Home Wisata Asia 47 Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Batu Malang Yang Wajib Dikunjungi

47 Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Batu Malang Yang Wajib Dikunjungi

522
0
SHARE

Tempat Wisata Di Malang – Mau liburan ke Kota Batu dan Malang? Ini rekomendasi tempat wisata terindah dan hits di Batu Malang yang wajib dikunjungi lengkap dengan foto / gambar terbaru. Mulai dari keindahan alam, taman bermain, museum, pantai, air terjun, hingga kuliner enak ada semua di sini.

Perlu diketahui bahwa info tempat wisata bagus kali ini meliputi area Malang Raya, yaitu Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Ketiga daerah tersebut letaknya berdekatan dan memiliki keindahan alam yang sangat mengagumkan. Gak percaya? Simak ulasan saya berikut ini!

Daftar Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Batu Malang Yang Wajib Dikunjungi

1. Batu Flower Garden Coban Rais

Saat ini, kawasan Malang dan sekitarnya menjadi andalan pariwisata Jawa Timur. Hal ini tentu saja tak lepas dari banyaknya destinasi wisata indah, salah satunya adalah Batu Flower Garden Coban Rais. Lokasinya terletak di Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Daya tarik utama tempat wisata bagus ini berupa wahana selfie kekinian mulai dari skybike, ayunan, gardu pandang, hingga taman bunga. Tak kalah kece bila dibandingkan dengan The Lodge Maribaya Lembang Bandung. Udara sejuk dan panorama perbukitan hijau nan indah semakin membuat wisatawan betah berlama-lama disini.

Destinasi ini juga sering terkenal dengan nama Bukit Bulu Batu Flower Garden. Harga tiket masuknya dibanderol sebesar 7.500 rupiah. Murah meriah banget bukan? Hanya saja bila membawa kamera DSLR sendiri harus bayar lagi 15 ribu rupiah dan sepertinya setiap wahana juga ada tarifnya masing-masing. Akses jalan menuju lokasi untuk sementara hanya bisa untuk roda 2, bahkan harus trekking jalan kaki.

2. Goa Pinus

Seiring dengan pesatnya penggunaan instagram sebagai wadah berbagi foto anak muda “jaman now”, maka mulailah bermunculan destinasi baru yang menyajikan beragam spot foto keren. Misalnya saja Goa Pinus di Gg. Mbah Ba’i, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Sesuai namanya, di sini terdapat sebuah goa dengan dikelilingi oleh hutan pinus. Tapi, bukan goanya yang ngehits, melainkan spot berfoto kekinian yang berada di kawasan ini. Beberapa objek instagramable yang tersedia antara lain Rumah Papua, Joglo Kayu, Gardu Pandang berbentuk kapal, Gerbang Goa Pinus, dan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi.

Yang paling unik tentu saja Replika Rumah Papua dengan atap berpola bulatan dari bahan mirip ilalang atau daun tebu. Rumah-rumah kecil tersebut berdiri di sepanjang pinggiran tebing hutan pinus. Harga tiket masuk ke tiap spot foto dibanderol sekitar 5 ribu rupiah.

3. Coban Kedung

A post shared by Juwita Primadona (@juwitaprmdn) on

Bila dilihat secara geografis, sebagian wilayah Malang berupa dataran tinggi. Tak ayal, Kabupaten ini pun kaya akan coban atau air terjun yang eksotis. Oleh karena itu, belum lengkap rasanya liburan di sini tanpa meng-explore sejumlah air terjunnya.

Ada satu coban baru yang layak dimasukkan dalam daftar air terjun terindah di Malang, namanya Coban Kedung. Dengan ketinggian mencapai 20 meter dan lebar 25 meter, aliran airnya tampak begitu mempesona. Jatuhan air terjun ini merambat melalui dinding batuan sehingga tampak seperti tirai putih dan jernih.

Di bagian bawahnya terdapat sebuah kolam yang cukup luas, tapi sangat dalam. Jadi, Anda harus ekstra hati-hati bila ingin berenang di kolam tersebut. Lingkungan sekitarnya masih sangat alami, banyak tumbuhan hijau sehingga udara terasa sejuk dan segar.

Coban Kedung terletak di Desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Untuk menuju lokasi, Anda harus banyak bertanya kepada warga sekitar. Mengingat air terjun ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar, jadi belum ada tiket masuk resminya alias masih gratis. Anda hanya cukup membayar parkir kendaraan sekitar 3 ribu rupiah.

4. Pantai Sendiki

A post shared by Dessi Dama Sari (@dessidama) on

Bukan hanya cobannya saja yang indah, kawasan Malang sebelah selatan juga punya deretan pantai cantik untuk dikunjungi. Sebut saja Pantai Sendiki di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, hamparan pasir putihnya sungguh sangat eksotik berpadu dengan birunya laut.

Suasana pantai ini masih alami dan sepi sehingga layak dijadikan rekomendasi untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Hutan yang penuh pepohonan hijau di sekelilingnya membuat udara di sini tak terlalu panas. Ombaknya termasuk besar, jadi tidak cocok untuk berenang.

Berjalan atau duduk santai di tepian pantai sambil memandangi lautan biru menjadi aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan. Ada juga spot ayunan yang cukup instagramable untuk dijadikan latar berfoto. Atau bila Anda membawa hammock, bisa mengikatkannya diantara 2 pohon di sekitar pantai ini.

Pantai Sendiki termasuk pantai yang cocok untuk camping di Malang karena memiliki hamparan pasir lumayan luas. Bila ingin bermalam disini, Anda akan dikenakan tarif sebesar 20 ribu rupiah dan sewa tenda sekitar 75 ribu rupiah. Agar lebih murah, Anda sebaiknya membawa tenda sendiri dari rumah. Untuk harga tiket masuk reguler sebesar 5 ribu rupiah.

5. Peternakan Kuda Megastar

Selama ini, tempat bermain kuda ala koboi identik dengan De Ranch yang berada di kawasan wisata Lembang Bandung. Mulai saat ini, Anda gak harus jauh-jauh ke sana bila ingin naik kuda. Datang saja ke Peternakan Kuda Megastar, selain bisa asyik berkuda, ada juga kebun bunga matahari yang kece banget buat narsis.

A post shared by @inha_atun on

Alamat tempat wisata yang lagi hits ini terletak di Jalibar Dusun, Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Jawa Timur. Ada berbagai jenis kuda di sini, mulai dari kuda lokal hingga kuda dari benua Australia, Eropa, dan Amerika. Harga tiket masuknya dibanderol 25 ribu rupiah. Bila Anda ingin naik kuda sambil berkeliling menikmati pemandangan indah dan udara sejuk, harga sewanya sekitar 50 ribu rupiah per orang selama 30 menitan.

