Home Wisata Asia 25 Tempat Wisata Di Jawa Barat Yang Paling Bagus Dan Indah

25 Tempat Wisata Di Jawa Barat Yang Paling Bagus Dan Indah

7690
0
SHARE

Tempat Wisata Di Jawa Barat – Pada kesempatan kali ini, akan saya bagikan info tempat wisata di Jawa Barat yang paling bagus dan indah. Sebagai salah satu tujuan destinasi wisata unggulan di Indonesia, Provinsi Jawa Barat mempunyai sejumlah objek wisata yang sangat lengkap dari mulai wisata alam, budaya, ziarah, religi, kuliner, pantai, hingga berbagai wahana permainan anak dan keluarga.

Untuk urusan akomodasi, tentu tak usah diragukan lagi. Berbagai hotel berbintang, villa mewah, hingga penginapan kelas melati ada semua disini. Akses jalan dan sarana transportasinya pun mudah dan banyak pilihannya. Tak heran jika Jawa Barat menjadi incaran para traveler selain kawasan wisata Bali dan Pulau Lombok.

Nah, karena saking banyaknya tempat rekreasi di Jawa Barat dan sekitarnya yang menarik, tentu Anda akan kebingungan bukan untuk menentukan objek wisata mana yang akan dikunjungi? Oleh karena itu, Maslatip Travel berusaha membuat daftar dan rekomendasi tempat liburan yang benar-benar asyik dan seru untuk dikunjungi.

List dan review yang saya sajikan ini meliputi berbagai tempat wisata terbaik yang ada di seluruh Kabupaten Propinsi Jawa Barat. Lengkap dengan nama, alamat, gambar, beserta harga tiket masuknya. Jadi, sobat traveler akan mendapatkan referensi wisata yang benar-benar recommended.

Daftar Tempat Wisata Di Jawa Barat Yang Paling Bagus Dan Indah

1. Kawah Putih Bandung

Tempat Wisata Di Jawa Barat
Ilustrasi Tempat Wisata Di Jawa Barat Kawah Putih Bandung (Foto : IG @ananliansyah)

Kita awali urutan tempat wisata bagus di Jawa Barat dengan mengulas Danau Kawah Putih Bandung. Siapa seh yang tak kenal dengan objek wisata yang satu ini? Hampir semua wisatawan pasti mengenalnya, bahkan konon kabarnya terkenal sampai mancanegara.

Tempat wisata menarik di Bandung Selatan ini sebenarnya merupakan sebuah kawah dari Gunung Patuha. Bentuknya mirip seperti danau, namun warna airnya berwarna putih pada pagi hari dan cenderung hijau toska ketika siang. Oleh karena itulah disebut Danau Kawah Putih.

Di pinggiran kawah terdapat banyak pohon tak berdaun yang menjadi pagar alami. Tak ayal, keberadaannya pun menambah keelokan tempat ini. Sesekali kabut turun menambah pesona keindahan yang disuguhkan Kawah Putih. Benar-benar eksotis serasa diluar negeri.

Suasana yang sejuk, dingin, dan pemandangan cantik ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri. Kawah Putih sering sekali digunakan untuk tempat foto prewedding di Bandung, pembuatan film, dan tempat bulan madu yang romantis.

Kawah Putih terletak di Jl. Raya Soreang Ciwidey, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Kawah ini terkenal juga dengan sebutan Kawah Putih Ciwidey. Untuk harga tiket masuk dibanderol dengan harga sekitar Rp.18.000,- per orang dan untuk pre-wedding harganya Rp.500.000,-. Jam buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

2. Green Canyon Pangandaran

Tempat Wisata Di Jawa Barat Yang Bagus
Tempat Wisata Di Jawa Barat Yang Bagus Green Canyon Pangandaran (Foto : @abibagas21)

Inilah tempat wisata terindah di Jawa Barat yang baru dan lagi hits banget akhir-akhir ini, namanya Cukang Taneuh atau yang lebih dikenal dengan sebutan Green Canyon Pangandaran. Objek wisata ini tak kalah keren bila dibandingkan dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Green Canyon termasuk salah satu objek wisata populer di Pangandaran. Tempat ini menyajikan tebing-tebing tinggi dengan Sungai Cijulang yang mengalir di bawahnya. Pepohonan rimbun juga terlihat di kanan kiri sungai. Sungguh pemandangan alam yang sangat mengagumkan.

Berbagai aktivitas seru juga bisa Anda coba di Green Canyon. Mulai dari body rafting hingga jelajah gua di sekitar sungai. Selain itu, pesona alam Green Canyon yang begitu indah, asyik juga buat tempat hunting foto keren untuk diunggah ke akun Instagram.

