Home Wisata Asia 47 Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Bogor Puncak Yang Wajib Dikunjungi...

47 Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Bogor Puncak Yang Wajib Dikunjungi – Explore Bogor

7468
0

Tempat Wisata Di Bogor – Ingin rekreasi ke Bogor dan sekitarnya? Ini dia daftar rekomendasi tempat wisata terindah dan hits di Bogor, meliputi kawasan Kota, Sentul, hingga Puncak yang wajib dikunjungi. Lengkap dengan foto / gambar terbaru, nama, daya tarik atau keunikan. Beberapa diantaranya saya tambahkan lokasi / alamat, harga tiket masuk, serta fasilitas di sana.

Meskipun tidak mempunyai pantai, bukan berarti Kota Hujan ini sepi peminat. Justru keindahan alam dan kesejukan udaranya mampu memikat wisatawan untuk liburan di sini. Terbukti, setiap akhir pekan atau libur panjang, Bogor selalu ramai dikunjungi warga Ibu Kota Jakarta maupun daerah lainnya.

Tempat-Wisata-Di-Bogor
Ilustrasi tempat wisata terindah di Bogor Dan Puncak

Sebagai salah satu primadona destinasi wisata Jawa Barat yang paling disukai para traveler, Bogor menawarkan akomodasi super lengkap. Dari mulai akses jalan bagus, hotel / resort / vila, sajian kuliner enak / tempat makan, hingga spot foto kekinian pun ada di sini. Agar lebih jelas, yuk simak ulasan saya berikut ini tentang aneka tempat wisata menarik yang patut Anda kunjungi.

Daftar Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Bogor Puncak Yang Wajib Dikunjungi

1. Devoyage Bogor

A post shared by RikyKurniawan (@rikyknwn) on

Selama ini destinasi bernuansa Eropa identik dengan ikon tempat wisata di Bandung bernama Farm House Susu Lembang. Namun, sekarang Anda juga bisa lho liburan ke Bogor sambil menikmati suasana ala benua biru tersebut. Datang saja ke Devoyage Bogor yang berada di Jl Boulevard Bogor Nirwana Residence Mulyaharja Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat.

Devoyage menawarkan sekitar 150 spot foto instagramable berlatar gedung-gedung tinggi terkenal di negara-negara Eropa seperti miniatur Menara Eiffel Paris, Rumah Kincir Angin, gondola khas Venesia, dan deretan rumah khas perkampungan Eropa. Keren banget bukan?

Bukan hanya berfoto, destinasi wisata terbaru ini juga mempunyai restoran dengan menu western ala Eropa. Jadi, setelah puas narsis bergaya di depan kamera, Anda bisa mencicipi makanan enak untuk mengisi perut hingga kenyang.

Mengusung tema holiday, selfie dan food, Devoyage juga dilengkapi kebun binatang mini, rumah foto, rumah permainan, theater, rumah cendera mata, hingga fasilitas perahu yang bisa dipakai untuk mengelilingi area seluas 1,5 hektar ini melalu sungai buatan.

Harga tiket masuk ke Devoyage Bogor dibanderol sebesar Rp.25.000,- (weekday) dan Rp.35.000,- (weekend). Tarif sewa perahu seharga Rp.50.000,- per 2 kali putaran. Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya gaes. Jam buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB.

2. Flower Garden Vimala Hills

Buat Anda yang sedang mencari tempat wisata terindah di Bogor untuk hunting foto maka Flower Garden Vimala Hills bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, Anda bisa menemukan aneka bunga berwarna warni nan cantik untuk dijadikan latar berfoto.

Saking indahnya, taman bunga Vimala Hills ini sering disebut sebagai Bukit Teletubies karena bila dilihat sekilas mirip dengan bukit-bukit di film Teletubbies yang penuh rerumputan hijau dan berbagai jenis bunga. Selain Flower Garden, ada juga Heliconia Garden dan Jembatan di atas kolam ikan yang tak kalah instagenic.

Dimana lokasi Flower Garden Vimala Hills? Alamat taman bunga ini terletak Jl. Puncak Raya, Simpang Gadog, Sukamahi, Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari exit tol Gadog. Anda tinggal cari gerbang / pintu masuknya di antara Starbucks dan masjid megah Gadog di kanan jalan.

Untuk memasuki Flower Garden Vimala Hills, Anda tidak akan dikenakan tarif masuk alias gratis. Namun, jika Anda akan berenang atau pun menginap tentu akan dikenakan biaya. Jam buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB.

3. Wisata Alam Bakukung

Tak dapat dipungkiri, kecantikan objek wisata alam di Bogor memang tiada duanya. Salah satunya adalah Wisata Bakukung yang menyajikan panorama perbukitan hijau nan indah, hutan pinus, dan spot foto epic ala anak-anak IG (baca instagram).

Wisata Bakukung / Pasir Bakukung terletak di Kampung Cianten, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Oleh karena itu, sering juga disebut dengan nama Cipas (Cianten Purasari). Jaraknya lumayan jauh dari Stasiun Bogor, mungkin sekitar 3 jam perjalanan darat.

Beberapa wahana / fasilitas yang sudah tersedia di sini antara lain spot foto berupa gardu pandang di atas pohon (rumah pohon) dengan view perbukitan hijau, gazebo, tempat duduk kayu diantara deretan pohon pinus, mushola, dan flying fox. Harga tiket masuknya belum tahu secara pasti karena baru dibuka, mungkin sekitar 10 – 20 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

4. Panorama Pabangbon / Wisata Pabangbon

A post shared by Riougen (@riougen) on

Satu lagi destinasi wisata alam kekinian di Bogor yang lagi hits akhir-akhir ini, namanya Panorama Pabangbon / Wisata Pabangbon / Rumah Pohon Pabangbon. Di sini, Anda akan disuguhi beragam spot foto instagramable berlatar perubikitan hijau. Tak hanya itu, ada juga Sky Swing (ayunan gantung) dan Sky Bike (sepeda udara) seperti wahana The Lodge Maribaya Lembang.

Destinasi Pabangbon terletak di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat. Lokasinya memang jauh dari perkotaan, akses jalannya pun agak ekstrem, tapi spot fotonya keren abis! Kecamatan Leuwiliang berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Bogor, dapat ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam.