6. Underwater Telagasari

Ingin mengunjungi tempat liburan anti mainstream di Malang? Cobain deh, seru-seruan sambil berfoto di Underwater Telagasari. Airnya jernih dan menyegarkan banget, gak kalah bagus dengan Umbul Ponggok Klaten, Jawa Tengah. Tersedia juga properti seperti TV yang bisa dijadikan latar berfoto dimana Anda seolah-olah sedang nonton tayangan televisi di dalam air.

Alamat lengkap objek wisata air ini terletak di Desa Sentul, Krajan, tepatnya di balakang RSJ Radjiman Wediodiningrat, Lawang, Malang. Harga tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah per orang. Fasilitas yang tersedia antara lain berupa kamar ganti, warung penjual makanan minuman, dan penyewaan ban karet.

7. Taman Rekreasi Selecta

Inilah tempat wisata terbagus di Kota Batu yang sangat legendaris, namanya Taman Rekreasi Selecta. Meskipun banyak bermunculan destinasi baru, Selecta tetap ramai dikunjungi wisatawan dan menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan anak-anak.

Daya tarik utama taman ini berupa kolam renang, taman bunga, wahana permainan, patung hewan raksasa dan pasar oleh-oleh yang menyediakan makanan khas Malang seperti kripik apel, kripik nangka, buah apel, hingga tanaman hias. Lokasinya yang berada di ketinggian 1.150 mdpl membuat udara di sini terasa sejuk menyegarkan.

Buat yang mau romantis-romantisan atau prewedding, bisa berkunjung ke taman bunga Selecta. Berfoto dengan latar bunga berwarna-warni yang sedang mekar sungguh sangat instagenic. Alamat Taman Rekreasi Selecta terletak di Jl. Raya Selecta No. 1, Bumiaji, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Harga tiket masuknya sekitar 25 ribu per orang.

8. Coban Rondo Dan Taman Labirin

A post shared by Al Taufiq (@al.taufiq) on

Nama Coban Rondo tentu sudah tak asing lagi ditelinga para traveler yang sering jalan-jalan ke Kota Batu dan Malang. Pasalnya, air terjun eksotik ini selalu ramai dikunjungi saat libur panjang maupun akhir pekan. Hampir setiap jasa travel selalu memasukkan Coban Rondo ke dalam list tournya.

Coban Rondo memiliki ketinggian sekitar 84 meter, sehingga percikan airnya saat jatuh ke bawah akan bisa Anda rasakan saat berdiri di sekitarnya. Udaranya sejuk dengan dikelilingi oleh pepohonan hijau. Banyak juga penjual jagung bakar dan makanan di sini sebagai alternatif pilihan bila perut lapar.

A post shared by Aryo (@aryo_edan) on

Nah, saat ini ada objek wisata baru di sekitar Coban Rondo, namanya Taman Labirin. Sesuai dengan namanya, taman ini berupa lorong-lorong dengan dibatasi tumbuhan pagar hijau. Bermain petak umpet atau pun berfoto mungkin menjadi kegiatan asyik di sini. Tapi, kebanyakan seh pada narsis, karena memang instagramable banget.

Coban Rondo terletak di Jl. Coban Rondo, Pandesari, Kecamatan Pujon, perbatasan antara Kota Batu dan Kabupaten Malang. Harga tiket masuk ke sini sebesar 15 ribu rupiah, sedangkan untuk memasuki Taman Labirin, tarifnya 10 ribu rupiah. Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya!

9. Sumber Sirah

Malang terkenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan sumber mata air alami, diantaranya adalah Sumber Sirah. Kolam alami sedalam 1,5 meter ini memiliki air jernih nan menyegarkan. Dasarnya berupa pasir dengan ditumbuhi gangang hijau.

Berenang dan snorkeling sambil menikmati keindahan ganggang hijau menjadi aktivitas utama di sini. Tapi, mengingat dasarnya berupa pasir dan tidak begitu dalam, maka sebaiknya tidak terlalu ramai. Hal ini agar pasir di dasar kolam tidak berhamburan membuat air menjadi kotor.

Objek wisata alam ini termasuk murah meriah, harga tiket masuknya hanya 3 ribu rupiah. Lingkungan sekitarnya tampak asri, banyak pepohonan hijau tumbuh subur. Alamat lengkap Sumber Sirah berada di Desa Sumberjaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

10. Omah Kayu

A post shared by Iqbal Hawe (@iqbalhawe) on

Bingung mencari tempat wisata untuk prewedding di Malang yang bagus dan epik? Cobain deh datang ke Omah Kayu. Destinasi ini sangat fotogenik, tak heran jika menjadi incaran traveler muda untuk berfoto dan mengunggahnya dalam akun instagram mereka.

Omah Kayu merupakan sebuah rumah penginapan yang berada di atas pohon (baca : rumah pohon). Tak hanya satu, ada sekitar 5 unit yang tersedia. Dari rumah ini, Anda akan bisa menyaksikan pemandangan indah Kota Malang saat malam hari.

Berada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl, membuat suasana Omah Kayu terasa sejuk apalagi disekeliingnya terdapat pepohonan hijau. Bila ingin menginap, Anda harus mengeluarkan budget sekitar 250 – 350 ribu per malamnya. Tapi, jika hanya ingin melihat dan berfoto saja, cukup membayar 5 ribu rupiah.

Jka sedang digunakan untuk bermalam tamu, unit rumah pohon tidak boleh disinggahi wisatawan. Jadi, Anda harus tanya dulu kapan unit rumahnya kosong agar bisa mengunjunginya. Alamat Omah Kayu terletak di Kawasan Take Off Paralayang Taman Wisata Gunung Banyak, tepatnya di Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

11. Teluk Bidadari

Kalau Bali punya Angel’s Billabong, maka Malang punya Teluk Bidadari. Kedua destinasi ini menyuguhkan sebuah kolam renang alami pinggir laut nan eksotis. Keunikan Teluk Bidadari terletak pada airnya yang jernih dan hanya bisa dinikmati saat air laut surut, pasalnya ketika pasang tiba maka kolam ini akan tertutup air laut.

Kolam yang berupa cekungan batu karang ini terletak di Pantai Mbehi, Bandungrejo, Bantur, Malang. Para traveler biasanya berenang dan berfoto-foto dengan latar kejernihan air teluk ini. Warna air yang tampak hijau kebiru-biruan semakin menambah kecantikan Teluk Bidadari.

12. Kampung Warna Warni Jodipan

A post shared by TheGuhWe (@theguhwe) on

Tak terlalu susah mencari tempat wisata yang murah dan gratis di Malang. Anda bisa datang ke Kampung Warna Warni Jodipan. Sesuai dengan namanya, begitu Anda memasuki area kampung, maka akan tampak bangunan bercat warna warni seperti pelangi.

Kampung Wisata ini terletak di tepi Sunga Brantas, tepatnya Gang 1, Jodipan, Blimbing, Kesatrian, Kota Malang, Jawa Timur. Warna dan pola pewarnaan yang menarik membuat banyak wisatawan ingin mampir dan berfoto di sini.