Alamat dan lokasi Green Canyon berada di Jalan Green Canyon-Cijulang, Kertayasa, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat. Harga tiket satu perahu (berisi 5 orang) untuk menyusuri keindahan Green Canyon sebesar Rp.125.000,-. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB, kecuali hari jumat buka pukul 13.00 WIB.

3. Kampung Sampireun Garut

Tempat Wisata Di Jawa Barat Yang Indah
Tempat Wisata Di Jawa Barat Yang Indah Kampung Sampireun Garut (Foto : kampungsampireun.com)

Siapa seh yang tak kenal dengan Kampung Sampireun Garut? Hampir semua traveler, terutama para pengantin baru tentu mengenalnya. Ya, Kampung Sampireun merupakan sebuah resort alami yang terkenal sebagai tempat bulan madu paling romantis di Jawa Barat.

Kampung Sampireun dapat di tempuh selama sekitar 5 jam dari Jakarta. Lokasinya berada di Jl Raya Semarang Kamojang, Kampung Sukakarya, Desa Ciparay, Garut, Jawa Barat. Disini terdapat sekitar 22 bungalow yang masing-masing dilengkapi perahu.

Selain untuk tempat honeymoon, tempat wisata unggulan Garut ini juga asyik buat liburan keluarga. Ada penginapan, danau cantik, juga beragam fasilitas lainnya yang bisa dinikmati bersama keluarga. Anda juga bisa menikmati nuansa Situ Sampireun yang dihuni ribuan ikan mas.

Untuk harga paket bulan madu di Kampung Sampireun Garut, harganya memang cukup mahal sekitar Rp.3.500.000,- untuk 2 malam. Namun, harga tersebut tentu saja sebanding dengan suasana dan keromantisan yang akan Anda dapatkan.

4. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia
Taman Safari Indonesia (Foto : IG @taman_safari)

Taman Safari Indonesia (TSI) merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bisa dibilang, inilah kebun binatang favorit traveler di Indonesia, dari mulai anak-anak sampai orang dewasa.

Liburan ke Taman Safari rasanya sangat menyenangkan dan asik. Di Taman Safari, wisatawan dapat bertemu langsung dengan ratusan species satwa / hewan dan kenal lebih dekat dengan mereka. Tak ayal, Taman Safari pun menjadi tempat liburan favorit keluarga di Bogor.

Menurut info yang saya terima, ada sekitar 300 spesies satwa yang dimiliki oleh Taman Safari Indonesia. Untuk jumlah satwanya mencapai sekitar 4.000 ekor. Tak hanya hewan endemik Indonesia saja, satwa dari luar negeri juga ada, seperti penguin Humboldt.

Taman Safari Indonesia terletak di Jalan Raya Puncak No. 601, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Harga tiket masuk ke tempat ini sebesar Rp.150.000,- per orang. Jam buka mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB. Selain di Bogor, Anda juga bisa mengunjungi Taman Safari Prigen di Jawa Timur dan Taman Safari Bali.

5. Tebing Keraton

Tebing Keraton
Tebing Keraton (Foto : IG @rinamstf)

Jawa Barat memang selalu menyuguhkan tempat wisata indah yang sangat mengagumkan, salah satunya adalah Tebing Keraton. Tempat wisata ini menawarkan landscape pemandangan hutan pinus nan hijau dari atas ketinggian tebing yang menjulang tinggi. Sungguh bagaikan negeri di atas awan.

Tebing yang populer lewat instagram ini masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda. Untuk alamat dan lokasi Tebing Keraton tepatnya terletak di Kampung Cihargem Puncak, Desa Ciburial, Bandung Jawa Barat. Harga tiket masuknya cukup murah meriah hanya Rp.11.000,-.

Untuk menikmati keindahan Tebing Keraton yang paling eksotis, Anda harus datang sebelum matahari terbit atau kira-kira jam 6 pagi untuk untuk menyaksikan Sunrise. Namun, jika tidak bisa, melihat panorama saat siang pun sudah cukup memanjakan mata.

6. Curug Cikaso Sukabumi

Curug Cikaso
Curug Cikaso (Foto : IG @ji_______)

Inilah Curug Cikaso, tempat wisata air terjun terindah di Jawa Barat yang tersembunyi dan belum terjamah. Mungkin dari sebagian sobat traveler baru mendengar namanya karena memang air terjun ini masih jarang dikunjungi dan belum begitu populer seperti Tebing Keraton.

Curug Cikaso sebenarnya bernama Curug Luhur, namun oleh kebanyakan orang, curug ini disebut dengan nama Curug Cikaso. Mungkin karena mengalir di aliran sungai Cikaso. Lokasi Curug Cikaso terletak di Dusun Ciniti, Cibitung, Kecamatan Surade, Sukabumi, Jawa Barat.

Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dengan di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan. Masing-masing air terjun tersebut ternyata mempunyai nama tersendiri. Yang kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong dan kanan bernama Curug Aki.

Dengan ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m, Curug Cikaso menyuguhkan pemandangan alam yang sangat cantik dan eksotis. Tak mengherankan, jika air terjun ini pun masuk dalam list tempat wisata di Sukabumi yang paling bagus dan indah.

Ketika berkunjung kesini, Anda jangan sampai lupa untuk selfie dan narsis mengabadikan keindahan Curug Cikaso. Harga tiket masuknya sekitar Rp.2.000,- mungkin sekarang sudah naik. Fasilitas yang tersedia disini antara lain terdapat beberapa warung makan, kios yang menjual suvenir, dan toilet.

7. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung (Foto : jubileechurchesfestival.org)

Nah, kalau yang objek wisata yang satu ini tentu sobat traveler sudah mengenalnya bukan? Ya, Trans Studio Bandung merupakan tempat wisata di Jawa Barat yang paling terkenal dan favorit wisatawan.

Indoor Theme Park terbesar kedua di Indonesia setelah Trans Studio Makassar ini menawarkan sekitar 20-an wahana permainan dan atraksi yang seru. Anda juga tidak perlu kuatir akan kepanasan atau kehujanan, karena berada di dalam ruangan.

Secara sederhana, mungkin bisa dikatakan bahwa Trans Studio adalah Dufan Ancol namun berada dalam sebuah ruangan yang luas. Anda bisa dengan nyaman menjajal aneka permainan extreme rides hingga softplay.

Bisa dibilang Trans Studio termasuk salah satu tempat wisata anak dan keluarga di Bandung yang paling bagus. Hal ini karena selain tersedia wahana permainan, juga terdapat foodcourt dan mall untuk berbelanja. Ada juga hotel mewah yang tersedia disini.

Benar-benar lengkap, dalam satu lokasi terdapat semua fasilitas yang dibutuhkan oleh kebanyakan wisatawan. Untuk harga tiket masuk Trans Studio Bandung dibanderol sebesar Rp.170.000,- (weekdays) dan Rp.270.000,- (weekend). Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB.

8. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara (Foto : IG @arternatif_pro)

Inilah tempat wisata romantis di Jawa Barat yang wajib dikunjungi, namanya adalah Taman Bunga Nusantara. Bagaimana tidak romantis coba? Di tempat ini isinya bunga-bunga yang bermekaran sangat indah dan mengagumkan.

Anda tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk melihat taman bunga yang cantik, cukup datang saja ke Taman Bunga Nusantara yang terletak di Jl. Mariwati KM. 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Di taman ini terdapat sekitar 2.000 jenis bunga anggrek. Ada juga berbagai teratai air yang berbunga indah. Tanaman yang ada di sini tidak hanya dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri lho. Sebut saja pohon papyrus yang berasal dari China, ada juga lotus yang berasal dari Australia.

Taman bunga cantik ini juga dilengkapi dengan danau. Ada sebuah danau yang bernama Danau Angsa. Angsa hitam dan angsa putih yang berasal dari Australia dan Eropa pun menghias danau ini. Ada rumah kaca, gazebo, ampliteater, taman labirin yang bisa Anda kunjungi di sini.

Dengan sejuta keindahannya, pantas rasanya jika Taman Bunga Nusantara dimasukkan dalam daftar tempat wisata di Bogor yang paling bagus untuk berakhir pekan bersama pasangan (baca : istri) Anda. Harga tiket masuknya sekitar Rp.30.000,-.per orang. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

9. Rafting (Arung Jeram) Sungai Citarik, Sukabumi

Rafting atau Arung Jeram Sungai Citarik
Rafting atau Arung Jeram Sungai Citarik (Foto : IG @popeye_trip)

Sungai Citarik adalah tempat wisata arung jeram yang paling terkenal di Jawa Barat. Terletak di Kecamatan Cikidang, Sukabumi, Anda bisa memilih jarak yang akan ditempuh mulai dari 5 Km, 9 Km, 12 Km, atau 17 Km.

Disini tersedia beberapa operator tur yang menyediakan paket arung jeram, mulai dari 1,5 jam hingga 5 jam. Anda tak hanya bisa menikmati arus yang menegangkan, beberapa operator tur juga menyediakan kegiatan outbound seperti paintball dan family camp yang asik dan seru.

Bagi Anda yang suka tantangan dan wisata ekstrem yang menaikkan adrenalin tentu wajib mencoba bermain rafting di sungai Citarik, Sukabumi. Selain bisa menikmati sensasi derasnya arus sungai Citarik, Anda juga bisa menikmati hijaunya pemandangan di sepanjang sungai.

