Home » Wisata Asia » 15 Tempat Wisata Di Lembang Bandung Yang Menarik Dan Terkenal

15 Tempat Wisata Di Lembang Bandung Yang Menarik Dan Terkenal

Tempat wisata di Lembang memang selalu menjadi incaran para wisatawan yang melancong ke Bandung. Udaranya yang sejuk, banyaknya objek wisata alam yang menarik, serta akomodasi hotel atau villa yang terbilang murah menjadi alasan para wisatawan berkunjung ke Lembang.

Selain itu, Lembang juga menawarkan aneka wisata anak dan keluarga yang terbaru dan murah, tak kalah menarik dengan kota Bandung. Cocok sekali sebagai tempat liburan akhir pekan bersama keluarga. Belum lagi sajian kuliner khasnya yang enak dan maknyus. Tak heran jika Lembang menjadi tempat wisata di Bandung favorit wisatawan.

Nah, untuk Anda yang berencana liburan kesini, Mas Latip Travel telah menyiapkan info wisata seputar Lembang dan sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi. Yuk, simak daftar tempat wisata di Lembang Bandung yang wajib dikunjungi berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Di Lembang Bandung Yang Menarik Dan Terkenal

1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu (Foto : novajourney.wordpress.com)

Siapa seh yang tak kenal dengan objek wisata yang identik dengan Legenda Sangkuriang ini. Gunung Tangkuban Perahu adalah tempat wisata di Lembang yang terpopuler. Hampir semua orang yang pergi ke Lembang bertujuan untuk mengunjungi gunung yang berbentuk seperti perahu terbalik ini.

Tempat wisata ini berlokasi sekitar 20 KM di utara Bandung. Dengan tinggi lebih dari 2,000 meter di atas permukaan laut, Gunung Tangkuban Perahu adalah tempat yang dingin, jadi jangan lupa membawa jaket Anda! Satu lagi, jangan lupa membawa masker, karena bau belerang disini masih sangat menyengat.

Ada beberapa area menarik di seputaran Gunung Tangkuban Perahu ini yang dapat Anda kunjungi, yaitu Kawah Upas, Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Jurig. Anda dapat berfoto bersama teman dan keluarga dengan latar belakang kawah yang menajubkan.

Lokasi Dan Alamat : Jl. Raya Tangkuban Parahu No. 147 Lembang Bandung Utara
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 20.000,- (WNI), Rp. 200.000,- (WNA)

2. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland Bandung

Kampung Gajah Wonderland Bandung (Foto : wahanatourtravel.com)

Terletak di utara Bandung, Kampung Gajah menawarkan sebuah tempat wisata terpadu yang unik. Walaupun namanya adalah Kampung Gajah, di sini Anda tidak akan menemukan banyak gajah.

Dengan luas lebih dari 60 hektar, Kampung Gajah mempunyai lahan yang luas untuk menampung lebih dari 30 wahana permainan yang cocok untuk orang dewasa dan anak-anak. Selain itu, Kampung Gajah juga mempunyai fasilitas water boom dan restoran.

Lokasi Dan Alamat : Jl. Sersan bajuri KM 3.8, Lembang, Bandung
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp 10.000 – Rp 20.000 (Hanya tiket masuk, belum tiket wahana)

3. Floating Market Lembang

Floating-Market-Bandung

Floating Market Lembang (Foto : peholidays.com.my)

Floating Market adalah tempat wisata di Lembang yang tergolong baru dan unik. Seperti di Kalimantan, di Floating Market Anda akan menemukan pasar di mana penjualnya berada di atas sebuah perahu yang terapung di atas air.

Namun, karena Floating Market Lembang adalah tempat wisata, yang dijual bukanlah barang-barang pasar pada umumnya, melainkan makanan khas Bandung, sangat cocok untuk para pecinta wisata kuliner!

Lokasi Dan Alamat : Jl. Grand Hotel No. 33 E, Bandung Barat
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp.15.000/Pax

4. De’Ranch Lembang

De’Ranch Bandung

De’Ranch Lembang (Foto : annisarangkuti.wordpress.com)

Tempat wisata De’Ranch Lembang menyuguhkan Anda sebuah nuansa baru dalam kancah tempat wisata alam di Bandung dengan menampilkan peternakan di mana kuda masih merupakan hewan pekerja yang utama sebagaimana yang ada di zaman cowboy.