Saat ini, ada juga spot baru berupa jembatan kaca yang mengubungkan Kampung Warna Warni dengan Kampung Tridi. Desain jembatan dibuat mirip dengan Jembatan Kaca di Kota Zhangjiajie, China. Harga tiket masuk ke kampung ini dibanderol sekitar 2 ribu rupiah. Uang tersebut digunakan untuk perawatan, kebersihan, hingga inovasi gambar.

13. Cafe Sawah, Desa Wisata Pujon Kidul

Apa yang akan Anda pikirkan bila mendengar kata “sawah”? Tentu akan terbayang hanya ada hamparan padi dan panas terik matahari bukan? Bayangan Anda tersebut akan sirna begitu mengunjungi Cafe Sawah di Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Area persawahan organik ini di sulap menjadi sebuah tempat makan dan bersantai dengan tetap menyuguhkan panorama indah persawahan hijau yang penuh dengan padi. Anda bisa menikmati hidangan dan bercengkerama bersama keluaraga atau sahabat dalam gazebo sambil menikmati semilirnya angin sawah.

Bukan hanya itu, di sini juga terdapat taman bunga yang instagramable untuk dijadikan spot foto kekinian anak muda “jaman now”. Harga makanan dan minuman tentu saja relatif murah terjangkau. Untuk memasuki tempat wisata terbarui yang lagi ngehits ini tak dipungut biaya alias gratis, paling hanya bayar parkir kendaraan saja.

14. Goa Coban Perawan

A post shared by Ayu Martik (@ayumartik) on

Kalau Pariwisata Yogyakarta punya Goa Pindul, maka Malang Raya ada Goa Coban Perawan. Objek wisata alam tersembunyi ini memiliki stalaktit stalakmit berbentuk unik dan di dalamnya terdapat sebuah aliran air atau sungai. Panjang goa ini diperkirakan mencapai 200 meter.

Untuk memasuki Goa Coban Perawan, Anda harus membayar terlebih dahulu tiket masuknya yang lumayan mahal sekitar 100 ribu. Harga tersebut sudah termasuk peralatan caving seperti helm pengaman, pelampung, headlamp, pemandu, dan kelapa muda segar.

Mengingat kondisi yang masih sangat alami dan belum terjamah, Anda harus ekstra hati-hati ketika menyusurinya. Akses jalan yang terjal dan penuh bebatuan akan Anda temui selama perjalanan mengeksplore goa. Alamat lengkap dan lokasi Goa Coban Perawan berada di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

15. Malang Night Paradise

A post shared by Ms. Salampessy (@ms.salampessy) on

Malang Night Paradise menjadi tempat rekreasi baru di Malang yang semakin populer dikalangan wisatawan. Di sini, pengunjung akan dimanjakan dengan Taman Dinosaurus dan Taman Lampion yang sangat indah. Sangat pas sebagai alternatif wisata malam bersama keluarga, anak-anak, atau pun sahabat.

Ada berbagai bentuk lampion unik yang bisa dinikmati pengunjung, dari tema kartun, bunga, jamur raksasa, serta jenis lainnya. Ada juga terowongan penuh lampu dan diakhir perjalanan ada sajian kuliner enak dengan harga terjangkau.

Lokasi Malang Night Paradise terletak di Jl. Graha Kencana Raya No.66, Balearjosari, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Jam buka mulai setiap hari pukul 18.00 – 23.00 WIB. Harga tiket masuk sekitar 25 ribu rupiah dan 35 ribu rupiah ketika weekend.

16. Pantai Kedung Celeng

Ada banyak pantai indah di Malang yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi libur akhir pekan. Salah satunya adalah Pantai Kedung Celeng. Hamparan pasir putih berpadu dengan birunya air laut menjadi daya tarik utama pantai ini. Ombaknya termasuk sedang, tak terlalu besar, mungkin karena banyak batuan karang di sini.

Suasan sepi dan alami akan bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Pantai Kedung Celeng. Hal ini tentu saja karena belum banyak wisatawan yang datang sehingga Anda bisa leluasa bebas menyusuri setiap sudut pantai. Lokasi Pantai Kedung Celeng terletak di Jalan Raya Banjarejo, Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuk sekitar 3 ribu rupiah dan parkir 5 ribu rupiah.

17. Coban Jodo

A post shared by rul_bahrul_ (@bahrul_clevo) on

Selain dianugerahi aneka pantai cantik, Malang juga kaya akan coban atau curug alami yang begitu eksotik. Bahkan, beberapa diantaranya layak dimasukkan dalam daftar air terjun terindah di Jawa Timur. Nah, dari sekian air terjun di sini, ada satu yang tersembunyi jarang diketahui orang, namanya Coban Jodo.

Coban Jodo tampak begitu tinggi dan gagah dengan aliran air yang deras. Di sekililingnya tumbuh tanaman hijau sehingga tampak asri alami. Untuk mencapai lokasi, Anda harus treking jalan kaki sejauh kurang lebih 1,2 km dari pemukiman penduduk. Harus ekstra hati-hati karena akses jalan terjal dan curam.

Rasa lelah akan terbayarkan setela sampai di area coban. Sejuk, segar, dan indahnya lingkungan sekitar akan membuat Anda betah berlama-lama di sini. Harga tiket masuk sekaligus parkir sekitar 10 ribu rupiah per orang. Alamat Coban Jodo berada di Bendolawang, Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

18. Coban Srengenge / Coban Sumberwangi

A post shared by Banyu Kali (@fahmifards) on

Coban Srengenge atau Coban Sumberwangi terletak di Dusun Sumberwangi, Desa Tirtomarto, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Coban yang jarang diketahui orang ini mempunyai fenomena unik berupa pelangi. Anda bisa menyaksikan pelangi dengan sangat jelas saat pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Coban ini memiliki 3 tingkatan, namun untuk mendapatkan foto ketiga tinggat tersebut, Anda sepertinya harus menggunakan drone. Tinkat kedua memiliki air terjun yang lebar dan aliran air yang deras. Pemandangan di sekitar coban masih sangat alami ditumbuhi pepohonan hijau nan subur. Harga tiket masuk dibanderol sekitar 5 – 10 ribu rupiah.

19. Coban Ciblungan

Satu lagi coban indah di Malang yang masih jarang dikunjungi wisatawan, namanya Coban Ciblungan. Aliran airnya tampak begitu fotogenik, ada satu aliran utama lalu dibawahnya muncul beberapa aliran air. Kalau dilihat sepintas mirip air terjun Tumpak Sewu Lumajang dan Sumber Pitu Pujon, tapi ukurannya mini.

Airnya sangat jernih, dingin, dan menyegarkan. Tampak tanaman hijau yang memenuhi dinding sekitar air terjun. Panorama coban ini semakin cantik dengan adanya bebetuan sungai di sekeliling kolam tampungannya.

