Home Wisata Asia 57 Tempat Wisata Baru Dan Hits Di Garut Yang Wajib Dikunjungi –...

57 Tempat Wisata Baru Dan Hits Di Garut Yang Wajib Dikunjungi – Explore Garut

22540
0

Tempat Wisata Di Garut – Sobat traveler, berikut ini saya sampaikan rekomendasi tempat wisata baru dan hits di garut yang wajib dikunjungi dan Anda explore. Dilengkapi dengan foto / gambar, nama, bahkan beberapa diantaranya disertai lokasi atau alamat, harga tiket masuk, fasilitas yang tersedia, sampai kecantikan atau keunikan yang dimiliki setiap objek wisata.

Kota Garut dan sekitarnya saat ini sedang naik daun sebagai tujuan tempat wisata di Jawa Barat favorit para traveler. Hal ini tentu saja karena kawasan Garut memiliki sejumlah destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Dari mulai keindahan alam, pantai, air terjun, waterboom, pemandian air panas, hingga tempat rekreasi keluarga dan anak ada semua disini.

Nah, dalam list kali ini, sengaja saya pilihkan tempat wisata terbaru yang lagi hits banget dikalangan wisatawan, terutama anak-anak muda. Selain itu, beberapa objek wisata bagus dan indah yang sudah terkenal tetap saya masukkan untuk menambah referensi liburan Anda di kota Garut serta sekitarnya.

Daftar Tempat Wisata Baru Dan Hits Di Garut Yang Wajib Dikunjungi – Explore Garut

1. Leuwi Tonjong Cihurip

Leuwi Tonjong Cihurip
Leuwi Tonjong Cihurip (Foto : instagram @hartasderis)

Seperti halnya pariwisata Lembang Bandung yang kaya akan pesona alam indah, Kabupaten Garut pun demikian adanya. Disini Anda bisa menemukan sejuta keelokan alam, salah satunya adalah Leuwi Tonjong Cihurip.

Kata Leuwi berasal dari bahasa sunda yang berarti sungai. Tempat wisata terindah yang lagi hits di instagram ini memang berupa aliran air dari Sungai Cihurip. Berbeda dengan sungai pada umumnya, Leuwi Tonjong tampak begitu unik dan eksotis karena di kanan kirinya dikelilingi tebing tinggi sekitar 90 – 210 meter. Keren banget bukan?

Lokasi atau alamat Leuwi Tonjong terletak di kawasan kampung Rentog, Ds. Jayamukti, Kec. Cihurip, Kab, Garut, Jawa Barat. Buat Anda yang ingin datang ke sini, jangan lupa siapkan uang sekitar 15 ribu rupiah untuk membayar tiket masuknya. Siapkan fisik yang prima juga ya, karena Anda harus menempuh perjalanan sekitar 65 kilometer dari pusat Kota Garut.

2. Curug Rahong Cisewu

Curug Rahong Cisewu
Curug Rahong Cisewu (Foto : instagram @fannyhandriyana)

Garut termasuk salah satu daerah wisata di Indonesia yang dianugerahi sejumlah air terjun atau curug indah dan bagus. Mungkin karena lokasinya berupa dataran tinggi sehingga memungkinkan terjadinya aliran air sungai yang membentuk air terjun.

Curug pertama yang akan di review dalam list objek wisata Garut kali ini adalah Curug Rahong di Cibodas, Desa Sukajaya, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Curug ini tak begitu tinggi, namun 2 tebing tinggi yang mengapitnya dan sebuah batu ditengahnya memberi kesan unik dan epic.

Keberadaan Curug Rahong ini masih sangat alami, belum terjamah oleh banyak wisatawan. Jadi, Anda jangan berharap akan ada fasilitas mewah disini. Untuk parkir pun, Anda harus ekstra hati-hati karena belum ada penjaganya.

Semoga saja saat ini sudah dilengkapi minimal tempat parkir dan toilet. Harga tiket masuknya masih gratis, tapi dikemudian hari bila sudah dikelola secara resmi tampaknya akan ada retribusi masuk. Suasananya sangat asri, udaranya sejuk, pas banget buat menenangkan diri dari keramaian kota.

3. Curug Sanghyang Taraje

Curug Sanghyang Taraje
Curug Sanghyang Taraje (Foto : instagram @ahdi_h369)

Curug Sanghyang Taraje bisa dibilang termasuk air terjun terindah dan terbaik di Garut Jawa Barat saat ini. Dengan ketinggian sekitar 80 meter, jatuhan aliran airnya tampak begitu gagah dan epic. Ditambah lagi adanya tebing hijau disekililingnya, membuat pemandangan alam disini sangatlah cantik.

Secara administratif, Curug Sanghyang Taraje berada di Kp. Kombongan, Pakenjeng, Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Harga tiket masuk ke sini lumayan murah meriah, hanya ribu rupiah saja. Untuk menuju ke lokasi, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan roda dua alias motor.

Faslilitas disini terus dibenahi, jalannya sudah mulai disemen, ada bangku & gazebo di sekitar air terjun. Ada beberapa warung digerbang masuk, tapi sebaiknya bawa bekal sendiri ya. Untuk aktivitas disini, selain menikmati keindahan curug, Anda bisa berfoto dengan latar air tejun yang megah.

4. Kamojang Green Hotel & Resort

Kamojang Green Hotel Resort
Kamojang Green Hotel & Resort (Foto : instagram @raka_photo_hobby)

Bingung mencari hotel di Garut untuk bermalam saat liburan? Datang saja ke Kamojang Green Hotel & Resort, kamarnya sangat nyaman dengan pelayanan memuaskan. Setiap kamar dilengkapi dengan ranjang besar, TV layar datar, dan wifir.

Agar lebih asyik, Anda bisa memilih kamar di pinggir danau sehingga Anda bisa bersantai duduk-duduk, ngobrol, dan ngemil, sambil menikmati air danau. Viewnya juga lumayan bagus buat selfie, cocok banget buat traveler yang suka main instagram.

Lokasi dan alamat Kamojang Green Hotel & Resort terletak di Jalan Raya Kamojang KM.3, Sukakarya, Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Untuk harga setiap kamar berbeda-beda sesuai dengan fasilitas, sekitar 1 – 3 jutaan lebih per malamnya.

5. Kampung Sampureun

Tempat Wisata Di Garut
Tempat Wisata Di Garut : Kampung Sampireun (Foto : Roy Wicaksono via instagram @royradjaini)

Kampung Sampireun Resort & Spa merupakan salah satu tempat bulan madu paling romantis di Indonesia yang menjadi incaran para pengantin baru. Alamatnya terletak di Jl. Raya Samarang Kamojang, Sukakarya, Samarang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Resort ini berada di ketinggian 1.000 mdpl dan berada di tepi danau dengan luas mencapai satu hektar. Air danau yang bersih dihiasi oleh banyak ikan mas, pepohonan hijau nan rimbun dan bungalow-bungalow dari kayu, membuat tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu berdua bersama pasangan halal Anda.