Rafting Sungai Citarik berada pada posisi grade IV. Sungai yang memiliki grade IV memiliki karakteristik jeram panjang yang menyambung, kemiringan yang ekstrim dan bebatuan besar di sekitar jeram. Harga yang ditawarkan juga cukup ekonomis.

10. Pasar Ah Poong Sentul

Pasar Ah Poong Sentul
Pasar Ah Poong Sentul (Foto : IG @yasminminul)

Wisata kuliner akhir-akhir ini sedang happening dikalangan para penikmat perjalanan. Berbagai tempat makan enak dan murah selalu menjadi incaran para traveler. Nah, untuk daerah Jawa Barat, khususnya kawasan wisata Sentul Bogor, ada satu tempat kuliner enak favorit wisatawan yaitu Pasar Ah Poong.

Berlokasi di Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Pasar Ah Poong saat ini menjadi tempat incaran warga Jakarta untuk menghabiskan libur akhir pekan. Wisatawan bisa mencicipi aneka makanan khas Indonesia maupun mancanegara sambil duduk santai di samping sungai.

Selain itu, pengelola Pasar Ah Poong juga menyiapkan perahu-perahu kayu yang dapat dinaiki pengunjung secara gratis dan dioperasikan oleh petugas khusus. Suasana yang nyaman dan makanan yang enak, menjadikan Pasar Ah Poong sebagai tempat wisata bagus di Sentul yang layak Anda kunjungi.

11. The Little Venice Puncak Bogor

The Little Venice Puncak Bogor
The Little Venice Puncak Bogor (Foto : IG @enggar_pertama)

Bagi Anda yang Ingin jalan-jalan ke luar negeri tetapi belum punya budget yang cukup, mending datang saja ke kawasan Little Venice Kota Bunga Puncak Bogor. Alamat lengkapnya ada di Kota Bunga Estate, Jl. Hanjawar, Ds. Sukanagalih Pacet, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Emang ada apaan disana?

Little Venice merupakan tempat wisata menarik di Jawa Barat yang berupa danau buatan dan dirancang sedemikian rupa dengan arsitektur mirip dengan Kota Venesia di Italia. Anda dapat menemukan berbagai macam replika bangunan di belahan negara dunia.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan sambil naik Gondola yaitu sebuah perahu kecil dengan arsitektur eropa. Menikmati bangunan-bangunan bergaya eropa melalui aliran sungai kecil dengan menggunakan Gondola akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi Anda.

Tidak hanya Gondola, tempat wisata bagus di Puncak Bogor ini juga menyediakan kapal Missisipi, banana boat, perahu naga, dan sepeda air. Benar-benar asik dan seru bukan?

Harga tiket masuknya mahal tidak ya? Tarif masuknya cukup terjangkau kok, Anda hanya membayar sebesar Rp.20.000,-. Untuk menaiki Gondola dan Mississippi Boat Ride Anda harus membayar sekitar Rp.50.000,-. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

12. Farm House Susu Lembang

Farm House Susu Lembang
Farm House Susu Lembang (Foto : IG @farmhouselembangbdg)

Farm House menjadi tempat wisata terbaru di Lembang Bandung yang ngehits banget belakangan ini. Apalagi kalau musim liburan tiba, pengunjungnya ramai sekali. Sebenarnya apa seh yang membuat Farm House Susu Lembang ini menjadi incaran para wisatawan?

Yang jelas, salah satu daya tarik tempat liburan keluarga di Jawa Barat ini adalah adanya spot cantik untuk berfoto ala eropa, sebut saja Rumah Hobbit, Peternakan Eropa, Kostum Gaya Eropa, dan bangunan-bangunan bergaya negera-negara Eropa sana.

Untuk memasuki tempat rekreasi Farmhouse Lembang, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 20.000,-/orang. Tiket ini dapat Anda tukar dengan segelas susu atau sosis bakar. Lokasi dan alamatnya terletak di Jalan Raya Lembang No. 108, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB.

13. The Lodge Maribaya Lembang

The Lodge Maribaya Lembang
The Lodge Maribaya Lembang (Foto : IG @lanlannwulan)

Bagi Anda yang suka camping di alam terbuka, ada neh objek wisata baru di Jawa Barat yang asyik banget buat kemah. Namanya adalah The Lodge Maribaya Lembang atau Earthbound Adventure Park Maribaya.

Lokasinya ada di Jl. Maribaya Timur Km. 6 Kampung, Kosambi, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. The Lodge Maribaya menawarkan sejumlah kegiatan wisata dan fasilitas wisata alam terbuka yang lengkap dan asyik seperti berkemah, trekking, outbond, flying fox, restoran, dan spot foto cantik.

