Home Wisata Asia 47 Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Lombok Terbaru Yang Wajib Dikunjungi...

47 Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Lombok Terbaru Yang Wajib Dikunjungi – Explore Lombok

90
0

Tempat Wisata Di Lombok – Mau liburan ke Pulau Lombok? Inilah daftar rekomendasi tempat wisata terindah dan hits di Lombok terbaru yang wajib dikunjungi. Lengkap dengan foto / gambar keren dari mulai pantai pasir putih, gili, air terjun, perbukitan hijau, gunung, hingga sajian kuliner enak ada semua di sini.

Siapa seh yang tak kenal dengan Lombok? Pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini selalu menjadi tujuan wisata di Indonesia favorit wisatawan. Alam bawah lautnya sangatlah indah, penduduknya ramah, dan akomodasi juga lengkap.

Tempat Wisata Di Lombok
Tempat Wisata Di Lombok (Foto : Focusfeel)

Ada banyak maskapai penerbangan yang akan memudahkan perjalanan Anda ke sini. Ditambah lagi tersedianya hotel atau resort mewah bakal membuat siapapun ingin rekreasi ke Lombok. Nah, berhubung ada banyak sekali tempat bagus di pulau ini, maka Maslatip Travel memilihkan sejumlah destinasi wisata terbaik yang wajib Anda explore. Yuk, simak ulasan / review lengkapnya berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Lombok Terbaru Yang Wajib Dikunjungi – Explore Lombok

1. Pantai Senggigi

Kita awali review kali ini dengan mengulas Pantai Senggigi, sebuah tempat wisata terkenal di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Begitu sampai di sini, Anda akan disambut oleh hamparan pasir berwarna gradasi hitam ke putih bersih yang memanjang berpadu dengan deburan ombak lautan biru. Sungguh sangat menakjubkan!

Selain itu, saat senja tiba, panorama sunset Pantai Senggigi tampak begitu cantik untuk dinikmati. Fasilitas penunjang yang tersedia di pantai ini pun tak kalah lengkap bila dibandingkan dengan beragam destinasi wisata Bali seperti Pantai Kuta, Sanur, atau Tanjung Benoa. Hotel, cottage, dan resort mewah bisa Anda temukan di sepanjang Pantai Senggigi.

Lokasinya memang lumayan jauh dari Bandara, sekitar 2 jam perjalanan. Namun, perjalanan jauh Anda akan terbayar dengan keindahan pantai ini. Harga tiket masuk Pantai Senggigi dibanderol sebesar 15 ribu rupiah. Lumayan murah bukan? Dengan kontur landai dan ombak tenang, Anda bisa melakukan aktivitas seru dari mulai berenang, snorkeling, bersantai, hingga menyaksikan matahari tenggelam.

2. Pantai Tanjung Aan

Objek wisata bagus berikutnya adalah Pantai Tanjung Aan yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Garis pantainya tampak melengkung layaknya bulan sabit. Hamparan pasir putih dengan tekstur mirip biji merica membentang sepanjang mata memandang berpadu indah bersama air laut biru.

Di sekeliling Pantai Tanjung Aaan banyak terdapat pepohonan dan perbukitan untuk melihat landscape pantai dari ketinggian. Selain berjalan di atas pasir lembutnya sambil memandang lautan luas, Anda juga bisa melakukan kegiatan menyenangkan lain seperti snorkeling, duduk santai, berfoto di ayunan, atau pun berselancar.

Jika beruntung datang saat bulan Februari, Anda bisa menyaksikan ritual adat Bau Nyale berupa aktivitas mencari cacing laut sebagai reinkarnasi Puteri Mandalika. Suasananya masih relatif sepi sehingga Anda bebas mengeksplor setiap sudut pantai.

Lokasi Pantai Tanjung Aan lumayan dekat jika diakses dari Bandara Internasional Lombok. Anda akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Harga tiket masuknya sepertinya masih gratis, paling membayar parkir 5 – 10 ribu rupiah. Rugi deh kalau jalan-jalan ke Pulau Lombok tanpa mampir ke pantai cantik ini.

3. Gili Layar

A post shared by Sam (@samdowal) on

Lombok terkenal memiliki sejumlah pulau-pulau kecil yang disebut gili, salah satunya adalah Gili Layar. Daya tarik destinasi wisata baru ini berupa hamparan pasir putih dan keindahan terumbu karang bawah lautnya yang sangat eksotis.

Jika Anda ke sini, wajib deh melakukan snorkeling untuk menikmati beragam biota laut. Secara administratif, alamat Gili Layar terletak di Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Untuk menuju lokasi, Anda harus memakai perahu / kapal mengingat keberadaannya di kelilingi lautan.

4. Gili Trawangan

Dari sekian banyaknya gili di Lombok, Gili Trawangan selalu menjadi favorit pilihan wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Pasalnya, gili ini menawarkan berbagai aktivitas wisata seru dari mulai berenang, snorkeling, diving, mencicipi seafood segar, wahana watersport seperti kano atau jetsky, bersepeda, hingga menyaksikan sunrise dan sunset cantik.

Tak hanya itu, fasilitasnya pun sangatlah lengkap, Anda bisa menemukan berbagai hotel, resort, glamping, atau pun cottage yang nyaman untuk bermalam. Udara Gili Trawangan sangatlah bersih bebas polusi karena kendaraan bermotor dilarang digunakan di sini. Jika akan berkeliling pulau, Anda bisa menggunakan sepeda atau cidomo (kereta kuda).

Pasir pantai Gili Trawangan berwarna putih, air lautnya biru jernih, sungguh sangat mengagumkan. Pantas rasanya menobatkan gili ini sebagai salah satu tempat wisata terindah di Kabupaten Lombok Utara. Oya, di sini juga tersedia kursus menyelam (baca : diving).

