Home Wisata Asia 11 Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro

11 Tempat Wisata Di Jogja Dekat Malioboro

33
0
SHARE

Tempat Wisata Di Jogja – Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata di Jogja dekat malioboro, ini dia objek wisatanya. Ada berbagai tempat wisata di sekitar Malioboro yang menarik dan asyik dikunjungi saat liburan di Jogja bersama keluarga, anak-anak, atau pun teman dekat. Yuk, simak 11 tempat wisata di Jogja yang dekat dengan Maliboro berikut.

Daftar Tempat Wisata Menarik Di Jogja Yang Dekat Dengan Malioboro

1. Pasar Beringharjo

Pasar-Beringharjo
Pasar Beringharjo (Foto : Hendra Wardhana, kompasiana.com)

Kita awali tempat wisata di Jogja dekat Malioboro dengan mengunjungi Pasar Beringharjo. Pintu masuk utama pasar tradisional ini berada di sebelah timur Jalan Malioboro. Di pasar ini Anda bisa puas berbelanja baju batik dan pernak-pernik lain khas Yogyakarta.

Pasar Beringharjo termasuk salah satu tempat belanja murah di Jogja selain Malioboro. Namun, Anda harus pandai menawar dan memilih barang yang bagus. Jadi pastikan Anda mengeluarkan jurus tawar-menawar agar bisa mendapatkan harga yang murah.

2. Museum Benteng Vredeburg

Museum-Benteng-Vredeburg
Museum Benteng Vredeburg (Foto : mixedupalready.com)

Tak jauh dari Pasar Beringharjo, Anda dapat mengunjungi tempat wisata di Jogja dekat Maliboro lainnya yaitu Benteng Vredeburg. Untuk menuju ke Venteng Vredeburg Anda dapat berjalan kaki ke arah selatan dari Pasar Beringharjo atau Jalan Maliboro. Benteng Vredeburg terletak berhadapan dengan sebuah gedung yang disebut dengan Gedung Agung, tepatnya di sebelah timurnya.

Benteng ini merupakan salah satu bangunan bersejarah pada jaman penjajahan Belanda yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I atas permintaan dari pemerintah Belanda pada tahun 1760.

Saat memasuki benteng ini akan terasa suasana jaman Belanda dengan arsitektur bergaya Eropa. Benteng ini dikelilingi oleh parit sehingga Anda harus masuk ke benteng dengan melewati jembatan penghubung.

Museum yang ada di Benteng Vredeburg menyajikan diorama yang menceritakan tentang sejarah Indonesia. Selain itu, terdapat banyak lukisan dan gambar serta benda-benda peninggalan bersejarah pada jaman penjajahan Belanda.

Kalau Anda mau berkeliling benteng maka Anda dapat menyewa sepeda Onthel dengan harga sangat murah yaitu membayar 5.000 rupiah saja.

3. Kawasan Nol Kilometer

Kawasan-Nol-Kilometer
Kawasan Nol Kilometer (Foto : putrinyanormal.com)

Kawasan Nol Kilometer atau KM Nol ini memiliki sejumlah bangunan peninggalan Belanda yang disebut loji. Coba deh kemari ketika malam hari, Anda seolah diajak berkelana ke masa lalu lewat bangunan-bangunan tua yang terawat sampai sekarang. Pendar kekuningan dari lampu merkuri makin menambah kesan romantis di tempat ini.

Dari Jalan Malioboro atau Benteng Vredeburg, berjalanlah ke arah selatan sampai perempatan yang ada monument serangan umum 1 Maret dan Kantor Pos Besar Jogja. Nah, disinilah Kawasan Nol Kilometer atau titik nol berada.

Kawasan KM Nol ini menjadi tempat wisata di Jogja favorit anak muda untuk nongkrong maupun mengekspresikan diri. Anda bisa melihat berbagai komunitas dan seniman menarik perhatian pengunjung lewat atraksi mereka. Ada yang meniru patung perunggu, berdandan ala hantu, sampai menari.

4. Taman Pintar Yogyakarta

Taman-Pintar-Yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta (Foto : wisatajogja.co.id)

Berada di pusat kota Jogja, Taman Pintar Yogyakarta adalah sebuah tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang menyajikan taman edukasi bagi anak dan pelajar. Inilah tempat wisata anak di Jogja yang bagus untuk mendalami pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung.

