Home Wisata Asia 37 Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Lembang Bandung Terbaru Yang Wajib...

37 Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Lembang Bandung Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

3898
0
SHARE

Tempat Wisata Di Lembang – Sobat traveler, kali ini saya akan membagikan info tentang tempat wisata terindah dan hits di Lembang Bandung terbaru yang wajib dikunjungi saat liburan. Review ini saya usahakan tersusun secara lengkap dengan foto-foto keren beserta keterangan seperti nama, alamat / lokasi, hingga harga tiket masuknya.

Kawasan Lembang sudah sejak lama menjadi tujuan wisata di Bandung Jawa Barat favorit wisatawan, terutama warga Ibu Kota Jakarta. Hampir setiap akhir pekan, kemacetan selalu terasa disini karena saking banyaknya pengunjung yang datang. Alamnya sejuk dan indah membuat siapa saja akan betah hingga tak mau pulang.

Selain akses jalannya relatif mudah, akomodasi yang tersedia pun terbilang lengkap, mulai dari hotel / penginapan, restoran, transportasi, dan tentu saja sejumlah objek wisata bagus. Nah, buat Anda yang kebetulan akan berlibur ke sini, traveling.maslatip.com telah menyiapkan daftar rekomendasi tempat wisata terbaik di Lembang dan sekitarnya. Yuk, simak langsung ulasannya berikut!

Daftar Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Lembang Bandung Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

1. Dago Dreampark

Dago Dreampark
Dago Dreampark (Foto : via IG @dagodreampark)

Saya awali informasi tempat wisata baru di Lembang dengan mereview Dago Dreampark yang belakangan ini lagi ngehits banget. Dengan mengusung tema “Fun And Nature”, destinasi ini sangatlah cocok dikunjungi para penyuka selfie atau anak-anak IG (baca : instagram) kekinian. Mengapa?

Pasalnya Dago Dreampark menawarkan berbagai spot foto keren unik yang sangat instagenic, seperti sajadah/permadani terbang ala “Aladin”, Skybike / Zipbike, Skytree, Rumah Terbalik, dan masih banyak lainnya. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru seperti memberi makan binatang yaitu kelinci, kuda, sapi, ayam dan permainan otoped, kereta-keretaan, outbound, serta ATV.

Spot foto permadani terbang di Dago Dreampark
Spot foto permadani terbang di Dago Dreampark (Foto : via IG @dagodreampark)

Dengan fasilitas dan wahana permainan yang lengkap, nampaknya Dago Dream Park sangat cocok dijadikan tempat bermain anak di Bandung dalam mengisi liburan akhir pekan. Harga tiket masuknya pun lumayan murah terjangkau, sekitar 20 ribu rupiah.

Untuk harga tiket wahana disini berbeda-beda, berkisar antara 20 – 35 ribu rupiah per orang. Jadi, Anda bisa lebih berhemat dengan memilih permainan yang disukai saja, tak harus mencoba semuanya. Lokasi dan alamat Dago Dream Park terletak di Jl. Dago Giri KM 2.2, Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

2. Taman Lembah Dewata

tempat wisata di lembang
Tempat wisata di Lembang : Taman Lembah Dewata (Foto : IG @ambu_dewi)

Lembang memang kaya akan tempat wisata alam yang bagus untuk hunting foto, salah satunya adalah Taman Lembah Dewata. Lokasinya berada di Wisata Berkuda Ganesha H Equestrian, Jl. Tangkuban Perahu Raya KM.3,7, Cibogo, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Selain digunakan untuk kegiatan berkuda, objek wisata ini memiliki sebuah danau buatan yang begitu cantik dengan dikelilingi bukit hijau. Danau inilah yang kemudian terkenal dengan nama Taman Lembah Dewata. Biasanya, para pengunjung naik perahu kayu untuk berkeliling danau sambil berfoto.

Spot foto indah lainnya yang menjadi favorit pengunjung berupa dermaga atau jembatan kayu di pinggir danau. Lokasi ini biasanya dipilih untuk foto prewedding nan romantis. Menikmati keindahan danau ini tidaklah mahal, harga tiket masuknya terbilang murah meriah hanya sekitar 10 ribu rupiah.

3. Lereng Anteng Panoramic Coffee

Lereng Anteng Panoramic Coffee
Lereng Anteng Panoramic Coffee (Foto : IG @aditbobo)

Menyantap makanan sambil menikmati keindahan panorama alam indah ditengah kesegaran udara khas Lembang tentu akan menjadi momen yang menyenangkan. Jika Anda menginginkannya, segeralah mampir ke Lereng Anteng Panoramic Coffee di Kampung Pagermaneuh, RT. 02/04, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Berada di kawasan Puncak Ciumbuleuit, tempat makan romantis di Bandung ini menawarkan area outdoor di atas terasering lereng yang dibuat beberapa undakan. Interiornya pun cukup unik bertema rustic dengan sentuhan kayu mulai dari lantai, atap, kursi, meja, dan dilengkapi bean bag.

Buat Anda yang ingin dinner romantis bisa mencoba duduk di area outdoor yang menggunakan tenda transparan di atas terasering. Di dalamnya sudah tersedia meja kayu dan tikar lengkap dengan lampu yang bikin syahdu saat malam hari.

view pemandangan alam indah di Lereng Anteng
Ilustrasi view pemandangan alam indah di Lereng Anteng (Foto : via IG @lerenganteng)

Untuk harga dan menu makanannya bagaimana? Tak usah kuatir, menu makanan di sini cukup lengkap kok, harganya pun masih murah terjangkau mulai dari sekitar 15 ribuan. Anda bisa menikmati aneka kopi seperti Robusta, Arabica, atau Liberica. Untuk camilan tersedia lumpia goreng, roti bakar, kue cubit, dan lainnya.