Tempat wisata romantis di Garut ini memiliki sekitar 22 bungalow di pinggir danau. Setiap bungalow dilengkapi perahu yang bisa digunakan untuk menikmati suasana danau nan sejuk penuh dengan ikan-ikan cantik. Untuk dinner, Anda bisa mampir ke Seruling Bambu Restaurant yang masih berada satu kawasan. Asyik bukan?

6. Curug Orok

Curug Orok
Curug Orok (Foto : instagram @leohando)

Keindahan Curug Orok nampaknya layak disejajarkan dengan beragam objek wisata Bandung Jawa Barat seperti Curug Cimahi atau pun Curug Bugbrug. Betapa tidak, dengan ketinggian mencapai 45 meter, curug ini memiliki jatuhan air terjun yang sangat eksotis dikelilingi rimbunnya pepohonan hijau. Apalagi airnya tampak begitu jernih dan terasa dingin, sungguh membuat siapapun akan betah berlama-lama di sini.

Diantara air terjun utama, ada beberapa aliran air terjun kecil yang keluar dari tebing tertutup perdu hijau. Perpaduan semua aliran air tersebut membentuk panorama seperti taman air terjun, benar-benar cantik!
Lokasi Curug Orok terletak di Desa Cikandang, Cikajang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Untuk memasuki curug, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah per orang.

Rute perjalanan untuk menuju Curug Orok bisa dimulai dari pusat kota Garut, lalu arahkan perjalanan ke kawasan Cikajang, jaraknya sekitar 25 kilometer ke arah selatan. Anda akan melewati Jalan Raya Cimanuk, Jalan Raya Bayongbong, Jalan Raya Cisurupan, hingga sampai di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang.

7. Curug Nyogong, Cihurip

Curug Nyogong
Curug Nyogong (Foto : instagram @pryaji)

Jika Anda melalukan jelajah curug di Garut, maka Curug Nyogong harus masuk dalam list kunjungan Anda. Mengapa? Karena kecantikannya tak perlu diragukan lagi, lingkungan alam dan udaranya juga masih sejuk alami. Anda akan merasa benar-benar hidup di alam bebas tanpa polusi.

Kata “Nyogong” dalam bahasa sunda artinya berbelok atau menikung. Hal ini sesuai dengan arah aliran air terjun yang berbelok melewati batuan besar. Alamat Curug Nyogong berada di Kp. Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip, Garut. Untuk menuju lokasi, Anda harus melewati hutan sekitar 1 – 1,5 jam perjalanan.

Sebelum berangkat mengunjungi curug ini, Anda sebaiknya mempersiapkan diri mulai dari latihan fisik jalan kaki bagi yang belum terbiasa berjalan jauh. Bawa bekal secukupnya dan wajib ekstra hati-hati karena akan melewati bebatuan licin.

Agar lebih aman, sebaiknya datang saat musim kemarau tapi debit airnya tentu tak sebesar saat musim hujan. Harga tiket masuk sepertinya masih gratis, siapkan saja uang untuk berjaga-jaga siapa tahu saat ini sudah dikelola dengan baik oleh masyarakat sekitar sehingga mewajibkan biaya retribusi.

8. Curug Jagapati, Cisompet, Garut

Curug Jagapati
Curug Jagapati (Foto : instagram @ali_habibi83)

Curug Jagapati bisa dibilang sebagai salah satu tempat wisata air terjun tersembunyi di Garut Selatan yang paling indah. Keunikan air terjun ini terletak pada undakan aliran air dan kualitas airnya yang sangat jernih. Kesegaran airnya membuat siapapun akan tergoda untuk berenang di kolam bagian bawah Curug Jaga Pati.

Lokasi Curug Jagapati berada di Kampung Padarame, Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Seperti halnya rute jalan menuju Curug Nyogong, perjalanan ke Curug Jagapati juga harus ditempuh dengan trekking jalan kaki setelah sampai di Kampung Padarame. Jadi, siapkan fisik yang prima ya gaes! Untuk tiket masuk masih gratis.

9. Pantai Santolo

Pantai Santolo
Pantai Santolo (Foto : instagram @etet_teterekel)

Bukan hanya curug, kawasan Garut khususnya bagian selatan juga kaya akan deretan pantai yang tak kalah cantik dengan beragam tempat wisata hits di Bali seperti Kuta, Sanur, atau pun Crystal Bay Beach. Salah satu diantaranya adalah Pantai Santolo.

Pantai ini memiliki pasir berwarna putih kecokelatan dengan tekstur lembut di kaki. Selain menikmati deburan ombak dan angin pantai, Anda bisa mencoba watersport berupa banana boat seharga 25 ribu rupiah per orang.

Pantai Santolo atau disebut juga Pantai Cikelet oleh warga sekitar, termasuk destinasi unggulan Garut yang sudah sangat terkenal dikalangan wisatawan. Jadi, Anda tak akan terlalu sulit menemukannya. Hanya saja, perjalanan menuju lokasi lumayan jauh bila ditempuh dari pusat Kota Garut.

Alamat Pantai Santolo terletak di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tepatnya sekitar 90 km dari daerah kota. Rute jalannya sangat berliku, Anda harus ekstra hati-hati dalam berkendara mengingat di beberapa titik ada jalanan rusak atau sedang dalam perbaikan.

Harga tiket masuk ke Pantai Santolo dibanderol sebesar 3 ribu rupiah, murah meriah banget bukan? Tapi, mungkin saat ini sudah naik, siapkan saja uang 10 – 20 ribu untuk retribusi masuk. Oya, buat Anda yang suka fotografi, jangan sampai melewatkan sunrise cantik di pantai ini.

10. Pulo Santolo

Pulo Santolo
Pulo Santolo (Foto : instagram @brayphotowork)

Masih berada di kawasan Pantai Santolo, ada sebuah pulau kecil yang indah dan cantik. Kalau dilihat dari caption atau pun hastag foto di instagram, sebagian traveler menyebutnya dengan nama Pulo Santolo atau Pulo Sayang Heulang. Untuk menyebrang ke pulau ini, wisatawan biasanya menyewa nelayan dengan biaya 10 ribu rupiah per orang.

11. Curug Batu Nyusun

Curug Batu Nyusun
Curug Batu Nyusun (Foto : instagram @heri.nf)

Potensi wisata alam Kabupaten Garut memang sangat luar biasa, terutama keelokan curug atau air terjunnya. Misalnya saja Curug Batu Nyusun di Kampung Pencut, Desa Pangrumasan, Kecamatan Peundeuy.

