Home Wisata Alam The Lodge Maribaya Lembang Bandung – Review Lengkap

The Lodge Maribaya Lembang Bandung – Review Lengkap

1526
0
SHARE

The Lodge Maribaya Lembang Bandung – Sobat traveler, inilah review lengkap The Lodge Maribaya yang berada di Lembang, Bandung lengkap dengan gambar. Tak hanya itu, ulasan kali ini juga disertakan lokasi atau alamat, harga tiket masuk, fasilitas yeng tersedia, wahana unik seperti sky tree, sky swing, zip bike, dan tips wisata mengunjunginya.

The Lodge Maribaya adalah tempat wisata di Bandung yang akhir-akhir ini lagi hits alias naik daun. Pemandangan alam indah, lokasinya yang fotogenik dengan latar hutan pinus dan fasilitas lengkapnya membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke sini.

Keindahan Dan Keunikan The Lodge Maribaya

keindahan-dan-keunikan-the-lodge-maribaya
Keindahan Dan Keunikan The Lodge Maribaya (Foto : urbandung.com)

Panorama penunungan yang disajikan The Lodge Maribaya ini mirip dengan destinasi wisata di luar negeri. Hamparan pohon pinus dan hijaunya pemandangan disana akan memanjakan mata Anda. Udara yang segar serta sejuk membuat tempat ini sangat cocok untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari.

Selain pemandangan alam yang indah, tempat wisata bagus ini juga menawarkan spot unik untuk selfie yang berupa rumah pohon (sky tree) dengan background hutan pinus. Sky Tree ini mirip dengan rumah pohon yang berada di Kalibiru Jogja yang sudah lebih dulu terkenal.

The Lodge Maribaya juga recommended untuk tempat wisata anak dan keluarga di Bandung karena terdapat wahana outbound dan camping ground seperti Terminal Wisata Grafika Cikole. Yang unik disini adalah adanya tenda permanen yang bentuknya menyerupai bawang atau labu dengan fasilitas layaknya penginapan seperti televisi dan tempat tidur yang nyaman.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan Di The Lodge Maribaya Lembang Bandung

aktivitas-wisata-the-lodge-maribaya
Outbound atau Team Work, salah satu aktivitas wisata menarik di The Lodge Maribaya (Foto : IG @thelodgemaribaya)

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di The Lodge Maribaya ini, mulai dari narsis, outbound/tracking, wisata kuliner, hingga camping. Berikut ini saya sampaikan kegiatan wajib yang dapat pengunjung lakukan di The Lodge Maribaya.

1. Selfie atau berfoto di wahana sky tree, mountain swing/sky swing, dan zip bike
2. Mencicipi aneka kuliner di Restoran Dapur Hawu
3. Kongkow dan bersantai di The Pines Cafe
4. Private Party untuk merayakan ulang tahun atau pun pernikahan
5. Foto Prewedding dengan latar hutan pinus yang eksotis
6. Berkuda mengelilingi area The Lodge Maribaya
7. Outbound seperti flying fox dan fun games
8. Tracking menyusuri hutan pinus yang hijau
9. Camping atau bermalam sambil ditemani api unggun atau kambing guling

Fasilitas Dan Wahana Wisata Yang Tersedia Di The Lodge Maribaya Lembang Bandung

Dengan mengusung tema wisata alam terbuka, fasilitas yang tersedia The Lodge Maribaya tentu saja sangat erat kaitannya dengan panorama alam. Kira-kira ada fasilitas dan wahana apa saja ya yang dimiliki oleh tempat wisata alam Bandung yang satu ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Sky Tree Dan Sky Bambu

the-lodge-maribaya-lembang
Sky Tree di The Lodge Maribaya Lembang (Foto : IG @lanlannwulan)

Saat ini, objek wisata dengan platform rumah pohon dengan latar pemandangan alam yang indah sedang di gemari dan menjadi trend di kalangan para wisatawan. Sebut saja rumah pohon Kalibiru Kulonprogo Yogyakarta dan Omah Kayu Malang, foto-foto kedua tempat tersebut selalu menghiasi timeline media sosial.

