Home Wisata Asia 37 Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

37 Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

80
4
SHARE

Tempat Wisata Di Jogja – Sobat traveler, berikut ini rekomendasi tempat wisata terindah dan hits di Jogja yang wajib dikunjungi saat liburan. Mulai dari objek wisata mainstream hingga destinasi anti mainstream yang baru saja dibuka ada semua disini. Lengkap deh pokoknya!

Yogyakarta dan sekitarnya memang kaya akan tempat wisata yang bagus dan indah. Tak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan kota ini sebagai tujuan liburan selain Bandung, Bogor, dan Malang. Apalagi fasilitas disini sangatlah lengkap serta mudah diakses lewat darat maupun udara.

Daftar Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

1. Hutan Mangrove Kulon Progo

Kawasan Hutan Mangrove Jembatan Api Api
Kawasan Hutan Mangrove Jembatan Api Api (Foto : IG @putut_priambodo )

Kita awali jelajah Jogja dengan mengunjungi tempat wisata baru di Kulon Progo yang lagi hits akhir-akhir ini, yaitu Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon. Karena lokasinya dekat dengan Pantai Congot, maka terkenal juga dengan sebutan Hutan Mangrove Pantai Congot.

Keindahan Hutan Mangrove ini sungguh mengagumkan, apalagi dengan jembatan bambu yang memanjang ditepinya, serasa alami banget. Untuk alamat lengkap hutan mangrove ini terletak di Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo. Harga tiket masuk sekitar 4 ribu rupiah dan parkir motor Rp.2.000,-.

Hutan Mangrove Kulon Progo
Hutan Mangrove Kulon Progo (Foto : IG @yowesaku)

Aktivitas utama disini selain menikmati pemandangan mangrove, tentu saja selfie alias foto-foto karena tempatnya instagramable banget. Jadi, kalau mau kesini, siapkan kamera dan baterai full ya! Oya, jangan lupa bawa obat nyamuk yang oles, hutan kan biasanya banyak nyamuknya.

2. Puncak 4G Gunung Gentong

Gunung Gentong
Gunung Gentong, Gunungkidul (Foto : IG @igusericvirgiawan)

Puncak 4G disini bukan berarti jaringan 4G lho ya! Sebutan ini disematkan untuk Gunung Gentong yang terletak di Padukuhan Manggung, Desa Ngalang, Gedangsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gunung Gentong belakangan ini memang sedang ngehits banget di media sosial seperti instagram dan facebook. Banyak foto keindahan Puncak 4G yang berseliweran di dunia maya. Tak ayal, banyak wisatawan yang langsung tertarik untuk berkunjung kesini.

4G yang dimaksud disini adalah singkatan dari Gunung Gentong, Gedangsari, Gunungkidul. Dari atas puncak ini, Anda akan dapat menikmati panorama indah berupa hamparan sawah nan hijau berterasering dan bukit-bukit lain disekitarnya.

3. Kedung Pengilon

Kedung Pengilon, Bantul
Kedung Pengilon, Bantul (Foto : IG @pejalan_rimba)

Tak hanya Gunung Kidul dan Kulon Progo yang bisa unjuk kebolehan akan keindahan wisata alamnya, Kabupaten Bantul juga punya destinasi yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah Kedung Pengilon di Dusun Petung, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul.

Lokasinya yang mblusuk jauh dari pusat kota, membuat air terjun ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Suasana sepi ala pedesaan akan menyambut Anda ketika datang kesini. Airnya yang bersih dan jernih menambah keasrian Kedung Pengilon.

Air terjun indah di Bantul ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan dibawahnya terdapat sebuah kolam unik karena airnya berwarna biru kehijauan. Instagramable banget! Konon kabarnya, warna air yang cantik ini disebabkan oleh batuan putih di dasar kolam. Mumpung tiketnya masih gratis, yuk buruan kesini gaes!

4. Pantai Drini

Pantai Drini, Gunungkidul
Pantai Drini, Gunungkidul (Foto : IG @ig_cicill)

Bukan hanya Parantritis, Jogja juga punya sejumlah pantai yang eksotis. Bahkan layak disejajarkan dengan pantai indah di Bali atau pun pulau Lombok. Gak percaya? Coba deh berkunjung ke Pantai Drini di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul.

Pantai ini unik karena ada sebuah pulau kecil di tengahnya, membagi pantai menjadi dua bagian yang berbeda karakternya. Sebelah barat akan nampak tempat pelelangan ikan, sedangkan sebelah timurnya akan terlihat hamparan pasir putih nan cantik dengan ombak lembut serta ikan warna warni diantara terumbu karang.

Fasilitas disini cukup lengkap, sudah tersedia Gazebo untuk berteduh dan terdapat warung yang mengolah hasil laut. Menikmati pantai ini akan lebih asyik bila sambil minum kelapa muda di gazebo sambil menunggu bakaran ikan matang.

5. Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu
Pantai Cemara Sewu, Bantul (Foto : IG @camellianisa)

Satu lagi pantai indah di Jogja yang wajib dikunjungi yaitu Pantai Cemara Sewu. Alamatnya berada di Jl. Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul. Sesuai dengan namanya, daya tarik pantai ini memang ada pada keindahan hutan cemara disekitarnya.

Begitu
sampai di lokasi, Anda akan langsung disambut oleh puluhan bahkan mungkin ratusan pohon cemara yang menjulang tinggi. Penampakannya yang begitu instagenic, membuat hutan cemara ini menjadi salah satu spot foto keren di Jogja favorit anak muda. Bahkan seringkali digunakan untuk lokasi prewedding romantis.

Untuk fasilitas yang tersedia masih sangat minim, jadi sebaiknya Anda membawa bekal makanan, minuman, payung, tikar, dan sunblock sendiri dari rumah. Jangan lupa bawa kamera dengan full baterai karena mungkin Anda akan ketagihan selfie disini. Untuk tiket masuk jadi satu dengan TPR pantai Parangtritis.

Baca Juga : 15 Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Yang Enak Dan Murah

6. Goa Ngeleng

Goa Ngeleng
Goa Ngeleng, Paliyan, Gunungkidul (Foto : IG @dc.nugraha)

Daerah Gunung Kidul memang kaya akan goa cantik, diantaranya Goa Ngeleng yang terletak di Giring, Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul. Goa Ngeleng sebenarnya termasuk jenis goa horisontal, namun karena atap di bagian tengah runtuh dan membentuk semacam cekungan, maka menjadikan goa ini seolah-olah goa vertikal.

Untuk mencapai dasar goa, ada 2 jalur yang bisa ditempuh yaitu melelui turun secara vertikal menggunakan tali dan melalui jalan setapak sejauh kurang lebih 1 km. Pada cekungan goa (doline) ditumbuhi vegetasi yang cukup lebat dengan didominasi oleh tumbuhan liana, suplier, dan paku-pakuan.

Goa ini unik karena ada aliran sungai yang mengalir di dalamnya. Sungai ini akan mengalir deras saat musim penghujan, namun akan kering saat kemarau. Jadi, kalau mau kesini sebaiknya musim kemarau ya! Anda juga harus bawa masker karena di dalam goa terdapat puluhan kelelawar, dimana kotorannya berbau tak sedap.

7. Air Terjun Gedad

Air Terjun Gedad
Air Terjun Gedad (Foto : IG @gunawanwicaksana28)

Jogja memang kaya akan objek wisata alam yang indah seperti air terjun, goa, hutan, kebun, hingga perbukitan hijau. Nah, ada satu air terjun baru di Kawasan Gunung Kidul yang keelokannya akan membuat Anda takjub, namanya Air Terjun Gedad.

Air terjun yang berlokasi di Dusun Gedad, Banyusoco, Playen, Kabupaten Gunung Kidul ini mempunyai daya tarik berupa aliran air yang deras dan jernih, serta adanya batuan kapur yang dilaluinya sehingga tampak eksotis berkilauan.

Pepohonan yang menjulang tinggi, jembatan kayu, dan perbukitan kapur disekitar air terjun, semakin menambah keindahannya. Harga tiket masuknya cukup murah, hanya 5 ribu rupiah.

8. Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Hutan Pinus Mangunan Dlingo
Hutan Pinus Mangunan Dlingo (Foto : IG @tooheer)

Siapa seh yang tak kenal dengan Hutan Pinus Mangunan Dlingo? Hampir semua traveler muda tentu akrab dengan ikon tempat wisata di Bantul yang lagi hits ini. Sesuai dengan namanya, objek ini merupakan sebuah kawasan hutan pinus yang berada di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul.

Pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi memberikan kesan cantik untuk dijadikan latar foto. Apalagi saat ini dibangun fasilitas pendukung seperti panggung dan bangku-bangku penonton yang didesain setengah lingkaran. Keren banget deh!

Tak heran, jika selain untuk spot selfie, tempat ini juga kerap kali dijadikan lokasi foto prewedding di Jogja atau pun shooting video klip iklan. Anda juga bisa menikmati suasana yang tenang dan alami disini, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Harga tiket masuknya sepertinya masih gratis, hanya bayar parkir kendaraan 3 – 10 ribu rupiah.

9. Kebun Buah Mangunan Dlingo

Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan (Foto : IG @boy_brandal)

Masih satu kawasan dengan Hutan Pinus Mangunan, di sekitar tempat ini ada juga destinasi yang tak kalah bagus, namanya Kebun Buah Mangunan. Dari atas kebun ini, wisatawan akan dapat menyaksikan Geopark Gunung Sewu dan Aliran Sungai Oya yang indah sekali.

