Home » Wisata Asia » 55 Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Bagus Dan Indah

55 Tempat Wisata Di Bandung Yang Paling Bagus Dan Indah

Tempat Wisata Di Bandung – Berikut ini adalah review lengkap rekomendasi tempat wisata di Bandung yang paling bagus dan indah yang meliputi daftar nama, alamat, lokasi, harga tiket masuk, gambar, serta keunikan atau keistimewaan yang dimiliki oleh masing-masing objek wisata.

Kota Bandung dan sekitarnya memang kaya akan tempat menarik untuk liburan berakhir pekan, dari mulai wisata alam, budaya, air terjun, wahana permainan anak dan keluarga, hingga sajian kuliner khas yang enak dan murah meriah.

Tak mengherankan bila kawasan Bandung menjadi tempat wisata di Jawa Barat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan menurut hasil pencarian “keyword” di Google, kota ini menjadi saingan berat pariwisata Bali dan Lombok.

Tak hanya itu, akomodasi dan sarana transportasi kota Kembang sangatlah lengkap. Ada banyak hotel, villa, resort, dan penginapan baik kelas berbintang maupun melati. Anda tinggal memilihnya sesuai dengan selera dan isi kantong yang tersedia.

Nah, karena saking banyaknya tempat wisata bagus yang ada di kota ini, maka Anda harus pandai-pandai memilihnya. Kira-kira apa saja ya? Untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan, saya telah membuat sajian list objek wisata terbaik yang asik dan seru dikunjungi. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Daftar Tempat Wisata Bagus Dan Indah Di Bandung Jawa Barat Yang Wajib Dikunjungi

1. The Lodge Maribaya Lembang

tempat-wisata-di-bandung

Tempat wisata di Bandung The Lodge Maribaya (Foto : IG @lanlannwulan)

Mari kita awali jelajah kota kembang dengan mereview The Lodge Maribaya Lembang atau yang dikenal dengan nama The Lodge Earthbound Adventure Park Bandung. Objek wisata alam ini menyajikan pemandangan hutan pinus yang keren dan instgramable.

Berlokasi di Jl. Maribaya Timur Km. 6 Kampung, Kosambi, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, The Lodge Maribaya saat ini tengah menjadi “the rising star” tempat wisata bagus di Bandung terbaru yang cocok untuk liburan keluarga.

Ada berbagai aktivitas wisata yang dapat Anda lakukan seperti camping di alam terbuka. The Lodge Maribaya menyediakan tenda permanen berbentuk bawang yang unik dan nyaman buat keluarga. Api unggun dan kambing guling pun tersedia disini untuk menyemarakkan malam berkemah Anda.

the-lodge-maribaya

The Lodge Maribaya (Foto : IG @evaseptiani92)

Bagi yang hoby narsis dan selfie, spot cantik berupa rumah pohon dengan latar hutan pinus nan indah dan eksotis siap memanjakan lensa kamera Anda. Cukup dengan membayar Rp.10.000,- Anda sudah bisa menikmati sensasi keindahan di rumah pohon.

Tak cukup sampai disitu, Anda juga bisa melakukan kegiatan lain seperti berkuda, hiking, dan memanah. Jika lapar, restoran dengan menu makanan khas Sunda siap mengisi perut Anda sampai kenyang. Harg tiket masuk The Lodge Maribaya tergolong murah, sekitar Rp.20.000,- per orang (sudah termasuk voucher makan).

2. Grand Hotel Universal

Tempat wisata di Bandung yang bagus

Tempat wisata di Bandung yang bagus Grand Hotel Universal (Foto : IG @seranggaliar)

Tak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk liburan, cukup berkunjung ke Grand Hotel Universal maka Anda bisa menikmati sensasi menginap di hotel ala Eropa. Berada di Jl. Dr. Setiabudhi No. 376, Kota Bandung, Jawa Barat, hotel bintang 5 di Bandung ini menyuguhkan arsitektur bangunan yang unik dan eksklusif.

Grand Hotel Universal mengusung tema bergaya renaissance dengan keberadaan 6 buah kubah besar yang ada di bagian atas. Dari tempat inilah biasanya para wisatawan bisa secara langsung menyaksikan keindahan malam kota Bandung.

Tak butuh waktu lama bagi Grand Hotel Universal untuk dikenal masyarakat karena semenjak dibuka, langsung menjadi viral di media sosial seperti instagram. Sesuai dengan fasilitas dan akomodasi yang lengkap, Anda pun harus merogoh kocek agak dalam untuk menginap disini. Siapkan aja budget sekitar 2 jutaan untuk semalam.

3. Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali

Glamping Lakeside Rancabali (Foto : IG @candrairwan )

Mungkin tempat wisata yang satu ini masih asing di telinga sobat traveler, karena Glamping Lakeside Rancabali masih relatif baru ikut menyemarakkan dunia wisata di Bandung Selatan. Glamping Lakeside Rancabali merupakan sebuah resort wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuhan liburan wisatawan.

Glamping Lakeside Rancabali mempunyai satu spot andalan yaitu Pinisi Resto. Sesuai dengan namanya, resto enak di Bandung ini mengusung tema bangunan perahu pinisi. Lokasinya yang berada di pinggir situ Patenggang membuat Anda seolah-olah makan di tengah perahu yang sedang berlayar.

Pinisi Resto

Pinisi Resto (Foto : IG @rezaramdani91)

Udaranya yang sejuk dan pemandangan pepohonan yang sangat indah membuat tempat ini benar-benar romantis. Apalagi ketika kabut mulai turun, indah banget! Untuk memasuki resto ini, Anda wajib deposit Rp.10.000,- sedangkan harga tiket masuk Glamping Lakeside Rancabali dibanderol dengan harga Rp.20.000,-.

4. Hijab Swimming Pool

Hijab Swimming Pool

Hijab Swimming Pool (Foto : kompas.com/Dendi Ramdhani)

Inilah tempat wisata baru di Bandung yang khusus bagi para hijabers, Hijab Swimming Pool namanya. Bagi para wanita muslim yang ingin mandi air panas tetapi takut privasinya terganggu, bisa mencoba kolam pemandian air panas ini.

Alamat dan lokasi objek wisata menarik ini masih satu kawasan dengan Floating Market, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Disini tersedia juga sewa baju renang khusus untuk hijaber.

Kolam air panas hijabers ini cukup luas dengan ukuran panjang 20 meter, lebar 7 meter dan kedalaman 120-140 sentimeter. Coretan lukisan bernuansa Islami sangat kental lengkap dengan tersedianya fasilitas mushala. Harga tiketnya sekitar Rp.50.000,-.

5. Warung Modjok

Warung Modjok

Warung Modjok (Foto : IG @matshuokaaerial)

Liburan di kota Kembang dengan udara yang relatif dingin, sungguh asik rasanya jika ditemani dengan secangkir kopi hangat. Cobain deh datang ke Warung Modjok di Jalan Pinus Raya komplek Perumahan Pondok Hijau Indah (masuk dari Sersan Bajuri).

Disini Anda tak hanya bisa menikmati racikan kopi yang enak, namun sekaligus bisa kongkow dan narsis. Dekorasi tempatnya yang stylist dan modern, membuat coffee shop ini layak Anda kunjungi. Harganya murah meriah lagi, recomended banget deh buat tempat nongkrong di Bandung bareng sahabat atau pun pasangan (baca : istri).

Tak hanya kopi, Warung Modjok juga menyediakan aneka camilan enak untuk teman ngobrol. Untuk range harga minuman dan makanan disini sekitar Rp.10.000,- s/d Rp.20.000,-.

6. Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton

Tebing Keraton (Foto : IG @rinamstf)

Walaupun sudah cukup populer beberpa tahun belakangan ini, tak membuat Tebing Keraton luntur pamornya. Tempat wisata alam terindah di Bandung ini masih cukup digemari oleh anak-anak muda untuk hunting foto atau pun sekedar santai melepas penat.

Kalau bukit moko dan bukit bintang menawarkan pemandangan lampu kota di malam hari, lain halnya dengan Tebing Keraton. Disini, Anda akan disuguhi pemandangan hutan pinus yang terhampar indah bagaikan permadani hijau di atas awan. Tak heran jika destinasi wisata yang satu ini menjadi incaran para anak-anak IG.

Untuk saat ini, pinggiran Tebing Keraton telah diberi batas berupa pagar, jadi relatif lebih aman. Jalan menuju ke lokasi pun sudah dibenahi, sehingga mudah dilalui.

Oya, untuk alamat Tebing Keraton terletak di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat. Harga tiket masuknya sekitar Rp.11.000,- per orang.

7. Kampung Pago Ciwidey

Kampung Pago Ciwidey

Kampung Pago Ciwidey (Foto : IG @kampungpago)

Selain kawasan Puncak Bogor yang menjadi incaran tempat istirahat dan liburan, Bandung Selatan khususnya Ciwidey pun mulai dilirik oleh para wisatawan. Udaranya yang sejuk, pemandangan indah, dan banyaknya objek wisata menjadi alasan para traveler singgah disini.

Salah satu tempat wisata bagus di Ciwidey yang layak untuk dijadikan tempat liburan adalah Kampung Pago. Terletak di dataran tinggi, Kampung Pa’go,menjadi tempat peristirahatan yang pas untuk Anda yang ingin menyendiri dari keramaian kota.