Nah, bagi warga Bandung, mulai sekarang tak usah jauh-jauh datang ke kota lain untuk selfie di rumah pohon karena kini telah hadir Sky Tree di The Lodge Maribaya. Lokasinya instagramable banget lho! Anda tak perlu takut untuk naik ke atas, karena setiap pengunjung akan diikat tali pengaman kemudian menaiki tangga ke atas plaform kayu yang dibangun di atas pohon.

Setelah sampai di atas, saatnya Anda bergaya bak seorang model untuk berfoto. Jika Anda membawa kamera sendiri, Anda bisa minta tolong difotoin oleh teman. Namun, bagi wisatawan yang tidak membawa foto bisa membeli foto dari fotografer resmi di sana.

Selain sky tree, menurut info terkini, telah hadir sky bambu yang mirip dengan sky tree hanya saja terbuat dari bambu. Tak kalah keren lho foto-foto disini, eksotik banget guys.

sky-bambu
Sky Bambu (Foto : IG @bandungtrip)

2. Mountain Swing atau Sky Swing

The Lodge Maribaya Lembang Bandung
The Lodge Maribaya Lembang Bandung (Foto : pergidulu.com)

Ini dia ayunan unik yang mirip destinasi wisata manca negara, namanya Mountain Swing atau Sky Swing. Ayunan ini sebenarnya ayunan biasa, namun karena background yang digunakan adalah sebuah tebing atau perbukitan dengan hutan pinus yang hijau, maka hasil foto seolah-olah Anda sedang naik ayunan tinggi dengan pemandangan hutan pinus.

Setiap pengunjung yang naik ayunan ini akan dipasangi tali pengaman, lalu duduk di atas tempat duduk serupa ayunan. Setelah itu, tiang diputar ke arah lembah supaya kaki tidak bisa menapak tanah dan terlihat seperti sedang terayun di perbukitan yang menjulang tinggi.

3. Zip Bike

Zip Bike
Zip Bike (Foto : IG @revyoktaviana)

Bersepeda di atas jalan raya atau tanah becek merupakan hal biasa, namun akan menjadi hal unik bila bersepeda di atas tali yang telah terpasang membentang diantara perbukitan hijau. Ya, Zip Bike menawarkan hal tersebut.

Anda akan dipasangi tali pengaman kemudian menaiki sepeda yang dipasang di atas kabel yang terbentang menyeberangi sebuah lembah. Lokasinya yang lumayan tinggi membuat banyak yang hanya berani maju sedikit, setelah difoto sama temannya minta ditarik mundur.

Begitu naik Zip Bike, Anda akan merasakan sensasi menaiki sepeda yang tidak menginjak tanah seperti di sirkus luar negeri. Cobain deh, seru dan asyik banget! Anda tak usah takut karena petugas yang berpengalaman dan alat pengaman yang tersedia cukup memadai. Namun, bagi Anda yang fobia ketinggian mending tidak usah mencobanya.

4. Camping Ground dengan Tenda Unik

Camping Ground The Lodge Maribaya
Camping Ground The Lodge Maribaya (Foto : thelodgemaribaya.com)

The Lodge Maribaya atau yang dikenal juga dengan sebutan The Lodge Eartbound Adventure Park & Resort merupakan salah satu tempat wisata bagus di Lembang untuk camping dengan suasana alam terbuka. The Lodge Maribaya menyediakan penginapan dengan tema Glamping berupa tenda permanen berbentuk labu atau bawang yang menarik.

Anda tak perlu kuatir akan kedinginan karena fasilitas tempat tidur di dalam tenda cukup nyaman. Bagi pengunjung yang ingin memeriahkan malamnya dengan api unggun dan kambing guling bisa memesan di The Lodge Maribaya. Bener-benar asyik bukan?