Senja di Kebun Buah Mangunan
Senja di Kebun Buah Mangunan (Foto : IG @kangnuriel)

Hampir sama dengan panorama Tebing Keraton Bandung, disini Anda juga dapat merasakan sensasi negeri diatas awan. Datanglah pagi hari dan jika beruntung, maka Anda dapat melihat hamparan awan membentang diatas bukit yang sangat cantik. Harga tiket masuk sekitar 5 ribu rupiah.

10. Rumah Hobbit, Seribu Batu Songgo Langit, Dlingo

Rumah Hobbit Seribu Batu Songgo Langit
Rumah Hobbit di Seribu Batu Songgo Langit (Foto : IG @afnieku)

Tak hanya Farm House Susu Lembang yang punya Rumah Hobbit, Jogja juga ada lho! Coba deh datang ke Seribu Batu Songgo Langit di Jl. Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul. Disini ada rumah hobbit yang fotogenik banget untuk selfie.

Seribu Batu Songgo Langit memang secara konsep hampir sama dengan Hutan Pinus Mangunan dan Kebun Buah Mangunan, namun ada yang sedikit berbeda yaitu adanya beberapa spot foto keren dan unik yang menjadi kesukaan para traveler muda.

Beberapa spot menarik tersebut antara lain jembatan kayu yang menghubungkan pohon ke pohon, rumah pohon, gardu pandang, dan tentu saja Rumah The hobbit. Ada juga wahan flying Fox yang akan memacu adrenalin Anda. Harga tiket masuknya murah meriah, hanya Rp.2.000,-, tapi kalau belum naik ya!

Baca Juga : 25 Tempat Makan Enak Dan Murah Di Jogja

11. Jurang Tembelan Kanigoro

Tempat Wisata Terindah Di Jogja
Tempat Wisata Terindah Di Jogja Jurang Tembelan Kanigoro (Foto : IG @erlanggasudjono)

Tempat wisata alam baru di Jogja yang tak kalah hits dengan Kebun Buah Mangunan adalah Jurang Tembelan. Masih berada di kawasan Bukit Mangunan, obyek wisata alam yang relatif masih baru ini menawarkan spot selfie berlatar belakang kawasan Mangunan dengan kabut yang menyelimuti bukit di pagi hari.

Jurang Tembelan Kanigoro
Jurang Tembelan Kanigoro (Foto : IG @nflspeed2)

Jurang Tembelan termasuk salah satu tempat di Jogja untuk menikmati sunrise yang cantik. Namun, tentunya harus nunggu musim kemarau karena saat musim penghujan, biasanya matahari akan tertutup awan. Untuk memasuki objek wisata ini, sekarang belum dikenakan tarif retribusi, hanya bayar parkir kendaraan saja.

12. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung
Bukit Panguk Kediwung (Foto : IG @roh_kyt)

Selain dari Kebun Buah Mangunan, panorama Geopark Gunung Sewu yang seolah-olah dibelah oleh aliran sungai Oya juga bisa dilihat dari Bukit Panguk di Dukuh Kediwung. Lokasinya berada di bibir bukit membuat tempat ini memiliki banyak spot bagus untuk hunting foto.

Disini terdapat sebuah gardu pandang yang terbuat dari kayu / bambu untuk melihat hamparan hijau perbukitan nan indah. Gardu Pandang inilah yang viral di media sosial seperti instagram dan facebook karena viewnya sangat eksotis. Harga tiket masuk sepertinya masih gratis, hanya bayar parkir kendaraan saja 2 – 5 ribu rupiah.

13. Spot Riyadi

Spot Riyadi
Spot Riyadi (Foto : IG @lishpuspita)

Objek wisata di daerah dataran tinggi dengan latar panorama alam nampaknya lagi ngetrend dikalangan traveler muda. Nah, ada satu tempat menarik kekinian banget di Jogja yang menyajikan panorama alam dari ketinggian, yaitu Spot Riyadi.

Spot Riyadi terletak di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman. Dari tempat ini, Anda akan bisa menyaksikan hamparan hijau serta gagahnya Candi Prambanan dan Gunung merapi. Tak hanya itu, di sini juga ada spot selfie terbaik berupa Jembatan Cinta.

14. Curug Pulosari

Curug Pulosari
Curug Pulosari, Pajangan, Bantul (Foto : IG @ihyamuthi)

Kabupaten Bantul bukan hanya kaya akan wisata alam dataran tinggi dan pantai, namun juga punya sederet air terjun cantik. Nah, salah satu air terjun keren di Bantul yang sedang hits akhir-akhir ini adalah Curug Pulosari. Lokasinya berada di Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul.

Air terjun ini memang tak terlalu tinggi hanya sekitar 5 – 7 meter, namun aliran airnya yang membentuk seperti tirai begitu eksotik. Dibawahnya ada sebuah kolam yang bisa dipakai untuk berenang atau pun berendam. Agar mendapatkan spot kece disini, sebaiknya datang ketika musim penghujan ketika debit air cukup deras.

