Home Wisata Asia 10 Tempat Wisata Di Bandung Selatan Yang Menarik Dan Terkenal

10 Tempat Wisata Di Bandung Selatan Yang Menarik Dan Terkenal

2527
0
SHARE

Info wisata kali ini akan mengulas tentang aneka tempat wisata di Bandung selatan yang menarik dan terkenal. Daerah Bandung Selatan merupakan salah satu tujuan wisata yang cukup lengkap untuk tempat liburan keluarga, khususnya bagi Anda yang menginginkan wisata alam.

Sebagai kawasan wisata, Bandung dan sekitarnya selalu menawarkan objek wisata terbaru yang menarik untuk dikunjungi. Gambaran sekilas peta wisata di Kota Kembang ini meliputi wilayah kota, Bandung selatan, utara, barat, dan timur. Setiap kawasan wisata di Bandung memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

Nah, bagi Anda yang sudah sering mengunjungi kawasan kota Bandung dan lembang, ada baiknya sesekali melihat pesona keindahan alam Bandung Selatan yang tak kalah eksotis. Dilansir dari berbagai sumber, ini dia daftar tempat wisata di Bandung Selatan yang wajib dikunjungi.

Daftar Tempat Wisata Di Bandung Selatan Yang Menarik Dan Terkenal

1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey Bandung
Kawah Putih Ciwidey Bandung (Foto : kawahputihciwidey.com)

Kawah putih Ciwidey atau sering disebut Kawah Putih Bandung terletak di desa Sugih, Kecamatan Pasir Jambu. Kawah Putih merupakan sebuah danau kawah dari gunung Patuha degan ketinggian 2.434 meter diatas permukaan laut. Kawah ini merupakan salah satu kawah dengan keasaman belerang tertinggi yang ada di dunia.

Keunikan objek wisata di Bandung Selatan ini adalah warna kawahnya yang berwarna putih bisa berubah sesuai dengan kadar belerang yang ada di dalam air kawah, dari putih, kehijauan sampai dengan coklat.

Warna kawah juga kadang mempengaruhi warna tebing batu yang ada di depannya karena pengaruh refraksi cahaya, warna-warna ini sangat indah untuk diabadikan dalam sebuah foto. Udara disini sangat dingin bahkan bisa mencapai 0- 2 derajat celcius di musim-musim tertentu.

Memasuki kawasan kawah putih Anda akan menuruni beberapa anak tangga menuju kawah, perlu diperhatikan bahwa kadar belerang di kawah ini cukup tinggi sehingga terkadang cukup membuat anda merasa tidak nyaman saat bernafas, sebaiknya bawalah menutup hidung (masker) / syal atau saputangan, atau Anda bisa membeli alat penutup hudung yang banyak dijajakan oleh pedagang asongan.

Lokasi Dan Alamat : Jl. Raya Soreang, Ciwidey, Bandung
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 18.000,- per orang (WNI), Rp. 50.000,- per orang (WNA)

2. Situ Patenggang (Situ Patengan)

Danau Situ Patenggang
Danau Situ Patenggang (Foto : pariwisata4indonesia.wordpress.com)

Situ Patenggang merupakan danau alam yang terletak di perkebunan teh Ranca Bali. Tempat wisata di Bandung Selatan yang satu ini memiliki udara sejuk dan segar, sangat jauh dari polusi.

Mengunjungi Situ Petenggang atau Situ Patengan sebaiknya di pagi hari sampai dengan siang hari, karena sore hari biasanya kabut sudah turun dan itu merupakan hal yang sangat berbahaya ketika Anda akan pulang.

Anda bisa menikmati keindahan panorama alam yang ada di sekeliling danau dengan menggunakan speed boat, perahu dayung warna-warni, sepeda air, dan genjot bebek yang disewakan di sekitar area danau. Dan jangan lupa untuk melihat batu cinta yang ada di tengah danau.

Di sekitar kawasan Situ Patenggang, juga terdapat jajaran kios pedagang yang menyediakan jajanan khas ciwidey seperti strawbery dan juga terdapat berbagai macam fasilitas lainnya seperti area parkir, mushola, MCK dan rumah makan.