Jika Anda dari Jakarta, ambil jalan lurus dari Parung lalu belok ke arah Lanud Atang Sanjaya, sisanya ikutin GPS dan tanya warga ya, hehe. Beberapa spot epic yang bisa Anda nikmati yaitu spot kupu-kupu, rumah pohon, spot love, flying fox, dan lainnya. Harga tiket setiap spot untuk satu kali foto sekitar 5 – 10 ribu rupiah. Lumayan murah bukan? Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

5. Ranggon Hills

Tak kalah kece dengan wisata Pabangbon, Ranggon Hills juga memiliki sejumlah spot foto bertema alam yang instagenic. Misalnya saja gardu pandang berbentuk love, perahu, bunga, sky swing, dan kursi melayang untuk bersantai layaknya Top Selfie Pinusan Kragilan Magelang. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Alamat Ranggon Hills terletak di Gunung Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Lokasinya masuk kedalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Jadi, jika Anda akan berkunjung ke sini, Anda harus membayar biaya masuk ke taman nasional tersebut terlebih dahulu sebesar Rp.30.000,-. Setelah itu, baru membayar tiket masuk ke Ranggon Hills sekitar Rp.10.000,-.

Rute jalan yang bisa Anda tempuh jika dari pusat Kota Bogor, yaitu ke arah Tenjolaya melalui Cikampak hingga ke Terminal Segog. Di dekat terminal ada pertigaan, Anda ambil arah kiri lalu lurus terus sampai pertigaan kedua. Dari pertigaan ini, ambil arah kiri lagi menuju Gunung Salak Endah. Kemudian ikuti petunjuk jalan menuju Curug Pangeran. Ranggon Hills berada di dekat curug tersebut.

6. Telaga Warna

A post shared by Rey. (@reynaldioktfn) on

Bingung sedang mencari tempat wisata bagus dan indah di kawasan Puncak Bogor yang murah meriah? Datang saja ke Telaga Warna, keindahannya tak kalah dengan Telaga Warna Dieng, harga tiket masuknya cuma Rp.1.500,-. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Lokasi telaga cantik ini berada di kawasan Puncak kurang lebih 300 meter dari Masjid At Ta’awun ke arah Cianjur dan terletak di ketinggian 1.500 Mdpl. Alamat lengkapnya yaitu Jalan Raya Puncak – Cianjur, Tugu Utara, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Luasnya mencapai sekitar 1,5 ha dengan kedalaman 15 meter.

Suasan alami dan udara sejuk akan langsung terasa begitu Anda memasuki area telaga karena di banyak pepohonan hijau tumbuh di sini. Fasilitas atau wahana yang tersedia meliputi area outbound, flying fox, pos jaga, pusat informasi, mushola, warung penjual makanan, hingga penginapan.

7. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia merupakan salah satu tempat rekreasi anak dan keluarga di Bogor yang paling banyak dikunjungi saat liburan. Kebun binatang ini menawarkan aktivitas wisata menarik berupa safari / perjalanan mamakai mobil untuk menyaksikan kehidupan satwa secara langsung dalam habitatnya.

Dengan luas mencapai 170 hektar, Taman Safari mampu menampung kehidupan 2.500 hewan. Beberapa satwa liar yang bisa Anda temukan di sini antara lain harimau bengali, jerapah, orangutan, kuda nil, zebra, komodo, gajah, dan panda.

Selain bisa mengenal hewan lebih dekat, Anda juga dapat menyaksikan penampilan interaktif dari hewan dan berfoto dengan para hewan. Alamat Taman Safari Indonesia berada di Jalan Kapten Harun Kabir No. 724, Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Jam buka setiap hari mulai pukul 08.30 – 17.00 WIB. Harga tiket masuknya sekitar 150 ribu rupiah per orang.

8. Safari Lodge, Caravan, Dan Rumah Pohon di Taman Safari Indonesia

Selain menawarkan safari satwa, Taman Safari Indonesia juga memiliki fasilitas penginapan nyaman. Setidaknya ada 3 pilihan tempat bermalam di sini yaitu Safari Lodge, Caravan, dan Rumah Pohon. Ketiganya menawarkan sensasi menginap ditengah-tengah hutan layaknya resort di Ubud Bali. Asyik banget bukan?

9. Kuntum Farmfield

Bagi Anda yang akan mengajak putra-putrinya untuk menghabiskan akhir pekan di Bogor, Kuntum Farmfield layak dimasukkan dalam list liburan Anda. Berlokasi di Jl. Raya Tajur No.291, Sindangrasa, Bogor, Jawa Barat, destinasi ini menyajikan aneka kegiatan menarik dalam bidang peternakan, perikanan, perkebunan dan pertanian berbasis organik.

Anda bisa mengajak si kecil berlatih memberi susu ke anak kambing, memberi makan kelinci atau marmut, berkuda, hingga panen sayur / buah organik, dan memancing ikan. Asyik dan seru deh pokoknya! Buah hati Anda dapat bermain dan sekaligus mendapatkan unsur pendidikan / edukasi untuk mengenal hewan serta bercocok tanam.

Suasananya lumayan sejuk karena di sekitarnya terdapat pepohonan hijau. Tersedia juga kedai / tempat makan sederhana untuk melepas lapar atau pun haus. Harga tiket masuk ke dalam Kuntum Farmfield dibanderol sebesar Rp.40.000,- per orang. Jam buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

10. Kebun Durian Warso Farm

A post shared by Anthony Toyota (@anthony_tyt) on

Warso Farm adalah destinasi wisata terbaik di Bogor yang wajib dikunjungi bagi para pecinta durian. Dengan luas mencapai 9 hektar, agro wisata ini ditanami sekitar 900 pohon durian berbagai jenis / varietas. Ada sekitar 12 jenis durian, antara lain durian petruk dari Jepara, montong dari Thailand, musang king dari Malaysia, lay dari Kalimantan Timur, pelangi dari Papua, sukun dari Karanganyar dan lainnya.

Banyak banget bukan? Asyiknya lagi, saat panen tiba, Anda pun bisa ikut memanen durian dari pohonnya sekaligus memakannya di tempat. Harga tiket masuk ke kebun Warso Farm gratis, tapi untuk memakan durian, Anda harus bayar sesuai jenis durian yang Anda makan.

Selain durian, ada juga kebun Buah Naga dan Nangka yang bisa Anda jelajahi. Bahkan saat ini ada arena paint ball juga lho. Lokasi / alamat Kebun Durian Warso Farm terletak di Jl. K. H. Halimi, Cipelang, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

11. Taman Wisata Matahari

A post shared by Tyo (@tyoadje) on

Berlokasi di Jalan Raya Puncak KM.77, Cilember, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Taman Wisata Matahari menyuguhkan aneka wahana seru dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu akhir pekan (week end) bersama anak-anak atau keluarga.

Kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan disini, antara lain bermain wahana air seperti sepeda air, bola air, kayak, bumper boat, arung jeram, waterpark, mengikuti agro pertanian menanam padi / sayur, wisata adrenalin flying fox atau ATV, santai di cafe, dan menginap di villa / hotel.

