Home » Wisata Asia » 10 Tempat Wisata Di Jogja Terbaru Yang Paling Menarik

10 Tempat Wisata Di Jogja Terbaru Yang Paling Menarik

Tempat Wisata Di Jogja Terbaru – Ini dia rekomendasi dan daftar tempat wisata di Jogja terbaru yang paling menarik untuk dikunjungi. Jogja selalu menawarkan tempat wisata terbaru setiap tahunnya. Aneka tempat wisata baru di Jogja yang bagus tentu akan membuat liburan Anda semakin asyik, seru, menarik, dan berkesan. Dari mulai wisata alam dan pantai terbaru, sampai dengan taman bermain terbaru bisa Anda nikmati di Yogyakarta.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari tempat liburan di Jogja terbaru, Mas Latip Travel telah menyiapkannya. Dari mulai objek wisata yang agak lama namun masih hitz, sampai tempat wisata Jogja yang benar-benar baru dan belum terjamah ada semua disini. Penasaran bukan? Yuk, langsung saja simak info tempat wisata terbaik di Jogja yang terbaru berikut.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Jogja Terbaru Yang Paling Menarik, Bagus, Dan Eksotis

1. Desa Wisata Kalibiru

Desa-Wisata-Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru (Foto : sejutapena.com)

Ini dia tempat wisata di Jogja terbaru yang lagi hits, yaitu Desa Wisata Kalibiru. Nama Kalibiru di Kulunprogo memang tidak kalah populer ketimbang Tebing Keraton di Bandung. Keindahan Desa Wisata Kalibiru dengan latar alamnya yang indah memang menjadi alasan banyak wisatawan untuk datang dan berfoto di sana.

Adapun yang menjadi tujuan utama wisatawan adalah berfoto di tempat flying fox di Desa Wisata Kalibiru. Karena letak flying fox yang berada di ketinggian, pemandangan Waduk Sermo yang tersaji pun luar biasa indah.

Desa Wisata Kalibiru juga punya trek cantik yang bisa dipilih panjangnya. Ada yang 1,5 km hingga 7 km, tergantung keinginan. Wisata ke Desa Wisata Kalibiru di Kulonprogo bareng keluarga pastinya asyik.

2. Kebun Buah Mangunan

Kebun-Buah-Mangunan

Kebun Buah Mangunan (Foto : wisatajawa.com)

Bagi Anda yang bosan berkunjung ke tempat wisata di Yogyakarta yang itu-itu saja, mungkin bisa mampir ke Kebun Buah Mangunan. Tempat wisata di Jogja terbaru yang tengah naik daun ini memang menyajikan pemandangan indah Sungai Oya dari ketinggian.

Kebun Buah Mangunan terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasi ini berjarak sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul, dan 35 km dari pusat Kota Yogyakarta. Traveler dapat melihat keindahan alam Bantul yang masih hijau.

Selain itu, terdapat rekreasi keliling kebun buah hingga melihat pembibitan sapi. Sedangkan dari segi fasilitas, sudah ada penginapan ala homestay, gedung pertemuan, kolam renang, serta kantor manajemen.

3. Hutan Pinus Mangunan

Hutan-Pinus-Mangunan

Hutan Pinus Mangunan (Foto : alamkuindahsekali.blogspot.com)

Ingin melarikan diri dari panasnya kota Jogja? Datang saja ke tempat wisata di Jogja terbaru Hutan Pinus Mangunan. Hutan ini cocok sekali buat Anda yang ingin melarikan diri sejenak dari teriknya matahari Yogyakarta.

Terletak di daerah perbukitan di daerah Dlingo, Bantul, hutan ini menawarkan kesejukan serta pemandangan yang jarang Anda temukan di tempat lain. Makanya, tempat ini sering dijadikan lokasi pemotretan atau sekadar hunting foto. Puas berfoto, Anda juga bisa meneruskan perjalanan ke kebun buah Mangunan yang letaknya tak jauh dari sini.

4. Sindu Kusuma Edupark

Sindu-Kusuma-Edupark

Sindu Kusuma Edupark (Foto : kotayogyakarta.com)

Selain alam indah, Yogyakarta juga punya taman rekreasi yang baru dibuka di akhir tahun 2014 lalu. Terletak di Jalan Magelang Km 2, tepatnya berada di Sinduadi, Mlati, Sleman, hadir Sindu Kusuma Edupark. Taman rekreasi terbaru ini merupakan tempat wisata anak dan keluarga di Jogja yang menarik untuk dikunjungi.

Tidak jauh berbeda dengan taman rekreasi pada umumnya, Sindu Kusuma Edupark juga memiliki berbagai variasi wahana hiburan sekaligus belajar. Beberapa contoh wahananya seperti bianglala, sepeda terbang dan segway, semacam kendaraan listrik beroda dua.