De’Ranch Lembang adalah sebuah tempat wisata cowboy Lembang yang lengkap. Anda dapat menikmati suasana peternakan sambil menunggang kuda dengan kostum khas cowboy, mengelilingi lahan hijau, serta beragam kegiatan edukatif dan menyehatkan.

Tempat wisata di Lembang yang satu ini sangat tepat jika Anda ingin pergi berlibur bersama keluarga, terlebih putra-putri Anda. Tersedia berbagai aneka permainan dan kegiatan bagi anak-anak yang tentu saja akan sangat menyenangkan, misalnya berkuda, naik delman, flying fox, ATV, memancing, bersepeda, balon air, panahan, fun boat, atau kereta powpow.

De’Ranch Lembang adalah tempat yang recommended bagi wisata keluarga dan wisata anak Anda. Tempat coboy di Lembang ini sangat tepat bagi anak-anak Anda, sebuah tempat wisata di Lembang yang segar dan menyehatkan serta penuh dengan kegiatan edukatif yang sangat positif.

Lokasi Dan Alamat : Jl. Maribaya No. 17, Lembang, Bandung Barat
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000,- per orang

5. Maribaya Lembang

Berlokasi sekitar 22 KM dari Bandung, Maribaya adalah sebuah tempat wisata di Lembang yang murah dengan sajian objek menarik seperti sumber mata air panas, air terjun, dan taman. Tempat ini terkenal dengan wisata alam dan wisata air panas belerangnya, jadi jangan heran kalau tempat ini dipadati oleh pengunjung pada akhir pekan. Kegiatan favorit di Maribaya adalah berendam air panas, dan trekking.

Menjelajahi kawasan Maribaya akan menyenangkan, sebab ini adalah wisata alam di Lembang yang akan membuat Anda fresh. Tetapi, kondisi alam yang dingin mungkin dapat disiasati dengan menggunakan jaket.

Anda dapat singgah ke warung-warung yang ada di kawasan ini untuk mencicipi aneka minuman penghangat badan, seperti Bandrek atau Bajigur.

Lokasi Dan Alamat : Jalan Maribaya, Lembang, Bandung Barat
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 8.000,- per orang

Baca Juga : 35 Tempat Makan Di Bandung Yang Enak Dan Murah Meriah

6. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha (Foto : en.wikipedia.org)

Observatorium Bosscha adalah tempat yang menarik karena jarang ada di Indonesia. Tempat ini adalah sebuah tempat pengamatan bintang satu-satunya di Lembang. Observatorium Bosscha sering mendapat kunjungan kunjungan oleh sekolah dan universitas karena mengandung unsur pendidikan yang lumayan berguna.

Apabila Anda ingin berkunjung ke Observatorium Bosscha, Anda tidak bisa langsung datang begitu saja, melainkan harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa tidak setiap hari Anda dapat melihat bintang melalui teropong Observatorium Bosscha.

Lokasi Dan Alamat : Teropong Bintang, Lembang
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000,- s/d Rp. 20.000,-

7. Situ Lembang

Situ Lembang

Situ Lembang (Foto : tempatwisatadibandung.info)

Situ Lembang adalah sebuah tempat wisata di Lembang yang menawarkan tempat memancing bagi Anda yang punya hobi memancing. Di tempat ini, Anda juga dapat menjumpai sebuah panorama indah yang dimiliki Lembang Bandung.

Ya, Anda dapat memancing di Situ Lembang, jumlah ikannya juga banyak. Selain itu, Anda dapat berkemah atau camping di area Situ Lembang ini. Hanya saja, untuk dapat sampai di Situ Lembang Anda harus menggunakan mobil atau motor yang tangguh terhadap medan jalanan bebatuan kasar.

Lokasi Dan Alamat : Desa Kertawangi/Parongpong, Kecamatan Cisarua, Lembang
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : ?

