedia di pulau sekitar seperti Pemuteran dan Taman Nasional Bali Barat.

26. Tanjung Benoa Watersport

A post shared by Arie Synthezer (@ariesynthezer) on

Ingin mengajak anak dan anggota keluarga liburan seru di Bali? Datang saja ke Tanjung Benoa Watersport, Anda akan dimanjakan dengan berbagai wahana permainan asyik yang menyenangkan. Dari mulai Banana Boat, Rolling Donut, Parasailing, Jetski, hingga Flying Board.

Tak hanya di atas air, tersedia juga aktivitas bawah air seperti Snorkeling, Scuba Diving, dan Sea Walker. Setelah puas bermain wahana, Anda bisa melanjutkan ke Pulau Penyu untuk melihat penangkaran hewan yang dilindungi ini, sekaligus sebagai sarana edukasi. Siapkan budget yang banyak ya, mengingat harga wahana disini lumayan mahal.

27. Tari Kecak Di Pura Uluwatu

A post shared by Gokz (@gokzee) on

Bali tak hanya dikenal dengan alam dan pantai indahnya, namun pulau ini juga memiliki sejumlah warisan budaya yang menarik untuk disaksikan. Salah satunya adalah Tari Kecak. Tempat yang sangat terkenal untuk menyaksikan tarian ini tentu saja Pura Uluwatu.

Disini, Anda akan mendapatkan pengalaman special melihat Tari Kecak berpadu dengan alam sekitar. Saat senja tiba, Anda bisa menikmati tarian dengan ditemani sunset cantik khas Bali. Keren bukan? Pertunjukkan ini juga bisa digunakan sebagai sarana pendidikan mengenalkan budaya daerah Bali kepada anak-anak.

Pura Uluwatu sendiri termasuk objek wisata unggulan di Bali Selatan selain Garuda Wismu Kencana, Pantai Dreamland, Pantai Pandawa, dan Tanjung Benoa Water Sports. Harga tiket masuk pertunjukan Tari Kecak Uluwatu lumayan mahal, yaitu 100 ribu untuk dewasa dan 50 ribu bagi anak-anak usia 2 – 9 tahun.

28. Sea Circus Bali

A post shared by LISA HOMSY (@lisahomsy) on

Selama ini, cafe-cefe unik biasanya identik dengan Pariwisata Bandung Jawa Barat. Padahal, Pulau Bali juga punya sederet kafe atau pun tempat nongkrong kekinian. Gak percaya? Datang saja ke Sea Circus di Jl. Kayu Aya No.22, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung.

Daya tarik cafe hits di Bali ini berupa interior bangunannya yang di design seolah-olah sedang berada di dalam area sirkus. Banyak orang sekedar mampir dan berfoto pada bagian depan cafe karena lukisan dindingnya sangat instagramable. Untuk menu andalan di sini berupa kopi seperti cafe pada umumnya, tapi ada juga menu berat seperti steak, ayam panggang, omelet dan lainnya.

29. Soul On The Beach, Sanur

A post shared by Elwyn Sansius (@elwynsans) on

Sebagai surganya pantai pasir putih, Pulau Bali menyuguhkan beragam Beach Club yang asik untuk bersantai menikmati keindahan deburan ombak. Nah, buat Anda yang kebetulan sedang liburan di daerah sanur, bisa mampir ke Soul On The Beach di Jl. Pantai Sindu, Sanur, Denpasar Selatan., Kota Denpasar.

Menu makanan yang tersedia di sini lumayan bervariasi dari indonesia maupun western. Selain bisa menikmati pantai sambil makan, Anda bisa juga berfoto dengan latar lukisan mural unik. Jam buka mulai pukul 08.00 – 23.00 WITA setiap hari.

30. The Potato Head Beach Club, Seminyak

A post shared by Pierre Iacolare (@i.pierre) on

Terletak di Jl. Petitenget No.51B, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Potato Head Beach Club menyuguhkan suasana berbeda bila dibandingkan dengan beach club pada umumnya. Arsitektur bangunannya konon dibuat oleh seniman terkenal Indonesia Eko Nugroho. Bisa dibayangkan bagaimana kerennya?

