Home Wisata Asia 17 Tempat Wisata Bagus Dan Indah Di Sukabumi Yang Terkenal Wajib Dikunjungi...

17 Tempat Wisata Bagus Dan Indah Di Sukabumi Yang Terkenal Wajib Dikunjungi – Explore Sukabumi

264
0

Tempat Wisata Di Sukabumi – Sobat traveler, berikut ini daftar rekomendasi tempat wisata bagus dan indah di Sukabumi Jawa Barat yang terkenal wajib dikunjungi. Mulai dari keindahan alam, pantai, danau, air terjun, goa, wahana bermain, sarana edukasi, hingga situs purbakala ada semua di sana. Keren banget, deh!

Ngomongin pariwisata Jawa Barat, biasanya tak lepas dari Bandung dan Bogor. Padahal, masih banyak kabupaten / kota di Jawa Barat lainnya yang punya berbagai objek wisata menarik. Salah satu diantaranya adalah Sukabumi. Secara administratif, daerah ini dibedakan atas Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi.

Tempat-Wisata-Di-Sukabumi
Gambar ilustrasi tempat wisata bagus dan indah di Sukabumi yang terkenal wajib dikunjungi (Foto : Hiroshi sanjuro)

Jaraknya cukup dekat dengan Jakarta (sekitar 3 – 4 jam perjalanan darat) sehingga Sukabumi menjadi pilihan alternatif wisatawan dalam mengisi akhir pekan atau libur panjang. Nah, buat Anda yang kebetulan akan berekrasi ke sana, berikut ini saya sajikan informasi tentang beberapa objek wisata terbaik di Sukabumi yang harus dikunjungi saat liburan. Yuk, simak review / ulasannya berikut!

Daftar Tempat Wisata Bagus Dan Indah Di Sukabumi Yang Terkenal Wajib Dikunjungi

1. Taman Rekreasi Selabintana

Kita awali review tempat wisata di Sukabumi kali ini dengan mengulas Taman Rekreasi Selabintana. Destinasi ini sudah sejak lama populer dikalangan wisatawan lokal. Di sana, Anda akan menemukan hamparan rumput hijau beserta pepohonan pinus yang rindang sehingga sangat cocok buat bersantai bersama keluarga sambil menggelar tikar.

Sekilas, Taman Rekreasi Selabintana mirip dengan Selecta Malang Jawa Timur. Bukan hanya menawarkan taman indah, tetapi juga menyediakan fasilitas wisata seperti kolam renang, wahana bermain anak, flying fox, camping ground, hotel, warung makanan / minuman, mushola, toilet, tanaman hias, dan lainnya.

Udaranya terasa sejuk dan jauh dari polusi sehingga akan membuat Anda merasa betah berlama-lama di sana. Mengingat sebagian areanya berupa outdoor (ruang terbuka), maka waktu yang tepat berkunjung ke sana adalah saat cuaca cerah.

Harga tiket masuk ke Taman Rekreasi Selabintana terbilang murah meriah, hanya 5 ribu rupiah. Harga bisa berubah sewaktu-waktu ya! Lokasi / alamatnya terletak di Jalan Selabintana KM. 7, Sundajaya Girang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

2. Curug Cikaso

Ngomongin air terjun cantik di Jawa Barat, biasanya tak lepas dari kawasan wisata Garut. Di sana, cukup banyak ditemukan air terjun atau curug yang menyuguhkan suasana alami, seperti Curug Sanghyang Taraje, Curug Cibadak, Curug Orok, dan sebagainya.

Nah, Sukabumi ternyata juga punya sejumlah air terjun indah untuk dikunjungi, satu diantaranya adalah Curug Cikaso. Lokasinya terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Curug ini sebenarnya bernama Curug Luhur, tetapi lebih terkenal dengan nama Curug Cikaso.

Curug Cikaso punya pesona daya tarik yang mengagumkan bagi para wisatawan. Pasalnya, air terjun ini tampak begitu megah dengan ketinggian mencapai 80 meter dan lebar tebing sekitar 100 meter. Apalagi ketika aliran airnya sedang deras, sungguh sangat eksotis.