Bila Anda ingin makanan berat, ada nasi goreng, nasi liwet, ayam penyet dengan sambal khas Sunda, atau paket ayam goreng. Jam buka kedai / cafe ini mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Tempatnya asik dan nyaman, pas juga dijadikan lokasi foto karena latarnya sangat instagramable.

4. Tafso Barn

Tafso Barn
Tafso Barn (Foto : IG @jenn_yoenna)

Lembang memang surganya cafe bagus dengan view pemandangan alam yang sangat indah. Tak jauh dari Lereng Anteng, ada satu lagi tempat nongkrong hits di Bandung favorit anak muda yaitu Tafso Barn. Kedai baru ini memiliki sejumlah spot foto keren yang sangat instagenic seperti lapangan golf mini, ayunan, sangkar burung, dan tempat makan ala eropa.

Menu makanan di sini pun terbilang enak mulai dari Indonesian food, western food dan japanese food dengan harga per porsi antara Rp.5.000,- hingga Rp.60.000,-. Buat Anda yang tertarik, bisa langsung menuju lokasi dan alamatnya di dekat Lereng Anteng Panoramic Coffee, tepatnya Jl. Baru Laksana No.75, Pagerwangi, Lembang. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.

5. Dusun Bambu Family Leisure Park

Dusun Bambu Family Leisure Park
Dusun Bambu Family Leisure Park (Foto : IG @ardhy29)

Dusun Bambu Family Leisure Park merupakan tempat wisata di Lembang yang menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak dan keluarga. Dengan mengusung tema “eco tourism”, pengunjung akan dimanjakan berbagai fasilitas dari mulai penginapan, kuliner, tempat belanja, arena permainan, hingga cafe unik yang berpadu dengan alam.

Sebagai salah satu lokasi “one stop visit” yang lagi naik daun, Dusun Bambu menawarkan beragam aktivitas wisata super lengkap dan asyik. Beberapa hal seru yang bisa Anda lakukan disini antara lain camping, bersepeda, bermain, menanam padi, jogging, bersantai di cafe dengan view panorama alam, makan romantis di sangkar burung, atau pun naik sampan di danau buatan.

Alamat Dusun Bambu terletak di Jl. Kolonel Masturi KM 11,, Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB. Harga tiket masuknya cukup murah meriah yaitu 15 ribu rupiah (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Oya, destinasi ini juga recommended lho buat tempat bulan madu romantis di Bandung Jawa Barat.

6. Maribaya Natural Hot Spring Resort

Maribaya Natural Hot Spring Resort
Maribaya Natural Hot Spring Resort (Foto : IG @miwafajri)

Tak mau kalah dengan Dusun Bumbu, Kawasan Maribaya pun berbenah dengan menyajikan beragam fasilitas bagus untuk menarik pengunjung. Mengusung konsep baru dengan nama Maribaya Natural Hot Spring Resort, objek wisata alam ini semakin digemari oleh wisatawan.

Beberapa wahana dan fasilitas yang bisa Anda temukan di sini antara lain Food Court, Sky Bridge Tapak Halimun, Family Foot Spa, VIP Pool, Gerbang Eyang Raksa Dinata, Amphitheatre, Twig Cafe, Kamar Rendam, Pancuran Salapan Cikawari, Rumah Hobbit & Rabbit Feeding, Childen Playground, dan area Camping / Kemah.

Harga tiket masuk ke Maribaya Natural Hot Spring Resort dibanderol sebesar 35 ribu rupiah. Anda bisa mengajak putra putri dan anggota keluarga lainnya untuk mengunjungi destinasi yang baru direnovasi ini. Lokasinya di Jl. Raya Maribaya No.105/212, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jam buka mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB, hari kamis tutup ya!

7. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya (Foto : IG @iknal_93)

Kalau tempat wisata yang lagi naik daun ini tentu Anda sudah mengenalnya bukan? Ya, namanya The Lodge Maribaya terletak di Jalan Maribaya No. 149/252, RT. 03 / RW. 15, Babakan Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Destinasi ini menawarkan aneka aktivitas seru dan spot foto bertema alam nan indah.

Wahana yang bisa Anda nikmati di The Lodge Maribaya Lembang antara lain berupa Sky Swing, Sky Tree, Sky Bike / Zip Bike, Bamboo Sky, Hot Air Balloon, Gantole, Camping Ground, Restoran dan Camping Ground. Aktivitas wajib di sini tentu saja berfoto karena banyak spot foto instagramable yang sayang dilewatkan.

Hot Air Ballon di The Lodge Maribaya
Hot Air Ballon di The Lodge Maribaya (Foto : IG @devariola)

Jadi, jika Anda akan berkunjung ke sini, jangan lupa membawa kamera terbaik. Datanglah saat cuaca cerah dan kalau bisa datang dari pagi agar mendapat antrian pertama untuk mencoba beragam wahana yang ada. Harga tiket masuknya sekitar 25 ribu rupiah per orang, tapi Anda masih harus bayar lagi per wahana yang akan dicoba. Jam buka pukul 09.00 – 16.00 WIB.