Kampung Pa’go menyajikan suasana kampung nan asri, dikelilingi rimbunan pepohonan dan kolam-kolam ikan akan membuat Anda semakin nyaman. Anda juga akan dimanjakan dengan sajian kuliner khas Sunda yang lezat menggugah selera.

Ada berbagai pilihan kamar untuk menginap disini, seperti Cottage, Rumah Bali, dan Pondok Pago dengan harga dibawah Rp.500.000,- per malam. Untuk fasilitas tambahan ada kolam renang dan mini soccer.

8. Farmhouse Susu Lembang

Farm House Bandung

Farm House Bandung (Foto : mixedupalready.com)

Tak dapat dipungkiri, kawasan Lembang merupakan magnet tersendiri bagi kemajuan pariwisata kota Bandung. Alamnya yang indah dan udaranya yang masih bersih dan segar menjadi daya tarik tempat ini. Apalagi objek wisatanya, lengkap banget!

Salah satu tempat wisata bagus di Lembang yang relatif baru adalah Farmhouse Susu Lembang yang menyuguhkan suasana ala peternakan Eropa. Bagi Anda yang ingin berfoto dengan latar bangunan-bangunan bergaya Eropa, disinilah tempatnya.

Nuansa Eropa klasik benar-benar terasa disini. Apalagi dilengkapi dengan penyewaan kostum tradisional dan properti ala Eropa, membuat tempat ini kaya akan spot untuk berfoto. Beberapa spot menarik untuk berfoto di Farmhouse antara lain rumah hobbit, pekarangan sewa kostum eropa, curug mini, gembok cinta, dan masih banyak lagi.

Farm House Susu Lembang

Farm House Susu Lembang (Foto : IG @farmhouselembangbdg)

Lokasi Farm House Susu Lembang terletak di Jalan Raya Lembang 108, Cihideung, Bandung Barat. Harga tiket masuk dibanderol sebesar Rp.20.000,- per orang (tiket dapat ditukar dengan susu murni). Jam buka Farmhouse setiap hari dari pukul 09.00 – 21.00 WIB. Jika akhir pekan atau liburan biasanya buka hingga pukul 23:00 WIB.

9. Dusun Bambu

Dusun Bambu Bandung

Dusun Bambu Bandung (Foto : indonesia.tripcanvas.co)

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata menarik di Bandung yang mengusung tema “one stop traveling”, maka Dusun Bambu bisa menjadi pilihan yang tepat. Mengapa? Hal ini tentu saja karena Dusun Bambu menyediakan aneka kegiatan wisata yang asyik dan seru untuk wisatawan, terutama bagi keluarga dan anak-anak.

Berbagai aktivitas yang dapat sobat traveler lakukan disini diantaranya adalah berkemah, bersepeda, lari/joging, mengajak anak bermain, menanam padi, menikmati indahnya taman bunga, wisata kuliner di cafe burangrang, dan belanja di pasar khatulistiwa.

Dusun Bambu

Dusun Bambu (Foto : dusun-bambu.com)

Tempat liburan baru di Bandung yang lagi hits ini terletak di Kampung Cijanggel, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Untuk menikmati berbagai fasilitas Dusun Bambu, pengunjung dikenakan tarif masuk sebesar Rp.15.000,- per orang.

10. Situs Goa Pawon

Goa Pawon

Goa Pawon (Foto : IG @kepinhelmy)

Selain keindahan alamnya yang eksotis, kawasan Bandung Barat juga punya objek wisata sejarah yang sayang bila dilewatkan begitu saja, yaitu Goa Pawon. Situs purbakala ini terkenal karena di dalamnya ditemukan fosil manusia purba yang konon kabarnya merupakan nenek moyang orang Sunda.

Lokasi gua ini terletak di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Untuk memasuki Goa Pawon, Anda harus menaiki bebatuan karena mulut goa terletak beberapa meter dari atas tanah.

Keunikan goa ini selain sebagai tempat ditemukannya fosil purba adalah susunan batuannya yang cukup artistik. Anda dapat menemukan beberapa spot instagramable disini. Disini juga terdpat kelelawar yang beterbangan di langit-langit goa. Harga tiket masuknya murah meriah, hanya Rp.5.000,- per orang.

11. Stone Garden Padalarang

Stone Garden

Stone Garden (Foto : daraasyndt.wordpress.com)

Ini dia objek wisata menarik di Bandung yang lagi naik daun, Stone Garden. Lokasinya berada di Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat, Bandung Barat., masih satu kawasan dengan Goa Pawon.

Sesuai dengan namanya, tempat ini menyuguhkan pemandangan taman batu yang keren dan indah. Tapi bukan batu akik lho ya! Konon kabarnya, dahulu kala, kawasan perbukitan ini berada di dasar laut, karena adanya aktivitas bumi dan pergeseran lempeng, maka terangkatlah ke permukaan.

Dan akhirnya menjadi tebing bukit kapur seperti sekarang. Tak heran beberapa bentuk batu yang ada di atas menyerupai batu karang yang berongga-rongga laksana batu karang di bawah laut.

Paling enak dan asyik berkunjung ke sini saat pagi atau sore hari karena cuaca tidak begitu panas dan bisa melihat sunset. Harga tiket masuknya cukup murah, Rp.5.000,- per orang. Jangan lupa siapkan kamera Anda untuk mengabadikan taman batu yang eksotis ini.

12. Curug Bugbrug

Tempat wisata di Bandung yang indah

Tempat wisata di Bandung yang indah Curug Bugbrug (Foto : IG @khaerudinm)

Geografi daerah Bandung yang merupakan perbukitan menjadikan tempat ini kaya akan air terjun yang indah dan cantik. Salah satunya adalah Curug Bugbrug yang terletak di Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Diberi nama Curug Bugbrug lantaran air yang jatuh dari curug ini bertumpang tindih, yang dalam bahasa sunda disebut bugbrug. Keberadaannya yang masih asri alami dan tak jauh dari pusat kota, menjadikan Curug Bugbrug cocok untuk sekedar melepas penat setelah rutin seharian beraktivitas.

Curug Bugbrug merupakan air terjun terindah di Bandung Barat yang masih jarang dikunjungi alias belum terjamah. Udara yang sejuk dan suasananya yang sepi menambah keelokan curug yang satu ini. Harga tiket masuknya pun cukup murah, sekitar Rp.5.000,- per orang.

13. Curug Citambur

Curug Citambur

Curug Citambur (Foto : IG @sigitparker)

Curug Citambur sebenarnya secara administratif masuk Kabupaten Cianjur, namun karena lokasinya yang dekat dengan kawasan Bandung bagian selatan, maka curug ini pun cukup populer sebagai salah satu tempat wisata indah di Bandung yang layak dikunjungi.

Dengan ketinggian mencapai sekitar 100 meter, Curug Citambur memancarkan airnya yang bersih dengan debit air yang cukup deras. Saking derasnya wisatawan pun tidak bisa terlalu mendekati Curug Citambur.

Berdiri sekitar 50 meter saja dari curug ini, mungkin Anda tidak akan kuat lama. Hempasan airnya seperti hujan walau baru beberapa menit berdiri, Anda akan langsung basah kuyup. Selain itu, lingkungan sekitar curug tergolong sejuk alami, sehingga menambah keindahan air terjun Citambur.

Lokasi Curug Citambur berada di Desa Karang Jaya, Pagelaran, Cianjur Selatan. Harga tiket masuknya sangatlah murah meriah, hanya Rp.3.000,-. Di sekitar lokasi curug terdapat fasilitas seperti tempat parkir yang luas, toilet, mushola dan beberapa warung yang menjual makanan dan minuman.

14. Curug Cimahi

Curug Cimahi

Curug Cimahi (Foto : IG @ceppemartin)

Ada satu lagi air terjun terindah di Bandung yang wajib dikunjungi, yaitu Curug Cimahi. Tempatnya asik dan enak untuk bersantai melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Aksesnya juga mudah, tak terlalu jauh dari pusat kota Bandung.

Begitu tiba di lokasi curug, Anda akan langsung disajikan dengan keindahan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 87 meter. Karena berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan air laut, udara di sekitar Curug Cimahi ini pun terasa sejuk.

Disini tersedia kursi-kursi untuk pengunjung bersantai dan menikmai keindahan curug atau sekadar beristirahat melepas lelah. Suasana alam yang tenang serta kicauan burung-burung di ranting pepohonan menambah daya tarik air terjun ini.

Keelokan Curug Cimahi tidak hanya dapat dilihat ketika siang hari saja, saat malam tiba, maka curug ini akan semakin mempesona. Betapa tidak, pihak pengelola telah memasang lampu berwarna warni di sekitar curug bagaikan pelangi di malam hari. Tak ayal, Curug Cimahi pun dikenal dengan sebutan air terjun Pelangi.

Lokasi Curug Cimahi terletak di pinggir Jalan Raya Kolonel Masturi, Cisarua, Bandung Barat. Harga tiket masuknya dibanderol dengan harga Rp.12.000,- sebelum jam 17.00 WIB, dan Rp.15.000,- setelah jam 17.00 WIB (air terjun pelangi).

