Home Wisata Asia 10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

41
0
SHARE

Tempat Wisata Di Jogja – Anda akan liburan di Jogja? Ini dia tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Wisata Jogja memang selalu menawarkan sesuatu yang menarik dan bikin kangen ingin kembali lagi. Jogja adalah daerah wisata dengan pelbagai keunikan dan kekayaan budaya yang mempesona.

Selain itu, wilayah yang dipimpin oleh seorang sultan tersebut juga memiliki keindahan alam yang memikat serta kehidupan masyarakat lokal yang unik.

Pesona tempat wisata di Jogja bahkan dapat Anda temui dengan pengalaman wisata belanja dan mencicipi aneka kuliner Jogja yang memikat. Membeli beberapa oleh-oleh khas Jogja adalah salah satu kegiatan yang lazim dilakukan wisatawan saat wisata di Jogja.

Nah, saking banyaknya objek wisata di Jogja, tentu tidak akan cukup mengunjunginya dalam waktu satu sampai dua hari. Akan butuh waktu berminggu-minggu untuk menikmati semua pesona wisata Jogja.

Bagi Anda yang punya sedikit waktu saat liburan ke Jogja, Maslatip Travel telah menyiapkan 10 daftar tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi oleh wisatawan.

Daftar Tempat Wisata Menarik Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

1. Malioboro

Malioboro-Jogja
Malioboro (Foto : anekatempatwisata.com)

Siapa seh yang tidak kenal Malioboro? Setiap orang yang pernah ke Jogja mesti kenal tempat ini. Malioboro merupakan salah satu ikon tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan. Jalan Malioboro termasuk salah satu pilihan favorit para penikmat perjalanan untuk menghabiskan waktu di Jogja.

Di sepanjang jalan Malioboro, Anda dapat berbelanja ria dan mendapatkan salah satu barang unik khas Jogja. Jika suka, Anda bahkan dapat menyusuri toko-toko yang ada di pasar Beringharjo saat siang hari. Kawasan Malioboro ini adalah salah satu tempat wisata belanja murah di Jogja.

Pada siang hari, di sepanjang Jalan Malioboro Anda akan menemukan banyak sekali penjual pakaian, tas, sandal, gantungan kunci, kerajinan tangan, batik, aksesoris, dan barang-barang unik lainnya yang dapat dibeli dengan harga murah.

Sedangkan pada malam hari, Anda akan menemukan banyak sekali penjual makanan lesehan khas Yogyakarta di sepanjang Jalan Malioboro. Namun, hati-hati ya dalam membeli makanan disini, pastikan makanan yang Anda makan halal dan harganya terjangkau dompet Anda.

Saya pribadi merekomendasikan Malioboro hanya untuk wisata belanja, sedangkan untuk wisata kuliner silahkan baca info tempat wisata kuliner di Jogja yang telah saya susun. Selain belanja, Anda juga bisa menikmati aneka tempat wisata yang ada di sekitar Malioboro seperti Taman Pintar, Keraton, dan lainnya.

2. Candi Prambanan

Candi-Prambanan
Candi Prambanan (Foto : candi1001.blogspot.com)

Candi Prambanan adalah tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya. Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Selain itu, Candi Prambanan juga dihiasi relief yang diukir mengelilingi candi dan menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana.

Candi Prambanan berlokasi sektiar 17 KM dari pusat kota Yogyakarta. Apabila Anda tidak membawa kendaraan pribadi, untuk mencapai Candi Prambanan Anda cukup menggunakan bus dan turun di halte Prambanan, sangat mudah mencapai Candi Prambanan.

Objek wisata candi di Jogja ini memiliki panorama nan memikat, sungguh eksotik di kala senja tatkala cahaya matahari menyinari bangunan candi dengan gradasinya yang mempesona. Dari dekat, Anda dapat menyaksikan pemandangan arsitektur dan desain candi yang begitu indah.

