Home Wisata Asia 15 Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Enak Dan Murah

15 Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Enak Dan Murah

3868
1
SHARE

Tempat Wisata Kuliner Di Jogja – Ini dia daftar tempat wisata kuliner di Jogja yang enak dan murah. Liburan ke Jogja tentu tak lengkap jika belum mencicipi kuliner-nya yang terkenal enak dan murah.

Menjelajahi Jogja melalui aneka makanan khasnya dengan cita rasa manis, pedas, asam, dan asinnya tentu akan membuat liburan Anda semakin asyik dan berkesan.

Anda tak perlu bingung untuk mencari tempat kuliner di Jogja karena hampir di setiap sudut kota Gudeg ini selalu menawarkan kuliner Jogja murah dan enak. Nah, untuk membantu Anda dalam menikmati aneka wisata kuliner di Jogja, Maslatip Travel telah menyiapkan 15 tempat wisata kuliner di Jogja yang enak dan murah.

Daftar Tempat Wisata Kuliner Enak Dan Murah Di Jogja

1. Gudeg

Gudeg-Jogja
Gudeg Jogja (Foto : wego.co.id)

Ini dia kuliner di Jogja yang paling populer, enak, dan murah yaitu gudeg. Makanan khas Jogja yang satu ini termasuk salah satu kuliner yang wajib Anda cobain saat berkunjung ke Jogja. Gudeg dapat ditemukan di hampir setiap sudut kota Jogja.

Namun kawasan Wijilan dan Barek lah yang paling kondang sebagai sentra gudeg Jogja yang paling enak dan terkenal. Wijilan berada tidak jauh dari kompleks Kraton Yogyakarta dan dapat dicapai dengan 10 menit berjalan kaki atau dengan naik becak.

Bila Anda kebetulan sedang berada di belahan utara Yogyakarta, cobalah datang ke Barek. Setiap subuh, penjual gudeg berderet di pinggir jalan di sebelah utara kawasan Kampus UGM. Beberapa warung gudeg yang terkenal di daerah Barek adalah gudeg Bu Ahmad, gudeg Yu Djum, dan gudeg Yu Narni.

Jika Anda ingin merasakan gudeg saat malam hari, bisa berkunjung ke Gudeg Batas Kota (Jl. Adisucipto depan Saphir Square) yang mulai buka pada jam 10 malam siap menggoda lidah Anda dengan rasa gudeg yang istimewa. Atau Anda bisa mencoba sensasi menikmati gudeg langsung di pawon (dapur) Gudeg Pawon (Jl. Janturan 36-38 Warungboto).

2. Angkringan Lik Man

Angkringan-Lek-Man
Angkringan Lek Man (Foto : qraved.com)

Jika ngomongin kuliner Jogja murah dan enak tentu tak akan lepas dari Angkringan. Tempat wisata kuliner di Jogja yang satu ini termasuk salah satu faktor yang bikin kangen ingin kembali ke Jogja. Angkringan bukanlah istilah asing di Kota Pelajar ini.

Angkringan tak hanya menjadi tempat kuliner rakyat yang murah meriah, namun juga menjadi sebuah budaya. Di angkringan, masyarakat bisa berkumpul dan berbincang tentang apa saja, mulai dari sepak bola sampai berita politik terhangat.

Angkringan dapat dengan mudah Anda temui di Yogyakarta, namun ada satu angkringan Jogja yang paling enak dan terkenal yaitu Angkringan Lik Man. Kalau Anda ke Jogja, wajib deh nyobain makan disini.

Apa istimewanya Angkringan Lik Man? Angkringan Lik Man merupakan angkringan pertama di Yogyakarta sejak tahun 1969. Menu yang disajikan pun sama dengan angkringan pada umumnya seperti sego (nasi) kucing, sate telur puyuh dan aneka gorengan. Tapi ada yang satu sajian yang berbeda, yaitu Kopi Joss.

Kopi-Joss
Kopi Joss (Foto : travelmatekamu.com)

Kopi Joss merupakan menu andalan di tempat wisata kuliner ini. Cara penyajian kopi ini sangat unik karena kopi akan dicampur dengan arang yang masih merah membara. Bunyi ‘jooossss’ yang ditimbulkannya inilah yang membuatnya disebut dengan Kopi Joss.