Dekorasi daun jendela menjadi sajian utama yang mengelilingi ruangan Potato Head Beach Club. Ada 2 buah resto untuk makan, yaitu area indonesia dan area internasional. Area outdoor beach club ini lumayan luas berupa lapangan rumput dan kolam renang yang langsung menghadap ke pantai.

Paling asyik tentu saja menunggu datangnya sunset sambil duduk-duduk santai dan ngemil. Ketika masuk ke sini, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi seperti larangan membawa makanan dari luar. Mengingat pengunjungnya selalu ramai, maka sebaiknya Anda melakukan reservasi (baca : memesan tempat) terlebih dahulu.

31. Sundays Beach Club

Sundays Beach Club merupakan destinasi liburan di Bali yang sudah sangat populer dikalangan wisatawan mancanegara. Lokasinya berada di Jalan Pantai Selatan Gau, Banjar Wijaya Kusuma, Ungasan, Kuta Selatan.

Disini, terdapat sebuah pantai private yang sangat indah dengan hamparan pasir putih halus dan bersih berpadu dengan deburan ombak biru. Dulu, tempat ini bernama Finn’s Beach Club, namun setelah Finn’s pindah ke Canggu, berubah menjadi Sundays Beach Club.

Tidak seperti Pantai Kuta yang sangat ramai, di sini Anda akan menemukan situasi yang lebih tenang. Hal ini tentu saja karena untuk memasuki beach club ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar 300 ribu per orang. Tiket bisa ditukarkan dengan minuman dan minuman.

Aktivitas yang bisa dilakukan disini antara lain bersantai ditepi pantai, berenang atau bermain air, snorkeling, dan watersport seperti kayaking serta paddle board. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WITA. Sundays Beach Club juga bisa disewa untuk pesta pernikahan.

32. Pantai Padang-Padang

Pantai Padang-Padang terletak di Jalan Labuan Sait, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini juga terkenal dengan sebutan Pantai Labuan Sait. Perpaduan pasir putih dengan air laut bergradasi Pantai Padang-Padang membuat siapa pun akan betah berlama-lama di sini.

Ombak lautnya terbilang ganas, bisa mencapai tinggi 5 meteran sehingga sangat cocok untuk surfing. Untuk mencapai bibir pantai, Anda harus menuruni puluhan tangga. Harap berhati-hati karena tangganya hanya cukup untuk satu orang saja. Harga tiket masuk ke Pantai Padang Padang terbilang murah meriah, 5 ribu rupiah per orang.

33. Danau Beratan dan Pura Ulun Danu, Bedugul

A post shared by Jordan Hammond (@jordhammond) on

Danau Beratan berlokasi di Jalan Raya Candi Kuning – Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Dari puluhan objek wisata bagus di Bali, mungkin danau inilah yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Keberadaannya di ketinggian sekitar 1300 mdpl membuat udara sekitar danau terasa sejuk, apalagi banyak pepohonan rindang. Kadang kala, terdapat kabut pekat menyelimuti danau. Nah, agar Anda bisa menyaksikan keindahan Danau Beratan, datanglah saat cuaca cerah sekitar pukul 09.00 WITA pagi hari.

Gak asik banget kan, kalau sudah jauh-jauh datang ternyata danaunya tertutup kabut. Di tengah danau, terdapat sebuah pura bernama Ulun Danu. Gambar / Foto pura inilah yang sering berseliweran di media sosial atau internet.

Jadi, jika Anda datang ke Danau Beratan, wajib deh berfoto dengan latar Pura Ulun Danu. Instagenic banget! Selain berfoto, Anda juga naik speed boat untuk berkeliling danau. Harga tiket masuk dibanderol sebesar 20 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 15 ribu rupiah bagi anak-anak.

34. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali. Dengan ketinggian mencapai 100 meter, jatuhan airnya tampak begitu cantik mempesona. Tak heran, jika Sekumpul masuk dalam daftar air terjun indah di Bali yang wajib dikunjungi.