8. Farm House Susu Lembang

Farm House Susu Lembang
Farm House Susu Lembang (Foto : IG @farmhouselembang)

Ingin merasakan suasana ala benua Eropa? Datang saja ke Farm House Susu Lembang Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Di sini Anda akan benar-benar dimanjakan berbagai spot wisata dengan suasana pedesaan dan peternakan layaknya negara-negara Eropa.

Sebagai tempat wisata terbaik untuk selfie, Farm House menyuguhkan sejumlah fasilitas lengkap yang akan membuat Anda betah berfoto di sini. Ada rumah hobbit, gembok cinta ala jembatan Pont des Invalides Paris, bangunan bergaya eropa, peternakan mini ala Eropa, dan ada penyewaan pakaian khas gadis Eropa jaman dulu. Keren banget bukan?

Jika lapar setelah bernarsis ria, Anda bisa mampir ke food court atau cafe untuk menghilangkan lelah. Harga tike masuknya sekitar Rp.20.000 (NB. tiket bisa ditukar dengan Susu Lembang atau Sosis Lembang). Jam buka mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB. Sebaiknya datang pagi agar terhindar macet dan terbebas antrian saat berfoto-foto.

9. Amazing Art World

Amazing Art World
Amazing Art World (Foto : IG @amazingartworld.bandung)

Destinasi wisata baru ini terletak di Jalan Setiabudhi No. 293, Isola, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Karena lokasinya yang tak jauh dari kawasan Farm House Susu Lembang, maka saya masukan dalam list ini. Amazing Art World sendiri merupakan museum lukisan 3D (Tiga Dimensi) yang konon kabarnya pertama di Bandung dan terbesar di Indonesia.

Luasnya mencapai 15.500 meter persegi dengan koleksi puluhan lukisan trick eye yang terbagi dalam 12 zona. Ada Aqua Zone, Dinosurus Zone, Animal Zone, Painting Zone, Daily Zone, Horor Zone, Black Art Zone, Fantasy Zone, Winter Zone, Roma Italia Zone, Love Zone, dan Man Hall Zone.

Ketika berkunjung ke museum ini, Anda dapat melihat-lihat gambar dan lukisan tipuan mata yang seolah-olah hendak keluar dari bingkainya. Anda juga bebas berekspresi / bergaya di depan kamera dengan karya lukis 3 dimensi tersebut. Pose Anda saat berfoto sebaiknya disesuaikan dengan latar lukisan yang ada sehingga akan menghasilkan foto yang bagus.

Harga tiket masuknya lumayan mahal sekitar Rp 130 ribu untuk umum, Rp 100 ribu untuk pelajar dan Rp 80 ribu untuk anak. Untuk weekend Sabtu dan Minggu atau hari libur biasanya naik Rp 170 ribu untuk umum, pelajar Rp 130 ribu dan anak-anak Rp 100 ribu. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.

10. Warkop Modjok

Warkop Modjok
Warkop Modjok (Foto : IG @pleasureorg.id)

Ngopi ditengah suasana sejuk dan dingin tentu akan terasa nikmat bukan? Nah, kalau Anda berkunjung ke Lembang, jangan sampai melewatkan warung kopi kekinian yang bernama Warkop Modjok. Alamatnya seh sebenarnya bukan ikut Kecamatan Lembang, tapi lokasinya lumayan dekat dengan Farm House Susu Lembang sekitar 20 menit perjalanan pakai kendaraan.

Apa seh daya tarik atau keunikannya? Sesuai dengan namanya, Warkop Modjok menyajikan aneka minuman olahan kopi dengan harga murah meriah mulai 10 ribu rupiah. Tersedia Robusta, Arabica, Liberica sampai Kopi Luwak. Metode pembuatannya menggunakan manual brewing (V60, Aeropress, Vietnam Drip, Cold Brew, dll).

Untuk camilannya, Anda bisa mencicipi aneka makanan khas Bandung seperti Cireng, Tempe Mendoan, Mantau Xuxu, Laba-laba Cantik, kentang goreng, singkong goreng keju, dan lainnya. Tak hanya enak dan murah, cafe hits di Bandung ini memiliki sejumlah spot foto keren yang sangat instagramable.

Anda bisa berfoto dengan latar sepeda, bunga berwarna-warni dan tentu bangunan rumah kayu. Interior dalamnya pun terlihat vintage dengan barang-barang bekas (recycled) ditata apik berkelas. Alamat lengkap Warung Kopi Modjok terletak di Perumahan Pondok Hijau Indah, Jalan Pinus Raya No. 73B, Isola, Sukasari, Kota Bandung. Jam buka mulai Pukul 09.00 – 00.00 WIB.

11. Tebing Keraton

Tebing Keraton
Tebing Keraton (Foto : IG @hanz_chris)

Buat Anda yang suka banget pemandangan dari atas ketinggian sebuah perbukitan, maka wajib menyambangi Tebing Keraton di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, tepatnya Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung. Harga tiket masuknya cukup murah sebesar 11 ribu rupiah.

Tempat wisata alam terindah di Bandung ini memang sudah ngehits beberapa tahun belakangan, tapi keindahannya seakan membuat siapa pun akan ingin datang kembali. Hamparan pepohonan hijau tampak begitu eksotis berselimutkan kabut seperti layaknya negeri di atas awan.

Kabarnya, sunrise Tebing Keraton juga cantik, tak kalah dengan Kebun Buah Mangunan Yogyakarta. Bila ke sini, jangan lupa membawaa kamera karena Anda mungkin akan langsung terhipnotis untuk jeprat jepret mengingat penoramanya begitu mengagumkan.

