Home » Wisata Asia » 19 Tempat Wisata Pantai Di Jogja Yang Indah Dan Cantik

19 Tempat Wisata Pantai Di Jogja Yang Indah Dan Cantik

Tempat Wisata Pantai Di Jogja – Salah satu pesona wisata Jogja yang memikat hati adalah pantai-nya yang indah dan eksotis. Aneka tempat wisata pantai di Jogja yang indah dan cantik dapat Anda temukan dengan menyusuri kawasan selatan Yogyakarta, terutama kabupaten Gunung Kidul.

Hamparan pasir putih dengan debur ombak khas pantai selatan yang mempesona membuat Anda betah ingin berlama-lama menikmati pantai di Jogja. Apalagi ditambah dengan keindahan biota laut yang dapat Anda lihat dengan mata telanjang, akan semakin membuat Anda jatuh hati dengan wisata pantai di Jogja.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari pantai terindah di Jogja untuk tempat liburan, Maslatip Travel telah menyiapkan daftar objek wisata pantai di Jogja yang indah dan cantik. Yuk, simak 15 tempat wisata pantai di Jogja yang indah dan cantik.

Daftar Tempat Wisata Pantai Di Jogja Yang Indah Dan Cantik

1. Pantai Indrayanti

Pantai-Indrayanti

Pantai Indrayanti Gunung Kidul (Foto : tempatwisatadaerah.blogspot.com)

Inilah salah satu pantai indah di Jogja dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Pantai Indrayanti, yang oleh pemerintah lokal dinamakan sebagai Pantai Pulang Sawal, adalah sebuah tempat wisata pantai di Jogja yang populer di kalangan wistawan.

Pantai ini menyuguhkan Anda panorama laut yang indah dengan dukungan infrastruktur wisata yang memadai. Inilah salah satu objek wisata di Gunungkidul Jogja yang sarat akan sentuhan modern, menjadi salah satu pantai romantis di Jogja yang disukai wisatawan.

Di sepanjang bibir pantai, Anda dapat menyaksikan deretan restoran yang menyajikan aneka masakan laut hingga es kelapa muda segar. Tidak kalah menarik, ketersediaan unit-unit jet sky dapat Anda sewa jika ingin bermain-main di air laut yang bersih.

Beberapa cottage bahkan tersedia di sekitaran pantai bagi Anda yang ingin menghabiskan malam dan menikmati keindahan wisata pantai Indrayanti ini. Untuk dapat masuk kawasan wisata pantai di Jogja yang satu ini, Anda harus membayar tiket masuk Pantai Indrayanti sebesar Rp 5 ribu per orang.

2. Pantai Jogan

Pantai-Jogan

Pantai Jogan (Foto : turquezzavariedade.blogspot.com)

Ingin menikmati air terjun di pinggir pantai? Pergilah ke Pantai Jogan. Tempat wisata pantai di Jogja yang indah ini mungkin satu-satunya pantai dengan air terjun yang aliran airnya langsung jatuh ke bibir laut. Air terjun setinggi 10 meter ini memiliki sumber air yang berawal dari perbukitan karst yang ada di kawasan pantai Jogan.

Pantai Jogan memang memiliki bentang alam yang unik, dikelilingi tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur. Selain menimati panorama pantai Jogan yang indah, di tempat ini Anda dapat mencoba untuk merasakan guyuran air terjun tersebut.

Namun, diperlukan kehatian-hatian ekstra untuk dapat menyusuri turunan licin dan curam agar sampai ke bagian bawah air terjun terindah di Jogja tersebut.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk pantai Jogan sebesar Rp 3 ribu per orang untuk dapat mengeksplorasi keunikan wisata Gunungkidul yang satu ini. Alamat Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta.