Tempat wisata bagus di Bandung ini menyediakan tenda permanen berbentuk bawang yang enak dan nyaman untuk camping keluarga atau pun bersama teman-teman kantor. Tersedia juga layanan api unggun, kambing guling, dan lainnya.

Salah satu aktivitas favorit wisatawan disini adalah selfie atau berfoto di atas rumah pohon dengan latar hutan pinus yang sangat indah. Mirip banget dengan suasana ikonnya wisata Jogja yang bernama Kalibiru. Tak ayal, The Lodge Maribaya Lembang pun langsung menjadi incaran para wisatawan untuk berakhir pekan.

Harga tiket masuk The Lodge Maribaya Lembang dibanderol seharga Rp.20.000,- (plus vocher makan). Bila Anda ingin berfoto di rumah pohon harus membayar Rp.10.000,-. Jam buka mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB.

14. Kawasan Wisata Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Kawasan Wisata Pantai Ujung Genteng
Kawasan Wisata Pantai Ujung Genteng (Foto : IG @topijerami16)

Provinsi Jawa Barat tak hanya terkenal akan wisata alam dan wahana permainannya saja, daerah ini juga punya deretan pantai cantik berpasir putih yang tak kalah dengan pantai-pantai di Bali. Nah, salah satu tempat wisata pantai terindah di Jawa Barat adalah Pantai Ujung Genteng Sukabumi.

Pantai Ujung Genteng ini merupakan sebuah kawasan wisata pantai yang terletak di semenanjung barat daya Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Ciri khas pantai selatan Pulau Jawa airnya yang jernih.

Kawasan Wisata Pantai Ujung Genteng ini memiliki sekitar 6 pantai indah dan bagus yang bisa Anda kunjungi, yaitu Pantai Minajaya, Pantai Pangumbahan, Pantai Amanda Ratu, Pantai Cipanarikan atau Pasir Putih, Pantai Ombak Tujuh, dan Pantai Cibuaya.

Pantai Ujung Genteng menawarkan pasir putih, pantai yang landai, dan sunset yang cantik. Di tempat ini, Anda juga bisa melihat penangkaran penyu. Bagi sobat traveler yang hoby surfing, bisa mengunjungi pantai ombak 7 yang konon kabarnya termasuk salah satu spot surfing terbaik di Indonesia.

Kawasan Pantai Ujung Genteng terletak di Jl. Ujung Genteng, Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. Bila Anda berkunjung kesini, setelah sampai di pintu masuk Pantai Ujung Genteng Sukabumi, maka Anda akan dikenakan tiket masuk seharga sekitar Rp.10.000,- / orang.

15. Curug Cimahi

Curug Cimahi
Curug Cimahi (Foto : IG @ceppemartin)

Kalau Anda sedang mencari tempat wisata di Jawa Barat yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, maka datanglah ke Curug Cimahi. Lokasi Curug Cimahi terletak di Jalan Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Cisarua, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Air terjun terindah di Bandung ini mempunyai ketinggian sekitar 87 meter. Wow, tinggi banget bukan? Air terjunya mengalir cukup deras dengan suasana lingkungan alam yang penuh pepohonan. Udara yang sejuk serta keheningan tempat ini, pas buat menenangkan pikiran dari keramaian kota.

Curug Cimahi akan tampak lebih indah ketika malam tiba. Apa pasal? Karena pihak pengelola menambahkan lampu hias disekitar air terjun, sehingga ketika malam Curug Cimahi tampak seperti pelangi. Tak ayal, Curug Cimahi pun saat ini terkenal dengan sebutan Curug Pelangi atau Air Terjun Pelangi.

Harga tiket masuk ke Curug Cimahi cukup murah, hanya sekitar Rp.15.000,- ditambah parkir roda dua Rp.2.000,-. Fasilitas umum yang terdapat di objek wisata ini antara lain warung, mushalla, kamar kecil, dan tempat istirahat yang cukup.

Air terjun Cimahi cukup terawat dan bersih. Kondisi airnya pun bersih dan jernih. Banyaknya capung jarum dan kupu-kupu disini menjadi salah satu tanda bawah tingkat kesehatan air Curug Cimahi tergolong baik.

16. Kampung Naga Tasikmalaya

Kampung Naga Tasikmalaya
Kampung Naga Tasikmalaya (Foto : IG @hermawan.heru)

Inilah kampung yang sangat populer di Jawa Barat karena kearifan lokalnya, Kampung Naga namanya. Kampung Naga ini terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Apa seh keunikan Kampung Naga sehingga begitu terkenal?

Yang unik dari Kampung Naga adalah kearifan lokal dan budaya yang masih terjaga sejak dahulu sampai sekarang. Tata letak rumah dan arsitekturnya pun sangatlah khas. Letaknya yang berada di sebuah lembah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Kampung Naga.