12. Puncak Eurad Pingping Lembang

Puncak Eurad Pingping Lembang
Puncak Eurad Pingping Lembang (Foto : IG @noviekayln)

Puncak Eurad Pingping Lembang berlokasi di perbatasan Bandung dan Subang, yaitu Desa Wangunharja, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB. Tempat wisata yang masih fresh lantaran baru saja di buka ini menyuguhkan pemandangan bukit asri dan hijau, kebun teh, dan pohon pinus.

Udaranya sangat sejuk, pas bila dijadikan lokasi bersantai melepas kepenatan akibat aktivitas sehari-hari di perkotaan. Tersedia juga spot instagenic seperti jembatan cinta dan miniatur perahu dari bambu, tak ayal Puncak Eurad Pingping pun jadi sasaran tempat hunting foto baru di Bandung yang kekinian.

Beberapa kegiatan seru yang bisa Anda lakukan selain berfoto, dantaranya adalah hiking, bersepeda, atau sekadar duduk-duduk lesehan menikmati teh / bandrek hangat sambil memanjakan mata dengan panorama perbukitan hijau. Harga tiket masuk sepertinya masih gratis, cukup bayar parkir.

13. Floating Market

Floating Market
Floating Market (Foto : IG @noniezaskia)

Buat Anda yang ingin merasakan sensasi pasar terapung ala Banjarmasin Kalimantan atau Bangkok Thailand, bisa berkunjung ke Floating Market Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 19.00 WIB.

Sesuai dengan namanya, Floating Market menyuguhkan sebuah danau buatan dimana terdapat penjual aneka kuliner Bandung dipinggiranya dengan menggunakan perahu. Anda juga bisa menyewa kano atau sepeda air untuk berkeliling mengitari danau. Asyik bukan?

Tak hanya itu, saat ini Floating Market mempunyai sejumlah wahana dan spot foto kekinian yang tengah hits di instagram seperti Taman Kelinci, Becak Mini, Miniatur Kereta, The Rock, dan lainnya. Harga tiket masuknya sebesar Rp 20.000 per orang (belum termasuk tiket wahana).

14. Green Forest Resort

Green Forest Resort
Green Forest Resort (Foto : IG @ditahidayati)

Bukan hanya memiliki objek wisata yang lengkap, Lembang juga kaya akan penginapan nyaman untuk bermalam. Nah, salah satu hotel terbaik di Lembang yang bisa Anda coba adalah Green Forest Resort Jalan Sersan Bajuri No.102, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Resort ini menawarkan area bermain anak-anak, restoran, infinity swimming pool, jogging track, outbound & paintball area, dan fasilitas modern lainnya. Dengan konsep natural yang menyatu dengan alam, tempat ini sangat pas untuk liburan keluarga atau pun bulan madu di Bandung nan romantis.

Beberapa spot foto unik di sini berupa Chapel berwarna putih yang biasanya digunakan untuk pernikahan atau pun prewedding. Ada juga jembatan gantung serta flying fox, seru bukan? Oya, Anda juga bisa menikmati fasilitas ini tanpa harus menginap, tapi dikenakan tiket sebesar 25 ribu rupiah.

15. Kebun Bunga Begonia

Kebun Bunga Begonia
Kebun Bunga Begonia (Foto : IG @bhismaap)

Kebun Bunga Begonia terletak di Jalan Raya Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tempat wisata romantis ini menawarkan berbagai bunga warna warni yang sangat indah memukau.

Taman ini memiliki luas kurang lebih 2 hektar, berisi aneka bunga dan kebun sayur-sayuran. Untuk memasukinya, Anda akan dikenakan tiket sekitar 5 ribu rupiah. Mungkin sekarang sudah naik ya! Meskipun murah, bila Anda membawa kamera SLR harus membayar biaya tambahan 50 ribuan.

Berfoto dengan latar bunga-bunga cantik menjadi aktivitas favorit wisatawan di sini. Pengunjung juga bisa memetik sayuran untuk dibawa pulang. Taman ini nampaknya cocok untuk dijadikan destinasi wisata akhir pekan bersama keluarga atau pun orang terkasih.

16. Orchid Forest

Orchid Forest Cikole Lembang
Orchid Forest Cikole Lembang (Foto : IG @orchidforestcikole)

Satu lagi taman bunga yang wajib Anda kunjungi yaitu Orchid Forest di Jl. Tangkuban Perahu Raya KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Dengan luas lahan sekitar 12 hektar hutan pinus, objek wisata ini menawarkan koleksi 157 anggrek langka dari berbagai belahan dunia.

Orchid Forest bukanlah sekedar kebun bunga, Anda akan menemukan sejumlah fasilitas lengkap yang asyik buat liburan bersama keluarga atau pun sahabat. Mulai dari coffee corner, area outbond gathering, taman baca anak, taman kelinci, amphytheater, tea house corner, spot photography, hingga mushola dan toilet.

suasana hutan pinus di Orchid Forest Cikole Lembang
Ilustrasi suasana hutan pinus di Orchid Forest Cikole Lembang (Foto : IG @why_ajie)

Untuk memasuki kawasan Orchid Forest, pengunjung akan dikenakan biaya masuk retribusi sekitar 30 ribu rupiah per orang. Selain itu, wisatawan juga tidak boleh membawa makanan dari luar dan jika menggunakan kamera professional akan dikenakan charge.