Lokasi Coban Ciblungan berada di Jalan Raya Dampit – Lumajang, Purwoharjo, Ampelgading, Sidorenggo, Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuk sekitar 5 ribu rupiah. Mengingat caban ini termasuk destinasi wisata baru dan belum terkenal, maka fasilitas yang tersedia belum lengkap.

20. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna merupakan salah satu pantai terindah di Malang yang wajib dikunjungi. Hamparan pasir putih yang berpadu dengan air laut biru dan hijau membuat pemandangannya sangat eksotis. Tak heran jika objek wisata ini disejajarkan dengan deretan pantai yang ada di Bali. Alamatnya berada di Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang.

Ombaknya tak terlalu besar sehingga lumayan aman untuk snorkeling dan bermain air di tepian pantai. Anda juga bisa bersantai duduk-duduk di atas pasir putihnya sambil menikmati landscape lautan biru. Pemandangannya yang sangat indah tentu saja wajib Anda abadikan dengan kamera.

Namun, untuk mengunjungi Pantai Tiga Warna tidaklah mudah. Anda harus booking terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya. Mengapa? Hal ini tentu saja karena pengelola hanya membolehkan 100 orang pengunjung tiap harinya. Mengingat pantai ini termasuk kawasan konservasi, Anda juga wajib menyewa jasa guide dengan tarif Rp 100.000 per 10 orang.

Harga tiket masuk pantai ini sebenarnya murah, hanya 5 ribu rupiah. Tapi, demi terjaganya ekosistem dan kebersihan pantai, maka dibatasi jumlah pengunjungnya. Untuk sewa peralatan snorkeling, Anda akan dikenakan biaya 15 ribu rupiah. Cukup ribet memang kalau mau mengunjungi pantai ini, tapi sebanding dengan keindahan yang ditawarkan.

21. Pantai Teluk Putri

A post shared by @bruryajja on

Selain Tiga Warna, masih ada pantai indah di Malang Selatan lainnya yang tak boleh dilewatkan, yaitu Pantai Teluk Putri. Hamparan pasir putih dan batuan karang yang berpadu dengan birunya air laut menjadi daya tarik utama pantai ini.

Pantai Teluk Putri terletak di Desa Kedungsalam, Donomulyo Kabupaten Malang, tepatnya sebelah timur Pantai Ngliyep. Jadi, bila Anda berkunjung ke sini, bisa sekaligus menikmati 2 objek wisata. Asyik bukan? Suasananya masih alami, belum ada fasilitas seperti warung atau pun toilet.

22. Pantai Banyu Meneng

Bingung mencari pantai yang masih sepi di Malang? Datang saja ke Pantai Banyu Meneng, ombaknya yang tenang dan pasir putih nan bersih akan membuat Anda betah enggan untuk pulang. Rimbunnya hutan di sekeliling pantai ini semakin menambah keelokannya.

Lokasi Pantai Banyu Meneng berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Fasilitasnya lumayan lengkap, tersedia mushola, camping ground, parkir, dan toilet. Harga tiket masuk ke sini lumayan murah, sekitar 5 ribu rupiah per orang.

23. Museum Angkut Dan Pasar Apung Nusantara

Kawasan Batu Malang memang terkenal akan udara dingin dan panorama alamnya yang indah. Tapi, dibalik itu, kota ini ternyata mempunyai sejumlah objek wisata yang asik dikunjungi beramai-ramai bareng keluarga atau pun teman. Salah satunya tentu saja Museum Angkut Dan Pasar Apung Nusantara.

Tak seperti kebanyakan museum konvensional dengan desain jadul, Museum Angkut justru menyuguhkan suasana berbeda dengan sentuhan modern meskipun barang yang dipamerkan merupakan produk lampau. Di sini, Anda akan dimanjakan dengan koleksi mobil antik hingga alat transportasi dari masa ke masa. Lengkap dengan keterangan tahun produksi serta sejarahnya

Yang unik dan menjadi daya tarik tentu saja pembagian zona di Museum Angkut. Ada Zona Edukasi, Zona Jerman, Zona Batavia, Zona Inggris, Zona Gangster & Broadway, Zona Las Vegas, Zona Italia, Zona Hollywood, dan Zona Perancis. Setiap area di desain sesuai dengan tema pada zonanya masing-masing.

Selepas menikmati suguhan kendaraan antik sambil berfoto, Anda bisa melanjutkan kunjungan ke Pasar Apung Nusantara dan D’topeng Kingdom Museum yang masih berada dalam satu lokasi. Anda bisa naik perahu menyusuri perairan buatan serta menyaksikan aneka bentuk topeng.

Ketiga destinasi tersebut mempunyai beberapa spot yang instagramable. Jadi, saat berkunjung ke sini, pastikan kamera Anda tak tertinggal di rumah. Museum Angkut terletak di Jalan Terusan Sultan Agung, Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 12.00 – 20.00 WIB. Harga tiket masuknya dibanderol sekitar 100 ribu rupiah.

24. Jatim Park 1

Buat Anda yang ingin seru-seruan bermain bersama anak-anak, keluarga, atau pun sahabat, nampaknya harus memasukkan Jatim Park ke dalam list liburan Anda saat berkunjung ke Kota Batu dan Malang. Pasalnya, disini tersedia beragam wahana menyenangkan yang tak kalah asyik dengan Dufan Ancol atau pun Trans Studio Bandung.

Sebagai gambaran, perlu Anda ketahui bahwa Jatim Park ini ada 2 buah, yaitu Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Apa seh perbedaan keduanya? Jatim Park 1 lebih dikhususkan kepada arena bermain sedangkan Jatim Park 2 mempunyai tema utama berupa kebun binatang meskipun ada wahana permainannya.

Jatim Park 1 termasuk salah satu tempat favorit wisatawan untuk menghabiskan libur panjang atau pun akhir pekan bersama keluarga. Ada banyak wahana permainan seru hingga ekstrim yang dapat memacu adrenalin seperti Superman Coaster, 360 pendulum, Sky Ride, Waterboom, dan Volcano Coaster.

Ada juga wahana edukasi untuk buah hati Anda seperti Science Center dan Galeri Etnik. Alamat Jatim Park 1 terletak di Jl. Kartika No. 2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Harga tiket masuk dibanderol sekitar 70 ribu rupiah saat weekday dan 100 ribu rupiah ketika weekend. Jam buka mulai pukul 08.30 – 16.30 WIB.

25. Jatim Park 2

Tak kalah menarik dengan Jatim Park 1, destinasi Jatim Park 2 juga menjadi incaran wisatawan untuk mengabiskan waktu liburan. Jatim Park 2 terdiri dari Museum Satwa dan Batu Secret Zoo. Sesuai dengan namanya, Museum Satwa berisi aneka koleksi satwa awetan, hingga kerangka dinosaurus. Keren bukan?