Harga tiket masuk ke Taman Wisata Matahari dibanderol sekitar Rp.45.000,- sedangkan harga tiap wahana berbeda-beda dari mulai 10 – 25 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB, kecuali Sabtu dan Minggu tutup hingga pukul 17.00 WIB.

12. Taman Buah Mekarsari

Satu lagi tempat liburan asik di Bogor untuk keluarga yaitu Taman Buah Mekarsari atau Taman Wisata Mekarsari. Kira-kira ada apa saja ya di taman seluas 264 hektar ini? Sesuai dengan namanya, di sini Anda bisa menemukan beragam buah unggulan, termasuk sayur-sayuran, tanaman obat, dan tanaman hias.

Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan, misalnya tur petualangan kebun, menanam padi, memandikan kerbau, memetik sayur, bermain dengan kelinci, bersantai di taman, bermain ATV, naik sepeda air, perahu naga, hingga menginap di rumah pohon nan instagenic.

Harga tiket masuknya seharga 25 ribu per orang, namun untuk menikmati wahana harus bayar lagi dengan harga berbeda-beda. Lokasi Taman Buah Mekarsari terletak di Jalan Raya Cileungsi -Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 16.30 WIB, kecuali hari Sabtu – Minggu buka pukul 08.00 – 17.00 WIB.

13. Curug 7 Cilember

A post shared by Kakadedi (@kakadedi) on

Tak kalah dengan destinasi wisata Lombok yang menyuguhkan keindahan alam berupa air terjun, Bogor punya sejumlah air terjun cantik. Salah satunya adalah Curug 7 Cilember, kesegarannya bakal membuat stres Anda hilang.

Curug 7 ini merupakan air terjun terbawah dari 7 aliran air terjun lainnya yaitu ada curug 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Semakin kecil angkanya, lokasinya berada semakin tinggi dan sulit dijangkau. Curug 7 Cilember termasuk salah satu objek wisata alam paling bagus di Bogor favorit wisatawan. Terbukti, tiap libur akhir pekan selalu ramai pengunjung.

Alamat Curug 7 Cilember terletak di Jl. Raya Puncak KM. 15, Megamendung, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Untuk memasuki area curug, Anda akan dikenakan tiket masuk seharga Rp.15.000,- per orang dan Rp.25.000,- jika akan camping / berkemah.

14. Istana Cipanas

A post shared by Rinda Panjuda (@rinda_panjuda) on

Selain Istana Bogor, masih ada Istana Presiden Cipanas yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Berada di tanah seluas 26 hektar, bangunan utama istana tampak begitu epik diabadikan dengan kamera. Udaranya sejuk karena dikelilingi taman dan pepohonan hijau.

Dari luar saja sudah kelihatan megah, apalagi di dalamnya ya? Saat memasuki ruangan istana, Anda akan menemukan beragam lukisan karya pelukis terkenal seperti Affandi dan Soejono D S yang menempel di dinding. Konon, ada sekitar 310 lukisan terpajang di sini, 240 diantaranya merupakan koleksi pribadi Presiden Soekarno.

Oya, saat berada di dalam ruangan Istana Cipanas, Anda tidak diperkenankan untuk memotret karena demi keamanan. Jadi, jangan sampai melanggar ya! Di sekitar bangunan utama, ada 5 Paviliun bernama Yudistira, Arjuna, Bima, Nakula, dan Sadewa. Ada juga Gedung Bentol dengan dinding penuh bentol-bentol mirip batuan dari semen.

Tak seperti objek wisata pada umumnya, untuk memasuki istana, Anda harus mengajukan surat permohonan / izin seminggu sebelum kunjungan. Alamat Istana Cipanas terletak di Jl. Raya Cipanas No. 105, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Waktu berkunjung setiap hari Senin – Kamis, pukul 09.00 – 14.00 WIB dan Jumat 09.00 – 11.00 WIB / 14.00 – 16.00 WIB. Harga tiket masuk sepertinya gratis.

15. Taman Bunga Nusantara

Gak harus pergi ke luar negeri untuk mendapatkan tempat wisata romantis saat melakukan prewedding. Pasalnya, kawasan Puncak Bogor juga punya destinasi bagus untuk kegiatan tersebut. Gak percaya? Datang saja ke Taman Bunga Nusantara di Jalan Mariwati KM.7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Suasananya sejuk berisi hamparan bunga berwarna-warna sejauh mata Anda memandang. Uniknya, taman-taman yang ada sengaja didesain bergaya negara-negara dunia. Misalnya, Taman Jepang berisi pohon sakura dengan bangunan kayu di pinggir kolam ikan koi. Ada juga Taman Gaya Perancis, keindahannya akan membawa Anda serasa di kebun bunga Istana Versailles Paris.

Indahnya beragam bunga warna-warni Taman Bunga Nusantara membuat setiap pengunjung serasa berada di negara-negara Eropa atau pun Asia. Harga tiket masuk ke dalam area taman sekitar 30 ribu rupiah per orang. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

16. Little Venice Kota Bunga

A post shared by Roby Junians (@robi_junians) on

Selain Taman Bunga Nusantara, ada satu lagi destinasi wisata terbagus di kawasan Puncak Bogor untuk merasakan sensasi Eropa, yaitu Little Venice Kota Bunga. Di sini, Anda akan menemukan bangunan megah bergaya benua biru dengan sebuah sungai mengalir di dalamnya. Layaknya Kota Venesia di Italia.

Anda dapat mengarungi sungai tersebut menggunakan perahu sampan sambil menikmati gedung-gedung ala Eropa. Wahana lain juga tak kalah asyik untuk dicoba seperti Kapal Missisipi, Perahu Bebek, Sepeda Air, Banana Boat, Perahu Naga, dan lainnya.

Lokasi Little Venice terletak di Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, tepatnya dalam kawasan Wisata Kota Bunga. Sekitar 200 meter pertigaan Ciloto Anda mengambil arah kiri ke Kota Bunga, tak terlalu jauh dari Puncak Pass.

Harga tiket masuknya dibanderol sekitar Rp.25.000,- (weekdays) dan Rp.40.000,- (weekend / hari libur). Sementara biaya naik wahana bervariasi mulai dari 15 ribu rupiah hingga 40 ribu rupiah. Bisa juga sebagai tempat prewedding tapi tarifnya lumayan mahal mencapai 1 jutaan. Jam buka pukul 09.00 – 16.30 WIB.