Lokasi Dan Alamat : Jalan Raya Ciwidey – Desa Patengan, Rancabali, Bandung
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 18.000,- (Week Day), Rp. 20.500 (Week End)

3. Situ Cileunca

Situ Cileunca
Situ Cileunca (Foto : thetravelapartment.com)

Situ Cileunca merupakan danau yang ada di daerah Pangalengan. Danau ini merupakan danau buatan yang dikelilingi bukit-bukit dan berlatar belakang pegunungan. Selain sebagai tempat wisata Bandung Selatan yang menarik dan menantang, Situ Cileunca juga digunakan sebagai sumber air bagi pembangkit listrik.

Air dari danau dialirkan melalui sungai Palayangan lalu digunakan sebagai arena berarung jeram/rafting. Di sungai Palayangan Anda bisa bermain arung jeram atau rafting yang pastinya bisa membuat adrenalin Anda meningkat.

Lokasi Dan Alamat : Situ Cileunca berada di Desa Warnasari, Pangalengan, Kabupaten Bandung
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 2.500,- per orang

4. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Penangkaran Rusa di Bumi Perkemahan Ranca Upas
Penangkaran Rusa di Bumi Perkemahan Ranca Upas (Foto : terasnusantara.co.id)

Berada pada daerah berketinggian 1.700 meter dpl, Ranca Upas memiliki udara yang sangat sejuk dan menjadi dingin di saat malam. Inilah salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat cocok untuk berkemah serta melakukan banyak kegiatan outdoor yang menyenangkan.

Di sana terdapat pula konservasi penangkaran Rusa Jawa. Anda dapat berinteraksi langsung dengan kawanan rusa yang hidup bebas di alam terbuka dan memberi makan rusa-rusa itu. Ranca Upas termasuk salah satu tempat wisata di Bandung Selatan yang menarik dan cukup terkenal.

Lokasi Dan Alamat : Jl. Raya Ciwidey – Patenggang KM 11 Rancabali, Ciwidey, Bandung
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,- per orang

5. Air Panas Ciwalini

Air Panas Ciwalini (Foto : wikimapia.org)
Air Panas Ciwalini (Foto : wikimapia.org)

Bersumber dari air panas Gunung Patuha, Anda dapat menikmati sensasi berendam di kolam air air Ciwalini dengan efek yang menyehatkan bagi tubuh. Anda akan mendapati betapa jernihnya air panas yang ada di sana serta tidak akan mencium aroma belerang apapun.

Tersedia dua kolam pemandian air panas, yaitu kolam pemandian untuk dewasa dan untuk anak-anak. Jika Anda menginginkan privasi, tersedia pula tempat mandi air panas di lokasi ini dengan kondisi yang tertutup. Eksistensi salah satu tempat wisata di Bandung ini telah dikenal sejak lama di kalangan wisatawan.

Lokasi Dan Alamat : Kawasan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000,- per orang

Baca Juga : 30 Tempat Wisata Kuliner Di Bandung Yang Enak Dan Murah

6. Kolam Renang Air Panas Cimanggu

Air-Panas-Cimanggu
Kolam Renang Air Panas Cimanggu (Foto : easytourbandung.com)

Daerah Ciwidey sangat kaya dengan sumber air panas alami. Salah satunya dimanfaatkan oleh perum perhutani sebagai kolam renang Cimanggu. Kolam Cimanggu memiliki fasilitas parkir yang luas, tempat bermain anak-anak, dll. Ingin membuat badan Anda bisa menjadi lebih segar? Datang saja ke Cimanggu. Disana Anda bisa berendam mulai dari air hangat hingga air yang panas.

Lokasi Dan Alamat : JL Raya Rancabali Ciwidey
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 16.000,- (weekday) dan Rp. 23.500,- (weekend)

7. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali
Perkebunan Teh Rancabali (Foto : travel.detik.com)

Di Rancabali, Anda dapat menikmati panorama alam khas perkebunan teh yang berbukit dan berkelok-kelok dengan hamparan teh yang tertata rapi. Pesonanya semakin kental dengan perbukitan hijau yang mengelilingi perkebunan teh ini.

Wisata Bandung Selatan ini mampu memberikan Anda pengalaman wisata yang unik dan berkesan dengan lanskap hijau dedaunan teh laksana permadani alam yang menawan. Hawa segar pegunungan dan latar berfoto yang menawan adalah daya tarik objek wisata di Rancabali.