Untuk hari biasa, tiket masuknya adalah Rp 15 ribu, dan Rp 50 ribu untuk weekend. Selain tiket masuk, pengunjung juga harus membayar untuk mencoba setiap wahana yang ada. Selama bulan puasa, Sindu Kusuma Edupark buka dari pukul 14.00-22.00 WIB.

5. Blue Lagoon

Blue-Lagoon

Blue Lagoon (Foto : tulisanaris.blogspot.com)

Mendengar nama Blue Lagoon, mungkin Anda akan berasumsi tentang tempat liburan di Bali atau luar negeri sana. Namun tidak, Blue Lagoon atau yang dikenal juga dengan Pemandian Tirtabudi, adalah oase yang ada di Wododomartani, Ngemplak, Sleman.

Pemandian dengan air jernih tersebut memang ramai didatangi masyarakat hingga traveler. Kesegaran dan kejernihan air menambah pesona Blue Lagoon sebagai tempat wisata di Jogja terbaru yang asyik.

Suasanya pun boleh terbilang sejuk dan hijau karena dikelilingi oleh pepohonan. Tapi jika ingin datang ke Blue Lagoon, usahakan untuk datang lebih pagi. Soalnya semakin siang akan lebih banyak yang datang.

Baca Juga : 15 Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Enak Dan Murah

6. Pantai Ngandong

Pantai-Ngandong

Pantai Ngandong (Foto : puguh05.wordpress.com)

Pesona pantai di Gunungkidul memang tidak ada habisnya. Selain Pantai Indrayanti atau Sundak yang sudah terkenal, ada Pantai Ngandong yang indah namun belum terlalu populer. Ciri khas utama tempat wisata di Jogja terbaru ini terletak pada airnya yang sangat jernih.

Saking jernihnya, Anda bisa melihat dasar laut di tepi pantai tanpa perlu menyelam. Ikan dan karang yang berada di dalam laut pun bisa terlihat dengan jelas oleh mata telanjang.

Secara letak, Pantai Ngandong berada di samping Pantai Sundak yang populer. Pasir di pantai ini juga putih dan tak kotor oleh sampah. Pastinya membuat Anda betah untuk berlama-lama santai di Pantai Ngandong.

7. Pantai Nglambor

Pantai-Nglambor

Pantai Nglambor (Foto : hipwee.com)

Selain Pantai Ngandong yang masih belum populer, ada juga tempat wisata di Jogja terbaru lainnya yaitu Pantai Nglambor yang tidak kalah indah. Berbeda dengan pantai selatan pada umumnya yang berombak, pantai indah di Jogja yang satu ini memiliki ombak yang tenang dan berair dangkal. Sehingga cocok untuk berenang maupun snorkeling.

Berbentuk seperti teluk dan diapit oleh dua bukit, pemandangan di Pantai Nglambor begitu indah dan mempesona. Letaknya yang terhimpit Pantai Siung dan Pantai Jogan, juga membuat Pantai Nglambor seakan tersembunyi.

Untuk mencapainya, Anda harus memarkirkan kendaraan sedikit jauh dari pantai. Dari tepi jalan, dilanjutkan dengan berjalan kaki meelewati ladang kacang dan deretan pepohonan sebelum sampai di Pantai Nglambor.

8. Pantai Pok Tunggal

Pantai-Pok-Tunggal

Pantai Pok Tunggal (Foto : danjaswatiputrih.blogspot.com)

Satu lagi pantai di Gunungkidul yang termasuk tempat wisata di Jogja terbaru, yaitu Pantai Pok Tunggal. Pemandangan pantai yang landai dengan pasir putih yang dapat digunakan untuk kegiatan oleh raga pantai seperti volley pantai, treking tebing, sunset, makan malam romantis di tepi pantai tentu akan membuat liburan Anda lebih berkesan.

Untuk sampai ke Pantai Pok Tunggal, Anda bisa menggunakan kendaraan atau trekking dari sisi timur Pantai Indrayanti. Di sini, terdapat sebuah pohon Duras yang menjadi ikon pantai ini. Oh iya, jangan asal memanjat Pohon Duras yang jadi ikon pantai ini, ya. Pohon ini amat berharga maknanya bagi penduduk sekitar.

Nama Pok Tunggal pun berasal dari keberadaan Pohon Duras yang jadi vegetasi satu-satunya di sini. Pohon Duras tersebut hanya memiliki satu dasar pohon (pok), sehingga membuat penduduk sekitar menamai pantai yang ada di dekatnya dengan Pok Tunggal.

