Home Wisata Asia 47 Tempat Wisata Hits Kekinian Dan Instagramable Di Semarang Yang Wajib Dikunjungi

47 Tempat Wisata Hits Kekinian Dan Instagramable Di Semarang Yang Wajib Dikunjungi

388
0

Tempat Wisata Di Semarang – Mau liburan ke Kota Semarang dan sekitarnya? Ini daftar rekomendasi tempat wisata hits kekinian dan instagramable di Semarang yang wajib dikunjungi. Lengkap dengan harga tiket masuk, alamat, beserta gambar / foto.

Tak kalah bagus dengan pariwisata Yogyakarta dan Bandung Jawa Barat, Semarang juga punya sejumlah destinasi wisata menarik untuk liburan bersama anak-anak, keluarga, pasangan halal atau pun sahabat. Bukan hanya Lawang Sewu, Simpang Lima, atau pun Candi Gedong Songo, Anda juga bisa menyambangi wahana baru seperti Saloka Theme Park, Gravity Trampoline Park, serta Ayana Gedong Songo.

Akomodasi yang tersedia pun terbilang lengkap, dari mulai hotel / penginapan kelas melati hingga bintang 5, restoran, pusat perbelanjaan, akses jalan, stasiun kereta api, terminal bus, dan bandara. Nah, kira-kira objek wisata apa saja ya yang wajib dikunjungi di Kota Lumpia ini? Yuk, simak review lengkapnya berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Hits Kekinian Dan Instagramable Di Semarang Yang Wajib Dikunjungi

1. Dusun Semilir Eco Park

Tempat-Wisata-Di-Semarang
Ilustrasi Tempat Wisata Di Semarang Terbaru Kekinian Yang Hits Dan Instagramable : Dusun Semilir Eco Park (Foto : instagram @dusunsemilir)

Mari kita awali review tempat wisata di Semarang kekinian dengan mengulas Dusun Semilir Eco Park yang kini lagi hits dan viral dikalangan wisatawan. Dibangun di atas tanah seluas kurang lebih 14 hektar, Dusun Semilir menawarkan one stop destinasi dengan berbagai aktivitas, dari mulai berfoto selfie, kulineran, belanja, outbond, bermain, bersantai, bermalam, dan lainnya.

Saat ini, pembangunannya masih memasuki tahap 1, namun sudah bisa Anda nikmati untuk berswafoto, makan, dan belanja barang-barang kerajinan. Ikon dari Dusun Semilir yaitu berupa 7 buah bangunan megah menyerupai stupa Candi Borobudur. Keren dan instagramable banget lho!

Harga tiket masuk ke sini dibanderol sekitar 5 ribu rupiah, namun ke depannya mungkin akan berubah ya gaes. Sementara itu, dalam berbelanja pengunjung harus memakai Top Up Card seharga 50 ribu rupiah (10 ribu untuk deposit saldo, 40 ribu rupiah saldo untuk dibelanjakan).

Lokasi / Alamat Dusun Semilir Eco Park terletak di Jl. Soekarno Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah. Dari exit Tol Bawen, Anda tinggal belok kanan menuju arah utara jalan utama Semarang, sekitar 1,5 km sebelah kiri jalan. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB (weekdays) dan 09.00 – 22.00 (weekend / hari libur).

2. Eling Bening

Bosan dengan suasana perkotaan? Datang saja ke Eling Bening, di sini Anda akan menemukan landscape pemandangan alam nan indah. Hamparan pegunungan hijau (Merbabu, Telomoyo, dan Andong), Danau Rawa Pening, persawahan, hingga kelokan jalan raya bisa Anda nikmati sejauh mata memandang.

Asyiknya lagi, Eling Bening juga punya kolam renang outdoor, wahana outbond seperti flying fox, restoran, taman bunga, dan spot-spot cantik instagramable untuk berfoto. Tak kalah kece deh bila dibandingkan dengan The Lodge Maribaya Lembang. Udaranya terasa sejuk, cocok dikunjungi bagi para pengantin baru yang ingin mendapatkan moment romantis sambil menyaksikan panorama alam eksotis.

Lokasinya berada di Jl. Sarjono, Ambarawa Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sekitar 60 menit berkendara dari Kota Semarang. Harga tiket masuk Wisata Eling Bening dibanderol sekitar 20 ribu rupiah. Jika ingin lebih nyaman, sebaiknya Anda datang saat weekdays karena ketika weekend atau pun hari libur biasanya penuh pengunjung. Jam buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

3. Candi Gedong Songo

Spot foto bagus tak harus berupa bangunan modern, Anda juga bisa menjadikan bangunan kuno bersejarah sebagai latar berfoto yang keren. Tak percaya? Coba deh datang ke kawasan wisata Candi Gedong Songo, di sini Anda akan menemukan beberapa candi cantik.

Alamat Candi Gedong Songo terletak di Dusun Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Mengingat lokasinya berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl, maka udaranya pun cukup dingin. Ada sekitar 9 candi yang bisa Anda jelajahi, tapi lokasinya terpisah-pisah sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk sampai ke sana.

Tak hanya bangunan candi, ikon tempat wisata di Semarang ini juga menyediakan fasilitas lain seperti kuda tunggang, area perkemahan, dan pemandian air hangat. Harga tiket masuknya murah meriah banget, hanya sekitar 10 ribu rupiah per orang. Pemandangan alamnya terbilang indah, cocok buat tempat prewedding bagi Anda yang mau menikah.