5. Gili Meno

A post shared by Dimas Cungkring (@cungkring) on

Selain Gili Trawangan, Gili Meno juga cukup populer sebagai tempat rekreasi indah di Lombok. Suasananya cenderung lebih sepi dari Gili Trawangan, sehingga sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang menginginkan ketenangan. Fasilitas dan akomodasi di sini juga tak kalah lengkap dengan Gili Trawangan. Harga sewa hotel / penginapannya cenderung lebih murah terjangkau.

Aktivitas wajib di sini tentu saja snorkeling dan diving, keelokan alam bawah lautnya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Hamparan pasir putih dan danau di dalamnya membuat Gili Meno tampak begitu eksotis. Anda juga bisa mengunjungi Meno Bird Park yaitu taman burung dengan koleksi puluhan species eksotis.

Lokasi Gili Meno berdekatan dengan Gili Trawangan, untuk menyambanginya Anda bisa menyebrang memakai kapal dari Gili Trawangan atau berangkat dari Pelabuhan Bangsal Lombok. Lama perjalanan sekitar 30 menit, dengan tarif penyebrangan sekitar 25 – 100 ribu rupiah.

6. Gili Air

A post shared by Samuel Hansson (@samuelhansson) on

Trio gili yang terdiri dari Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air merupakan deretan tempat wisata di Lombok yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Nah, untuk Gili Air bisa dikatakan sebagai perpaduan antara Gili Trawangan dan Gili Meno.

Sisi sebelah timur Gili Meno, cenderung mirip dengan Gili Trawangan karena banyak terdapat cafe. Sedangkan sisi sebelah barat lebih mirip Gili Meno, hamparan pasir putihnya sungguh masih alami, seolah belum terjamah oleh siapapun.

Gili Air sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata air seperti snorkling, diving, atau pun banana boat. Airnya jernih sehingga visibilitasnya baik, Anda dapat menikmati beragam biota laut atau terumbu karang dengan mudah. Jika beruntung, Anda bisa bertemu dengan penyu putih di sini. Saat pagi hari, jogging atau bersepeda mengelilingi pulai bisa menjadi alternatif liburan menyenangkan.

7. Pantai Selong Belanak

A post shared by Putro 08 (@08putro) on

Ada banyak sekali pantai indah di Lombok yang bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah Pantai Selong Belanak. Pantai ini berbentuk cekungan (teluk), di sebelah kanan dan kirinya dikelilingi oleh gugusan perbukitan hijau dengan ketinggian berbeda-beda. Hamparan pasir putih nan lembut dan bersih akan bisa Anda temukan di sini.

Panorama Pantai Selong Belanak begitu indah mempesona, sangat pas buat background berfoto. Tak ayal, pantai ini pun menjadi primadona tempat liburan di Lombok Tengah. Cukup banyak turis mancanegara atau pun domestik yang berkunjung ke sini untuk sekedar bersantai, foto-foto, atau pun surfing (berselancar).

8. Gili Kedis

Inilah Gili Kedis, destinasi wisata terbaik di Sekotong Tengah Kabupaten Lombok Barat yang lagi hits dikalangan wisatawan. Ukurannya memang kecil, tapi keindahan alam Gili Kedis sungguh begitu mempesona. Hamparan pasir putih yang mengelilinginya berpadu cantik dengan air laut biru nan jernih bagaikan kristal.

Dengan luas sekitar 1 hektar, Anda bisa berkeliling mengitari gili ini hanya dengan waktu 5 menit. Hampir seluruh wilayah Gili Kedis ditutupi pasir putih, hanya ada beberapa pohon untuk berteduh. Jadi, saat ke sini, sebaiknya Anda membawa topi dan sunblock untuk melindungi kulit dari sengatan panas matahari.

Aktivitas menarik di sini berupa bermain pasir putih dan berfoto. Gili Kedis tampak begitu fotogenik dan instagramable. Apabila Anda sedang mencari tempat foto prewedding di Lombok yang antimainstream, Gili Kedis bisa menjadi pilihan pas.

9. Gunung Rinjani

A post shared by ωiηugrαhα (@winugraha) on

Seperti halnya Gunung Tangkuban Perahu yang menjadi ikon destinasi wisata Bandung Jawa Barat, Gunung Rinjani pun demikian adanya. Gunung Rinjani memiliki ketinggian sekitar 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan dinobatkan sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia.

Panorama alam Gunung Rinjani tak perlu diragukan lagi, sepanjang perjalanan menuju puncak Anda akan dimanjakan dengan berbagai pepohonan hutan hujan tropis, air terjun, danau, hamparan sabana / savana, hingga Edelweis. Sungguh sangat eksotik!

Jika Anda merupakan seorang traveler pecinta alam, Gunung Rinjani nampaknya menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi saat menyambangi Pulau Lombok. Treknya lumayan berat, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk menuju puncak. Oleh karena itu, Anda wajib menyiapkan fisik, peralatan, dan perbekalan yang baik sebelum mendaki gunung ini.

10. Segara Anakan / Danau Segara Anak

A post shared by @jerryhinargo_ on

Salah satu keistimewaan Gunung Rinjani adalah keberadaan Danau Segara Anak atau Segara Anakan yang memiliki pemandangan eksotis. Warna airnya tampak kebiru-biruan seperti air laut sehingga dikenal dengan nama “Segara Anak” (artinya : Anak Laut).

Saat malam tiba, udara di sekitar danau memang dingin. Namun, ketika cahaya matahari pagi menyinari air danau, Anda akan benar-benar merasakan keindahan alam kuasa Tuhan. Suasananya sungguh sangat damai, tenang, dan syahdu. Danau ini biasanya menjadi tempat singgah para pendaki sebelum mencapai puncak Gunung Rinjani.