17. Kebun Raya Cibodas

Bagi Anda penyuka objek wisata alam, maka Kebun Raya Cibodas bisa menjadi alternatif pilihan saat liburan ke daerah Puncak Bogor. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan, seperti menikmati pemandangan hijau, berkuda, naik kereta keliling, atau pun berkunjung ke air terjun sambil menghirup udara segar.

Satu hal yang sering ditunggu-tunggu oleh para wisatawan di Kebun Raya Cibodas adalah moment saat mekarnya bunga sakura. Tepatnya sekitar bulan Januari – Februari. Suasananya sungguh mirip Jepang, karena Taman Sakura ini memakai konsep Japanese style.

Lokasi Kebun Raya Cibodas berada di dalam Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur. Harga tiket masuk ke sini lumayan murah, hanya Rp.9.500,-. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi mengingat kebun ini begitu luas, hingga 80 hektar.

18. Kebun Raya Bogor

A post shared by Janoko (@janoko_18) on

Siapa seh yang tak kenal dengan Kebun Raya Bogor? Tempat wisata best vacation kebanggaan warga Bogor ini selalu menjadi favorit wisatawan selama liburan. Selain harga tiketnya murah, sekitar 15 ribu rupiah, kebun ini menawarkan berbagai spot menarik untuk dijelajahi.

Memangnya ada apa saja seh di Kebun Raya Bogor? Selain Istana Bogor, udara segar dan pepohonan hijau, setidaknya ada sepuluh lebih tempat bagus lainnya yang bisa Anda kunjungi di sini. Jika ingin melihat berbagai jenis tanaman, Anda bisa datang ke Griya Anggrek, Taman Sujana Kassan, Taman Bhinneka dan Taman Meksiko dengan kaktus-kaktus raksasanya.

Ada juga Taman Tugu Teijsman, Danau Gunting, Taman Astrid dan Kafe Dedaunan yang juga menyuguhkan panorama alam indah. Tak hanya tanaman, Anda juga bisa melihat aneka satwa di Museum Zoologi. Bagi yang suka sejarah, bisa mampir ke Monumen Lady Raffles, Tugu Reinwardt, serta Pemakaman Belanda Kuno.

Tempat keren lainnya tentu saja Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum), Pohon Jodoh dan Jembatan Merah yang menjadi spot foto favorit traveler muda. Alamat Kebun Raya Bogor terletak di Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Lokasinya cukup dekat dengan Stasiun Bogor, jadi mudah diakses apalagi banyak angkutan umum. Jam buka mulai pukul 07.30 – 16.30 WIB.

19. Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Bukan hanya destinasi wisata Bali yang terkenal akan keindahan puranya, Bogor juga punya pura cantik nan mempesona, namanya Pura Parahyangan Agung Jagatkartta. Berlatar Gunung Salak, pura ini berdiri megah dengan nuansa Pulau Dewata.

Lokasi pura ini lumayan mudah dijangkau dari Stasiun Kereta Api Bogor. Anda tinggal naik angkot 02 jurusan Terminal Bubulak/Laladon-Sukasari, turun di Bogor Trade Mall. Setelah itu, lanjutkan perjalanan memakai angkot 03 jurusan Ciapus-Ramayana arah Warung Loa.

Untuk memasuki pura, Anda tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Tapi, ada juga traveler yang bilang “bayar seikhlasnya”. Mengingat pura merupakan tempat ibadah, Anda harus bisa menjaga tata tertib atau menaati aturan di sini seperti larangan masuk ke dalam pura dan bagi wanita yang sedang datang bulan tidak boleh ke sini.

20. Puncak Mustika Manik

Ada banyak tempat hunting foto yg keren di Bogor, salah satunya adalah Puncak Mustika Manik. Lokasinya berada di Jalan Gunung Picung, Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah, Anda sudah bisa berselfie ria dengan latar perbukitan hijau nan eksotik.

Spot foto keren kekinian yang bisa Anda explore antara lain ayunan ekstrim (sky swing), meja kursi melayang (flying lounge), dan gardu pandang. Suasananya sungguh sangat alami, udaranya pun segar, cocok buat melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari.

21. Suaka Elang Loji / Loji Suaka Elang

Kawasan Bogor seperti Sentul atau pun Puncak biasanya identik dengan villa atau pun wahana permainan. Nah, sesekali Anda bisa lho mengunjungi tempat wisata anti mainstream agar tidak bosan selama liburan. Coba deh, datang ke Suaka Elang Loji / Loji Suaka Elang di Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Disini, Anda akan benar-benar merasakan kembali ke alam yang sesungguhnya. Betapa tidak, jalan aksesnya pun harus dilalui dengan jalan kaki menyusuri jalan terjal berbatu. Tapi, kelelahan Anda akan terbayar begitu sampai di lokasi, deretan pohon pinus hijau nan indah membuat suasana terasa sejuk dan nyaman.

Paling asyik tentu saja sekalian camping di bawah pohon pinus, percuma donk jalan jauh-jauh tapi hanya sebentar menikmati keindahan alam. Pagi harinya, Anda dapat treking ke Curug Cibadak. Namun sebelumnya, jangan lupa untuk berfoto di jembatan gantung (canopy trail), hutan pinus, dan melihat penangkaran elang.

Harga tiket masuk ke Loji Suaka Elang sekitar Rp.10.000,- dan Rp.25.000,- jika akan berkemah. Saran buat Anda yang akan berfoto atau melewati jembatan gantung, sebaiknya ekstra hati-hati karena kayu pijakannya sudah lumayan berumur. Keselamatan tetap yang utama ya gaes!

22. Taman Budaya Sentul City

Kawasan Sentul City yang berlokasi di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, memiliki sejumlah destinasi wisata yang tak kalah bagus dengan daerah Puncak. Di Sentul, Anda bisa menikmati sejumlah wahana permainan, taman rekreasi, air terjun, panorama hutan pinus, hingga kuliner.

Salah satu objek wisata keluarga yang recommended di sini adalah Taman Budaya Sentul City. Daya tarik utama selain wahana permainan berupa udara segar dan dikelilingi oleh Gunung Geulis, Gunung Pancar, Gunung Gede, Gunung Salak, serta Bukit Hambalang.

Berbagai aktivitas seru yang bisa Anda lakukan bersama sang buah hati antara lain melukis, membatik, membuat keramik, high ropes, fun games, paintball, trampoline, panahan, dan flying fox. Harga tiket masuknya gratis tapi untuk mencoba wahana harus membayar sekitar 20 – 200 ribu rupiah.

Alamat Taman Budaya Sentul terletak di Jl. Siliwangi No. 1, Sumur Batu, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 0.00 – 17.00 WIB. Berdekatan dengan taman ini juga terdapat wisata alam Fantasia yang tak kalah asyik. Bila ingin melihat air terjun, Anda bisa pergi ke Curug Bidadari Sentul Paradise Park.

