Home Wisata Asia 12 Tempat Wisata Di Lembang Yang Murah Dan Menarik

12 Tempat Wisata Di Lembang Yang Murah Dan Menarik

929
0
SHARE

Ini dia daftar tempat wisata di Lembang yang murah dan menarik. Tempat wisata murah yang menarik tentu menjadi incaran setiap wisatawan, apalagi yang sedang liburan di Bandung, Jawa Barat. Nah, salah satu kawasan wisata kota Bandung dan sekitarnya yang memiliki banyak tempat rekreasi dan hotel yang murah meriah adalah Lembang.

Kawasan Lembang terkenal memiliki banyak objek wisata yang baru, asik, dan relatif lengkap. Dari mulai wisata alam, kuliner, dan aneka wahana permainan anak serta keluarga ada semua disini. Tak heran jika Lembang menjadi salah satu tempat wisata di Bandung favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan.

Kira-kira apa saja ya tempat wisata menarik di Lembang yang murah? Dilansir dari berbagai sumber, yuk simak rekomendasi tempat wisata di Lembang dan sekitarnya yang murah berikut ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Lembang Bandung Yang Murah Dan Menarik

1. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha (Foto : en.wikipedia.org)

Tempat wisata murah di Lembang Bandung yang pertama adalah Observatorium Bosscha. Jika Anda tiba di sini, maka Anda telah mengunjungi observatorium tertua di Indonesia (didirikan tahun 1923).

Di observatorium terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini, Anda dapat mengamati objek-objek di luar angkasa. Harga tiket masuk ke objek wisata ini cukup terjangkau kok, hanya sekitar Rp. 15.000,- sampai Rp. 20.000,-.

Terdapat teleskop besar untuk mengamati berbagai planet yang ada di dalam Galaksi Bima Sakti. Perlu diketahui, Bumi adalah salah satu planet dalam galaksi ini. Anda dapat mengunjungi tempat wisata Lembang yang satu ini mulai dari pukul 9 pagi hingga 1 siang atau dari pukul 5 sore hingga 8 malam.

2. Taman Wisata Maribaya

Air Terjun Maribaya Bandung
Air Terjun Maribaya Bandung (Foto : initempatwisata.com)

Taman Wisata Maribaya terkenal sebagai salah satu tempat wisata di Lembang yang murah dan menarik. Objek wisata yang satu ini berupa taman hutan alam yang memberikan pemandangan pepohonan menjulang tinggi serta terdapat air terjun dan pemandian air panas.

Menjelajahi kawasan Maribaya akan menyenangkan karena wisata alam di Lembang ini akan membuat Anda fresh. Tetapi, kondisi alam yang dingin mungkin dapat disiasati dengan menggunakan jaket. Harga tiket masuk Taman Wisata Maribaya cukup murah meriah, yaitu sebesar Rp. 8.000,-.

Anda dapat singgah ke warung-warung yang ada di kawasan ini untuk mencicipi aneka minuman penghangat badan, seperti Bandrek atau Bajigur. Berkunjung bersama keluarga atau sahabat ke Maribaya termasuk salah satu alternatif yang asik menghabiskan akhir pekan di Bandung.

3. De Ranch Lembang

De’Ranch Bandung
De’Ranch Bandung (Foto : annisarangkuti.wordpress.com)

Tempat wisata De’Ranch Lembang menyajikan sebuah nuansa baru dalam wisata alam yang berupa peternakan di mana kuda masih merupakan hewan pekerja yang utama sebagaimana yang ada di zaman cowboy. Hanya dengan Rp. 10.000,- Anda bisa memasuki tempat rekreasi ini.

De’Ranch Lembang adalah sebuah tempat wisata anak dan keluarga di Bandung yang murah, baru, serta relatif lengkap. Anda dapat menikmati suasana peternakan sambil menunggang kuda dengan kostum khas cowboy, mengelilingi lahan hijau, serta beragam kegiatan edukatif dan menyehatkan.

Tempat wisata di Lembang yang satu ini sangat tepat jika Anda ingin pergi berlibur bersama keluarga, terlebih putra-putri Anda. Tersedia berbagai aneka permainan dan kegiatan bagi anak-anak yang tentu saja akan sangat menyenangkan, misalnya berkuda, naik delman, flying fox, ATV, memancing, bersepeda, balon air, panahan, fun boat, atau kereta powpow.