3. Pantai Parangtritis

Pantai-Parangtritis-Jogja
Pantai Parangtritis (Foto : m.kidnesia.com)

Pantai Parangtritis adalah pantai yang paling terkenal di Yogyakarta. Pantai ini termasuk salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Berlokasi sekitar 25 KM di selatan pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis adalah pantai yang berada di tepi Samudra Hindia sehingga mempunyai karakteristik ombak dan arus yang cukup besar dan kuat.

Keunikan dari Pantai Parangtritis adalah adanya bukit pasir yang disebut gumuk di sekitar pantai. Apabila Anda ingin suatu pengalaman yang berbeda, Anda dapat mencoba bermain paralayang di Bukit Parangndog, Pantai Parangtritis.

Selain itu, naik bendi (delman) atau bersantai di gubug yang berjejer di pinggir pantai adalah pengalaman menarik tatkala menikmati wisata pantai di Jogja yang satu ini.

4. Keraton Yogyakarta

Keraton-Yogyakarta
Keraton Yogyakarta (Foto : en.wikipedia.org)

Keraton Yogyakarta adalah contoh terbaik karya arsitektur tradisional Jawa yang paling menarik. Keraton ini selesai dibangun pada tahun 1790. Inilah pusat kegiatan kesultanan di Jogja. Sultan Yogya adalah gubernur di propinsi D. I. Yogyakarta, sekaligus pula adalah kepala budaya di Jogja yang dihormati dan dicintai oleh seluruh masyarakat Jogja.

Berjalan-jalan di sekitar istana dan menelusuri setiap detail kecil di kompleks kerajaan adalah cara terbaik menikmati salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi ini.

Salah satu bangunan yang paling mengesankan di Keraton Yogyakarta adalah Bangsal Kencono, yakni sebuah “paviliun bertahtakan emas”. Bangunan megah ini merupakan contoh kesenian Jawa yang mencerminkan keragaman agama dan budaya daerah.

Selain dapat menikmati arsitektur kesultanan kuno, Anda juga dapat berkunjung ke museum yang mempunyai koleksi barang-barang kesultanan Yogyakarta yang sebagian merupakan hadiah dari raja Eropa.

Apabila Anda ingin datang mengunjungi tempat wisata ini, datanglah agak pagi karena Keraton Yogyakarta buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 2 siang saja.

5. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun-Binatang-Gembira-Loka
Kebun Binatang Gembira Loka (Foto : wego.co.id)

Kebun Binatang Gembira Loka adalah sebuah tempat wisata bagus di Jogja untuk anak yang menyajikan aneka koleksi hewan dari berbagai tempat di dunia.

Selain dapat melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis hewan seperti selayaknya kebun binatang pada umumnya, Anda juga dapat bermain di beberapa wahana permainan yang terdapat di Kebun Binatang Gembira Loka.

Wahana permainan yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka yaitu kolam tangkap ikan, sepeda air, ATV, perahukayuh, menunggang gajah, menunggang onta, dan lain-lain. Harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka adalah sekitar Rp 25.000,- sampai Rp 30.000,- per orang (Harga bisa berubah sewaktu-waktu, sekarang mungkin sudah naik).

6. Wisata Kaliurang

Wisata-Kaliurang-Jogja
Wisata Kaliurang (Foto : initempatwisata.com)

Inilah suguhan pemandangan hijau nan memikat dengan udara yang begitu sejuk di Jogja. Wisata Kaliurang adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang terbaik untuk melepaskan diri dari keramaian kota dan ragam aktivitas sehari-hari.

Berada di dataran tinggi dengan ketinggian 900 m dpl, udara sejuk sungguh menyegarkan bagi tubuh. Apalagi sambil menikmati kuliner khas Kaliurang Jadah Tempe, akan menambah liburan Anda menjadi lebih asyik.