Kopi Joss memiliki rasa unik yang khas dan tak dimiliki kopi lainnya. Konon, arang yang dicelupkan ke dalam kopi akan menetralisir kafein sehingga kopi ini aman untuk pencernaan Anda.

Angkringan Lik Man merupakan salah satu tempat kuliner terbaik untuk menikmati wisata Yogyakarta di malam hari. Hanya dengan merogoh kocek sebesar 10.000 – 15.000 Rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati Kopi Joss dan nasi kucing dilengkapi dengan lauk sederhana yang tak kalah nikmat. Alamat: Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta. Jam buka: 18:00 – habis. Wisata kuliner jogja murah dan enak? Ya Angkringan Lik Man.

3. Oseng-oseng Mercon Bu Narti

Oseng-oseng Mercon Bu Narti
Oseng-oseng Mercon Bu Narti (Foto : klikhotel.com)

Ingin merasakan sensasi pedas kuliner khas Jogja? Datang saja ke warung Oseng-oseng Mercon Bu Narti yang terletak di Jl. KH ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta.

Tempat wisata kuliner di Jogja yang enak dan murah ini menawarkan nasi putih panas dipadu oseng-oseng super pedas berisi kikil, gajih, kulit, dan tulang muda.

Tempat wisata kuliner Jogja ini nampaknya cocok bagi Anda penggemar masakan pedas. Saking luar biasa pedas, nama-nama selain mercon juga disematkan untuk oseng-oseng ini, misalnya bledeg dan halilintar.

Bila ingin merasakan sambaran halilintar datanglah di akhir pekan karena khusus di malam minggu, Bu Narti akan melipat gandakan komposisi cabainya. Bila di hari biasa untuk 50 kg koyoran dicampur dengan 6 kg cabai, maka di akhir pekan Bu Narti akan menambah jumlah cabai.

4. Lotek Dan Gado-gado Bu Ning

Lotek Dan Gado-gado Bu Ning
Lotek Dan Gado-gado Bu Ning (Foto : foursquare.com)

Bu Ning atau yang bernama lengkap Sawijiningsih ini memang bisa dibilang salah satu legenda di dunia lotek dan gado-gado Jogja. Ia sudah merintis usahanya sejak tahun 1983 dan sampai sekarang warungnya masih dibanjiri para penikmat kuliner. Ini tak lepas dari rasa lotek dan gado-gadonya yang memang juara.

Rebusan bayam, kobis, tauge, dan bahan lainnya direbus sempurna. Bumbu kacang yang diulek halus berpadu dengan sayuran sehingga menambah nikmat lotek Bu Ning. Begitu pun dengan gado-gadonya. Kesegaran sayuran yang dipakai untuk bahan lotek dan gado-gado Bu Ning selalu terjaga.

Warung Bu Ning terletak beberapa puluh meter dari Lapas Wirogunan, Tamansiswa, Yogyakarta. Warung ini bisa dicapai sekitar 10 menit saja dari Malioboro atau Kraton Jogja.

Bagi Anda yang sedang berlibur di sekitar sana, lotek dan gado-gado Bu Ning bisa jadi pilihan tepat sebagai menu makan siang Anda. Warung lotek dan gado-gado Bu Ning termasuk salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang enak dan murah.

5. Lotek Teteg

Lotek-Teteg
Lotek Teteg (Foto : makanjogja.com)

Satu lagi lotek enak dan murah di Jogja yang perlu Anda cobain, yaitu Lotek Teteg. Warung lotek yang terletak beberapa meter sebelah timur Stasiun Lempuyangan ini selalu ramai di datangi pengunjung.

Selain cita rasanya yang khas dan porsinya seabreg, tempatnya juga nyaman, teduh, dan luas. Tek heran jika warung ini masuk dalam daftar tempat wisata kuliner di Jogja yang enak dan murah.

Selain porsinya yang jumbo, cobek jumbo menjadi ciri khas dari Lotek Teteg. Menurut Bu Nur, generasi ke dua dari pemilik warung ini, sedari dulu cobek sebesar itulah yang digunakan untuk membuat bumbu kacang.

Cobek besar ini mampu membuat bumbu kacang sebanyak 80 porsi di kala pagi. Bila sedang ramai pelanggan maka Bu Nur tak perlu repot-repot untuk membuat bumbu kacang lagi.