8. Pemancingan Bonita Lembang (Saung Wargi)

Pemancingan Bonita Lembang

Pemancingan Bonita Lembang (Foto : tempatberwisatamurah.com)

Wisata di Lembang Bandung yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi memancing. Arena pemancingan Bonita di Lembang Bandung ini berada di atas lahan seluas 1.3 hektar dan menyediakan aneka jenis ikan, seperti ikan mas, ikan gurame, dan ikan bawal.

Selain tempat memancing, di area ini terdapat saung-saung yang dapat digunakan oleh teman-teman atau keluarga untuk bersantai dan menikmati suasana pemancingan. Arena Pemancingan Bonita saat ini lebih dikenal sebagai Saung Wargi, dan telah menjadi sebuah tempat wisata di Lembang yang menarik dikunjungi.

Lokasi Dan Alamat : Jalan Kolonel Masturi, Cisarua, Lembang, Bandung Barat
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : -

9. Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater (Foto : initempatwisata.com)

Air Panas Ciater adalah salah satu tempat wisata bagus di Bandung yang paling banyak dikunjungi. Sesuai dengan namanya, yang ditawarkan adalah air panas. Namun, air panas ini bukan air panas biasa, melainkan air panas alami dari kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Air Panas Ciater banyak diminati untuk kegiatan berendam karena mengandung berbagai jenis mineral alami yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu banyak juga yang berkata bahwa Air Panas Ciater dapat membuat Anda lebih cantik dan tampan. Tempat wisata di Lembang yang satu ini sangatlah padat dengan pengunjung pada akhir pekan.

Lokasi Dan Alamat : Jl. Sersan Sodik, Sukasari, Ciater, Kabupaten Subang
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 15.000,- dan kolam Rp.20.000,- s/d Rp. 80.000,-

10. Jendela Alam

Jendela Alam Bandung

Jendela Alam Lembang (Foto : anekatempatwisata.com)

Jendela Alam adalah alternatif wisata keluarga di Lembang. Berlokasi di Jalan Sersan Bajuri, Jendela Alam adalah tempat wisata anak di Bandung dengan udara sejuk yang sangat cocok untuk mengenalkan anak Anda dengan binatang dan tumbuhan.

Anak-anak dapat belajar bagaimana cara merawat hewan, cara beternak, berinteraksi dengan hewan, mempelajari cara berkebun, memetik buah dan sayur, hingga bermain air dan berpetualang. Sangat lengkap! Jendela Alam buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai dengan jam 4 sore (Senin sampai Jumat), dan jam 8 pagi sampai dengan 4.30 sore (akhir pekan dan hari libur).

Lokasi Dan Alamat : JL. Sersan Bajuri KM 4, 5, Komplek Graha Puspa, Lembang
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000 (weekday) & Rp.15.000 (weekend)

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Di Bandung Selatan Yang Menarik Dan Terkenal

11. Taman Hutan Jaya Giri Lembang

Taman Hutan Jaya Giri Lembang

Taman Hutan Jaya Giri Lembang (Foto : yukpiknik.com)

Tempat wisata Lembang yang satu ini adalah tempat yang cocok bagi para penikmat wisata alam. Di sini, Anda dapat menghilangkan kepenatan dan membuat badan terasa lebih fresh kembali. Hutan yang memiliki hawa sejuk ini memiliki luar area sekitar 7 hektar.

Hutan ini sungguh terawat, dengan demikian Anda akan mendapati pemandangan yang asri dan menyegarkan. Pada umumnya, hutan Jaya Giri ini digunakan oleh para pengunjung untuk mendaki gunung ataupun aktivitas tracking hutan. Lokasi hutan ini dekat sekali dengan Gunung Tangkuban Perahu, sebuah tempat wisata di Lembang paling terkenal.

Untuk memasuki tempat wisata yang menarik di lembang bandung ini,anda cukup mambayar Rp.5000 rupiah untuk tiket hiking/atau pendakian PP, dan cukup bayar Rp.8000 rupiah apabila Anda sekaligus berencana untuk melakukan camping.