Untuk fasilitas cukup memadai, tersedia ruang ganti, warung, tempat parkir, serta penyewaan ban yang dikelola oleh warga setempat. Usahakan datang ketika jam kerja biar mendapatkan suasana sepi karena kalau musim liburan ramai, akan sulit mendapatkan sudut foto yang bagus.

15. Goa Pindul

Goa Pindul
Goa Pindul (Foto : IG @ozrokhmah)

Kalau tempat wisata alam di Jogja yang bagus ini tentu sudah tak asing lagi bukan? Ya, Goa Pindul memang destinasi populer di Jogja beberapa tahun belakangan ini. Meskipun sudah cukup lama, namun pesonanya tetap mampu menarik para wisatawan untuk mencoba cave tubing disini.

Geowisata yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul ini memiliki keunikan berupa adanya aliran sungai yang mengalir di dalamnya. Jadi, jika Anda ingin memasuki Goa Pindul haruslah melalui sungai dengan menggunakan ban. Kegiatan susur goa dengan ban inilah yang dikenal dengan istilah cave tubing.

Goa sepanjang 350 meter ini terbagi dalam tiga zona berdasarkan cahaya yang meneranginya, yaitu terang, remang, dan gelap. Mengingat kedalaman air sungai yang cukup dalam, bagi Anda yang tak bisa berenang sebaiknya tak usah mencoba cave tubing.

Untuk cave tubing ini sudah ada pemandunya, sehingga Anda tak usah kuatir akan tersesat atau tidak bisa keluar. Harga tiket masuknya untuk saat ini dibanderol sekitar 35 ribu per orang. Cukup murah bukan? Jangan lupa siapkan kamera untuk selfie!

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Anak Di Jogja Yang Bagus Dan Menarik

16. Goa Jomblang

Goa Jomblang (Foto : IG @linggabinangkit)
Goa Jomblang (Foto : IG @linggabinangkit)

Satu lagi goa yang menjadi primadona Jogja, khususnya kawasan Gunung Kidul, yaitu Goa Jomblang. Disinilah konon kabarnya kita bisa melihat seberkas “cahaya surga”. Goa Jomblang merupakan gua vertikal yang bertipe collapse doline

Menurut cerita, goa ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Unik bukan?

Karena goanya vertikal dengan ketinggian sekitar 60 m, maka untuk masuk ke dalamnya Anda harus menggunakan peralatan khusus untuk caving. Tak hanya itu, Anda juga harus ditemani oleh instruktur yang sudah berpengalaman untuk menjaga keselamatan.

Ketika sampai di dalam perut Goa Jomblang, Anda akan disambut oleh pemandangan hutan purba yang sangat subur. Aneka lumut, paku-pakuan, semak, hingga pohon-pohon besar tumbuh dengan rapat. Hutan dengan vegetasi yang jauh berbeda dengan kondisi dibagian atas bumi.

Nah, untuk melihat seberkas “cahaya surga” yang ada disini, Anda harus menuju ke Luweng Grubung di dalam goa. Tepat di Luweng Grubung inilah, cahaya matahari menerobos masuk membentuk satu tiang cahaya, menyinari flowstone yang indah.

17. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat
Pantai Kesirat, Gunungkidul (Foto : IG @keydonedp_)

Berbeda dengan pantai di Jogja pada umumnya yang punya hamparan pasir, Pantai Kesirat justru tak punya pasir pantai. Meskipun tanpa pasir, Pantai Kesirat tetap menyuguhkan panorama alam yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Berlokasi di Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Kesirat menyuguhkan pemandangan tebing karang dan deburan ombak yang menggelegar. Adanya hamparan rumput luas serta sunset yang cantik menjadikan pantai ini sangat cocok untuk camping.

Bagi Anda yang suka mancing, Pantai Kesirat bisa menjadi pilihan spot mancing yang tepat. Hal ini karena pantai ini menjadi tempat singgah ikan-ikan besar. Bahkan jika beruntung, Anda bisa melihat hiu tutul, paus, dan lumba-lumba ketika musim migrasi tiba.

18. Tebing Breksi

Tebing Breksi
Tebing Breksi (Foto : IG @mass_anggi)

Pada awalnya, tempat ini merupakan lokasi tambang batu kapur yang menjadi sumber mata pencaharian utama penduduk sekitar. Namun, kemudian aktivitas pertambangan dihentikan mengingat lokasinya berada di kawasan cagar budaya yang dilindungi.

Nah, setelah penghentian aktivitas pertambangan kemudian muncul ide kreatif masyarakat setempat dan seniman lokal untuk menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata. Beberapa fasilitas pun mulai di sediakan seperti pembuatan ornamen pahatan dinding yang membentuk wayang.