Baca Juga :

6. House of Raminten

House-of-Raminten
House of Raminten (Foto : siwimars.com)

Ingin merasakan menu angkringan atau tradisional Jogja di tempat yang nyaman dan agak modern? Datang saja ke House of Raminten. Tempat wisata kuliner di Jogja ini menjadi bukti bahwa menu tradisional bisa disajikan dengan cara yang elegan dan berkelas.

House of Raminten merupakan sebuah rumah makan enak di Yogyakarta yang menyajikan menu tradisional seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit dan nasi kucing.

Arsitektur rumah makan ini terbilang luar biasa. Anda bisa menemukan sebuah kereta kuda di luar rumah makan, sedangkan di dalamnya Anda bisa melihat ruangan berarsitektur Jawa dengan wangi dupa khas. Seakan belum lengkap, Anda akan makan diiringi dengan gending Jawa yang terus mengalun di rumah makan ini.

Selain arsitektur dan menunya, pelayan di sini juga memakai pakaian khas yang berupa kemben Jawa. Di meja, terdapat sebuah kentongan yang digunakan untuk memanggil pelayan jika Anda membutuhkan sesuatu. Alamat: Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta. Jam buka: 24 jam.

7. Mie Telap 12

Mie-Telap-12
Mie Telap 12 (Foto : thegrassonion.blogspot.com)

Pernahkah Anda melihat gambar di bungkus mie instan dan merasa tergoda untuk mencicipinya, namun kecewa karena saat membuatnya sendiri di rumah, mie jauh dari gambaran? Anda tak perlu merasa kecewa jika datang ke Mie Telap 12. Di sini, Anda dapat menikmati mie instan yang disajikan persis seperti yang terlihat di bungkusnya.

Jika Anda memesan mie instan rasa rendang misalnya, maka Anda akan mendapat semangkok mie instan lengkap dengan potongan daging rendang dan topping lainnya yang ditata persis sama seperti di bungkusnya.

Untuk minuman, Anda bisa menikmati aneka milkshake dan soda float. Alamat: Jalan Pandean 10B, Yogyakarta. Mie Telap 12 termasuk salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang wajib dikunjungi bagi Anda penggemar mie instan.

8. Kalimilk Yogyakarta

Kalimilk-Yogyakarta
Kalimilk Yogyakarta (Foto : sauskecap.com)

Jika di kota lain, coffee shop sangat menjamur, hal lain terjadi di Yogyakarta. Di kota ini, kafe susu yang justru populer. Di Yogyakarta, terdapat banyak kafe yang menyajikan aneka produk olahan susu, salah satu yang terkenal adalah Kalimilk.

Kalimilk memiliki sebutan unik bagi pelanggannya yaitu Neneners. Di sini, Neneners bisa mecicipi susu beragam rasa mulai dari cookies, durian, coklat dan aneka snack. Porsi yang ditawarkan adalah medium dan gajah. Untuk porsi gajah, pastikan sebelumnya Anda telah mengosongkan perut karena porsi gajah benar-benar berukuran jumbo.

Untuk tempat, Kalimilk didesain semi terbuka dan tak menggunakan AC, melainkan hanya kipas angin. Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir kepanasan, karena angin dari luar bisa masuk dan tentunya akan lebih sehat dibandingkan angin dari AC.

Suasananya yang nyaman membuat Kalimilk menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan tempat nongkrong asik di Jogja. Alamat: Jalan Kaliurang KM 4,9, Yogyakarta dan Jalan Lempongsari no 251, Yogyakarta. Jam buka: 11:00 – habis.

9. Sate Klathak Pak Pong

Sate-Klathak-Pak-Pong
Sate Klathak Pak Pong (Foto : yogyadise.com)

Tempat wisata kuliner di Jogja yang satu ini cocok sekali untuk Anda penggemar sate kambing. Sate Klathak Pak Pong menyajikan sate spesial yang tak akan Anda temukan di tempat lain. Sate ini memiliki rasa yang khas dan nikmat.

Hal ini didapat dari bumbu sederhana yang digunakannya. Sate Klathak hanya menggunakan garam, merica dan kecap. Tiga bahan minimalis inilah yang membuat sate memiliki rasa yang khas.