15. Green Forest Resort Cihideung

green-forest-resort

Ilustrasi tempat pernikahan Green Forest Resort Cihideung (Foto : IG @greenforestbandung)

Bagi Anda yang sedang mencari tempat bulan madu di Bandung yang romantis maka Green Forest Resort Cihideung bisa menjadi pilihan yang tepat. Berlokasi di Jl. Sersan Bajuri No. 102, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, resort ini menawarkan tempat penginapan dengan konsep alam.

Anda beserta pasangan (baca : istri) akan dimanjakan dengan suara air mengalir dari sungai dan suara burung-burung yang bernyanyi menyambut mentari pagi hari. Kesan alami pun akan tampak kental sekali karena kamar di desain berupa cottage dari kayu.

Tak hanya itu, restorannya pun mengusung tema Go Green. Semua bangunan menggunakan material kayu, dekorasi yang artistik bertemakan alam. Disini tersedia juga kolam renang dan taman bermain anak, jadi tempat ini juga cocok untuk liburan keluarga.

Jam buka selama 24 jam dengan harga tarif kamar sekitar 1 juta lebih per malam. Mahal? Saya rasa tidak juga, karena harga yang tinggi itu akan sebanding dengan kanyamanan yang akan Anda dapatkan.

16. Curug Panganten Pangalengan

Curug Panganten Pangalengan

Curug Panganten Pangalengan (Foto : IG @andhikabayu)

Bandung memang salah satu tempat destinasi wisata yang kaya akan curug indah nan eksotis. Salah satu buktinya adalah Curug Panganten yang terletak di Perkebunan Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kab. Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Sesuai dengan namanya, Curug Panganten mempunyai 2 air terjun kembar yang mengalir secara berdampingan. Airnya mengalir cukup deras dan sangat jernih. Pepohonan dan rimbunnya lumut hijau yang berada di dinding air terjun semakin menambah keeksotisan curug ini.

Curug Panganten termasuk tempat wisata tersembunyi di Bandung yang belum terjamah oleh banyak wisatawan. Oleh karena itu, suasana disini sungguh masih sangat alami. Udaranya begitu sejuk, membuat suasana semakin tenang dan damai.

Air terjun Panganten ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah atau pun warga, jadi untuk memasukinya Anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Fasilitasnya tentu saja masih minim, belum ada toilet ataupun mushola.

Meskipun demikian, Curug Panganten cukup recommended untuk dikunjungi karena keindahannya. Apalagi bagi Anda yang suka mencari spot cantik untuk berfoto, wajib rasanya berkunjung kesini. Oya, jika Anda tertarik untuk datang ke curug indah ini, jangan malu bertanya ke warga, lantaran belum ada papan petunjuk jalan.

17. Kampung Cay Ranca Upas

ranca-upas

Penangkaran Rusa Ranca Upas (Foto : IG @shaktisiddarta)

Menjelajahi kawasan Ciwidey Bandung Selatan, sepertinya belum lengkap tanpa mengunjungi Kampung Cay Ranca Upas. Berada di Jalan Raya Ciwidey – Patenggang KM 11 Rancabali, Ranca Upas menjadi pilihan yang cocok bagi wisatawan yang menginginkan tempat wisata alam terpadu.

Dengan luas sekitar 215 hektar dan suasana alam yang sejuk, Kampung Cay Ranca Upas menawarkan sejumlah fasilitas wisata menarik yang asik dan seru, yaitu Camping Ground, Penangkaran Rusa, Kolam Pemandian Air Panas, Fun Adventure, dan Fun Games.

Spot favorit disini yaitu kawasan Penangkaran Rusa dimana pengunjung dapat berinteraksi lebih dekat dengan rusa-rusa jinak yang menggemaskan. Dan tentu saja berfoto dengan rusa menjadi suatu hal yang sayang bila dilewatkan begitu saja karena benar-benar ikonik dan keren.

Harga tiket masuk Kampung Cay Ranca Upas cukup murah meriah, hanya Rp.10.000,-, namun harga bisa berubah sewaktu-waktu lho ya! Jam buka sepertinya sampai 24 jam karena ada area camping. Untuk parkir motor Rp.2.000,- dan mobil Rp.5.000,-.

18. Terminal Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata Grafika Cikole

Terminal Wisata Grafika Cikole (Foto : IG @pevypev)

Bagi sobat traveler yang sedang mencari tempat wisata di Bandung yang bertema alam yang fotogenik sekaligus bisa untuk menginap, langsung datang saja ke Terminal Wisata Grafika Cikole. Beralamat di Jl Raya Tangkuban Perahu Km 8 Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Bandung Barat, Grafika Cikole menawarkan penginapan alam yang sejuk dan outbond yang seru.

Terminal Wisata Grafika Cikole mempunyai tiga pilihan penginapan yaitu hotel, pondok wisata dan camping. Berada di ketinggian sekitar 1.400 mdpl dan dikelilingi hutan pinus membuat tempat ini benar-benar nyaman untuk dihuni. Tentunya asyik juga buat foto-foto karena pemandangannya sangatlah indah.

Grafika Cikole juga menyediakan area outbond untuk anak-anak, pelajar sekolah, maupun orang dewasa. Beberapa kegiatan game alam terbuka yang bisa dilakukan disini antara lain flying fox, Paint Ball, Jembatan Elvis, Jaring Laba-laba, ATV, permainan tradisional, dan lainnya.

Kalau Anda kelaparan, tinggal pesan saja makanan di restoran yang ada di tempat ini. Asyik dan lengkap bukan? Pas banget deh buat tempat rekreasi keluarga di akhir pekan. Apalagi kalau Anda memilih camping dibawah pohon-pohon pinus, sensasinya seindah berkemah di Gunung Pancar Bogor.

19. Vila Air Natural Resort Lembang

Vila Air Natural Resort Lembang

Vila Air Natural Resort Lembang (Foto : agoda.com)

Tak hanya kawasan wisata Bogor yang kaya akan vila keren dan indah, Lembang Bandung juga punya villa yang tak kalah bagus untuk dijadikan tempat liburan. Namanya Vila Air Natural Resort yang terletak di Jl Kolonel Masturi KM 9, Lembang, Jawa Barat.

Vila Air Lembang dilengkapi sebuah teras privat dengan view panorama Gunung Tangkuban perahu yang cantik dan indah. Kolam dan taman yang asri juga dibuat di sekitar villa sehingga suasana alaminya kental banget.

Yang tak kalah keren tentu saja villa ini pas buat spot untuk berfoto dengan background taman, kamar, atau pemandangan Tangkuban Perahu. Anda tinggal pilih saja mau villa standar dengan 3 kamar untuk 6 orang atau villa VIP 4 kamar untuk 8 orang.

Harganya sekitar 2,3 juta s/d 2,7 juta rupiah per villa saat weekdays, tapi saat weekend harganya lebih mahal sekitar 4 jutaan lebih. Oya, menurut info yang saya terima disini juga ada perkebunan untuk wisata petik strawberry, asyik bukan?

20. Jalan Braga

Braga Culinary Night

Braga Culinary Night (Foto : IG @bragaculinary)

Inilah ikon baru pariwisata kota Bandung, Jalan Braga Namanya. Apa seh yang istmewa dari jalan ini? Jalan Braga boleh dibilang Malioboronya kota Kembang, ya waloupun tidak 100% mirip, namun gedung-gedung tua bergaya art-deco di sekitaran jalan ini memberikan kesan yang fotogenik banget.

Tempat ini termasuk salah satu spot cantik kota Bandung favorit wisatawan untuk foto-foto selfie. Tak hanya itu saja, aneka restoran, cafe, dan pusat perbelanjaan juga ada disini lho. Apalagi kalau malam minggu tiba, Anda bisa mengunjungi Braga Culinary Night Festival yang menyajikan berbagai kuliner enak khas Bandung dan Nusantara.

21. Lawang Wangi Creative Space Bandung

Lawang Wangi Creative Space

Lawang Wangi Creative Space (Foto : cacanotabi.weebly.com)

Liburan ke kota Bandung tak akan lengkap bila tidak mengunjungi cafe yang unik dan asik. Cobain deh datang ke Lawang Wangi Creative Space di Jalan Dago Giri 99A, Mekarwangi Bandung Jawa Barat. Cafe ini buka mulai pukul 11.00 – 22.00 WIB.

Lawang Wangi menyuguhkan sebuah tempat makan dengan view yang sangat bagus untuk melihat keindahan kota Bandung dari ketinggian. Dekorasi tempat ini sangatlah nyaman dan cantik, membuat siapapun yang datang akan betah berlama-lama disini. Tak heran jika cafe ini menjadi pilihan tempat nongkrong cozy di Bandung bagi para anak muda.

lawang-wangi-creative-space-bandung

Spot cantik di Lawang Wangi Creative Space Bandung (Foto : IG @mrizkidm)

Menu makanan yang disajikan pun sangat beragam, Anda dapat memilih sesuai dengan selera dan budget. Secara umum, makanan yang ditawarkan kebanyakan menu western seperti steak, salad, BBQ, milkshake dan lainnya. Namun ada juga menu lokal seperti sop buntut bakar taliwang.

Untuk range harga memang agak mahal seh, sekitar 25 ribu – 75 ribu. Namun, tempatnya yang enak membuat harga yang mahal pun jadi tak masalah. Bersantai sambil ngobrol, makan, dan menyaksikan pemandangan alam yang indah khas Dago akan memberikan kesan special untuk Anda.