Setidaknya ada 6 spot wisata menarik di Kaliurang yang dapat Anda kunjungi, antara lain Tlogo Putri yang terletak di kaki bukit Plawangan Turgo. Tlogo Putri adalah perpaduan wisata alam dan wisata air yang disukai banyak wisatawan yang datang ke Kaliurang.

Pesona wisata alam Jogja yang satu ini terdapat pada alamnya yang tenang, sejuk, menyegarkan. Sebuah danau (tlogo) kecil adalah tempat Anda dan anak-anak dapat bermain kano atau becak air.

Tlogo-Putri-Kaliurang
Tlogo Putri (Foto : siparjo.com)

Anda juga dapat mengunjungi Gardu Pandang Merapi yang merupakan pos pengamatan Gunung Merapi. Tempat terbaik lainnya di Kaliurang adalah Museum Gunung Merapi.

Museum bagus di Jogja ini menyuguhkan berbagai informasi yang berkaitan dengan letusan Gunung Merapi dan dapat mengetahui asal mula proses terjadinya letusan hingga saat letusan terjadi.

Puas dengan Museum, Anda bisa melanjutkannya ke Goa Jepang peninggalan tentara Jepang. Pesona unik goa ini adalah terdapat 25 pintu goa yang saling terhubung satu dengan lainnya dalam kondisi yang orisinil.

Bagi Anda yang ingin melihat panorama alam yang begitu indah, Anda dapat pergi ke Taman Wisata Plawangan Turgo. Spot wisata Kaliurang yang satu memiliki hutan tropis yang tertata rapi serta terdapat bebatuan hasil letusan Merapi.

Nah, bagi Anda yang membawa anak-anak, ajaklah mereka bermain di Taman Bermain Anak-anak Kaliurang. Di taman bermain ini, tersedia beberapa permainan anak-anak, seperti ayunan, mobil-mobilan, dan lain sebagainya. Taman ini memiliki tanaman yang rindang, menghadirkan keteduhan bagi setiap orang yang singgah untuk berekreasi di sana.

7. Wisata Goa Pindul Gunung Kidul

Goa-Pindul-Gunung-Kidul
Goa Pindul Gunung Kidul (Foto : amertaedutravel.com)

Ini dia tempat wisata di Jogja yang hits alias naik daun beberapa tahun belakangan ini, Goa Pindul. Wisata Goa Pindul Gunung Kidul menawarkan wisata cave tubing goa pindul yang terkenal dengan tarif yang murah untuk menikmati sensasi berenang di lorong goa yang panjang. Rafting cave tubing sangat mudah dilakukan karena aliran sungai bawah tanah tersebut sangat tenang sehingga sangat nyaman berlama-lama.

Saat mulai memasuki mulut goa pindul sesekali mendengar kepakan sayap kelelawar yang memang menempati tempat tesebut. Berbagai ukuran stalagmit dan stalagmit ikut menghiasi dalam goa.

Terdapat sebuah stalagmit dan stalagtit yang sudah menyatu yang berukuran cukup besar yang menghalangi aliran air. Ukuran pilar tersebut sampai 5 orang rentangan orang dewasa.

Menyusuri lorong yang terdapat dalam gua anda akan menemukan sebuah ruangan yang cukup lebar yang terlihat seperti genangan kolam yang luas. Pada tempat tesebut terdapat lubang yang cukup lebar sehingga sinar matahari dapat mesuk kedalam goa.

Seringkali lubang ini dipakai untuk pintu masuk goa secara vertikal oleh Komunitas Pecinta Alam, tim SAR dan sebagainya. Begitu anda keluar melewati mulut goa, anda akan menyaksiakan pemandangan dan panorama Bendungan Banyumodo yang teryata sudah dibangun sejak zaman belanda.

8. Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Pantai-Indrayanti
Pantai Indrayanti Gunung Kidul (Foto : tempatwisatadaerah.blogspot.com)

Ingin menikmati pasir putih di tepi pantai? Tidak perlu jauh-jauh ke Bali, Jogja juga punya pantai pasir putih yang indah dan eksotik. Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Syawal namanya.