Keunikan curug ini berupa susunan dinding tebingnya yang tampak seperti susunan batu betumpuk dengan rapi. Anda bisa melihat bentuk dinding tersebut saat musim kemarau karena aliran airnya relatif kecil. Bila musim penghujan, dinding tebing akan terhalang derasnya aliran air terjun.

Curug Batu Nyusun dikenal juga dengan nama Curug Cisarua, bila musim kemarau tiba kadang kering tak ada air mengalir. Jadi, kalau ingin melihat keindahan aliran airnya, datanglah saat musim hujan. Namun, Anda harus ekstra hati-hati mengingat jalan menuju lokasi masih belum bagus dan licin. Untuk harga tiket masuk sepertinya masih gratis.

12. Curug Utang, Pakenjeng, Garut

Curug Utang
Curug Utang (Foto : instagram @ikiiwwww)

Curug Utang termasuk salah satu tempat liburan di Garut selain pantai yang lagi hits dikalangan traveler muda. Alamat lengkapnya berada di Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan. Dengan ketinggian sekitar 30 meter, jatuhan airnya tampak begitu eksotis.

Ditambah lagi lingkungan sekitar yang dipenuhi pepohonan hijau, membuat panorama curug semakin cantik. Lokasi curug ini lumayan berdekatan dengan Curug Sanghyang Taraje, jadi sekali berkunjung, Anda akan bisa menikmati 2 destinasi wisata alam sekaligus. Untuk tiket masuk, kemungkinan tak akan gratis lagi bila sudah dibuka untuk umum.

13. Curug Cibadak

Curug Cibadak
Curug Cibadak (Foto : instagram @aghaniramadhan)

Sekilas, pariwisata Kabupaten Garut sangat mirip dengan aneka objek wisata di Malang yang didominasi air terjun dan pantai. Nah, salah satu air terjun terbaik yang tak boleh Anda lewatkan adalah Curug Cibadak. Nama Cibadak ini kemungkinan disematkan karena debit aliran airnya yang sangat besar.

Lokasi Curug Cibadak terletak di Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Aksesnya lumayan mudah, dan masih relatif sepi pengunjung sehingga sangat pas buat menenangkan diri sambil menikmati keindahan alam. Harga tiket masuknya sepertinya masih gratis.

14. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan
Gunung Papandayan (Foto : instagram @uchim_)

Kecantikan panorama Gunung Papandayan sungguh tak dapat diragukan lagi, selama perjalanan, Anda akan dimanjakan oleh ladang edelweis, hutan mati, dan kawah belerang yang mempesona. Tak ayal, gunung ini pun dinobatkan sebagai tempat wisata terbagus di Garut yang wajib dikunjungi.

15. Hutan Mati Gunung Papandayan

Hutan Mati Gunung Papandayan
Hutan Mati Gunung Papandayan (Foto : instagram @winabugi)

Saat mendaki Gunung Papandayan, Anda akan menemukan sebuah Hutan Mati nan eksotis. Pepohonan disini tampak mati tanpa daun karena terbakar oleh letusan beberapa waktu lalu. Meskipun tampak angker atau menyeramkan, keberadaan hutan ini sangatlah indah bila ditelusuri lebih jauh. Saat ini, Hutan Mati menjadi salah satu spot foto baru favorit para pendaki. Sungguh epic dan cantik!

16. Tegal Panjang

Tegal Panjang
Tegal Panjang (Foto : instagram @gilangmaulanas)

Selain Hutan Mati, ada satu lagi objek wisata alam di sekitar Gunung Papandayan yang dapat dijadikan tempat hunting foto keren, yaitu Tegal Panjang. Keindahan Tegal Panjang berupa savana hijau nan luas, mencapai sekitar 46.830 hektar.

Namun, untuk sampai di padang rerumputan ini, Anda harus berjuang ekstra keras naik turun bukit, lembah, dan hutan. Anda bisa melakukan perjalanan melalui Gunung Papandayan atau Pangalengan. Keduanya memerlukan waktu lebih kurang 6 jam trekking melintasi gunung dan hutan dari desa terdekat.

17. Curug Cisarua, Cisewu

Curug Cisarua
Curug Cisarua (Foto : instagram @pangerancurug)

Dengan ketinggian sekitar 25 meter dan aliran air yang agak miring, Curug Cisarua menyuguhkan pemandangan alam nan eksotik. Ditambah lagi dengan tumbuhan hijau disekelilingnya, semakin memanjakan mata Anda. Kualitas air di curug ini termasuk baik, air tetap jernih meskipun saat musim penghujan.

Sebagai pendatang baru dalam pariwisata Garut, Curug Cisarua belum memiliki fasilitas lengkap. Bahkan harga tiket masuknya pun masih gratis karena belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat. Bila Anda tertarik, datang saja langsung ke lokasi di RT. 04. RW. 05. Kampung Cisarua, Desa Cisewu, Kecamatan Cisewu, Provinsi Jawa Barat.

18. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Helang
Pantai Sayang Helang (Foto : instagram @aminawatiratri)

Selain air terjun, peta wisata Kabupaten Garut juga didominasi oleh keindahan pantai, salah satunya adalah Pantai Sayang Heulang. Pasir pantainya lumayan halus, jadi Anda bisa bermain bola voli disini. Air lautnya jernih berwarna biru kehijauan, sungguh sangat cantik!

Bila ingin main air atau pun berenang, Anda harus berhati-hati, jangan terlalu jauh ke tengah karena ombaknya cukup besar. Saat surut, Anda bisa melihat beberapa biota laut seperti alga yang terperangkap di batuan karang. Sekilas mirip dengan Pantai Krakal di Yogyakarta, sama-sama mempunyai dasar karang dengan dipenuhi organisme laut.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah mencoba wahana banana boat dan menikmati kecantikan sunset Pantai Sayang Heulang saat senja. Lokasi pantai ini terletak di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Harga tiket masuk dibanderol sebesar 10 ribu rupiah per orang.

19. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray
Gunung Cikuray (Foto : instagram @rizkysdxiiq)

Gunung Cikuray termasuk tempat wisata favorit traveler muda saat liburan di Garut. Untuk mencapainya, Anda langsung saja datang ke Terminal Guntur lalu naik angkutan umum menuju ke jalur pendakian. Anda harus mempersiapkan fisik prima karena butuh waktu lama sekitar 7 jam untuk sampai ke puncak.

Dengan ketinggian sekitar 2.821 mdpl, Gunung Cikuray menjadi salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat. Pesona sunset dan sunrise nan cantik menjadi daya tarik utama gunung ini. Saat sampai dipuncak, Anda akan bisa melihat hamparan awan putih layaknya permadani terhampar luas. Benar-benar bagaikan negeri di atas awan!