Kampung Naga bukanlah sebuah desa wisata yang sengaja di desain menjadi objek wisata, namun kampung ini benar-benar asli apa adanya. Kampung Naga termasuk sebuah kampung adat di Jawa Barat yang masih lestari.

Masyarakat di kampung ini masih memegang adat tradisi nenek moyang mereka. Mereka menolak intervensi dari pihak luar yang ingin mencampuri dan merusak kelestarian kampung tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin melihat budaya Sunda jaman dahulu, datang saja ke Kampung Naga.

Sepertinya tidak ada tiket untuk memasuki kawasan Kampung Naga, hanya saja Anda harus meminta ijin kepada sesepuh desa. Info yang saya dapat, wisatawan bisa menginap disini asal mendapatkan ijin dari penduduk desa. Jika ingin menginap, sebaiknya membawa power bank karena disini tak ada listrik.

17. Kawasan Wisata Prabu Siliwangi Majalengka

kawasan-wisata-prabu-siliwangi
Ilustrasi Situ Cipadung Kawasan Wisata Prabu Siliwangi (Foto : infomajalengka.wordpress.com)

Bagi sobat traveler yang suka banget dengan wisata ziarah dan budaya, nampaknya Kawasan Wisata Prabu Siliwangi Majalengka bisa menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Daya tarik utama objek wisata ini adalah petilasan Prabu Siliwangi.

Selain itu, tersedia juga wisata air yang berupa pancuran Cikahuripan atau Pancuran selendang widadari. Pancuran inilah yang sering digunakan oleh para peziarah untuk mandi. Ada juga Telaga Pancur dan Telaga Emas yang asyik untuk rekreasi.

Telaga pancur memiliki air yang sangat jernih dan bersih sehingga biasanya banyak pengunjung yang berenang disini. Sedangkan Telaga Emas atau Situ Cipadung dilengkapi dengan becak air untuk berwisata.

Fasilitas yang tersedia disini antara lain toilet, mushola, saung, permainan anak dan flying fox. Bagi Anda yang lapar bisa berkunjung ke warung-warung makan yang dikelola oleh warga.

Lokasi objek wisata andalan Majalengka ini terletak di Desa Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, Majalengka. Harga tiket masuknya sekitar Rp.4.000,- per orang (mungkin sekarang sudah naik).

18. Telaga Remis Kuningan

Telaga Remis
Telaga Remis (Foto : IG @ayodolan)

Talaga Remis termasuk salah satu tempat liburan yang cukup populer di provinsi Jawa Barat. Objek wisata ini berupa sebuah danau alami yang terletak di kaki gunung Ciremai tepatnya di Desa Kaduela, Kuningan, Kecamatan Mandirancan, berjarak ±37 km dari pusat kota Kuningan.

Meskipun masuk wilayah Kabupaten Kuningan, namun Telaga Remis justru cukup populer sebagai tempat wisata di Cirebon yang wajib dikunjungi. Hal ini mungkin karena lokasi Telaga Remis yang lebih dekat ditempuh melalui Cirebon.

Harga tiiket masuk ke dalam Telaga ini cukup murah meriah, sekitar Rp.10.000,-. Suasana yang sejuk dengan dipenuhi pepohonan rimbun akan segera Anda rasakan begitu masuk ke dalam pintu gerbang.

Tempat wisata di Kuningan yang paling bagus ini menyajikan pemandangan danau alami yang sangat indah dan eksotis. Anda dapat menghabiskan waktu dengan bersantai atau bermain perahu berbentuk bebek di tempat ini. Jangan lupa untuk berfoto guna mengabadikan keindahan Telaga Remis yang cukup instagramable.

Jika Anda lapar, Anda bisa mampir ke rumah makan tersedia disana. Menu yang disajikan pada umumnya berupa kuliner khas Sunda. Anda tinggal pilih mau makan apa sesuai dengan selera dan kantong. Menyantap makanan enak sambil menikmati suasana Telaga Remis yang nyaman tentu akan membuat Anda betah berlama-lama.

19. Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom Lippo Cikarang
Waterboom Lippo Cikarang (Foto : waterboomlippocikarang.com)

Ini dia waterboom atau waterpark di Jawa Barat yang paling asyik dan seru untuk tempat liburan bareng keluarga, namanya Waterboom Lippo Cikarang. Waterboom ini mengusung tema nuansa alam Bali yang eksotis. Berbagai wahana air yang menarik untuk anak-anak dan orang dewasa tersedia disini.