Lokasinya berada di ketinggian sekitar 2000 mdpl dengan luas mencapai 1000 ha dan kedalaman 230 meter. Tepatnya di Desa Sembalun Lawang. Di tengah-tengahnya terdapat sebuah Gunung bernama Baru Jari. Sementara itu, di sekitar danau Anda bisa menemukan beberapa sumber air panas alami.

11. Air Terjun Penimbungan, Gunung Rinjani

Bukan hanya destinasi wisata Bogor yang kaya akan air terjun, Pulau Lombok juga punya sejumlah air terjun cantik alami, misalnya Air Terjun Penimbungan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Dengan ketinggian mencapai 100 meter, jatuhan air terjunnya tampak begitu indah.

Secara administratif, Air Terjun Penimbungan terletak di di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasi tepatnya berada di jalur pendakian Gunung Rinjani yang melalui Torean.

Air tejun ini termasuk salah satu tempat wisata di Lombok yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Hal ini mungkin karena jalur Torean kurang populer dibandingkan 2 jalur lain untuk menuju puncak Rinjani yaitu jalur Sembalun dan Senaru.

12. Air Terjun Tiu Kelep

Melihat Pulau Lombok akan mengingatkan saya akan berbagai objek wisata di Garut seperti Pantai Santolo, Gunung Papandayan, dan air terjun Sanghyang Taraje. Seperti halnya Kabupaten Garut, pulau ini memiliki segudang keindahan alam yang begitu mempesona, diantaranya adalah Air Terjun Tiu Kelep.

Aliran airnya tampak begitu elok berpadu dengan pepohonan hijau yang tumbuh di kanan kiri tebing. Satu buah air terjun besar mengalir deras dengan disertai beberapa air terjun kecil di bagian belakangnya. Jika beruntung, konon kabarnya wisatawan bisa melihat pelangi hasil pembiasan cahaya matahari oleh percikan air dan udara di sekitarnya.

Oleh karena landscapenya yang begitu mengagumkan, pantas rasanya memasukkan Air Terjun Tiu Kelep ke dalam daftar tempat wisata paling indah di Lombok. Namun, untuk menuju lokasi air terjun, Anda harus melakukan perjalanan yang lumayan melelahkan. Anda harus melewati hutan dengan jalan licin selama kurang lebih 1 jam.

Jika Anda bukan orang asli Lombok, saya sarankan sebaiknya Anda memakai jasa pemandu agar tidak tersesat. Anda bisa melakukan tawar menawar sesuai dengan budget sebelum menyewa jasa pemandu. Alamat Air Terjun Tiu Kelep terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

13. Air Terjun Tiu Bombong

A post shared by Irfan Tepong (@irfantepong) on

Liburan di Lombok belum lengkap rasanya tanpa berkunjung ke Air Terjun Tiu Bombong. Lokasinya berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Untuk menuju air terjun, sebaiknya Anda memakai jasa guide warga setempat mengingat jalurnya lumayan ekstrim.

Dari Kota Mataram, Anda bisa langsung menuju ke Pemenang, lalu ke Tanjung, kemudian lanjut ke Gangga hingga Kayangan, dan melanjutkan perjalanan sampai di Santong. Setelah Anda sampai di Pasar Santong, belok kanan sebelum masjid, lalu ikuti jalur yang ada. Oleh karena tidak ada petunjuk jalan, Anda wajib bertanya kepada warga sekitar.

Aliran Air Terjun Tiu Bombong lumayan tinggi dengan dikelilingi tebing membentuk seperti setengah lingkaran. Di bagian bawah terdapat kolam, jika akan bermain air sebaiknya berhati-hati. Oya, jika akan berkunjung ke sini, pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima dan bawalah bekal makanan / minuman.

14. Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja termasuk salah satu tempat wisata unggulan terbagus di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Lokasinya masih di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Dari Kota Mataram dapat ditempuh sekitar 1,5 jam perjalanan darat.

Aliran air terjun ini ada 2 buah sehingga sering disebut sebagai air terjun kembar. Dengan ketinggian mencapai 40 meter, jatuhan airnya tampak begitu indah berpadu dengan tebing hijau di sekelilingnya. Suasananya masih sangat alami, sunyi, dan damai. Konon katanya, nama Tiu Teja disematkan karena sering muncul fenomena pelangi di sini. Kata “Tiu” dalam bahasa sasak berarti pelangi.

Jalan menuju lokasi memang termasuk sudah bagus hingga area parkir. Namun, untuk sampai pada aliran air terjun, medannya masih lumayan curam / terjal. Pastikan Anda selalu hati-hati dan membawa perlengkapan pengaman tambahan karena menurut informasi kemiringannya mencapai 75 derajat.

15. Air Terjun Mangku Sakti

Keberadaan tempat wisata Air Terjun Mangku Sakti cukup tersembunyi dan jarang diketahui wisatawan. Padahal, kecantikannya bakal membuat siapapun terkagum-kagum. Aliran airnya mengalir deras dari ketinggian sekitar 40 meter, airnya berwarna hijau tosca dan berpadu sempurna dengan bebatuan sungai. Sungguh sangat instagramable!

Suasana air terjun semakin asri dan segar karena banyak pepohonan hijau tumbuh di sekelilingnya. Oya, Anda mungkin penasaran mengapa airnya berwarna hijau toska bukan? Nah, warna air tersebut ternyata disebabkan oleh kandungan belerang di dalamnya. Saat ke sini, Anda akan menemukan belerang dalam bentuk lumpur pada pinggiran sungai.