20. Bukit Pilar Angin

Bukit Pilar Angin
Bukit Pilar Angin (Foto : instagram @herculesega)

Garut memang dianugerahi pemandangan alam yang indah dan eksotis. Gak percaya? Coba deh, datang ke Bukit Pilar Angin di Kecamatan Cikelet Garut Jawa Barat. Disini, Anda akan disuguhi padang savana cantik, semakin epic dengan kehadiran domba-domba putih dengan pengembalanya.

Untuk mencapai bukit dengan julukan “Sumbawa Van Garut” ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 3,5 jam dari pusat kota Garut. Saat berkunjung, jangan sampai lupa membawa kamera ya, karena viewnya sangat instagenic, cocok buat fotografi. Harga tiketnya gratis, tapi belum ada fasilitas memadai, mengingat tempat ini masih sangat alami.

21. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya
Pantai Rancabuaya (Foto : instagram @janahnonoy)

Pantai Rancabuaya terletak di Desa Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Keistimewaan pantai ini berupa suasananya yang tenang dan sunyi. Udaranya juga sejuk, beda dengan pantai lain sehingga sangat cocok untuk menenangkan diri.

Untuk fasilitas dan akomodasi sudah lumayan lengkap, di sekitar pantai rancabuaya tersedia hotel kecil dan villa untuk bermalam. Tempat parkir, gazebo dan tolilet juga sudah tersedia. Harga tiket masuk dibanderol dengan harga 10 ribu rupiah (weekend) dan 5 ribu rupiah (weekdays).

22. Darajat Pass

Darajat Pass
Darajat Pass (Foto : instagram @darajatpass_waterpark)

Bila wisata Tegal punya pemandian air panas Guci, maka Garut punya Darajat Pass. Lokasinya berada di Jl Darajat KM 14 Kp Bedeng RT 09/RW 02, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi. Tempat wisata paling populer ini menyuguhkan wahana pemandian air panas dengan suasana alam yang masih asri dan indah.

Selain waterpark / waterboom, Derajat Pass juga menyediakan arena outbond dan flying fox. Jika Anda ingin menikmati suasana disini beberapa hari, tersedia penginapan dan tempat makan enak. Harga tiket masuk Derajat Pass untuk orang dewasa sekitar 30 ribu rupiah, sedangkan anak-anak 25 ribu rupiah.

23. Leuwi Jurig

Leuwi Jurig
Leuwi Jurig (Foto : instagram @detinurrr)

Bukan hanya Pariwisata Pangandaran yang punya destinasi mirip Grand Canyon, Garut juga ada lho, namanya Leuwi Jurig. Objek wisata alam ini memang belum banyak diketahui orang karena keberadaannya cukup tersembunyi.

Leuwi Jurig atau yang dikenal dengan nama “kolam setan” ini berlokasi di Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Garut Selatan. Meskipun namanya agak seram gitu, pesona keindahan leuwi ini bakalan membuat siapa pun terpana. Air nan jernih yang terperangkap diantara batuan besar membuat kolam ini begitu instagramable dijadikan spot foto.

Untuk memasuki Leuwi Jurig, Anda tak akan dikenakan biaya tiket sepeserpun alias gratis. Tapi, kedepannya mungkin akan dikenakan retribusi jika sudah diresmikan sebagai destinasi wisata. Mengingat tempat masih baru, belum ada fasilitas seperti toilet dan warung. Jadi, sebaiknya Anda membawa bekal sendiri dari rumah.

24. Gunung Guntur

Gunung Guntur
Gunung Guntur (Foto : instagram @avelaters)

Tak dapat dipungkiri, salah satu gunung favorit wisatawan untuk mendaki adalah Gunung Rinjani Lombok. Pemandangan alam eksotisnya membuat setiap orang penasaran ingin mencapai puncaknya. Nah, buat Anda yang ingin mendaki Gunung Rinjani tapi tak punya budget memadai, mending mengunjungi Gunung Guntur Garut. Pesonanya tak kalah indah dengan Gunung Rinjani lho!

Gunung Guntur menawarkan fenomena alam yang tidak biasa, yaitu berupa gugusan bintang di langit dan city light kota Garut. Keren bukan? Bila ingin menyaksikan pemandangan spektakuler tersebut, Anda harus berkemah di lereng gunung ini, tepatnya sisi tenggara. Pagi harinya, Anda pun akan disuguhi sunrise cantik dan hamparan bukit dan lembah yang berselimut kabut.

Dengan segala keunikannya tersebut, pantas rasanya memasukkan gunung ini ke dalam daftar tempat wisata terindah di Garut yang wajib dikunjungi. Oya, meskipun Gunung Guntur tak terlalu tinggi, hanya sekitar 2.249 mdpl, untuk mendakinya Anda harus berjuang ekstra keras. Medan pendakiannya cukup menantang, bahkan saat akan mendekati puncak, Anda harus melawan kemiringan sekitar 70 derajat.

25. Pantai Karang Papak

Pantai Karang Papak
Pantai Karang Papak (Foto : instagram @rizkyfrasha)

Bagi Anda yang akan melakukan kegiatan jelajah / explore pantai di Garut, sepertinya wajib memasukkan Pantai Karang Papak dalam list. Pasalnya, pantai ini mempunyai spot sunset nan cantik dan lumayan asyik buat camping. Ada hamparan rumput hijau yang terlindung pohon pandan sehingga aman dari terpaan angin.

Pantai yang berlokasi di Kecamatan Cikelet ini mempunyai ombak besar, Anda tidak diperbolehkan berenang di sini. Bila akan berkemah, wajib meminta ijin dulu kepada warga sekitar dan hati-hati akan serangan semut merah. Disini juga sudah terdapat beberapa warung dengan menu seafood / ikan laut segar, lengkap dengan toilet.

26. Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas
Kawah Talaga Bodas (Foto : instagram @agussupriatna92)

Talaga Bodas bisa dibilang sebagai kembaran dari Kawah Putih yang menjadi ikon wisata Bandung Selatan. Kedua destinasi wisata alam ini menyuguhkan pemandangan danau kawah nan cantik berwarna putih kebiru-biruan / kehijauan.

Aktivitas yang dapat Anda lakukan di Talaga Bodas antara lain fotografi, trekking, piknik atau hanya sekadar berjalan-jalan. Tersedia juga pemandian air panas yang tak jauh dari kawah, sekitar 200 meteran. Oleh karena saking cantiknya, maka telaga ini cocok digunakan untuk latar foto prewedding atau hunting photo di Garut. Harga tiket masuk sekitar 5 ribu rupiah (weekdays) dan 7.500 rupiah (weekend).

27. Curug Ciarjuna atau Curug Arjuna, Garut Selatan

Curug Ciarjuna
Curug Ciarjuna (Foto : instagram @lebah_jujur)

Curug Ciarjuna atau dikenal juga dengan nama Curug Arjuna merupakan salah satu tempat wisata air terjun yang lagi ngehits di Garut Jawa Barat. Curug ini mempunyai beberapa aliran air sehingga tampak seperti taman air terjun. Dindingnya dipenuhi tumbuhan hijau, semakin menambah kecantikannya.