Di pantai ini wisatawan bisa bersantai di bawah payung warna-warni yang disewakan oleh warga. Bermain pasir, mencari kerang hias, atau berjalan mendaki bukit untuk menyaksikan pantai dari ketinggian bisa menjadi pilihan aktivitas.

Salah satu keistimewaan pantai indah di Jogja yang satu ini adalah adanya restoran dan cafe yang dikelola oleh sosok bernama Indrayanti. Restoran dengan konsep outdoor ini dilengkapi dengan gazebo-gazebo beratap rumbia. Wisatawan pun bisa menikmati aneka menu yang ditawarkan pemilik restoran.

Harganya pun tak akan membuat dompet Anda kempes. Restoran ini buka setiap hari dari pagi hingga malam. Jadi wisatawan bisa menikmati makan malam di tempat ini ditemani debur ombak dan gemerlap bintang serta kerlip lampu cantik yang menghiasi gazebo. Asyik bukan? Tak heran jika pantai ini masuk dalam daftar tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi.

9. Wisata Kotagede Jogja

Pintu Gerbang Makam Raja Di Kotagede
Pintu Gerbang Makam Raja Di Kotagede (Foto : initempatwisata.com)

Kotagede adalah tempat wisata di Jogja yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati wisata dengan berjalan kaki. Di daerah ini, Anda dapat menjumpai toko-toko perak tradisional dan rumah berubin mosaik berjajar di tepi jalan, dahulu rumah-rumah ini merupakan rumah para bangsawan dan pedagang kerajaan. Anda dapat melihat-lihat dan membeli kerajinan perak buatan tangan yang menarik dari tempat ini.

Saat ini, kawasan Kotagede adalah pusat industri perak di Yogyakarta. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi sebuah situs kuno yang merupakan tempat pemakaman anggota kerajaan di Kotagede ini. Hanya saja, Anda harus memakai pakaian Jawa yang dapat disewa di pos pendaftaran sebab makam raja-raja Mataram yang ada di tempat ini dianggap suci.

Spot wisata lain di Kotagede antara lain Masjid Agung Kotagede, Pasar Tradisional Kotagede, Rumah Tradisional, dan Reruntuhan Benteng. Jika berkunjung ke Kotagede, jangan lupa mampir ke Cokelat Monggo untuk oleh-oleh selain kerajinan perak. Anda juga dapat menyaksikan proses pembuatan cokelat di Cokelat Monggo.

10. Wisata Kuliner Gudeg Dan Angkringan

Berkunjung ke Kota Gudeg tentu tak lengkap jika belum mencoba gudegnya dong. Ya, Jogja memang terkenal dengan sebutan Kota Gudeg karena gudeg merupakan salah satu makanan khas Jogja.

Sejak puluhan tahun lalu gudeg telah menjadi kuliner Jogja paling populer. Tak hanya sentra gudeg, hampir setiap sudut kota menyajikan masakan berbahan baku nangka muda ini. Gudeg kering pun menjadi salah satu oleh-oleh yang paling banyak dicari.

Gudeg-Jogja
Gudeg Jogja (Foto : wego.co.id)

Ada 3 jenis gudeg yang berbeda, yaitu gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar. Gudeg basah disajikan dengan kuah santan nyemek yang gurih dan banyak diburu untuk menu sarapan pagi. Gudeg jenis ini dapat ditemukan di sepanjang Jalan Kaliurang kawasan Barek, Gudeg Batas Kota (Jl. Adisucipto depan Saphir Square) atau mbok-mbok penjual gudeg di pasar-pasar tradisional.

Gudeg kering dimasak dalam waktu yang lebih lama hingga kuahnya mengering dan warnanya lebih kecoklatan. Rasanya juga lebih manis. Gudeg jenis ini bisa tahan hingga 24 jam atau bahkan lebih jika dimasukkan ke dalam lemari es sehingga banyak diburu orang sebagai oleh-oleh.