23. Curug Seribu

A post shared by Ade P (@adepurnom) on

Keberadaan Curug Seribu cukup tersembunyi di antara lebatnya hutan dan bukit Gunung Bunder Kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE). Untuk mencapainya, Anda harus treking ekstra keras dan hati-hati mengingat medan jalan yang ada cukup terjal. Bahkan, selama perjalanan mungkin Anda akan menemui monyet liar.

Dengan ketinggian mencapai 100 meter, jatuhan aliran air Curug Seribu sungguh sangat eksotis. Apalagi dikelilingi bukit dan hutan lebat, semakin menambah kesan alami seakan-akan belum terjamah sama sekali. Pantas rasanya memasukkan curug ini ke dalam daftar air terjun paling indah dan bagus di Bogor yang wajib dikunjungi.

Meskipun cantik, Curug Seribu konon penuh cerita mistis. Oleh karena itu, Anda wajib menaati segala peraturan yang ada di sini demi keselamatan. Harga tiket masuk ke sini ada 2 macam, pertama masuk ke kawasan Gunung Bunder sekitar Rp.15.000,-., lalu masuk area curug sekitar 5 – 7 ribu rupiah. Alamat lengkapnya terletak di Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.

24. Kampung Budaya Sindang Barang

A post shared by Rey. (@reynaldioktfn) on

Tak melulu soal keindahan alam, Bogor juga punya tempat liburan yang mengusung tema edukasi dan budaya seperti halnya aneka wisata di Jogja. Gak percaya? Datang saja ke Kampung Budaya Sindang Barang. Anda akan bisa melihat rumah tradisional Sunda Bogor dari kayu, saung sebagai lumbung padi, serta pertunjukkan kesenian seperti Tari Jaipong dan debus.

Untuk mengenal lebih jauh tentang budaya sunda, Anda sebaiknya mengambil paket wisata seharian atau menginap di sini. Untuk kegiatan paket seharian berupa pemaparan sejarah, menumbuk padi, permainan tradisional, belajar angklung gubrak, belajar tari jaipong, trekking situs dan menangkap ikan.

Harga paket wisata seharian sekitar 100 ribu rupiah, jika menginap bervariasi antara 325 – 400 ribu rupiah tergantung fasilitas yang diterima dan lama bermalam. Anda bisa juga membeli kain batik motif sunda disini sebagai oleh-oleh khas Bogor untuk keluarga / saudara.

Alamat Kampung Budaya Sindang Barang terletak di Jl. Endang Sumawijaya, RT. 02 / RW. 08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Pasireurih, Bogor, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 5 km dari pusat kota. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

25. The Ranch Mega Mendung

Jika mendengar nama De’ Ranch, tentu ingatan kita akan tertuju pada salah satu tempat wisata di Lembang Bandung yang menyuguhkan aktivitas berkuda ala koboi. Sekarang, ternyata Bogor juga punya lho destinasi serupa bernama The Ranch Cisarua Puncak atau dikenal juga dengan sebutan The Ranch Mega Mendung.

Seperti halnya De’ Ranch Lembang, di sini pun Anda bisa berkuda sambil menikmati pemandangan alam indah. Meskipun termasuk objek wisata yang baru buka, wahana dan fasilitas di sini sangatlah lengkap. Ada banyak spot foto kekinian seperti bangunan megah bergaya Eropa, taman bunga, Jembatan Dongeng, Terminal Naik Kuda, dan Candy Barrel.

Permainan untuk anak-anak atau keluarga pun lengkap seperti panahan tradisional, melukis keramik, lego, trampolin, dan mainan naik kuda-kudaan. Lapar? Ada restoran enak dan luas yang akan mengenyangkan perut Anda. Dengan kelengkapan fasilitas tersebut, tak mengherankan bila kehadiran The Ranch langsung ngehits dikalangan traveler.

Lokasi The Ranch Cisarua Puncak terletak di Jalan Raya Puncak – Cianjur No.428, Leuwimalang, Cisarua, Kopo, Bogor, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB. Harga tiket masuk dibanderol Rp.20.000,- dan tarif tiap wahana berbeda-beda antara 20 – 25 ribu rupiah.

26. Danau Quarry

A post shared by Tyo (@tyoadje) on

Tak begitu sulit mencari tempat wisata indah di Bogor yang murah, pasalnya hampir setiap sudut daerah ini menawarkan kecantikan alam nan eksotik. Salah satunya tentu saja Danau Quarry. Airnya yang berwarna hijau toska tampak begitu mempesona layaknya danau Danau Kelimutu Flores.

Danau Quarry terbentuk dari bekas pertambangan batu dan pasir yang dikelola oleh PT Jayamix. Oleh karena di protes oleh warga setempat, akhirnya proses penambangan tersebut berhenti. Nah, lama-kelamaan, tanah bekas galian tersebut terisi oleh air hujan selama bertahun-tahun, lalu terbentuklah sebuah danau.

Danau buatan ini juga dikenal dengan nama Danau Jayamix Rumpin. Lokasinya terletak di Kampung Nanggaherang, Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeng, Kabupaten Bogor. Mengingat akses jalan menuju danau terbilang belum bagus, menanjak dan banyak kerikil, jadi Anda harus ekstra hati-hati.

Aktivitas favorit wisatawan di sini biasanya berfoto dengan latar air danau yang instagramable. Harga tiket masuknya sekitar 10 ribu rupiah. Konon katanya, sunrise dan sunset di sini lumayan keren, Anda bisa datang pagi atau sore hari saat cuaca cerah untuk melihatnya.

27. Pondok Rasamala

A post shared by Eva F. Manullang (@evaafa) on

Selain Puncak Bogor, ada satu daerah lagi yang memiliki udara sejuk dengan pepohonan hijau, yaitu Gunung Bunder, di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kab. Bogor, Jawa Barat. Lokasinya cukup strategis mudah dijangkau, dari Jakarta bisa ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan.

Nah, salah satu penginapan terbaik di Gunung Bunder adalah Pondok Rasamala. Mengusung tema “alam pedesaan”, bangunan di sini sengaja di desain unik penuh artistik dengan bahan kayu dan bambu. Tersedia juga area glamping (glamour camping) untuk tamu yang ingin merasakan alam lebih dekat.

Fasilitasnya pun terbilang lengkap, ada saung-saung, ruang pertemuan, jogging track, camping ground, area outbound, kolam renang, pemancingan, taman-taman bunga, hingga aliran sungai kecil. Sungguh sangat pantas rasanya memasukan Pondok Rasamala ke dalam list rekomendasi hotel terbaik di Bogor untuk liburan.