Secara administratif, Curug Ciarjuna berlokasi di Dusun / Kampung Cikopo, Desa Panawa, Kecamatan Pamulihan. Akses jalan menuju lokasi air terjun lumayan sulit, mengingat jalannya berupa tanah. Jika hujan tiba, jalan menjadi sangat licin dan susah untuk diakses.

28. Pantai Cijayana

Pantai Cijayana
Pantai Cijayana (Foto : instagram @bayupanpang)

Ada banyak tempat wisata pantai yang asyik buat liburan di Garut, diantaranya adalah Pantai Cijayana. Air lautnya berwarna biru bersih, ombaknya lumayan tinggi mencapai 1 meter. Suasana pantai cenderung masih sepi, sehingga Anda bisa menikmati deburan ombak dan semilir angin pantai dengan tenang.

Pantai ini terletak di Desa Cijayana, Kecamatan Mekarmukti, Garut, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 87 km dari pusat Kota Garut dan dapat ditempuh dalam waktu 4 – 4,5 jam. Kondisi pantai masih sangat alami, belum tersentuh fasilitas penunjang.

29. Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah
Pantai Cijeruk Indah (Foto : instagram @_kopites_man)

Pantai Cijeruk Indah terletak di Desa Sagara, Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Keunikan pantai ini tampak pada warna air lautnya, yaitu berwarna biru pada bagian pesisir hingga tengah laut, dan warna hijau kecokelatan pada muara sungai.

Kondisi pantai masih sangat alami, namun sudah ada fasilitas seperti area parkir, mushola, penginapan, dan toilet. Pantai ini cenderung landai, sehingga lumayan aman untuk bermain air. Tapi, Anda wajib ekstra hati-hati karena ombaknya mencapai 1 meter. Harga tiket masuk dibanderol sekitar 6 ribu rupiah, siapkan saja uang lebih ya, siapa tahu sudah naik retribusinya.

30. Pantai Manalusu

Pantai Manalusu
Pantai Manalusu (Foto : instagram @top_one16)

Bingung mencari tempat wisata pantai bagus yang murah meriah di Garut? Datang saja ke Pantai Manalusu atau nama lainnya Pantai Taman Manalusu. Dengan harga tiket masuk gratis, Anda akan menemukan pasir putih dan batuan karang hijau ditumbuhi biota laut. Suasananya pun relatif sepi tak seramai Pantai Sentolo. Asyik banget deh pokoknya!

Selain berjalan santai memandangi lautan lepas, Anda bisa bermain bola, memancing, atau pun berfoto. Mengingat pantai ini menghadap ke barat, maka bisa dipastikan panorama sunsetnya pun layak Anda nantikan lho. Oya, nama pantai ini berasal dari nama orang yang mempopulerkannya yaitu Karl Manalusu.

31. Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje
Pantai Karang Paranje (Foto : instagram @iki_andria)

Pantai Karang Paranje berlokasi di Desa Karyasari, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Daya tarik pantai ini berupa panorama cantik gugusan batu karang di tepi pantai berpadu dengan hamparan pasir putih kecoklatan.

Deburan ombaknya lumayan besar, berbahaya kalau untuk berenang. Aktivitas asik yang bisa Anda lakukan disini selain berjalan menyusuri pinggiran pantai adalah memancing. Suasana sepi dan hening membuat Pantai Karang Paranje cocok untuk menenangkan diri. Sunsetnya juga cukup antik lho!

32. Pantai Karang Gajah

Pantai Karang Gajah
Pantai Karang Gajah (Foto : instagram @ranggagilangpermana)

Tempat wisata menarik di Garut yang harus Anda kunjungi selanjutnya adalah Pantai Karang Gajah. Ciri khas pantai ini berupa batu karang besar menjorok ke laut. Batuan karang dengan deburan ombak bisa menjadi latar foto bagus untuk selfie, tapi harus ekstra hati-hati lantaran ombaknya cukup besar.

Pantai Karang Gajah terletak di Desa Sancang, Cibalong, Kabupaten Garut. Akses jalan ke lokasi pantai lumayan sulit, hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Bila Anda memakai mobil, kendaraan Anda harus dititipkan pada rumah penduduk desa, lalu naik ojek atau jalan kaki menuju bibir pantai.

33. Pantai Cicalobak

Pantai Cicalobak
Pantai Cicalobak (Foto : instagram @iki_andria)

Keindahan Pantai Cicalobak terletak pada gugusan batu karang besar yang eksotik. Ombaknya cukup besar, sehingga Anda perlu berhati-hati saat berkunjung ke sini. Lokasi pantai ini berada di pinggir Jalur Trans Jabar Selatan, yaitu jalur antara Pameungpeuk dan Rancabuaya. Tepatnya terletak di Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut.

34. Pantai Gunung Geder

Pantai Gunung Geder
Pantai Gunung Geder (Foto : instagram @devamahbubadd_)

Berlokasi di Desa Cijambe, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Pantai Gunung Geder menawarkan hamparan pasir putih kecokelatan dan deburan ombak nan cantik. Tak hanya itu, pemandangan matahari tenggelam disini pun layak untuk dinikmati.

Pantai ini masih relatif sepi pengunjung, fasilitasnya pun belum lengkap seperti pantai-pantai indah lainnya di Garut. Mungkin, kedepannya jika sudah dikelola dengan baik, Pantai Gunung Geder akan bisa bersaing sebagai destinasi alternatif atau pun unggulan.

35. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha
Pantai Puncak Guha (Foto : instagram @_kopites_man)

Pantai Puncak Guha sedikit berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya di kawasan Garut Selatan. Puncak Guha tak memiliki pasir putih, namun panorama lautnya patut diacungi jempol. Hamparan rerumputan hijau berpadu dengan lautan lepas membentuk landscape eksotik.

Sekilas destinasi wisata pantai ini mirip dengan Pantai Kesirat Gunung Kidul Yogayakarta, yaitu berupa pantai karang yang langsung berbatasan dengan laut. Lokasinya terletak di Sinarjaya, Bungbulang, Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Oya, Pantai Puncak Guha juga mempunyai sebuah goa kelelawar lho!

36. Pantai Karang Tepas

Pantai Karang Tepas
Pantai Karang Tepas (Foto : instagram @shaziranahdaufariah)

Mirip dengan Puncak Guha, Pantai Karang Tepas juga berupa tebing karang tanpa pasir pantai. Kondisinya yang langsung berhadapan dengan laut, membuat Anda harus ekstra hati-hati karena tidak ada pagar pengaman sekitar batuan karang.