3. Pantai Pok Tunggal

Pantai-Pok-Tunggal

Pantai Pok Tunggal (Foto : danjaswatiputrih.blogspot.com)

Gunung Kidul Jogja memang terkenal dengan sejumlah pantainya yang berpasir putih. Tapi, ada sebuah pantai yang unik karena tersembunyi di antara tebing-tebing karang yang terjal. Pok Tunggal, namanya. Tempat wisata pantai di Jogja yang satu ini menawarkan keindahan hamparan pasir putih dan barisan tebing tegak lurus dengan ketinggian tebing mencapai 40 m hingga 60 m.

Untuk sampai ke Pantai Pok Tunggal, Anda bisa menggunakan kendaraan atau trekking dari sisi timur Pantai Indrayanti. Di sini, terdapat sebuah pohon Duras yang menjadi ikon pantai ini.

Nama Pok Tunggal pun berasal dari keberadaan Pohon Duras yang jadi vegetasi satu-satunya di sini. Pohon Duras tersebut hanya memiliki satu dasar pohon (pok), sehingga membuat penduduk sekitar menamai pantai yang ada di dekatnya dengan Pok Tunggal.

Beberapa tahun lalu, Pantai Pok Tunggal masih sangat sepi. Hal ini karena Pantai Pok Tunggal tergolong tempat wisata baru di Jogja sehingga hampir tidak ada wisatawan yang datang ke sini. Namun kini, Pok Tunggal sudah mulai dikenal.

Kalau ingin merasa pantai ini seperti pantai pribadi, jangan berkunjung ke sini saat akhir pekan — melainkan datanglah di hari kerja. Oh iya, jangan juga asal memanjat Pohon Duras yang jadi ikon pantai ini, ya. Pohon ini amat berharga maknanya bagi penduduk sekitar.

4. Pantai Sundak

Pantai-Sundak

Pantai Sundak (Foto : titik0jogja.blogspot.com)

Salah satu pantai di Jogja dengan panorama yang indah menawan adalah Pantai Sundak. Terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta, pantai ini memiliki hamparan pasir putih dengan ombak laut yang cukup besar dibandingkan dengan pantai-pantai di Jogja lainnya.

Pada sisi kanan dan kiri pantai ini terdapat bebatuan karang besar yang menjadi pemisah antara pantai Sundak dengan pantai lainnya. Cara terbaik menikmati pesona pantai Sundak adalah dengan berkemah, menikmati malam sembari memanggang ikan bersama dengan para sahabat.

5. Pantai Krakal

Pantai-Krakal

Pantai Krakal (Foto : ragamtempatwisata.com)

Inilah tempat wisata pantai di Jogja dengan garis pantai terpanjang di Gunungkidul. Pantai Krakal menyuguhkan Anda pesona keindahan pantai yang menawan. Seperti pantai lainnya, Pantai Krakal memiliki pula hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.

Pada periode awal bulan, Anda dapat menyaksikan aneka ikan hias yang muncul di sekitar pantai ini. Anda juga dapat melihat aneka biota laut lainnya ketika air laut sedang surut. Tak heran jika Pantai Krakal sering digunakan sebagai tempat studi lapangan para mahasiswa jurusan biologi.

Namun ingat, tetap hati-hati ya! Jika Anda ingin menginap, terdapat sebuah hotel di kawasan pantai ini yang dapat Anda singgahi. Jangan khawatir soal makanan, Anda dapat menjumpai berbagai tempat makan di kawasan pantai Krakal.

Baca Juga : 25 Tempat Wisata Alam Di Jogja Dan Sekitarnya Yang Bagus

6. Pantai Nglambor Atau Lambor

Snorkeling Di Pantai Nglambor

Snorkeling Di Pantai Nglambor (Foto : spadepicnic.wordpress.com)

Pantai Nglambor atau Lambor adalah salah satu tempat wisata pantai di Jogja untuk snorkeling. Pantai ini memiliki ombak yang cenderung lebih tenang dibandingkan pantai-pantai lainnya. Pemandangan bawah laut di pantai ini juga cukup indah.

Air laut di pantai ini cukup jernih untuk memungkinkan kita melihat pemandangan bawah laut dengan lebih leluasa. Ikan-ikan kecil, karang-karang yang indah serta beberapa biota laut merupakan pemandangan yang bisa ditemukan ketika melakukan snorkeling di Pantai Nglambor. Lokasi Pantai Nglambor berada di antara Pantai Siung dan Pantai Jogan.