Alamat Pondok Rasamala terletak di Jalan Gunung Bunder, Gunung Sari, Pamijahan, Bogor Barat, Gn. Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Tarif sewa per malamnya dibanderol sekitar 900 ribu – 5 juta rupiah. Lumayan mahal, tapi sepadan dengan apa yang akan Anda dapatkan selama bermalam di sini.

28. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Dan Gunung Peyek Ciseeng

A post shared by Toni Ahmad (@tafakuralam) on

Bukan hanya kawasan wisata Garut dan Guci Tegal saja yang terkenal akan pemandian air panasnya, Bogor juga punya lho. Datang saja ke daerah Ciseeng, Bojong Indah, Parung, di sini ada sekitar 2 tempat pemandian air panas, yaitu Tirta Sanita Dan Gunung Peyek.

Jika Anda ingin fasilitas yang lebih lengkap, maka datanglah ke Tirta Sanita. Di sini ada wahana tambahan berupa area outbond, permainan anak, waterpark mini, tempat makan, dan penginapan. Berendam di air panas tentu akan membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks dan bisa mengobati penyakit kulit karena konon airnya mengandung belerang. Harga tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah. Jam buka pukul 07.00 – 17.00 WIB.

29. Penangkaran Rusa Cariu

Bagi Anda warga Bogor dan sekitarnya, kini tak harus jauh-jauh pergi ke Kampung Cai Ranca Upas Bandung Selatan untuk berinteraksi dengan rusa. Pasalnya, sekitar 40 km dari Cibubur ada Penangkaran Rusa Cariu yang tak kalah asyik dikunjungi.

Di sini, Anda bisa mengajak anak-anak berinteraksi dengan rusa sambil memberi makan serta berfoto. Pemandangan alamnya pun sangat indah, apalagi penuh pepohonan membuat udara menjadi lebih sejuk segar. Pas banget buat menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga.

Alamat lengkap Penangkaran Rusa Cariu terletak di Buanajaya, Tanjungsari, Buanajaya, Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 07.00 – 15.00 WIB. Harga tiket masuk sebesar Rp.10.000,- per orang dan harga makanan rusa 5 – 10 ribu rupiah.

30. Hutan Pinus Gunung Pancar

A post shared by Nia Nadine (@nadinenia) on

Gak kalah keren dengan hutan pinus Mangunan Jogja yang sudah terkenal lebih dulu, Hutan Pinus Gunung Pancar Bogor juga menyajikan panorama instagenic nan eksotis. Tak hanya itu, Anda pun bisa berendam air panas di sini lho. Asyik bukan?

Gunung Pancar terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Berada pada ketinggian sekitar 300-800 mdpl, udara di sini terasa sejuk, apalagi penuh dengan pohon pinus. Selain berfoto di antara pohon pinus yang menjulang tinggi, ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan oleh wisatawan.

Aktivitas tersebut meliputi camping, hiking, downhill, jogging, berkuda, bersantai di cafe, dan berendam air panas. Bagi Anda calon pengantin baru, bisa juga melakukan prewedding di kawasan hutan pinus ini. Harga tiket masuk ke sini sebesar Rp.5.000,- (weekdays) dan Rp.7.500,- (weekend). Jika akan camping, ada biaya tambahan.

31. Villa Rumah Putih

Bermalam di villa bersama keluarga merupakan salah satu pilihan menarik selama libur akhir pekan. Anda bisa mencoba untuk menyewa Rumah Putih Bogor di Desa Tajur Halang No. 8, RT. 4 / RW. 4, Tajur Halang, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat. Fasilitasnya super modern dengan view pemandangan Gunung Salak nan indah.

Tersedia juga taman bermain dan sarana outbound yang aman untuk anak-anak seperti rafting , paintball dan team building. Rumah Putih Bogor memiliki sekitar 6 vila dengan harga 850 ribu – 2,5 juta rupiah. Bangunannya berwarna serba putih dan elegan. Nyaman banget buat menenangkan diri dari keramaian kota.

32. The Highland Park Resort

Ingin bermalam di dalam tenda ala Mongolia? Datang saja ke The Highland Park Resort di Jl. Curug Nangka, Sinarwangi, Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat. Resort ini menyajikan banyak tenda putih di lahan seluas 9 hektar. Interior setiap tenda di desain mirip suasana mongol, ada kain warna-warni menjuntai dari langit-langit hingga lantai.

Meskipun berupa tenda, fasilitasnya terbilang lengkap layaknya hotel berbintang. Tersedia ranjang besar, sofa, TV, kamar mandi, air panas, AC, kulkas, dan wifi internet. Ada juga tenda Apache Camps bergaya indian, unik dan keran pokoknya! Harga sewanya lumayan mahal, sekitar 2 jutaan lebih, tapi sebandinglah dengan pelayanan yang bakal Anda terima.

Fasilitas luar ruangannya juga asyik lho, ada mini waterboom, jogging track, swimming pool, futsal field, kids playground, flying fox, high rope, dan team building. Keberadaannya di kaki Gunung Salak membuat suasana The Highland Park Resort semakin nyaman dengan udara sejuk dan panorama alam indah.

33. Nicole’s Kitchen & Lounge

Hangout bersama keluarga di tempat yang enak dan asik bisa menjadi alternatif kegiatan dalam mengisi libur akhir pekan. Di kawasan Puncak Bogor, ada satu restoran unik yang cozy banget buat kumpul-kumpul dengan keluarga atau pun sahabat. Namanya Nicole’s Kitchen & Lounge.

Desain tempat nongkrong hits di Bogor ini bernuansa serba putih, ada area indoor dan outdoor dengan view panorama alam yang bagus. Kursinya pun dibuat senyaman mungkin, sehingga pengunjung akan rileks bersantap sambil ditemani udara sejuk puncak.

Lokasi Nicole’s Kitchen & Lounge terletak di Kampoeng Brasco Cipanas, Jl. Raya Cipanas Hanjawar No. 1, Palasari, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Menu yang disajikan terdiri dari menu lokal dan western, tapi bila Anda seorang muslim, wajib memesan makanan halal ya! Tempat ini buka dari pagi hingga malam hari tepatnya pukul 10.00 – 22.00 WIB.

34. The Jungle Water Adventure / The Jungle Waterpark Bogor

The Jungle Water Adventure merupakan tempat wisata populer di Bogor yang selalu ramai dikunjungi wisatawan saat hari libur. Waterpark ini menyuguhkan beragam wahana asyik untuk bermain air, dari mulai Kiddie Pool, Leisure Pool, Fountain Futsal, hingga Lazy River.