Wahana favorit para wisatawan adalah seluncuran. Ada dua jenis seluncuran air atau water slide yang tersedia di Waterboom Lippo Cikarang, yaitu slide untuk dewasa dan slide anak-anak. Meluncur dari ketinggian dan terhempas di air kolam yang besar, akan memberikan sensasi yang benar-benar asik.

Bagi anak-anak yang takut seluncuran, bisa mencoba kolam khusus untuk anak-anak bermain, Kiddy Area namanya. Di sini, anak-anak bisa mencoba berbagai wahana khusus yang lebih aman.

Lokasi Waterboom Lippo Cikarang berada di Jl. Madiun Kav. 115, Lippo Cikarang, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Harga tiket masuk sebesar Rp 55.000 (weekday) dan Rp.75.000,- (weekend). Jam buka mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB.

20. Mega Wisata Icakan / Waterpark Icakan Ciamis

Mega Wisata Icakan
Mega Wisata Icakan (Foto : IG @megawisataicakan)

Ada satu lagi tempat wisata air di Jawa Barat yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Mega Wisata Icakan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Waterpark Icakan Ciamis. Tempat wisata keluarga ini menyuguhkan banyak wahana yang asik dan seru, bukan hanya waterboom.

Beberapa fasilitas yang dapat Anda nikmati selain waterboom antara lain flying fox, kereta wisata, sepeda air, Cinema 3D dan lainnya. Harga tiket masuknya cukup murah sekitar Rp.5.000,- namun untuk menikmati aneka wahana dan atraksi yang ada disini harus membayar lagi.

Mega Wisata Icakan terletak di Kampung Cikacang, Desa Sukamulya, Kec. Baregbeg Kabupaten Ciamis (sekitar 7 km dari pusat kota Ciamis). Luas tempat wisata terbagus di Ciamis ini mencapai 70 hektare. Luas banget bukan?

Mega Wisata Icakan memberikan nuansa yang asri dan indah cocok untuk Anda yang ingin bersantai menikmati udara segar dengan taman pinus yang rindang. Pas banget deh buat tempat liburan akhir pekan bersama anak, keluarga, atau pun teman-teman.

21. Pemandian Air Panas Ciater Subang

Pemandian Air Panas Ciater
Pemandian Air Panas Ciater (Foto : initempatwisata.com)

Pemandian Air Panas Ciater Subang merupakan salah satu tempat favorit wisatawan untuk relaksasi setelah selama berhari-hari sibuk dengan rutinitas kerja. Objek wisata terbaik di Subang ini mempunyai 3 jenis kolam yaitu 2 kolam besar dan 1 kolam anak-anak.

Nama lain Pemandian Air Panas Ciater adalah Sari Ater. Kandungan belerang di dalam air, membuat pemandian ini berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Selain itu, konon kabarnya mandi di Sari Ater bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti rematik, gangguan syaraf, smapai penyakit tulang.

Fasilitas wisata yang tersedia disini antara lain resor, tempat outbound, dan restoran. Jam buka Pemandian Air Panas Ciater selama 24 jam untuk kolam rendaman, sedangkan untuk wahana lain buka mulai pukul 07.00 – 23.00 WIB.

Untuk harga tiket masuk ke kawasan pemandian air panas Ciater dibanderol sekitar Rp.20.000,-. Untuk menikmati kolam air panas wisatawan harus membayar lagi sekitar Rp.80.000,-. Namun, Anda juga memilih kolam sederhana dengan harga sekitar Rp.20.000,- s/d Rp.55.000,- sesuai fasilitas yang tersedia.

22. Gunung Pancar Puncak Bogor

Hutan Pinus Gunung Pancar
Hutan Pinus Gunung Pancar (Foto : IG @heniapril)

Ini dia tempat wisata alam yang lagi ngehits di Jawa Barat, khususnya di kawasan Bogor, yaitu Gunung Pancar. Ada apa saja seh disini? Kok banyak wisatawan dari Jakarta yang suka mendatangi tempat ini?

Gunung Pancar Bogor menawarkan wisata alam yang cukup lengkap dan menarik dikunjungi bersama keluarga atau pun teman-teman dekat. Ada hutan pinus yang keren, tempat camping, hingga pemandian air panas untuk relaksasi.

Udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah menjadi daya tarik utama wisata Gunung Pancar. Aktivitas favorit para wisatawan biasanya adalah berfoto dengan latar hutan pinus yang eksotis.

Selain berfoto, Anda juga bisa melakukan kegiatan lain seperti hiking, jogging, downhil, berkuda, dan menyaksikan pentas budaya yang sering digelar disini.

Harga tiket masuk wisata alam Gunung Pancar Bogor cukup murah, hanya Rp.5.000,- per orang. Untuk parkir motor Rp.5.000,- dan parkir mobil sekitar Rp.10.000,-. Tarif masuk pemandian air panas dibanderol dengan harga Rp.10.000,-.