Di bagian bawahnya terdapat sebuah kolam penampung air alami sedalam 15 meter-an. Warna airnya begitu cantik, tampak hijau kebiruan berpadu pas dengan batuan maupun pepohonan disekelilingnya. Keunikan / keistimewaan lain Curug Cikaso berupa susunan air terjun yang membentuknya.

Curug Cikaso tersusun dari 3 buah aliran air terjun, yaitu Curug Asepan (sebelah kiri), Curug Meong (bagian tengah) dan Curug Aki (sebelah kanan). Untuk mencapai curug terindah di Sukabumi ini, kabarnya wisatawan harus berjalan kaki sejauh 1 km-an dari tempat parkir. Jika akan naik perahu, tarifnya 10 ribu-an rupiah per orang. Harga tiket masuk ke Curug Cikaso dibanderol sekitar 3 ribu rupiah.

3. Geopark Ciletuh

Saat ini, Geopark Ciletuh menjadi tempat wisata di Sukabumi yang sedang hits alias naik daun dikalangan traveler. Keindahan alamnya begitu memukau sehingga menarik minat banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Bahkan, kawasan ini telah dinobatkan sebagai Global Geopark oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Ada cukup banyak objek wisata alam tersembunyi di Geopark Ciletuh yang begitu indah, antara lain Puncak Darma, Puncak Tugu, Puncak Gebang, Bukit Panenjoan, Air Terjun Cimarinjung, Pantai Palangpang, Curug Puncak Manik, Pantai Cimaja, dan Bukit Teletubbies. Perpaduan bukit, air terjun, pantai, hingga hutan membuat Geopark Ciletuh sangat eksotik.

4. Pantai Ujung Genteng

Tak kalah dengan Pulau Bali dan Lombok, Sukabumi juga punya sederet pantai bagus untuk dikunjungi. Salah satu pantai terindah di Sukabumi yang terkenal adalah Pantai Ujung Genteng. Di sana, Anda bisa menemukan beragam daya tarik, mulai dari pasir putih, gulungan ombak biru, sunrise, sunset, spot memancing, surfing (selancar), hingga penangkaran penyu hijau.

Selain menikmati tepian pantai, Anda juga bisa menyewa perahu dengan harga 15 – 30 ribu untuk menikmati lautan biru. Tapi, sebaiknya Anda membawa “life jacket” (pelampung) saat naik perahu mengingat ombak di sana cukup besar. Pantai Ujung Genteng terletak di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Harga tiket masuk ke sana terbilang murah, sekitar 10 ribu rupiah.

5. Goa Buni Ayu

Ingin mencoba tempat wisata di Sukabumi yang anti mainstream? Cobain deh, berkunjung ke Goa Buni Ayu. Daya tarik goa ini berupa ornamen-ornamen cantik di dalamnya seperti stalaktit, stalakmit, flow stone, coloumn, drapery, gourdam, canopy, dan sebagainya. Tak heran jika nama “Buni Ayu” yang berarti “kecantikan tersembunyi” pun disematkan kepada goa terindah tersebut.

Ada 2 pilihan paket wisata dalam mengeksplore Goa Buni Ayu, yaitu penelusuran minat umum dan penelusuran minat khusus. Penelusuran minat umum menyuguhkan petualangan goa sedalam 500 meter sehingga hanya membutuhkan sepatu antislip, pakaian nyaman, makanan, dan minuman.

Sedangkan penelusuran minat khusus menawarkan perjalanan menyusuri goa selama 4 – 5 jam sehingga membutuhkan tenaga ekstra dan peralatan khusus. Dari pihak pengelola sudah menyiapkan pemandu dan perlengkapan susur goa (caving) seperti helm, wear pack antiair, sarung tangan, sepatu boot antilicin, alat penerangan, static/dynamic rope, karabiner, steel ladder, dan perlengkapan lainnya.