4. Ayana Gedong Songo

Destinasi wisata instagenic pilihan Maslatip Travel berikutnya jatuh pada Ayana Gedong Songo. Lokasinya masih berada di kompleks Candi Gedong Songo. Di sini, tersedia sekitar 35 spot foto instagramable super keren yang akan memanjakan setiap pengunjung dalam bernarsis atau swafoto.

Beberapa spot foto cantik yang hits di Ayana Gedong Songo antara lain sofa dalam kolam, kursi santai, panorama alam indah berlatar perbukitan hijau, bantal-bantal, lukisan, balon udara, tenda gelembung (bubble), hammock, dan lainnya.

Untuk menuju lokasi, Anda tinggal masuk ke area Candi Gedong Songo, membayar tiket seharga 10 ribu rupiah. Setelah itu, Anda masuk ke arah candi satu, lalu belok ke kiri. Harga tiket masuknya sekitar 10 ribu rupiah bagi anak-anak, dan 20 ribu rupiah bagi orang dewasa. Jangan lupa siapkan kamera terbaik Anda saat berkunjung ke sini.

5. Taman Bunga Celosia

Kawasan wisata Bandungan Semarang saat ini tengah naik daun. Pasalnya, ada banyak destinasi kekinian yang instagramable untuk dijadikan spot foto. Satu diantaranya adalah Taman Bunga Celosia.

Selain penuh dengan bunga cantik berwarna warni, taman ini juga dilengkapi miniatur bangunan dunia seperti Menara Pisa, Menara Eiffel, Kincir Angin Belanda, dan Patung Kepala Singa simbol negara Singapura. Tak kalah keren dengan The World Landmark Merapi Park Jogja.

Lokasinya terletak di Jl. Gedongsongo No.KM 0,5, Beroken, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jika Anda dari Semarang, arahkan kendaraan menuju Ungaran, lalu ke arah Bandungan. Dari Bandungan, lurus ke arah tempat wisata Gedong Songo.

Saat berada di tengah-tengah perjalanan ke Gedong Songo, nanti Anda akan menemukan tempat wisata Taman Bunga Celosia di pinggir jalan. Harga tiket masuk ke Taman Bunga Celosia dibanderol sekitar 10 ribu rupiah, cukup murmer bukan? Jam buka mulai pukul 07.30 – 17.00 WIB.

6. Ngasem Flower Park

Masih berada di kawasan Bandungan, ada satu lagi spot kece yang wajib dikunjungi, yaitu Ngasem Flower Park. Daya tarik utama tempat wisata baru di Semarang ini berupa rumah hobbit keren layaknya rumah hobbit di Farm House Lembang.

Ada juga Green House, menara bambu, pintu langit, serta aneka bunga yang cukup instagenic buat narsis. Lokasi Ngasem Flower Park terletak di Desa Ngasem, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Harga tiket masuk sekitar 5 ribu rupiah per orang. Jam buka mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB.

7. Setiya Aji Flower Farm

Tak jauh dari Ngasem Flower Park, ada destinasi wisata romantis bernama Setiya Aji Flower Farm. Mengapa romantis? Tentu saja karena ada berbagai macam bunga krisan indah berwarna-warni yang bisa Anda temui di sini.

Objek wisata bunga hits ini memanfaatkan kebun bunga milik para petani di Dusun Ngasem, Desa Jetis, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Jadi, jangan heran ya jika lokasinya berpindah-pindah, sesuai dengan kondisi bunga yang sedang mekar. Harga tiket masuk ke sini cukup murah, sekitar Rp.7.500,-.

8. Old City 3D Trick Art Museum

Jika Yogyakarta punya De Mata Trick Eye Museum, maka Semarang pun tak mau kalah, ada Old City 3D Trick Art Museum yang bakal memanjakan Anda dalam bernarsis ria. Kabarnya, ada sekitar 100 an lebih karya seni / lukisan 3D (tiga dimensi) dengan tema kartun, ikon dunia, atau pun film.

Beberapa spot instagramable di sini antara lain ilusi jembatan yang di bawahnya air terjun, tarantula raksasa, beragam destinasi terkenal di dunia seperti di Venice dan Amsterdam, kartun, rumah terbalik layaknya Upside Down World, Cristiano Ronaldo dan Justin Bieber.

Harga tiket masuk ke Old City 3D Trick Art Museum sekitar 50 ribu rupiah. Lokasinya terletak di Jl. Letjen Suprapto No.26, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 19.00 WIB (weekdays) dan 09.00 – 21.00 WIB (weekend).

9. Cimory On The Valley

Selama ini, Cimory identik dengan kawasan wisata Puncak Bogor Jawa Barat. Namun, sekarang Anda juga bisa lho menikmati spot menarik ini di sekitar Semarang karena telah hadir Cimory On The Valley. Di sini, Anda bisa makan belanja aneka produk makanan atau pun souvenir khas Cimory.

Tak hanya itu, Anda pun bisa bersantap dengan makanan enak di dalam restonya. Ada juga Cimory Dairy Land berupa mini zoo berisi sapi, kelinci, kura-kura, burung, dan bahkan biawak. Bagi Anda yang suka selfie, tersedia Rumah Hobbit dan Taman Miniatur Landmark Dunia (Taman Mini Mania).

Di dalam Mini Mania terdapat berbagai miniatur bangunan ikonik terkenal dari berbagai negara seperti Menara Eiffel, Menara Kembar Petronas, Menara Pisa, Patung Liberty, Sydney Opera House, dan lain sebagainya. Bagi putra-putri Anda yang suka bercocok tanam, bisa mampir ke Cimory Farm untuk belajar menanam maupun memanen sayuran segar.