Tak hanya itu, tersedia juga permainan lain yang tak kalah seru seperti Rumah Hantu, Snow World, Flying Fox, Paint Ball dan Gokart. Ada juga Bird Park berisi aneka satwa burung dari berbagai daerah baik Indonesia maupun negara-negara di dunia. Jika ingin mengasah saraf motorik anak-anak, Anda bisa mengajak mereka bermain di Dry Park.

Alamat The Jungle terletak di Jalan Bogor Nirwana Boulevard, Perumahan Bogor Nirwana Residence, Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB (Senin – Jumat) dan pukul 08.00 – 18.00 WIB (Sabtu – MInggu). Harga tiket masuk sekitar Rp.80.000,- (weekdays), Rp.95.000,- (weekend), serta Rp.120.000,- (high season).

35. JungleLand Adventure Theme Park

Ngomongin wahana liburan asik biasanya identik dengan tempat wisata di Jakarta yang bernama Dufan. Namun, ternyata Bogor juga punya destinasi serupa yang tak kalah keren, yaitu JungleLand Adventure Theme Park. Di sini, Anda akan menemukan sekitar 41 wahana seru dan pameran robot berukuran raksasa.

Wahana permainan JungleLand terbagi menjadi 4 zona yaitu Mysteria, Carnivalia, Tropicalia, dan Explora. Keistimewaan taman hiburan ini berupa Science Center, dimana pengunjung bisa melihat aneka peraga sains, misalnya robot kelelawar, badak, bunglon, jerapah, dan belalang.

Lokasi JungleLand terletak di Kawasan Sentul Nirwana, Jalan Jungleland Boulevard No. 1, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB (Senin – Jumat) dan pukul 09.00 – 18.00 WIB (Sabtu – Minggu). Harga tiket dibanderol seharga Rp.165.000,- (weekday), Rp.220.000,- (weekend), dan Rp.250.000,- (high season).

36. Canopy Trail Cikaniki

A post shared by budak_bogor (@abee_aries) on

Pariwisata Bogor tidak melulu soal wahana permainan anak-anak. Bagi Anda pecinta alam, bisa mencoba berkunjung ke Taman Nasional Gunung Halimun. Ada beberapa spot wisata yang bisa Anda kunjungi dari mulai perkebunan teh, canopy trail, curug, hingga desa wisata.

Salah satu diantara objek tersebut ada Canopy Trail (Jembatan Gantung) yang berada di stasiun penelitian Cikaniki. Jembatan ini lagi hits banget dikalangan netizen atau anak-anak IG lantaran berfoto di atas jembatan tampak begitu epic.

Untuk menaiki Canopy Trail, Anda harus berhati-hati dan siap memacu adrenalin. Pasalnya, jembatan dengan panjang sekitar 100 meter ini berada di ketinggian 20 – 25 meter. Saat menaikinya, tentu saja akan ada goyangan atau ayunan dari jembatan karena berupa rangka gantung.

37. Agro Wisata Gunung Mas

A post shared by yoga dwi guna (@yogadwiguna) on

Liburan ke kebun teh menjadi salah satu pilihan wisatawan untuk melepas penat dari pekerjaan atau hiruk pikuk perkotaan. Anda bisa berkunjung ke Agro Wisata Gunung Mas di Jl. Raya Puncak KM.87, Tugu Sel., Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Hamparan hijau perkebunan teh yang indah akan menyambut kedatangan Anda di sini.

Ada 3 tipe tea walk yang bisa dilakukan yaitu rute 4 km, 6 km dan 8 km. Harga tiket masuknya juga murah, sekitar 15 – 20 ribu rupiah. Selain treking berjalan menyusuri kebun teh, Anda juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya seperti berkuda, off road naik ATV, bermalam, berfoto, dan menikmati teh hangat.

38. Cimory Riverside

A post shared by Dee (@lidya.septiyanti) on

Lapar saat jalan-jalan ke Bogor? Cimory Riverside bisa menjadi alternatif pilihan. Lokasinya berada di Jalan Raya Puncak KM.77, Ds. Leuwimalang Kec, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Selain terkenal akan produk olahan susunya, Cimory Riverside juga menyediakan aneka menu makanan lokal dan western.

Tempat makan enak di Bogor yang lagi hits ini memiliki sejumlah spot menarik seperti mini zoo, kebun-kebun cantik, dan hutan. Hanya dengan membayar tiket seharga Rp.15.000,-, Anda sudah bisa menikmatinya. Ada aliran sungai juga lho disini, asyik dan instagramable banget untuk foto-foto. Jam buka mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB.

39. Rumah Air Bogor

A post shared by ¥ € n k (@reni_iyenk79) on

Destinasi wisata berkonsep “one stop visit” nampaknya sedang ngetrend akhir-akhir ini. Terbukti, beberapa tempat rekreasi mulai menata ulang dan melengkapi fasilitasnya. Salah satunya adalah Rumah Air Bogor di Bogor Nirwana Residence ST 207, Jl. Raya Boulevard CBD, Bogor Selatan, Mulyaharja, Bogor Sel., Kota Bogor, Jawa Barat.

Rumah Air bukan hanya menyajikan kuliner Bogor tetapi juga dilengkapi wahana permainan air dan outbond untuk keluarga. Misalnya, balon besar, perahu, bebek air, becak mini, menanam padi dan menangkap ikan di kolam lumpur. Penambahan fasilitas tersebut tentu saja bertujuan agar wisatawan semakin tertarik untuk datang ke sini. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

40. Bukit Talita Mountain Resort Resto Agrotourism

Ingin merasakan kesunyian dan keindahan alam layaknya Ubud Bali? Berkunjunglah ke Bukit Talita Mountain Resort Resto Agrotourism. Berada di lereng pengunungan dengan dikelilingi pepohonan dan perkebunan teh, membuat penginapan ini sanga nyaman untuk menyendiri. Pikiran Anda akan menjadi fresh kembali.

Ada sekitar 30 resort yang tersedia di sini, berisi 2-6 kamar dan fasilitas beraneka ragam layaknya hotel bintang 4. Lokasinya lumayan dekat, 3 jam perjalanan dari Bandung atau 2 jam perjalanan dari Jakarta. Alamat lengkap resort ini terletak di Jl. Siguntang, RT.09 / RW.02, Desa Ciloto, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

41. Puncak Pass Resort

A post shared by Keyra Haura Hafiza (@hakeyra) on

Kawasan Puncak Bogor memang surganya penginapan bagus dengan view panorama alam indah. Salah satunya adalah Puncak Pass Resort di Jl. Raya Puncak km.90 PO BOX 18. Hotel ini menawarkan akomodasi sederhana dengan suasana tenang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota.