Harga tiket masuk dibanderol ke Goa Buni Ayu dibanderol 5 ribu rupiah. Tarif paket penelusuran minat umum sebesar 20 ribu rupiah, dan penelusuran minat khusus seharga 150 ribu rupiah. Lokasi Goa Buni Ayu terletak di Cipicung, Kerta Angsana, Nyalindung, Cimerang, Purabaya, Sukabumi, Jawa Barat.

6. Santa Sea Waterpark

Bukan hanya dikenal memiliki kekayaan alam yang indah, Sukabumi juga punya wahana bermain untuk anak-anak dan keluarga. Salah satu diantaranya adalah Santa Sea Waterpark. Lokasinya berada di Jl. Lio Santa, Gedongpanjang, Kec. Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Santa Sea Waterpark menawarkan wahana permainan air seru dan fasilitas lengkap layaknya waterpark mewah seperti Jogja Bay dan Waterboom Bali. Wahana di sana antara lain Racing Slide, Forest Jungle, Caribbean Ocean, Ontario Lake, Amazone River, Japanese Hot Spring, dan Neverland.

Untuk memanjakan pengunjung, waterpark terbaik di Sukabumi ini dilengkapi fasilitas tambahan berupa loker, service area, gazebo, ruang bilas (shower), souvenir shop, kapten bart, rang medis, ban, food court, trampoline hingga cabana. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sebesar 35 s/d 70 ribu rupiah, tergantung hari biasa atau hari libur.

7. Situ Gunung

Situ Gunung merupakan salah satu tempat wisata alam unggulan di Sukabumi yang terkenal wajib dikunjungi. Destinasi favorit para fotografer ini berupa danau dikelilingi pepohonan hijau nan indah. Lokasi Situ Gunung berada di kaki Gunung Gede Pangrango, tepatnya di Kecamatan Kadu Dampit, Sukabumi.

Ada banyak aktivitas wisata menarik di Situ Gunung, seperti berkemah, naik perahu, memancing, flying fox, dan melewati jembatan gantung. Jembatan gantung dengan panjang 250 meter dan ketinggian 150 meter dari permukaan tanah ini sedang hits banget dikalangan traveler muda.

Saat memijakkan kaki di atasnya, Anda akan merasakan goyangan yang memacu adrenalin. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus menyaksikan keindahan panorama alam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dari atas jembatan.
Setelah sampai ujung jembatan, Anda bisa melanjutkan perjalanan sekitar 1 km menuju Curug Sawer. Harga tiket masuk ke Situ Gunung dibanderol sekitar Rp.18.500,- dan untuk melintasi jembatan gantung, wisatawan akan dikenakan tarif 50 ribu rupiah per orang.

8. Pelabuhan Ratu

Sebagai Ibu Kota Kabupaten Sukabumi, Pelabuhan Ratu kerap menjadi incaran wisatawan untuk menghabiskan libur akhir pekan (weekend) maupun libur panjang. Pasalnya, di sana ada cukup banyak tempat wisata bagus yang dapat dikunjungi bersama keluarga. Misalnya saja Pantai Pelabuhan Ratu, Rumah Perahu Kampung Cibeas, Taman Adiwiyata, dan Pantai Citepus.

Selain kaya destinasi wisata, Pelabuhan Ratu juga punya sejumlah fasilitas dan akomodasi lumayan lengkap, mulai dari hotel / penginapan, restoran, cafe, hingga pasar ikan. Bagi Anda yang kebetulan termasuk orang perkotaan super sibuk, Pelabuhan Ratu bisa menjadi tempat melepas penat agar pikiran menjadi fresh kembali.

9. Kampung Ciptagelar

Ingin mengenalkan anak-anak kepada adat istiadat leluhur? Datang saja ke Kampung Ciptagelar di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Di sana, Anda akan menemukan rumah tradisional, upacara adat, tradisi menanam padi, dan budaya lainnya.

Meskipun penduduknya masih memegang teguh adat istiadat leluhur, namun Kampung Ciptagelar tetap mengikuti teknologi sesuai perkembangan jaman. Terbukti, kampung adat ini punya pembangkit listrik tenaga air, stasiun TV, dan radio. Harga tiket masuk ke sana dibanderol sekitar 5 ribu rupiah.