Cimory On The Valley memang layak masuk ke dalam list objek wisata anak di Semarang yang bagus untuk dikunjungi. Lokasinya terletak di Jl. Soekarno Hatta No.KM. 30, Begojuh, Jatijajar, Kec. Bergas, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB. Harga tket masuk ke Cimory Dairy Land (Mini Zoo) sebesar 15 ribur rupiah, sedangkan tarif masuk Taman Mini Mania yaitu 20 ribu rupiah.

10. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park merupakan salah satu tempat wisata di Semarang terbaru yang mengusung tema wahana permainan seru layaknya Trans Studio Bandung. Ikon taman bermain ini berupa Cakrawala / Bianglala dengan ketinggian mencapai 33 meter berlatar panorama Rawa Pening dan pegunungan hijau.

Selain itu, terdapat pula wahana lain yang tak kalah keren baik untuk anak-anak, edukasi, atau pun wahana ekstrim yang dapat memacu adrenalin. Aneka wahana tersebut antara lain Bengok-Bengok, Paku Bumi, Lika-Liku (Jet Coaster), Galileo, Eco Wisata Angon Ingon, Agro Wisata Ojo Royo Royo, Kumbang Layang, dan Jejogedan (air mancur menari).

Harga tiket masuk ke Saloka Theme Park dibanderol sekitar 120 – 150 ribu rupiah per orang. Alamatnya terletak di Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB, saat weekend tutup pukul 20.00 WIB.

11. Grand Puri Maerokoco (Grand Maerakaca)

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh SEMARANG (@wisatasemarang) pada

Apabila Jakarta punya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), maka Semarang juga punya objek wisata serupa bernama Grand Puri Mariokoco (Grand Maerakaca). Di sini, Anda dapat menemukan anjungan / rumah adat dari seluruh kabupaten / kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Akhir-akhir ini, Grand Maerokoco viral di media sosial seperti instagram lantaran foto berlatar danau beserta hutan mangrove di dalamnya. Spot foto instagramable tersebut berada pada cafe yang berada di atas jembatan dan danau miniatur Laut Jawa.

Dari atas cafe, Anda bisa menyaksikan pemandangan indah danau, mangorve (hutan bakau), pengunjung yang sedang tracking mangrove atau pun naik sampan. Untuk memasuki tempat wisata di Semarang yang hits ini, Anda cukup membayar harga tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah. Lokasinya terletak di Jl Yos Sudarso, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang.

12. Kampung Pelangi Semarang

Kesuksesan Kampung Pelangi Jodipan sebagai salah satu obyek wisata Malang yang instagramable, rupanya memotivasi daerah lain untuk membuat kampung serupa. Satu diantaranya adalah Kampung Pelangi Semarang. Lokasinya berada di di Jalan Dr.Soetomo, Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

Rute atau jalur untuk menuju Kampung Pelangi Semarang terbilang mudah. Dari arah Tugu Muda, Anda bisa langsung arahkan kendaraan ke Jalan Dr. Soetomo (Arah RS Kariadi Semarang) sekitar 200 meter. Apabila Anda sudah melihat deretan penjual bunga Pasar Kalisari, maka disitulah lokasinya. Tepat dibelakang Pasar Kalisari.

Harga tiket masuk ke Kampung Pelangi Semarang sekitar 3 ribu rupiah, dan parkir 2 ribu rupiah. Dengan biaya murah meriah, Anda bisa puas selfie berlatar warna-warna bangunan yang instagramable banget.

13. Susan Spa & Resort

Susan Spa & Resort merupakan sebuah penginapan unik di Semarang yang berlokasi di Jalan Gintungan Utara Piyoto, Deso, Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Keistimewaan resort ini terletak pada sebuah kapel bernama La Kana Chapel yang sangat instagramable untuk dijadikan latar berfoto.

Harga tiket masuk ke La Kana Chapel sekitar 50 ribu rupiah untuk 2 orang. Tiket tersebut nantinya bisa ditukarkan voucher di restoran Susan Spa & Resort senilai uang tersebut. Anda juga bebas berfoto sepuasnya memakai latar kapel tersebut.

14. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah termasuk salah satu ikon tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi saat Anda liburan ke Semarang. Bangunannya tampak megah dengan perpaduan arsitektur Jawa, Arab, dan Eropa.

Di halaman masjid terdapat payung raksasa untuk melindungi jamaah dari hujan atau pun panas. Payung ini membuat masjid tampak begitu cantik instagramable. Tak ayal, selain beribadah sholat, Anda juga bisa berswafoto berlatar payung raksasa dan bangunan utama masjid.

Lokasi Masjid Agung Jawa Tengah terletak di Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Untuk memasuki area masjid, Anda tak perlu bayar tiket masuk alias gratis. Oya, di kawasan MAJT (Masjid Agung Jawa Tengah) terdapat hotel / penginapan Graha Agung Hotel untuk bermalam.

15. Masjid Kapal

Selain Masjid Agung Jawa Tengah, ada satu lagi destinasi wisata religi yang hits dan instagenic, yaitu Masjid Kapal. Lokasinya berada di Jl. Kyai Padak, Podorejo, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sesuai namanya, keunikan masjid ini terletak pada arsitektur bangunannya yang menyerupai sebuah kapal.

Desain bangunannya yang unik tersebut, membuat daya tarik tersendiri bagi para traveler, khususnya anak muda untuk berfoto dengan latar masjid tersebut. Tak heran jika mulai banyak warga berkunjung ke ikon baru tempat wisata di Semarang bertema religi ini. Untuk berkeliling memasuki area masjid, Anda akan dikenakan tarif tiket masuk seharga 3 ribu rupiah.

16. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan kawasan wisata alam di Semarang yang menawarkan berbagai fasilitas lengkap dari mulai kolam renang alam terbuka (Taman Renang Alam), Outbond Training, Adrenalin Games, Camping Ground, Penginapan, Cafe / Restoran, dan Meeting Room.

Umbul Sidomukti berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl sehingga udaranya terasa dingin. Apalagi masih banyak pepohonan hijau, udaranya pun tambah sejuk. Lokasi / Alamat lengkapnya terletak di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Untuk memasuki Umbul Sidomukti, Anda akan dikenakan tiket sekitar 5 – 10 ribu rupiah. Apabila Anda ingin berenang di Taman Renang Alam atau pun menikmati wahana lain, Anda akan dikenakan tarif berbeda-beda sekitar 10 – 50 ribu rupiah. Jam buka mulai sekitar pukul 08.00 – 17.00 WIB.

17. Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Selain kolam renang, Umbul Sidomukti juga punya Pondok Kopi yang asik buat bersantai menikmati pemandangan alam indah sambil menyeruput secangkir kopi. Tempat nongkrong di Semarang ini berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl sehingga Anda akan merasakan sensasi negeri di atas awan.

Pondok Kopi mempunyai 3 area tempat duduk, yaitu dalam ruangan (indoor), teras, dan halaman terbuka. Untuk menunya, tak hanya kopi, ada banyak makanan / minuman lain yang bisa dinikmati seperti wedang bajigur, sekoteng, bandrek, wedang jahe, cokelat panas, teh poci, roti bakar, pisang bakar, french fries, bakmi goreng, dan juga paket nasi.

18. Goa Tirta Mulya

Masih berada di Kawasan Wisata Alam Umbul Sidomukti, ada satu tempat menarik yang tak boleh dilewatkan, yaitu Goa Tirta Mulya. Goa buatan ini punya lebar sekitar 3 meter dengan panjang 100 meter-an. Harga tiket masuknya dibanderol 5 ribu rupiah (harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu).

19. Kota Lama

Bukan hanya kawasan wisata Jakarta yang punya destinasi sejarah, Semarang juga ada lho. Namanya Kota Lama. Kawasan ini berisi bangunan-bangunan kuno sehingga Anda akan merasakan sensasi kembali ke jaman kolonial Belanda.

Seperti halnya Kota Tua Jakarta, arsitektur bangunan di Kota Lama juga memiliki gaya Eropa dan Belanda. Misalnya saja Gereja Blenduk yang mempunyai kubah unik ala benua Eropa. Untuk menyusuri kota ini, Anda tak perlu mengeluarkan uang karena gratis. Ada banyak spot vintage yang bisa Anda jadikan objek foto. Bila haus dan lapar, Anda tinggal mampir ke cafe di sekitar sana.

20. Hutan Pinus Kalipasang

Tak kalah keren dengan beragam tempat wisata di Bandung yang punya suguhan hutan pinus, Semarang pun memiliki objek wisata hutan pinus, namanya Hutan Pinus Kalipasang. Lokasinya terletak di Desa Batur, Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Harga tiket masuk ke sini sekitar 6 ribu rupiah, jam buka mulai pukul 08.00 – 17.30 WIB.

Mirip seperti Hutan Pinus Mangunan Jogja, Hutan Pinus Kali Pasang dilengkapi dengan panggung pertunjukan nan kece. Di sekelilingnya terdapat bangku-bangku penonton berjejer rapi membentuk setengah lingkaran. Ada juga spot instagramable berupa pohon pinus bengkok. Anda juga bisa memawah hammock untuk bersantai dibawah rimbunnya pohon pinus.

21. Lawang Sewu

Mendengar kata Lawang Sewu tentu pikiran Anda akan berasumsi dengan sesuatu yang mistis bukan? Namun, dibalik keangkerannya itu, ternyata bangunan Lawang Sewu cukup instagramable lho untuk dijadikan latar berfoto.

Lawang Sewu artinya seribu pintu. Nama ini disematkan karena bangunannya memiliki banyak pintu meskipun tak mencapai seribu. Ikon tempat wisata di Semarang ini dulunya merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS yang mulai dibangun pada tahun 1904 hingga selesai pada tahun 1907.

Saat ini Lawang Sewu menjadi cagar budaya dan semakin dipercantik sehingga kesan horornya pun hilang. Lokasinya terletak di Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB. Harga tiket masuknya sekitar 10 ribu rupiah per orang.

22. Vihara Buddhagaya Watugong

Tempat wisata di Semarang yang instagramable berikutnya adalah Vihara Buddhagaya Watugong. Kompleks ibadah agama Budha ini punya bangunan ikonik berupa Pagoda Avalokitesvara dengan ketinggian mencapai 45 meter dan punya 7 tingkat.

Selain pagoda, ada juga spot menarik lainnya berupa patung Buddha tidur (patung Buddha Parinibbana), pohon Bodhi, patung Buddha berwarna emas, dan Vihara Dhammasala. Lokasi Vihara Buddhagaya Watugong berada di Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Untuk memasuki kawasan Vihara, Anda tak akan dikenakan tiket masuk, hanya membayar seikhlasnya. Jam buka mulai sekitar pukul 07.00 – 21.00 WIB.

23. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong merupakan bangunan untuk mengenang persinggahan Laksamana Tiongkok (China) beragama Islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Meskipun sebagai tempat ibadah, namun kawasan klenteng ini dibuka untuk umum dengan harga tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah (area wisata) dan 28 ribu rupiah (area sembahyang).

Di dalam kawasan Klenteng Sam Poo Kong sebenarnya terdapat 4 buah klenteng, yaitu Klenteng Dewa Bumi, Klenteng Juru Mudi, Klenteng Sam Poo Tay Djien, dan Klenteng Kyai Jangkar. Klenteng Sam Poo Tay Djien atau yang dikenal dengan nama Klenteng Sam Poo Kong merupakan klenteng terbesar diantara keempatnya.

Saat ini, Klenteng Sam Poo Kong menjadi salah satu tempat wisata di Semarang favorit wisatawan, khususnya para penggemar spot instagramable. Aneka bangunan bergaya tiongkok di sini memang tampak keren bila dijadikan latar berfoto. Untuk menambah keindahan, Anda dapat menyewa pakaian khas tiongkok seharga 100 ribu rupiah di sini.

Daya tarik lain Klenteng Sam Poo Kong berupa sumur yang memiliki sumber air tak pernah habis dan Goa Sam Poo di bawah klenteng. Tertarik berkunjung ke sini? Langsung saja datang ke lokasinya di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pagi pukul 08.00 WIB – 20.00 WIB.

24. Dream Museum Zone

Setelah sukses sebagai salah satu destinasi wisata Bali yang cukup terkenal, kini Dream Museum Zone hadir di Kota Semarang. Di sini, Anda akan menemukan berbagai lukisan 3D Trick Art super keren untuk latar berfoto.

Ada sekitar 120 gambar dengan 14 tema berbeda dari mulai safari, dunia bawah laut, Egypt atau Mesir, up side down, hingga gambar animasi. Saat berkunjung ke sini, jangan lupa bawalah kamera terbaik Anda. Pasalnya, banyak sekali spot foto instagramable untuk selfie / swafoto.

Lokasi museum 3 D ini terletak di Jl. Branjangan No.3-9, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB. Harga tiket masuk sekitar 100 ribu rupiah per orang.

25. Benteng Pendem Ambarawa

Daerah Ambarawa Semarang, termasuk kawasan yang penuh dengan peninggalan sejarah zaman kolonial Belanda. Salah satu diantaranya adalah Benteng Fort Willem I atau lebih populer disebut Benteng Pendem.

Benteng Pendem memiliki tinggi sekitar 10 meter dan dibangun secara berhadapan. Dinding temboknya yang mulai mengelupas dan dipenuhi lumut, membuat benteng ini tampak vintage bila dijadikan latar berfoto. Tak heran jika banyak foto-foto benteng ini tersebar di media sosial instagram.

Lokasi Benteng Pendem bersebelahan dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Ambarawa, Kabupaten Semarang. Alamat tepatnya di Bugisari, Lodoyong, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Untuk memasukinya, Anda tinggal membayar tiket parkir motor di rumah warga sekitar 5 ribu rupiah. Jam buka sekitar pukul 08.00 – 17.00 WIB.

26. Museum Kereta Api Ambarawa

Satu lagi destinasi sejarah di kawasan Semarang dan sekitarnya yang wajib dikunjungi, yaitu Museum Kereta Api Ambarawa. Di dalamnya terdapat berbagai jenis lokomotif uap jaman dulu hingga sejarah perkeretaapian Indonesia. Cocok banget deh buat tujuan wisata edukasi / pendidikan anak-anak.

Selain belajar sejarah, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya seperti berfoto, naik kereta feeder melalui daerah Rawa Pening, dan melakukan perjalanan memakai kereta uap. Alamat museum kereta ini terletak di Jl. Panjang Kidul No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk sekitar 10 ribu rupiah.

27. GRAVITY Indoor Trampoline Park

Buat balita atau pun remaja, ada neh tempat wisata anak di Semarang terbaru yang asyik banget buat liburan. Namanya GRAVITY Indoor Trampoline Park. Wahana utamanya berupa Kids & Freestyle (Lompat-lompat di trampoline untuk anak-anak).

Objek wisata ini juga menawarkan berbagai macam wahana permainan seru lainnya seperti Professional Corner (lompat-lompat di trampoline untuk profesional), Ninja Warrior (melatih ketangkasan anak), Arcade Ball Arena (memasukan bola ke gawang dan ada skornya), Poam Fit & Climbing (kolam busa dan panjat tebing mini), Slam Dunk Arena (bermain basket), Spiderman Arena (melompat dan menempel di tembok).

Lokasi / Alamat GRAVITY Indoor Trampoline Park terletak di Jalan Dokter Cipto No.226, Karangturi, Kec. Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. Sedangkan untuk harga tiket masuknya sebesar 90 ribu rupiah (weekday) dan 125 ribu rupiah (weekend).

28. Curug Lawe

Tak kalah dengan aneka objek wisata di Garut yang punya air terjun cantik, Semarang juga ada air terjun eksotis. Salah satunya adalah Curug Lawe di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Pemandangan alam di sekitar Curug Lawe terbilang bagus, suasana alami masih terasa di sana. Debit airnya cukup deras, apalagi saat musim hujan tiba sehingga tidak disarankan berenang di bawahnya. Harga tiket masuk ke Curug Lawe sekitar 5 ribu rupiah, murah meriah bukan?