5. Restoran Dan Cafe

The Lodge Maribaya bisa dibilang sebagai destinasi wisata yang lengkap atau “one stop” objek wisata. Hal ini karena terdapat fasilitas wisata yang komplit dari mulai wahana hingga kuliner. Nah, bagi sobat traveler yang kelaparan setelah berkeliling dan bermain bisa mampir ke restoran dan cafe disini.

Untuk restoran, Anda dapat mengunjungi Dapur Hawu yang menyajikan aneka makanan dan camilan seperti tempe mendoan, gehu pedas serta minuman hangat dan dingin. Untuk harganya sekitar Rp15.000,- s/d Rp.20.000,-. Tempatnya sangat luas, dengan berbagai jenis kursi mulai dari meja kursi kayu sampai bean bag yang dipadukan dengan meja pendek. Asik dan nyaman buat santap siang.

dapur-hawu-restoran-the-lodge-maribaya
Ilustrasi menu makanan di Dapur Hawu Restoran The Lodge Maribaya (Foto : IG @thelodgemaribaya)

Selain itu, ada juga warung-warung kecil di depan Restoran Dapur Hawu. Bentuknya memang menyerupai warung, tapi sudah distandarisasi sehingga tidak terkesan asal-asalan. Beragam jajanan dan kuliner Bandung seperti ketan bakar, surabi, colenak, jagung bakar, sate, mie kocok sampai mie bakso ada di sana.

Bagi Anda yang ingin kongkow atau nongkrong bisa berkunjung ke The Pines Cafe. Di tempat ini, Anda bisa nongkrong-nongkrong santai sambil ngopi ditemani pemandangan hutan pinus di depannya. Selain berbagai menu minuman kopi dan teh, di sini juga tersedia milkshake, smoothies dan juice.

The Pines Cafe The Lodge Maribaya
The Pines Cafe The Lodge Maribaya (Foto : pergidulu.com)

Untuk makanan berat menu utamanya berupa ayam, sedangkan makanan lainnya ada sosis & kentang goreng, poffertjes, spaghetti, burger, dll. Harga minuman disini dibanderol sekitar Rp10.000,- s/d Rp.30.000,-, sedangkan makanan berkisar Rp.25.000,- s/d Rp.90.000,-.

Dengan tempat yang nyaman dan harga terjangkau, pantas rasanya memasukkan The Pines Cafe ke dalam rekomendasi tempat nongkrong baru di Bandung yang cozy. Suasana alamnya benar-benar terasa, apalagi sambil ditemani secangkir kopi atau teh hangat beserta camilannya. Anda akan susah beranjak dari cae ini.

6. Tim Building untuk Outbond dan Fun Games

aktivitas-wisata-the-lodge-maribaya
Outbound atau Team Work, salah satu aktivitas wisata menarik di The Lodge Maribaya (Foto : IG @thelodgemaribaya)

The Lodge Maribaya juga menyediakan fasilitas Outbond dan Fun Games bagi karyawan perusahaan atau pun pelajar untuk melatih kerjasama tim. Melalui kegiatan outbond disini, selain sebagai tempat latihan membangun kerjasama tim work juga bisa sekaligus refreshing untuk menghilangkan penat dari rutinitas kerja sehari-hari.

Baca Juga :

7. Wedding Party (Pesta Pernikahan)

Wedding Party di The Lodge Maribaya
Wedding Party di The Lodge Maribaya (Foto : IG @thelodgemaribaya)

Keindahan The Lodge Maribaya Bandung rupanya cukup menarik banyak kalangan, tak kecuali mereka yang akan menikah. Tak jarang tempat ini dijadikan sebagai lokasi prewedding dan pesta pernikahan. Tempatnya cukup romantis dan unik untuk wedding party dengan area terbuka. Namun, kalau bisa memesan tempatnya jangan pas musim hujan ya!