10. Danau Batu Bacan

Tempat wisata di Sukabumi selanjutnya yang terkenal wajib dikunjungi adalah Danau Batu Bacan. Lokasinya terletak di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat. Danau buatan ini merupakan bekas galian tambang yang terisi oleh air hujan selama bertahun-tahun.

Oleh karena warna air danaunya kehijauan mirip batu akik bacan, maka danau tersebut dinamakan Danau Batu Bacan. Apalagi saat terkena cahaya matahari, pantulannya begitu indah layaknya batu bacan. Harga tiket masuk ke Danau Batu Bacan sepertinya masih gratis, hanya membayar biaya parkir sekitar 3 – 5 ribu rupiah.

11. Kawah Ratu

Mendengar nama Kawah Ratu, mungkin sebagian orang akan langsung tertuju pada kawah di Gunung Tangkuban Parahu Lembang, Bandung. Namun, Kawah Ratu ini bukanlah di sana, melainkan berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tepatnya berbatasan dengan Desa Cidahu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Kawah Ratu merupakan bekas letusan Gunung Salak, lalu membentuk kawah seluas 2 hektar. Kawah ini masih lumayan aktif mengeluarkan uap panas dan gas belerang. Oleh karena itu, jika Anda akan berkunjung ke sana, sebaiknya memakai masker dan tidak turun ke kawah.

Selain menyuguhkan fenomena kawah, objek wisata Kawah Ratu juga terdapat spot menarik lainnya berupa vegetasi tumbuhan, aneka satwa liar, camping ground dan air terjun. Bagi para traveler pecinta alam, mungkin Kawah Ratu menjadi tempat yang cocok untuk berpetualang menikmati keindahan alam.

Harga tiket masuk ke Kawah Ratu dibanderol Rp.7.500,- dan Rp.10.000,- untuk materai surat ijin per kelompok. Rute jalan menuju Kawah Ratu bisa ditempuh melalui jalur berikut :

  • Bandung – Kota Sukabumi – Jalan ke arah Bogor – Perempatan Cidahu – Belok kiri dan lurus menuju ke Kawah Ratu.
  • Jakarta – Jalan Tol Jagorawi – Ciawi – Jalur ke arah Sukabumi – Perempatan Cidahu – Belok kanan dan lurus menuju ke Kawah Ratu.

12. Curug Awang

Dengan ketinggian mencapai 40 meter dan lebar 60 meter, Curug Awang menyuguhkan aliran air terjun yang begitu indah. Apalagi saat musim hujan, aliran airnya begitu deras sehingga tampak cantik instagramable. Tak heran, jika curug ini dikenal juga dengan sebutan air terjun Niagara Mini dari Sukabumi.

Selain ukurannya yang cukup besar, air terjun terindah di Sukabumi ini punya keunikan lainnya berupa dinding batuan berwarna cokelat. Pada bagian bawahnya terdapat kolam air dan bebatuan besar. Sementara itu, pada bagian pinggirnya terdapat pepohonan hijau. Hal tersebut membuat Curug Awang tampak begitu megah dan gagah menawan.

Lokasi / alamat Curug Awang terletak di Cibenda, Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Harga tiket masuknya dibanderol sebesar 3 ribu rupiah, tarif parkir sekitar 3 – 5 ribu rupiah. Saat datang ke sana, sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri karena masih jarang ada warung di sekitarnya.

13. Situs Tugu Gede Cengkuk

Bagi Anda yang suka dengan destinasi wisata sejarah, Situs Tugu Gede Cengkuk bisa menjadi pilihan saat liburan di Sukabumi. Di sana, terdapat beberapa benda purbakala yang konon kabarnya peninggalan dari zaman megalitikum sampai zaman logam.

Benda-benda tersebut antara lain menhir atau batu tugu, batu pamandian, batu kursi, batu dakon, batu menyerupai meja makan, batu ranjang, dolmen, batu altar, tahta batu, batu umpak, dan sebagainya. Situs Tugu Gede Cengkuk terletak di Kampung Cengkuk, Kelurahan Margalaksana, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.