22. Taman Bunga Begonia Lembang

Taman Begonia Lembang

Taman Begonia Lembang (Foto : deasiamela.blogspot.com)

Tak sulit untuk mencari tempat romantis di Bandung karena kota ini memang benar-benar menyuguhkan fasilitas wisata yang lengkap. Salah satunya adalah Taman Bunga Begonia di Jl. Maribaya No. 120A, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Seperti halnya suasana Taman Bunga Nusantara yang berada di kawasan wisata Puncak Bogor, Taman Begonia juga penuh dengan aneka bunga indah yang berwarna-warni. Beberapa bunga yang dapat Anda temukan disini antara lain Bunga Celosia, Melampodium, Bunga Impatiens, Bunga Salvia, Bunga Geranium, dan lainnya.

Karena begitu cantiknya, maka aktiitas wajib disini adalah berfoto alias selfie/narsis di depan lensa kamera. Puas-puasin deh bergaya ala foto model, mumpung tempatnya bagus dan keren. Taman bunga ini juga sering sekali digunakan sebagai tempat foto pre-wedding di Bandung selain Kawah Putih Ciwidey.

Jam buka Taman Begonia mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya dibanderol seharga Rp.10.000,- per orang, namun bila Anda membawa kamera profesional dengan resolusi tinggi seperti DSLR, maka akan dikenai tarif tambahan sebesar Rp 50.000,-.

23. Floating Market Lembang

Floating-Market-Bandung

Floating Market Bandung (Foto : peholidays.com.my)

Kalau pariwisata Sentul Bogor punya Pasar Ah Poong, maka Bandung punya Floating Market. Seperti halnya dengan pasar apung di Banjarmasin atau Bangkok Thailand, objek wisata ini juga menyuguhkan para pedagang di atas perahu yang mengapung.

Hanya saja, bedanya Anda tak harus menaiki perahu untuk membeli makanannya, karena para penjual makanan tersebut berada di pinggiran danau buatan yang ada disini. Yang dijual pun khusus makanan alias kuliner khas Bandung dan Nusantara.

Selain wisata kuliner, Floating Market juga mempunyai beberapa spot unik untuk berfoto seperti taman kelinci, miniatur kereta api, the rock (taman batu), becak mini, dan lainnya. Anda juga bisa naik perahu untuk berkeliling danau lho! Asyik dan seru bukan?

Harga tiket masuk Floating Market Lembang terbilang cukup murah terjangkau, hanya Rp.15.000,- per orang. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB. Tempat ini cocok untuk dikunjungi anak-anak dan keluarga. Namun, siap-siap saja macet di jalan ketika musim liburan tiba, hehe.

24. Kawah Putih

Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Ciwidey Bandung (Foto : kawahputihciwidey.com)

Nah, kalau yang satu ini tentu Anda sudah mengenalnya bukan? Kawah Putih merupakan tempat wisata di Bandung yang paling populer. Hampir setiap akhir pekan dan liburan, objek ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Berlokasi di Jl. Raya Soreang Ciwidey, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, Kawah Putih menawarkan pemandangan danau kawah indah berwarna hijau toska terang dan kabut putih. Dipinggiran kawah terdapat pepohonan tanpa daun yang menambah keelokannya serta akan membuat Anda serasa berada di luar negeri.

Karena keindahannya, tempat ini pun sering dijadikan lokasi syuting film dan pre-wedding di Bandung. Namun, yang perlu diperhatikan adalah kandungan belerang yang cukup terasa, sehingga Anda disarankan tidak melakukan aktivitas yang banyak membutuhkan oksigen.

Harga tiket masuk Kawah Putih hanya Rp.18.000,- per orang. Untuk prewedding dibanderol seharga Rp.500.000,-. Jam berkunjung mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB.

25. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung (Foto : jubileechurchesfestival.org)

Trans Studio Bandung nampaknya masih menjadi objek wisata anak dan keluarga favorit di kota Bandung. Hal ini bisa dilihat dari ramainya wisatawan yang datang ke tempat ini saat akhir pekan atau pun libur panjang. Apalagi tempat ini selalu menyajikan wahana baru dan promo bagi para traveler.

Theme Park Indoor yang terletak di Jl. Gatot Subroto 289, Bandung ini boleh di bilang Dufan Ancol versi tertutup. Hal ini karena tempat ini menyajikan wahana tetapi dalam sebuah ruangan yang luas dan tertutup.

Jadi, Anda tak perlu takut akan kehujanan atau pun kepanasan. Keseruan yang bakal Anda dapatkan juga tak kalah asyik dibandingkan dengan tempat wisata di Jakarta tersebut.

Wahana yang memacu adrenalin kebanyakan menjadi incaran pengunjung yang datang ke Trans Studio Bandung. Dari total 25 wahana, ada 5 wahana ekstrem terbaru yang sangat menantang bagi para wisatawan. Wahana tersebut adalah Yamaha Racing Coaster, Vertigo, Giant Swing, Negeri Raksasa, dan Pemburu Badai.

Setelah puas bermain menikmati aneka permainan, Anda dapat mengisi perut Anda dengan makanan dan minuman di foodcourt yang tersedia. Bagi sobat traveler yang hoby shoping, bisa mampir Trans Studio Mall.

Harga tiket masuknya cukup mahal seh, sekitar 170 ribu (weekdays) dan 270 ribu (weekend). Namun tentu saja harga yang Anda bayarkan akan sebanding dengan kepuasan dalam menikmati aneka wahana disini. Jam buka mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.

26. Situ Patenggang

situ-patenggang-bandung

Ilustrasi Situ Patenggang (Foto : IG @kartikadhaniaty)

Daerah Ciwidey Bandung bagian Selatan memang memiliki sejumlah objek wisata alam yang indah dan eksotis. Salah satunya adalah danau Situ Patenggang atau Situ Patengan yang pemandangannya sungguh mempesona berpadu dengan hamparan kebun teh yang hijau.

Berlokasi di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, danau ini menyuguhkan suasana alam yang sejuk dan tenang. Cocok buat berakhir pekan dalam rangka melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari.

Ada berbagai aktivitas wisata yang dapat Anda lakukan disini, seperti memancing, bermain sepeda air, mengelilingi danau dengan perahu warna-warni, piknik di pinggir danau, berjalan-jalan di kebun teh, mengunjungi batu cinta, dan mengelilingi Pulau Asmara.

Fasilitas yang tersedia disini pun cukup lengkap, ada gazebo, toilet, mushola, penginapan, area parkir, penyewaan perahu, sepeda air, toko buah, toko souvenir, rumah makan, dan perahu angsa.

Harga tiket masuk Situ Patenggang sekitar Rp.18.000,- (weekdays) dan Rp.20.500,- (weekend). Jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

27. Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang (IG @yantjeu)

Gunung Putri merupakan salah satu perbukitan indah yang terletak di Cihideung, Lembang. Tempat ini memiliki pemandangan alam yang indah dan sangat mudah dijangkau dari pusat kota Bandung. Itulah alasan mengapa saya masukkan Gunung Putri ke dalam list ini.

Objek wisata ini cocok dikunjungi bagi para pendaki pemula dan yang hoby hiking. Dilihat dari segi waktu dan jalur trekkingnya, Gunung Putri sangatlah bersahabat bagi wisatawan. Selain bisa melihat sunset yang cantik, Anda juga dapat mengunjungi sebuah benteng peeninggalan Belanda yang sudah lama terbengkalai.

Gunung Putri juga menjadi tempat favorit anak muda untuk camping. Namun, Anda harus menyiapkan sendiri peralatannya seperti tenda, makanan, kompor, dan jaket tebal karena disini tidak ada tenda permanen seperti di The Lodge Maribaya. Untuk harga tiket masuknya cukup murah, hanya Rp.5.000,- per orang.

28. Alun-Alun Kota Bandung Dan Menara Kembar Masjid Raya Bandung

masjid-raya-bandung

Masjid Agung Bandung atau Masjid Raya Bandung (Foto : merdeka.com/andrian salam)

Taman alun-alun kota Bandung saat ini menjadi destinasi baru bagi keluarga di akhir pekan. Semenjak dipermak untuk peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA), alun-alun ini berubah menjadi sangat cantik. Tak kalah keren bila dibandingkan dengan alun-alun kota Batu yang menjadi ikonnya wisata Malang Jawa Timur.

Di alun-alun ini terpasang hamparan rumput sintetis yang asik buat bermain anak-anak dan duduk-duduk santai sambil ngobrol. Banyak juga yang berfoto di sekeliling taman yang menyajikan spot keren.

Tak hanya itu, Anda juga bisa sekaligus wisata religi ke menara kembar Masjid Raya Bandung yang berada satu lokasi dengan alun-alun. Dari puncak menara ini, Anda dapat menyaksikan keindahan gunung dan perbukitan yang mengelilingi kota Bandung.

alun-alun-masjid-agung-kota-bandung

Alun-Alun Masjid Agung Kota Bandung (Foto : IG@paramiswari)

Untuk naik ke menara, Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp.5.000 per orang. Anda tak usah kuatir akan capai naik ke puncak menara setinggi 81 meter ini, karena ada lift yang akan membawa setiap wisatawan ke atas menara.