29. Curug Benowo

Masih berada dalam satu kawasan pedesaan dengan Curug Lawe, ada Curug Benowo yang tak kalah indah. Oleh karena lokasinya dalam satu desa, Anda bisa sekaligus mengunjungi kedua air tejun di Semarang tersebut.
Tips yang harus Anda perhatikan saat trekking ke sana, yaitu memakai sandal / sepatu gunung, datang saat cuaca cerah, tidak tergesa-gesa dalam melakukan perjalanan, dan pulanglah sebelum pukul 17.00 WIB.

30. Brown Canyon

Ingin berfoto dengan latar keren layaknya Grand Canyon National Park? Tak perlu jauh-jauh ke USA, cukup datang saja ke Brown Canyon di Desa Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Bentuk tebing-tebing di sini instagramable banget buat foto-foto.

Brown Canyon sebenarnya lokasi penambangan batu dan pasir. Setelah selesai dikeruk, terbentuklah tebing unik layaknya Grand Canyon di Amerika sana. Untuk rute jalan menuju tempat wisata di Semarang tersebut agak membingungkan, jadi harus sempatkan bertanya kepada warga sekitar.

Dari Kota Semarang, Anda langsung saja menuju kampus Undip Tembalang, lalu menuju Jalan Banjarsari Raya, Arahkan kendaraan Anda ke Sigar Bencah lalu teruskan menuju ke perempatan Pasar Meteseh. Dari pasar tersebut langsung ambil jalan lurus lalu masuk ke perkampungan Rowosari.

Jalan masuk ke Kampung Rowosari bernama Jalan Rowosari Raya. Anda ikuti saja arah jalan yang akan melewati Jalan Al-Barokah – Jalan Al Iman II, hingga menemukan masjid besar di sebelah kiri bernama Masjid Jami Al Aqsha.

Dari depan masjid tersebut, Anda langsung belok kanan ke arah Jalan Krajan Raya, lalu masuk lewat Jalan Krajan Legok I di kiri. Harga tiket masuknya sepertinya masih gratis, Anda cukup membayar biaya parkir saja.

31. Desa Wisata Lembah Kalipancur

Buat Anda para pemburu spot foto instagramable, wajib rasanya mampir ke Desa Wisata Lembah Kalipancur. Pasalnya, ada sebuah pesawat yang rencanya bakal dijadikan sebuah cafe bernama Aeroplane Cafe / Resto Aeroplane. Tak hanya berfoto di depannya, Anda pun bisa masuk ke dalamnya. Kece banget deh!

Selain itu, tempat wisata hits di Semarang ini juga punya daya tarik lainnya berupa kebun binatang mini, Japanese Village, dan kolam renang keluarga. Penasaran? Langsung datang saja ke Jl. Raya Kalipancur, Manyaran, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk sekitar 3 ribu rupiah per orang.

32. Wisata Lereng Kelir

Destinasi wisata selfie nampaknya sedang ngehits akhir-akhir belakangan ini. Tak ayal, hampir setiap daerah berlomba-lomba menawarkan spot-spot foto instagenic untuk menarik wisatawan muda. Nah, bila Anda penggemar instagram dan sedang liburan di Semarang, sempatkanlah mampir ke Wisata Lereng Kelir.

Di sini, Anda bisa mendapatkan spot pemandangan alam nan indah. Saat cuaca cerah tak berkabut, sunrise berlatar Rawa Pening sungguh sangat eksotis untuk diabadikan dengan kamera Anda. Selain berfoto, Anda juga bisa camping sambil memasak makanan secara sederhana ala anak gunung.

Wisata Lereng Kelir terletak di Dusun Gertas, Gertas, Brongkol, Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Harga tiket masuknya sekitar 5 – 7 ribu rupiah.

33. Bantir Hills

Objek Wisata Alam Bantir Hills menawarkan spot foto kekinian buat anak muda jaman now bertema alam. Spot tersebut antara lain berbentuk bintang, matahari, kupu-kupu, aneka bunga, rumah pohon, dan gardu pandang.

Lokasinya yang di perbukitan, membuat latar panorama alamnya begitu indah penuh pepohonan hijau. Alamat Bantir Hills terletak di Jalan Bantir, Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Semarang, Jawa Tengah. Harg tiket masuknya terbilang murmer, hanya 5 ribu rupiah.

34. Watu Gunung Ungaran

Selain kolam alami Umbul Sidomukti, kolam pemandian Watu Gunung Ungaran juga patut dikunjungi. Airnyr jernih dan segar, dengan nuansa alami. Meskipun lantainya berupa keramik, namun pinggiran kolamnya berupa batuan yang tersusun rapi sehingga kesan alamnya dapat banget. Apalagi dikelilingi pepohonan hijau.

Ada juga danau buatan dimana di sekitarnya dibuat gazebo untuk bersantai. Pengunjung bisa juga naik perahu mengelilingi danau tersebut. Asyik banget deh! Alamat objek wisata Watu Gunung terletak Lerep Satu, Lerep, Kec. Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB

Dari arah Alun-alun Ungaran, Anda bisa ambil jalan ke arah kiri. Lalu liatlah kanan kiri tak jauh dari situ, sudah terdapat papan petunjuk yang akan mengantarkan Anda ke lokasi. Jangan sungkan untuk bertanya ke warga sekitar ya! Harga tiket masuknya 20 ribu rupiah (weekday) dan 25 ribu rupiah (weekend).

35. Gumuk Reco

Ngomongin tempat wisata di Semarang yang bagus seakan tak ada habisnya. Hampir setiap saat selalu muncul spot baru untuk liburan. Satu diantaranya adalah Wisata Alam Gumuk Reco. Lokasinya terletak di Jl. Kenongo, Kepil, Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah.