Alamat Pantai Karang Tepas terletak di Kp. Cikajar, Desa Karangwangi, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut. Lokasinya memang cukup jauh dari pusat kota, sekitar 90-an km. Saat berada di atas batuan karang raksasa, kemungkinan Anda akan merasakan seolah-olah sedang di dalam geladak kapal lalu diterjang ombak besar.

37. Curug Ciharus / Citegal / Dano

Curug Ciharus
Curug Ciharus (Foto : instagram @ramdan_nurseha)

Liburan ke Garut belum lengkap rasanya tanpa mengunjungi Curug Ciharus atau yang dikenal juga dengan nama Curug Citegal / Curug Dano. Lokasinya cukup tersembunyi berada jauh dari perkotaan. Tepatnya di hulu Sungai Cipancar, Desa Dano, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut.

Kondisi curug masih sangat alami dan asri, airnya jernih berasal dari Gunung Gede yang lokasinya tak jauh dari Gunung Guntur. Untuk mencapai curug, Anda harus berjalan kaki sekitar satu jam dari pertigaan Pasar Leles. Lumayan melelahkan bukan? Siapkan fisik yang prima dan bekal secukupnya bila ingin berkunjung kesini.

38. Curug Ngaleng, Cisompet, Garut

Curug Ngaleng
Curug Ngaleng (Foto : instagram @fargila28)

Curug Ngaleng bisa dibilang sebagai kembarannya Sanghyang Taraje, bedanya ukuran curug ini lebih kecil. Namun, panorama alam yang dihasilkan oleh aliran airnya tidak kalah keren dan epik. Suasana hening dengan udara sejuk akan membuat Anda betah berlama-lama disini.

Lokasi Curug Ngaleng berada di Sindangsari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut. Anda perlu trekking jalan kaki sekitar 30 menit untuk menuju curug. Mengingat tempat wisata ini belum dikelola secara resmi, sepertinya harga tiket masuk masih gratis. Tapi, bila dikemudian hari sudah ada pengelolanya, kemungkinan akan dikenakan biaya retribusi.

39. Pantai Sodong Bodas

Pantai Sodong Bodas
Pantai Sodong Bodas (Foto : instagram @via_vitri)

Berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Pantai Sodong Bodas menyuguhkan formasi tebing karang dan batuan chrysoprase yang bisa diolah menjadi perhiasan. Aktifitas wisata yang bisa dilakukan disini berupa berfoto dan menikmati senja saat sore hari. Harga tiket masuknya sepertinya masih gratis, tapi sediakan saja uang sekitar 5 – 10 ribu rupiah untuk jaga-jaga ya!

40. Pantai Cidora

Pantai Cidora
Pantai Cidora (Foto : instagram @rizwanthoyib)

Berbeda dengan Sodong Bodas yang berupa bukit, Pantai Cidora berbentuk gugusan karang kece yang memanjang. Sepintas, pantai ini mirip dengan Pantai Rancabuaya, hanya saja lebih sepi dan lengang. Kondisi pantai masih sangat alami, bersih, serta asri.

Selain menikmati deburan ombak, Anda juga bisa menyaksikan sunset indah disini. Lokasi Pantai Cidora terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Harga tiket masuk dibenderol sekitar 5 ribu rupiah per orang.

41. Pantai Sancang

Pantai Sancang
Pantai Sancang (Foto : instagram @geryjordan_)

Rekomendasi objek wisata pantai Garut selanjutnya yang menarik dan layak dikunjungi adalah Pantai Sancang. Pantai ini termasuk dalam wilayah Cagar Alam Leuweung Sancang. Oleh karena masuk dalam kawasan konservasi, Anda harus berhati-hati, tidak diperkenankan merusak atau pun buang sampah sembarangan.

Pantai Sancang cukup indah dan masih sangat alami, dikelilingi hutan lebat nan hijau. Belum ada tiket masuk secara resmi, Anda hanya perlu membayar parkir sekitar 10 ribu. Lokasi pantai ini secara administratif terletak di Sancang, Cibalong, Kabupaten Garut.

Untuk mencapai bibir pantai, Anda harus melewati hutan sekitar 2 km. Mungkin karena aksesnya yang lumayan sulit harus melewati hutan maka Pantai Sancang masih jarang dikunjungi wisatawan, benar-benar belum terjamah. Landscape pantai berupa pantai karang dengan deburan ombak besar. Jika akan berkunjung, sebaiknya datang saat pagi sebelum pasang.

42. Kawah Kamojang

Kawah Kamojang
Kawah Kamojang (Foto : instagram @lfiandy)

Kawah Kamojang merupakan salah satu tempat wisata alam unggulan di Garut yang berupa sumber panas bumi. Berbeda dengan kawah pada umumnya seperti kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu, Kawah Kamojang memiliki beberapa titik semburan kawah.

Masing-masing titik kawah disini punya nama sendiri sesuai ciri khas yang dimiliki. Misalnya saja, Kawah Manuk yang terdiri atas beberapa lubang kawah dan mengeluarkan suara seperti manuk atau burung. Ada juga Kawah Kereta Api yang mengeluarkan bunyi seperti kereta api disertai sesekali suara peluit.

Fasilitas di Kawah Kamojang terbilang cukup lengkap, sudah tersedia area parkir, toilet, tempat sampah, gazebo, dan kamar mandi air panas dengan tarif sekitar 4 ribu rupiah. Alamat destinasi wisata ini berada di area geothermal PLTU kamojang Garut, tepatnya di perbatasan dengan kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung. Harga tiket masuk dibenderol sekitar 5.000 rupiah (weekdays) dan 7.500 (weekend / hari libur).

43. Curug Leuweung Panjang

Curug Leuweung Panjang
Curug Leuweung Panjang (Foto : instagram @ubech91)

Air terjun ini berada di Hutan Leuweung Panjang sehingga dikenal dengan nama Curug Leuweung Panjang. Keberadaannya yang lumayan tersembunyi menjadikan objek wisata alam ini belum banyak dikunjungi para wisatawan. Lokasinya terletak di Desa Panawa, Kecamatan Pamulihan, Garut.

Aliran airnya tidak begitu besar, tapi lumayan deras. Dengan dikelilingi pepohonan hijau, viewnya tampak cantik. Udara sekitar terasa sejuk, suasana hening dan alami akan Anda temukan disini. Curug ini merupakan curug terbawah dari rentetan 4 Curug Ciherang. Oleh karena itu, sebagian orang menyebutnya sebagai Curug Ciherang.

44. Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa
Kebun Mawar Situhapa (Foto : instagram @mesishakira)

Bingung mencari tempat wisata romantis di Garut yang kekinian dan instagramable? Datang saja ke Kebun Mawar Situhapa. Anda akan disuguhi sebuah taman indah penuh dengan bunga-bunga berwarna-warni. Keren bukan?