Dan akhirnya, Tebing Breksi pun menjadi salah satu tempat wisata indah di Sleman favorit wisatawan untuk berfoto. Apabila Anda naik ke puncak tebing, maka akan melihat pemandangan indah yang mempesona. Bahkan Candi Prambanan pun bisa tampak dari sini ketika cuaca cerah.

Tebing Breksi terletak di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Untuk masuk kesini, sementara belum ada biaya retribusi alias masih gratis. Hanya membayar parkir kendaraan saja sekitar 2 – 5 ribu rupiah. Oya, karena lokasinya panas, maka sebaiknya datang pagi atau sore hari.

19. Kalibiru

Kalibiru Kulonprogo
Kalibiru Kulonprogo (Foto : IG @monicanggiani)

Gardu Pandang di atas pohon memang saat ini sedang booming dikalangan traveler muda. Pemandangan indah angel foto yang menarik menjadi alasan mengapa objek yang seperti ini selalu dicari wisatawan. Nah, di Jogja ada spot rumah pohon yang sangat instagenic, yaitu Desa Wisata Kalibiru.

Kalibiru sendiri termasuk salah satu tempat wisata indah di Kulon Progo yang lagi hits banget belakangan ini. Dari atas gardu pandang Kalibiru, Anda akan dapat menyaksikan keelokan waduk sermo dan hijaunya perbukitan menoreh. Sungguh panorama yang eksotis untuk memanjakan mata Anda.

20. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko (Foto : @agatalarasati_)

Pernah nonton film AADC 2 bukan? Nah, salah satu tempat yang dijadikan lokasi shootingnya adalah Candi Ratu Boko. Tempat ini bukanlah sekedar candi biasa, melainkan bekas kompleks istana yang terdiri atas beberapa bagian bangunan.

Candi Ratu Boko terkenal sebagai tempat melihat sunset terindah di Jogja. Lokasinya memang berada di perbukitan tinggi, jadi dari sini Anda akan bisa melihat matahari tenggelam dan sebagian kota Yogyakarta. Benar-benar pemandangan alam yang menakjubkan! Tak mengherankan jika Candi Ratu Boko di nobatkan sebagai salah satu candi di Jogja yang paling cantik dan keren.

Sunset Candi Ratu Boko
Sunset Candi Ratu Boko (Foto : IG @syammr)

Untuk harga tiketnya seh denger-denger cukup mahal, yaitu antara 25 – 100 ribu, namun sebanding dengan apa yang akan didapatkan disini, yaitu spot foto keren dan bagus. Cocok banget deh buat wisatawan pemburu sunset. Tapi kalau mau kesini sebaiknya saat cuaca cerah ya, agar dapat melihat cantiknya matahari tenggelam di peraduan.

Baca Juga : 15 Museum Di Jogja Yang Paling Bagus Dan Terkenal

21. Gunung Api Purba Nglanggeran & Embung Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran (Foto : IG @alexa_jogja)

Satu lagi tempat yang asyik untuk melihat sunrise dan sunset di Jogja, yaitu Gunung Api Purba Nglanggeran. Tak hanya itu, jika pas cuaca cerah maka Anda akan bisa menyaksikan indahnya langit malam yang dipenuhi bintang-bintang dan rembulan. Romantis banget gaes!

Disebut gunung api purba karena dulunya ketika 60 – 70 juta tahun yang lalu gunung ini aktif, namun sekarang sudah tidak aktif lagi. Di sekitar tempat ini juga terbat sebuah embung (danau buatan) yang tak kalah cantik untuk diabadikan melalui lensa kamera Anda.

22. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong
Pantai Ngandong (Foto : IG @haryosetyadi)

Pantai Ngandong merupakan satu dari deretan pantai indah di Gunung Kidul yang tersembunyi. Suasananya yang masih sepi karena jarang dikunjungi wisatawan serta hamparan pasir putih nan bersih menjadi daya tarik utama pantai ini.

Pantai Ngandong terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Jika dari Kota Yogyakarta dapat ditempuh dengan waktu sekitar 3 jam. Ombak yang relatif tenang akan membuat Anda tergoda untuk bermain air di tepi pantai. Sunset disini juga patut Anda tunggu-tunggu, karena begitu eksotis.

23. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut
Air Terjun Kedung Pedut (Foto : IG @eko_y99)

Kulun Progo termasuk daerah yang kaya akan objek wisata air terjun yang bagus, diantaranya adalah Air Terjun Kedung Pedut. Lokasinya berada di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Keunikan air terjun ini terletak pada aliran airnya yang tampak jernih berwarna putih dan kolam air dibawahnya yang berwarna biru toska. Warna biru toska ini diperkirakan berasal dari pengaruh batuan di dasar sungai/kolam.

Di sekitar kolam terdapat bambu-bambu yang dibuat oleh warga sekitar untuk sekedar duduk dan menikmati keindahan Kedung Pedut. Oya, karena keindahannya, Kedung Pedut pun menjadi air terjun indah di Kulon Progo yang paling hits di media sosial. Harga tiket masuknya masih dibawah 5 ribuan.