Lokasi Dan Alamat The Lodge Maribaya Lembang Bandung

The Lodge Maribaya terletak di Jalan Maribaya Timur Km 6 Kampung Kosambi, Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk peta lokasi bisa Anda lihat melalui google maps di bawah ini.

Jam Buka The Lodge Maribaya Lembang Bandung

Jam buka operasional The Lodge Maribaya mulai pukul 08.30 – 17.00 WIB (weekdays) dan pukul 10.00 – 17.00 WIB (Weekend).

Rute Jalan Menuju The Lodge Maribaya Lembang Bandung

Bagi sobat traveler yang ingin berkunjung ke objek wisata yang satu ini, berikut saya sampaikan rute jalan cara menuju ke The Lodge Maribaya Lembang Bandung.

  • Rute pertama, Anda dapat melalui pertigaan Lembang-Tangkuban Parahu-Maribaya, lalu ambil yang lurus ke arah Maribaya. Ikuti jalan terus sampai ada pertigaan lagi dengan arah Dago, belok ke kiri ke arah Maribaya. Setelah melewati Maribaya Natural Hotspring Resort, Anda akan masuk ke desa Cibodas dengan beberapa bagian yang lumayan rusak. Ikuti jalan utama di desa Cibodas dan jangan lupa untuk melihat kanan kiri menemukan papan petunjuk The Lodge Maribaya.
  • Untuk rute kedua, Anda bisa melewati Punclut atau Ciumbuleuit yang kemudian tembus ke Pasar Lembang. Namun, Anda tak perlu jauh-jauh memutar melalui Floating Market atau Hotel Grand Lembang, cukup memotong jalan kekanan melewati pemukiman penduduk. Jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar bila Anda masih bingung.

Harga Tiket Masuk The Lodge Maribaya Lembang Bandung

Berikut ini daftar tiket masuk The Lodge Maribaya beserta tarif fasilitas/wahana yang ada disini seperti sky tree, camping/penginapan, dan prewedding.

  • Harga tiket masuk reguler Rp.15.000,-
  • Hiket masuk dan voucher makan Rp.30.000,-
  • Harga makanan di restoran Dapur Hawu sekitar Rp.15.000,- s/d Rp.20.000,-
  • Harga camping dan penginapan di The Lodge Maribaya Lembang Bandung dibanderol dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp.275.000,- s/d Rp.475.000,- per malam.
  • Harga tiket masuk Sky Tree sebesar Rp.15.000,-
  • Harga tiket masuk Mountain Swing atau Sky Swing dibanderol sekitar Rp.20.000,-
  • Harga tiket masuk Zip Bike yaitu Rp.20.000,-
  • Harga tiket masuk foto model dan pre wedding seharga Rp.650.000,- per 4 jam untuk 5 orang (sudah termasuk tiket masuk dan makan siang)

Tips Wisata Berkunjung Ke The Lodge Maribaya Lembang Bandung

Agar Anda dapat menikmati keindahan alam The Lodge Maribaya dengan nyaman dan puas, berikut saya sampaikan tips liburan ke tempat wisata di Jawa Barat yang bagus dan indah ini.

  • Berkunjunglah saat weekdays agar Anda dapat leluwasa mengeksplor semua wahana dan arena disini. Hindari kunjungan saat weekend karena ramai dan biasanya antri untuk mencoba atraksi seperti sky tree, sky swing, dan zip bike.
  • Mengingat The Lodge merupakan objek wisata alam terbuka, sebaiknya berkunjung saat cuaca cerah untuk mendapatkan pemandangan indah dan latar foto yang eksotis.
  • Bawa kamera dengan full baterai, karena mungkin Anda akan ketagihan berselfie disini.

Bagiamana sobat traveler? Benar-benar keren dan bagus bukan destinasi yang satu ini? Rugi deh kalau liburan ke kota Kembang tak mampir kesini. Demikianlah sekilas review tempat wisata alam The Lodge Maribaya Lembang Bandung yang lagi ngetrend akhir-akhir ini, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here