Selain bumbu, alat yang digunakan memasak pun berbeda. Jika biasanya daging dibakar dengan menggunakan tusuk sate yang terbuat dari bambu, Pak Pong menggunakan jeruji besi sepeda.

Konon, penggunaan jeruji besi ini mampu membuat daging matang merata. Selain itu, hal ini juga terbukti ramah lingkungan karena jeruji besi dapat digunakan berkali-kali, tak seperti tusuk sate dari bambu yang hanya sekali pakai. Alamat: Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta.

10. Sate Buntel Tambak Segaran

Sate-Buntel
Ilustrasi Sate Buntel (Foto : dentistvschef.wordpress.com)

Tak hanya di Solo, Sate Buntel pun bisa Anda nikmati di Jogja. Datang saja ke warung Sate Buntel Tambak Segaran yang terletak di Jl. Brigjen Katamso 192, Yogyakarta. Sate Buntel yang ada di Jogja dan Solo ini memiliki empu yang sama, beliau adalah Lim Hwa Youe.

Tidak seperti umumnya di mana sate adalah potongan daging yang ditusuk, Sate Buntel dibuat dengan cara mencacah daging dan kemudian membuntelnya dengan lemak kambing. Kata buntel yang artinya bungkus itulah yang sampai sekarang resmi menjadi nama sate ini.

Sate Buntel tersaji tanpa bilah bambu penusuk, dua buntelan daging siap dilahap hanya dengan mengiris ringan menggunakan sendok. Tersaji sederhana dengan acar mentimun dan irisan bawang merah dilengkapi sambal, plus siraman kecap encer bermanis sedang akan menggoyang lidah Anda.

Tempat wisata kuliner di Jogja yang enak dan murah ini juga menyediakan menu olahan kambing lainnya. Diantaranya adalah Gulai dan Tengkleng yang rasanya tak kalah enak dengan Sate Buntel.

Baca Juga : 11 Tempat Wisata Di Jogja Yang Dekat Dengan Malioboro

11. Sate Kambing Mbah Margo

Sate-Kambing-Mbah-Margo
Sate Kambing Mbah Margo (Foto : lokasiasik.com)

Satu lagi warung sate yang enak dan murah di Jogja, yaitu sate kambing Mbah Margo. Terletak di Boto, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta, warung sate ini termasuk tempat wisata kuliner di Jogja yang sangat terkenal, khususnya di Kulon Progo.

Sate kambing ini disajikan lengkap dengan bumbu kecap, irisan bawang merah dan kubis dipadukan dengan nasi putih pulen nan wangi. Banar-benar maknyus.

12. Soto Sulung Stasiun Tugu

Soto-Sulung-Stasiun-Tugu
Soto Sulung Stasiun Tugu (Foto : travelmatekamu.com)

Bagi Anda penggemar soto, jangan sampai melewatkan soto legendaris yang satu ini. Soto Sulung Stasiun Tugu menawarkan soto daging dan soto daging campur jeroan.

Daging dan jeroan yang menjadi isian dari soto ini berbeda dengan soto-soto di tempat lain. Dengan dua kali pengolahan, dagingnya terasa empuk, tidak amis dan bumbu meresap sempurna.

Jeroan yang jadi isian di soto campur tidak berbau dan empuk, kelezatannya sama dengan soto daging itu sendiri. Kuah sotonya yang pekat dan bumbunya yang kuat terasa, membuat soto sulung ini begitu lezat.

Lidah kita akan dimanja dengan kuah hangatnya yang sangat menggiurkan. Dengan perasan jeruk nipis dan sambal yang dibuat encer, rasa dari soto ini akan lebih nikmat. Maknyus abiz! Panas kuahnya dan keempukan dagingnya akan membuat lidah terus meminta tambah.

Yang unik dari soto sulung ini adalah nasinya. Bukannya dihidangkan langsung di piring, nasi di sini dibungkus kecil-kecil. Kita dengan bebas bisa tambah nasi tanpa perlu malu. Tempat wisata kuliner di Jogja ini terletak di Parkiran Selatan Stasiun Tugu, Yogyakarta.