Sementara itu, Batu Secret Zoo menyuguhkan berbagai hewan yang nyaris punah dan dilindungi. Hewan-hewan ini sebagian didatangkan dari belahan bumi lain seperti dari benua Afrika dan Amerika Selatan. Uniknya, tempat satwa langka tersebut dibuat mirip dengan habitat aslinya.

Tak hanya itu, Batu Secret Zoo juga dilengkapi dengan waterparks dan taman rekreasi untuk anak-anak. Fasilitasnya sangat lengkap, tersedia mushola, tempat makan, area parkir, hingga toilet bersih. Pantas saja, Jatim Park 2 termasuk dalam daftar tempat wisata di Batu Malang yang paling banyak dikunjungi.

Harga tiket masuk ke Jatim Park 2 sekitar 75 ribu rupiah (weekdays) dan 95 ribu rupiah (weekend). Jam buka sekitar pukul 10 – 18.00 WIB. Saat libur sekolah tiba, objek wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Jadi, Anda sebaiknya berkunjung saat weekday agar bisa mengeksplore setiap sudutnya secara leluasa. Alamat Jatim Park 2 berada di Jalan Raya Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

26. Eco Green Park

A post shared by Wahyu Basuki P. (@wahyubasukip) on

Bingung mencari tempat wisata edukasi di Batu Malang? Datang saja ke Eco Green Park, ada sekitar 25 wahana edukasi yang bisa dijelajahi bersama anak-anak dan anggota keluarga lainnya. Misalnya saja, Miniatur candi-candi terkenal di seluruh Jawa, Insectarium, Parrot Dunia, Jungle Adventure, Rumah Terbalik, Duck Kingdom, Dome Multimedia, Eco Journey, Plaza Music, dan Water Track.

Di Rumah Terbalik, Anda akan menemukan sebuah rumah lengkap dengan perabotannya dalam posisi terbalik. Keren banget deh buat berfoto! Jungle Adventure menawarkan petualangan di dalam hutan buatan dengan menggunakan kereta tanpa atap.

Puas bermain dengan beragam wahana, Anda dapat beristirahat menikmati sajian makanan dan minuman di food court. Ada juga terapi ikan Garra Rufa tanpa bayar alias gratis. Lokasi Eco Green Park masih satu kawasan dengan Jatim Park 2 di Jalan Raya Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Harga tiket masuknya sekitar 30 – 40 ribuan. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

27. Batu Night Spectacular

Masih kurang puas bermain seru-seruan di Jatim Park 1, 2, dan Eco Green Park? Masih ada Batu Night Spectacular (BNS) yang siap memanjakan Anda dengan berbagai wahana permainan nan asyik hingga kuliner lezat.

BNS memiliki sejumlah arena permainan yang sangat digemari anak-anak maupun remaja, seperti Drag Race, Slalom Test, Kids Zone, Trampolin, Sepeda Udara, dan lainnya. Anda juga bisa menikmati air mancur menari dan taman lampion dengan berbagai bentuk yang unik.

Puas bermain, Anda bisa mengajak anak-anak dan anggota keluarga lainnya untuk menikmati hidangan lezat di food court yang tersedia. Batu Night Spectacular terletak di Jalan Hayam Wuruk No. 1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Jam buka BNS mulai pukul 15.00 – 23.00 WIB. Harga tiket masuk dibanderol sebesar 30 ribu rupiah (weekday) dan 40 ribu rupiah (weekend). Objek wisata malam di Batu Malang ini biasanya ramai dikunjungi saat weekend atau pun liburan sekolah. Kalau tak keliru, tersedia juga stand penjual oleh-oleh khas Malang seperti kaos dan pernak-pernik.

28. Batu Paragliding / Paralayang

A post shared by Catherine Jenifer (@cathjenie) on

Bagi para pecinta wisata ekstrim, Paralayang Gunung Banyak merupakan salah satu tempat wisata di Batu Malang yang wajib dikunjungi. Menikmati keindahan Kota Batu sambil terbang di ketinggian lebih dari 1000 mdpl tentu akan menjadi pengalaman yang sangat berharga.

Alamat lokasi take off Paralayang Gunung Banyak terletak di Jl. Songgokerto, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Harga paket wisatanya untuk sekali terbang sekitar 350 – 500 ribu rupiah. Buat Anda yang belum berpengalaman, bisa mencoba paralayang tandem dengan ditemani satu pemandu.

29. Pantai Licin

Seperti halnya Kabupaten Gunung Kidul Provinsi D.I. Yogyakarta yang kaya akan pantai cantik tersembunyi, kawasan Malang bagian selatan pun demikian. Ada banyak pantai indah yang belum terjamah dan terekspos oleh wisatawan. Salah satu diantaranya adalah Pantai Licin di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading.

Pasir pantai disini berwarna cokelat kehitaman, tampak bersih dan eksotis berpadu dengan birunya air laut. Ombaknya pun relatif tenang, mungkin karena di sekitarnya terdapat bukit karang sehingga dapat meredam ganasnya ombak selatan.

Konon katanya, dulu Pantai Licin mempunyai pasir berwarna putih. Tapi, warna pasir tersebut kemudian berubah karena tercampur dengan abu vulkanik letusan Gunung Semeru. Untuk menikmati keindahan Pantai Licin, Anda cukup membayar tiket masuk seharga 5 ribu rupiah. Fasilitasnya pun lumayan lengkap, ada warung makan, tempat parkir, dan toilet.

30. Pantai Watu Leter

A post shared by Nazama (@nurnazama) on

Mungkin Anda baru tahu nama Watu Leter karena pantai ini memang belum banyak diketahui orang. Meskipun belum begitu dikenal, kecantikan Pantai Watu Leter tak bisa dianggap sebelah mata. Hamparan pasir putih, birunya air laut, dan bukit-bukit kecil nan hijau akan membuat siapapun betah berlama-lama di sini. Sungguh sangat indah mengagumkan!

Tak hanya elok dipandang mata, konon kabarnya pantai ini juga menjadi tempat penyu bertelur. Pantai Watu Leter terletak di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuk dibanderol sekitar 10 ribu rupiah per orang.

31. Pantai Selok

Nama Pantai Selok akhir-akhir ini sedang hits banget dikalangan traveler muda. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya unggahan foto pantai ini di media sosial instagram. Alamatnya berada di Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuknya sekitar 5 ribu rupiah per orang.

Daya tarik utama Pantai Selok tentu saja berupa pasir putihnya yang sangat bersih tanpa sampah. Benar-benar terlihat masih alami dan asri. Di bibir pantainya terdapat sebuah tumpukan batu karang yang bagus buat background selfi atau berfoto. Pantai ini juga masih sepi pengunjung, jadi Anda bebas leluasa menikmati deburan ombak dan pasir pantainya.

32. Wisata Petik Buah

A post shared by Malang (@amazingmalang) on

Salah satu tempat wisata terbaik yang menjadi favorit wisatawan saat liburan di Kawasan Batu Malang dan sekitarnya adalah Wisata Petik Buah. Di sini, Anda akan punya kesempatan memetik buah secara langsung dari pohonnya. Anda pun bisa menikmati dan membawa pulang buahnya sebagai buah tangan. Asyik bukan?

