Home » Wisata Asia » 15 Tempat Wisata Di Bandung Yang Murah Dan Menarik

15 Tempat Wisata Di Bandung Yang Murah Dan Menarik

Liburan ke Bandung ternyata tidak harus mahal lho, ada banyak tempat wisata di Bandung yang murah dan menarik untuk dikunjungi. Tak dapat dipungkiri bahwa tempat menarik dan murah meriah tentu menjadi incaran para traveler saat liburan ke kota Bandung.

Sebenarnya apa seh yang menjadikan Bandung menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan? Ingin tahu? Salah satunya adalah karena Kota Kembang ini memiliki suhu udara yang dingin dan objek wisata yang relatif lengkap serta menarik. Mulai dari pesona alamnya yang indah, sampai sajian kulinernya yang enak serta wahana hiburan keluarga ada semua disini.

Selain itu, akomodasi dan transportasi juga sangat mendukung. Hotel di Bandung banyak yang dibangun di lokasi strategis, termasuk juga pusat kota memiliki banyak variasi dan pilihan tempat. Jadi, tak heran jika Bandung menjadi tujuan wisata setiap akhir pekan bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Nah, bagi Anda yang akan berencana liburan ke Bandung, Mas Latip Travel telah menyiapkan daftar objek wisata di bandung yang murah dan menarik untuk Anda kunjungi. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak aneka wisata Bandung murah berikut.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Bandung Yang Murah, Menarik, Dan Bagus

1. De Ranch Bandung

De’Ranch Bandung

De’Ranch Bandung (Foto : annisarangkuti.wordpress.com)

De Ranch termasuk salah satu tempat wisata di Bandung murah meriah karena tiket masuknya hanya sebesar Rp. 5.000,-. Tempat menarik di Bandung yang sangat digemari anak-anak serta banyak keluarga ini menghadirkan kegembiraan berkuda ala cowboy dalam suatu kawasan yang sungguh alami.

Pengunjung yang datang ke De Ranch Lembang akan diberikan kostum sebagaimana laiknya seorang cowboy pekerja. Anda bisa mengitari lokasi De’Ranch dengan menunggang kuda dengan ditemani oleh pemandu kuda yang berpengalaman.

Beberapa kegiatan wisata yang populer di sana, misalnya menunggang kuda, naik delman, fun boat, panahan, gold hunter, dan lain sebagainya. Tersedia beragam paket serta bermacam-macam pilihan kegiatan yang dapat Anda tentukan. Walaupun tiket masuknya murah, Anda tetap harus menyediakan uang tambahan karena untuk mencoba setiap permainan disini harus bayar tiket lagi.

Lokasi Dan Alamat : Jl. Maribaya No. 17, Lembang, Bandung Barat
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,- per orang

2. Maribaya Bandung

Air Terjun Maribaya Bandung

Air Terjun Maribaya Bandung (Foto : initempatwisata.com)

Tempat wisata di bandung yang murah dan menarik berikutnya adalah Maribaya Bandung. Maribaya menyuguhkan Anda pengalaman wisata alam yang menyegarkan. Dengan ikon air terjun Maribaya (Curug Maribaya) yang berketinggian 25 meter, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang mempesona dalam balutan udara segar yang menyehatkan.

Tempat wisata alam Bandung yang satu ini telah terkenal sejak dulu akan keindahan air terjunnya, kolam pemandian air panas, panorama alam, serta sajian kuliner lokal yang nikmat. Anda hanya cukup merogoh kocek sebesar 8.000 Rupiah bagi setiap pengunjung.

Apabia Anda ingin mandi di pemandian air panas maka Anda harus membayar biaya tersendiri sebesar 5.500 Rupiah untuk orang dewasa, dan 2.500 Rupiah bagi anak-anak. Lokasi wisata Maribaya Bandung dibuka mulai pukul 8 pagi sampai dengan 4 sore.

Lokasi Dan Alamat : Jalan Maribaya, Lembang, Bandung Barat
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 8.000,- per orang

3. Floating Market Lembang

Floating-Market-Bandung

Floating Market Lembang Bandung (Foto : peholidays.com.my)

Floating Market Lembang termasuk salah satu tempat wisata yang menarik di Bandung dan murah. Tiket masuknya sebesar Rp. 15.000,-/orang. Anda dapat menikmati keindahan alam sekaligus kuliner dengan suguhan menu bercitarasa tinggi di kawasan wisata Bandung yang satu ini.