De’Ranch Lembang adalah tempat wisata anak di Bandung yang rekomended bagi Anda. Tempat coboy di Lembang ini sangat tepat bagi anak-anak Anda, sebuah tempat wisata di Lembang yang segar dan menyehatkan serta penuh dengan kegiatan edukatif yang sangat positif.

4. Dusun Bambu

Dusun Bambu Bandung
Dusun Bambu Bandung (Foto : indonesia.tripcanvas.co)

Dusun Bambu adalah tempat wisata baru yang berada di Lembang Bandung bagian Utara. Berada tepat di kawasan kaki pegunungan Burangrang, maka sudah pasti objek wisata ini memiliki keindahan alam yang asri, alami, dan berhawa sangat sejuk.

Meskipun baru, namun tempat ini telah dilengkapi dengan banyak fasilitas dan bisa dibilang sebagai tempat wisata di Lembang yang murah dan lengkap. Selain sebagai tempat wisata alam, Dusun Bambu juga sangat cocok untuk tempat wisata keluarga, kuliner dan belanja di Bandung.

Kawasan wisata ini memiliki sejumlah fasilitas wisata alam yang sangat baik dan menarik, di antaranya adalah villa, restoran, serta Pasar Khatulistiwa. Tiket masuknya pun cukup murah, hanya sebesar Rp. 15.000,- per orang.

Aneka aktivitas menyenangkan dapat Anda lakukan di sini, misalnya bersepeda santai sembari menikmati sejuknya udara dari lereng pegunungan Lembang. Tak hanya bersepeda, Anda juga dapat berkemah bersama teman dan keluarga, serta melakukan berbagai kegiatan outdoor menarik lainnya.

5. Floating Market

Floating-Market-Bandung
Floating Market Bandung (Foto : peholidays.com.my)

Ingin menikmati tempat wisata di Lembang yang murah dan unik? Datang saja ke Floating Market Lembang. Tiket masuknya hanya 15.000 rupiah, cukup murah bukan? Seperti di Kalimantan, di Floating Market Anda akan menemukan pasar di mana penjualnya berada di atas sebuah perahu yang terapung di atas air.

Namun, karena Floating Market Lembang adalah tempat wisata, yang dijual bukanlah barang-barang pasar pada umumnya, melainkan makanan dan jajanan tradisional, sangat cocok untuk para pecinta wisata kuliner Bandung! Asik dan seruh deh pokoknya. Cobain aja kalau tak percaya!

6. Jendela Alam

Jendela Alam Bandung
Jendela Alam Bandung (Foto : anekatempatwisata.com)

Jendela Alam adalah alternatif wisata Lembang yang murah untuk keluarga. Berlokasi di Jalan Sersan Bajuri, Jendela Alam adalah tempat wisata anak di Bandung dengan udara sejuk yang sangat cocok untuk mengenalkan anak Anda dengan binatang dan tumbuhan.

Anak-anak dapat belajar bagaimana cara merawat hewan, cara beternak, berinteraksi dengan hewan, mempelajari cara berkebun, memetik buah dan sayur, hingga bermain air dan berpetualang. Sangat lengkap!

Jendela Alam buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai dengan jam 4 sore (Senin sampai Jumat), dan jam 8 pagi sampai dengan 4.30 sore (akhir pekan dan hari libur). Tiket masuknya sebesar Rp. 10.000 (weekday) & Rp.15.000 (weekend). Tidak terlalu mahal bukan?

Baca Juga : 35 Tempat Makan Di Bandung Yang Enak Dan Murah Meriah

7. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat
Curug Tilu Leuwi Opat (Foto : visitlembang.com)

Curug Tilu Leuwi Opat berada di kampung Ciwangun Parongpong Bandung barat. Di tempat wisata Lembang murah ini terdapat air terjun yang masih jernih dan dikenal dengan sebutan Curug Tilu, serta terdapat empat leuwi/danau kecil yang tidak kalah menarik untuk dinikmati.

Di Curug Tilu Leuwi Opat pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan outbond seperti hiking dan camping, yang cukup menarik adalah area campingnya terdapat di sisi sungai dan curug kecil yang disebut curug kacapi sehingga akan memberikan pengalaman tersendiri karena benar benar berada di area alami.