Lokasi Dan Alamat : JL. Rancabali, Ciwidey
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk :

8. Perkebunan Teh Gambung

Perkebunan Teh Gambung
Perkebunan Teh Gambung (Foto : yogiesbr.wordpress.com)

Perkebunan Teh Gambung masih dalam lingkungan tempat wisata di Bandung Selatan. Di sini selain sebagai sebuah agroindustri yang dikelola untuk memenuhi industri, Perkebunan Teh Gambung juga dikelola untuk dijadikan tujuan agrowisata yang alami. Salah satunya adalah dengan adanya wisata Ngebekong.

Kata Ngabekong adalah istilah dari bahasa Sunda yang artinya menyimpan tanaman-tanaman muda sebelum ditanamkan ke ladang. Yang menyusun atraksi wisata semacam ini adalah Rumah Pintar Satoe dan Pusat Penelitian Teh serta Kina Gambung (Teh Research Institute for Tea and Cinchona) yang akan mengajak anak-anak untuk menelusuri bagaimana prosesi bercocok tanam teh secara khusus dan lebih mendetail.

Dengan program ini anak-anak akan dikenalkan bagaimana sayuran yang biasa mereka konsumsi dapat tumbuh dan berkembang. Yaitu dari proses benih, penanaman di ladang dan kebun sayuran, dipetik atau pemanenan sampai pada simulasi jual-beli antara seorang petani ke pembeli. Pas banget sebagai salah satu tempat wisata anak di Bandung.

Lokasi Dan Alamat : Pasir Jambu, Gambung, Bandung Selatan, Jawa Barat
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk :

9. Kebun Strawbery Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey
Kebun Strawberry Ciwidey (Foto : tempatwisatadibandung.info)

Buah strawberry merupakan produk agrowisata unggulan yang ada di Bandung Selatan, khususnya Ciwidey. Disana Anda bisa menemukan banyak sekali kebun strawberry yang biasanya Anda bisa melihat atau bahkan langsung memetik strawberry sendiri. Pastinya menjadi kesenangan tersendiri ketika Anda bisa memetik sendiri buah strawberry.

Alamat kebun strawberry ciwidey mudah di jangkau. Apabila anda menuju ke arah Kawah Putih atau Perkebunan Teh Rancabali, sepanjang jalan terdapat beberapa kebun yang menawarkan agrowisata petik strawberry ini. Beberapa tempat yang dapat Anda temui antara lain perkebunan Strawberry sekitar Situ Patenggang, perkebunan teh sekitar Kawah Putih, kebun strawberry sekitar Rancabali, kebun strawberry sekitar Pasir Jambu.

Lokasi Dan Alamat : Jalan Raya Ciwidey
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Gratis (Anda hanya mengganti harga strawberry yang Anda petik)

10. Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang
Pemandian Air Panas Cibolang (Foto : berduakelilingindonesia.com)

Tempat wisata di Bandung selatan yang satu ini merupakan sebuah wana wisata pemandian air panas alam yang terletak di dalam hutan rimba berbatasan dengan kebun teh. Terletak di kaki gunung Wayang pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, dengan suhu berkisar 18 derajat celcius. Sangat cocok untuk wisata keluarga dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti arena outbound dan waterboom mini.

Biasanya kegiatan wisata harian yang dilakukan di objek wisata Cibolang ini yakni piknik, mandi air panas, “ngagogo”, memancing, tracking ke Kawah Burung, atau bahkan berenang. Suasananya yang tenang dan nuansanya sangat nyaman merupakan daya tarik utama objek wisata yang digemari pengunjung segala usia ini.

Lokasi Dan Alamat : Desa Wayang Windu, Kecamatan Pangalengan, Kab Bandung.
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,- per orang

Asyik dan menarik bukan aneka wisata di Bandung Selatan? Tak hanya kawasan Bandung Utara atau Lembang yang punya pemandangan alam nan eksotis, daerah Bandung sebelah selatan pun tak kalah eksotisnya. Nah, bagi sobat traveler yang sudah berkunjung ke berbagai tempat wisata di Bandung selatan yang menarik dan terkenal, jangan lupa share kesan dan pengalaman Anda melalui kolom komentar ya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here