Home Wisata Asia 12 Tempat Wisata Di Ipoh Malaysia Yang Terkenal Dan Menarik

12 Tempat Wisata Di Ipoh Malaysia Yang Terkenal Dan Menarik

33
0
SHARE

Tempat Wisata Di Ipoh – Anda berencana liburan ke Malaysia? Sempatkanlah mampir ke aneka tempat wisata di Ipoh yang terkenal dan menarik. Ipoh terletak diantara Kuala Lumpur dan Penang, tak heran jika kota ini sering dijadikan tempat transit sekaligus tempat wisata alternatif bagi wisatawan yang berlibur ke Malaysia.

Ipoh merupakan sebuah kota kolonial Inggris, dan mempunyai masa lalu yang sederhana, namun sekarang telah berkembang dan menjadi sebuah kota yang indah dengan memadukan pesona kuno dan fasilitas modern. Kota ini sangat tepat untuk wisata kuliner karena terdapat banyak sekali pedagang kaki lima dan restoran yang menyajikan hidangan lezat dengan harga yang murah.

Ipoh adalah ibu kota negara bagian Perak yang memiliki berbagai wisata alam serta sejarah yang sangat diminati oleh wisatawan. Dilansir dari berbagai sumber, Maslatip Travel telah menyusun daftar objek wisata di Ipoh Malaysia yang wajib dikunjungi. Kira-kira apa saja ya? Yuk, simak 12 tempat wisata di Ipoh Malaysia yang terkenal dan menarik berikut.

Daftar Tempat Wisata Di Ipoh Malaysia Yang Terkenal Dan Menarik

1. Ipoh Town Hall

Ipoh Town Hall
Ipoh Town Hall (Foto : malaysiaholidaytravel.com)

Ipoh Town Hall merupakan sebuah bangunan yang memiliki gaya Neokalsik yang dirancang oleh AB Hubback, yang juga merancang Stasiun Kerta Api Ipoh. Dahulu Ipoh Town Hall digunakan sebagai Kantor Pos dan telegraf, sedangkan sekarang bagunan ini digunakan sebagai tempat konser, tempat pernikahan dan fungsi resmi lainnya. Dan tentu saja sebagai salah satu tempat wisata di Ipoh yang wajib Anda kunjungi.

2. Lukisan Mural Karya Ernest Zacharevic

Lukisan Mural di Ipoh
Lukisan Mural di Ipoh (Foto : adybudika.blogspot.com)

Jika Anda berkunjung ke Ipoh, Malaysia, sempatkanlah melihat mural karya seniman dari Lithuania, Ernest Zacharevic yang hasil karyanya terpampang jelas di Ipoh. Karya-karya dari Ernest terpampang di beberapa sudut jalan Kota Ipoh dan menjadi daya tarik wisata Ipoh. Ada tujuh mural Ernest yang disuguhi di kota Ipoh.

Ketika melihat mural Ernest, Anda mungkin akan takjub melihat gambar yang begitu luar biasa dengan detail yang terbilang sempurna di setiap gambar. bahkan mungkin Anda akan tercengung sejenak membayangkan betapa bedanya coretan yang ada di kota ini dan yang ada di kota Anda. Tidak hanya muralnya Ernest yang ada di kota Ipoh, banyak mural-mural lain yang tidak kalah menarik yang dapat dikunjungi.

3. Lost World of Tambun

Lost World of Tambun
Lost World of Tambun (Foto : malaysiaexplore.com)

Tempat wisata di Ipoh yang satu ini terletak di daerah Sunway Tambun dan agak sedikit jauh dari pusat kota Ipoh. Di obyek wisata Lost World of Tambun terdapat permainan Air yang sangat mengasikan untuk bersorak gembira bersama keluarga dan anak-anak.

Sebagai taman air yang sudah tersohor dan mulai menyaingi wahana wisata air lainnya, Lost World of Tambun ini menyediakan berbagai macam wahana yang unik dan menarik. Disini Anda bisa mencoba wahana khusus seperti Tube Raider yang dapat memberikan kejutan dan kehebohan karena Anda akan meluncur turun dengan tabung yang besar.