Sebagai wahana rekreasi dan belajar, Taman Pintar terbuka untuk umum tidak terkecuali bagi rombongan pelajar. Tersedia berbagai fasilitas penunjang, diantaranya adalah food court, ruang audiovisual, area bermain (playground), dan ruang pertemuan multifungsi (exhibition hall).

Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Taman Pintar Yogyakarta ini sebesar Rp 15 ribu per orang (dewasa), Rp 8 ribu per orang (anak-anak), dan Rp 15 ribu per orang (bagi yang ingin ke planetarium).

Alamat Taman Pintar Yogyakarta tepat nya di Jalan Senopati No.1-3, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta | (0274) 583631. Dari Kawasan Nol Kilometer, berjalanlah beberapa meter ke arah timur, Anda akan menemukan objek wisata ini.

5. Museum Mainan Anak Kolong Tangga

Museum Mainan Anak Kolong Tangga
Museum Mainan Anak Kolong Tangga (Foto : liburanjogja.co.id)

Museum Mainan Anak ini diberi nama “Kolong Tangga” karena letaknya berada tepat di bawah tangga menuju concert hall Taman Budaya Yogyakarta. Lokasi Museum Anak Kolong Tangga ini berada di antara Taman Pintar dan Pasar Buku Bekas Jogjakarta (kalau dari arah Malioboro & Pasar Ngasem bisa ditempuh dengan berjalan kaki).

Walaupun ukurannya kecil, museum di Jogja yang bagus ini memiliki 400 koleksi mainan dari seluruh Indonesia dengan interior berwarna-warni cerah dan penuh dengan cahaya. Museum ini diprakarsai oleh Rudy Corens seorang warga Belgia yang bekerjasama dengan Yayasan Dunia Damai pimpinan Poppy Dharsono.

Yang di pamerkan di dalam museum mainan anak ini, hampir 90% adalah mainan-mainan tradisional tempo dulu, tetapi ada juga beberapa mainan jaman sekarang dan koleksi mainan dari manca negara, namun sebatas sebagai bahan referensi atau perbandingan saja, dan jumlahnya hanya beberapa.

6. Sekaten

Sekaten
Sekaten (Foto : yogyakarta.panduanwisata.id)

Jika kebetulan Anda liburan ke Jogja saat perayaan Sekaten digelar, datanglah ke alun-alun utara tanpa pikir panjang. Lokasinya cukup dekat dengan Maliboro, Anda tinggal berjalan lurus ke selatan dari jalan Malioboro melewati perempatan kawasan nol kilometer, maka Anda akan bertemu dengan alun-alun utara. Nah, disinilah tempatnya Sekaten digelar setiap bulan Maulud.

Tempat wisata malam di Jogja yang menarik ini, menyajikan pasar malam dengan suasana pesta rakyat yang meriah. Ada puluhan wahana seru yang bisa Anda coba, mulai dari kora-kora, bianglala, ombak banyu, rumah hantu, sampai melihat para daredevil beruji nyali di tong stand. (mungkin maksudnya tong stunt kali, ya).

Pasar malam ini juga menawarkan aneka jajanan yang bisa mengganjal perut Anda yang lapar setelah berputar-putar. Tempat ini juga pas banget buat Anda yang pengen berburu pakaian bekas. Tapi, tak cuma pakaian bekas, yang baru juga banyak, lho. Pokoknya pasar ini lengkap, deh!

7. Museum Sonobudoyo

Museum-Sonobudoyo
Museum Sonobudoyo (Foto : sonobudoyo.com)

Inilah tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang menyuguhkan Anda akan sejarah, budaya, dan arsitektur bangunan Jawa yang mengagumkan. Diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana VIII pada tahun 1935, Museum Sonobudoyo adalah rumah koleksi budaya dan sejarah Jawa yang paling lengkap di Indonesia setelah Museum Nasional Republik Indonesia yang ada di Jakarta.

Museum Sonobudoyo terbuka bagi umum, mulai dari pukul 8 pagi hingga 2 sore. Pada hari senin, hari libur, dan hari besar akan tutup untuk kunjungan publik. Untuk dapat masuk ke tempat wisata Jogja yang satu ini, Anda harus membayar tiket masuk Museum Sonobudoyo sebesar Rp 3 ribu per orang (dewasa) dan Rp 2.500 per orang (anak-anak). Untuk turis asing, harga tiket masuk sebesar Rp 5 ribu per orang.