24. Bukit Pengilon

Bukit Pengilon
Bukit Pengilon Gunungkidul (Foto : IG @arraykk)

Kalau melihat pasir di tepi pantai itu mah biasa, tapi bagaimana kalau padang rumput di tepi pantai? Tentu luar biasa bukan? Nah, di Dusun Ngelo, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Anda dapat menyaksikan hijaunya padang rumput di tepian pantai. Namanya Bukit Pengilon.

Bukit yang sedang hits di instagram ini menyuguhkan pemandangan indah padang rumput dengan latar lautan biru nan luas. Disini juga bisa digunakan untuk mendirikan tenda, nampaknya asik juga buat camping.

Untuk mendapatkan spot foto yang ciamik di bukit ini tidak lah mudah, Anda harus berjuang cukup keras melalui medan yang lumayan sulit. Oleh karena itu, siapkan fisik yang prima dan bawa bekal makanan / minuman secukupnya. Jangan lupa tetap berhati-hati, dahulukan keselamatan diatas segalanya gaes!

25. Green Village Gedangsari

Green Village Gedangsari Gunungkidul
Green Village Gedangsari Gunungkidul (Foto : IG @irhazzamil)

Tak perlu pergi ke luar negeri untuk melihat deretan perbukitan hijau nan cantik, Jogja juga punya lho! Namanya Green Village Gedangsari. Lokasinya berada di Mertelu, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul.

Dari atas Green Village Gedangsari Anda dapat menyaksikan hamparan hijau pegunungan sewu dan indahnya kota Klaten Jawa Tengah. Ya, tempat ini memang berbatasan dengan Klaten, jadi ketika malam hari pun nampaknya bisa melihat city light kota Klaten.

Green Village Gedangsari
Pemandangan di atas Green Village Gedangsari (Foto : IG @bangkit_ranran)

Fasilitasnya cukup lengkap, ada gazebo di puncak yang bisa digunakan untuk duduk bersantai menikmati keindahan alam. Jalan untuk menuju puncak sudah dibuatkan tangga dengan rute melingkar sehingga memudahkan pengunjung untuk menikmati perbukitan dari berbagai sudut.

Satu lagi yang menjadi primadona Green Village Gedangsari, yaitu spot sunset yang kece. Kata orang-orang seh, inilah New Zealand-nya Jogja. Gak percaya? Datang saja langsung kesini untuk membuktikannya!

Baca Juga : 15 Tempat Nongkrong Di Jogja Yang Asik Dan Enak

26. Stonehenge Kepuharjo

Stonehenge Kepuharjo
Stonehenge Kepuharjo (Foto : IG @ariesieass)

Yogyakarta memang istimewa, selalu saja menawarkan tempat wisata baru yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Stonehenge yang berada di lereng Gunung Merapi, tepatnya Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Dengan area seluas 200 meter persegi, gugusan batu raksasa Stonehenge menjadi daya tarik tersendiri bagi pemburu spot foto apik. Apalagi jika cuaca cerah, langit biru yang luas dan hamparan rumput hijau menjadi alas bebatuan setinggi sekitar 4 meter ini sangat mengagumkan.

Jadi bagi Anda yang tidak punya budget cukup untuk menyaksikan monumen Stonehenge yang tersohor di Inggris, bisa menjadikan Stonehenge Kepuharjo ini sebagai alternatifnya. Mirip banget kok gaes, harga tiket masuknya juga murah meriah sekitar 5 ribu rupiah.

27. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
Pantai Sadranan (Foto : IG @alfrhmnhd_)

Pantai Sadranan termasuk deretan pantai di Jogja yang cocok untuk camping bersama teman atau pun keluarga. Kawasan pantai yang luas dan pasirnya yang halus membuat acara ngecamp jadi lebih asik dan nyaman.

Pantai Sadranan berada di Dusun Pule Gundes, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Begitu sampai disini, Anda akan disuguhi hamparan pasir putih nan indah, lengkap dengan birunya laut sepanjang mata memandang.

Tak hanya enak buat berkemah, Pantai Sadranan juga bisa untuk aktivitas snorkeling. Garis pantainya yang tidak terlalu panjang dengan diapit bukit karang di kanan kirinya, membuat ombak cukup tenang.

Anda bisa melihat terumbu karang dan spesies ikan yang cantik, seperti ikan Kepe-Kepe, Areng-Areng, Morish Idol, Botana Kuning (Yellow Tang), Botana Achilles, Ikan Lepu (Scorpion Fish). Bagi Anda yang tak membawa alat snorkeling, di pantai ini juga tersedia penyewaan alat snorkling.