Kebun Mawar Situhapa sebenarnya sebuah penginapan, hanya saja memiliki taman bunga luas mencapai sekitar 5 hektar. Selain mawar, Anda juga akan menemukan jenis lainnya. Fasilitas yang tersedia di kebun ini lumayan lengkap, terdapat tempat bermain anak dan restoran.

Alamat Kebun Mawar Situhapa berada di Jl. Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Sukakarya, Garut, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk dibanderol sekitar 20 ribu per orang. Udaranya sejuk dan segar, pas banget buat refreshing dari keramaian kota. Bila berkunjung ke sini, jangan sampai lupa membawa kamera ya! Banyak spot cantik disini lho.

45. Curug Teko

Curug Teko
Curug Teko (Foto : instagram @chepybennington)

Satu diantara objek wisata alam di Garut yang belum terjamah bernama Curug Teko. Secara administratrif, air terjun ini masih berada alam kawasan Perum Perhutani RPH Cisurupan BKPH Bayongbong. Namun, lokasinya dekat dengan Gunung Papandayan sehingga menjadi incaran para pendaki untuk menikmati keelokannya.

Dinamakan Curug Teko tentu saja karena jatuhan airnya mirip dengan aliran air pada teko. Dengan ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi pepohonan hijau, Curug Teko menyuguhkan panorama nan eksotis.

46. Curug Cikawung, Cisewu, Garut

Curug Cikawung
Curug Cikawung (Foto : instagram @ali_habibi83)

Satu lagi curug indah yang wajib Anda kunjungi, yaitu Curug Cikawung di Cisewu. Garut, Jawa Barat. Tidak seperti air terjun pada umumnya, curug ini hanya bisa Anda nikmati kecantikan aliran airnya saat musim hujan (air terjun musiman). Saat musim kemarau tiba, sepertinya airnya akan kering karena tidak ada aliran sungai besar di atasnya.

Keindahan Curug Cikawung atau Curug Mala tampak pada undakan-undakan batuan / tebing sehingga aliran airnya tampak menyerupai tangga. Di bagian bawahnya terdapat kolam air menyerupai bentuk hati. Udara disini sangatlah sejuk dan segar, masih banyak tanaman liar tumbuh subur. Cantik dan eksotik!

47. Arung Jeram / Rafting Sungai Cimanuk

Sungai Cimanuk
Arung Jeram / Rafting Sungai Cimanuk (Foto : instagram @jgtours)

Ingin liburan seru yang anti mainstream di sekitar kota Garut? Cobain saja Arung Jeram / Rafting Sungai Cimanuk. Dari pusat kota, hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menitan menuju ke lokasi start. Anda bisa memilih paket rafting short atau long trip sesuai selera. Tak kalah menantang dibandingkan dengan Sungai Cikandang.

Harga per paketnya sekitar 350.000 rupiah per orang, sudah termasuk peralatan arung jeram, local transport, 1 kali makan siang & snack, instruktur, P3K, safety equipment, team rescue, dan asuransi. Untuk memesan paket ini minimal 25 orang ya!

48. Taman Satwa Cikembulan

Taman Satwa Cikembulan
Taman Satwa Cikembulan (Foto : instagram @maliyah.18)

Taman Satwa Cikembulan termasuk salah satu tempat rekreasi edukasi di Garut yang cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Disini, Anda bisa menyaksikan 159 satwa dengan 40 spesies sekaligus menikmati beragam produk kuliner. Tersedia juga tempat bermalam dan pendopo untuk pertemuan berkapasitas 100 orang.

Tempatnya lumayan sejuk, jadi anak-anak bisa Anda ajak dengan nyaman untuk mengenal lebih dekat aneka binatang seperti beruang, rusa, burung, buaya, dan lainnya. Harga tiket masuknya pun lumayan murah lho, sekitar 17 ribu rupiah per orang (weekdays) dan 20 ribu rupiah (weekend). Alamatnya terletak di Cikembulan, Kadungora, Kabupaten Garut. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

49. Candi Cangkuang

Candi Cangkuang
Candi Cangkuang (Foto : instagram @thenomadcb)

Bukan hanya destinasi wisata di Jogja saja yang punya candi, Garut juga ada lho, namanya Candi Cangkuang. Konon katanya, candi ini merupakan satu-satunya candi bercorak hindu di tanah Sunda. Yang unik, di sekitar candi juga terdapat makam penyebar agama Islam pertama di wilayah tersebut, yaitu Eyang Embah Dalem Arief Muhammad.

Candi Cangkuang ditemukan oleh arkeolog Uka Tjandrasasmita pada tahun 1966 dan dipugar tahun 1974-1976. Untuk sampai ke sini, Anda harus menyeberangi sebuah danau dengan menggunakan rakit. Alamat lengkapnya berada di Kampung Pulo, wilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat.

Harga tiket masuk dibanderol sekitar 15 ribu rupiah dan biaya naik rakit sebesar 10 ribu rupiah, kalau belum naik ya! Tapi ada juga yang menginfokan harga tiket masuknya cuma 5 ribu rupiah untuk wisatawan lokal. Nah, untuk jaga-jaga, sebaiknya Anda membawa uang lebih. Jam buka sekitar pukul 07.00 – 17.00 WIB.

50. Kampung Pulo

Kampung Pulo Garut
Rumah Adat Kampung Pulo Garut (Foto : instagram @annasabhawana)

Selain candi, situs Cangkuang juga memiliki kampung adat bernama Kampung Pulo. Lokasinya masih satu kompleks dengan Candi Cangkuang, sebelum pintu masuk ke candi. Suasana disini sangat asri, jauh dari polusi suara atau pun asap kendaraan bermotor.

Kampung Pulo Garut sangatlah unik, disini hanya ada 6 rumah dan 1 masjid / mushola. Hal ini melambangkan pendiri kampung ini yaitu Embah Dalem Arif Muhammad yang memiliki 6 orang anak perempuan dan 1 orang anak laki-laki. Kabarnya, penghuni Kampung Pulo merupakan keturunan dari almarhum Eyang Embah Dalem Arif Muhammad.

Rumah disini tidak boleh ditambah atau pun dikurangi. Dan satu rumah hanya boleh dihuni oleh satu kepala keluarga. Bila ada yang menikah, maka anak tersebut harus segera meninggalkan kampung. Kecuali bila bapak / ibunya sudah meninggal dunia, maka si anak bisa menempati rumah sebagai pengganti kepala keluarga.

51. Situ Bagendit

Situ Bagendit
Situ Bagendit (Foto : instagram @iqbalraaf)

Situ Bagendit yang berada di Jalan Kyai Haji Hasan Arif, Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, nampaknya masih menjadi primadona wisatawan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan. Terbukti, setiap libura panjang atau pun tahun baru, danau ini selalu ramai dikunjungi para traveler dari dalam maupun luar kota seperti Jakarta, Bandung, hingga Karawang.