Kesemuanya dibalut dalam konsep pasar terapung yang unik dan menarik. Floating Market dilengkapi dengan fasilitas dan wahana modern yang menarik, secara spesifik menghadirkan 3 tema utama, yaitu area bermain, belajar, dan kuliner. Inilah sebab mengapa tempat wisata kuliner di Bandung ini selalu ramai dengan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Lokasi Dan Alamat : Jl. Grand Hotel No. 33 E, Bandung Barat
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp.15.000/Pax

4. Jendela Alam

Jendela Alam Bandung

Jendela Alam Bandung (Foto : anekatempatwisata.com)

Jendela Alam adalah pusat arena belajar dan rekreasi untuk anak-anak dan dewasa dengan paduan sentuhan alam yang indah dan udara daerah Lembang yang sejuk. Tempat wisata di Bandung yang menarik ini sangat cocok sebagai tempat liburan keluarga untuk lebih mengenal alam.

Di Jendela Alam, selain berwisata anak-anak juga dapat ikut melakukan kegiatan pertanian mulai dari pembibitan, memetik wortel & strawberry, dan belajar tehnik hidroponik. Selain kegiatan pertanian, ada juga kegiatan peternakan,seperti belajar memerah susu dari sapi, menunggang kuda poni, memberi makan ternak kelinci, ayam, bebek dan kambing.

Yang unik, ada juga pilihan bagi anak-anak untuk belajar tentang daur ulang air limbah melalui cara-cara penjernihan air dan pemanfataan air hujan. Fasilitas ini dijamin tidak akan ditemukan di tempat wisata lainnya.

Jendela Alam termasuk salah satu tempat wisata murah di Bandung untuk anak dengan tiket masuk sebesar 10.000 rupiah saat weekday dan 15.000 rupiah saat weekend. Untuk menikmati aneka wahana hiburan disini Anda harus bayar tiket masuk lagi sekitar 15.000 – 35.000 tergantung wahana yang dipilih.

Lokasi Dan Alamat : JL. Sersan Bajuri KM 4, 5, Komplek Graha Puspa, Lembang
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000 (weekday) & Rp.15.000 (weekend)

5. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha (Foto : en.wikipedia.org)

Observatorium Bosscha adalah sebuah tempat pengamatan bintang yang berlokasi di Lembang, kurang lebih sekitar 15 KM di utara kota Bandung. Apabila dahulu Anda pernah menonton film “Petualangan Sherina” maka Anda akan merasa familiar dengan tempat ini, karena Observatorium Bosscha merupakan salah satu lokasi pengambilan gambar film tersebut.

Apabila Anda ingin berkunjung ke Observatorium Bosscha, Anda harus mendaftar terlebih dahulu, tidak bisa langsung datang dan masuk begitu saja. Observatorium Bosscha termasuk tempat wisata di bandung yang murah dan menarik. Tiket masuknya hanya 15.000 rupiah per orang untuk kunjungan siang, sedangkan untuk kunjungan malam sebesar 20.000 rupiah per orang.

Lokasi Dan Alamat : Teropong Bintang, Lembang
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000,- s/d Rp. 20.000,-

Baca Juga : 35 Tempat Makan Di Bandung Yang Enak Dan Murah Meriah

6. Tebing Keraton

Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton Bandung (Foto : blog.reservasi.com)

Keindahan alam di pagi hari saat kabut tipis beranjak pergi di atas pucuk pinus merupakan lukisan alam yang fenomenal tiada tara. Objek wisata indah di Bandung yang murah dan menarik ini terletak di Dago Atas Bandung, dan masuk wilayah Taman Hutan Raya (Tahura). Tebing Keraton atau yang biasa disebut Tebing Instagram akan memberikan sensasi romantisme pagi hari kala mentari menyapa di ufuk timur.

Lokasi Dan Alamat : Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 11.000,- per orang

7. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung (Foto : bandung.bisnis.com)

Kebun Binatang Bandung yang berlokasi dekat dengan ITB mungkin bukan pilihan utama bagi wisatawan Jakarta karena di Jakarta pun terdapat kebun binatang, namun apabila anda memiliki anak kecil tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke Kebun Binatang Bandung karena biasanya anak-anak sangat suka melihat hewan.

Selain berfungsi sebagai wisata di Bandung yang murah, kebun binatang ini juga berfungsi sebagai tempat menambah pengetahuan tentang hewan. Harga tiket masuk Kebun Binatang Bandung tidaklah mahal, hanya 20.000-25.000 Rupiah per orang.