Beberapa tahun lalu, Pantai Pok Tunggal masih sangat sepi. Hampir tidak ada wisatawan yang datang ke sini. Namun kini, Pok Tunggal sudah mulai dikenal. Kalau ingin merasa pantai ini seperti pantai pribadi, jangan berkunjung ke sini saat akhir pekan — melainkan datanglah di hari kerja.

9. Goa Jomblang

Goa-Jomblang

Goa Jomblang (Foto : excellentjogjadriver.com)

Kalau Anda tertarik dengan wisata goa, Anda tak boleh melewatkan tempat wisata alam di Jogja yang bagus ini, Goa Jomblang. Goa yang terletak di perbukitan karst Gunung Kidul ini merupakan goa vertikal yang menyimpan keunikan yang tak biasa.

Untuk mencapai dasar goa Anda harus menggunakan peralatan khusus yang standar keamanannya terjaga dan didampingi oleh pemandu. Biaya wisata ke Goa Jomblang cukup mahal, sekitar Rp 450.000,00 untuk 2 orang.

Bagi yang enggan mengeluarkan uang lebih untuk menyewa alat atau sudah punya alat sendiri, ada baiknya Anda melancarkan teknik single rope dulu sebelum berkunjung ke sini. Sebab turunan yang harus Anda lalui untuk masuk ke gua cukup ekstrim.

Waktu yang paling baik untuk mengunjungi goa ini adalah sekitar pukul 10.00-12.00, karena posisi matahari sedang tinggi sehingga Anda bisa melihat ‘cahaya surga’. Di dalam goa ini juga terdapat hutan purba yang memiliki vegetasi unik. Keindahan goa ini dijamin bikin Anda terkagum-kagum. Cuma di Goa Jomblang Anda bisa merasakan sekelumit sensasi surga walau masih berstatus sebagai manusia.

10. Desa Wisata Nglinggo

Desa-Wisata-Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo (Foto : titik0jogja.blogspot.com)

Siapa bilang Jogja tidak punya kebun teh? Jogja juga memiliki dataran tinggi perkebunan teh yang bisa dijadikan alternatif liburan. Di tempat ini wisatawan bisa merasakan sejuknya udara pegunungan sekaligus melakukan tea walk alias jalan-jalan menyusuri kebun teh. Tempat tersebut adalah Desa Wisata Nglinggo.

Desa Wisata Nglinggo terletak di Kelurahan Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Desa wisata ini masih satu kawasan dengan obyek wisata Puncak Suroloyo.

Sebagai desa yang pernah mendapatkan juara 3 dalam lomba Desa Wisata Nasional, tempat ini sudah melengkapi dirinya dengan berbagai fasilitas seperti tempat pertemuan dengan kapasitas 100 orang, pusat jajanan, areal parkir yang luas, bumi perkemahan, dan homestay untuk wisatawan yang ingin merasakan suasana menginap di desa.

Kebun Teh Nglinggo memang menjadi pesona utama desa wisata ini. Wisatawan yang berkunjung ke Nglinggo bisa berjalan kaki menyusuri petak demi petak perkebunan teh yang terletak di ketinggian 800 m dpl.

Dari kebun teh wisatawan bisa menyaksikan pemandangan bukit batu dengan bentuk yang menarik, perkampungan di Kabupaten Magelang dan Purworejo, hutan pinus yang lebat, serta hamparan lembah menghijau laksana karpet tebal.

Curug-Watu-Jonggol

Curug Watu Jonggol atau Grojogan Watu Jonggol (Foto : ibnunsrdn.blogspot.com)

Selain kebun teh, pesona lain yang ditawarkan oleh Desa Wisata Nglinggo adalah air terjun yang berada di ketinggian 900 m dpl. Oleh warga sekitar air terjun ini disebut dengan nama Curug Watu Jonggol. Bagi Anda yang suka air terjun, jangan lewatkan untuk membaca daftar air terjun di Jogja yang paling indah.

Wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun ini harus trekking melewati medan yang cukup menantang. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan kondisi Curug Watu Jonggol masih sangat alami, lengkap dengan tumbuhan dan satwa khas dataran tinggi.

Tak hanya wisata alam, Nglinggo juga kaya dengan wisata budaya. Wisatawan yang berkunjung ke Nglinggo bisa belajar pertanian, peternakan kambing, dan seni di tempat ini. Mulai belajar menari lengger, jathilan, membuat topeng, hingga membatik bisa wisatawan lakukan di sini.

Bagaimana? Asyik dan menarik buka wisata terbaru di Jogja? Kota Yogyakarta atau yang sering disebut Jogja memang selalu menawarkan objek wisata baru yang bikin kangen ingin kembali lagi. Bagi Anda yang punya info tempat wisata di Jogja terbaru yang menarik lainnya bisa berbagi (share) melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*