7. Pantai Sadranan

Snorkeling Di Pantai Sadranan

Snorkeling Di Pantai Sadranan (Foto : blusukanjogja.com)

Satu lagi tempat wisata pantai di Jogja untuk snorkeling yaitu Pantai Sadranan. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dan landai sehingga asyik dijadikan lokasi piknik segala usia. Tak hanya itu, di pantai ini wisatawan juga bisa snorkeling guna melihat keindahan bawah air.

Ingin mengajak keluarga berwisata ke pantai di akhir pekan? Pantai Sadranan bisa menjadi pilihan. Pantai cantik nan landai ini memiliki hamparan pasir putih yang panjang dan luas, sehingga bisa dijadikan arena bermain pasir bagi anak-anak.

Bahkan bermain volley pantai pun menjadi alternatif yang menarik. Ombaknya yang cukup tenang membuat orang tua tidak perlu khawatir jika anaknya berenang di laut.

Sedangkan bagi kaum muda, Pantai Sadranan juga pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Di pantai ini wisatawan tidak hanya bisa menikmati desau angin, debur ombak, maupun gemerisik pasir, tapi wisatawan juga bisa melakukan aktivitas snorkeling maupun free diving guna menyaksikan keindahan bawah laut.

8. Pantai Ngandong

Pantai-Ngandong

Pantai Ngandong (Foto : puguh05.wordpress.com)

Pantai Ngandong kini makin di kenal oleh masyarakat luas karena panorama pantainya yang mempersona. Tempat wisata yang lagi hits di Jogja ini cocok untuk keluarga karena ombaknya tidak terlalu tinggi dan tergolong ramah bagi siapa saja yang ingin bermain-main dengan air, atau hanya sekedar berkenalan dengan segarnya air pantai Ngandong.

Dengan pasir putihnya yang lembut, pantai Ngandong juga sangat cocok untuk tempat bermain anak-anak karena mereka dapat membuat gunungan pasir dengan daya imajinasi dan kreatifitasnya.

Dan sebagai pantai yang makin ramai dikunjungi, pengelolanya pun berencana mempercantik kawasan wisata bahari ini sehingga makin ramai kedepannya.

9. Pantai Drini

Pantai-Drini

Pantai Drini (Foto : anekatempatwisata.com)

Pantai Drini menjadi salah satu tempat wisata pantai di Jogja yang istimewa karena keberadaan sebuah pulau kecil di tengahnya. Bukan sembarang pulau, karena pulau ini membagi pantai menjadi dua bagian dengan karakter yang berbeda.

Bagaikan manusia berkepribadian ganda dengan satu sisi tenang dan lembut, sementara sisi lainnya keras dan garang. Di sisi barat deretan perahu bercadik sedang beristirahat menunggu waktu kembali ke laut. Bila kelelahan, gubug-gubug beratap jerami siap meneduhkan kepala kita yang kepanasan.

10. Pantai Siung

Pantai-Siung

Pantai Siung (Foto : yukpiknik.com)

Inilah tempat wisata pantai di Jogja yang merupakan surga para pemanjat tebing. Di Pantai Siung terdapat puluhan jalur pemanjatan dengan berbagai macam ketinggian dan tingkat kesulitan yang berbeda. Hal itulah yang membuat pantai ini sering dijadikan lokasi untuk ajang panjat tebing hingga tingkat internasional.

Dari tebing-tebing tinggi tersebut kita bisa melihat samudera hindia dengan lebih leluasa. Bila bukan seorang pemanjat, tak jadi soal karena kita bisa tetap bermain-main di pantainya. Di pantai Siung juga terdapat sebuah camping ground yang bisa Anda gunakan untuk mendirikan tenda jika ingin menghabiskan malam di pantai Siung.