Di museum ini, Anda dapat menyaksikan pertunjukkan wayang kulit (dengan menggunakan bahasa Jawa diiringi dengan musik gamelan Jawa) mulai dari pukul 20.00 hingga 22.00 di malam hari. Untuk menonton, Anda harus membayar tiket pertunjukan wayang sebesar Rp 20 ribu per orang. Alamat Museum Sonobudoyo: Jl. Trikora No. 6, Pendowoharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. Keraton Yogyakarta

Keraton-Yogyakarta
Keraton Yogyakarta (Foto : en.wikipedia.org)

Keraton Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang ramai dikunjungi. Keraton Yogyakarta merupakan sebuah bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta yang ditinggali oleh Sultan dan keluarganya.

Selain dapat menikmati arsitektur kesultanan kuno, anda juga dapat berkunjung ke museum yang mempunyai koleksi barang-barang kesultanan Yogyakarta yang sebagian merupakan hadiah dari raja Eropa. Apabila anda ingin datang mengunjungi tempat wisata ini, datanglah agak pagi karena Keraton Yogyakarta buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 2 siang saja.

9. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari
Istana Air Taman Sari (Foto : djogjayogyakarta.blogspot.com)

Istana Air Taman Sari adalah sebuah tempat rekreasi dan meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta pada jaman dahulu. Selain itu, Istana Air Taman Sari juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh yang menyerang.

Objek wisata Taman Sari terletak di sebelah selatan Keraton Yogyakarta. Anda bisa menggunakan jasa becak untuk kesana dengan jarak tempuh kira-kira 15 menit.

Taman sari merupakan bagian dari bangunan keraton yang terdiri dari bangunan-bangunan dan lorong bawah tanah dengan sentuhan seni arsitek Belanda yang indah dan juga Unik.

Saat ini, Istana Air Taman Sari adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta dekat Malioboro yang terkenal karena keunikannya. Udara di sekitar Istana Air Taman Sari juga sejuk karena terdapat banyak kolam buatan disertai dengan kebun bunga yang berbau harum. Harga tiket masuk Istana Air Taman Sari adalah 5,000 Rupiah.

10. Alun-alun Kidul atau Alkid

Alun-alun Kidul atau Alkid
Alun-alun Kidul atau Alkid (Foto : hotelasih.com)

Alun-alun selatan atau yang lebih dikenal dengan alun-alun kidul atau alkid merupakan salah satu tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang asyik dikunjungi saat malam tiba. Alkid juga termasuk salah satu tempat nongkrong favorit di Jogja, terutama bagi para anak muda.

Aneka lampu warna-warni dari kendaraan hias menambah semarak tempat ini. Mobil-mobil hias ini bisa kamu gunakan untuk berkeliling alkid dengan tarif 30-40 ribu sesudah ditawar.

Jangan lewatkan juga untuk menjajal kemampuan Anda melewati celah dua pohon beringin alkid. Dengan mata yang tertutup cobalah berjalan menuju celah kedua beringan kembar. Berani Mencoba? Oya, satu lagi jangan lupa mencicipi wedang ronde khas alkid untuk menghangatkan badan saat dinginnya malam mulai datang.

11. Tugu Jogja

Tugu-Jogja
Tugu Jogja (Foto : grahafauzi.wordpress.com)

Landmark kota Jogja yang satu ini biasanya ramai dikunjungi pada malam hari karena keindahan dan keunikannya jika dijadikan background foto. Namun, tempat wisata di Jogja dekat Malioboro yang satu ini memang agak jauh jika dibanding dengan tempat wisata lain yang sudah disebutkan di atas. Untuk mencapai Tugu Jogja Anda bisa menempuhnya dengan naik becak selama 30 menit ke arah utara jalan Malioboro.

Bagaimana? Cukup banyak bukan objek wisata di sekitar Malioboro yang dapat dikunjungi. Bagi Anda yang punya info tentang objek wisata di Jogja lainnya bisa menuliskannya di kolom komentar untuk menambah referensi kita tentang wisata Jogja. Sekian dulu info tempat wisata menarik di Jogja yang dekat dengan Malioboro, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here