Setidaknya ada 4 buah objek wisata petik buah yang bisa Anda kunjungi, yaitu

  • Kebun Buah Naga, alamatnya di Jalan Koramil, Bululawang, Kabupaten Malang.
  • Petik Jeruk Dau, alamatnya di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.
  • Petik Strawberry, alamatnya di Desa Pandanrejo, Kecamatan Pujon, Kota Batu.
  • Petik Apel, alamatnya di Jalan Abdul Gani, Kota Batu.

33. Rafting Pujon

Gak kalah dengan Sukabumi, Malang juga punya tempat rafting menantang yang akan memacu adrenalin Anda, yaitu rafting di Sungai Pujon. Anda akan diajak menyusuri derasnya aliran sungai sambil menikmati pemandangan alam nan indah.

Lokasi Rafting Pujon terletak di Dusun Lebaksari, Desa Ngroto RT 31 / RW 14, Ngabab, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur. Harga paket rafting dibanderol dengan harga sekitar 150 ribu rupiah per orang. Selain arung jeram / rafting, ada juga paket wisata lain yang bisa Anda nikmati seperti paintball dan outbond.

34. Wisata Hutan Pinus

A post shared by Malang (@amazingmalang) on

Wisata Hutan Pinus saat ini sedang naik daun dikalangan wisatawan. Berawal dari viralnya Hutan Pinus Mangunan Jogja, hutan yang dulunya hanya dianggap sebelah mata kini menjelma menjadi destinasi incaran para traveler. Tak heran, jika banyak daerah yang mulai mengembangkan hutan pinus sebagai lokasi liburan, termasuk Malang Raya.

Beberapa tempat wisata hutan pinus di Malang Raya yang bisa Anda kunjungi, yaitu :

  • Hutan Pinus Semeru, alamatnya di Desa Sumberputih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.
  • Hutan Pinus Coban Talun, alamatnya di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.
  • Hutan Pinus Candi Sumberawan, alamatnya di Dusun Sumberawan, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.
  • Hutan Pinus Budug Asu, alamatnya di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang atau Gunungrejo, Singosari, Malang, Jawa Timur (lereng Gunung Arjuna).
  • Hutan Pinus Ledok Ombo, alamatnya di Desa Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.
  • Taman Pinus Bendosari Pujon, alamatnya di Dusun Cukal, Desa Bendosari Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.
  • Hutan Goa Pinus, alamatnya di Gg. Mbah Ba’i, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

35. Wisata Edukasi

A post shared by Gandhi Wasono M (@gandhiwasono) on

Tak melulu menyajikan keindahan alam, Malang juga punya sejumlah destinasi wisata edukasi / pendidikan yang layak dikunjungi bagi anak-anak sekolah / pelajar. Objek wisata tersebut antara lain :

  • Milkindo, alamatnya di Jl. Kol. Kusno No. 77, Tegalsari, Kepanjen, Malang. Disini, anak-anak bisa belajar bagaimana cara memerah susu sapi.
  • Wisata Textile LaGross, alamatnya di Jl. Indrokilo Utara, Bedali, Lawang, Malang. Sesuai dengan namanya, tempat ini menyuguhkan pengetahuan tentang bagaimana proses pembuatan kain / textile.
  • Keramik Dinoyo, alamatnya Jl. MT. Haryono XIII No. 450, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Keramik Dinoyo termasuk salah satu kerajinan khas Malang yang sudah sangat terkenal dikalangan wisatawan. Tak hanya membeli keramik yang sudah jadi, tempat ini juga memungkinkan Anda untuk melihat proses pembuatan keramik. Mirip dengan Kerajinan Gerabah Desa Kasongan di Bantul Yogyakarta.
  • Padepokan Asmorobangun, alamatnya di Jl. Prajurit Slamet, Karangpandan, Pakisaji, Malang. Tempat ini menjadi pusat pembuatan topeng khas Malang. Di sini, Anda akan mendapatkan pengetahuan lebih tentang kesenian / kerajinan topeng, termasuk bagaimana cara membuatnya.

36. Hawaii Waterpark

Hawai Water Park merupakan tempat wisata yang seru untuk mengajak anak dan keluarga bermain air. Ada banyak pilihan wahana di Hawaii Waterpark, seperti Hawai Water House, Rainbow Fall, Waikiki Beach, Outbond, Scuba, Twister, Waimea Stream River, Mavi Island, dan lain sebagainya.

Alamat Hawaii Waterpark terletak di Jalan Graha Kencana Raya, Banjararum, Singosari, Kota Malang, Jawa Timur. Jam buka mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB. Harga tiket saat weekday 75 ribu rupiah dan weekend sebesar 100 ribu rupiah. Fasilitasnya lengkap, tersedia food court hingga penyewaan peralatan bermain air seperti ban, loker, handuk, gazebo atau baju renang.

37. Taman Kelinci

A post shared by taman kelinci (@taman_kelinci_) on

Munculnya destinasi wisata rumah hobbit di Farm House Susu Lembang yang ngehits banget dikalangan traveler membuat daerah lain tak mau kalah untuk bersaing. Kini, untuk bisa selfie di rumah kurcaci tersebut, Anda tak harus pergi ke Lembang karena Malang juga punya.

Datang saja ke Taman Kelinci di Samaan, Klojen, Pandesari, Pujon, Kota Batu, Jawa Timur. Di sini, ada rumah hobbit nan instagenic untuk latar berfoto. Asyiknya, Anda juga bisa bermain dengan kelinci-kelinci yang lucu. Oya, karena lokasinya mirip taman padang rumput, sebaiknya datang saat pagi atau sore untuk menghindari panas matahari.

A post shared by taman kelinci (@taman_kelinci_) on

Objek wisata yang aslinya bernama Plaza Garden Wisata Edukasi Rabbit Field ini memiliki fasilitas lengkap. Tersedia mushola, tempat berteduh, area parkir dan toilet. Harga tiket masuknya juga lumayan murah lho, hanya 5 ribu rupiah per orang. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

38. Pantai Pasir Panjang

A post shared by MAS CHOW (@chowmohammed) on

Malang sebelah selatan memang kaya akan pantai cantik berpasir putih, salah satunya adalah Pantai Pasir Panjang. Lokasinya berada di Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur. Pantai ini masih satu garis dengan Pantai Ngliyep dengan pasir halus dan bersih.

Suasana pantai yang masih sepi dan alami akan membuat Anda betah berlama-lama menikmati deburan ombak. Bila ingin bermalam, Anda bisa menyewa kamar di pemukiman penduduk setempat dengan harga sekitar 100 ribu rupiah per malamnya. Untuk harga tiket masuk Pantai Pasir Panjang dibanderol seharga 10 ribu rupiah.