Alamat Air Terjun Mangku Sakti terletak di Bilok Petung, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Jaraknya lumayan jauh dari Kota Mataram, mungkin bisa mencapai 3 jam perjalanan. Anda sebaiknya menyewa kendaraan bermotor atau memakai jasa travel wisata untuk mengantar ke lokasi karena tak ada angkutan umum.

16. Bukit Selong, Sembalun

A post shared by @ernandaputra on

Tak kalah bagus dengan Pariwisata Jawa Barat yang kaya akan perbukitan hijau, Lombok ternyata juga punya bukit cantik nan instagenic, namanya Bukit Selong. Lokasinya berada di Desa Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Tmur. Harga tiket masuknya lumayan murah meriah alias murmer sekitar 5 ribu rupiah.

Dari atas bukit, Anda akan melihat pemandangan alam nan cantik berupa petak-petak sawah dengan warna berbeda. Saat ke sini, pastikan Anda membawa kamera terbaik karena lukisan alam yang ada di sini sungguh sangat fotogenik. Rugi deh, sudah jauh-jauh ke sini tapi tak bisa mengabadikannya.

17. Bukit Pergasingan

Masih berada di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, ada satu lagi bukit kekinian yang hits banget di instagram yaitu Bukit Pergasingan. Lokasi bukit ini tepatnya terletak di sebelah timur laut Gunung Rinjani.

Dengan ketinggian sekitar 1.670 meter di atas permukaan air laut (mdpl), Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mencapai puncaknya. Ketika sampai di atas bukit, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam nan eksotis dari mulai petakan-petakan sawah, pemukiman, hingga gagahnya Gunung Rinjani.

Panorama yang begitu epic tersebut tentu saja sangat pas bila dijadikan tempat prewedding romantis di Lombok. Meskipun, untuk mencapai puncaknya Anda harus rela bersusah payah melewati jalan terjal berbatu dengan kemiringan mencapai 70 derajat.

Bila Anda tak punya waktu banyak untuk menaklukkan Gunung Rinjani, maka Bukit Pergasingan bisa menjadi pelipur lara. Mendakilah saat malam hari kemudian bermalam memakai tenda di atas bukit. Sambutlah sunrise cantik dari timur yang tak kalah keren dengan puncak Rinjani.

18. Pantai Telawas

Pariwisata Lombok akhir-akhir ini sedang naik daun, bahkan masuk dalam deretan Pulau Terbaik di dunia bersama Pulau Bali dan Pulau Jawa. Salah satu daya tarik Pulau Lombok adalah keberadaan pantainya yang unik dan indah. Misalnya saja Pantai Telawas di Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Berbeda dengan pantai di Lombok pada umumnya yang memiliki pasir putih, Pantai Telawas justru tak punya. Keistimewaan pantai ini terletak pada batu-batu karang terjal di pinggirnya. Saat ombak datang, batu tersebut akan memecahnya menjadi percikan air lebih kecil. Sekilas mirip pantai indah di Jogja bernama Kesirat.

19. Air Terjun Titian Batu Kawangan

A post shared by Aan_Permadi27 (@aan_perma) on

Berlokasi di Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Air Terjun Titian Batu Kawangan bisa menjadi alternatif pilihan tempat liburan Anda selama berakhir pekan. Memang, namanya belum begitu populer, tapi pesonanya tak kalah cantik bila dibandingakan dengan air terjun lainnya.

Aliran airnya tampak begitu jernih dan deras, di sekitarnya terdapat pepohonan hijau. Suasana alami sangat terasa sekali saat Anda berada di sini. Apabila dilihat secara sekilas, air terjun ini mirip dengan Coban Rondo yang merupakan ikonnya tempat wisata di Malang Jawa Timur.

Keberadaan Air Terjun Titian Batu Kawangan cukup jauh dari pusat Kota Mataram, sekitar 2,5 jam perjalanan darat menggunakan kendaraan bermotor. Dari lokasi parkir, Anda juga masih harus berjalan kaki (trekking) selama 25 menitan. Jalannya cukup licin berdebu, sehingga disarankan Anda membawa masker dari rumah.

20. Air Terjun Dewi Selendang

A post shared by @adhy_nata on

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Dewi Selendang sungguh benar-benar cantik. Jika dilihat dari atas hulu, aliran airnya meliuk-liuk layaknya sebuah selendang lalu jatuh pada pancuran berbeda. Ditambah lagi adanya sebuah kolam kecil di bagian bawahnya dan ornamen bebatuan sungai membuat panorama air terjun tampak fotogenik.

Alamat Air Terjun Dewi Selendang terletak di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Jika Anda sudah sampai Sembalun, jangan malu-malu bertanya kepada warga sekitar tentang jalan menuju lokasi air terjun.

21. Air Terjun Mangku Kodek

A post shared by Shane (@iamshandywijaya) on

Secara administratif, Air Terjun Mangku Kodek terletak di Dusun Sajang, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Namun, jika dilihat dari segi geografisnya, air terjun ini masih dalam satu aliran sungai dengan Air Terjun Mangku Sakti dan Air Terjun Kuda Sembrani.

Air terjunnya memang tak terlalu tinggi, hanya sekitar 3 meter. Tapi, keunikan bebatuan dan warna airnya membuat wisatawan jatuh hati. Perpaduan bebatuan dan air sungai yang berwarna kehijau-hijauan karena mengandung belerang menyuguhkan pemandangan alam nan eksotik.

Lokasi Air Terjun Mangku Kodek tersembunyi di antara dinding bebatuan sungai. Jadi, untuk menuju ke sana, Anda harus siap basah-basahan menyusuri sungai sedalam satu pinggang sejauh 100 meteran. Disarankan membawa pelindung kamera / hp agar tidak basah kena air.