Bagi penggemar hiking bisa melakukan pendakian ke curug tilu dengan jarak kurang lebih 1,5 km dengan track yang cenderung menanjak. Anda juga dapat berenang di leuwi/danau kecil, namun ada satu leuwi yang tidak boleh dipake berenang karena kedalamannya yang mencapai 15 m sehingga cukup berbahaya. Harga tiket masuk ke curug ini cukup murah meriah yaitu sebesar Rp. 7.000 per orang.

8. Curug Cimahi

Curug Cimahi
Curug Cimahi (Foto : nativeindonesia.com)

Curug Cimahi merupakan sebuah air terjun yang berasal dari aliran sungai Cimahi yang berhulu di situ Lembang. Curug Cimahi memiliki ketinggian sekitar 87 m, terdapat di dataran tinggi Bandung Utara, tepatnya di Desa Kertawangi, daerah Cisarua Lembang. Tempat wisata di Lembang yang murah ini dikelola oleh Perhutani.

Curug Cimahi dikenal pula dengan sebutan Air Terjun Pelangi. Hal ini karena curug ini bisa memberikan efek pelangi saat malam hari. Nah, efek pelangi ini sebenarnya adalah inovasi buatan dari pengelola curug ini untuk menambah daya tarik Curug Cimahi.

Jadi, ada sebuah set lampu yang sudah di desain sedemikian rupa yang ditempatkan do belakang air terjun curug cimahi. Efek cahaya lampu tersebut dapat memancarkan beragam warna seperti warna-warni pelangi sehingga dapat menyajikan pemandangan yang luar biasa indah di malam hari.

Untuk menikmati pemandangan air terjun pelangi, Anda harus berkunjung ke tempat wisata curug cimahi pada sore/malam hari karena khusus air terjun pelangi akan dapat disaksikan mulai jam 5 sore hingga jam 9 malam. Harga tiket masuk ke Curug Cimahi relatif murah hanya Rp. 12.000,- untuk kunjungan siang, sedangkan untuk kunjungan malam setelah jam 17.00 sebesar Rp. 15.000,-.

9. Situ Lembang

Situ Lembang
Situ Lembang (Foto : tempatwisatadibandung.info)

Situ Lembang Bandung adalah sebuah danau nan indah serta menawan yang berada di kawasan Bandung Barat, tepatnya Lembang. Selain itu, Situ Lembang sendiri ternyata lokasi awalnya adalah sebuah kaldera atau cekungan yang dihasilkan dari letusan Gunung Sunda sekitar Dua atau Tiga juta tahun yang lalu.

Situ Lembang menawarkan keindahan wisata air danau yang jernih dan pemandangan alam yang eksotis dan indah. Di sekitar kawasan ini ditumbuhi pohon-pohon pinus yang besar dan berusia tua, sehingga akan menambah keeksotisan serta kesejukan kawasan wisata lembang ini.

Namun demikian, tempat wisata di Lembang yang murah ini tergolong “tertutup untuk umum” (terbatas). Hal ini karena Situ Lembang adalah jantungnya para prajurit Kopassus. Inilah kawah candradimukanya para prajurit pilihan itu. Di tempat inilah mereka digembleng dengan sedemikian berat hingga akhirnya diakui sebagai pasukan elite terbaik ketiga di dunia.

Situ Lembang berada di Desa Kertawangi/Parongpong,kecamatan Cisarua,Lembang Kabupaten Bandung Barat. Situ Lembang sebenarnya bukan “ditutup”, tetapi dijaga. Perlu ada izin khusus dari Pusdikpassus untuk dapat mengunjunginya agar kelestariannya tetap terjaga.

Faktor utama pembatasan pengunjung ini berhubungan erat dengan faktor keamanan dan faktor ekologisnya, yaitu berkenaan dengan kebutuhan air minum masyarakat Bandung dan Cimahi yang mayoritas masih berasal dari Situ Lembang yang kemudian dialirkan melalui Sungai Cimahi.

10. Taman Hutan Jaya Giri

Taman Hutan Jaya Giri Lembang
Taman Hutan Jaya Giri Lembang (Foto : yukpiknik.com)

Tempat wisata di Lembang yang murah ini adalah tempat yang cocok bagi para penikmat wisata alam di Bandung. Di sini, Anda dapat menghilangkan kepenatan dan membuat badan terasa lebih fresh kembali. Hutan yang memiliki hawa sejuk ini memiliki luar area sekitar 7 hektar.