Lokasi Dan Alamat : Jl. Kebun Binatang No. 6 Bandung
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 20.000,- s/d Rp. 26.000,-

8. Situ Patenggang (Situ Patengan)

Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang (Foto : pariwisata4indonesia.wordpress.com)

Tempat wisata di Bandung yang murah dan menarik ini juga menyuguhkan Anda panorama alam yang eksotis. Sejauh mata memandang horizon di depan, terlihat hamparan kebun teh hijau laksana sebuah karpet alam yang terbentang indah. Hembusana udara sejuk khas pegunungan dengan siraman hangatnya matahari turut menambah pesona Situ Patenggang.

Ada banyak kegiatan populer yang dapat dilakukan di Situ Patenggang, mulai dari bersepeda air, mengelilingi danau dengan perahu angsa, memancing, mengunjungi Batu Cinta, berkeliling Pulau Asmara, berjalan keliling kebun teh, atau sekedar berpiknik di pinggiran danau. Tiket masuk Situ Patenggang adalah sebesar Rp. 18.000,- (weekday), sedangkan untuk weekend sebesar 20.500,- per orang.

Lokasi Dan Alamat : Jalan Raya Ciwidey – Desa Patengan, Rancabali, Bandung
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 18.000,- (Week Day), Rp. 20.500 (Week End)

9. Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Ciwidey Bandung (Foto : kawahputihciwidey.com)

Terletak di Ciwidey, sekitar 50 KM dari pusat kota, Kawah Putih Ciwidey adalah salah satu tempat wisata di Bandung Selatan yang menarik untuk dikunjungi terutama di kalangan pecinta wisata alam. Kawah Putih Ciwidey, sesuai dengan namanya adalah sebuah kawah vulkanik dengan tanah yang bewarna putih. Warna putih ini karena terdapat kandungan belerang pada tanahnya. Keunikan utama dari kawah putih adalah airnya yang selalu berubah warna.

Lokasi Dan Alamat : Jl. Raya Soreang, Ciwidey, Bandung
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 18.000,- per orang (WNI), Rp. 50.000,- per orang (WNA)

10. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu (Foto : novajourney.wordpress.com)

Berada sekitar 20 KM di utara kota Bandung, Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung berapi yang terletak di Lembang. Keunikan dari Gunung Tangkuban Perahu adalah bentuknya yang menyerupai sebuah perahu terbalik, sesuai dengan legenda yang mengatakan bahwa Gunung Tangkuban Perahu berasal dari perahu yang ditendang hingga terbalik oleh Sangkuriang. Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah tempat wisata alam di Bandung yang murah dan paling terkenal.

Lokasi Dan Alamat : Jl. Raya Tangkuban Parahu No. 147 Lembang Bandung Utara
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 20.000,- (WNI), Rp. 200.000,- (WNA)

Baca Juga : 15 Tempat Wisata Di Bandung Dan Sekitarnya Anti Mainstream

11. Dusun Bambu

Dusun Bambu Bandung

Dusun Bambu Bandung (Foto : indonesia.tripcanvas.co)

Selain Floating Market dengan keunikan pasar terapungnya, ada satu lagi tempat wisata di Lembang yang menarik Anda kunjungi, yakni Dusun Bambu Lembang dengan keunikan nuansa eksotis pedesaan yang sungguh natural.

Dusun Bambu Lembang terletak tepat di kaki Gunung Burangrang Lembang. Kawasan wisata ini memiliki sejumlah fasilitas wisata alam yang sangat baik dan menarik, di antaranya adalah villa, restoran, serta Pasar Khatulistiwa.

Aneka aktivitas menyenangkan dapat Anda lakukan di sini, misalnya bersepeda santai sembari menikmati sejuknya udara dari lereng pegunungan Lembang. Tak hanya bersepeda, Anda juga dapat berkemah bersama teman dan keluarga, serta melakukan berbagai kegiatan outdoor menarik lainnya di tempat wisata Bandung yang satu ini.

Meskipun pengelolaan Dusun Bambu Lembang mengadopsi tema back to nature dengan menonjolkan ragam keindahan alam yang natural, tetapi fasilitas wisata yang modern seperti villa, restoran, dan cafe tersedia dengan baik. Restoran di sana menyajikan Anda dengan sajian makanan khas Lembang, juga makanan-makanan tradisional dari luar daerah.

Selain itu, tersedia pula menu-menu makanan khas luar negeri, seperti pizza, spaghetti, steak, hot dog, dan lainnya. Adapun restoran dan cafe yang terdapat di kawasan wisata Dusun Bambu Lembang tersebut, di antaranya adalah Burangrang Restaurant & Cafe, Purbasari Restaurant, dan Rumah Makan Lutung Kasarung.