22. Bukit Merese (Merese Hill)

Buat Anda yang sedang mencari spot foto keren di Lombok maka Bukit Merese bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, dari atas bukit ini Anda bisa menyaksikan panorama Mandalika dari ketinggian. Sejauh mata memandang, Anda akan dimanjakan keindahan alam dari Pantai Tanjung Aan hingga Batu Payung.

Anda bisa duduk bersantai di atas hamparan rerumputan sambil menikmati suara deburan ombak dan semilirnya angin Bukit Merese. Bila ingin mendapatkan suasana lebih romantis, datanglah saat sore hari ketika matahari beranjak ke peraduannya. Di sinilah spot sunset terbaik di Pulau Lombok selain Gili Trawangan.

23. Goa Bangkang

A post shared by Diduk Miru (@didukmiru) on

Saat menyusuri tempat wisata di Jogja tentu Anda tak asing lagi dengan cahaya surga Goa Jomblang bukan? Nah, ternyata Pulau Lombok juga punya destinasi serupa bernama Goa Bangkang. Lokasinya terletak di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Spot foto terbaik di Goa Bangkang berada pada bagian bawah celah / lubang dimana cahaya matahari bisa masuk menelisik ke dalam ruangan goa yang gelap. Pancaran sinar matahari tersebut tampak begitu jelas layaknya garis-garis cahaya surga / langit. Sungguh sangat epik gaes!

Perlu Anda ketahui, Goa Bangkang merupakan rumah bagi ribuan kelelawar sehingga saat memasukinya akan tercium bau kotoran kelelawar yang begitu menyengat. Anda sebaiknya membawa masker untuk menutup hidung dan penerangan karena ruangan dalam goa cukup gelap.

24. Air Terjun Gunung Janggot

A post shared by Ramantara Light (@zlatan_rama) on

Selain pantai, Lombok juga kaya akan tempat wisata air terjun yang indah dan masih alami. Salah satunya tentu saja Air Terjun Gunung Janggot. Lokasinya berada di Desa Aiq Berik, Batukliang Utara, Lombok Tengah.
Meskipun tak terlalu tinggi, aliran airnya cukup deras dan jernih.

Pada bagian bawah terdapat kolam air, biasanya anak-anak setempat mandi berendam dalam kolam tersebut. Di kanan kiri air terjun terdapat dinding batu yang ditumbuhi tanaman merambat atau pun lumut. Suasana segar dan asri benar-benar terasa di sini.

25. Gili Petelu

A post shared by Anuari Ritonga (@arieritonga) on

Gili Petelu sepertinya belum banyak diketahui orang, tapi keindahan bawah lautnya konon begitu indah mempesona. Airnya jernih sehingga memudahkan Anda untuk melihat terumbu karang saat snorkeling.

Kondisi terumbu karangnya pun masih terjaga dengan baik. Menurut informasi yang saya terima, beragam biota laut seperti bintang laut dan ikan badut bisa ditemui di sini. Lokasi Gili Petelu atau yang disebut juga Gili Tiga terletak di daerah Jerowaru Lombok Timur. Tepatnya di sebelah kiri Pantai Tangsi / Pantai Pink.

26. Gili Nanggu

A post shared by Anuari Ritonga (@arieritonga) on

Salah satu tempat wisata di Lombok terbaru yang lagi hits adalah Gili Nanggu. Lokasinya terletak di daerah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Keindahan gili ini layak disejajarkan dengan Gili Trawangan, hamparan pasir putih berpadu cantik dengan birunya air laut nan jernih.

Tak hanya itu, alam bawah laut Gili Nanggu juga masih sangat alami. Anda dapat berenang, snorkeling atau pun diving menikmati pesona biota laut khas Gili Nanggu. Suasana sepi jauh dari hingar bingar keramaian bakal membuat Anda serasa di Pulau Pribadi (Private Island).

Jangan lewatkan pula keelokan sunsetnya, sungguh begitu eksotis. Bila ingin bermalam, di sini sudah tersedia sebuah resort dengan fasilitas lengkap seperti wahana watersports, jogging trek, hingga persewaan alat diving atau snorkeling. Recommended juga sebagai tempat bulan madu romantis bagi pasangan pengantin baru.

27. Gili Bidara

A post shared by Anuari Ritonga (@arieritonga) on

Hal paling seru saat liburan ke Lombok tentu saja menjelajahi aneka gili / pulau kecil (island hopping) yang eksotis. Gili Bidara termasuk destinasi wajib bagi wisatawan karena masih sangat alami. Air lautnya tampak jernih dengan ombak tenang sehingga aman untuk snorkeling atau diving.

Dari sini, Gunung Rinjani tampak begitu anggun berdiri kokoh. Perpaduan antara hamparan pasir putih, air laut biru, dan gunung menyuguhkan sebuah landscape keindahan alam yang sungguh elok dipandang mata. Keren banget deh!

28. Gili Kapal / Gili Pasir

Dari semua gili indah yang ada di Lombok NTB, Gili Kapal termasuk yang paling unik. Mengapa? Pasalnya, gili ini hanya berupa timbunan pasir putih sehingga sering disebut sebagai Gili Pasir. Tak hanya itu, keunikan lainnya yaitu gili ini hanya muncul saat air laut sedang surut sehingga kemungkinan besar, Anda akan kesulitan bila mencarinya dalam peta wisata Lombok.

Untuk menemukan Gili Kapal, Anda harus benar-benar tahu kapan air laut surut. Biasanya, air laut surut saat pagi dan sore hari. Itulah waktu tepat untuk mengunjungi Gili Kapal. Anda harus rela bangun pagi-pagi agar bisa menginjakkan kaki di atasnya.