Kemudian ada Cliff Racer yang sama akan memberikan ketegangan kepada siapapun yang mencobanya, Jungle Wave Bay yang merupakan kolam ombak besar dengan 9 gelombang yang berbeda serta ada juga Tiger Valley atau Lembah Tiger yang didalamnya sebagaimana namanya terdapat tiga ekor harimau dewasa di sebuah pulau dengan menyerupai habitat alami mereka.

Kemudian wahana menarik lainnya ialah sebuah kolam yang didalamnya diisi dengan air panas yang berasal dari mata air panas Tambun. Di Lost World of tambun juga ada wahana favorit ialah River Adventure yang mana setiap pengunjung yang mencobanya akan berada di sungai yang pajang dengan gelombangnya yang besar.

Lost world of Tambun mempunyai magnet yang mampu menarik wisatawan. Di sekitar tempat ini juga berdiri hotel-hotel berbintang dan pusat perbelanjaan. Sayangnya tidak ada kendaraan bis umum yang melewati tempat ini.

4. Tambun Hot Spring

Tambun Hot Spring
Tambun Hot Spring (Foto : tripadvisor.in)

Tambun Hot Spring merupakan salah satu tempat wisata di Ipoh yang populer. Disini wisatawan dapat memanjakan diri sambil berendam di sumber air panas. Objek wisata ini masih di kawasan Lost World of Tambun. Bagi Anda yang hoby berendam di air panas atau ingin merasakan pemandian air panas di Ipoh, wajib mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Di Malaysia Untuk Anak Dan Keluarga

5. Taman Rekreasi Gunung Lang

Taman Rekreasi Gunung Lang
Taman Rekreasi Gunung Lang (Foto : sungaisiput.blogspot.co.id)

Tempat wisata di Ipoh selanjutnya adalah Gunung Lang. Lokasi Taman rekreasi ini jarak nya cukup dekat dengan pusat kota Ipoh. Di tempat ini terdapat wisata bernuansa alam dengan pemandangan danau yang indah. Anda juga bisa menyusuri danau menaiki perahu yang telah disediakan dengan membayar RM 45.

Bagi pecinta flora dan fauna Taman rekreasi Gunung Lang sangat cocok untuk dikunjungi. Sayangnya lokasi taman rekreasi Gunung Lang bukan rute bis umum, jadi transportasi ketempat ini hanya ada taksi.

6. Istana Kellie’s Castle

Istana Kellie's Castle
Istana Kellie’s Castle (Foto : en.wikipedia.org)

Istana Kellie’s Castle terletak di daerah Batu Gajah dan agak jauh dari pusat kota Ipoh. Tempat wisata di Ipoh ini berupa bangunan tua yang di sebut Istana Kellie’s Castle. Sepintas Bangunan tua ini kelihatan seram dan angker, namun tidak seperti itu kenyataannya. Bangunan ini memiliki ruangan khusus yang berada di bawah tanah.

7. Taman D.R. Seenivasagam

Taman D.R. Seenivasagam
Taman D.R. Seenivasagam (Foto : rambleandwander.com)

Taman ini lokasi nya berada di pusat kota Ipoh. Sangat cocok untuk bersantai sambil menghirup udara segar dan menikmati pemandangan indah. Di Taman D.R Seenivasagam terdapat danau kecil dan arena bermain untuk anak-anak. Di sebelah Taman ini juga terdapat lapangan sepak bola dan biasanya masyarakat Ipoh memanfaatkannya sebagai tempat untuk senam sore.