Kabarnya, ada sekitar 7 air terjun, namun hanya 2 air terjun yang letaknya di pinggir jalan sedangkan sisanya butuh tenaga ekstra untuk menggapainya. Menikmati aliran air terjun menjadi aktivitas utama disini, sambil berfoto dengan latar aliran airnya yang berpadu dengan pepohonan hijau. Siapkan saja uang sekitar 20 ribu bila akan mengunjungi air terjun ini untuk antisipasi tiket masuk.

35. Air Terjun Aling-Aling

Selain Sekumpul, masih ada puluhan air terjun lain di Bali yang menyuguhkan keindahan alam. Salah satu diantaranya adalah Air Terjun Aling-Aling. Lokasainya terletak di Jl. Raya Desa Sambangan, Sambangan, Sukasada, Kabupaten Buleleng.

Air Terjun Aling-Aling mempunyai ketinggian sekitar 35 meter dan terbagi menjadi 2 aliran. Satu aliran memiliki debit yang deras, sedangkan satunya lagi punya debit lebih kecil. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam / cekungan dengan kedalaman mencapai 4 meter. Bila ingin berenang atau berendam, wajib hati-hati karena cukup dalam.

Untuk memasuki air terjun ini nampaknya belum ada tari resmi, masih bayar sukarela. Namun, tak menutup kemungkinan suatu hari akan dikenakan retribusi. Ada juga yang bilang harga tiket masuknya 5 ribu rupiah. Setelah puas berfoto-foto dan menikmati Air Terjun Aling-Aling, Anda dapat menjelajahi air terjun lain di sekitarnya seperti Air Terjun Pucuk, Kembar, Cemara, Canging, Dedari dan Kroya.

36. Gunung Batur

A post shared by Longny Marcello (@nie.marcello) on

Selain pantai dan air terjun, Pulau Bali juga memiliki gunung yang cantik, misalnya saja Gunung Batur. View dari atas puncaknya sungguh sangat eksotis. Anda juga bisa menemukan sunrise yang tak kalah indah dengan Gunung Prau, Dieng, Wonosobo. Hamparan awan putih akan menyambut kedatangan Anda saat sampai puncak.

Gunung Batur terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali Utara. Gunung berapi ini masih aktif dengan ketinggian mencapai 1.717 m. Trek pendakian Gunung Batur termasuk mudah dan bersahabat bagi pendaki pemula. Hanya butuh waktu sekitar 2 – 3 jam untuk mencapai puncaknya.

Bila ingin menjumpai sunrise, maka Anda harus mendaki saat dini hari sebelum jam 3 pagi. Saat pukul 06.00 WITA, matahari akan mulai menampakkan wajahnya selepas bangun dari peraduan. Anda wajib menggunakan pemandu (guide) demi keselamatan. Harga sewanya sekitar 340 ribu untuk 4 orang pendaki.

37. Pantai Green Bowl

Pantai Green Bowl berada di bawah area hotel Bali Cliff, Jalan Raya Bali Cliff, Kuta Selatan, Badung, Bali. Untuk mencapai bibir pantainya, Anda harus melewati sekitar 328 anak tangga. Banyak banget bukan tangganya? Tapi tak usah kuatir, rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan keindahan pantai ini.

Pasir pantainya berwarna putih bersih berpadu cantik dengan air laut jernih. Yang bikin nyaman tentu saja suasana sepi, jadi Anda dapat bebas mengeksplore setiap sudut tanpa terganggu orang berlalu lalang. Aktivitas favorit yang biasanya dilakukan di hidden beach ini adalah surfing, gulungan ombaknya sangat bagus.

Green Bowl disematkan sebagai nama pantai ini karena konon kabarnya saat air laut surut, akan tampak cekungan berbentuk mangkuk berwarna hijau dari karang-karang yang ada di sekitarnya. Harga tiket masuknya lumayan murah meriah sekitar 5 ribu rupiah per orang.

Demikianlah sekilas info tentang peta wisata Bali terbaru yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Bila sobat traveler punya pengalaman atau mengetahui destinasi menarik lainnya bisa menambahkan melalui kolom komentar agar referensinya semakin lengkap. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here