Baca Juga : 15 Candi Di Jogja Yang Paling Cantik Dan Keren

11. Pantai Ngobaran

Pantai-Ngobaran

Pantai Ngobaran (Foto : sip-alamnusantara.blogspot.com)

Pantai Ngobaran adalah tempat wisata pantai di Jogja yang kaya akan pesona budaya. Di sini, selain akan menemukan keindahan pantai, kita juga akan melihat bagaimana beragam budaya dan kepercayaan bisa rukun satu sama lain. Hal itu terlihat dari adanya beberapa tempat ibadah dengan kepercayaan berbeda yang berdiri berdampingan.

Jika Anda datang kesini pada pagi hari, kemungkinan Anda akan melihat penduduk sekitar pantai yang sedang memanen rumput laut. Dari kejauhan, pemandangan rumput laut tersebut tampak seperti persawahan di pinggir pantai.

12. Pantai Baron

Pantai-Baron

Pantai Baron (Foto : proleevo.wordpress.com)

Pantai Baron ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Pantai ini juga cukup terkenal sebagai tempat wisata pantai di Jogja yang indah. Banyak keunikan yang dimiliki oleh pantai ini. Salah satunya adalah keberadaan sungai air tawar bawah tanah. Air sungai tersebut mengalir ke laut.

Pantai ini juga memiliki beberapa fasilitas seperti tempat pelelangan ikan, wahana bermain anak-anak, hingga perahu mesin. Di pantai ini terdapat bukit-bukit yang membuat pemandangan menjadi lebih indah.

13. Pantai Kukup

Pantai-Kukup

Pantai Kukup (Foto : yswitopr, kompasiana.com)

Pantai Kukup masih berada di kecamatan Tanjungsari bersama dengan pantai Baron dan pantai Krakal. Orang-orang biasanya menyebut trio pantai tersebut dengan sebutan Baron, Kukup, Krakal. Ketiga pantai tersebut sering dijadikan tujuan dalam satu perjalanan liburan.

Pantai Kukup memilki pasir putih yang lembut. Keunikan pantai ini adalah keberadaan sebuah batu karang besar yang menjolok ke lautan. Melihat batu karang tersebut akan mengingatkan kita pada pantai Tanah Lot yang berada di Bali. Tak heran jika ada yang mengatakan tempat wisata pantai di Jogja yang satu ini sebagai tanah lotnya Jogja.

14. Pantai Ngrenehan

Pantai-Ngrenehan

Pantai Ngrenehan (Foto : hirukpikuk.co.id)

Letak pantai ini berada di sebelah timur pantai Ngobaran. Di pantai ini Anda bisa menikmati indahnya pemandangan bukit-bukit kapur yang indah. Pasir di pantai ini sangat putih dan bersih. Di pantai Ngrenehan Anda bisa melihat banyak sekali perahu nelayan yang digunakan untuk mencari ikan

Di pantai Ngrenehan ini kamu bisa melihat lebih dekat aktivitas para nelayan seperti memperbaiki perahu, merajut jaring atau mengangkat hasil tangkapan. Ingin mencari tempat wisata di Jogja yang indah dan seru? Ya Ngrenehan.

15. Pantai Sepanjang

Pantai-Sepanjang

Pantai Sepanjang (Foto : proleevo.wordpress.com)

Pantai Sepanjang berada di desa Kemadang kecamatan Tanjungsari. Dinamakan demikian karna garis pantai ini adalah yang paling panjang diantara pantai-pantai lain yang berada di Gunung Kidul. Pantai Sepanjang ini relatif baru dan masih cukup sepi.

Belum ada bangunan-bangunan permanen yang terdapat di pinggiran pantai. Hanya ada gubug-gubug sederhana beratap dedaunan kering. Ombak di pantai Sepanjang ini cukup sepi. Untuk Anda yang sedang galau dan ingin menyegarkan pikiran, Anda bisa berjalan santai bertelantang kaki menyusuri garis pantai ini. Pas banget buat Anda yang mencari tempat wisata pantai di Jogja yang jarang dikunjungi.