Masih mengusung tema kekinian, Gumuk Reco menawarkan spot foto ekstrem berupa ayunan setinggi 800 meter, jembatan yang menempel di dinding tebing, panjat tebing, dan rumah pohon dengan ketinggian 17 meter. Ada juga spot instagramable lainya seperti sarang burung atau pun lingkaran.

Harga tiket masuk ke Gumuk Reco Sepakung sekitar 5 ribu rupiah. Namun, jika Anda ingin lebih menikmati alam di sini, bisa mengambil paket wisata seharga 150 – 200 ribu rupiah. Paket wisata tersebut menawarkan faslilitas berupa cinderamata, homestay, transportasi, makan dua kali, guide profesional, soft drink, air terjun gua semar
cemoro sewu, bukit klarasan, ayunan langit, dan sendang ariwulan.

36. Kopeng Treetop Adventure Park

Siapa bilang hanya Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang yang punya destinasi outbond keren? Semarang juga ada lho, namanya Kopeng Treetop Adventure Park. Lokasinya terletak di Jalan Raya Kopeng, Batur, Getasan, Selo Ngisor, Batur, Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Tempat wisata alam andalan Semarang ini manawarkan wahana dan fasilitas super lengkap untuk liburan anak-anak dan keluarga. Wahana tersebut antara lain ATV, treetop, sky resto, zorbing, zip coaster, hobbit house, paket outbond, hingga camping. Harga tiket masuknya sekitar 25 ribu rupiah, tapi untuk menikmati aneka wahana tersebut harus bayar lagi.

37. Mawar Camp / Camp Mawar

Mawar Camp / Camp Mawar merupakan pos pendakian menuju ke Gunung Ungaran. Namun, karena kontur tanahnya bagus untuk berkemah, maka tempat ini pun dijadikan sebagai area camping. Lokasinya terletak di Dusun Kluwihan, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupateng Semarang.

Fasilitas di sini terbilang lengkap, tersedia camping ground, air, listrik, toilet dan parkir kendaraan. Udaranya yang sejuk, segar, hamparan pohon pinus, dan panorama alam indah semakin menambah daya tarik Camp Mawar. Keberadaannya juga tak terlalu tinggi, sehingga mudah dicapai.

Di sini juga tersedia penyewaan alat-alat kemah yang akan memudahkan para wisatawan. Biaya reservasi area camping sekitar 7 – 12 ribu rupiah, tergantung berapa lama Anda bermalam. Agar tak kehabisan kavling tenda, sebaiknya Anda memesan jauh-jauh hari.

38. Simpang Lima

Kawasan Simpang Lima sudah sejak lama menjadi ikon tempat wisata di Semarang yang paling terkenal. Taman Kota ini sebenarnya bernama Lapangan Pancasila, namun karena keberadaannya terletak di lima persimpangan, yaitu Jl. Pahlawan, Jl. Pandanaran, Jl. Ahmad Yani, Jl. Gajah Mada, dan Jl. A. Dahlan, maka dikenal dengan sebutan Simpang Lima.

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sini, dari mulai berfoto, nongkrong, ikut car free day (CFD), kulineran, dan lain sebagainya. Saat malam tiba, Simpang Lima biasanya akan dipenuhi sepeda, becak, dan mobil hias layaknya Alun-Alun Selatan Yogyakarta. Anda dapat menyewanya dengan tarif 35 – 40 ribu rupiah.

Bila ingin keseruan lain, Anda bisa mencoba main sepatu roda, inline skate, dan otopet. Harga sewanya sekitar 15 – 20 ribu rupiah per jam. Setelah puas bermain, Anda dapat mampir ke Pujasera untuk mencicipi aneka kuliner khas Semarang seperti tahu gimbal, lumpia, tahu pong, tahu petis, pecel, dan juga makanan daerah lain misalnya coto Makassar atau pun soto Lamongan.

Alamat destinasi wisata malam Semarang ini terletak di Jl. Simpang Lima, Pleburan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Anda bisa datang ke sini kapan pun, baik pagi, siang, atau pun malam. Tapi, biasanya menjelang malam minggu / akhir pekan semakin ramai lantaran banyak orang nongkrong.

39. Taman Legok Madu

Taman Legok Madu atau Wisata Alam Legok Madu Bandungan terletak di Ngipik, Kaliwinong, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB. Untuk harga tiket masuk sekitar Rp.10.000,-.
Sesuai namanya, tempat wisata di Semarang ini mengusung tema taman bunga dan spot foto instagramable. Beberapa spot kece di sini antara lain : patung angsa dengan badannya berupa bunga warna-warni, sepeda, taman kelinci, kapal, kasur dari rumput, dan lainnya.

40. Taman Axelia

Objek wisata kekinian yang mengusung taman bunga nampaknya sedang “happening” di medsos. Tak heran jika banyak bermunculan spot bunga baru untuk memanjakan para pecinta instagram. Satu diantaranya tentu saja Taman Axelia.

Menurut info yang saya dapat hingga tulisan ini dibuat, pembangunan taman ini belum selesai semua. Pengunjung baru bisa menikmati spot selfie bunga dan kincir angin khas Belanda. Namun demikian, spotnya keren banget lho buat pengisi feed instagram Anda.

Untuk rencana kedepannya, fasilitas di sini akan ditambah mini waterboom (wisata air), cafe / resto, meeting room, persewaan gaun tradisional jawa / negara, penjualan tanaman hias, mushola, dan toilet. Lokasi Taman Axelia terletak di Jl. Ambarawa, Banyubiru KM 0.5, Pojoksari, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Harga tiket masuk sekitar 8 ribu rupiah.