Fasilitasnya lumayan lengkap, ada kolam renang ourdoor, spa, pusat kebugaran, taman bermain anak, restoran serta wifi gratis. Setiap kamar dilengkapi TV kabel, kamar mandi shower, ruang duduk, dan lainnya. Jika ingin berkunjung ke Taman Bunga Nusantara pun lumayan dekat, hanya sekitar 30 menit perjalanan.

42. Aliran Curug Love

A post shared by Rendi octa (@rendyocta2) on

Curug Love atau Curug Cinta termasuk destinasi wisata air terjun tersembunyi di Bogor yang jarang diketahui banyak orang. Tapi, keelokannya akan membuat siapapun terkagum-kagum. Apalagi batuan unik di sepanjang aliran curug ini, sungguh sangat eksotis layaknya grand canyon.

Meskipun tak terlalu tinggi, kejernihan airnya membuat curug ini tampak cantik. Harga tiket masuknya sekitar 10 ribu rupiah. Lokasi Curug Love terletak di kawasan Sentul, tepatnya Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

43. Curug Ciherang

A post shared by ßerlin™ (@berliano.fds) on

Melihat kondisi geografis daerah Bogor yang berupa perbukitan / pegunungan, tak mengherankan jika banyak air terjun cantik yang bisa dikunjungi wisatawan. Diantaranya tentu saja Curug Ciherang di Desa Warga Jaya, Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Bogor. Jam buka mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB (NB : hari Kamis tutup).

Curug Ciherang terdiri dari tiga tingkatan dengan dikelilingi pepohonan hijau nan subur. Berfoto berlatar aliran air terjun akan tampak begitu instagenic. Di sekitar curug ini, ada sebuah jembatan kayu / rumah pohon yang hits banget dikalangan traveler muda. Nah, kalau bisa sempatkanlah mampir ke sini.

A post shared by Tampan (@backpackertampan) on

Untuk mencapai lokasi air terjun, Anda sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena sepertinya belum ada kendaraan umum. Lama perjalanan sekitar 3 jam dari Jakarta. Harga tiket masuk sebesar Rp.15.000,- dan naik ke jembatan kayu / rumah pohon biayanya Rp.2.000,-.

44. Curug Lembah Pelangi

A post shared by A_may (@hadjukemal) on

Nama Curug Lembah Pelangi mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Namun, keindahannya layak disejajarkan dengan berbagai coban cantik yang menjadi ikon wisata Malang Raya, Jawa Timur. Meskipun masih cenderung sepi karena belum terjamah banyak traveler, pengelolaan curug ini lumayan bagus.

Sudah ada gerbang masuk untuk membayar tiket masuk dan jalan menuju curug tertata rapi. Selain menikmati keelokannya, di sini juga tersedia fasilitas rappelling yaitu menuruni air terjun menggunakan tali. Dengan ketinggian 20 meter dan kemiringan sekitar 75 derajat, cukup ideal bagi para pemula.

Mengingat curug ini dikelola perorangan dan tim rappelling tidak selalu standby di tempat, maka Anda harus reservasi terlebih dahulu jauh-jauh hari. Harga paket rappeling sekitar 70 ribu rupiah, sedangkan tarif masuk air terjun hanya 4 ribu rupiah. Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya!

Curug Lembah Pelangi terletak di Kampung Jatake, Desa Cimanggu, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Jam buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB. Mengingat lokasinya cukup tersembunyi, sebaiknya tanya ke warga sekitar jika akan berkunjung ke curug ini.

45. Curug Pasir Reungit

A post shared by A_may (@hadjukemal) on

Satu lagi air terjun di kawasan Bogor yang belum banyak diketahui orang yaitu Curug Pasir Reungit. Aliran airnya tampak begitu eksotik, di bagian bawah terdapat kolam air berwarna hijau toska. Pepohonan hijau tampak begitu asri mengelilingi area curug. Udara di sini pun terasa sejuk menyegarkan, semakin membuat betah.

Jalan menuju Curug Pasir Reungit lumayan curam meskipun sudah ditata rapi menggunakan pijakan batu alam. Jadi, Anda harus ekstra hati-hati saat berjalan kaki. Harga tiket masuk dibanderol Rp.10.000,- per orang. Lokasi curug ini berdekatan dengan Curug Pangeran, kawasan Gunung Salak Endah, tepatnya di Gunung Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

46. Bukit Paralayang Puncak / Bukit Gantole

A post shared by Bayu adi prakoso (@bayucahyo65) on

Ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian sambil memacu adrenalin? Cobain saja naik paralayang di Bukit Gantole kawasan Gunung Mas Puncak Bogor. Lokasinya tak jauh dari masjid At-Ta’awun. Untuk memasuki bukit ini, Anda akan dikenakan retribusi sebesar 13.000,- sedangkan jika akan terbang memakai gantole / paralayang biayanya sekitar 350 ribu rupiah.

Meskipun asyik dan seru, tidak semua orang bisa naik lho! Ada persyaratan yang harus dipenuhi demi keselamatan. Misalnya, tidak mengidap penyakit jantung, berat badan antara 20 – 85 kg, dan usia dibawah 18 tahun harus minta ijin orang tua. Kecepatan angin juga harus maksimal 20 km per jam, tak boleh lebih.

47. Bukit / Gunung Kapur Ciampea

A post shared by Irvan Akbar (@ipangcipung) on

Bukit / Gunung Kapur Ciampea termasuk salah satu tempat wisata baru di Bogor yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Dari atas bukit kapur ini, Anda akan bisa menyaksikan landscape kota Bogor dari ketinggian beserta gunung dan perbukitan di sekelilingnya seperti Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango.

Ketinggian bukit ini sekitar 300-an mdpl, dengan puncak tertinggi meliputi Puncak Lalana, Puncak Galau, dan Puncak Batu Roti. Untuk mencapai puncak, Anda harus trekking menyusuri jalan bebatuan kapur. Gunakanlah pakaian casual dan alas kaki ringan agar nyaman dalam berjalan. Harga tiket masuk ke sini sekitar 5 ribu rupiah. Lokasi Bukit Kapur Ciampea lumayan dekat dari Kampus IPB Dramaga.

Itulah review singkat sejumlah tempat wisata di Puncak Bogor dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi. Keren dan bagus semuanya bukan? Oya, jika Anda punya masukan / tambahan informasi bisa menuliskannya melalui kolom komentar. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat sebagai referensi / peta wisata bagi sobat traveler semuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here