39. Taman Langit Gunung Banyak

Tak begitu sulit mencari lokasi hunting foto bagus dan keren di Malang, pasalnya ada banyak pilihan. Salah satu diantaranya tentu saja Taman Langit Gunung Banyak. Bila dilihat sekilas, tempat ini sepertinya sengaja didesain khusus untuk para penggemar instagram. Mengapa?

Ada banyak spot foto kekinian yang tersebar di Taman Langit Gunung Banyak, mulai dari gerbang kayu berbentuk manusia, tempat tidur beralaskan rumput, rumah di atas pohon, singa terbang, angsa raksasa, hingga sangkar burung. Semuanya tampak epic layaknya negeri dongeng.

Lokasi Taman Langit Gunung Banyak terletak di Jl. Songgokerto, Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Harga tiket masuk ke sini sekitar 10 ribu rupiah. Usahakan datang saat cuaca cerah agar hasil fotonya terlihat bagus. Atau, Anda juga bisa menggunakan kamera kualitas tinggi sehingga tak terganggu pencahayaan.

40. Pantai Kondang Merak

A post shared by Indra W Saputra (@indramon_) on

Nama Kondang merak berasal sari seringnya penduduk setempat melihat burung merak singgah dan minum di sekitar pantai. Oleh karena itu, pantai ini akhirnya terkenal dengan sebutan Kondang Merak. Daya tarik utamanya berupa hamparan pasir putih bersih nan lembut dengan ombak relatif tenang.

Keelokan Pantai Kondang Merak akan bertambah saat air laut surut, dimana Anda bisa melihat koral dan ganggang laut. Pepohonan hijau dan batu karang besar di sekitarnya juga membuat panorama pantai semakin indah.

Lokasi Pantai Kondang Merak terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 64 km dari pusat Kota Malang dan 2 km dari Pantai Balekambang. Harga tiket masuknya murmer banget, hanya dengan membayar 3 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati keeksotisan pantai ini. Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya!

41. Pantai Goa China

A post shared by yudoken (@yudoken) on

Tak kalah cantik dengan Kondang Merak, Pantai Goa China juga layak Anda kunjungi saat liburan ke Malang. Air lautnya sangat jernih, berpadu indah dengan hamparan pasir putih lembut dan bersih. Pepohonan hijau yang tumbuh dipinggiran pantai semakin menambah kesan alami.

Pantai Goa Cina terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menikmati kecantikan pantai ini, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar 4 ribu rupiah per orang. Mungkin sekarang sudah naik, siapkan saja uang 5 – 10 ribu rupiah.

Nama Goa China sepertinya berasal dari sebuah goa yang ada di sekitar pantai. Konon katanya, goa ini dijadikan tempat petapa dari cina, dan akhirnya menjadi nama pantai. Mengingat pantainya masih asri, Anda wajib menjaga kelestariannya dan jangan buang sampah sembarangan.

42. Taman Dolan Batu

Pariwisata Malang Raya dari hari ke hari semakin berkembang dan maju, terbukti dengan semakin bertambahnya destinasi baru yang bagus untuk dikunjungi. Diantaranya adalah Taman Dolan di Jl. Raya Pandanrejo No.57, Pandanrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Sesuai dengan namanya, tempat ini memang ditujukan untuk arena bermain anak (dolan dalam bahasa Indonesia artinya bermain). Taman Dolan mempunyai beberapa paket kegiatan yaitu Paket Dolanan “Education”, Paket Masak-Masakan, Les Renang, Outbond Dolan, dan Mandi Rempah.

Untuk para pelajar TK atau SD biasanya mengambil Paket Dolanan “Education” yang berisi aneka permainan tradisional seperti Dakon, Lompat tali, Jumpritan, Engklek, Gasing, Balap Karung, Egrang, Gundu / Kelereng, Gepuk Bantal, dan lainnya.

Selain asyik bermain, anak-anak juga bisa ikut melestarikan permainan jaman dulu yang mulai tergeser dengan perkembangan teknologi. Setelah puas dan lelah bermain, pengunjung bisa menyicipi makanan dan minuman karena di sini tersedia tempat makan. Harga tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah per anak dan 10 ribu rupiah untuk orang dewasa.

43. Sumber Maron

A post shared by Aqila (@aqila_azka_febrianti) on

Sumber Maron merupakan mata air alami di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Malang, Jawa Timur. Airnya sangat jernih dan menyegarkan. Tempat wisata alam ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan, jadi buat Anda yang menginginkan privasi, tidak disarankan berkunjung ke sini.

Mungkin karena harga tiket masuknya yang murah sekitar 2 – 3 ribu rupiah, membuat banyak orang berdatangan ke sini. Untuk hari Senin – Kamis, tarif masuknya gratis. Selain mandi dan berendam, aktivitas favorit disini berupa river tubing. Anda hanya cukup membayar sewa ban 5 ribu rupiah sudah bisa merasakan river tubing sederhana sepanjang 500 meter.

44. Aneka Masjid Megah Dan Unik

A post shared by Khoirur Rohman (@oyonk__) on

Malang ternyata memiliki sejumlah bangunan masjid yang unik dan menarik untuk wisata religi. Setidaknya ada 3 masjid terkenal yang sering dikunjungi wisatawan, yaitu :

  • Masjid Tiban Turen, alamatnya di Jl. Anggur, Sananrejo, Turen, Malang, Jawa Timur. Masjid ini didominasi warna biru dan putih dengan ornamen kaligrafi menghiasi hampir setiap dindingnya. Luasnya mencapai 7 hektar dan berlantai 10. Keren bukan?
  • Masjid Salman al Farisi, alamatnya di Karangwidoro, Dau, Malang, Jawa Timur. Masjid berwarna dominan putih ini memiliki arsitektur yang mirip dengan Taj Mahal di India. Lokasinya yang berada di tengah pedesaan dan persawahan membuat suasana masjid begitu tenang sehingga bisa khusuk beribadah.
  • Masjid Agung Jami Malang, alamatnya di Jl. Merdeka Barat No.3, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Konon kabarnya, masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1890 M. Bentuk bangunannya berupa bujur sangkar dengan struktur baja beratap tajug tumpang dua. Desain arsitektur Masjid Agung Jami Malang bergaya Jawa dan Arab.

45. Resort Dan Hotel Romantis

Kawasan Malang Raya terutama Kota Batu, dianugerahi udara sejuk dan segar. Selain karena lokasinya yang berada pada ketinggian, hijaunya pepohonan di sini juga semakin menambah suplai oksigen. Suasana dingin tersebut tentu sangat cocok buat tempat bulan madu yang romantis bukan? Apalagi banyak pilihan resort atau hotel yang nyaman untuk menghabiskan malam honeymoon Anda.