Gili Kapal tampak begitu eksotis, hamparan pasir putih terbentang diantara lautan biru. Pantulan cahaya matahari yang mengenai butiran pasir putih membuat Gili Kapal semakin indah. Cocok banget buat foto-foto kekinian ala anak IG (baca : instagram). Mengingat tak ada pepohonan di sini, sebaiknya Anda memakai topi, sunblock, dan kacamata untuk melindungi kulit dari sengatan panas matahari.

29. Air Terjun Benang Kelambu Dan Air Terjun Benang Stokel

Benang kelambu waterfall File lama 2014

A post shared by agus hendra sanjaya (@agusichi) on

Lombok memang kaya akan air terjun kece yang bagus buat foto-foto. Diantaranya adalah Air Terjun Benang Kelambu Dan Air Terjun Benang Stokel. Kedua air terjun tersebut berada di satu wilayah, yaitu Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Perbedaan keduanya terletak pada aliran air yang jatuh. Aliran air Benang Kelambu keluar dari sela-sela pepohonan hijau sehingga tampak bergaris-garis halus seperti kelambu / tirai. Ada sekitar 6 titik air terjun di Benang Kelambu, sedangkan Benang Stokel terdiri atas 2 buah aliran air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter.

30. Air Terjun Sendang Gile

Tak kuat untuk mendaki Gunung Rinjani? Tak usah kuatir, di kaki gunung ini masih banyak kok objek wisata alam nan indah yang bisa Anda sambangi. Misalnya saja Air Terjun Sendang Gile di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 30 meter. Aliran airnya cukup deras dengan latar belakang dinding tebing hijau penuh tanaman merambat, paku-pakuan, dan mungkin lumut. Akses menuju lokasi air terjun terbilang mudah, Anda cukup menuruni anak tangga sepanjang 200 meter.

31. Air Terjun Tiu Pupus

A post shared by kaki_rusa (@kaki_rusa) on

Berlokasi di Dusun Kerurak, Desa Genggaleng, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat, Air Terjun Tiu Pupus layak diperhitungkan sebagai salah satu tempat wisata alam di Lombok yang wajib dikunjungi.

Air terjun setinggi 50 meter ini menyuguhkan sebuah maha karya Tuhan yang begitu megah. Aliran airnya begitu deras berpadu dengan hijaunya alam sekitar. Namun, Anda harus datang saat musim penghujan bila ingin melihat kemegahannya. Saat kemarau tiba, aliran airnya cenderung kecil tak terlalu deras.

32. Air Terjun Tiu Tiding Timponan

A post shared by Lombok (@explorelombok) on

Satu lagi air terjun terindah di Lombok yang layak dikunjungi, yaitu Air Terjun Tiu Tiding Timponan. Lokasinya terletak di Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Dengan ketinggian mencapai 50 meter, air terjun ini tampak begitu megah dikelilingi dinding bebatuan.

Apalagi airnya tampak begitu jernih, membuat siapapun akan betah berlama-lama di sini. Hanya saja, rute jalan menuju lokasi air terjun lumayan sulit dan terjal. Anda harus menyiapkan perbekalan makanan, minuman, serta fisik prima untuk menyusuri jalan tanah.

33. Pantai Tanjung Bloam

A post shared by Diduk Miru (@didukmiru) on

Sebagian traveler biasanya memilih Pulau Lombok sebagai tempat liburan pada akhir tahun. Bukan tanpa alasan, Lombok memang menawarkan berbagai aktivitas menyenangkan dari mulai snorkeling, diving, mencicipi sajian kuliner, menikmati sunrise / sunset hingga memanjakan mata dengan deretan pantai cantik.

Nah, salah satu tempat wisata pantai terindah di Lombok yang patut dikunjungi adalah Tanjung Bloam. Lokasinya berada di wilayah Jl. Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Jerowaru, Sekaroh, Kabupaten Lombok Timur. Dari Bandara lumayan dekat, sekitar 1,5 jam perjalanan darat memakai kendaraan bermotor.

Keunikan Pantai Tanjung Bloam bukan hamparan pasir putih, melainkan batuan karang / cadas yang terukir indah di tepi pantai. Perpaduan batuan karang unik dengan lautan biru menyuguhkan sebuah panorama epic nan rupawan. Pas banget buat lokasi hunting foto bertema alam.

34. Pantai Tangsi atau Pantai Pink

A post shared by Lalu Annas Zullaifi (@chepy___) on

Liburan ke pantai berpasir putih? Ah, itu mah biasa gaes! Coba deh, Anda pergi ke Lombok, di sini ada sebuah pantai dengan pasir berwarna pink. Namanya Pantai Tangsi atau dikenal juga dengan sebutan Pantai Pink (Pink Beach). Lokasinya terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Sebenarnya warna pink pasir pantainya tak terlalu terlihat jelas, beda dengan Pantai Pink Pulau Komodo di Labuan Bajo. Apalagi saat matahari bersinar terang, lebih dominan warna putihnya. Untuk melihat gradasi warna pinknya, Anda harus mengamati secara jeli saat ombak mengenai pasir.

Jika diamati dari dekat, terdapat butiran pasir berwarna pink yang tercampur dalam pasir putih. Mungkin karena persentase kandungan pasir putihnya lebih banyak, maka warna pinknya tak begitu kentara. Selain menikmati pasir pink, destinasi wisata yang lagi ngehits ini juga menawarkan keindahan bawah laut. Anda dapat snorkeling dengan menyewa perahu untuk mendapatkan spot bagus.

35. Pantai Seger

A post shared by Arip Hidayat (@ariphidayat10) on

Satu lagi pantai bagus di Lombok yang asik untuk menghabiskan waktu liburan, yaitu Pantai Seger. Alamatnya terletak di daerah Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Daya tarik utama pantai ini berupa hamparan pasir putih, sunset cantik, perbukitan indah, dan ombak laut yang cocok buat selancar.