17. Curug Layung

Curug Layung
Curug Layung (Foto : IG @sitinurmayadah)

Curug Layung mungkin masih terdengar asing oleh Anda, namun keindahannya tak bisa dianggap sebelah mata. Tempat wisata yang belum banyak diketahui orang ini menyuguhkan suasana alam hutan pinus yang asri dan aliran air nan jernih.

Spot foto di Curug Layung
Spot foto di Curug Layung (Foto : IG @wawan.the)

Jika Anda mau camping, sudah tersedia sekitar 20-an lokasi untuk mendirikan tenda. Berkemah di tengah-tengah hutan tentu akan meningggalkan pengalaman berkesan. Harga tiket masuknya sekitar 10 ribu rupiah per orang. Lokasinya berada di Desa Karyawangi, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

18. Wanawisata Pasiripis

Wanawisata Pasiripis
Wanawisata Pasiripis (Foto : via IG @lembang.bandung)

Destinasi wisata berupa spot foto keren dengan latar hutan pinus atau alam tampaknya lagi hits banget dikalangan traveler muda. Tak heran, jika setiap daerah berlomba-lomba menyuguhkan tempat hunting foto terbaik agar bisa menarik banyak wisatawan.

Nah, selain The Lodge Maribaya dan Dago Dream Park, kini hadir Wanawisata Pasiripis yang juga menawarkan lokasi berfoto instagenic. Anda bisa naik ke rumah pohon ala Kalibiru Jogja dengan pemandangan hamparan hijau hutan pinus. Ada juga spot berbentuk sarang burung dan perahu kayu ala nelayan.

Spot Foto di Wanawisata Pasiripis
Spot Foto di Wanawisata Pasiripis (Foto : IG @hens4m)

Lokasi Wanawisata ini terletak di Jl. Pasir Ipis, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Harga tiket masuknya lumayan murah meriah, Rp.7.500,- per orang. Oya, bila berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mampir ke Benteng Pasir Ipis.

Benteng Pasir Ipis termasuk salah satu peninggalan masa penjajahan Belanda jaman dulu yang masih bisa Anda jumpai saat ini. Bangunan yang membentang sejauh satu kilometer ini memang tampak tak terurus ditumbuhi lumut hijau. Tapi, saksi bisu sejarah ini cukup vintage dijadikan latar berfoto.

19. Gunung Putri

Gunung Putri
Gunung Putri (Foto : IG @zoddy11)

Gak kalah dengan Jogja dan Bali, kawasan wisata Lembang juga punya spot untuk menikmati sunrise indah lho, namanya Gunung Putri. Dengan ketinggian sekitar 1587 mdpl, puncak gunung ini cukup mudah untuk dicapai dengan trekking / hiking.

Dari atas puncaknya, keelokan sang surya yang baru bangun dari peraduannya tampak begitu mengagumkan diselingi kabut dan udara sejuk. Objek wisata yang belum terjamah ini biasanya digunakan untuk camping anak muda. Harga tiket masuknya lumayan murah, sekitar 5 ribu rupiah per orang.

20. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland
Kampung Gajah Wonderland (Foto : IG @kampunggajah_wonderland)

Bingung mencari aktivitas seru untuk mengisi liburan dengan keluarga? Datang saja ke Kampung Gajah Wonderland di Jl. Sersan Bajuri KM. 3,8, Cihideung, Parongpong, Cihideung, Kabupaten Bandung Barat. Ada banyak wahana permainan menyenangkan yang bisa Anda coba di sini, dari atraksi khusus anak hingga dewasa.

Tempat wisata terbagus untuk keluarga di Lembang ini mempunyai lahan seluas 60 hektare dan 20 wahana. Anda bisa mencoba Formula Kart, Sky View, Cross, Segway, 4D Rider, Delman Royal, Mini ATV, Body Cycle, Buggy dan masih banyak lagi. Harga tiket masuknya sekitar 20 ribu rupiah, tapi belum termasuk tiket wahana.

21. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu (Foto : IG @surgimukti_)

Gunung Tangkuban Perahu merupakan tempat wisata terkenal di Lembang yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat liburan. Pesona Kawah Ratu dan Legenda Sangkuriang nampaknya masih membuat banyak orang tertarik untuk berkunjung ke sini.

Ketinggian Gunung Tangkuban Perahu mencapai 2.084 di atas permukaan laut dengan suhu udara sekitar 17 derajat Celcius pada siang hari. Saat berkunjung ke sini, sebaiknya menyiapkan masker karena aroma belerang sangat menyengat sekali.

Selain berfoto, Anda juga bisa belanja pernak pernik dan buah strawberry yang dijajakan penjual di sini. Harga tiket masuk Gunung Tangkuban Perahu sekitar 20 ribu rupiah saat hari biasa, sementara hari libur atau weekend 30 ribu rupiah.

22. Terminal Grafika Cikole

 Terminal Wisata Grafika Cikole
Terminal Wisata Grafika Cikole (Foto : IG @irine_rainbow)

Ketika Anda berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu, sempatkanlah mampir ke Terminal Grafika Cikole. Memangnya ada apa di tempat ini? objek wisata di Lembang ini menyuguhkan fasilitas liburan lengkap meliputi penginapan, restoran, dan kegiatan outbond bagi keluarga atau pun instansi kantor.