Saat bulan Ramadhan tiba, alun-alun tersebut menjadi tempat ngabuburit di Bandung favorit warga untuk menunggu waktu buka puasa tiba. Untuk menu berbuka puasa Anda tak usah kuatir, karena di sekitar taman alun-alun banyak penjual takjil yang menjajakan makanannya.

29. Puncak Bintang Bukit Moko

Puncak Bintang Bukit Moko

Ilustrasi Hutan Pinus Puncak Bintang Bukit Moko (Foto : IG @bolangdekil)

Bagi Anda yang ingin menyaksikan city light kota Bandung dari ketinggian, datang saja ke Puncak Bintang Bukit Moko. Ketika kesini, sebaiknya Anda bawa jaket tebal karena lokasinya yang berada di ketinggian 1442 meter diatas permukaan laut, membuat daerah ini dingin dan sering juga dilingkupi oleh kabut.

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan disini selain menyaksikan lampu-lampun yang menyala bagaikan bintang di malam hari. Anda bisa berfoto dengan background hutan pinus yang sangat instagramable. Hutan pinus ini pun sempat menjadi viral di media sosial karena keindahannya.

Selain itu, disini juga tersedia camping ground untuk berkemah menantikan sunrise yang sangat eksotis. Untuk memasuki Puncak Bintang, Anda harus membayar tiket sebesar Rp.8.000,-, namun sebelumnya Anda juga harus membayar retribusi Rp.10.000,- untuk naik ke bukit moko.

Lokasi Puncak Bintang terletak di Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Bagi Anda yang tidak suka hewan anjing, perlu berhati-hati. Karena sekilas melihat video di youtube, banyak hewan ini berkeliaran di puncak. Namun sepertinya gak galak kok, hehe.

30. Aneka Taman Kota

taman-film-bandung

Taman Film Pasupati Flyover Bandung (Foto : IG @shauarchitects)

Tak mau kalah dengan pariwisata kota Surabaya yang mempunyai taman cantik, Bandung pun terus berbenah membangun aneka taman indah yang dapat dijadikan tempat santai warga berakhir pekan.

Nah, bagi sobat traveler yang sedang mencari tempat wisata gratis di Bandung, maka datang saja ke Taman Tematik yang tersebar di seluruh penjuru kota. Setidaknya ada sekitar 8 taman kota yang menjadi lokasi favorit anak muda untuk nongkrong dan kumpul-kumpul bersama teman.

Taman-taman tersebut antara lain Taman Vanda, Taman Pustaka Bunga Cilaki, Taman Fotografi, Taman Jomblo, Taman Film, Taman Musik Centrum, Taman Hewan, dan Taman Persib.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di taman kota ini, seperti bermain skate board, berfoto, bermain musik, atau pun sekedar kongkow sambil menyaksikan keindahan taman.

31. Gunung Hawu Bandung

Gunung Hawu Bandung

Gunung Hawu Bandung (Foto : IG @obyreza)

Ada satu tempat wisata unik di Bandung yang belum banyak dikenal oleh wisatawan, yaitu Gunung Hawu atau Tebing 125 yang berada di Padalarang.

Konon kabarnya Gunung Hawu memiliki lengkung alami yang mirip dengan lengkungan alam Natural Bridge di Virginia dan Arches Nationall Monument di Utah. Wow, keren bukan?

Gunung Hawu termasuk salah satu spot terbaik di Bandung untuk berburu sunrise. Ketika berkunjung kesini, Anda jangan sampai melewatkan momen matahari terbit dengan latar menara telekomunikasi dan lekukan perbukitan nan eksotis yang disertai dengan kabut tipis.

Selain itu, Gunung Hawu merupakan lokasi favorit untuk belajar panjat tebing. Anda dapat menimba ilmu di sekolah panjat tebing yang bernama SKYGERS. Disini Anda akan diajarkan teknik-teknik pemanjatan dengan aman dan benar.

32. Arung Jeram Sungai Palayangan Pengalengan

Arung Jeram Sungai Palayangan

Arung Jeram Sungai Palayangan (Foto : @lanlannwulan)

Tak hanya tempat wisata di Sukabumi yang terkenal akan arung jeramnya, kawasan Bandung Selatan pun punya lokasi rafting yang tak kalah seru. Cobain deh arung jeram Sungai Palayangan di daerah Pangalengan yang berada pada ketinggian 1.200 mdpl.

Sungai Palayangan memang tidak terlalu lebar, namun rafting disini apalagi beramai-ramai akan terasa asyik banget. Tak hanya itu, Anda juga bisa sekaligus menikmati keindahan panorama Situ Cileunca.

Arung jeram ini dimulai dari lokasi wisata Situ Cileunca yang menjadi sumber dari Sungai Palayangan. Untuk tingkatan jeram dibagi menjadi 4 grade, dengan jeram tertinggi mencapai 2 meter. Wah, bakalan bikin jantung berdetak kencang bukan?

Namun Anda tak usah kuatir, sebelum memulai arung jeram Anda akan dilengkapi dengan pakaian standar keamanan, yaitu pelampung dan helm. Ada juga pemandu yang memberikan arahan tentang bagamana cara rafting serta simulasi di Situ Cileunca. Dan tentu saja ada team rescue yang mendampingi Anda selama kegiatan berlangsung.

Harganya berapa ya? Untuk harga dibagi menjadi beberapa paket dari mulai Rp.150.000,- hingga Rp.550.000,-. Anda tinggal pilih saja sesuai dengan selera dan jumlah rombongan yang akan ikut rafting.

33. Situ Cileunca

situ-cileunca

Situ Cileunca (Foto : IG @dhu_yuand)

Situ Cileunca di Pangalengan, Bandung Selatan akhir-akhir ini sedang hits dikalangan wisatawan untuk berakhir pekan. Danai ini menyajikan tempat yang romantis bersama pasangan Anda (baca : istri). Berkeliling danau dengan menggunakan perahu benar-benar memberikan sensasi seperti di film-film hollywood.

Tak hanya menawarkan pemandangan danau yang indah dan segar, Situ Cileunca juga mempunyai spot cantik dan keren untuk berfoto, yaitu Jembatan Merah atau yang dikenal dengan nama Jembatan Cinta. Narsis di jembatan ini menjadi suatu hal yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke tempat ini.

Selain wisata danau, disini juga terdapat kebun Strawberry dan Arbei yang bisa Anda kunjungi. Untuk memasuki kebun ini Anda akan dikenai tarif sekitar Rp.5.000,- dan bila ingin membawa pulang buahnya Anda harus membayar sekitar 25 ribu – 30 ribu rupiah per kg.

Benar-benar asik dan menarik bukan? Yuk, buruan deh ajak keluarga, istri, atau sahabat untuk liburan ke Situ Cileunca. Harga tiketnya murah meriah kok, cuma 5 ribu rupiah per orang.

34. Situ Cisanti

situ-cisanti

Situ Cisanti (Foto : IG @meilaaninur)

Situ Cisanti merupakan hulu sungai Citarum di Jawa Barat. Walaupun sungainya kurang bersih, namun daerah hulunya ternyata sangat bersih dan indah. Gak percaya? Datang saja langsung ke Situ Cisanti yang terletak di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dengan luas sekitar 5 hektar dan terletak di ketinggian 1.500 Mdpl, danau Situ Cisanti menyuguhkan pemandangan indah yang mengagumkan. Danau ini dikelilingi oleh beberapa pegunungan yang eksotis.

Sebut saja Gunung Wayang sebagai sumber mata airnya. Ada juga Gunung Rakutak, Gunung Malabar, Bukit Bedil, dan Gunung Kendang yang merupakan batas alam antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut.

Udara yang sejuk dan jauh dari polusi perkotaan membuat danau ini cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau teman. Anda juga bisa menikmati keelokan Situ Cisanti dengan naik perahu mengelilinginya. Bagi sobat traveler yang hoby memancing pun bisa tersalurkan disini.

Fasilitas yang tersedia di Situ Cisanti tergolong lengkap. Disini tersedia toilet umum, mushola, dan area parkir. Warung penjual makanan dan kopi pun bisa Anda temui, jadi kalau perut sudah keroncongan bisa mampir ke warung ini. Harga tiket masuknya cukup murah lagi, cuma Rp.7.500,- per orang.

35. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan (Foto : IG @roylasro)

Inilah tempat wisata baru di Bandung Barat yang lagi ngehits banget, namanya Sendang Geulis Kahuripan. Ngomongin objek wisata air yang satu ini, saya jadi teringat ikonnya tempat wisata di Klaten yang bernama Umbul Ponggok. Mengapa? Karena tempat ini mirip dengan umbul tersebut, yang menyuguhkan air jernih dan bersih alami.

Perbedaannya hanya terletak pada fasilitas yang tersedia disini. Jadi, Anda jangan terlalu berharap fasilitas di Sendang Geulis Kauripan ini sama seperti Umbul Ponggok. Sendang ini masih baru banget, wajar kalau belum begitu memadai fasilitasnya.

Apa seh keistimewaan Sendang Geulis Kahuripan? Kok bisa dimasukkan dalam list destinasi ini? Suasana alam ala pedesaan akan Anda dapatkan di mata air Sendang Geulis Kahuripan. Airnya sangatlah bersih, jernih, dan segar. Mata air sendang ini terus mengalir ke sungai sehingga tidak bau.