Di sini, Anda juga bisa menyaksikan Festival Bau Nyale. Saat festival diadakan, warga akan berkumpul mencari cacing laut di Pantai Seger yang konon sebagai jelmaan Putri Nyale. Kegiatan festival ini diselenggarakan setahun sekali, jadi pastikan Anda mengetahui jadwalnya agar tak kelewatan.

36. Gili Sudak

Ada banyak tempat wisata menarik di Lombok yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya Gili Sudak di Dusun Batu Kijuk, Desa Medang, Kecamatan Sekotong Barat, Lombok Barat. Seperti halnya gili-gili lainnya, Gili Sudak juga mempunyai keelokan panorama alam bawah laut. Anda akan bisa melihat terumbu karang, ikan hias berwarna-warni, dan bintang laut.

Jika ingin menginap, di sini sudah tersedia sebuah resort unik berbahan kayu bergaya otentik. Puas bersnorkeling, cobalah untuk bermain kayaking atau bersantai di bawah pohon cemara beralaskan pasir putih untuk melepas penat. Untuk harga sewa kamar terbilang murah, berkisar 500 – 700 ribu rupiah. Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya!

37. Pantai Mawun

Menjelajahi Lombok dari ujung ke ujung bakalan membuat Anda terkagum-kagum. Pasalnya, deretan pantai cantik di pulau ini seakan tak ada habisnya. Bagi Anda penyuka pasir putih, bisa mampir ke Pantai Mawun. Hamparan pasir putih yang memanjang berpadu indah dengan birunya air laut nan jernih. Bukit-bukit hijau disekelilingnya semakin menambah keelokan Pantai Mawun.

Alamat Pantai Mawun terletak di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Jaraknya lumayan jauh dari pusat Kota Mataram, sekitar 60 km dengan waktu tempuh 1,5 jam berkendara. Harga tiket masuk Pantai Mawun tergolong murah meriah sekitar 5 – 10 ribu rupiah.

38. Gili Rengit

Bosan dengan destinasi yang itu-itu saja? Coba saja kunjungi tempat wisata anti mainstream di Lombok seperti Gili Rengit. Namanya memang tak sepopuler Gili Trawangan, Meno, atau pun Air. Tapi, kecantikan alamnya sungguh bakal membuat Anda jatuh hati.

Gili Rengit memiliki luas sekitar 22 hektar, terdapat banyak pepohonan di sekitar pantai sehingga lumayan sejuk untuk bersantai. Kabarnya, gili ini tak berpenghuni sehingga Anda akan benar-benar merasakan ketenangan layaknya pulau pribadi. Berenang, snorkeling, atau pun mancing nampaknya menjadi pilihan menarik saat ke sini.

39. Pantai Tunak

A post shared by Stephen Wijaya (@stepenpen) on

Pantai Tunak atau yang lebih dikenal dengan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak menawarkan sebuah pemandangan alam indah layaknya Bukit Merese. Di sini, Anda akan dimanjakan dengan landcape pantai pasir putih pesisir selatan Lombok, tebing-tebing kapur, dan padang rumput hijau.

Tempat wisata yang terletak di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini memiliki luas sekitar 1.200 hektare. Harga tiket masuknya lumayan murah banget, sekitar 5 ribu rupiah. Mengingat TWA Gunung Tunak masih relatif baru, maka fasilitasnya pun belum begitu lengkap. Jika Anda akan berkunjung ke sini, jangan lupa membawa bekal minuman / makanan.

40. Pantai Kuta Lombok

Mendengar nama Pantai Kuta tentu pikiran Anda akan langsung tertuju pada salah satu pantai indah di Bali bukan? Namun, Pantai Kuta di sini bukanlah yang ada di Pulau Dewata, melainkan Pantai Kuta Lombok. Lokasinya berada di kawasan Mandalika, tepatnya Desa Kuta, Lombok Tengah, NTB.

Suasana pantai ini memang lumayan sepi, berbeda dengan Pantai Kuta Bali. Tapi, soal keindahan berani diadu. Pantai Kuta Lombok memiliki hamparan pasir putih bersih, air lautnya tampak biru jernih, dan fasilitasnya pun lengkap. Sudah tersedia hotel atau pun homestay untuk bermalam.

Untuk ke depannya, kemungkinan besar akan bertambah lagi fasilitas yang tersedia karena kawasan Mandalika sedang gencar dikembangkan oleh Pemerintah. Landscape Pantai Kuta Lombok tampak begitu fotogenik, sehingga sangat pas buat foto-foto. Terdapat ayunan di pantai yang bisa Anda jadikan objek pemanis di depan kamera.

41. Pantai Sekotong

Tak terlalu sulit mencari destinasi wisata pantai di Lombok yang asyik untuk liburan. Jika Anda bosan dengan keramaian dan menginginkan suasana sepi, maka datanglah ke Pantai Sekotong. Pantainya bersih, air lautnya biru jernih, berpadu pas dengan hamparan pasir putih membentuk panorama alam indah.

Nuansa alami masih begitu terasa di sini, apalagi belum banyak dikunjungi wisatawan. Anda bisa berjalan atau pun berlarian tanpa terhalang oleh banyaknya pengunjung. Lokasi Pantai Sekotong terletak di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Tepatnya dekat dengan Pelabuhan Lembar (Pelabuhan Penyeberangan di Pulau Lombok).

Jarak Pantai Sekotong dengan Kota Mataram memang jauh, sekitar 60 km. Namun, perjalanan jauh tersebut akan terbayarkan begitu Anda menginjakkan kaki di pasir putih Pantai Sekotong. Jika lapar, ada beberapa warung makan yang bisa disambangi di sini dengan menu khas pantai (baca : seafood).