12. Sapu Lidi

Sapu Lidi

Sapu Lidi (Foto : pegipegi.com)

Pernah dengar yang namanya Sapu Lidi? Bukan alat kebersihan, tapi sebuah tempat unik di Lembang. Dengan suasana pedesaan asrinya, Sapu Lidi berhasil menarik banyak pengunjung. Apa saja yang dapat dilakukan di Sapu Lidi? Di sini Anda dapat menikmati suasana tenang ala pedesaan yang dikelilingi sawah, Anda juga dapat bermain menaiki perahu tradisional di danau yang ada di sini.

Wisata kuliner di restoran ini juga tidak kalah menarik karena Anda dapat menyantap makanan enak sambil menikmati suasana yang jauh berbeda dengan suasana kota. Bila ingin menginap, Sapu Lidi juga mempunyai fasilitas penginapan, harganya lumayan mahal!

Lokasi Dan Alamat : Jalan Cihampelas No.107, Bandung
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : -

13. Kampung Daun

Kampung Daun

Kampung Daun (Foto : blog.eriknerum.com)

Anda gemar wisata kuliner? Kalau iya, jangan lupa menyempatkan diri ke Kampung Daun. Tempat wisata kuliner di Bandung ini mempunyai suasana pedesaan khas Sunda yang dilengkapi dengan air terjun. Memasuki malam hari, suasana Kampung Daun menjadi romantis, sangat cocok untuk pasangan muda. Menu makanan yang ada di Kampung Daun mencakup makanan Indonesia, sampai dengan makanan khas barat.

Lokasi Dan Alamat : Jalan Sersan Bajuri KM. 4,7, Villa Triniti, Desa Lembang
Peta Lokasi : Klik disini
Harga Tiket Masuk : -

14. Bandung Treetop Cikole Lembang

Bandung Treetop Cikole Lembang

Bandung Treetop Cikole Lembang (Foto : bandungtreetop.com)

Salah satu alternatif tempat wisata di Lembang adalah Bandung Treetop, yaitu sebuah area outing yang menawarkan kegiatan fun games dan adventure di antara hutan pinus Cikole, tempat ini akan sangat menarik bagi anda yang menyenangi aktifitas yang memacu adrenaline juga sangat cocok untuk kegiatan outing perusahaan serta event lainnya.

Kegiatan luar ruang yang tersedia di Bandung Treetop sangat menantang adrenaline dan cukup unik, dimana peserta adventure akan menikmati berbagai tantangan dengan tujuan melewati rintangan dari satu pohon ke pohon lainnya.

Lokasi dan Alamat : Jalan Bumi Perkemahan Cikole, Lembang
Peta Lokasi : Klik Disini
Harga Tiket Masuk : Rp. 125.000,- (Anak-anak) dan Rp. 180.000,- (Dewasa)

15. Dusun Bambu

Dusun Bambu Bandung

Dusun Bambu Bandung (Foto : indonesia.tripcanvas.co)

Selain Floating Market dengan keunikan pasar terapungnya, ada satu lagi tempat wisata di Lembang yang menarik Anda kunjungi, yakni Dusun Bambu Lembang dengan keunikan nuansa eksotis pedesaan yang sungguh natural.

Dusun Bambu Lembang terletak tepat di kaki Gunung Burangrang Lembang. Kawasan wisata ini memiliki sejumlah fasilitas wisata alam yang sangat baik dan menarik, di antaranya adalah villa, restoran, serta Pasar Khatulistiwa.

Aneka aktivitas menyenangkan dapat Anda lakukan di sini, misalnya bersepeda santai sembari menikmati sejuknya udara dari lereng pegunungan Lembang. Tak hanya bersepeda, Anda juga dapat berkemah bersama teman dan keluarga, serta melakukan berbagai kegiatan outdoor menarik lainnya.

Lokasi : Jl. Kolonel Masturi Km. 11, Situ Lembang, Bandung
Peta Lokasi : klik disini
Harga Tiket Masuk : Rp 15.000,- per orang

Nah, itu dia rekomendasi aneka objek wisata di Lembang yang asik dan menarik untuk dikunjungi bersama keluarga dan sahabat tercinta. Bagi sobat traveler yang punya info tentang tempat wisata di Lembang Bandung yang baru dan menarik lainnya, jangan lupa berbagi melalui kolom komentar ya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>