Aktivitas wajib yang perlu Anda lakukan tentu saja berfoto dan berendam. Spotnya sangat cantik buat narsis ala anak kekinian. Pas buat koleksi di insgtaram Anda agar semakin gaul.

Disini sudah ada tempat bilas, tempat ganti pakaian dan warung penjual makanan serta minuman. Lokasi Sendang Geulis Kahuripan atau Telaga Cikahuripan ini terletak di Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Harga tiket masuknya cuma Rp.10.000,-.

36. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut (Foto : IG @gusmanik)

Satu lagi tempat menarik terbaru di Kabupaten Bandung Barat yang sedang menjadi trending topik di kalangan traveler muda, yaitu danau Sanghyang Heuleut. Airnya yang jernih kehijau-hijauan sampe kebiru-biruan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Danau ini semakin tampat cantik dengan adanya bebatuan besar dan tinggi yang mengelilinginya. Konon kabarnya, Sanghyang Heuleut adalah danau purba yang berada di Gunung Api Purba atau Gunung Sunda.

Danau Sanghyang Heuleut terletak di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk menuju lokasi, Anda bisa berpatokan pada PLTA Saguling. Nah, dari sini Anda masih harus menyusuri jalan yang cukup menguras fisik sejauh kurang lebih 3 km (jangan malu bertanya kepada warga sekitar).

Aktivitas yang biasa dilakukan oleh anak muda biasanya mandi loncat dari bebatuan. Bagi Anda yang tak bisa berenang, mendingan foto-foto saja karena tempatnya keren dan bagus. Untuk harga tiketnya seh masih gratis, namun tidak menutup kemungkinan suatu hari akan dikenakan biaya.

37. De Ranch Lembang

De Ranch Lembang

De Ranch Lembang (Foto : IG @sisusidavid)

Tak perlu jauh-jauh ke Amerika untuk menikmati suasana koboi, mampir saja ke De Ranch Lembang yang terletak di Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

De Ranch menawarkan nuansa koboi dengan suasana peternakan kuda. Anda akan bisa merasakan sensasi berkuda di alam terbuka, melewati padang rumput, dan peternakan. Tak hanya itu, Anda pun bisa memakai kostum kobi disini, dari mulai sepatu, pakaian, dan topi. Asyik bukan?

Selain itu, De Ranch juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya seperti Balon Air, Kolam Pancing, Peti Luncur, wisata Naik Delman, pameran tanaman hias, wisata kuliner dan toko oleh-oleh buah tangan. Lengkap banget buat tempat liburan keluarga di Bandung.

Yang tak kalah menariknya lagi, harga tiket masuknya cukup murah hanya Rp.5.000,- per orang. Hanya saja untuk mencoba wahana disini Anda harus membayar lagi, dengan range harga Rp.20.000,- hingga Rp.40.000,- tergantung jenisnya. Jam buka mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

38. Gunung Batu

Gunung Batu Lembang

Gunung Batu Lembang (Foto : IG @mas_zaqi)

Kota Bandung merupakan sebuah cekungan yang dikelilingi oleh puluhan pegunungan. Salah satunya adalah Gunung Batu yang terletak di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang Bandung Barat. Dari puncak gunung ini Anda akan dapat menyaksikan keindahan kota Bandung dari ketinggian serta bentangan gunung yang lainnya.

Gunung atau bukit yang merupakan bagian dari patahan Lembang ini letaknya cukup dekat dengan pusat kota Lembang dengan waktu tempuh sekitar 5-10 menit dan dilanjutkan trekking selama 30 menit sampai 1 jam.

Saat malam hari tiba, dari puncaknya yang memiliki ketinggian 1.228 MDPL, Anda dapat melihat cantiknya lampu-lampu kota Bandung di malam hari maupun gunung-gunung besar seperti Manglayang, Tangkuban Perahu, Gunung Putri dan Bukit Tunggul.

Kegiatan yang biasa dilakukan disini oleh para traveler adalah hiking, panjat tebing, dan camping. Anda jua bisa menyaksikan sunrise (matahari terbit) dari tempat ini. Harga tiketnya sepertinya masih gratis, namun bisa jadi dikemudian hari akan dikenakan tarif masuk.

39. Maribaya Natural Hot Spring Resort Waterfall

Curug Maribaya

Curug Maribaya di Maribaya Natural Hot Spring Resort (Foto : IG @ervanrustandi )

Lelah berkeliling menikmati aneka tempat rekreasi di kota Bandung dan sekitarnya, saatnya relaksasi tubuh Anda dengan berendam air panas di Maribaya Natural Hot Spring Resort.

Tempat ini dulunya dikenal dengan nama Maribaya atau air terjun Maribaya. Namun, seiring berjalannya waktu, objek wisata menarik ini direnovasi menjadi lebih bagus dan diberi nama Maribaya Natural Hot Spring Resort Waterfall.

Berbagai fasilitas wisata menjadi semakin lengkap, diantaranya adalah kolam rendam air panas alami, kolam rendam kaki air panas alami, food court, kolam tangkap ikan dan pancing, cafe, sky bridge, area bermain anak, kios sayur & buah, parkir, mushola, toilet, dan lainnya.

Lokasinya berada di Jalan Maribaya No. 105-212, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk harga tiket masuknya dibanderol sekitar Rp.35.000,- per orang.

40. Danau Wakadobol Batujajar

Danau Wakadobol

Danau Wakadobol atau Danau Tadah Hujan Batujajar Bandung (Foto : IG @yoanatomy )

Kawasan Bandung Barat akhir-akhir ini terus menjadi trending topic di kancah pariwisata alam Jawa Barat. Tak lain karena banyak ditemukan surga baru yang indah dan eksotis untuk dijadikan objek wisata. Apalagi bagi anak-anak IG yang suka banget mengunggah foto berbagai tempat wisata terindah di Indonesia.

Selain Sendang Geulis Kahuripan dan Sanghyang Heuluet, ada satu lagi tempat yang wajib dikunjungi di Bandung, yaitu Danau Wakadobol yang terletak di Giriasih, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Danau ini sebenarnya bukanlah sebuah destinasi wisata yang sengaja di bangun dan dikelola untuk tempat liburan. Danau Wakadobol hanyalah sebuah bekas galian pertambangan pasir yang lama-kelamaan terisi air hujan. Lalu terbentuklah sebuah danau yang indah.

Jika dilihat dari proses pembentukannya, Danau ini mirip dengan tempat wisata indah di Gunungkidul yang bernama Telaga Biru Semin dan ikon wisata Tegal terbaru yang dikenal dengan sebutan Danau Beko Margasari. Kedua tempat tersebut sama-sama berasal dari bekas galian tambang yang kemudian membentuk danau eksotis setelah terisi air hujan.

Aktivitas yang bisa dilakukan disini adalah berfoto dengan latar danah Wakadobol. Anda dilarang keras untuk mandi disini karena kedalamannya mencapat 3-12 meter. Tiket masuknya masih gratis, paling hanya membayar parkir 2 ribu rupiah. Harap berhati-hati ketika kesini karena lokasi penambangannya masih aktif.

41. Indo Wisata Permata

Indo Wisata Permata

Indo Wisata Permata (Foto : niaharyanto.com)

Bagi Anda yang hoby mengoleksi perhiasan dan ingin tahu proses pembuatan permata berlian, datang saja langsung ke Indo Wisata Permata (IWP). Lokasinya berada di Perumahan Citra Green, Blok N No.1-10, kawasan Dago Atas, Kota Bandung, Jawa Barat.

Tempat ini merupakan destinasi wisata unik yang pertama kali di kota Bandung, bahkan konon kabarnya IWP merupakan objek wisata berlian pertama di Asia. Disini pengunjung akan bisa menyaksikan langsung proses pembuatan berlian dari mulai tahap awal berupa batu mulia yang belum sempurna sampai menjadi sebuah berlian yang cantik.

Tak hanya itu, Anda juga dapat berbelanja langsung aneka perhiasan yang terbuat dari berlian ini. Disini terpasang galeri berupa etalase beragam berlian siap jual dengan beragam ukuran dan model. Ruangannya ber-AC jadi cukup nyaman untuk berlama-lama memilih koleksi berliannya.

Harga tiket masuk Indo Wisata Permata sekitar Rp 50 ribu per orang. Harga tiket ini sekaligus sebagai voucher yang dapat digunakan untuk potongan harga bagi pengunjung yang membeli berlian. Bagi Anda yang tidak membeli berlian, vouchernya bisa ditukarkan dengan makanan dan minuman di cafe yang tersedia disini.

42. Curug Malela

curug-malela

Curug Malela (Foto : IG @emmaltfh)

Ada satu lagi air terjun cantik di Bandung yang tak boleh dilewatkan begitu saja, namanya Curug Malela. Anda tentu pernah dengar nama Air Terjun Niagara bukan? Nah, curug ini boleh dibilang sebagai niagara mini versi Bandung.

Jika dilihat dari kejauhan curug ini memang tidak begitu spesial. Namun saat Anda melihatnya dari dekat, curug ini begitu megah dengan aliran airnya yang begitu deras. Saking derasnya, Anda jangan sampai cob-coba untuk mandi disini, nanti bisa-bisa malah terbawa arus sungai.