Selain gudeg nangka muda, Jogja juga memiliki gudeg manggar. Manggar alias bunga kelapa menghasilkan sensasi kelezatan tersendiri pada sajian kuliner ini. Bunganya terasa crunchy sementara tangkainya sekilas memiliki rasa mirip jamur tiram. Semakin terbatasnya persediaan manggar menyebabkan kuliner ini semakin susah ditemukan.

Kawasan Gudeg Jogja yang enak dan terkenal berada daerah Wijilan dan Barek. Wijilan berada tidak jauh dari kompleks Keraton Yogyakarta dan dapat dicapai dengan 10 menit berjalan kaki atau dengan naik becak. Di sepanjang jalan Wijilan, Anda akan menemukan deretan warung gudeg. Sedangkan Barek berada di sekitar jalan Kaliurang km 4,5 tepatnya sebelah utara Kampus UGM.

Selain gudeg, satu lagi kuliner khas Jogja yang perlu Anda coba yaitu angkringan. Orang yang pernah tinggal di Jogja pasti mengenal angkringan, gerobak sederhana beratap terpal plastik yang menjual nasi kucing, sate telur puyuh, sate usus, gorengan, dan wedangan.

Nasi kucing adalah menu khas angkringan, sekepal nasi dengan secuil oseng tempe atau teri lalu dibungkus daun pisang dan kertas. Dinamakan nasi kucing karena porsinya memang kecil.

Selain tempat yang asyik untuk berdiskusi dengan teman hingga larut malam, angkringan juga tempat makan andalan ketika dompet tinggal menyisakan uang ribuan. Tak heran, meskipun kafe-kafe modern menjamur bak cendawan di musim hujan, angkringan tetap bertahan dan bahkan menjadi semacam simbol kebersahajaan Jogja.

Angkringan-Lek-Man
Angkringan Lek Man (Foto : qraved.com)

Salah satu angkringan Jogja yang enak dan patut Anda coba adalah Angkringan Lek Man dengan Kopi Jos-nya yang Legendaris. Angkringan Lek Man sudah begitu terkenal di Jogja dengan Kopi Jos sebagai minuman spesialnya, segelas kopi disajikan panas dengan diberi arang yang masih menyala.

Sedangkan menu makanannya hampir sama dengan angkringan lain, yaitu nasi kucing, aneka gorengan, sate telur puyuh, sate usus, sate kulit, dll. Lek Man adalah putra dari Mbah Pairo yang konon adalah pedagang angkringan pertama di Jogja yang telah berjualan sejak tahun 1950-an. Tak ayal karena kelegendarisannya inilah Angkringan Lek Man tak pernah sepi pengunjung, baik yang ingin makan atau nongkrong hingga larut malam.

Angkringan Lek Man juga banyak dikunjungi orang-orang dari luar kota Jogja karena letaknya berdekatan dengan Stasiun Tugu tepatnya di Jl. Wongsodirjan, Yogyakarta, sebelah utara Stasiun Tugu. Anda bisa berjalan ke utara dari arah Malioboro atau Stasiun Tugu hingga menemukan jalan kecil ke arah barat, kemudian berbelok.

Anda akan menemukan angkringan yang dimaksud tak jauh dari belokan, tepatnya di sebelah kiri jalan. Cirinya, ada dua buah bakul yang dihubungkan dengan bambu, anglo dengan arang yang membara, serta deretan gelas yang ditata.

Asyik dan menarik bukan wisata Jogja? Bagi Anda yang punya info tempat wisata di Jogja yang menarik lainnya bisa berbagi (share) melalui kolom komentar untuk menambah referensi wisata Jogja. Demikian info wisata singkat tentang tempat wisata menarik di jogja yang wajib dikunjungi saat liburan ke Jogja, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here