Udara yang sejuk dengan suhu 20 derajat celcius dan kontur area Terminal Wisata Grafika Cikole yang berbukit dikelilingi hutan pinus sangat pas untuk melepas penat. Spot foto disini juga keren lho, bisa juga digunakan untuk foto prewedding. Lokasinya terletak di Jl. Tangkuban Perahu Raya KM.8, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

23. Sapu Lidi Resort

Sapu Lidi Resort
Sapu Lidi Resort (Foto : IG @firman_piet)

Penginapan dan tempat makan di Lembang yang satu ini nampaknya sudah sangat populer dikalangan wisatawan, namanya Sapu Lidi Resort. Bila ingin bermalam di sini, sebaiknya Anda booking jauh-jauh hari mengingat terbatasnya kamar eksklusif yang tersedia, hanya ada 25 buah.

Kamar terbagus tentu saja Suite Room Lake View berbentuk joglo lengkap dengan teras terapung dan pemandangan danau hingga pepohonan nan indah. Kalau punya budget lebih, Anda bisa memilih President Room berfasilitas kolam renang pribadi serta teras untuk bersantai.

Ilustrasi menu makanan di Sapu Lidi Resto
Ilustrasi menu makanan di Sapu Lidi Resto (Foto : IG @hellenouw)

Sapu Lidi juga memiliki restoran unik dengan suasana pedesaan serta menu makanan khas Bandung / Sunda. Tersedia juga area outdoor berupa saung-saung di pinggiran sawah. Jadi, Anda dapat bersantap sambil menikmati hamparan padi yang hijau hingga menguning siap panen.

Alamat Sapu Lidi Resort terletak di Kompleks Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri, Cihideung, Parongpong, Lembang. Rate harga penginapan sekitar 400 ribuan ke atas, tergantung type kamar yang Anda pesan. Semakin tinggi kelas dan lengkap fasilitasnya tentu semakin mahal.

24. Kampung Daun

Kampung Daun
Kampung Daun (Foto : IG @u2ubebe)

Bingung mencari tempat makan enak di Bandung khususnya seputaran daerah Lembang? Mampir saja ke Kampung Daun, menu makanannya lengkap dan lezat, suasananya juga nyaman. Pas banget buat mengisi liburan bareng keluarga tercinta.

Kampung Daun terletak di lembah kecil belahan utara kota Bandung, tepatnya wilayah lingkungan perumahan Vila Triniti, Jalan Sersan Bajuri Km 4,7. Sebelumnya, lokasi ini hanyalah sebuah perkebunan yang kurang terawat. Namun, akhirnya dikelola dan berubah menjadi sebuah resto cantik khas pedesaan Sunda.

Ilustrasi menu makanan di Kampung Daun
Ilustrasi menu makanan di Kampung Daun (Foto : IG @cheithaimax)

Menu makanan favorit di sini adalah Nasi Bakar Kampung Daun. Menu tersebut sangat cocok jika dinikmati bersama secangkir teh poci hangat, apalagi di tengah udara sejuk dan dingin. Kalau tak keliru, ada live musiknya juga seminggu sekali.

25. Curug Cimahi / Curug Pelangi

Curug Cimahi
Curug Cimahi (Foto : IG @fakirpiknik)

Siapa seh yang tak kenal dengan Curug Cimahi? Tempat wisata paling indah di Jawa Barat ini begitu eksotis dan populer di mata traveler muda. Dengan ketinggian sekitar 87 meter, jatuhan air terjun Cimahi tampak begitu cantik ditengah-tengah tebing hijau.

Udara disini lumayan sejuk, sekitar 18-22 derajat Celsius, sangat tepat untuk melepas kejenuhan akibat rutinitas kerja sehari-hari. Untuk mendapatkan spot foto bagus, pengunjung biasanya naik ke atas dek. Dari sini, Anda akan dapat melihat kegagahan aliran air Curug Cimahi secara menyeluruh.

Fasilitas umum yang bisa ditemui di objek wisata air terjun terindah di Bandung ini antara lain warung, mushalla, kamar kecil, dan tempat istirahat. Harga tiket masuknya lumayan murah, sekitar 15 ribu rupiah per orang.

Oya, air terjun ini juga dikenal dengan nama Curug Pelangi karena pada saat malam hari tampak cahaya berwarna-warni dari lampu yang dipasang di sekitarnya. Untuk alamat lengkapnya berada di Kertawangi, Cisarua, Jalan Kolonel Masturi No.325, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

26. Jendela Alam

Jendela Alam
Jendela Alam (Foto : IG @jendelaalambandung)

Jendela Alam merupakan tempat liburan anak dan keluarga di Lembang yang mungkin sudah tak asing lagi di telinga warga Bandung. Ada sekitar 4 wahana utama yang tersedia untuk arena bermain anak sekaligus mengenalkan mereka tentang pertanian, peternakan, atau pun kesenian.

Keempat wahana tersebut antara lain Jendela Edukasi, Jendela Permainan, Jendela Workshop, dan Jendela Seni. Masing-masing Jendela mempunyai kegiatan yang berbeda-beda sesuai dengan temanya. Misalnya, Jendela Edukasi berisi aktivitas berkebun, panen tomat, bercocok tanam, memberi makan hewan, dan lainnya.

Lokasi Jendela Alam terletak di Komplek Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri Km. 4,5, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Jam buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB. Harga tiket masuk dibanderol seharga 15 ribu, belum termasuk tiket wahana.

27. De Ranch

De Ranch
De Ranch (Foto : IG @ganesharamadhan)

De Ranch merupakan tempat rekreasi keluarga di Lembang yang menawarkan aktivitas berkuda ala koboi. Anda dapat menaiki kuda secara lengkap memakai pakaian koboi dan berfoto-foto sambil ditemani hembusan angin sejuk.