Untuk mencapai Curug Malela, Anda harus rela berjuang menyusuri jalan yang kurang bagus dan trekking beberapa meter. Kalau Anda menggunakan motor, pastikan motor Anda fit untuk melewati jalan menuju air terjun ini.

Harga tiketnya cukup murah, hanya 10 ribu rupiah per orang. Oya, sebaiknya Anda berkunjung saat musim kemarau, karena saat musim hujan airnya terlihat keruh dan deras sekali.

43. Jendela Alam

Jendela Alam Bandung

Jendela Alam Bandung (Foto : anekatempatwisata.com)

Selain cocok untuk bulan madu dan hunting foto, kota Bandung dan sekitarnya juga kaya akan objek wisata anak yang menarik untuk dikunjungi bersama buah hati Anda. Salah satunya tentu saja Jendela Alam yang terletak di Komplek Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri Km. 4,5, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Jendela alam menawarkan berbagai aktivitas wisata edukasi untuk anak seperti pembibitan, memanen wortel atau strawberry, dan belajar mengetahui apa itu hidroponik. Buah hati Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan beragam hewan yang ada disini, misalnya saja ayam, kelinci, kambing, atau kuda poni.

Tak hanya itu, anak-anak juga diajak untuk memberi makan hewan atau pun latihan memerah susu sapi. Benar-benar asyik dan memberi pengalaman yang berkesan bukan? Bila Anda tertarik, catat jam operasionalnya yaitu mulai pukul 09.00 – 15.30 WIB.

Untuk masuk ke Jendela Alam, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar 15 ribu (weekdays) dan 20 ribu (weekend). Tiket tersebut belum termasuk fasilitas edukasi yang ada disini lho ya! Anda masih harus membayar lagi untuk menikmati berkuda, tangkap ikan, dan lainnya dengan harga sekitar 15 – 25 ribu rupiah.

44. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater (Foto : initempatwisata.com)

Selain objek wisata Garut yang terkenal akan wisata air panasnya, kawasan Subang juga memiliki tempat yang serupa yaitu Pemandian air panas Ciater atau yang dikenal juga dengan sebutan Sari Ater. Pemandian air panas ini menjadi tempat relaksasi favorit wisatawan yang sedang liburan ke Bandung.

Air panas pemandian ini mengalir dari kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu yang terletak tidak jauh dari pemandian. Airnya yang kaya akan belerang dipercaya berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit. Fasilitas seperti resort, tempat outbound, hingga restoran juga ada di tempat ini.

Ada 3 jenis kolam di Sari Ater, yakni 2 kolam besar dan 1 kolam anak-anak. Untuk setiap kolam pemandian buka selama 24 jam setiap hari.

Pemandian air panas Ciater terletak di Jl. Raya Ciater, Nagrak, Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Harga tiket masuknya sekitar Rp.20.000,-, sedangkan untuk harga kolam air panas berkisar antara Rp.20.000,- hingga Rp.80.000,- tergantung fasilitas yang tersedia.

45. Kebun Starawberry Ciwidey

kebun-strawberry-ciwidey-bandung

Ilustrasi Kebun Strawberry Ciwidey, Bandung (foto : sebandung.com)

Agrowisata petik buah-buahan nampaknya tak pernah surut peminat dan selalu digemari oleh para wisatawan, terutama anak-anak dan keluarga. Sebut saja wisata petik Apel yang menjadi tempat wisata populer di Batu dan sekitarnya.

Nah, kawasan Ciwidey pun ternyata juga punya wisata petik buah-buahan, namun bukan apel melainkan strawberry. Ada banyak kebun strawberry petik sendiri yang bisa Anda datangi. Disini Anda akan memasuki kebun strawberry, memetik sendiri, lalu hasilnya akan ditimbang dan langsung dibawa pulang. Asyik bukan?

Menikmati buah strawberry yang langsung dipetik dari pohonnya tentu akan memberikan sensasi yang segar dan nikmat. Apalagi jika Anda mengajak anak, keluarga, atau sahabat ke kebun ini, tentu akan lebih seru! Untuk harga tiket masuknya sepertinya gratis, hanya saja Anda harus membayar sesuai dengan jumlah strawberry yang Anda petik.

Beberapa kebun strawberry yang dapat Anda kunjungi antara lain kebun stroberi sekitar Pasir Jambu, perkebunan strawberry di sekitar kawah putih,kebun strawberry di sekitar Rancabali serta perkebunan Strawberry sekitar Situ Patenggang.

46. Laktasari Mini Farm Paris Van Java Mall

Tempat Wisata Anak Di Bandung

Tempat Wisata Anak Di Bandung Laktasari Mini Farm (Foto : nitastrudwickphotography.com)

Ada objek wisata anak yang unik di Paris Van Java Mall (PVJ), namanya Laktasari Mini Farm yang menyajikan peternakan hewan seperti kelinci dan kambing. Peternakan di Mall? Ya, betul sekali, peternakan Lactasari Mini Farm berada di atap gedung PVJ Mall yang berada di Jl. Sukajadi No. 131 – 139, Kota Bandung, Jawa Barat.

Tempat ini didesain seperti peternakan pada umumnya, ada kandang, hewan, makanan seperti rumput, dan dan lainnya. Namun, Anda tak usah kuatir takut kotor, walaupun konsepnya peternakan, tempat ini kebersihannya boleh diacungi jempol. Buah hati Anda akan aman dan nyaman berwisata disini.

Ada 4 kelompok hewan di Lactasari Mini Farm, antara lain kambing, domba, sapi, dan kelinci. Sebelum anak-anak memasuki peternakan, mereka akan dipakaikan celemek agar tidak kotor. Disediakan juga tempat untuk cuci tangan untuk menjaga kebersihan setelah bermain dengan hewan-hewan tersebut.

Harga tiketnya memang agak mahal, sekitar 50 ribu per anak dan 10 ribu untuk pendamping. Harga tiket tersebut sudah termasuk satu botol susu dan 1 keranjang sayuran untuk memberi makan hewan. Jam buka mulai pukul 10.00 – 19.00 WIB.

47. Museum Geologi

Museum Geologi Bandung

Salah satu koleksi Museum Geologi Bandung (Foto : liautama.com)

Museum Geologi yang terletak di Jl Diponegoro No 57, Bandung ini menyajikan berbagai pengetahuan tentang ilmu alam, dari sejarah makhluk hidup sampai energi dan sumber daya alam. Disini Anda juga bisa melihat berbagai fosil dan mendapat banyak informasi mengenai bumi.

Yang paling menarik di tempat wisata pendidikan ini adalah replika fosil T-Rex(Tyranosaurus Rex) yang dibuat di Kanada pada tahun 1998. Keren guys! Museum Geologi mempunyai sekitar 60.000 koleksi fosil, dan 250.000 koleksi batuan serta mineral.

Museum ini buka setiap hari dari jam 09.00 – 15.30, kecuali hari jumat dan libur nasional tutup. Untuk harga tiketnya cukup murah meriah, 3 ribu rupiah saja. Nah, kalau Anda bingung mau ngajak kemana putra putri Anda saat weekend, datang saja ke Museum Geologi Bandung.

48. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha (Foto : en.wikipedia.org)

Bagi Anda yang suka dengan ilmu astronomi atau perbintangan, Observatorium Bosscha nampaknya menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan di Bandung.

Bosscha merupakan tempat observasi milik Institut Teknik Bandung yang berada di Jl. Peneropong Bintang, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Berkunjung ke Bosscha akan menambah pengetahuan wisatawan tentang benda-benda langit.

Waktu yang paling asyik mengunjungi tempat ini adalah ketika malam hari, karena Anda dapat melihat gugusan bintang atau galaksi dengan menggunakan teropong khusus. Namun, waktu kunjungan malam sangat terbatas yaitu hanya pada bulan April s/d Oktober dari jam 17.00 – 20.00 WIB.

Untuk harga tiket masuknya dibanderol sebesar Rp.15.000,- (kunjungan siang) dan Rp.20.000,- (kunjungan malam). Yang perlu Anda ketahui adalah Observatorium Bosscha tutup setiap hari Senin, Minggu dan hari libur nasional seperti pergantian tahun, bulan puasa, Idul Fitri, dan Idul Adha. Jangan sampai keliru jadwal ya!

49. Pasar Baru

Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung (Foto : IG @rockybaraya)

Inilah tempat wisata belanja murah di Bandung yang menjadi favorit wisatawan, yaitu Pasar Baru Trade Center. Tempat ini menawarkan berbagai pakaian, aksesoris, camilan, makanan, dan oleh-oleh khas Bandung dengan harga yang murah meriah.

Namun yang paling menjadi incaran para wisatawan adalah pakaian. Bahkan konon kabarnya, banyak orang-orang dari Singapura, Malaysia, dan Brunei yang belanja pakaian di pasar ini. Jenis pakaian/fashion yang dijual disini sangat beragam dan lengkap seperti gamis, kaos, kemeja, celana, jeans, hijab, mukena, dan lainnya.

Untuk belanja celana jeans, Anda bisa mengunjungi gang tamim yang terkenal sebagai pusat celana jeans berkualitas dan murah di Bandung. Alamat Pasar Baru terletak di Jl. Pasar Barat No.26 A, Kb. Jeruk, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat.