Ada satu keunikan jika Anda singgah ke Rumah Makan Lutung Kasarung, yakni desain café yang sangat unik dengan konsep seperti bergelantungan di pepohonan. Lain halnya dengan Purbasari Restaurant, di sini Anda dapat menikmati sajian tradisional khas Sunda dengan konsep lesehan yang dilengkapi beberapa gazebo dari bambu di tepian danau.

Lokasi Dan Alamat : Jl. Kolonel Masturi Km. 11, Situ Lembang, Bandung
Peta Lokasi : klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp 15.000,- per orang

12. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater (Foto : initempatwisata.com)

Pemandian Air Panas Ciater adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang murah dan menarik bagi wisatawan karena selain berfungsi sebagai sarana rekreasi, Air Panas Ciater juga mempunyai pengaruh kesehatan bagi Anda.

Terletak sekitar 30 KM di utara kota Bandung, sumber Air Panas Ciater berasal dari sebuah kawah aktif di Gunung Tangkuban Perahu. Berendam di air belerang Ciater sangat cocok bagi Anda yang ingin beristirahat sejenak.

Lokasi Dan Alamat : Jl. Sersan Sodik, Sukasari, Ciater, Kabupaten Subang
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000,- dan kolam Rp.20.000,- s/d Rp. 80.000,-

13. Air Panas Ciwalini

Air Panas Ciwalini

Air Panas Ciwalini (Foto : wikimapia.org)

Bersumber dari air panas Gunung Patuha, Anda dapat menikmati sensasi berendam di kolam air air Ciwalini dengan efek yang menyehatkan bagi tubuh. Anda akan mendapati betapa jernihnya air panas yang ada di sana serta tidak akan mencium aroma belerang apapun.

Tersedia dua kolam pemandian air panas, yaitu kolam pemandian untuk dewasa dan untuk anak-anak. Jika Anda menginginkan privasi, tersedia pula tempat mandi air panas di lokasi ini dengan kondisi yang tertutup. Eksistensi salah satu tempat wisata di Bandung yang murah dan menarik ini telah dikenal sejak lama di kalangan wisatawan.

Lokasi Dan Alamat : Kawasan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000,- per orang

14. Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung

Salah satu koleksi Museum Geologi Bandung (Foto : liautama.com)

Satu lagi tempat wisata di Bandung yang murah dan menarik, yaitu Museum Geologi Bandung. Objek wisata ini adalah sebuah museum yang berlokasi di Jalan Diponegoro, dekat dengan Gedung Sate. Seperti selayaknya sebuah museum, Museum Geologi Bandung adalah sumber ilmu yang cocok untuk anak-anak.

Selain sebagai sumber ilmu, Museum Geologi Bandung juga sangat menyenangkan bagi anak-anak karena di sini mereka dapat melihat fosil dinosaurus. Untuk masuk ke Museum Geologi Bandung Anda tidak perlu membayar mahal.

Lokasi Dan Alamat : Jl. Diponegoro No.57, Bandung
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 3.000,- per orang

15. Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Strawberry Ciwidey (Foto : tempatwisatadibandung.info)

Kebun Strawberry Ciwidey adalah tempat di mana Anda dapat melihat dan berjalan-jalan di kebun strawberry. Selain itu Anda juga dapat memetik buah strawberry sendiri. Strawberry yang telah Anda petik itu kemudian akan ditimbang dan Anda harus membayar sesuai dengan berat strawberry yang telah Anda petik. Saran saya datanglah pada musim kemarau karena kualitas strawberry lebih bagus dari pada saat musim hujan.

Alamat kebun strawberry ciwidey mudah di jangkau. Apabila anda menuju ke arah Kawah Putih atau Perkebunan Teh Rancabali, sepanjang jalan terdapat beberapa kebun yang menawarkan agrowisata petik strawberry ini. Beberapa tempat yang dapat Anda temui antara lain perkebunan Strawberry sekitar Situ Patenggang, perkebunan teh sekitar Kawah Putih, kebun strawberry sekitar Rancabali, kebun strawberry sekitar Pasir Jambu.

Lokasi Dan Alamat : Jalan Raya Ciwidey
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Gratis (Anda hanya mengganti harga strawberry yang Anda petik)

Bagaimana sobat traveler? Gak harus mahal bukan liburan di Bandung? Masih banyak kok tempat rekreasi di kota Kembang yang terjangkau ketika budget menipis. Oya, bagi Anda yang punya info tempat wisata di Bandung yang murah dan menarik lainnya bisa share lewat kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>