Hutan ini sungguh terawat, dengan demikian Anda akan mendapati pemandangan yang asri dan menyegarkan. Pada umumnya, hutan Jaya Giri ini digunakan oleh para pengunjung untuk mendaki gunung ataupun aktivitas tracking hutan. Lokasi hutan ini dekat sekali dengan Gunung Tangkuban Perahu, sebuah tempat wisata di Lembang paling terkenal.

Untuk memasuki tempat wisata yang menarik di lembang bandung ini,anda cukup mambayar Rp.5000 rupiah untuk tiket hiking/atau pendakian PP, dan cukup bayar Rp.8000 rupiah apabila Anda sekaligus berencana untuk melakukan camping.

11. Rumah Bunga Rizal Lembang

Rumah Bunga Rizal Lembang
Rumah Bunga Rizal Lembang (Foto : tempatwisatadibandung.info)

Anda menyukai bunga anggrek atau kaktus? JIka iya, maka Rumah Bunga Rizal Lembang wajib Anda kunjungi. Tempat wisata di Lembang yang relatif murah ini menyajikan sebuah kebun wisata yang menyediakan berbagai bunga anggrek, kaktus, sukulen dan tanamah hias lainnya.

Di Rumah Bunga Rizal Anda juga dapat menikmati aneka hidangan makanan, minuman dan es krim, yang tentunya akan semakin nikmat disantap sambil menikmati susana kebun yang bersih, sejuk dan asri.

Disini Anda juga dapat membeli berbagai produk kreatif sebagai penunjang hobby Anda berkebun. Rumah Bunga Rizal menyediakan berbagai keperluan berkebun seperti pot batok kelapa, ring pot holder, kawat gantung dengan berbagai ukuran dan sebagainya.

Terdapat pula produk lainnya seperti meja kebun, souvenir tanaman unik, cover pot tempurung kelapa, anggrek dalam cangkang keong, wadah tanam botol plastik dan berbagai produk lainnya. Alamat dan lokasi objek wisata ini di Jalan Maribaya Km. 2,4, Kec. Lembang.

12. Taman Begonia

Taman Begonia Lembang
Taman Begonia Lembang (Foto : deasiamela.blogspot.com)

Taman Begonia Lembang berada di ketinggian 1200 Mdpl. Dirancang sebagai tempat budidaya aneka tanaman bunga sekaligus sebagai kawasan wisata alam hijau. Beragam fasilitas pun dibangun di sini sehingga bisa mengakomodasi semua aspek kenyamanan wisatawan di tempat ini.

Anda dapat menemukan berbagai areal taman bunga yang menghampar indah, kebun-kebun yang ditanami oleh berbagai macam sayuran, dan salah satu fasilitas eksklusif di kawasan ini yaitu café yang memiliki menu makanan yang sayang untuk dilewatkan. Sambil makan dan minum, Anda bisa menikmati udara pegunungan yang segar dan pemandangan taman bunga yang indah.

Tidak hanya itu, objek wisata di Bandung yang paling bagus dan indah ini juga memperbolehkan Anda untuk memetik buah-buahan tanaman sendiri di areal khusus perkebunan yang ada di sekitar taman Begonia ini. Serunya nih, sayuran yang sudah dipetik dikebun tadi bisa Anda langsung makan di tempat, atau juga dibawa yang kemudian dimasak ditempat yang disediakan oleh pengelola taman.

Sayuran yang ditanam di areal perkebunan Taman Begonia Lembang ini di antaranya adalah cabe, jagung, terong ungu, tomat ceri, terong putih, kaktus, brokoli, dan tanaman sayuran lainnya khas dataran tinggi pegunungan di Lembang.

Harga tiket masuk Taman Bunga Begonia cukup murah meriah kok, hanya sebesar Rp 10.000/orang. Tapi khusus untuk para pengunjung yang membawa kamera jingjing profesional dengan resolusi tinggi seperti DSLR, maka ada biaya masuk tambahan sebesar Rp 50.000.

Bagaimana sobat traveler? Asik dan menarik bukan aneka wisata Lembang yang murah? Liburan itu tak harus mahal, yang penting happy. Semoga info dan rekomendasi tempat wisata di Lembang yang murah dan menarik tersebut dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here