Selain berkuda, Anda juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya seperti memerah susu sapi secara langsung, outbond, dan menikmati makanan di resto yang tersedia. Harga tiket masuknya lumayan murah, sekitar 10 ribu rupiah tapi belum termasuk tiket wahana dan sewa baju koboi.

De Ranch berlokasi di Jl. Raya Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB, kecuali hari senin kalau tak keliru tutup. Buat Anda yang tak pernah berkuda, tak usah berkecil hati. Di sini sepertinya ada pemandu yang akan menemani menuntun kuda mengelilingi padang rumput.

28. Villa Air Natural Resort

Villa Air Natural Resort
Villa Air Natural Resort (Foto : IG @raynaldk)

Satu lagi tempat bermalam yang nyaman dan asri yaitu Vila Air Natural Resort di Jl Kolonel Masturi KM 9, Lembang, Jawa Barat. Setiap villa di sini dilengkapi privat teras dengan view bagus pemandangan alam Gunung Tangkuban Perahu yang sangat indah.

Ada dua jenis villa yang disewakan, pertama Villa Standar dengan 3 kamar, bisa dihuni maksimal 6 orang dengan biaya 2 jutaan lebih. Kedua, Villa VIP 4 kamar bisa dipakai maksimal 8 orang. Harganya tentu sedikit lebih mahal yaitu lebih dari 4 jutaan. Harga bisa berubah sewaktu-waktu lho ya!

29. Tahu Khas Lembang

Tahu Susu Lembang
Tahu Susu Lembang (Foto : IG @tahulembang)

Bukan hanya Sumedang saja yang punya tahu enak, Lembang juga punya lho! Ada 2 jenis tahu yang terkenal di Lembang yaitu Tahu Susu Lembang dan Tahu Tauhid. Sekilas, mungkin akan terasa seperti tahu Sumedang, tapi jika dirasakan secara mendalam, kuliner Lembang yang satu ini memiliki kekenyalan dan kelembutan yang khas.

Tahu Tauhid Lembang
Tahu Tauhid Lembang (Foto : IG @df_foodiary)

Untuk Tahu Susu, Anda dapat mengunjungi rumah produksinya di Jl. Raya Lembang No. 177. Selain membeli tahu segar, Anda juga bisa mencicipi olahan tahu seperti susu kedelai, tahu goreng dan tahu mendoan. Sedangkan Tahu Tauhid bisa Anda jumpai di Jl. Kayuambon Dalam, Lembang, Jl Cijeruk No 113 Lembang dan Jl Sesko-AU No 20 Lembang.

30. Curug Bugbrug

Curug Bugbrug
Curug Bugbrug (Foto : via IG @dimassurahman)

Lembang dan sekitarnya memang kaya akan wisata alam nan eksotik, salah satunya adalah Curug Bugbrug di Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Keindahan aliran air yang jatuh dari ketinggian sekitar 50 meter sungguh sangat ciamik, apalagi tebingnya tampak hijau ditumbuhi tanaman. Pas banget buat foto-foto ala anak kekinian.

Air terjun di Bandung yang paling indah ini saat ini semakin populer karena banyaknya postingan foto-foto keelokannya di instagram. Suasananya masih begitu alami dan sepi, asyik banget buat menyendiri lari dari keramaian kota. Harg tiket masuknya juga murah, 5 ribu rupiah.

31. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat
Curug Tilu Leuwi Opat (Foto : IG @curugtiluleuwiopat)

Curug Tilu Leuwi Opat sebenarnya masih satu lokasi dengan Ciwangun Indah Camp, yaitu sebuah objek wisata alam yang menawarkan outbond dan camping. Tapi, mungkin belum banyak yang mendengar tentang curug ini sehingga masih jarang dikunjungi wisatawan.

Air terjun atau Curug Tilu Leuwi Opat memiliki air yang sangat jernih dan lingkungan alam sekitarnya masih alami. Air terjun ini tak begitu tinggi, hanya saja jalan trekking menuju lokasi sangatlah indah dan menantang. Harga tiket masuk dibanderol sebesar 10 ribu rupiah.

32. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha (Foto : via IG @amazingwestjava)

Observatorium Bosscha adalah tempat wisata di Lembang yang wajib dikunjungi bagi para pecinta astronomi atau ilmu perbintangan. Pasalnya, di sini pengunjung berkesempatan menggunakan sebuah teropong bintang untuk melihat benda-benda langit yang ada di luar angkasa.

Saat berkunjungan ke Observatorium Bosscha, semua wisatawan akan diajak masuk ke dalam bangunan kubah untuk melihat cara kerja Teleskop Zeiss. Apabila kunjungan malam, para pengunjung biasanya diperbolehkan untuk mencoba menggunakan teleskop Bamberg. Asyik bukan?

Harga tiket masuk ke sini sebesar 15 ribu rupiah, kecuali kunjungan malam 20 ribu rupiah. Alamat lengkapnya berada di Jalan Peneropong Bintang, Lembang. Oya, untuk jadwal kunjungannya setiap Selasa – Jumat diperuntukkan bagi instansi / sekolah, Sabtu untuk keluarga / perorangan, Minggu dan Senin tutup.

33. SanGria Resort & Spa

SanGria Resort & Spa
SanGria Resort & Spa (Foto : via IG @lingga_salon_bdg)

SanGria Resort & Spa termasuk salah satu rekomendasi tempat bulan madu romantis di Bandung dengan view pemandangan alam perbukitan hijau nan indah. Udara dingin dan segar khas Lembang akan semakin membuat Anda betah berlama-lama di resort ini.