23. Masjid Kubah Emas Depok

Masjid Kubah Emas Depok
Masjid Kubah Emas Depok (Foto : ib-id.blogspot.co.id)

Bagi sobat traveler yang muslim, jangan sampai melewatkan wisata religi yang paling bagus di Jawa Barat, yaitu berkunjung ke Masjid Kubah Emas Depok. Sesuai dengan namanya, ikon tempat wisata di Depok ini memiliki ciri khas Kubah Masjid yang berwarna keemasan.

Masjid ini sebenarnya bernama Masjid Dian Al Mahri, namun lebih dikenal dengan nama Masjid Kubah Emas. Masjid yang terletak di Jl Raya Maruyung, Limo, Depok ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Apalagi pas dalam suasana Ramadhan atau lebaran, banyak wisatawan yang datang untuk berdoa maupun sekedar jalan-jalan.

Selain kubah masjid yang dilapisi oleh warna emas, arsitektur Masjid Kubah Emas sangatlah unik dengan bergaya Timur Tengah. Di dalam masjid, sobat traveler akan menemukan 5 kubah yang terdiri dari 4 kubah kecil dan 1 kubah besar.

Suasananya pun tenang dan damai, laksana oase di gurun pasir. Disini Anda dapat mendengar suara burung-burung berkicau. Harga tiket masuknya gratis lagi, nyaman deh pokoknya buat ibadah dan wisata religi mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta.

24. Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta

Taman Air Mancur Sri Baduga
Taman Air Mancur Sri Baduga (Foto : travelwisatahemat.com)

Kabupaten Purwakarta saat ini sedang menjadi trending topik di dunia pariwisata Jawa Barat. Apa pasal? Tak lain karena ada destinasi baru berupa Taman Air Mancur Sri Baduga yang punya pertunjukan air mancur yang menarik.

Taman Air Mancur Sri Baduga yang berada di kawasan Situ Buleud ini konon kabarnya merupakan air mancur terbesar di Asia Tenggara. Yang unik dari air mancur ini adalah bergerak sesuai dengan lantunan musik. Selain itu, air mancurnya pun berwarna warni, sungguh spot yang sangat indah saat malam hari.

Tempat wisata terbagus di Purwakarta ini memiliki kurang lebih 100 pipa yang bisa memancarkan air setinggi 10 meter. Pipa air tersebut mengelilingi taman air seluas 2 hektar. Namun, untuk menikmati air mancur yang keren tersebut, Anda harus datang pada saat jadwal pertunjukan, yaitu setiap malam minggu.

Kawasan Situ Buleud dibuka secara umum setiap hari, untuk pagi hari dibuka mulai pukul 05.00 WIB hingga 09.00 WIB berbarengan dengan waktu olah raga masyarakat. Sedangkan pada malam hari kawasan tersebut dibuka sejak pukul 17.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

Pada hari biasa air mancur akan tetap menyembur tetapi tanpa ada efek tambahan seperti saat peresmian maupun saat malam Minggu. Harga tiket masuk pertunjukan air mancur masih gratis, namun tidak menutup kemungkinan di masa mendatang akan dikenakan tarif masuk.

25. Batu Dua Paragliding Flying Site Sumedang

Batu Dua Paragliding Flying Site Sumedang
Batu Dua Paragliding Flying Site Sumedang (Foto : IG @pangerandirgantara)

Ada satu lagi wisata ekstrem di Jawa Barat yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja, yaitu Paragliding Flying Site (paralayang) di Batu Dua Sumedang. Lokasinya memang lumayan jauh dari pusat Kota Sumedang, namun tempat ini sangat bagus untuk olahraga dirgantara atau wisata adrenalin seperti paralayang.

Batu Dua termasuk salah satu lereng bukit yang ada di kawasan Gunung Lingga Desa Cimarga Kecamatan Cisitu. Dengan ketinggian 930 meter di atas permukaan laut, tempat ini menyajikan hamparan pemandangan alam yang indah mempesona.

Akses yang mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat, menjadi kelebihan tempat wisata indah di Sumedang ini. Di Bukit Dua, Anda bisa melayang di udara sejauh 45 km dengan durasi sampai tiga jam.

Namun bagi Anda yang belum pernah atau belum mahir, jangan coba-coba lho ya! Kalau pun mau mencoba harus ditemani (paralayang tandem) dengan instruktur yang profesional dan berpengalaman.

Demikianlah review singkat dan lengkap tentang berbagai tempat menarik di Jawa Barat yang bisa Anda kunjungi. Bagi sobat traveler yang punya referensi lain tentang tempat wisata bagus dan indah di Jawa Barat bisa sharing melalui kolom komentar, salam traveling!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here