Selain menyuguhkan keindahan danau, Situ Bagendit juga menawarkan aktivitas menarik seperti naik perahu / rakit dari bambu, permainan sepeda air, mancing ikan, hingga makan beralaskan tikar di tepian danau. Asyik bukan? Untuk memasuki objek wisata alam ini, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah, murah meriah banget bukan?

52. Sabda Alam Hotel & Resort, Cipanas, Garut

Sabda Alam Cipanas
Taman Air Sabda Alam Cipanas (Foto : instagram @titinmariana)

Sabda Alam Hotel & Resort menjadi salah satu tempat wisata favorit di Garut yang paling banyak dikunjungi anak-anak dan keluarga. Selain menyediakan kamar nyaman untuk beristirahat, hotel ini juga memiliki sebuah waterboom / waterpark keren untuk seru-seruan.

Wahana permainan di Taman Air Sabda Alam terbilang lengkap, Anda dapat menikmati berbagai fasilitas seperti Nampan Tumpah, Waterboom Spiral, Sliderboom, Sliderboom Dewasa, Jamur Payung, Kuda Laut, Kolam Arus, Kolam Terapi Ikan, Sasak Rawayan, Goa Harimau, Flying Fox, dan Bungee Trampoline.

Alamat Sabda Alam terletak di Jl. Raya Cipanas No.3, Rancabango, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jaraknya lumayan dekat dengan Jalan Raya Bandung-Garut atau Kawasan Perkotaan Garut. Harga tiket masuk ke sini sebesar 30 ribu rupiah (Senin – Jumat) dan 40 ribu rupiah (Sabtu, Minggu, dan hari libur).

53. Curug Salawe

Curug Salawe
Curug Salawe (Foto : instagram @ubech91)

Curug Salawe terletak di Kampung Cipongpok, Desa Pengrumasan, Kecamatan Peundeuy. Destinasi wisata andalan Garut yang masih jarang dikunjungi ini menyuguhkan penorama nan eksotik. Jatuhan airnya dari ketinggian sekitar lebih dari 100 meter (belum pasti ya gaes, perkiraan warga katanya) sungguh sangat instagenic.

Lingkungan sekitar begitu sejuk dan tampak alami dengan adanya pepohonan hijau. Konon katanya, disebut Curug Salawe karena disini ada sekitar 25 air terjun (salawe = dua puluh lima) dan curug ini lokasinya paling atas. Di bagian bawah masih ada rentetan sekitar 24 air terjun lainnya.

Untuk menuju Desa Pangrumasan, jika Anda mennggunakan kendaraan umum, langsung saja ke Terminal Guntur Garut, lalu naik elf jurusan Garut – Pangrumasan, atau elf jurusan Garut – Toblong. Nama Curug Salawe ini mengingatkan saya pada salah satu air terjun tersembunyi di Semarang yang mempunyai nama Curug Lawe, sama-sama ada kata lawenya gaes, hehe.

54. Lapangan Golf Ngamplang

Lapangan Golf Ngamplang
Lapangan Golf Ngamplang (Foto : instagram @herculesega)

Ingin berkunjung ke tempat wisata alam gratis tapi menyenangkan? Datang saja ke Lapangan Golf Ngamplang di Jalan Raya Tasikmalaya km 7, tepatnya Desa Ngamplang, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Disini, Anda dapat bermain golf sekaligus menyaksikan keindahan sungai Cimanuk yang membelah Kota Garut.

View objek wisata yang dikenal juga dengan nama Golf Course Flamboyan ini sungguh sangat instagramable. Anda bisa melihat Garut dari ketinggian disini. Konon, pesohor dunia Charlie Chaplin pernah singgah ke tempat ini. Tak ayal, Ngamplang pun sering disebut Swiss Van Java. Bila Anda ingin berkunjung, pastikan saat jam buka ya, yaitu mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

55. Karacak Valley Garut

Karacak Valley Garut
Ilustrasi hutan pinus di Karacak Valley Garut (Foto : instagram @rendigatot)

Karacak Valley terletak di Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut Kota. Destinasi wisata terbaru yang satu ini menawarkan pesona hutan pinus layaknya The Lodge Maribaya Lembang dan Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta. Fasilitasnya pun lumayan lengkap, sudah tersedia toilet, are parkir, hingga warung makan.

Selain berfoto dengan latar deretan pohon pinus, Anda juga bisa camping lho. Pihak pengelola menyediakan aneka tenda seharga mulai dari 50 ribu – 120 ribu rupiah sesuai kapasitasnya. Udara disini tentu saja sangatlah sejuk dan segar, pas banget buat refreshing menghilangkan penat. Oya, harga tiket masuk Karacak Valley sekitar 10 ribu rupiah per orang.

56. Curug Angkeub, Panawa, Cikopo, Garut Selatan

Curug Angkeub
Curug Angkeub (Foto : instagram @moh.rendi_indra_pratama)

Curug Angkeub berada di kawasan Panawa, Cikopo, Pamulihan, Garut Selatan, Jawa Barat. Air terjun ini masih sepi pengunjung dan belum begitu terkenal. Oleh karena itu, belum banyak traveler yang mengulas atau mereviewnya.

Jika dilihat sekilas dari foto-foto Curug Angkeub di instagram, curug ini tak terlalu tinggi. Bagian bawahnya terdapat sebuah kolam air lumayan luas. Untuk kedalaman kolam airnya belum bisa dipastikan karena belum tampak orang berenang disitu. Para traveler hanya sebatas berfoto dengan latar aliran curug.

57. Curug Sanghiyang Santen, Pakenjeng, Garut Selatan

Curug Sanghiyang Santen
Curug Sanghiyang Santen (Foto : instagram @ali_habibi83)

Di sekitar kawasan Curug Sanghyang Taraje, tepatnya Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Garut, ternyata masih terdapat air terjun cantik tersembunyi yang jarang diketahui orang. Air terjun tersebut yaitu Curug Utang dan Curug Sanghyang Santen.

Untuk mencapai keduanya, Anda harus menembus hutan dan turun ke jurang. Mungkin karena akses jalannya yang susah, maka belum banyak traveler yang mengunjunginya. Dilihat dari hasil foto para traveler, Curug Sanghiyang Santen tampak cukup tinggi sekitar 15 – 20 meter. Disekelilingnya terdapat tanaman hijau yang menempel pada dinding tebing. Keren deh pokoknya!

Nah, itu dia serangkaian review / ulasan beragam objek wisata di Garut yang wajib dikunjungi saat liburan. Bagaimana sobat traveler? Bagus dan indah bukan? Buat Anda yang punya info terbaru tentang destinasi asyik lainnya bisa menambahkan melalui kolom komentar, terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here