Berlokasi di Jl. Hortikultura No.88, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, SanGria Resort menawarkan kamar dan villa dengan perabotan dan lantai kayu yang hangat. Fasilitasnya pun terbilang lengkap mulai dari balkon pribadi, saluran internasional, pemanas air hingga koneksi Wi-Fi.

Harga yang murah dan lokasi strategis, menjadi keunggulan hotel ini. Dari tempat ini, Anda akan mudah menuju berbagai destinasi menarik seperti Pusat Observasi Bosscha dan Pasar Apung Lembang. Bandara Husein Sastranegara dapat ditempuh sekitar 30 menit berkendara dari resort.

34. Imah Seniman Resort, Resto And Gallery

Imah Seniman Resort
Imah Seniman Resort (Foto : via @bandung.banget)

Lembang memang pantas dijadikan ikonnya wisata Bandung Jawa Barat karena memiliki akomodasi yang sangat memadai, terutama penginapan. Bila Anda mengajak keluarga, Anda bisa memilih Imah Seniman sebagai tempat beristirahat.

Selain jumlah kamarnya yang cukup banyak sekitar 52 kamar, lokasinya juga tak terlalu jauh dari pusat Kota Bandung, sekitar 20 km. Harga sewanya pun termasuk murah nyaman di kantong, mulai dari 600 ribuan hingga 1,5 jutaan. Harga bisa berubah sewaktu-waktu lho ya!

Fasilitasnya lengkap ada WiFi gratis, TV kabel. setiap kamar juga tersedia balkon atau teras untuk bersantai menikmati pemandangan. Anda juga bisa memancing, spa, main di taman atau berenang di kolam renang outdoor. Alamat lengkap Imah Seniman terletak di Jl Kolonel Masturi, Kampung Bongkor, Lembang.

35. Rumah Bunga Rizal

Rumah Bunga Rizal
Rumah Bunga Rizal (Foto : @claudidooot)

Selain makanan atau camilan, Anda juga bisa membawa oleh-oleh bunga saat liburan ke Lembang. Mampirlah ke Rumah Bunga Rizal di Jalan Raya Maribaya km 2.4, Lembang. Di sini, Anda akan menemukan aneka jenis bunga seperti anggrek, kaktus, serta tanaman hias lain.

Kebun produksi yang konon sudah berproduksi dari tahun 1978 ini mempunyai suasana nyaman dan bersih. Tersedia juga beragam makanan, minuman, dan es krim yang dapat dipesan oleh pengunjung. Untuk harga setiap bunga dibanderol mulai dari 5 ribu rupiah. Murmer banget bukan?

36. Rumah Stroberi

Ilustrasi wisata petik strawberry di Rumah Stroberi
Ilustrasi wisata petik strawberry di Rumah Stroberi (Foto : IG @rumahstroberi)

Biasanya, wisatawan yang ingin merasakan sensasi petik buah strawberry sendiri langsung menuju ke kawasan wisata Ciwidey Bandung Selatan. Padahal, daerah Lembang juga punya lho objek wisata petik strawberry, namanya Rumah Stroberi.

Rumah Stoberi bisa dibilang sebagai salah satu “one stop traveling” mengingat fasilitasnya sangat lengkap mulai dari cafe, penginapan, perkebunan Strawberry, playground, dan area outbound. Jadi, sekali berkunjung Anda akan bisa melakukan banyak aktivitas.

Kegiatan yang tak boleh dilewatkan begitu saja adalah memetik buah strawberry dari pohonnya secara langsung. Untuk paket wisata petik strawberry, Anda hanya boleh memetik sekitar 4 ons saja per orang. Kecuali pengunjung yang menginap di sini sepertinya boleh memetik sesukanya asalkan bayar.

Alamat Rumah Stroberi terletak di Jalan Cigugur Girang No. 145, Cigugur Girang, Karyawangi, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Udara sejuk dan pemandangan bagus menjadi daya tarik objek wisata ini, apalagi harganya juga tak terlalu mahal, masih terjangkau.

37. Natural Resto And Strawberry Land

menu nasi goreng strawberry di Natural Resto And Strawberry Land
Ilustrasi menu nasi goreng strawberry di Natural Resto And Strawberry Land (Foto : IG @dwayne.yawned)

Sehabis keliling menjelajahi berbagai destinasi bagus di Lembang, akan lebih menyenangkan ditutup dengan wisata kuliner. Nah, salah satu rekomendasi tempat makan enak yang bisa Anda kunjungi adalah Natural Resto And Strawberry Land.

Terletak di Jl. Tangkuban Perahu Raya No.109, Cibogo, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, resto ini menawarkan menu makanan khas Indonesia yang lezat menggugah selera. Yang unik dan wajib dicoba tentu saja sambel strawberrynya.

Untuk harga sepertinya lumayan mahal sesuai dengan kenyamanan tempatnya, misalkan saja nasi goreng strawberry menurut info yang saya dapatkan di banderol dengan 35 ribuan seporsinya. Tapi, mungkin sebanding ya dengan rasanya. Tersedia juga kebun untuk wisata petik strawberry.

Bagaimana sobat traveler? Bagus dan keren-keren bukan destinasinya? Rugi deh, kalau liburan ke Kota Bandung tapi tak menyempatkan mampir ke daerah Lembang. Alamnya asri dan kulinernya juga lezat, sempurna banget deh! Oya, barangkali ada yang punya info wisata Lembang lainnya bisa menambahkan melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here