8. Pasar Pagi Ipoh

Sunday Morning Market di Memory Lane Ipoh
Ilustrasi Sunday Morning Market di Memory Lane Ipoh (Foto : jefftravel88.blogspot.com)

Pasar pagi Ipoh adalah pasar yang banyak menjual barang-barang bekas seperti peralatan elektronik, peralatan dapur, hanphone bekas, dan baju-baju bekas, namun begitu banyak juga barang-barang yang masih baru. Pasar pagi Ipoh hanya beroperasi pada hari minggu saja dan hanya beroperasi dari jam 7 pagi sampai jam 1 siang.

Lokasi pasar pagi Ipoh letaknya sangat strategis berada di pusat kota dan dapat di akses dari manapun. Pasar yang berada di jalanan ini mampu membuat orang sanggup berdesak-desakan dibawah terik matahari demi membeli barang atau sekedar jalan-jalan melihat aneka dagangan yang antik dan langka. Hal ini membuat turis asing penasaran untuk melihat dari dekat aktivitas jual beli di pasar pagi Ipoh.

Baca Juga : 15 Tempat Wisata Di Kuching Malaysia Yang Terkenal

9. Birch Memorial Clocktower

Birch Memorial Clocktower
Birch Memorial Clocktower (Foto : dreamofacity.com)

Birch Memorial Clocktower merupakan salah satu menara jam yang dibangun pada tahun 1909 untuk mengenang James WW Birch yang dibunuh oleh kepala suku Melayu yaitu Muzium Darul Ridzuan. Bagi Anda pecinta sejarah, nampaknya wajib mengunjungi tempat wisata di Ipoh yang satu ini.

10. Sri Mariamman Kovil

Sri Mariamman Kovil
Sri Mariamman Kovil (Foto : malaysiantemples.com)

Objek wisata di Ipoh selanjutnya adalah Mariamman Kovil. Mariamman Kovil termasuk salah satu Kuil umat Hinddu tertua yang berada di Ipoh. Disini wisatawan dapat melihat berbagai kegiatan keagamaan yang biasa dilakukan oleh umat Hindu Ipoh.

11. Kek Lok Tong

Kek Lok Tong di Ipoh
Kek Lok Tong (Foto : trekearth.com)

Kek Lok Tong merupakan sebuah Kuil Buddha yang berada di sebuah gua di Gunung Rapat. Di tempat wisata Ipoh ini wisatawan dapat melihat komplek kuil yang terdiri dari altar utama yang menampilkan dewa-dewa Cina.

12. Aneka Kuliner Khas Ipoh

Ipoh Sar Hor Fun
Ipoh Sar Hor Fun (Foto : hotelandtravelmalaysia.com.my)

Liburan ke Ipoh tak lengkap tentunya tanpa mencicipi aneka kuliner khas kota ini. Apa saja ya kira-kira kuliner khasnya? Setidaknya ada 3 kuliner khas Ipoh yang perlu Anda coba, yaitu Ipoh Noodle, Ipoh Sar Hon Fun, dan Ayam Asin.

Ipoh Noodle

Ipoh Noodle merupakan makanan yang terbuat dari mie kuah yang dicampur dengan berbagai macam sayur dan bumbu-bumbu seperti touge, daging ayam atau udang serta irisan cabai.

Ipoh Sar Hor Fun

Ipoh Sar Hor Fun adalah sajian mie kuah sama dengan Ipoh Noddle akan tetapi mienya menggunakan bihun. Ipoh Sar Hon Fun disajikan juga dengan kuah udang atau ayam serta diberi daun bawang.

Ayam Asin

Ayam Asin merupakan makanan khas Ipoh yang sangat terkenal. Ayam Asin memiliki teknik yang sangat unik dalam cara memasaknya yaitu ayam utuh yang dibungkus dengan kertas lalu dimasak di dalam wajan besar yang telah berisi garam.

Bagaimana sobat traveler? Asik dan seru bukan aneka wisata di Ipoh, Malaysia? Nah, jika Anda liburan ke Kuala Lumpur dan Penang Malaysia, sempatkan mampir ke Ipoh. Banyak aneka tempat wisata di Ipoh yang terkenal dan menarik untuk Anda kunjungi, semoga bermanfat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here