50. Aneka Factory Outlet

Factory Outlet Bandung

Factory Outlet Bandung (Foto : yestotravelblog.com)

Nah, bagi sobat traveler yang ingin belanja pakaian yang berkelas atau bermerk dengan kualitas yang terjamin, bisa datang ke sejumlah Factory Outlet (FO) di Dago. Harganya memang lumayan mahal, namun tentu saja sebanding dengan kualitas barang yang Anda dapat.

Kawasan Dago memang terkenal sebagai surga belanja para shopaholic karena terdapat deretan FO seperti Gossip Factory Outlet, Glamour Factory Outlet, Blossom Factory Outlet, Level Factory Outlet, Grande Factory Outlet, Central Branded Outlet dan masih banyak lagi.

Tak hanya wisata belanja, Anda juga bisa mencicipi aneka street food unik dan enak di sepanjang jalan Dago. Anda pun bisa mampir ke Kartika Sari dan Bolu Kukus Amanda untuk membeli buah tangan (baca : oleh-oleh).

51. Lereng Anteng Panoramic Coffee Punclut

Lereng Anteng Punclut Bandung

Lereng Anteng Punclut Bandung (Foto : IG @bale_foto)

Kawasan Punclut sudah lama terkenal sebagai tempat untuk melihat kota Bandung dari ketinggian. Banyak warung-warung kecil berjejer di daerah ini yang menjual nasi merah dan jeruk panas dengan view panorama alam yang sangat indah.

Selain warung-warung tersebut, ternyata ada cafe baru yang menyajikan view pemandangan yang bagus dan cantik. Namanya adalah Lereng Anteng Panoramic Coffee yang menyajikan berbagai makanan, camilan, dan minuman enak untuk menemani Anda menikmati keindahan Punclut.

Selain asik dan cozy buat tempat nongkrong serta ngopi, Lereng Anteng ini juga keren buat selfie alias foto-foto. Bukan hanya karena latarnya yang eksotis, namun dekorasi tempatnya juga ditata sedemikian rupa. Disini terdapat meja kayu panjang hingga tenda-tenda plastik bening yang romantis.

Untuk harga makanan dan minuman di tempat makan enak yang lagi hits ini tak begitu mahal kok, sekitar 5 – 30 ribuan. Lokasi cafe ini berada di Punclut, Pageurmaneuh, Bandung. Jam buka setiap hari pukul 08.00 – 22.00 WIB.

52. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland Bandung

Kampung Gajah Wonderland Bandung (Foto : wahanatourtravel.com)

Liburan bareng keluarga memang asik dan sangat menyenangkan, apalagi mengunjungi tempat rekreasi yang banyak wahana permainannya. Ada neh, tempat wisata keluarga di Bandung yang pas buat mengisi libur akhir pekan atau pun libur lebaran, yaitu Kampung Gajah Wonderland.

Berlokasi di Jl. Sersan Bajuri KM. 3,8, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat, Jawa Barat, Kampung Gajah menyuguhkan arena wisata yang lengkap, ada water boom, Children Playground, Go Kart, Kebun Stroberi, dan lainnya yang bisa Anda nikmati.

Selain arena bermain, disini juga tersedia tempat makan mulai dari restoran padang, tempat menikmati kopi dan roti, hingga food court dengan berbagai macam menu makanan yang akan memanjakan lidah Anda.

Jam buka objek wisata ini mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya hanya 10 – 20 ribu rupiah, namun Anda harus membayar lagi bila ingin mencoba wahana disini. Tersedia juga tiket terusan seharga 200 ribu rupiah (harga bisa berubah sewaktu-waktu).

53. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu (Foto : novajourney.wordpress.com)

Kalau objek wisata yang satu ini tentu Anda sudah mengenalnya bukan? Ya, siapa seh yang tak kenal dengan ikonnya wisata alam di Bandung ini? Hampir setiap akhir pekan atau liburan akhir tahun, Gunung Tangkuban Perahu selalu di penuhi wisatawan dari segala usia, anak-anak, pelajar, hingga dewasa.

Pesona keindahan Gunung Tangkuban Perahu terletak pada keberadaan kawah yang masih aktif. Hal ini ditandai dengan bau belerang yang sangat menyengat. Sangat disarankan untuk membawa masker ketika berkunjung kesini.

Aktivitas wisata yang biasa dilakukan oleh pengunjung tentu saja berfoto dengan latar kawah Ratu yang merupakan kawah terbesar Tangkuban Perahu. Anda juga bisa menikmati pemandangan kawah gunung ini dengan naik kuda. Selain itu, bagi yang ingin membeli pernak-pernik dan buah strawberry, disini banyak penjual yang menjajakannya.

Untuk harga tiket masuknya sekitar 20 – 30 ribuan per orang. Namun, untuk sampai ke kawah Anda harus naik shuttle dengan tarif sekitar 7 – 10 ribu rupiah. Bagi yang menggunakan mobil atau motor sepertinya bisa langsung naik ke kawah.

54. Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo (Foto : youtube.com)

Tak hanya alamnya saja yang indah, kota Bandung juga terkenal akan budaya dan keseniannya. Salah satu tempat wisata budaya yang wajib Anda kunjungi disini adalah Saung Angklung Udjo. Tempat ini merupakan sanggar pelestarian angklung yang dikelola oleh mang Udjo sekeluarga.

Angklung merupakan alat musik khas tanah Pasundan. Di Saung Angklung Udjo, Anda akan disuguhi pertunjukan angklung yang atraktif. Tak hanya itu, Anda pun akan diajak sekalian untuk memainkan angklung secara bersama-sama.

Setiap pengunjung akan dipinjami 1 buah angklung untuk dimainkan. Untuk memainkannya, pengunjung akan diberi komando dan contoh sehingga nantinya akan membentuk irama yang indah. Benar-benar seru deh pokoknya!

Selesai melihat pertunjukkan dan memainkan angklung, Anda bisa berkeliling untuk melihat aneka angklung dan souvenir lainnya di toko oleh-oleh yang tersedia disini. Saung Angklung Udjo terletak di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Harg tiket masuknya dibanderol sekitar 60-75 ribu rupiah per orang. Jam buka mulai pukul 09.00 – 15.30 WIB. Ajaklah anggota keluarga dan teman-teman Anda kesini agar semakin asik bermain angklungnya. Sekaligus ikut melestarikan budaya tanah air.

55. Aneka Kuliner Khas Bandung

Batagor Riri Bandung

Batagor Riri salah satu kuliner khas Bandung (Foto : Icha Rahmanti/.jakpost.travel)

Setelah Anda selesai mengunjungi berbagai tempat rekreasi di kota Bandung dan sekitarnya, ada satu hal lagi yang tak boleh dilewatkan yaitu menikmati sajian kuliner Bandung yang enak dan menggugah selera. Soal harga tak usah kuatirlah, dari yang murmer sampai yang super mahal ada semua disini.

Ada beberapa makanan khas yang perlu Anda cobaian, diantaranya adalah Surabi Enhai, Martabak Andir, Batagor, Siomay, Mie Kocok, Nasi Kalong, Lotek, dan masih banyak lainnya. Rugi deh kalau liburan ke Bandung tanpa mencicipi kuliner enaknya.

Update Tempat Wisata Di Bandung Terbaru

56. Upside Down World Bandung

Upside Down World Bandung

Upside Down World Bandung (Foto : IG @upsidedownworldbandung)

Setelah sukses menjadi pendatang baru di belantika dunia wisata Bali dan pariwisata Jogja, kini Upside Down World hadir di kota Bandung. Dengan mengusung tema sebuah rumah terbalik lengkap dengan perabotannya, objek wisata ini pun langsung dibanjiri pengunjung, terutama bagi anak-anak IG yang hoby narsis.

Berkunjung ke Upside Down World Bandung ini akan membawa Anda menjelajahi pengalaman seru dan asyik yang berbeda dari biasanya. Disini, semua ruangan hingga perabotannya ditata serba terbalik. Mulai dari ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, ruang makan, dan ruangan lainnya. Dan, konon kabarnya semua furniture yang dipakai disini adalah asli original bukan imitasi, keren bukan?

Ruangan Upside Down World Bandung

Ruangan Upside Down World Bandung (Foto : IG @upsidedownworldbandung)

Hal yang wajib dilakukan di Upside Down World Bandung tentu saja berfoto dengan latar berbagai perabotan yang serba terbalik. Jadi, di tempat ini sobat traveler akan mendapatkan sensasi gambar seperti sedang berada di ruang tanpa gravitasi (baca : angkasa luar).

Anda tak usah kuatir untuk kehabisan gaya, karena ada pemandu yang akan mengarahkan Anda sekaligus menjadi juru fotonya. Lokasi Upside Down World Bandung terletak di Jl. H. Wasid No.31, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Harga tiket masuknya memang lumayan mahal, untuk orang dewasa dibanderol sekitar Rp.100.000,- per orang dan anak-anak (dibawah 120 cm) dipatok dengan harga Rp.50.000,-. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB. Jangan lupa siapkan gel rambut buat para pria dan angkat satu kaki ketika berfoto agar benar-benar mendapatkan kesan melayang.

Demikianlah review singkat yang dapat saya sampaikan tentang objek wisata menarik yang dapat Anda kunjungi di kota Kembang. Jika sobat traveler punya info terbaru tentang tempat wisata di Bandung yang bagus dan indah lainnya bisa share melalui kolom komentar, semoga bisa menambah referensi liburan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>