Baca Juga : 15 Museum Di Jogja Yang Paling Bagus Dan Terkenal

16. Pantai Wediombo

Pantai-Wediombo

Pantai Wediombo (Foto : piknikasik.com)

Walau namanya adalah Wediombo yang artinya adalah pasir lebar/luas, namun tempat wisata pantai di Jogja ini tak seluas namanya. Pantai Wediombo berada di desa Jepitu kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Letak pantai ini agak kebawah. Untuk bisa sampai ke pantai kamu harus rela menuruni beberapa anak tangga yang disediakan.

Sedikit melelahkan memang. Namun, itu semua tak sebanding dengan sensasi yang akan Anda dapatkan. Pantai Wediombo ini masih agak sepi. Airnya yang biru dan pasirnya putih bersih akan membuat Anda tergoda untuk segera bermain-main di pantai cantik yang satu ini.

17. Pantai Jungwok

Pantai-Jungwok

Pantai Jungwok (Foto : dedyprtm.esy.es)

Lokasi pantai Jungwok ini berdekatan dengan pantai Wediombo. Bahkan bisa dicapai dengan berjalan kaki dari pantai Wediombo. Tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai di Jogja lainnya, pantai Jungwok juga dikeliling oleh batu-batu karang raksasa yang membuat pemandangan di sekitar pantai menjadi semakin indah.

Pantai Jungwok ini tidak terlalu ramai bahkan cenderung masih sepi. Belum banyak yang tahu tentang keberadaan pantai Jungwok. Untuk Anda yang suka menjelajah pantai baru di Jogja, Jungwok bisa jadi satu pilihan yang pas.

18. Pantai Ngeden

Pantai-Ngeden

Pantai Ngeden (Foto : kedaisusu01.blogspot.com)

Sama seperti pantai-pantai di Gunung Kidul Jogja pada umumnya, Pantai Ngeden juga memiliki pasir putih lembut serta air laut yang sangat bersih dengan ombak yang cukup tinggi. Area pantai ini sebenarnya tidak terlalu luas. Namun, karena pantainya sangat sepi maka tempat wisata pantai di Jogja ini sangat menggoda untuk dikunjungi.

Pantai Ngeden berada di Padukuhan Bedalo Desa Krambilsawit Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Meski sepi, di sekitar pantai ini sudah ada warung penjual makanan. Di sebelah barat pantai terdapat jalan setapak yang berakhir di sebuah bukit. Di atas bukit tersebut terdapat sebuah gardu pandang yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan laut lepas yang sangat spektakuler.

19. Pantai Parangtritis

Pantai-Parangtritis-Jogja

Pantai Parangtritis (Foto : m.kidnesia.com)

Pantai Parangtritis adalah pantai yang paling terkenal di Yogyakarta. Berlokasi sekitar 25 KM di selatan pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis adalah pantai yang berada di tepi Samudra Hindia sehingga mempunyai karakteristik ombak dan arus yang cukup besar dan kuat.

Keunikan dari Pantai Parangtritis adalah adanya bukit pasir yang disebut gumuk di sekitar pantai. Apabila Anda ingin suatu pengalaman yang berbeda, Anda dapat mencoba bermain paralayang di Bukit Parangndog, Pantai Parangtritis.

Pantai Parangtritis termasuk salah satu tempat bagus di Jogja yang wajib dikunjungi karena memiliki sejuta pesona keindahan. Di sini kita bisa melakukan banyak hal seperti menaklukkan gundukan pasir dengan ATV, bermain layang-layang, ataupun menyusuri pantai dengan bendi dalam senja yang romantis. Tak banyak pula yang tahu bahwa terdapat sebuah candi dan air terjun di pantai ini.

Jogja memang istimewa, termasuk wisata pantai-nya juga benar-benar istimewa indahnya menggoda hati. Nah, bagi Anda yang akan liburan ke Jogja, jangan lupa catat aneka wisata pantai di Jogja tersebut. Sekian dulu info tempat wisata pantai di Jogja yang indah dan cantik, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>