13. Saoto Bathok Mbah Katro

Saoto-Bathok-Mbah-Katro
Saoto Bathok Mbah Katro (Foto : masfikr.com)

Satu lagi kuliner soto khas Jogja yang sayang kalau di lewatkan, yaitu Saoto Bathok Mbah Katro. Jika Anda mengunjungi Candi Sambisari, sempatkanlah untuk mampir ke tempat wisata kuliner Jogja yang satu ini.

Menikmati kesegaran sebathok saoto racikan Mbah Katro dengan suasana “ndeso” yang asri adalah pilihan tepat setelah kita menikmati keindahan arsitektur Candi Sambisari. Oya, perlu sobat traveler ketahui kalau Candi Sambisari ini masuk dalam daftar candi di Jogja yang paling cantik dan keren.

Segar dan tidak berlemak adalah sensasi pertama yang kita rasakan ketika mencicipi kuah Saoto Bathok yang bening. Soto akan semakin nikmat ketika ditambahkan perasan air jeruk nipis dan memakannya bersama tempe goreng.

Bisa juga ditambah sambal dan kecap. Tempat wisata kuliner di Jogja yang enak dan murah ini terletak di Jalan Candi Sambisari, Yogyakarta.

14. Bakmi Shibitsu

Bakmi-Shibitsu
Bakmi Shibitsu (Foto : kuliner.panduanwisata.id)

Bagi Anda penggemar bakmi, cobalah untuk mampir mengunjungi warung makan bakmi Shibishu yang terletak di Jalan Raya Bantul No.106. Tempat wisata kuliner di Jogja ini dapat ditempuh sekitar lima menit dari Malioboro, tepatnya 500 meter selatan Pojok Beteng Kulon.

Tampilan bakmi goreng disini sekilas hampir sama dengan bakmi di tempat lain, hanya saja warnanya lebih terang sedikit mungkin karena tidak terlalu banyak menggunakan kecap. Bakmi ini terbuat dari dua jenis mi, yakni mi kuning dan bihun. Kemudian dilengkapi dengan potongan-potongan kecil daging ayam dan seledri.

Bumbu yang menyelimuti bakmi ini amat terasa tebal dan meresap ke dalam mi. Sekilas rasa mi ini seperti agak berlebihan bumbu, namun itu semua hilang ketika disusul oleh suapan-suapan selanjutnya.

Di meja penyajian juga disediakan cabe rawit yang sangat nikmat jika diceplus berbarengan dengan mi. Hal yang tidak terlupakan dari makan di bakmi bisu ini adalah ketika setelah selesai makan mi dilanjutkan dengan teh panas wasgitel.

15. Lesehan Pari Gogo

Lesehan-Pari-Gogo
Lesehan Pari Gogo (Foto : indoturs.com)

Jika Anda sedang menyusuri wisata di Gunungkidul Jogja, sempatkanlah mampir ke Lesehan Pari Gogo yang terletak di Jl. Wonosari – Semanu, Gunungkidul (Jembatan Jirak). Tempat wisata kuliner di Jogja yang enak dan murah ini begitu legendaris lho, Sultan HB X dan Ibu Megawati pun pernah makan di sini.

Tempat makan enak di Jogja ini juga terkenal dengan sebutan Sego Abang Mbah Jirak. Menu makanan disini adalah kuliner khas daerah karst yang gersang, seperti sego abang (nasi merah) dan kuliner unik lainnya.
Menu makanan terdiri dari nasi merah, empal, usus goreng, ayam goreng, wader goreng, sayur lombok ijo dan trancam.

Nasinya empuk dan gurih, berbeda dengan yang biasa kami makan. Lauknya lezat berpadu dengan sayur nan gurih dan segar menghadirkan pengalaman kuliner yang menyenangkan. Bagi Anda yang suka kuliner ekstrim, bisa mencicipi belalang goreng. Hewan ini banyak ditemukan di pohon jati dan semak yang tumbuh subur di Gunungkidul.

Kuliner Jogja memang terkenal enak, maknyus, dan murah. Tak heran jika banyak wisatawan yang selalu kangen ingin datang lagi ke Jogja. Bagi Anda yang punya info tempat wisata kuliner di Jogja yang enak dan murah lainnya bisa berbagi melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

1 COMMENT

  1. Kuliner jigja memang asyiiik tapi hati2 dengan pedagang nakal.
    Pecel pincuk pasar beringharjo….sop kaki kambing udin.
    Sate Klathak Pak Pong…recommended awkali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here