41. Semarang Contemporary Art Gallery

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Semarang Gallery (@semarang_gallery) pada

Semarang Contemporary Art Gallery merupakan tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi oleh para pecinta kesenian (art). Beragam karya seni kontemporer dapat Anda saksikan di galeri ini. Biasanya, karya-karya yang disajikan bergantian sesuai jadwal pameran. Mirip seperti Museum Macan Jakarta.

Lokasi Semarang Contemporary Art Gallery atau yang dikenal dengan sebutan Galeri Semarang terletak di Jalan Taman Srigunting No.5-6, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 16.30 WIB (Senin tutup). Harga tiket masuk sekitar 10.000,-.

42. Taman Indonesia Kaya

Berbicara tentang taman kota, ternyata Semarang juga punya banyak taman keren untuk dijadikan tempat rekreasi lho. Misalnya saja Taman Indonesia Kaya di Jl. Menteri Supeno No.11 A, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka selama 24 jam.

Taman ini dibangun bertema seni dan budaya, ikonnya berupa panggung pertunjukkan kesenian megah, lengkap dengan ruang rias dan toilet. Fasilitas lainnya pun dibangun di sini, mulai dari Taman Pandawa Lima, Pelataran Penikmat Seni, Amphitheater, Area Hijau, Gerbang Mural, hingga Air Mancur Menari.

43. Water Blaster Grha Candi Golf

Apakah Anda suka bermain air? Jika iya, maka wajib banget deh nyobain Water Blaster Grha Candi Golf Semarang. Water Park terbaik di Semarang ini menyuguhkan berbagai wahana seru dari mulai Bebby Kids Play, Big Kids Play, Lazy River, Pleasure Pool, Wave Pool, Kiddy Slide, Dino Blast (Family Slide), Jurassic Slide, Slide Rice, Anaconda, Boomerang, hingga Paintball.

Fasilitas penunjang lainnya juga sangatlah lengkap, tersedia Food Court, Blaster Shop, Pelampung, Loker, Gazebo, Mushola, Plaza, parkir, serta toilet. Harga tiket masuk sebesar 60 ribu rupiah (weekday) dan 80 ribu rupiah (weekend).

Lokasi Water Blaster Graha Candi Golf terletak di Jl. Bukit Golf No.1, Jangli, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 10.00 – 17.30 WIB, kecuali hari Minggu mulai buka pukul 08.00 – 17.30 WIB (NB : hari Senin tutup).

44. Goa Kreo Dan Waduk Jatibarang

Kawasan Goa Kreo dan Waduk Jatibarang sudah sejak dulu menjadi tempat wisata di Semarang yang sering dikunjungi wisatawan. Selain jembatan pengubung dan kera-kera lucu di sekitar Goa Kreo, kini hadir beberapa spot instagramable untuk latar berfoto kekinian.

Spot foto tersebut terletak masih satu kawasan dengan Goa Kreo, yaitu Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Ada pun spot foto di sana antara lain berupa spot awan, spot rumah salju, spot balon udara, dan spot bunga sakura. Tarif untuk berfoto di spot kece itu sebesar 5 ribu rupiah.

45. Pantai Marina

Meskipun tak seindah pantai-pantai di Bali, namun Pantai Marina Semarang bisa menjadi alternatif tempat liburan bagi Anda yang kangen pantai dan laut. Datanglah saat sore hari, Anda dapat duduk santai sambil menikmati matahari terbenam dan semilirnya angin pantai. Harga tiket masuknya sekitar 3 – 5 ribu rupiah.

46. The Hills Dining Restaurant

Bingung mencari tempat makan romantis di Semarang untuk dinner bersama pasangan halal Anda? Datang saja ke The Hills Dining Restaurant. Lokasinya terletak di Jl. Bukit Baladewa No.22-24, Ngesrep, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 17.00 – 00.00 WIB.

Restoran ini berada di ketinggian dan menghadap langsung ke Kota Semarang. Oleh karena itu, Anda akan bisa menyaksikan lampu kota (city light) menyala sambil menyantap hidangan. Di sini tersedia area indoor atau pun outdoor. Anda juga bisa memesan pernak-pernik lainnya seperti lilin yang menyala agar semakin romantis.

47. Ice Cream World Semarang

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Icecreamworld.smg (@icecreamworld.smg) pada

Ice Cream World Semarang merupakan kedai es krim ke empat yang dibuka setelah Bali, Yogyakarta, dan Malang. Bukan hanya sekedar tempat makan es krim enak, kedai / cafe ini juga menyediakan beragam spot foto instagenic bagi para pengunjungnya.

Spot-spot foto tersebut antara lain spot lampu berbentuk cone es krim yang bergelantungan, bathtub berisi pita warna-warni, kolam mandi bola, dan spot futuristik (ruangan segi empat dengan lampu berwarna ungu).

Alamat Ice Cream World Semarang terletak di Jl. Suari No.8, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jam buka mulai pukul 11.00 – 20.30 WIB. Harga tiket masuk sebesar 35 ribu rupiah (dewasa) dan 25 ribu rupiah (anak-anak).

Bagaimana list destinasi wisata Semarang di atas sobat traveler? Keren dan bagus banget bukan? Rugi deh kalau jalan-jalan ke Kota Lumpia tanpa mampir ke tempat-tempat tersebut. Buat Anda yang punya info terbaru tentang objek wisata bagus lainnya, bisa menambahkan melalui kolom komentar. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here