28. Rumah Bambu Yogyakarta

Rumah Bambu Yogyakarta
Rumah Bambu Yogyakarta (Foto : IG @ariesieass)

Rumah Bambu ini sebenarnya bukanlah objek wisata resmi, namun karena keunikan dan kecantikanya saat diabadikan dengan kamera, akhirnya menjadi viral dikalangan traveler muda. Lokasinya berada Jl. Boyong Harjobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta.

Disini sepengetahuan saya, hanya ada satu Rumah Bambu jadi bagi yang akan foto harus rela antri. Rumahnya sangat epic banget, cocok buat ngisi laman instagram Anda atau pun facebook.

29. Taman Pelangi

Taman Pelangi Jogja
Taman Pelangi Jogja (Foto : IG @imanuel_yuda)

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata malam di Jogja yang menarik, Taman Pelangi bisa menjadi pilihan yang tepat. Objek wisata ini menawarkan suasana romantis dengan aneka bentuk lampion beragam dan nyala lampu yang berwarna-warni.

Taman yang berlokasi di pelataran Monumen Jogja Kembali, Jl. Ring Road Utara, Sari Harjo, Sariharjo, Ngaglik, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Slemandan ini dibuka setiap hari mulai sore hingga malam hari yaitu pukul 17.00 – 23.00 WIB.

Tak hanya lampion, hamparan kerlap-kerlip lampu taman yang membentuk terowongan cinta di bagian atasnya juga ikut meramaikan malam disini. Kilauan lampunya menciptakan kesan epic sehingga banyak menarik muda-mudi untuk berfoto.

Taman Pelangi juga cukup recommended dijadikan tempat wisata anak di Jogja yang asik. Hal ini tentu saja karena tersedia berbagai wahana permainan untuk anak seperti trampolin, becak kayuh, sepeda, motor aki dan bom bom car.

Bagi yang suka bermain air, bisa mencoba bola air, perahu duyung, dan bebek kayuh. Harga tiket masuk Taman Pelangi dibanderol dengan kisaran harga 10 ribu untuk hari Senin – Jumat, dan 15 ribu saat Sabtu – Minggu.

30. Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo
Air Terjun Lepo (Foto : IG @suryojdb)

Air Terjun Lepo terletak di Dusun Pokoh 1, Dlingo, Bantul. Karena ukurannya yang kecil, maka warga setempat menyebutnya sebagai Grojogan Lepo. Meskipun tak sebesar air terjun pada umumnya, keindahan Air Terjun Lepo tak bisa dianggap sebelah mata.

Air terjun ini punya 3 tingkatan dimana setiap tingkat tersebut memiliki kolam sendiri-sendiri. Namun tingkatan pertamalah yang paling cantik. Dengan dikelilingi oleh tebing batu kapur bertekstur unik, air terjun pada tingkat pertama ini sungguh cantik dipandang mata.

Airnya jernih dengan kolam tidak begitu dalam sehingga Anda akan bisa melihat dasarnya. Suasananya yang masih alami dan sunyi membuat tempat ini cocok untuk melepas kejenuhan sejenak dari pekerjaan rutin sehari-hari. Untuk memasuki Air Terjun Lepo belum ada tiket resmi, paling bayar parkir 2 – 5 ribu rupiah.

31. Air Terjun Sri Getuk

Air terjun Sri Getuk
Air terjun Sri Getuk (Foto : IG @anuakbar)

Air Terjun Sri Getuk adalah air terjun di Jogja yang paling bagus dan indah, bahkan keelokannya sampai terkenal hingga luar negeri. Berlokasi di Desa Bleberan, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, tempat ini dapat ditempuh sekitar 2 jam dari pusat Kota Yogyakarta.

Air terjun ini mengalir dari sela-sela tebing dengan ketinggian puluhan meter. Tebing yang dipenuhi banyak tanaman hijau menambah indah pemandangan disini. Di bagian bawah air terjun terdapat bebatuan dan menjadi lokasi yang asyik untuk bermain air. Harga tiket masuknya cukup murah, hanya 10 ribu rupiah.

32. Kawasan Pedistrian Malioboro

Malioboro Jogja
Kawasan Pedistrian Malioboro Jogja (Foto : IG @gonosantoso)

Siapa seh yang tak kenal Malioboro? Ikon kota Gudeg ini begitu populer dikalangan wisatawan. Kini, kawasan ini tidak hanya sekedar pusat tempat belanja murah di Jogja, namun sudah berubah lebih cantik dengan adanya penataan parkir dan trotoar.

Di sepanjang trotoar jalan Malioboro dipasang kursi-kursi epic layaknya di negara-negara benua Eropa. Tak ayal, Malioboro pun menjadi spot foto yang diincar oleh para traveler muda. Terutama selfie dengan duduk diatas kursi-kursi antik tersebut. Tak hanya itu, Anda juga bisa sekalian berkunjung ke beberapa tempat wisata di Jogja yang dekat dengan Malioboro seperti Keraton dan Taman Pintar.

33. Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari
Air Terjun Randusari (Foto : IG @@ashari.riri)

Air terjun ini berada di Dusun Rejosari, Desa Jatimulyo, Dlingo, Kabupaten Bantul. Menyajikan panorama alami berupa air terjun kembar di wilayah bukit kapur Dlingo. Harga tiket masuknya sekitar 1.000 rupiah, dan parkir 3 ribu rupiah.

Begitu sampai, Anda akan disambut dengan merdunya kicauan burung dan heningnya suasana alam di sekitar air terjun. Panorama bentangan sawah nan hijau semakin menambah keelokan Air Terjun Randusari. Tempat ini cocok sekali untuk menenangkan diri serta menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari.

34. Watu Lawang Mangunan

Watu Lawang Mangunan
Watu Lawang Mangunan (Foto : IG @irwan_s10969)

Objek wisata Watu Lawang yang berada di Desa Mangunan, Dlingo, kabupaten Bantul menawarkan pemandangan alam dari atas bukit mangunan. Jika beruntung, maka Anda bisa menyaksikan hamparan kabut putih yang memeluk bukit di pagi hari. Keren banget!

Bukit ini konon kabarnya termasuk bukit purba yang terbentuk ketika proses pembentukan aliran Sungai Oyo atau Oya. Bongkahan batu yang menyusun bukit ini pun mirip dengan batuan Gunung Api Purba Nglanggeran.

35. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo
Kebun Teh Nglinggo (Foto : IG @valinta09)

Siapa bilang Jogja tak punya kebun teh? Di Dusun Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Anda akan dapat menemukan hamparan hijau tanaman teh yang sejuk dipandang mata. Namanya Kebun Teh Nglinggo, catet ya!

Tak hanya panorama indah yang bisa Anda temukan disini, ada juga spot foto keren yang epic banget! Misalnya untuk para pasangan (baca : suami istri) yang ingin berfoto romantis bisa mengambil titik di ayunan kayu yang berada di tepi jurang atau panggung bambu dengan ornamen kawat berbentuk hati besar.

Bila berkunjung kesini, Anda juga bisa sekalian mampir ke beberapa objek wisata lain yang menarik seperti Desa Wisata Kalibiru. Udaranya yang sejuk dan harga tiketnya yang murah, membuat kebun teh ini cocok untuk menghabiskan libur akhir pekan Anda.

36. Puncak Gebang

Puncak Gebang
Puncak Gebang (Foto : IG @@lavienz)

Kabupaten Bantul nampaknya sedang hits dengan berbagai destinasi wisata berupa perbukitan yang menyuguhkan keindahan pemandangan alam dari ketinggian. Selain Kebun Buah Mangunan dan Bukit Watu Lawang, ada juga Puncak Gebang yang terletak di Jalan Dadap Kulon, Bawuran, Pleret, Kabupaten Bantul.

Selain landscape hamparan sawah nan hijau, Puncak Gebang juga menjadi tempat berburu sunset yang indah menawan. Cahaya senja yang mulai redup menyinari dedaunan di persawahan benar-benar begitu cantik, sayang banget kalau dilewatkan begitu saja.

37. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo
Gumuk Pasir Parangkusumo (Foto : valianphotography.blogspot.co.id)

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan sensasi berfoto di padang pasir. Jogja juga punya spot cantik ala padang pasir, namanya Gumuk Pasir Parangkusumo yang terletak di Parangkusumo, Kretek, Bantul.

Gumuk pasir ini cukup unik dan langka lho, hanya beberapa gelintir saja di seluruh belahan bumi. Bahkan mungkin satu-satunya gumuk pasir di Indonesia hanya ada di Yogyakarta. Dengan harga tiket masuk yang murah meriah, sekitar 3 ribu rupiah, tempat menarik ini wajib Anda sambangi saat liburan ke Jogja.

Gumuk Pasir Jogja
Gumuk Pasir Jogja (Foto : IG @lulukman)

Padang pasir ala Jogja ini konon kabarnya berasal dari material vulkanis Gunung Merapi yang terbawa arus hingga ke muara, kemudian terhantam ombak Samudera Hindia. Fenomena alam seperti ini hanya terjadi di negara beriklim tropis dengan curah hujan tinggi.

Aktiitas utama yang bisa dilakukan disini adalah sandboarding (surving di atas pasir) dan foto-foto. Ada beberapa spot keren yang layak jadi bidikan kamera Anda, diantaranya ayunan di tengah pasir, tulisan besar Gumuk Pasir, gardu pandang dan di bawah pohon-pohon.

Nah, itu dia sejumlah tempat wisata terindah di Jogja yang lagi ngehits akhir-akhir ini. Keren-keren bukan? Bagi Anda yang punya informasi menarik lainnya tentang desinasi baru di Kota Gudeg bisa menambahkannya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat dan salam traveling!

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here