14. Pantai Cicaladi

Tak dapat dipungkiri, Sukabumi merupakan surganya pantai indah baik pantai berpasir putih maupun pantai karang. Nah, salah satu pantai indah di Sukabumi yang menawarkan batuan karang alami. Deburan ombaknya cukup besar, sehingga pengunjung dilarang berenang.

Anda harus ekstra hati-hati saat akan berfoto pada batuan karang karena teksturnya cukup tajam. Pantai Cicaladi terbilang masih sepi dan jarang dikunjungi wisatawan. Lokasi / alamat Pantai Cicaladi terletak di Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Harga tiket masuk ke pantai ini tampaknya masih gratis.

Selain batuan karang, di sekitar Pantai Cicaladi juga terdapat lapangan rumput cukup luas yang asyik buat camping. Asyiknya lagi, sunset di sana tampak begitu indah. Anda bisa berkemah dan memancing sambil menikmati momen matahari tenggelam.

15. Pulau Kunti

Ketika mendengar nama Pulau Kunti, mungkin sebagian orang akan beranggapan bahwa pulau tersebut menyeramkan. Namun, saat berkunjung ke sana, Anda justru akan terkagum-kagum akan keindahan alamnya. Di pulau cantik ini, Anda akan menemukan pantai dengan hamparan pasir putih bersih, batuan karang berupa lava bantal, dan rimbunnya pepohonan hijau.

Pulau Kunti masih sangat alami belum terjamah oleh banyak orang. Hal ini terbukti dari flora dan fauna di dalamnya yang masih lengkap. Perairan pulau ini kaya akan ikan sehingga banyak nelayan mencari ikan di sekitarnya. Untuk menuju Pulau Kunti, wisatawan harus menyewa perahu dari Ciwaru dengan tarif / harga sekitar 400 ribu rupiah untuk 10 – 15 orang.

16. Bukit Ciendong / Bukit Cienong

Sejak adanya media sosial instagram, destinasi wisata selfie semakin ngetrend dikalangan traveler muda. Para traveler muda tersebut biasanya mencari tempat instagenic dan keren untuk mengisi feed instagram agar semakin populer.

Hal ini tentu membuat para pengelola objek wisata harus mengikuti trend tersebut. Tak ayal, spot-spot foto kece pun semakin menjamur di berbagai daerah. Salah satunya adalah Bukit Ciendong / Bukit Cienong. Bukit ini menyediakan spot foto berupa perahu besar di atas bukit dengan view langsung ke Teluk Pelabuhan Ratu.

Perahu tersebut dilengkapi dengan kursi, meja, dan payung tenda untuk bersantai. Selain berfoto, Anda juga bisa menjajal wahana ekstrem berupa sepeda gantung yang akan memacu adrenalin. Lokasi Bukit Ciendong / Bukit Cienong terletak di Kampung Babakan Cibangban RT 02/01 Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Sukabumi.

17. Tebing Panenjoan

Keindahan tempat wisata di Sukabumi memang tak perlu diragukan lagi, termasuk Tebing Panenjoan. Dengan ketinggian sekitar 250 mdpl, dari atas tebing wisatawan bisa menyaksikan hamparan sawah dan perumahan warga di 3 desa, yaitu Ciwaru, Mandra Jaya, dan Mekar Sakti.

Dari atas Tebing Panenjoan, Anda juga bisa melihat deretan bukit yang membentuk sebuah mangkok raksasa. Keren banget, deh! Lokasi Tebing Panenjoan terletak di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Harga tiket masuk ke sana cukup murmer sekitar 5 ribu rupiah dan tarif parkir kendaraan 3 – 5 ribu rupiah.

Demikianlah sekilas info tentang berbagai objek wisata di Sukabumi yang bagus dan indah. Jangan lupa dicatat ya gaes, siapa tahu liburan besok, Anda akan pergi ke Sukabumi. Apabila Anda kebetulan sudah pernah ke sana, bisa menuliskan pengalamannya pada kolom komentar untuk menambah referensi para wisatawan. Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here