42. Pantai Tanjung Bongo

A post shared by Lombok (@explorelombok) on

Nama Tanjung Bongo mungkin terdengar asing di telinga Anda karena memang pantai ini belum begitu populer. Lokasinya cukup tersembunyi di balik Bukit Merese. Untuk menuju bibir pantai, Anda harus sedikit treking menuruni tebing yang agak curam. Jadi, harus ekstra hati-hati ya gaes!

Setelah sampai di bibir pantai, Anda akan disambut oleh hamparan pasir putih halus nan bersih. Air lautnya tampak bening berwarna biru. Suasana di sini terasa sunyi sehingga nyaman buat bersantai menyendiri menikmati keindahan alam.

43. Air Terjun Bebet Bebasaq

A post shared by Lombok (@explorelombok) on

Lombok memang benar-benar kaya akan air terjun. Mungkin, Anda tak akan cukup menyusuri semuanya dalam waktu satu hari. Nah, jika Anda ingin meng-explore deretan air terjun tersebut, maka sempatkanlah mampir ke Air Terjun Bebet Bebasaq. Alamatnya terletak di Desa Lantan, Batukliang, Lombok Tengah.

Berdasarkan foto / gambar yang saya dapatkan dari internet, sekilas air terjun ini tampak seperti air terjun di Bali yang bernama Wana Ayu. Aliran airnya tampak mengalir lumayan deras dengan latar bebatuan berlumut. Oleh karena relatif baru, maka belum banyak wisatawan yang membagikan foto di media instagram atau pun facebook.

44. Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

A post shared by Diduk Miru (@didukmiru) on

Ingin mengunjungi tempat wisata alam di Lombok yang masih perawan belum terjamah? Datang saja ke Lingkoq Datu, Pantai Penyisok. Alamat lengkapnya berada di Desa Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Di sini, Anda akan dimanjakan oleh panorama alam berupa tebing cadas luas berlatar lautan biru.

Tempatnya memang sangat fotogenik, namun Anda wajib berhati-hati saat mengambil gambar. Ingat, keselamatan tetap nomor 1 ya! Untuk mencapai lokasi, Anda harus bersusah payah melewati jalan berbatu. Siapkan bekal makanan dan minuman dari rumah karena belum ada warung.

45. Gili Kondo

A post shared by agus hendra sanjaya (@agusichi) on

Satu lagi destinasi wisata di Lombok yang masih jarang dikunjungi wisatawan alias belum terjamah, yaitu Gili Kondo. Secara administratif, gili ini berada di Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Nama Gili Kondo sepertinya berasal dari fakta unik bahwa banyak burung bangau yang ditemukan di dalamnya. Gili berarti pulau kecil, sedangkan kondo artinya burung bangau.

Kondisi Gili Kondo cukup bersih dan asri, terdapat banyak pepohonan hijau. Terumbu karang di sekelilingnya masih terjaga keindahannya, terbukti masih banyak ditemukan ikan-ikan hias berenang kesana kemari dengan bebas. Begitu sampai di sini, Anda mungkin tak tahan untuk segera snorkeling atau diving menyaksikan keelokan alam bawah laut.

46. Mencicipi Makanan Khas Lombok Dan Berkunjung Ke Desa Sade

Keindahan Pulau Lombok bukan hanya tercermin dari panorama alam dan pantainya, tetapi juga bisa dilihat dari kelezatan makanan khas dan budayanya. Saat berlibur ke sini, sempatkan untuk menikmati aneka kuliner Lombok yang menggoyang lidah seperti Ayam Taliwang, Sate Bulayak, dan Sate Tanjung.

Selain menikmati sajian hidangannya, ajak pula anak dan anggota keluarga Anda untuk berwisata edukasi mengenal kebudayaan dan kesenian khas Lombok. Datanglah ke Desa Sade di Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Desa Sade dikenal sebagai desa yang penghuninya masih mempertahankan adat istiadat suku Sasak.

Sesampainya di Desa Sade, Anda dapat melihat rumah tradisional dengan tiang kayu sebagai penyangga, atap dari alang-alang kering, dan memakai dinding bambu. Anda juga bisa belajar membuat kain tenun di desa ini sekaligus membelinya sebagai salah satu oleh-oleh khas Lombok.

47. Pantai Semeti

A post shared by MIF 🌱 (@miifh) on

Apakah Anda pernah nonton film Superman? Jika iya, tentunya Anda tahu bukan dari mana asal sang super hero tersebut? Ya, dari Planet Krypton yang penuh dengan batuan kristal. Nah, di Pulau Lombok ternyata ada lho sebuah tempat wisata yang punya batuan mirip kristal-kristal Planet Krypton tersebut, namanya Pantai Semeti.

Tak seperti pantai Lombok pada umumnya yang penuh hamparan pasir putih, Pantai Semeti justru dipenuhi batuan karang. Bentuk batuannya cukup unik, mirip kristal-kristal Planet Krypton di Film Superman. Suasananya masih sangat sepi sehingga asyik buat menikmati alam sekaligus hunting foto kekinian.

Lokasi Pantai Semeti terletak di Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Oleh karena jaraknya yang lumayan jauh dari pusat Kota Mataram, maka pantai ini masih jarang banget dikunjungi wisatawan.

Bagaimana sobat traveler? Indah dan keren bukan beragam destinasi wisata Lombok yang telah dipilihkan? Gak usah ragu lagi, yuk siapkan agenda liburan untuk menjelajahi keelokan pulau ini. Apabila Anda punya informasi tambahan tentang tempat rekreasi menarik lainnya, bisa menambahkan melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here