Beberapa rekomendasi hotel terbaik di Malang dan Batu dengan view pemandangan alam indah yang bisa Anda kunjungi antara lain :

  • Bess Resort & Waterpark Hotel, alamatnya di Malang Anggun Sejahtera Residence, Sumber Porong, Lawang, Malang, Jawa Timur.
  • Kampung Lumbung Boutique Hotel, alamatnya di Jl. Ir Sukarno No.1, Puskesmas, Beji, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.
  • Jambuluwuk Batu Resort & Convention Hall, alamatnya di Jl. Trunojoyo No.99, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.
  • Villa Mulyono, alamatnya di Jalan Salam, Bumiaji, Sidomulyo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.
  • Padi Heritage Hotel atau Paddy City Resort, alamatnya di Perumahan Tata Surya, Jalan Regulus No. 9, Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur ((Belakang Kampus Unisma).
  • Ubud Hotel & Villas, alamatnya di Jl. Bend. Sigura-gura Bar. No.44, Karangbesuki, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur.
  • Atria Hotel & Conference Malang, alamatnya di Jalan Letnan Jendral S. Parman No. 87 – 89, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

46. Cafe Unik

A post shared by Fahmi Rozie S (@fahmiroz) on

Buat para traveler muda, tak usah bingung mencari tempat hangout kekinian saat jalan-jalan ke Malang. Pasalnya, banyak cafe unik dengan menu makanan / minuman lezat dan desain interior super keren. Berani diadu dengan cafe-cafe instagenic di Bandung.

Penasaran? Berikut beberapa tempat nongkrong hits di Malang yang bisa Anda jadikan pilihan untuk bersantai bersama teman atau pun sahabat karib.

  • Rumah Coffee Loe Mien Toe, alamatnya di Jalan Tata Surya 2, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Interior bangunannya bertema China – Jawa, sangat epic untuk dijadikan lokasi prewedding.
  • Rumah Opa Kitchen and Lounge, alamatnya di Jalan Welirang 41a, Oro Oro Dowo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Desain arsitekturnya mengusung tema rumah klasik jawa dengan peralatan serba vintage. Jadi, ketika berkunjung ke sini, Anda seolah-olah sedang bermain ke rumah kakek nenek pada masa lalu. Menu unggulan berupa pizza dan pasta.
  • Taman Indie Resto, alamatnya di Jl. Lawang Sewu Golf No. 2-18, Kota Araya, Pandanwangi, Blimbing, Kota Malang. Tempat ini cocok buat Anda yang menyukai area dengan pemandangan alam indah penuh pepohonan hijau.
  • Java Dancer Coffee, alamatnya di Jl. Kahuripan No.12, 3, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Tempat ngopi terbaik di Malang ini menyuguhkan sejumlah kopi nusantara dari Aceh Gayo, Sumatra Mandheling, Java Estate, Flores, Java Mountain, Toraja, Wamena, hingga kopi Luwak dari Sumbawa.
  • Golden Heritage Koffie, alamatnya di Jl. Raya Tidar No.36, Karangbesuki, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur. Bangunan cafe hipster ini memadukan konsep gudang dan interior kayu sehingga tampak elegan. Cocok buat foto-foto selfie atau pun narsis ala anak IG. Menu kopi disini selalu fresh karena dipanggang secara slow roasted setiap harinya.

Selain tempat tersebut di atas, masih banyak cafe-cafe lain yang bisa Anda cobain, seperti Akalpa Cafe, Madam Wang Secret Garden, Javanine, dan lain sebagainya. Kunjungi terus blog ini agar Anda bisa mendapatkan update info terbaru tentang pariwisata Malang.

47. Kuliner Khas Malang

Liburan ke suatu daerah tentu tak akan lengkap tanpa mencicipi aneka makanan khasnya. Begitu juga saat Anda berkunjung ke Kota Apel ini, wajib deh menjelajahi aneka destinasi wisata kuliner Malang yang menggoyang lidah.

Ada banyak pilihan tempat makan yang bisa Anda coba, mulai dari hidangan tradisional legendaris hingga menu western atau pun perpaduan keduanya. Soal rasa, tak usah kuatir, gak kalah enak kok bila dibandingin dengan kuliner Bandung atau pun Yogyakarta. Harganya pun relatif murah terjangkau.

Oleh karena saking banyaknya pilihan makanan, maka setidaknya ada 5 buah kuliner khas yang harus dicoba saat datang ke kota ini. Terutama buat Anda yang baru pertama kali berkunjung, wajib mengunjungi tempat berikut :

Toko Oen, alamatnya di Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Menu andalannya berupa es krim homemade yang legendaris. Rasanya lembut di lidah dan bakalan bikin Anda nambah. Oya, Toko Oen termasuk tempat wisata yang lokasinya dekat dengan stasiun Kota Baru Malang dan juga alun-alun kota.

Bakso Bakar Trowulan. Malang sangat terkenal sekali dengan bakso bakarnya. Salah satu warung bakso bakar yang ngehits adalah Bakso Bakar Trowulan di Jl Candi Trowulan No 65, Malang. Bakso Bakar ini berupa bakso yang ditusuk seperti sate, diberi bumbu, lalu dibakar. Rasanya maknyus, apalagi ditambah saus dan kecap.

Pos Ketan Legenda 1967, alamatnya di Jl Agus Salim atau Jl. Kartini No.6, sebelah barat Alun-alun Kota Batu. Sesuai dengan namanya, menu khas yang disajikan disini berupa ketan. Anda bisa mencoba ketan putih atau hitam dengan aneka toping, dari mulai asin, gurih, manis, keju, ayam, kacang, cokelat, durian, hingga kelapa dan gula.

A post shared by Dyah Surya (@dyahsurya0921) on

Depot Rawon Nguling. Rawon sebenarnya merupakan makanan khas Jawa Timur, tapi cukup terkenal di Malang. Nah, bila ingin mencicipi rawon, maka Anda bisa datang ke Depot Rawon Nguling di Jl. Zainul Arifin No.62, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang. Ciri khas rawon adalah kuahnya yang berwarna hitam. Rasanya enak dan gurih dengan irisan daging empuk.

A post shared by Irene Roteno (@ireneroteno) on

Pecel Kawi, alamatnya di Jl Kawi Atas No 43b/46, jam buka mulai pukul 05.30 WIB pagi hingga 21.00 WIB malam. Isian pecelnya bevariasi ada daun kemangi, irisan timun, telur mata sapi, babat, ati ayam dan lainnya. Semuanya disiram dengan sambal pecel yang sedap menggugah selera. Sebagai pelengkap, ada tambahan peyek teri nan gurih. Cocok untuk menu sarapan pagi Anda sebelum beraktivitas.

A post shared by Ming Erdi Lesmanan (@erdiming) on

Demikianlah ulasan dari saya tentang gambaran peta wisata Malang Raya yang bisa Anda jadikan referensi saat liburan. Buat sobat traveler yang punya info destinasi terbaru lain, bisa menambahkan nama tempat dan harga tiket masuknya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here